• 0
Sign in to follow this  
Royal

wow, anugrah tuhan untuk laut Indonesia

Question

tadi siang saya ke bandung, niatnya cuma mau ke kantor BCA yang ada di Buah Batu (yang orang bandung pasti tau kantor BCA depan kartika sari). sambil baca baca forum.jalan2.com saya iseng nunggu proses pergantian buku sama atm saya yang hilang dengan lihat lihat kelender di sisa tahun ini.

niatnya mau nentuin tanggal untuk jalan jalan, tapi ternyata saya dapetin sesuatu yang beda.

di balik setiap halaman kelender di BCA, saya menemui beberapa ragam fauna yang ada di seluruh perairan Indonesia. Saya pikir, Indonesia yang 2/3 nya laut, pasti menyimpan banyak keindahan, jadi wajar memiliki fauna yang bagus bagus. tapi sayang kalo masih banyak yang gak tau (tau untuk dinikmati keindahannya ya, bukan untuk ditangkap)

jadi karena ada 12 bulan, saya nemuin 12 hewan air yang ada di Indonesia

pertama

yang disebut Anemone Shrimp. mungkin bahasa indonesia udang anemon. ditulis disana fotonya diambil di kawasan perairan kepualan seribu Jakarta. bentuknya kurang lebih seperti ini

seapic02-06_se01.jpg

kedua

di balik halaman januari nya, saya nemuin lionfish atau istilah indonesianya mungkin ikan singa. mungkin karena bentuk belang belangnya ditambah bentuk sirip nya yang kaya rambut singa. Sepertinya banyak di temui di Kepulauan Banda Maluku

lionfish45.jpg

ketiga

di baliknya lagi ada Pink Anemonefish. secara morfologi sepertinya bentuknya mirip ikan nemo. cuma dibedain sama warna. kalo nemo oren, kalo ini agak pink. Banyak ditemui di Wakatobi Sulawesi Tenggara

pink_anemonefish.jpg

keempat

di bulan april, saya ngeliat hewan yang agak aneh. kenapa aneh? karena bentuknya. namanya ikan, tapi rupanya sama bentuknya, sama sekali gak keliatan kaya ikan. namanya Reef Cuttlefish yang banyak didapati di Kepulauan Menjangan, Bali

Reef%20Cuttlefish%205-166.jpg

kelima

di bagian ini saya ketemu sama hewan khas bagian timur papua yang terkenal. mana lagi selain Raja Ampat Papua Barat. Nah, di sekitar gugusan Wayag, ada ikan yang disebut Marshall Island Dottyback. #susah ya nulis namanya?

pseudochromis-springeri.jpg

keenam

selanjutnya di bulan Juni saya melihat tulisan Pulau Weh Aceh. ini berarti dari barat Papua, Timur Indonesia, kita pindah ke Barat Indonesia melihat ikan #sepertinya yang dinamai Clown Snake-eel

pd875260.jpg

ketujuh sampe ke dua belas nya ntar dulu yah, nikmati dulu yang 6 diatas.

gimana komen jalan2ers? ini baru seberapa, ada banyak lagi pastinya jenis ikan di laut indonesia, ada yang bagus ada juga yang mungkin bisa dibilang mengerikan. ada yang punya pengalaman ketemu hewan hewan laut itu?

Share this post


Link to post
Share on other sites

27 answers to this question

  • 0

yang keempat, setau gue, ukurannya hampir sama kaya gurita, bener gak sih sob? gue nemu ni gambarnya di google, ntah bener ntah efek kamera

8467_1279530573_1.jpg

yang pasti, bentuknya serem ya? haha

wah, itu gurita kali ya? gede amat ya mas? mungkin sih, saya pribadi gak pernah ketemu sama hewannya. ini kan saya ambil referensinya dari kelender BCA. gak nyangka aja Indonesia masih punya banyak sekali hewan yang beraneka ragam.

kapan ya saya bisa nemuin semuanya? aada sumbangan buat saya jalan? #ngarep

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

waw keren ya mas....ya kalo saja pariwisata indonesia itu lebih di expose oleh pemerintah kita

iya nih, sayang banget, pariwisata belum terlalu di ekspos sebelumnya.

tapi sekarang, pemerintah, lewat mentri pariwisata sekarang udah mulai gembar gembor loh buat menyemarakkan wisata ini. buktinya ada beberapa kali buka bazar yang diisi sama travel travel yang menawarkan tiket pesawat murah.

harus sering sering update info nih biar bisa kemana mana tanpa jadi orang kaya :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

kan indonesia negara kepulauan..

sudah pasti wisata air nya indah :)

tapi ya itu mas, negara kepulauan, tapi bagian kepulauannya kurang diperhatikan.

masa iya banyak pulau kecil yang bisa diambil negara lain. kenapa coba? ya karena gak diperhatiin gitu

nah, karang karang di kepulauan seribu juga gitu tuh, padahal liat aja foto yang nomor 1. ada tu di kepulauan seribu, tapi sekarang, habis gara gara diambilin, dirusak. kenapa? karena gak diperhatiin.

sayang ya?

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

oh ada yah kayak gituan di bank bca..?

saya jarang sekali memperhatikan.

hahahaha....

ternyata dengan jalan2x ke bank juga kita bisa mendapat ilmu ttg flora dan fauna indonesia yah?

kalo di bank yang lain bagaimana yah...

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

oh ada yah kayak gituan di bank bca..?

saya jarang sekali memperhatikan.

hahahaha....

ternyata dengan jalan2x ke bank juga kita bisa mendapat ilmu ttg flora dan fauna indonesia yah?

kalo di bank yang lain bagaimana yah...

huhehe.. gimana bank yang lain ya? saya jarang banget ngeliat gituan? biasanya bank itu identik sama gambar duit, gambar grafik, gambar layanan, tapi gak ya sama BCA?

berani beda banget, hehe. pas banget tu bagi yang pengen tau tempat eksotis untuk jadi tujuan wisata, hehe..

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Anugerah nya dari Tuhan, kalo sampe semua itu rusak atau hewan2 laut itu punah, semuanya karena ulah manusia.

Bisa ya di kepulauan seribu masih ada hewan laut yang cantik? Saya pikir, semuanya udah habis sama pukat harimau dan teman2nya. Mesti dijaga banget niih biar gak ilang2an kayak daerah lainnya

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Anugerah nya dari Tuhan, kalo sampe semua itu rusak atau hewan2 laut itu punah, semuanya karena ulah manusia.

Bisa ya di kepulauan seribu masih ada hewan laut yang cantik? Saya pikir, semuanya udah habis sama pukat harimau dan teman2nya. Mesti dijaga banget niih biar gak ilang2an kayak daerah lainnya

nah itu dia mas,, saya juga gak tau itu foto di kelender diambil kapan. bisa aja setahun lalu, trus sekarang udah punah, orang indonesia kan suka gitu, ngeliat yang bagus dikit aja, langsung di eksploitasi trus merasa memiliki pula, jadi dibawa pulang..

tuhan emang maha pencipta, untuk manusia, tapi manusianya kadang gak pernah menghargai ciptaan itu. kaya saya menghargai perempuan *perempuan ciptaan tuhan kan ya? hehe :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

wah, itu gurita kali ya? gede amat ya mas? mungkin sih, saya pribadi gak pernah ketemu sama hewannya. ini kan saya ambil referensinya dari kelender BCA. gak nyangka aja Indonesia masih punya banyak sekali hewan yang beraneka ragam.

kapan ya saya bisa nemuin semuanya? aada sumbangan buat saya jalan? #ngarep

kalo dibilang beraneka ragam, gue rasa, indonesia yang lautnya seluas ini, pasti masih banyak nyimpen kekayaan fauna flora bawah lautnya. cuma kita aja yang mungkin agak males buat bisa nyelem ke kedalaman laut. selain harganya mahal, juga urusannya ribet. kadang harus sertifikasi pula..

emang udah siap buat ngunjungi laut mas? saya aja masih kadang kadang agak takut. takut keinjek bulu babi lah, takut hiu lah, ada aja dah pokoknya..

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

yang keenam itu serem ya itu ikan bentuk ular gitu berbisa gak? agak serem juga ya kalo liat itu dikirain ular ntar bukannya ikan hahaha yang kelima warna nya bagus kayak glow in the dark haha

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

nah itu dia mas,, saya juga gak tau itu foto di kelender diambil kapan. bisa aja setahun lalu, trus sekarang udah punah, orang indonesia kan suka gitu, ngeliat yang bagus dikit aja, langsung di eksploitasi trus merasa memiliki pula, jadi dibawa pulang..

tuhan emang maha pencipta, untuk manusia, tapi manusianya kadang gak pernah menghargai ciptaan itu. kaya saya menghargai perempuan *perempuan ciptaan tuhan kan ya? hehe :D

buat kalender 2012, paling enggak diambilnya taun 2011 deh mas. kalo 2010, terlalu lama saya rasa. paling lama, januari 2011 deh hihi.

Aduh semoga masih bagus yaaa perairan di kepulauan seribu nya. jadi penasaran, tepatnya di sebelah mana ya? kalo deket, pengen kesanaaa hihihi..

Aih matek. Iya mas, perempuan itu ciptaan Tuhan. ;)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

yang keenam itu serem ya itu ikan bentuk ular gitu berbisa gak? agak serem juga ya kalo liat itu dikirain ular ntar bukannya ikan hahaha yang kelima warna nya bagus kayak glow in the dark haha

kalos esuai namanya, yang keenam itu emang sejenis ular mas. lebih tepatnya belut. belut laut mungkin, jadi emang bukan ikan..

yang kelima itu beneran favorit itu, terkenal dimana mana :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

buat kalender 2012, paling enggak diambilnya taun 2011 deh mas. kalo 2010, terlalu lama saya rasa. paling lama, januari 2011 deh hihi.

Aduh semoga masih bagus yaaa perairan di kepulauan seribu nya. jadi penasaran, tepatnya di sebelah mana ya? kalo deket, pengen kesanaaa hihihi..

Aih matek. Iya mas, perempuan itu ciptaan Tuhan. ;)

iya sih emang agak lama, tapi ya kalo emang ada stok fotonya jaman segitu gimana?

saya juga pengen tau nih disebelah mananya. kalo deket kan lumayan, bisa jadi tujuan wisata minggu depan pas libur panjang. saya lihat lihat di forum ini ada banyak tulisan tentang kepulauan seribu, dari tidung, pari, pramuka de el el, tapi gak ada yang bisa jelasin lautnya. paling tadi ketemu, yang pari, ada gambar ikan doang, gak udang, hadeh..

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

iya sih emang agak lama, tapi ya kalo emang ada stok fotonya jaman segitu gimana?

saya juga pengen tau nih disebelah mananya. kalo deket kan lumayan, bisa jadi tujuan wisata minggu depan pas libur panjang. saya lihat lihat di forum ini ada banyak tulisan tentang kepulauan seribu, dari tidung, pari, pramuka de el el, tapi gak ada yang bisa jelasin lautnya. paling tadi ketemu, yang pari, ada gambar ikan doang, gak udang, hadeh..

Mungkin aja sih stok foto lama, tapi kok saya tetep gak percaya ya kalo bank sekelas BCA akan pake foto lama di kalender baru nya hehe..

Monggo di-cari mas. Nanti info disini ya kalo udah tau persisnya di kepulauan seribu bagian mana yang bisa ketemu hewan cantik kayak foto nomer satu. :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

foto pertama itu boongan apa gimana ya mas di ambil di kepulauan seribu? saya baru2 ini abis balik dari sana (gak cuma sekali), dan belum pernah deh nemu terumbu karang di sana yang warna nya gak putih. tepatnya foto itu diambil di sebelah mananya gak bisa tau ya?

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Mungkin aja sih stok foto lama, tapi kok saya tetep gak percaya ya kalo bank sekelas BCA akan pake foto lama di kalender baru nya hehe..

Monggo di-cari mas. Nanti info disini ya kalo udah tau persisnya di kepulauan seribu bagian mana yang bisa ketemu hewan cantik kayak foto nomer satu. :)

foto pertama itu boongan apa gimana ya mas di ambil di kepulauan seribu? saya baru2 ini abis balik dari sana (gak cuma sekali), dan belum pernah deh nemu terumbu karang di sana yang warna nya gak putih. tepatnya foto itu diambil di sebelah mananya gak bisa tau ya?

wah, saya gak tau mas mas sekalian,s aya cuma ambil foto yang ada di kelender bca. sebelah mananya kepulauan seribu juga gak tau, wong ke kepulauan seribu aja belum pernah, paling jauh saya main paling bsm, bip, sama kafe moko, udah, hehe

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Yang nomor 1 yang udang anemon itu banyak dijual di toko2 hewan laut, utk dipiara, harganya 5-15 rebu seekornya, haha saya sih ga prnh miara ya, cuma pernah punya niat utk miara doank :P wah ditunggu yang ke-7 sampe ke-12 nya, dah ada blom?

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

wah, saya gak tau mas mas sekalian,s aya cuma ambil foto yang ada di kelender bca. sebelah mananya kepulauan seribu juga gak tau, wong ke kepulauan seribu aja belum pernah, paling jauh saya main paling bsm, bip, sama kafe moko, udah, hehe

wihihi.. mesti tanya ke orang BCA nih kalo beneran niat, nanya lokasi foto nya sebenernya ada di sebelah mana. berasa fiktif banget soalnya gambarnya, kalo baru2 ini ke kepulauan seribu dan snorkeling/diving di sana. atau bener kalo itu foto udah lama (banget) ya, jadi ketika kepulauan seribu masih indah2nya. belum rusak karna ulah jahil tangan2 manusia

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

wihihi.. mesti tanya ke orang BCA nih kalo beneran niat, nanya lokasi foto nya sebenernya ada di sebelah mana. berasa fiktif banget soalnya gambarnya, kalo baru2 ini ke kepulauan seribu dan snorkeling/diving di sana. atau bener kalo itu foto udah lama (banget) ya, jadi ketika kepulauan seribu masih indah2nya. belum rusak karna ulah jahil tangan2 manusia

wah, itu adalah salah satu bentuk kurang kerjaan, nanya nanya ke orang BCA, haha..

emang ke kepulauan seribunya sebelah mana mas? kepulauan seribu kan gede, banyak banget dan besar banget laut disana, jadi mungkin mas cuma lagi kebetulan eksplor satu tempat yang bagian kecil doang, belum semua, coba deh mas ke tempat tempat yang lebih jauh lagi

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

wah, itu adalah salah satu bentuk kurang kerjaan, nanya nanya ke orang BCA, haha..

emang ke kepulauan seribunya sebelah mana mas? kepulauan seribu kan gede, banyak banget dan besar banget laut disana, jadi mungkin mas cuma lagi kebetulan eksplor satu tempat yang bagian kecil doang, belum semua, coba deh mas ke tempat tempat yang lebih jauh lagi

daerah lautan di antara beberapa pulau di kepulauan seribu deh mas. mulai dari pulau untung jawa sampe ke pulau pari. mulai dari pulai harapan sampe ke pulau bira. masa iya sih kalo beneran ada daerah di kepulauan seribu yang masih bagus, saya gak pernah nemu? :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Yang Clown Snake-eel di Pulau Weh, NAD kelihatannya mirip dengan ular laut..

saya pernah snorkling disana tapi gak pernah ketemu "penghuni" laut seperti Clown Snake-eel ini.. :D

Justru Pulau Weh ini terkenal dengan terumbu karangnya dan ratusan jenis ikan yang beberapa diantaranya cukup langka di Samudera Hindia..

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Kalau memang ingin melihat makhluk-makhluk laut eksotis, maka the best place in the world, ada di Indonesia - lokasi unggulan untuk macro/muck diving di indonesia adalah selat Lembeh, ambon dan seraya di bali.

Sebagai pemancing selera, nih beberapa jepretan yang kita ambil di lokasi tsb:

 

Blue ring Octopus - salah satu makhluk paling berbisa di planet bumi

BRO_2.jpg

 

Flamboyant Cuttlefish

8423432349_72599f17af_z.jpg
Flamboyant cuttlefish 1 by Wisnu Purwanto Family, on Flickr

 

Pink Frogfish

8423438879_931bff6637_z.jpg
Pink Frogfish by Wisnu Purwanto Family, on Flickr

 

Cuttlefish biasa, relatif mudah dijumpai

8458565504_8fdd162bc0_z.jpg
Cuttle Fish 2 by Wisnu Purwanto Family, on Flickr

 

Goshpipe fish

8481728361_7d7825cf6b_z.jpg
Goshpipefishes by Wisnu Purwanto Family, on Flickr

 

 

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

wihihi.. mesti tanya ke orang BCA nih kalo beneran niat, nanya lokasi foto nya sebenernya ada di sebelah mana. berasa fiktif banget soalnya gambarnya, kalo baru2 ini ke kepulauan seribu dan snorkeling/diving di sana. atau bener kalo itu foto udah lama (banget) ya, jadi ketika kepulauan seribu masih indah2nya. belum rusak karna ulah jahil tangan2 manusia

 

fiktif atau tidaknya memang harus dibuktikan sendiri dengan diving di pulau seribu. masih banyak spot diving di pulau seribu yang bagus2 dan tetep terpelihara. kebanyakan penduduk di sana sekarang sudah sadar untuk menjaga lingkungan lautnya, karena bagi mereka dengan banyaknya tamu yang datang maka pendapatan mereka akan bertambah. ;)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By alf
      Taukah anda tanaman pemangsa terlangka berada di Indonesia? Tanaman tersebut kita kenal dengan nama kantong semar atau ketakong. Kantung semar merupakan tanaman unik yang dapat memangsa seekor tikus dan mencerna dengan zat-zat kimia kimia yang dihasilkannya. Walau yang ada di Indonesia cukup kecil untuk memangsa tikus namanun di Filipina telah ditemukan tanaman kantong semar yang cukup besar untuk melahap hewan pengerat semacam tikus.
       

       
      Kantong semar di Filipina tersebut memiliki nama ilmiah Nepenthes attenboroughii. Penemuan tanaman ini bermula dari dua orang misionaris  pada tahun 2000 berusaha mendaki gunung Victoria. Gunung yang terletak di palawan, Filipina itu termasuk jarang dikunjungi manusia. Mereka mendaki dengan sedikit persiapan sampai akhirnya hilang selama tiga belas hari sebelum dapat diselamatkan. Ketika kembali, keduanya mengaku melihat tanaman kantong semar raksasa.

      Hal tersebut kemudian menarik perhatian para pecinta alam seperti Stewart McPherson dan ahli botani mandiri seperti Alastair Robinson dari Inggris dan Volker Heinrich dari Filipina. Ketiganya merupakan ahli tanaman ketakong dan telah melakukan perjalanan ke berbagai daerah terpencil demi pencarian species baru

      Pada tahun 2007, mereka melakukakn espedisi selama dua bulan di filipina, termasuk mendaki gunung Victoria. Ketika mendaki melalui hutan dataran rendah, mereka menemukan tanaman ketakong besar yang dikenal sebagai Nepenthes Philippinensis, bersama dengan tanaman pakis merah jambu dan jamur biru yang belum dapat diindentifikasikan.

      Penemuan mereka yang sesungguhnya baru ditemukan pada ketinggian sekitar 1.600 Dpl. Mereka banyak menemukan kantong semar besar dan mereka tau bahwa kantong semar itu bukan yang biasa mereka lihat. Tanaman baru ini dinamai Nepenthes attenboroughii, yang diambil dari nama penyiar acara alam David Attenborough.
       

    • By Lyn
      Batu-batu ini tersebar di sepanjang pantai Koekohe indah di Selandia Baru. Batu-batu ini banyak menarik wisatawan asing dari seluruh dunia hanya untuk mengamatinya. Batu ini adalah batu-batu kalsit besar yang langka stadium akhir dari dolomit dan besi. Apa sih yang spesial mengenai batu ini? Jadi batu ini terbentuk di dasar laut. Sekitar 65 juta tahun yang lalu. Jadi batu ini merupakan peninggalan dari jaman purba. Batu-batu ini terbentuk tepat pada saat masa kepunahan besar-besaran, termasuk pada saat masa kepunahan dinosaurus. Jadi bahkan batu ini umurnya lebih tua dari manusia manapun.
       

       

    • By itto
      Menyelamatkan hewan langka dari kepunahan bukanlah hal yang sangat sulit dilakukan. Kalau menurut jalan2ers kita gak mampu berkontribusi dalam hal ini, coba pikir lagi deh.

      Berikut cara paling simple yang bisa jalan2ers lakukan untuk menyelamatkan hewan langka dari kepunahan.

      1. jangan membeli hewan-hewan langka buat dijadikan hewan peliharaan. Hewan langka itu hidupnya di alam bebas. Jadi sebaiknya jangan dipelihara di rumah ya.

      2. jangan mengkonsumsi makanan atau obat-obatan yang terbuat dari hewan langka. Makanan misalnya sup sirip ikan hiu, penyu, telur penyu,dan lain sebagainya. Kalau obat-obatan tradisional misalnya tulang macan untuk pengobatan sendi, tulang badak untuk obat demam dan banyak lagi
      .
      3. jangan menggunakan produk fesyen dan kosmetik berbahan hewan langka. Tas, sepatu, mantel, jaket yang terbuat dari kulit ular dan buaya, atau bulu unggas adalah contoh produk berbahan hewan langka yang banyak diminati.
    • By desmaster
      Teman-teman jalan2ers sekalian, ada yang sudah pernah melihat binatang-binatang langka? Yang dilindungi oleh hukum karena jumlahnya sudah tidak banyak. Teman-teman sendiri kalau misalnya diberi pertanyaan.. sebutkan 3 binatang langka yang paling menarik menurut teman-teman, atau 3 binatang langka yang paling ingin dipelihara.. apa jawabannya?

      Tapi tentunya ini hanya pertanyaan, karena kalau menurut saya sendiri, binatang langka bagusnya dilindungi, dan tidak dipelihara di rumah, melainkan dibiarkan hidup bebas di habitat mereka masing-masing... sayangnya kadang ada manusia yang menangkap atau membunuh binatang-binatang itu cuma untuk kepentingan sendiri.
    • By Royal
      walaupun agak basi, kelender BCA yang bentar lagi mau ganti tahun itu, udah ngasi gambaran ke kita tentang 6 binatang laut yang hidup di 6 wilayah perairan Indonesia yang saya tulis disini.

      Nah, karena kalender itu bulannya 12, jadi ada 6 lagi yang harus saya tunjukin ke jalan2ers semua kekayaan laut Indonesia lainnya


      yang ketujuh, nama inggrisnya Nudibranch Marionia.



      di bulan agustus atau bulan kedelapan, saya ketemu sama yang nama inggrisnya Whip Goby



      ada Starry Blenny sebagai hewan atau binatang laut yang sempet terfoto dan majang di klender BCA pada balik bulan ke sembilan


      sepuluh, kita kenalan dulu sama yang namanya Nudibranch Chromodoris



      di posisi kesebelas, dari perairan Nusa Tenggara Timur, ada Jawfish



      terakhir di bulan Desember atau bulan yang ke duabelas ada Xeno Crab




      jadi, setelah semua dipajang disini, maka udah genap semua 12 karakter spesial yang terpampang di klender BCA tampil disini. semoga dengan ini, kita semua bisa selalu menghargai anugrah tuhan dengan tidak merusaknya dan mengekspoiltasinya.

      'saFe' trip always