Banyusmom

Memasak Dengan Jeruk Untuk Menambah Cita Rasa

4 posts in this topic

post-34-0-73657300-1397714163_thumb.jpg

sumber : http://duniafitnes.com/news/buah-jeruk-mampu-mencegah-penyakit-kista-ginjal.html

 

Buah jeruk selalu menjadi teman kita sehari-hari. Abis rasanya enak banget sih. Mau jeruk jenis apapun, rasanya tetap enak dengan rasa yang manis atau ada tambahan sedikit asam. Buah jeruk juga memiliki banyak khasiat. Misalnya saja mampu menyembuhkan sariawan. Karena buah jeruk mengandung banyak vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, bagi kamu yang mengeluh sakit sariawan atau flu misalnya kamu bisa mengkonsumsi buah jeruk agar kebutuhan vitamin C kamu terpenuhi dengan baik. Tapi, ada yang berbeda dengan ulasan artikel kita kali ini. Saya akan membahas tentang keutamaan jeruk pada masakan. Baik buahnya atau pun daunnya. Karena jeruk memiliki aroma yang sangat menyengat di hidung sehingga bagus sekali jika dikolaborasikan dengan masakan atau makanan yang kita masak. Pasti penasaran kan, resep masakan apa yang kira-kira bisa kita kombinasikan dengan beragam jeruk. Selain menambah aroma yang lezat pada masakan, jeruk juga bisa menambah rasa yang berbeda pada masakan yang kita masak. Resep yang pertama yang akan kita bahas adalah resep puding kulit jeruk. Hah? Kulit jeruk bisa dijadikan puding? Bisa donk. Hehe. Yuk kita simak resep yang berikut ini.

 

post-34-0-39542400-1397714284_thumb.jpg

sumber : http://dapurmasak.com/resep/4262-cara-membuat-resep-puding-kulit-jeruk

 

1.      Puding kulit jeruk

Makanan ini bisa menjadi dessert yang pas dan cocok untuk kamu yang suka rasa manis keasam-asaman. Cara bikinnya pun mudah sehingga bisa langsung dipraktekan di rumah. Kali ini kita akan mulai dengan membuat puding kulit jeruk.

Bahan-bahan :

1.      6 buah jeruk navel

2.      1 bungkus jeli bubuk plain

3.      200 gram gula pasir

4.      700 Ml air putih

Bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas tadi cukup untuk 6 orang atau 6 porsi puding. Dan waktu masaknya pun tidak lama. Hanya sekitar 20 menit saja. Sebentar banget kan? Setelah menyiapkan bahan-bahan tadi, yuk langsung ke langkah memasaknya.

Langkah memasak :

l. Bersihkan jeruk beserta kulitnya, dengan air dingin. Setelah dicuci sampai bersih, belah jeruk tersebut dan keluarkan daging buahnya. Ambil 1 buah jeruk dan ambil bagian pulpnya dengan cara disisir. Sisa jeruk lainnya dijus dengan air 700 Ml yang sudah disiapkan tadi. Lalu tinggal kamu saring ampas jeruknya.

2. Campurkan bubuk jeli plain tadi dengan gula pasir dan jus jeruk yang sudah disiapkan. Lalu rebus campuran ketiganya hingga matang. Setelah matang, angkat rebusan air jeruk tersebut.

3. Dinginkan rebusan jeruk tersebut hingga uapnya menghilang. Setelah itu, baru dicampurkan kembali dengan pulp yang juga sudah disiapkan. Aduk hingga rata. Setelah itu, cetak adonan jeruk tersebut ke dalam kulit jeruk lalu dinginkan. Setelah dingin hingga mengeras, belah lagi menjadi 2 bagian.

4. Puding kulit jeruk kamu siap disantap. Lebih enaknya lagi, puding ini disajikan dalam keadaan dingin agar rasanya lebih lezat dan segar.

 

 

post-34-0-99707100-1397714361.jpg

sumber : http://www.resepmakananmu.com/2013/10/wedang-ronde-spesial-rasa-jeruk.html

           

2.      Ronde jeruk

Setelah kita memasak puding, mari kita beralih ke minuman hangat yang kaya akan rempah-rempah. Indonesia memang memiliki banyak bahan rempah-rempah yang suka dijadikan bumbu dalam beragam makanan atau masakan. Tapi bukan cuma masakan loh, minuman hangat juga bisa dibuat dari rempah-rempah. Rasanya tentu saja lezat dan sangat khas Indonesia. Tapi pernah kebayang gak sih kalo minuman ronde ini dipadukan dengan buah jeruk? Wah, gimana rasanya ya? Tentu saja rasanya nikmat. Apalagi kalo disantap di kala cuaca di luar lagi dingin-dinginnya. Yuk, simak bahan-bahan dan langkah membuatnya.

            Bahan-bahan :

1.      150 gram tepung ketan putih

2.      125 Ml air putih hangat

3.      25 gram wijen yang telah disangrai

4.       Â¼ sendok the garam

Bahan isi :

50 gram kacang tanah yang telah dikupas

20 gram gula pasir

Bahan untuk air jahe :

250 ml air jeruk yang sudah diperas

200 gram jahe yang dibakar lalu dimemarkan

750 ml air putih

150 gram gula pasir

Bahan pelengkap atau tambahan :

100 gram kolang kaling yang telah direbus lalu diirid-iris

100 gram kacang hijau yang telah direbus hingga kacangnya empuk

100 gram agar-agar merah lalu potong-potong sekitar 1 cm

100 gram kacang tanah tanpa kulit lalu goring hingga matang

Walaupun bahan-bahannya cukup banyak ya, tapi cara memasaknya sebenarnya sangat mudah. Yah, bikin minuman agak lebih mudah disbanding bikin makanan. Kamu bisa mencoba minuman ronde jeruk dan membuatnya sendiri di rumah. Lalu, langkah memasaknya gimana? Yuk, simak lebih lanjut.

            Langkah memasak :

1.      Pertama-tama, kita buat dulu isi ronde tersebut. Kamu hanya tinggal memblender kacang tanah yang masih dalam keadaan hangat lalu dicampur dengan gula pasir.

2.      Untuk membuat rondenya itu sendiri caranya juga mudah. Yaitu dengan mencampur tepung ketan dengan garam. Lalu aduk hingga adonannya merata. Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni. Lalu bagi menjadi 2 bagian.

3.      Ambil bagian yang 1 untuk dibulatkan.

4.      Adonan lainnya dipipihkan, masukkan isinya, lalu kembali dibulatkan. Celupkan ke dalam air lalu campurkan dengan wijen.

5.      Didihkan air, lalu masukkan bola-bola ketan tadi dan rebus hingga matang.

6.      Rebus air jahe yang telah dicampur dengan gula pasir dan air jeruk peras dalam keadaan api yang kecil. Rebus hingga mendidih sampai terasa harum jeruknya. Sajikan dalam keadaan hangat. Nah, jadi deh ronde dengan aroma jeruk yang nikmat.

 

post-34-0-14321300-1397714433_thumb.jpg

sumber : http://intips-kesehatan.blogspot.com/2013/01/manfaat-jeruk-sehat.html#.U09qSKiSwjY

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now