• 0
albertorazzi

Beli Tiket Kereta diminta Identitas yang mau beragkat

Question

hallo jalan2ers semua...

saya hanya mau sekedar sharing tentang KAI (Kereta Api Indonesia) :D

pengalaman pribadi saya ni :)

sabtu kemarin, saya dan ortu saya akan membeli tiket kereta api eksekutif jurusan jogja-jakarta :D

semuanya baik2 saja, sampai ketika saya sudah memilih kereta yang masih tersedia dan akan memasukkan nama penumpang

nahhh, yang anehnya. baru pertama kali saya diminta KTP / Identitas 3 orang yang akan berangkat.... padahal yang berangkat bukan saya dan ada tante saya juga yang saya harus belikan tiketnya dan saya tidak membawa identitasnya :(

sontak, ayah saya langsung bilang, koq ribet amat sihhh.... naik pesawat aja gak sesusah ini....

untung ayah dan ibu saya membawa KTP dan tante saya langsung saya tlp utk minta Nama dan nomer sesuai identitas...

yang saya ingin tanyakan, apa sekarang sudah berlaku ya yang beginian di semua stasiun??? saoalnya 1hari sebelumnya ayah saya dari jkt-jogja g diminta sama sekali :(

mohon pencerahannya dari teman2 sekalian. Thx

Share this post


Link to post
Share on other sites

6 answers to this question

  • 0

Kalau setau saya, seharusnya sekarang memang peraturannya sudah begitu. Ini emang peraturan buat mengurangi banyaknya calo-calo buat tiket kereta api. Memang agak ribet sich, tp ya nantinya kan jd lebih nyaman dibanding kaya dulu yg banyak org-org ga bertiket numpuk di kereta.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

menurut saya itu hal yang bagus kok.

soalnya mungkin PT. KAI bertintak seperti itu untuk meredam angka percaloan yang sudah membuat resah penumpang dengan membeli tiket secara banyak dan menjualnya kembali dengan harga yang tinggi.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

yuppp... sebenarnya saya juga sangat setuju dengan yang beginian. pasti kedepannya lebih tertib :)

tapi kurang efektif... bgmn ceritanya kalo saya sendirian yang dsuruh beli??? gak tau kalo ada yang beginian - berarti saya harus pulang dan ngambil identitas yang mau berangkat

terus bgmn kalo misalnya yang minta belikan ada diluar kota dab minta tolong kita belikan???

koq sulit banget yaaa kyny :(

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

wah kalo gw udah tau lama, cuma waktu itu gw pesen via internet jadi udah di masukkan no KTP sedangkan untuk memperlihatkan KTPnya itu pas kita mau masuk baru deh petugas minta memperlihatkan KTP gw sama suami

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

betul gan.. hari sabtu kemaren ane juga beli tiket KAI diminta nama lengkap dan no identitas KTP. Mungkin banyak DPO kali yaa,, hehheheheh... tapi ane dapet infonya katanya biar tertata rapih jadi ga ada yang berdiri lagi..

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now


  • Similar Content

    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
       

       
      Kereta tentunya telah menjadi salah satu moda transportasi massal yang sudah seringkali kita dengar dan ketahui. Kereta sendiri merupakan transportasi rel yang terdiri dari serangkaian kendaraan yang didorong sepanjang jalur kereta api untuk mengangkut kargo atau penumpang.

      Kereta sudah lama menjadi salah satu moda transportasi massal yang digunakan di Indonesia. Pada saat ini, kereta baru beroperasi di daerah Jawa dan Sumatera. Selain itu, transportasi ini juga digunakan oleh masyarakat umum dan dibiayai oleh perusahaan negara.

      Untuk berjalan, kereta membutuhkan rel khusus. Ternyata, ada banyak hal yang dapat kamu ketahui tentang kereta. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam yang harus kamu ketahui tentang kereta dari sejarah hingga tips berburu tiket-nya.

       

       
      Sejarah Kereta

      Kereta berasal dari kata Trahiner dalam bahasa Prancis tua dan Trahere dalam bahasa latin. Dalam perkembangannya, asal mula kata inilah yang selanjutnya membuat kereta memiliki sebutan Train dalam bahasa Inggris.

      Rel kereta terdiri dari dua, tiga atau empat rel dengan sejumlah monorel. Kereta sendiri terdiri dari kombinasi satu atau lebih dari lokomotif dan gerbong kereta yang terpasang.

      Cikal bakal kereta bermula pada abad ke 19. Pada masa tersebut, lokomotif uap untuk pertama kalinya mulai beroperasi. Kemudian, pada tahun 1910-an dan seterusnya, giliran lokomotif diesel dan lokomotif listrik yang beroperasi.

      Sejarah kereta bermula dari penemuan mesin uap oleh James Watt, kemudian semakin berkembang dengan ditemukannya kendaraan roda tiga dengan bahan bakar mesin uap oleh Nicolas Cugnot.

      Kemudian, sejarah kereta semakin berkembang dengan penemuan mesin lokomotif dan kereta oleh Richard Trevithick. Seiring dengan berjalannya waktu, penemuan listrik oleh Michael Faraday kemudian berkembang menjadi cikal bakal kereta listrik. Begitupun dengan penemuan kereta dengan mesin diesel oleh Rudolf Diesel.

      Kemajuan terhadap dunia kereta semakin berkembang dengan beroperasinya kereta super cepat Shinkanzen di Jepang. Pada tahun 1960, kereta Shinkanzen ini mulai beroperasi dengan rute Tokyo menuju Osaka hingga ke seluruh Jepang.

       

       
      Kelebihan Menggunakan Kereta

      Kereta merupakan moda transportasi massal yang dikelola oleh pemerintah. Selain itu, kereta juga merupakan moda transportasi paling ampuh yang digunakan untuk menangani arus mudik dan arus balik.

      Kereta memiliki beberapa kelebihan yang dapat kamu pertimbangkan untuk memanfaatkan kereta menjadi moda transportasi pilihanmu. Kereta memiliki pelayanan yang cepat, serta dapat dipercaya sehingga membuatmu dapat merasa nyaman dalam menggunakan moda transportasi yang satu ini.

      Selain itu, kereta juga dapat mengangkut barang-barang dalam jumlah yang banyak. Hal ini juga dapat menjadi nilai tambah untukmu karena itu berarti kamu dapat membawa barang dalam jumlah yang cukup banyak ketika kamu berminat untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta.

      Kereta juga merupakan jenis transportasi yang cocok untuk pengangkutan penumpang dengan jarak dekat maupun jauh. Kereta menawarkan suasana menggunakan moda transportasi yang murah, nyaman, dan aman.

      Selain itu, kereta juga menawarkan akses yang baik di sepanjang jalur tersebut sehingga kamu tidak perlu khawatir akan kondisi kereta. Yang paling menyenangkan, kereta juga merupakan salah satu moda transportasi yang bersih sehingga dapat menunjang perjalanan wisatamu.

       

       
      Kekurangan Menggunakan Kereta

      Selain memiliki banyak kelebihan, kereta juga memiliki beberapa kekurangan yang dapat kamu pertimbangkan. Biaya operasional dan pemeliharaan kereta api cenderung tinggi. Selain itu, untuk jarak dekat biasanya biayanya juga cukup tinggi.

      Untuk masalah rute sendiri cenderung tidak fleksibel karena jika kamu ingin memindahkan rute kereta, maka kereta yang kamu gunakan harus memutar arah sehingga jalur kereta ini tidak mudah dialihkan.

      Selain itu, kereta juga biasanya mengganggu jenis transportasi lain misalnya jika harus melintas di atas jalan raya. Jika hal ini terjadi, maka kereta dapat mengganggu kendaraan bermotor di jalan raya.

       

       
      Mengetahui Jenis Kereta yang Ada di Indonesia dari Mesin Penggeraknya

      Indonesia adalah negara yang sudah lama mengembangkan moda transportasi kereta. Dilihat dari segi jenis mesin penggeraknya, maka kereta di Indonesia dibedakan menjadi tiga, yaitu kereta api uap, kereta api diesel dan kereta api listrik.

       

       
      1. Kereta Api Uap


      Kereta Api Uap via

       

       
      Kereta api uap merupakan cikal bakal nama kereta api karena digerakkan dengan menggunakan uap air yang dihasilkan dari air yang dipanaskan dengan menggunakan api. Itulah sebabnya, moda transportasi ini kemudian berkembang dengan nama kereta api.

      Kereta api uap sendiri digerakkan dengan menggunakan tenaga uap air yang dihasilkan dari ketel uap yang dipanaskan dengan kayu bakar atau batu bara atau minyak. Namun, karena kemajuan teknologi, kereta api uap ini sudah tidak lagi digunakan di Indonesia.

      Saat ini, kereta api uap yang beroperasi dapat kamu lihat di Ambarawa, Jawa Tengah dan juga Sumatera Barat. Di sana, kereta api uap ini digunakan sebagai kereta wisata.

       

       
      2. Kereta Api Diesel


      Kereta Api Diesel via

       

       
      Inilah dia salah satu jenis kereta api yang tentunya sudah sering sekali kamu saksikan. Ya, kereta api ini merupakan kereta api diesel.

      Kereta api diesel digerakkan dengan menggunakan mesin diesel dan bahan bakar berupa solar. Kereta api ini banyak digunakan di Indonesia terutama untuk kereta api dengan jarak yang jauh.

       

       
      3. Kereta Api Listrik


      Kereta Api Listrik via

       

       
      Selain kereta api uap dan kereta api diesel, kamu juga dapat mengetahui ada satu jenis kereta api lagi. Ya, kereta api tersebut adalah kereta api listrik.

      Kereta api listrik sendiri digerakkan dengan menggunakan tenaga yang berasal dari motor listrik. Tanda kereta api listrik adalah perangkat tambahan di atas gerbang yang selalu menempel pada jaringan kawat bermuatan listrik di atas sepanjang rel kereta api.

      Kereta api listrik sendiri digunakan untuk melayani perjalanan di daerah Jabodetabek. Kereta api listrik ini terkenal dengan sebutan Commuter Line. Kereta api listrik seringkali digunakan oleh orang-orang yang sering berpergian di sekitar Jabodetabek (commute).

       

       
      Mengetahui Jenis Kereta yang Ada di Indonesia dari Jenis Penggunaan

      Selain dilihat dari segi mesin yang menggerakannya, kereta sendiri juga dapat dibagi berdasarkan jenis penggunaannya. Ada lima kategori kereta di Indonesia yang dibedakan berdasarkan jenis penggunaannya, yaitu kereta penumpang, kereta barang, kereta wisata, kereta railone dan kereta inspeksi.

       

       
      1. Kereta Penumpang


      Kereta Penumpang via

       

       
      Ini dia jenis kereta yang paling sering dan paling mudah untuk ditemui. Ya, kereta ini merupakan kereta penumpang. Sesuai dengan jenis penggunaannya, kereta ini digunakan untuk mengangkut penumpang dari satu tempat menuju tujuan yang lain.

      Kereta penumpang terdiri dari lokomotif, kereta penumpang, kereta makan, kereta pembangkit dan kereta bagasi. Kereta penumpang ini biasanya dibedakan menjadi tiga kelas sesuai dengan fasilitas, yaitu kereta eksekutif, bisnis AC dan ekonomi AC.

      Kereta penumpang juga dapat dibagi berdasarkan jarak tempuhnya. Berdasarkan jarak tempuhnya, kereta penumpang terdiri atas kereta jarak jauh dan kereta lokal atau komuter.

       

       
      2. Kereta Barang


      Kereta Barang via

       

       
      Selain kereta penumpang, kereta di Indonesia juga ada yang berjenis kereta barang. Sesuai dengan namanya, kereta barang seringkali digunakan untuk mengangkut barang.

      Barang-barang yang biasanya diangkut dengan menggunakan kereta barang adalah kargo, semen, pupuk, batu bara, minyak, peti kemas dan lain-lain. Kereta barang sendiri memang biasanya dikhususkan untuk mengangkut barang.
       


       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
    • By theobrian
      jadwal per 1 April 2015
      Jadwal KA Lokal dari Stasiun Karawang ke Purwakarta dan Jakarta serta Tarif
      Jadwal KA Lokal dari semua stasiun antara Jakarta-Purwakarta
       
      sumber :
      https://theobrian.wordpress.com/
    • By pleasejackys
      Tipe Penumpang Paling Menyebalkan di Perjalanan. Pernah Bertemu?
       
       
      Sebagai seorang yang hobi jalan-jalan dan berwisata, tentu sudah tak terhitung lagi berapa kali kita harus bepergian dengan alat transportasi umum jarak jauh seperti pesawat ataupun kereta api. Dalam perjalanan tersebut pun, banyak hal pernah kita alami, mulai dari hal-hal yang menyenangkan sampai menyebalkan. Dari sebagian pengalaman tersebut, tentu ada yang berhubungan dengan penumpang lain selama perjalanan.
       

      Banyak Penumpang dalam Sebuah Perjalanan
      (Sumber: Flickr. Credit: Oscar von Bonsdroff)
       
      Dalam sebuah perjalanan, tentu kita akan bersama dengan banyak penumpang lainnya. Penumpang pun bermacam-macam tipenya; ada yang menyenangkan, ada yang biasa saja, dan ada pula yang menyebalkan. Setiap perjalanan, penumpang yang kita temui akan berbeda pula tipenya. Semakin sering melakukan perjalanan, pasti akan semakin banyak tipe penumpang yang pernah kita temui. Namun, tidak ada yang bisa mengacaukan mood dan semangat selain penumpang yang menyebalkan.
       
      Jika kalian adalah seorang traveler, pasti sudah banyak tipe penumpang menyebalkan yang pernah kalian temui. Berikut adalah beberapa tipe penumpang menyebalkan yang sering ada dalam sebuah penerbangan. Mana sajakah yang pernah kalian temui?
       
       
      1. Tidur Seperti di Rumah Sendiri
       
      Dalam sebuah perjalanan yang jauh dan memakan waktu lama, tidur adalah suatu kegiatan yang paling nikmat untuk dilakukan. Selain bisa menghindarkan diri dari rasa bosan yang berkepanjangan, tidur selama perjalanan juga bisa menghindarkan kita dari rasa letih dan lelah yang bisa mengurangi produktifitas kita sesampainya di tempat tujuan nanti. Dengan tidur selama perjalanan, kemungkinan besar badan akan terasa segar dan bersemangat saat bangun nanti.
       

      Penumpang Tidur
      (Sumber: Flickr. Credit: Nick Kozak)
       
      Tidur tidak akan mengganggu penumpang lain sama sekali jika seseorang bisa melakukannya dengan diam dan tenang. Masalahnya, ada beberapa orang yang justru memiliki kebiasaan tidur yang sangat menyebalkan. Suara mengorok tentu akan sangat mengganggu jika didengar penumpang lain, apalagi jika mengoroknya cukup kencang. Belum lagi jika air liur menetes sehingga tampak jorok dan menjijikan. Beberapa orang juga suka bergerak dalam tidurnya dan ini bisa sangat mengganggu kenyamanan penumpang lain yang berada di sekitarnya. Awalnya, hanya kepalanya yang “jatuh†bersandar ke orang di sebelahnya. Atau kaki dan tangannya yang bergerak kemana-mana.
       
      Sebagai penumpang yang baik, seharusnya kita sudah mengenali kebiasaan tidur kita masing-masing.  Jika memang kita termasuk orang yang memiliki sikap tidur yang mengganggu, persiapkan segala tindakan antisipasi jika kita berencana untuk tidur selama perjalanan. Dengan begini, kita tidak perlu merusak kenyamanan penumpang lain yang kebetulan duduk di sekitar kita.
       
       
      2. Cerewet
       
      Sebagai seorang petualang, kita tentu senang jika bisa sesekali bertemu dan mengobrol santai dengan orang asing yang kita temui sepanjang perjalanan. Orang tersebut pun bisa jadi sesama penumpang saat di pesawat atau kereta. Selain menambah kenalan, kita juga bisa mendapatkan ekstra informasi atau cerita yang menarik dari orang tersebut. Mengobrol selama perjalanan pun bisa membuat kita jauh dari rasa bosan.Akan tetapi, tidak semua penumpang bisa diajak mengobrol dengan nyaman. Pola pikir dan sikap yang terlalu berbeda bisa jadi membuat kita merasa bosan atau justru kesal.
       
      Penumpang yang ramah dan supel tentu akan membuat kita nyaman dan senang untuk mengobrol bersama. Namun, beberapa orang justru terlalu ramah dan bahkan cenderung sok akrab. Mereka umumnya terlalu cerewet dan banyak omong, tetapi sebagian besar omongannya tidak menarik. Penumpang semacam ini akan menjejali telinga kita dengan cerita-cerita yang tidak penting dan membuat kita jengah.
       

      Mengobrol dengan Penumpang Lain
      (Sumber: Flickr. Credit: Lawrence Carlos)
       
      Agar tidak terus menerus terjebak dalam kebosanan obrolan seperti ini, sebaiknya kita segera mencari cara untuk “melarikan diriâ€. Kita bisa berpura-pura tidur, membaca, atau mendengarkan musik agar orang tersebut mau berhenti berbicara dan membiarkan kita sendiri. Jika masih belum manjur, mintalah pada pramugari untuk pindah tempat duduk.
       
       
      3. Berlebihan Minta Tolong
       
      Menghadapi sebuah perjalanan, terkadang orang akan menemui masalah atau merasa kerepotan. Kalau sudah begini, wajar saja jika orang tersebut akan meminta sedikit bantuan dari pramugari atau penumpang lain. Sebagai sesama manusia pun, sudah sepatutnya kita untuk saling tolong menolong ketika ada orang lain yang membutuhkannya.
       
      Namun, minta tolong tersebut akan berubah menjadi sesuatu hal yang menyebalkan jika dilakukan secara berlebihan. Inilah yang kadang dilakukan beberapa penumpang. Sebagai contoh, orang tersebut minta bertukar tempat duduk karena dia ingin mendapat kursi di sebelah jendela, padahal kita sudah memesan kursi tersebut sejak awal. Contoh lain, dia minta tolong untuk menaikkan kopernya ke rak atas dan kemudian memintanya mengambil kembali dan meletakkannya di atas kembali beberapa kali karena ada barang yang ingin diambilnya di koper.
       

      Penumpang SalingMenolong
      (Sumber: Flickr. Credit: Aaron Saraurer)
       
      Jangan sampai kita menjadi penumpang yang semacam ini selama di jalan. Pikirkan segala kemungkinan yang akan terjadi sebelum memulai perjalanan sehingga kita bisa menyiapkan tindakan apa yang akan kita lakukan untuk menghadapinya nanti. Cara ini akan memperkecil resiko kita untuk merepotkan penumpang lain selama di perjalanan nantinya. Dan jika kita bertemu dengan orang yang menyebalkan ini, sampaikan dengan sopan keberatan kita saat dia meminta tolong secara berlebihan namun jangan sampai terpancing emosi.
       
       
      4. Banyak Bawaan
       
      Kadang kita harus menghabiskan waktu yang cukup lama untuk tinggal di tempat tujuan kita, entah itu untuk urusan jalan-jalan semata maupun urusan bisnis. Ini akan membuat kita cenderung membawa lebih banyak bawaan. Terkadang pula kita sudah merencanakan berbagai macam aktivitas untuk dilakukan di tempat tujuan nanti. Ini membuat kita harus membawa beberapa perlengkapan ekstra untuk aktivitas tersebut.
       
      Membawa banyak barang bawaan akan merepotkan kita saat berangkat dari rumah menuju stasiun atau bandara. Namun sesampainya di bandara, kita bisa langsung memasukkan semunya ke bagasi pesawat dan hanya menyisakan satu tas tangan saja untuk dibawa ke kabin. Maka tidak ada masalah yang akan mengganggu kenyamanan kita maupun penumpang lain nantinya.
       

      Banyak Barang yang Dibawa
      (Sumber: Flickr. Credit: Jeff)
       
      Namun sayangnya, ada beberapa penumpang yang suka membawa kopernya ke kabin demi menghindari biaya bagasi tambahan, atau hanya karena malas semata. Dan jika naik kereta, tidak ada bagasi khusus untuk menyimpan koper dan barang bawaan yang besar. Yang ada hanyalah rak di atas tempat duduk yang kapasitasnya terbatas. Jika bawaan cukup banyak, rak tersebut tidak akan mampu menampung semuanya sehingga kita harus menyimpannya di bawah, di sekitar tempat duduk kita.
       
      Meletakkan koper di sekitar tempat duduk seperti inilah yang berpotensi membuat penumpang lain tidak nyaman. Ini karena koper tersebut akan mengurangi ruang gerak yang dari awalnya saja sudah cukup terbatas. Belum lagi jika bawaan tersebut diletakkan di bawah tempat duduk penumpang lain atau di koridor sehingga orang lain jadi semakin sulit bergerak.
       
       
      5. Mengabaikan Etika Tempat Duduk
       
      Sopan santun dan etika adalah hal dasar yang sepatutnya sudah diketahui dan dipraktekkan oleh setiap manusia kapanpun dimanapun. Ini penting untuk menjaga kenyamanan bersama. Termasuk dalam hal berada dalam sebuah perjalanan pun, kita perlu menghargai etika dalam bersikap agar perjalanan terasa nyaman bagi semua orang.
       
      Masalahnya, ada orang-orang yang terlalu cuek terhadap etika dan cenderung bertindak semaunya sendiri. Dalam perjalanan, etika yang paling sering dilanggar oleh penumpang adalah etika tempat duduk. Tempat duduk dalam pesawat atau kereta tentu memiliki banyak keterbatasan, apalagi jika kita membeli yang kelas ekonomi. Tempat duduk dan ruang gerak cenderung sempit sehingga jika kita terlalu banyak bergerak akan langsung mengganggu penumpang lain yang duduk di sekitar kita.
       

      Pesawat dengan Tempat Duduk yang Sempit
      (Sumber: Flickr. Credit: lunaryuna)
       
      Berikut adalah beberapa etika yang harus kita jaga ketika sedang duduk di kursi pesawat atau kereta:
      Jika ingin merebahkan sandaran kursi, lihat dulu keadaan orang yang duduk di belakang kita dan sampaikan padanya bahwa kita akan merebahkan kursi agar orang tersebut tidak kaget. Selain itu, jangan merebahkan terlalu mundur jika orang di belakang tampak kesempitan bergerak Jangan menghabiskan lebih dari satu tempat duduk walaupun orang di sebelah cukup kurus Jangan meletakkan barang di tempat duduk sehingga mempersempit ruang gerak penumpang lain Jangan menendang-nendang kursi di depan kita. Jangan terlalu sering bergerak sehingga mengurangi kenyamanan penumpang sebelah Katakan permisi dengan sopan setiap kali kita harus lewat di depan tempat duduk orang lain, misalnya saat kita akan pergi ke toilet atau akan turun dari kereta lebih dahulu.  
      Menjaga etika dan sopan santun akan membuat kita disegani oleh orang. Sebaliknya, bertindak seenak sendiri akan membuat penumpang lain sebal dengan kita. Jika dipikir dengan logika, kita juga tentu akan merasa sebal jika bertemu penumpang yang semacam ini bukan?
       
       
      6. Anak Nakal yang Dibiarkan Orang Tuanya
       
      Terkadang ada penumpang yang membawa anaknya serta dalam sebuah perjalanan. Lazimnya anak-anak, mereka akan bertingkah macam-macam terutama saat berada di lingkungan yang terbilang asing dan baru, seperti misalnya di dalam pesawat atau kereta. Aktifnya anak tersebut merupakan sebuah proses perkembangan kecerdasan mereka yang wajar terjadi sehingga kita tentu dapat memakluminya.
       

      Anak Kecil yang Aktif di Kereta dengan Ibunya
      (Sumber: Flickr. Credit: Wazari Wazir)
       
      Walaupun kita bisa memaklumi penyebabnya, tetap saja kadang kita merasa terganggu jika ada anak yang bertingkah berlebihan. Sebagai contoh, dia memukul-mukul tempat duduk kita atau berteriak dengan suara yang terlalu kencang. Beberapa anak bahkan suka mengganggu penumpang lain seperti mencubit dan lain sebagainya. Bertemu anak yang semacam ini, kita tidak akan bisa merasa terlalu sebal kepada mereka karena mungkin mereka belum tahu bahwa yang dilakukannya adalah perbuatan yang salah. Tugas orang tuanya lah untuk menenangkan sang anak agar tidak mengganggu penumpang lain.
       
      Sialnya ada juga orang tua yang suka cuek terhadap kenakalan anaknya. Inilah yang paling menyebalkan. Contohnya, sang ibu sibuk memainkan handphone sementara anaknya lompat-lompat di kursi sambil berteriak. Sang orang tua berpikir penumpang lain seharusnya memahami jika ada anak kecil yang bertingkah aktif. Penumpang lain yang sudah tidak tahan mungkin akan menegur orang tua sang anak agar mau menenangkan anaknya. Ini akan menjadi jauh lebih menyebalkan lagi jika sang orang tua justru merasa tersinggung karena ditegur dan bersikeras bahwa apa yang dilakukan anaknya adalah hal yang biasa saja. Padahal, jika anak tidak pernah dididik untuk bersikap sopan, kapan mereka akan bisa mulai bersikap sopan?
       
       
      7. Penumpang Sakit
       
      Menjaga kesehatan adalah hal yang wajib dilakukan setiap orang, terutama jika kita berencana melakukan perjalanan yang cukup jauh, lama, dan melelahkan. Kurang berhati-hati dalam menjaga kesehatan akan membuat kita beresiko terserang penyakit. Padahal, sakit saat sedang travelling adalah hal yang sangat merepotkan, apalagi jika kita sedang berada dalam perjalanan naik pesawat atau kereta.
       
      Tidak ada orang yang berharap apalagi berencana untuk sakit selama di perjalanan. Untuk itu, jika kita kebetulan bertemu dengan penumpang yang sakit dalam perjalanan, kita tidak bisa menyalahkannya juga. Hanya saja, ada beberapa penumpang yang menjadi menyebalkan saat sakit. Misalnya, penumpang yang bersin-bersin dengan keras dan terus menerus sepanjang perjalanan. Selain tidak enak didengar, penumpang ini juga akan menyebarkan virusnya kemana-mana dan beresiko menulari penumpang lain. Ada juga orang yang suka merintih-rintih secara berlebihan saat sakit. Yang paling mengganggu, adalah penumpang yang sampai muntah, apalagi jika muntahannya berantakan dan berbau menyengat.
       

      Traveler yang Sakit
      (Sumber: Flickr. Credit: librarymook)
       
      Jika merasa tidak enak badan, sebaiknya kita tidak memaksakan diri untuk tetap berangkat. Ambillah satu hari untuk beristirahat dan memulihkan stamina. Geser jadwal perjalanan kita dengan menghubungi pihak maskapai. Kalau memang terpaksa tidak bisa ditunda, minumlah obat terlebih dahulu agar kita bisa menekan rasa sakit dan meminimalisir gejala penyakit yang bisa mengganggu penumpang lain saat di perjalanan nanti. Usahakan obat yang diminum adalah obat yang menyebabkan kantuk agar kita akan tertidur lelap sepanjang perjalanan dan tidak merecoki penumpang lain.
       
       
      8. Jorok dan Bau
       
      Satu lagi tipe penumpang yang sering muncul dalam sebuah perjalanan adalah penumpang yang kurang menjaga kebersihan sehingga tampak jorok dan bahkan juga bau. Duduk di sebelah penumpang yang semacam ini tentu akan membuat kita merasa risih dan tidak betah, apalagi jika kita termasuk orang yang sangat menjaga kebersihan dan kesehatan. Ingin rasanya perjalanan segera berakhir atau segera mencari tempat duduk lain untuk pindah.
       
      Bau yang umum muncul dari penumpang lain antara lain bau bekas keringat di badan dan bau mulut. Bau juga kadang bisa berasal dari bahan makanan yang dibawanya, misalnya ikan atau durian. Kadang ada pula penumpang yang merokok sembarangan. Asapnya menimbulkan bau yang menyebalkan dan abunya berceceran dimana-mana.Sementara, joroknya penumpang tersebut biasanya berupa bersin tanpa ditutup, buang sampah sembarangan, mengupil, dan masih banyak lagi. Jorok ini tentu akan lebih terasa menjijikan dan mengganggu daripada sekedar bau. Selain jijik, kita tentu juga khawatir akan persebaran virus, kuman, dan bakteri yang mungkin saja terjadi.
       
      Jika penumpang di sebelah kita menunjukkan sikap jorok seperti itu, janganlah ragu untuk segera menegurnya dengan sopan karena kadang mereka tidak sadar bahwa tingkahnya itu cukup mengganggu orang lain.
       
       
       
      Bagaimana dengan kalian? Sudah pernahkah bertemu dengan penumpang-penumpang menyebalkan seperti yang disebut di atas? Atau jangan-jangan, kalian pernah jadi penumpang yang semacam itu? Adakah tipe penumpang menyebalkan lain yang pernah kalian temui dan belumdisebut dalam artikel di atas?
    • By De Santos
      Hai para Jalan2ers,
       
      Sebagai jalan2er yang sekarang sudah tidak tinggal di Jakarta, saya tadinya hanya mendengar-dengar saja dari media massa bahwa pemerintah melakukan banyak peningkatan dalam bidang transportasi khususnya kereta. Maka pada bulan Juli 2013 kemaren, ketika saya berkesempatan pergi ke Jakarta, saya jalan2 di sana sekalian nyobain naik kereta komuter. Ternyata memang ada beberapa perubahan!
       
      Saya masih ingat dulu ketika saya sering mondar-mandir naik KRL Ekonomi saat masih tinggal di Bekasi, saya harus berdesak-desakkan dengan penumpang lain dan pengamen, pengemis, dan pedagang asongan. Tingkat keamanan pun ala kadarnya. Sudah dua kali saya melihat penjambretan di depan mata kepala saya sendiri. Namun sekarang, kelas ekonomi sudah dihapuskan, semuanya pake AC dan harganya murah karena disubsidi. Pengamen, pengemis, dan pedagang asongan sudah tidak terlihat lagi berkeliaran di atas kereta. Tiket yang digunakan juga tiket elektronik loh! Sesuatu peningkatan.....
       

       
      Tapi ada juga yang belum berubah, yaitu mental masyarakatnya! Masih saling dorong, semua mau duluan. Priority seats seperti tidak berarti. Banyak orang yang masa bodo sama orang-orang yang lebih membutuhkan tempat duduk. Memang butuh lama untuk mengubah yang satu ini....
       

       
      Lalu kelemahan satu lagi yang masih ada yaitu tidak adanya peta rute terintegrasi. Peta yang bisa didownload di situs resmi kurang update dan tidak terintegrasi. Stasiun seperti Gambir, Grogol, dan Tanjung Priuk yang sebenarnya sudah tidak dihinggapi oleh kereta komuter masih tertulis di sana. Oleh karena itu saya bikin sendiri peta yang lebih update dan terintegrasi. Dapat dilihat di bawah ini:
       

       
      Untuk melihat peta di atas dengan ukuran yang lebih besar dan sekalian mengetahui cerita jalan2 saya di Jakarta silahkan kunjungi:
       
      http://www.traveldonk.com/2013/08/extremely-jakarta.html
       

    • By singgih
      Beli tiket Online lebih mudah dan komplit ada di http://www.tiket.com/?twh=19618923
      Tersedia tiket Pesawat, tiket KeretaApi, Booking Hotel dan Tiket Event.
      Ingin diskon menarik dari hotel Santika dan groupnya diberbagai daerah, coba kunjungi http://quran4beginner.blogspot.com
      Mau bisnis tiket dan pulsa dalam satu deposit, di http://quran4beginner.blogspot.com/p/blog-page_22.html
    • By gembel_ganteng
      Hai-hai para pecinta Jalan-jalan untuk menyambut v-day tahun ini PT KAI akan membuka kembali promo tiket untuk 50 ribu seat dalam tajuk Tanda Cinta KAI. ayo yg mau backpackeran dgn menggunakna kereta api atau yg mau nyoba naek kereta silahkan cek terus website y atau pantengin terus TL y @KAI121 Ayo segera Keburu Kehabisan!!
      #SweetValenTrain50ribuSeat
       
       


    • By zeekyuryu
      Melbourne merupakan salah satu kota yang besar di Australia. Kota ini memiliki sejuta pesona yang berbeda dari Sydney, kota lain yang juga sangat terkenal di Australia. Melbourne merupakan kota yang tenang dan juga kota yang cukup romantis sebagai tempat tinggal dan juga sebagai lokasi kunjungan wisata. Berkunjung ke Australia, termasuk Melbourne memang memerlukan budget yang tidak sedikit, tapi kota ini adalah kota yang ramah bagi para wisatawan, anda bisa menghemat banyak budget wisata dengan menggunakan transportasi gratis di Kota Melbourne.
       
       
      Anda mungkin pernah mendengar tram atau sejenis kereta listrik tapi ada di tengah-tengah kota. Ya, tram merupakan salah satu transportasi utama di Melbourne selain bus dan juga kereta api. Tram di Melbourne ini memiliki jalur yang sangat panjang dan juga memiliki banyak sekali lokasi pemberhentian. Katanya, jalur tram di Melbourne adalah jalur tram terpanjang di dunia.
       

       
       
      Bentuknya seperti kereta api tapi tidak terlalu panjang. Memiliki jarak yang dekat dengan lintasannya. Menarik, modern, dan tentunya nyaman. Walaupun di dalam tram selalu ramai, tapi tidak terlalu berdesakan seperti di Jakarta tentunya, hehehe. Tram ini berjalan sekitar kurang dari 5 menit sekali kurang lebihnya. Mau ke mana saja, anda bisa menggunakan tram ini.
       
       
      Tapi, ada yang menarik, tram ada 2 jenis, tram biasa dan juga tram untuk wisata. Tram wisata akan berhenti di sejumlah objek wisata saja dan tram jenis tersebut bisa dinaiki dengan gratis. Tram wisata juga memiliki model yang berbeda dari segi tampilan fisiknya. Jika tram biasa modern, tram untuk wisata lebih antik dengan model yang lebih kuno. Tram ini memiliki warna coklat kemerahan dan juga hijau di atasnya. Bukan Cuma tampilan luar, tapi di dalamnya, juga terasa lebih kuno, seperti menjelajahi zaman, bukan?
       

       
       
      Tram wisata yang sering disebut sebagai City Circle Tram ini bisa anda naiki sekitar 10 menit sekali di lokasi-lokasi pemberhentian yang sudah ditetapkan. Jangan khawatir soal rute, karena di banyak tempat seperti pemberhentian tram, di dalam tram, dan lain-lain anda bisa menemukan peta wisata berikut juga dengan rute tram yang dilalui. Beberapa objek wisata yang dilalui adalah Melbourne Aquarium, Immigration Museum, Treasury Garden, dan lain sebagainya. Jika bingung tersedia pusat informasi wisata di kawasan Flinders Street Station yang merupakan kawasan yang biasanya menjadi pusat para turis dan juga dilalui City Circle Tram ini.
       
       
      Selain menaiki tram, anda bisa juga menaiki transportasi lain yang disediakan untuk para turis yaitu bus. Bus juga ada yang khusu untuk para wisatawan dan tentu tetap gratis. Bedanya, kedatangan bus ini setiap 30 menit sekali, berbeda dengan tram yang lebih banyak. Tapi, dengan bus, anda bisa menjelajahi sejumlah objek wisata yang tidak dilalui oleh tram tadi. Beberapa di antaranya seperti Chinatown, Federation Square, University of Melbourne, Queen Victoria Market, dan lain sebagainya.
       
       
      Selain dua armada gratis untuk wisatawan, anda sebenarnya bisa menggunakan transportasi umum di Melbourne dengan mudah. Sistem transportasi di Melbourne menggunakan sistem tiket semua jenis armada yang disebut Metlink. Met Card bisa digunakan untuk tram, bus, maupun kereta api.
       
       
      Metcard dibagi untuk 2 zona, zona 1 dan zona 2. Zona 1 untuk pusat kota dan wilayah sekitarnya. Zona 2 untuk wilayah lain yang jauh dari pusat kota. Untuk pembelian met card ini bisa anda dapatkan di sejumlah loker koran, supermarket, mini market seperti seven eleven (711), dan di berbagai tempat lainnya atau di dalam tram itu sendiri. Cara penggunaanya juga berbeda pada bus dan tram. Pada bus, saat naik dan turun anda harus menempelkan met card hingga berbunyi, tapi untuk tram hanya saat anda naik saja.
       

       
      Mercard ini juga macam-macam jenis dan juga masa berlakunya. Ada met card yang bisa digunakan harian, mingguan, bulanan, bahkan hanya beberapa jam saja. Misalnya, anda bisa membeli met card weekend, artinya, anda bisa menggunakan met card ini di weekend saja dan bisa menentukan berapa kali weekend masa berlakunya. Atau metcard yang khusu hari minggu yang bisa digunakan di hari minggu seharian penuh. Bisa juga metcard yang hanya berlaku setiap 2 jam sekali saja. Met card jenis ini akan hangus setelah 2 jam pemakaian. Untuk lebih jelasnya soal met card anda bisa mengunjungi situs http://www.metlinkmelbourne.com
       
      UPDATE dari mas @melongurlz Update ya  :) Kartu nya udah ganti, sekarang namanya Myki. Bisa di beli di convenience store sperti 7-11 dll. dengan harga $6 (biaya kartu doank ya  )  :)
        untuk lebih lengkapnya silahkan ke TKP : http://ptv.vic.gov.au/tickets/myki/buying-your-myki/