• 0
Sign in to follow this  
Luwaks

10 Best City in Asia

Question

Setelah lihat tadi ada postingan best hotel, ini adalah 10 BEST city di Asia.

Survei ini dibuat oleh majalah traveling dunia Conde Nast Traveler (CN Traveler) dari para pembacanya.

Berikut daftar dan hasil poling 10 kota terbaik di Asia tahun 2012 versi Conde Nast Traveler:

1. Bangkok, Thailand (83,0)

2. Hong Kong (80,7)

3. Kyoto, Jepang (80,7)

4. Singapura (79,8)

5. Chiang Mai, Tailand (79,0)

6. Ubud, Indonesia (78,7)

7. Tokyo, Jepang (77,8)

8. Hoi An, Vietnam (76,4)

9. Shanghai, China (76,2)

10. Luang Prabang, Laos (74,4)

Meski menduduki peringkat 6, Ubud berhasil mengalahkan kota wisata andalan negara-negara tetangga lainnya. Seperti Tokyo, kota metropolis di Jepang yang bertengger di posisi 7, Hoi An, Vietnam di peringkat 8, Shanghai, China yang berada di posisi 9, dan Kota Luang Prabang, Laos yang berada di posisi 10.

Dalam hasil poling yang didapatkan, panorama Ubud mendapat rating sebesar 87,4. Sedangkan untuk suasana berlibur, Ubud memperoleh poling 84,1. Semua angka yang cukup tinggi ini, juga didukung dengan beragam fasilitas yang dimiliki Ubud. Seperti halnya penginapan yang mendapat poling 84,7, restoran dengan hasil poling 74,2, dan tempat belanja dengan perolehan poling sebesar 59,8.

Share this post


Link to post
Share on other sites

5 answers to this question

  • 0

wah keren...

kalo dilihat dari nama majalahnya, kayaknya kota dengan destinasi wisata yah...?

padahal masih banyak kota2x di indonesia yang perpotensi bagus wisatanya, cuma sayang, kurang di canangkan oleh pemerintah...

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

emang sih di indonesia bali yang udah berkembang pesat jadi kota wisata jadi para wisatawan juga pasti lebih kenal bali dari daerah daerah lain, pemerintah harus gencar promosi nih

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

kok bangkok bisa jadi nomor satu ya? saya pikir mungkin kota seperti shanghai, singapur, atau tokyo bakal nomor 1.

kalau menurut saya sih Singapore gitu2 aja, kl dah lebih 2 kali dateng juga bosen. hotel emang bagus, tapi kalau buat makanan jauh sama indo

kalau bali kan pantainya ada banyak. makanan sama penginapan juga ok2.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By zonahonda
      Rasakan sensasi mengendarai sedan modern yang canggih penuh fitur keselamatan dan keamanan khas Honda, bepergian jadi terasa menyenangkan.
      Mesin 1500 cc i-VTEC sangat hemat BBM juga desain indah dan keren mobil ini akan menaikkan gengsi Anda kemana pun Anda pergi.
      Harga Honda City
      City E M/T Rp. 316.000.000
      City E CVT Rp. 326.000.000
      Dapatkan Promo Kredit Ringan hanya dengan saya di Honda Pondok Cabe.
      Prabowo Dyan
      Telepon/SMS: 081213135608 & 081905550608
      WA: 085218117770
      BBM: 24E88E5C
      e-mail: prabowodyan@gmail.com
      Fast Response: Tidak terikat jam kantor.
      Melayani Jabodetabek dan Banten
      Website: https://zonahonda.com/


    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
      Asia hampir selalu menjadi salah satu destinasi tujuan bagi para anak muda yang ingin menghabiskan waktunya dengan berwisata yang terjangkau. Selain itu, Asia juga selalu menjadi wisata tujuan bagi para backpacker yang ingin berwisata dengan gaya hidup yang murah.
      Kota-kota seperti Bangkok dan Hanoi telah lama menjadi destinasi wisata tujuan para traveler karena harga dolar yang dapat menjadi turun dengan drastis di kota ini.
      Saat ini, wisatawan dapat melakukan kegiatan wisata dengan perencanaan yang lebih informal. Nah, selain itu, wisatawan juga dapat melakukan kegiatan wisata dengan sangat menyenangkan.
      Nah, apakah kamu penasaran dan ingin segera mengetahui destinasi-destinasi wisata terfavorit wisatawan? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam delapan destinasi wisata termurah di Asia yang dapat kamu kunjungi.
       
      1. Pokhara, Nepal
       

       

      Pokhara, Nepal 
       
      Jika kamu menginginkan perjalanan dengan gaya backpacker, maka kamu dapat mencoba untuk mengunjungi destinasi wisata yang satu ini. Destinasi wisata ini adalah Pokhara yang terletak di Nepal.
      Pokhara memiliki banyak pilihan hotel dengan jenis budget, mid-range maupun premium. Nah, selain itu, Pokhara juga memiliki banyak aktivitas outdoor yang mempu membuatmu menyusun biaya waktu tinggal yang efektif.
      Kamu juga dapat merasakan keseruan berbagai aktivitas lainnya yang di sini. Kamu dapat mencoba mengunjungi Danau Phewa dan menikmati pemandangan danau tersebut dengan menggunakan rakit.
      Selain itu, kamu juga dapat mencoba untuk menikmati pemandangan sunrise dari puncak Sarangkot dan mengunjungi air terjun Davi. Kamu dapat mencoba untuk menikmati makanan pinggir jalan yang terdapat di Pokhara ini. Ya, makanan pinggir jalan yang tersedia di sini tergolong tidak begitu mahal.
      Pokhara sendiri merupakan kota terbesar kedua di Nepal. Nah, selain itu, kota ini merupakan titik awal untuk melakukan kegiatan trekking di daerah Annapura. Salah satu destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi di Pokhara adalah Danau Phewa. Danau Phewa merupakan salah satu spot tercantik di Nepal.
      Danau Phewa ini dikelilingi oleh pepohonan dan hutan yang berisi monyet-monyet. Selain itu, danau ini juga dikelilingi oleh bukit-bukit tinggi yang indah.
      Selain Danau Phewa, kamu juga dapat mengunjungi Shanti Stupa. Pagoda ini dibangun pada tahun 1999. Yang paling menyenangkan adalah pagoda ini mampu menyajikan pemandangan indah berupa Pegunungan Annapura yang cantik.
      Tempat ini juga merupakan tempat yang sangat indah untuk menyaksikan matahari terbit dan matahari terbenam. Nah, kamu tentu dapat memasukkan destinasi wisata Pokhara ini ke dalam destinasi wisata yang ingin kamu datangi selanjutnya.
       
      2. Vientiane, Laos
       

       

      Vientiane, Laos
       
      Vientiane adalah ibukota Laos yang terletak di Lembah Mekong. Vientiane sendiri merupakan bagian dari prefektur Vientiane dan terletak di perbatasan dengan Thailand. Jika mengunjungi Vientiane, kamu akan mendapatkan pemandangan berupa atmosfer yang menenangkan dan mampu membuatmu merasa sangat nyaman dengan kota kecil itu.
      Kota Vientiane ini sendiri amat sangat tenang dan walkable. Ya, jika kamu memang ingin menikmati kota Vientiane ini dengan berjalan kaki maupun menaiki sepeda, maka kamu dapat mengunjungi kota ini.
      Biaya makanan yang harus kamu keluarkan jika ingin mengunjungi Vientiane juga cenderung tidak begitu mahal sehingga hal ini tentu akan sangat menyenangkan. Kamu akan dapat menikmati perjalanan wisata dengan biaya yang terjangkau.
      Beberapa destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi ketika kamu datang ke Vientiane adalah Lao National Museum, Patuxai, Wat Si Saket dan lain-lain.
      Lao National Museum adalah sebuah museum yang menyuguhkan pemandangan berupa koleksi nasional Laos. Koleksi tersebut seperti benda-benda yang merupakan benda-benda perjuangan Laos.
      Selain Lao National Museum, kamu juga dapat mengunjungi Patuxai. Patuxai merupakan sebuah gerbang di Vientiane yang terlihat seperti gerbang Arc de Triomphe di Paris. Gerbang ini sendiri sering dikaitkan seperti gerbang kemenangan.
      Kamu juga dapat mengunjungi Wat Si Saket di sini. Tempat ini merupakan candi tertua yang terdapat di Vientiane. Selain itu, candi ini juga merupakan candi Buddha yang sudah lama terdapat di Vientiane.
      Dengan begitu banyak destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi dan juga terjangkaunya biaya wisata di Vientiane, maka tidak ada salahnya untuk mengunjungi kota cantik yang satu ini.
       
      3. Chiang Mai, Thailand
       

       

      Chiang Mai, Thailand
       
      Inilah dia salah satu kota di Thailand yang dapat menjadi referensi wisatamu jika ingin mengunjungi kota dan berwisata secara murah meriah. Ya, kota ini adalah kota Chiang Mai.
      Kota Chiang Mai ini merupakan kota terbesar kedua di Thailand dan terletak di daerah utara Thailand. Terletak di antara pegunungan yang membentuk daerah utara Thailand, Chiang Mai berjarak sekitar 700 kilometer sebelah barat laut Bangkok. Chiang Mai juga merupakan ibu kota dari provinsi Chiang Mai.
      Kota ini adalah destinasi wisata yang tepat jika kamu ingin melarikan diri sejenak dari keriuhan ibukota atau kehidupan sehari-hari. Bagi kamu yang menyukai ketenangan, kamu dapat mencoba untuk mengunjungi kota yang satu ini.
      Nah, kamu dapat mencoba mengunjungi candi-candi di Chiang Mai ini ketika memiliki kesempatan untuk mengunjungi Chiang Mai. Candi-candi tersebut adalah Wat Chedi Luang, Bhubbing Palace dan lain-lain.
      Ketika mengunjungi candi-candi di Chiang Mai, biasanya kamu harus berkendara terlebih dahulu ke daerah suburban untuk dapat mengunjungi candi-candi ini. Nah, sepanjang perjalanan tersebut kamu dapat melihat pemandangan yang indah.
      Kamu akan memiliki kesempatan untuk melihat banyak candi-candi cantik ketika mengunjungi Chiang Mai. Selain candi, kamu juga memiliki kesempatan untuk mengunjungi berbagai destinasi lainnya di Chiang Mai.
      Di Chiang Mai sendiri terdapat sebuah taman bunga yang cantik. Di taman bunga ini, kamu dapat menyaksikan begitu banyak bunga yang berasal dari berbagai macam tempat. Tempat tersebut adalah Royal Flora Rachapruek.
      Untuk mendapatkan pengalaman wisata yang menyenangkan dan terjangkau, jangan lupa untuk mengunjungi kota Chiang Mai ini. Ya, pastikan kamu memasukkan Chiang Mai sebagai destinasi incaranmu berikutnya.
       
      4. Yangshuo, China
       

       

      Yangshuo, China 
       
      Inilah dia destinasi wisata di China yang dapat kamu kunjungi. Kota ini adalah Yangshuo di China. Yangshuo adalah sebuah kota yang terletak di Guilin, Guangxi.
      Para backpacker pertama kali menemukan tempat ini pada tahun 1980-an. Nah, pada waktu itu mereka dapat menemukan destinasi wisata yang sangat berbeda dari kebanyakan kota di Cina lainnya.
      Destinasi wisata ini terletak diantara dua sungai, yaitu Li dan Yulong. Ketika mengunjungi tempat ini kamu akan dapat menyaksikan lanskap sekelilingnya yang begitu indah, yaitu daerah perbukitan, karst, bukit yang hijau dan lain-lain.
      Kota ini sangat menyenangkan untuk kamu kunjungi karena di sini kamu dapat menghirup udara bersih. Selain itu, udara yang terdapat di kota ini juga cenderung tidak berpolusi sehingga sangat menyenangkan untuk kamu sambangi.
      Untuk masalah budget, kota ini juga tergolong budget-friendly. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk mengeksplor kota ini cenderung tidak begitu mahal. Di tempat ini terdapat banyak restoran maupun toko. Selain itu, juga terdapat banyak hotel dan hostel di tempat ini.
      Banyak orang juga memilih untuk menyambangi tempat ini karena kamu dapat mengeksplor tempat ini dengan menggunakan sepeda. Menyenangkan sekali, bukan?
       
      5. Lombok, Indonesia
       

       

      Lombok, Indonesia 
       
      Indonesia memiliki Lombok yang terkenal dengan berbagai destinasi wisatanya yang menakjubkan. Kamu tidak hanya menemukan pantai-pantai indah di sini, tetapi kamu juga akan menemukan berbagai kearifan lokal lainnya yang sayang untuk dilewatkan.
      Punya keinginan untuk menjelajahi Lombok? Tentunya keinginan itu dapat kamu wujudkan karena Lombok memang memiliki berbagai destinasi wisata yang terlampau indah serta wajib kamu kunjungi.
      Untuk destinasi wisata andalan, Lombok memiliki Gili Islands. Aktivitas yang wajib kamu coba di Gili Islands adalah snorkeling.
      Kamu dapat mengambil paket snorkeling ke 3 Gili yang dibimbing oleh seorang tour guide yang berpengalaman. Guide tersebut akan menjemputmu dan mengantarmu berkunjung ke titik-titik snorkeling terbaik di Pulau Gili.
      Di Gili Trawangan, kamu akan diajarkan cara menggunakan perlengkapan snorkeling hingga akhirnya kamu akan merasa terbiasa. Kemudian, barulah guide tersebut mengantarmu mengunjungi spot-spot snorkeling terbaik.
      Di Gili Trawangan, kamu dapat melihat karang biru serta ikan hias beraneka ragam yang cantik. Setelah puas mengelilingi Gili Trawangan, kamu dapat melihat Gili Meno dan Gili Air yang terkenal dengan ikan hias, penyu dan karang biru.
      Paket snorkeling yang ditawarkan adalah sekitar Rp 100.000,00 hingga Rp 200.000,00 lengkap dengan guide dan menyewa peralatan snorkeling. Selain snorkeling, aktivitas lain yang dapat kamu coba di Pulau Gili adalah berenang bersama penyu.
      Kamu juga dapat memesan makan siang dan melanjutkan snorkeling setelah selesai makan siang. Jika kamu ingin bersantai sejenak, kamu dapat mencoba untuk sunbathing di pantai sambil menikmati pemandangan Gunung Rinjani yang indah.
      Pastikan untuk kembali pulang sebelum hari beranjak terlalu sore karena dikhawatirkan kamu akan sulit menemukan transportasi untuk kembali ke tempat penginapanmu. Kamu tentu akan merasakan pengalaman yang menyenangkan berkunjung ke sini.
               
      6. Bali, Indonesia
       

       

      Bali, Indonesia
       
      Inilah dia destinasi wisata lainnya yang tentu sudah tidak asing lagi untuk kamu sambangi. Ya, destinasi wisata ini adalah Bali. Bali menawarkan berbagai pemandangan alam yang cantik dan indah untuk kamu saksikan. Di sini kamu dapat melihat lanskap alam berupa pantai maupun gunung.
      Selain itu, di sini kamu juga dapat menemukan terasering dan berbagai lanskap yang indah lainnya. Untuk masalah budgeting, biaya yang kamu keluarkan untuk melakukan perjalanan wisata di Bali pun juga tergolong tidak begitu mahal.
      Bali sudah seringkali menjadi destinasi wisata yang diimpikan oleh banyak orang. Kecantikan alamnya memang tidak diragukan lagi.
      Bali mampu menyuguhkan pemandangan alam berupa lanskap pegunungan serta pantai-pantai cantik yang menarik.
      Bali juga terkenal sebagai surga dunia. Nah, berbagai pilihan wisata tersedia dan tentunya dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Entah kamu menginginkan tempat wisata yang penuh dengan ketenangan atau kamu menginginkan tempat wisata yang ramai.
      Bagi kamu yang mencintai kebudayaan dan ketenangan, tentunya Ubud adalah pilihan destinasi wisata terbaik yang dapat kamu eksplor. Ubud terkenal dengan kenyamanannya, dengan pemandangan yang jauh berbeda jika dibandingkan dengan hingar binger dan ramainya Kuta.
      Pecinta seni juga biasanya akan merasa senang untuk mengunjungi Ubud. Ubud dipenuhi dengan berbagai galeri dan tempat pembuatan kerajinan tangan. Selain itu, arsitektural Ubud juga tergolong begitu cantik dan menawan sehingga membuatmu betah berlama-lama berada di Ubud.
      Ubud terdiri dari sekitar 14 desa yang terletak di Kabupaten Gianyar, Bali. Ubud terletak di antara sawah dan hutan sehingga mampu membuat kamu terpukau karena menyaksikan keindahan alamnya yang begitu cantik.
      Salah satu daerah di Bali yang memiliki pesona wisata cantik yang dapat kamu sambangi adalah Seminyak. Seminyak merupakan sebuah kelurahan yang terletak di kecamatan Kuta, Badung, Bali, Indonesia.
      Seminyak terkenal dengan berbagai wisata pantai, lengkap dengan berbagai fasilitas seperti hotel, spa, restoran dan lain-lain.
      Bagi kamu yang ingin menikmati suasana pantai, mungkin dapat mengunjungi daerah Kuta.       Kuta adalah sebuah kecamatan dan kelurahan yang terdapat di daerah selatan Bali.
      Dulunya, daerah ini merupakan tempat perkampungan para nelayan namun saat ini telah berkembang menjadi salah satu destinasi wisata yang mampu menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara.
       
      7. Goa, India
       

       

      Goa, India 
       
      Inilah dia destinasi wisata di Asia lainnya yang dapat kamu kunjungi dengan biaya wisata yang cenderung terjangkau. Ya, tempat ini adalah Goa yang berada di India.
      Goa adalah sebuah negara bagian yang terletak di pantai barat India. Goa ini menyimpan banyak keindahan yang menarik untuk kamu nikmati dan sambangi.
      Goa memiliki keindahan berupa campuran antara kebudayaan serta arsitektur India dan Portugis. Keindahan dari Goa ini mampu mendatangkan sekitar 2,5 juta pengunjung setiap tahunnya.
      Waktu terbaik untuk mengunjungi Goa adalah sekitar pertengahan November hingga pertengahan Februari. Pada waktu-waktu tersebut, biasanya Goa memiliki cuaca yang nyaman dan kering.
      Beberapa pantai yang terdapat di Goa antara lain adalah Pantai Arambol, Agunda, Anjuna dan Vagator, Colva, dan lain-lain. Selain pantai, Goa juga memiliki penangkaran untuk hewan liar, seperti Bondla Wildlife Sanctuary, Mahavir Wildlife Sanctuary dan lain-lain.
      Untuk masalah budget, kamu tidak perlu khawatir. Perjalanan untuk mengunjungi Goa sendiri tidak membutuhkan budget yang terlalu besar sehingga kamu dapat mengunjungi Goa dengan biaya yang cukup terjangkau.
       
      8. Sihanoukville, Kamboja
       

       

      Sihanoukville, Kamboja 
       
      Inilah dia sebuah kota di Kamboja yang dapat kamu kunjungi jika ingin mendapatkan kegiatan wisata yang tidak membutuhkan biaya berlebihan. Ya, tempat ini merupakan Sihanoukville, Kamboja.
      Sihanoukville ini merupakan daerah yang banyak memiliki pantai cantik yang menanti untuk kamu sambangi. Beberapa pantai yang dapat kamu sambangi adalah Pantai Victory, Pantai Independence, Pantai Sokha, Pantai Serendipity, dan lain-lain.
      Pantai Serendipity mungkin merupakan pantai yang sangat populer. Selain itu, banyak pengunjung yang datang untuk mengunjungi pantai cantik yang satu ini.
      Untuk masalah budgeting, kamu juga tidak harus khawatir. Kamu akan menemukan banyak penginapan dengan berbagai variasi serta pilihan untuk menginap di Sihanoukville, Kamboja ini.
      Di tempat ini, kamu juga dapat menemukan berbagai kuliner yang menarik untuk kamu nikmati. Perjalananmu mengunjungi Sihanoukville tentu akan terasa menyenangkan sekali, bukan?
       
      Nah, itulah dia pembahasan mengenai delapan destinasi wisata termurah di Asia yang dapat kamu kunjungi. Semoga artikel ini mampu menginspirasimu untuk memiliki perjalanan wisata yang menyenangkan dan terjangkau di Asia.
      Happy traveling!
    • By salmiah
      Bagi para traveler yang berencana ke Singapore dan ingin tahu tempat wisata apa saja yang akan dikunjungi, mungkin tulisan ini bisa sedikit membantu. Berikut 10 tempat wisata yang sebaiknya dikunjungi di negara terkaya di Asia Tenggara ini:
      1. Merlion Park
       

      Merlion Park - photo by 3dwallhd.com
      Ini kayaknya tempat nomor satu yang wajib dikunjungi jika ke Singapore. Kalo gak kesini mending gak usah ke Singapore deh. Merlion Park merupakan salah satu landmark negara Singapore yang terletak di One Fullerton, di dekat Central Business District.
      Di taman ini terdapat patung Merlion, patung berbadan ikan dan berkepala singa, yang merupakan ikon negara Singapore. Patung Merlion ini memiliki tinggi 8,6 meter dan berat 70 ton, mengeluarkan air mancur dari bagian mulut patung. Tidak jauh dari patung Merlion tersebut, terdapat patung Merlion yang lebih kecil, namanya 'Merlion cub', memiliki tinggi 2 meter dan berat 3 ton.
       
       
      2. Sentosa
       

      Sentosa Island - photo by JourneyMart
      Sentosa sebenarnya adalah sebuah pulau resort yang terletak di sebelah selatan Singapore. Pulau ini merupakan pusat segala hiburan mulai dari atraksi, wahana, dan restoran. Di pulau ini terdapat patung The Merlion yang berukuran lebih besar dari yang ada di Merlion Park. Selain itu juga terdapat Fort Siloso dan pantai sepanjang kurang lebih 2 km.
       
      Nah, untuk tempat ke-3 hingga ke-10, silahkan baca di blog saya: Traveling Singapore: Tempat Wisata di Singapore
       
      Salam & Terima Kasih
    • By salmiah
      Buat yang ingin traveling ke Malaysia, tepatnya ke ibukota Kuala Lumpur, mungkin ingin tahu tempat wisata apa saja yang bisa dikunjungi di sini. Nah, berikut 10 tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Kuala Lumpur:
       
      1. Petronas Twin Towers / KLCC
       

      Petronas Twin Towers
      Apa jadinya jika ke Kuala Lumpur tapi tidak mengujungi tempat ini? Wah, mending gak usah deh. Ya, karena bangunan dengan 88 tingkat ini merupakan ikon negara Malaysia dan tempat wisata utama di Kuala Lumpur. Terletak di pusat kota, Jalan Ampang, Kuala Lumpur City Center. Dapat diakses dengan bis dan commuter line.
       
      Bangunan dengan tinggi 452 meter ini dibuka bagi wisatawan mulai pukul 9 pagi hingga 9 malam. Pengunjung yang ingin masuk ke dalam tower harus membeli karcis. Melalui Sky Bridge di lantai 41 dan 42 pengunjung bisa menikmati suasana kota Kuala Lumpur dari ketinggian 175 meter. Tetapi jika tidak ingin, pengunjung juga bisa menikmati Taman KLCC di belakang menara.
       
       
      2. KL Tower / Menara Kuala Lumpur
       

      KL Tower
      Tempat kedua yang wajib dikunjungi. Terletak di Jalan P. Ramlee, tidak terlalu jauh dari Petronas Twin Towers, jadi bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Berdiri di atas Taman Nasional Bukit Nanas, menara setinggi 421 meter ini merupakan bangunan ke-5 tertinggi di dunia pada saat ini. Sama seperti Petronas, pengunjung juga bisa membeli tiket masuk ke menara dan menikmati suasana kota Kuala Lumpur dari viewing deck.
      Nah, selanjutnya, tempat ke-3 hingga ke-10 silahkan baca di blog saya: Traveling Malaysia: Tempat Wisata di Kuala Lumpur
      Salam & Terima Kasih
    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
      Hong Kong merupakan salah satu destinasi wisata yang ramai dibicarakan akhir-akhir ini. Ya, Hong Kong juga sudah menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi traveler asal Indonesia. Mungkin, perjalanan menelusuri Hong Kong juga dapat kamu jadikan sebagai salah satu referensi wisatamu pada kesempatan liburan selanjutnya.
       
                Hong Kong adalah daerah administratif istimewa dari Republik Rakyat Cina (RRC). Kebudayaan dan gaya hidup yang berkembang di Hongkong sendiri merupakan campuran dari Cantonese Chinese dan kolonisasi Inggris. Hong Kong sendiri merupakan tempat penting bagi Asia Timur karena sebagian besar kota terkoneksi dengan Hong Kong.
       
                Karena selama kurang lebih 150 tahun menjadi tempat penjajahan Inggris, hampir keseluruhan desain dan infrastruktur yang terdapat di Hong Kong juga mengikuti dengan standar Inggris. Saat ini, Hong Kong terkenal sebagai pemimpin finansial dari Asia Timur.
       
                Hong Kong juga terkenal dengan transportasinya. Hong Kong sering mentransport volume barang dengan jumlah yang signifikan dari China ke seluruh penjuru dunia.
       
                Nah, apakah kamu penasaran dan ingin segera menjelajahi Hong Kong? Pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya dalam rahasia menjelajahi Hong Kong dan menikmati keindahannya yang akan membuatmu susah move on dari liburan.
       
      Transportasi Menuju Hong Kong
       

      Memasuki Hong Kong International Airport via http://www.asap.co.uk/blog/wp-content/uploads/2009/04/hong-kong-international-airport.jpg
       
                Sebelum membahas mengenai transportasi terbaik untuk memasuki Hong Kong, ada berita baik untukmu yang ingin pergi menjelajahi Hong Kong. Kamu tidak diharuskan untuk memiliki visa jika ingin menjelajahi Hong Kong alias bebas visa selama 30 hari.
       
                Nah, jika kamu ingin menjelajahi Hong Kong selama 30 hari atau memiliki alasan kuat untuk berada di Hong Kong dalam waktu yang lama untuk tujuan sekolah atau kerja misalnya, barulah kamu diharuskan untuk mengurus visa. Untuk penjelasan selengkapnya, kamu dapat mengeceknya di sini: http://www.discoverhongkong.com/id/plan-your-trip/practicalities/immigration-and-customs/applying-visa.jsp
       
                Baiklah, kita lanjutkan kembali untuk membahas transportasi terbaik menuju Hong Kong. Saat ini terdapat sejumlah maskapai penerbangan yang akan membawamu terbang dari Jakarta menuju Hong Kong.
       
                Biaya yang kamu keluarkan jika kamu ingin menempuh perjalanan dari Jakarta menuju Hong Kong adalah sekitar Rp 1.300.000,00 hingga Rp 3.000.000,00 untuk sekali jalan. Lama waktu tempuh yang kamu butuhkan juga bervariasi dari 4 jam 45 menit hingga 7 jam 20 menit.
       
      Memilih Penginapan Selama Berada di Hong Kong
       
                Selama berada di Hong Kong, kamu dapat memilih untuk menginap di penginapan berjenis hostel, guest house atau hotel. Jika kamu memilih untuk menginap di penginapan berjenis hostel, kamu dapat mendapatkan kamar dengan jenis 9 dormitory room.
       
                Biaya yang kamu keluarkan jika kamu ingin menginap di tempat ini adalah sekitar Rp 406.000,00 per malam. Fasilitas yang kamu dapatkan jika kamu menginap di tempat ini adalah city view, brankas, AC, shared toilet dan shared bathroom.
       
                Selain menginap di penginapan berjenis hostel, kamu juga memiliki alternative untuk menginap di penginapan berjenis guest house. Jika kamu ingin menginap di penginapan berjenis guest house, kamu dapat mendapatkan kamar dengan jenis dormitory room.
       
                Biaya yang kamu keluarkan untuk menginap di penginapan ini adalah sekitar Rp 442.000,00 per malam. Fasilitas yang kamu dapatkan jika kamu ingin menginap di penginapan ini adalah kamar mandi bersama, toilet bersama, TV serta free wifi.
       
                Selain menginap di penginapan berjenis hostel dan guest house, kamu juga mendapatkan alternative untuk menginap di penginapan berjenis hotel. Jika kamu ingin menginap di penginapan berjenis hotel, kamu dapat mendapatkan kamar dengan jenis mini double room.
       
                Biaya yang kamu keluarkan jika kamu ingin menginap di hotel ini adalah sekitar Rp 765.000,00 per malam. Fasilitas yang kamu dapatkan jika kamu ingin menginap di hotel ini adalah AC, meja kerja, kipas angin, shower, pengering rambut, peralatan mandi, toilet, kamar mandi pribadi dan lain-lain.
       
      Berkeliling di Hong Kong
      Menggunakan Octopus Card
       
       

      Menggunakan Octopus Card via http://www.discoverhongkong.com/eng/images/plan-your-trip/large/5.2.2.2.8-Octopus-card_03.jpg
       
                Ini dia salah satu kartu yang sebaiknya kamu beli ketika kamu hendak menjejalahi Hong Kong. Octopus card adalah prepaid debit card untuk transportasi yang dapat kamu beli di toko-toko seperti Wellcome, Parknshop, McDonald’s dan lainnya.
       
                Octopus card dengan jenis basic dijual dengan harga 150 dolar yang terdiri dari 100 dolar untuk kredit dan 50 dolar untuk deposit. Keuntungan yang didapat jika kamu memiliki Octopus card ini misalnya jika kamu ingin menaiki kendaraan dengan biaya 5 dolar, kamu dapat membayarnya dengan harga 2 dolar (atau terkena diskon 3 dolar).
       
                Balance dari Octopus card sendiri dapat kamu lihat setiap kali kamu melakukan transaksi untuk menggunakan transportasi umum. Octopus card hanya berlaku untuk satu orang dan dapat digunakan untuk menggunakan Mass Transit Railway (MTR) di Hong Kong.
       
      Hari Pertama
      Awali Perjalanan Wisatamu dengan Mengunjungi Tempat-Tempat Keren di Hong Kong
       
       

      Awali Perjalanan Wisatamu dengan Mengunjungi Mongkok Neighborhood via http://cdn-media-1.lifehack.org/wp-content/files/2014/12/ladies-market.jpg
       
                Untuk mengawali perjalanan wisatamu selama berada di Hong Kong, kamu dapat memulainya dengan mengunjungi Mongkok Neighborhood. Mongkok adalah salah satu tempat terpadat di dunia, namun tenang saja kamu tidak perlu khawatir.
       
                Mongkok sendiri merupakan surga bagi para pecinta belanja karena kamu dapat menemukan banyak barang-barang lucu di sini. Kamu dapat menemukan berbagai barang dari mulai sepatu hingga beragam peralatan rumah tangga.
       
                Pasar yang terdapat di Mongkok ini sendiri dibagi menjadi beberapa bagian. Yang paling menarik perhatian adalah di sini terdapat pasar bunga, pasar ikan serta pasar burung. Wah, menyenangkan sekali ya.
       
                Di pasar ini juga terdapat ladies market yang terdiri dari barang-barang yang dibutuhkan wanita. Ya, barang-barang tersebut misalnya adalah barang elektronik dan souvenir.
       
                Beberapa tips yang dapat kamu perhatikan jika kamu ingin berbelanja di sini adalah sebelum membeli barang dengan harga yang cukup mahal, pastikan kamu mengecek harga barang tersebut di tempat lain guna mendapatkan harga yang terbaik.
       
                Selain itu, kamu juga harus memastikan kamu menawar harga barang yang ingin kamu beli, terutama jika barang tersebut berasal dari ladies market. Jangan lupa untuk mengunjungi Dundas Street karena di sana biasanya terdapat banyak variasi jajan pasar yang dapat kamu coba.
       

      Melanjutkan Perjalanan Ke Bagian Flower Market Road via http://www.hongkong.net/sites/default/files/newimg/hk/flower-market1.jpg
       
                Untuk melanjutkan perjalanan wisatamu dari Mongkok, kamu dapat mencoba mengunjungi Flower Market Road yang juga masih terletak di dekat Mongkok ini. Di tempat ini kamu dapat menemukan banyak penjual bunga yang menjual bunga-bunga cantik dan indah.
       
                Untuk mencapai Flower Market Road ini, kamu dapat menaiki MTR dari Prince Edward Station dan keluar di B1. Setelah itu kamu dapat berjalan di sepanjang jalan Prince Edward barat sampai akhirnya menemukan Flower Market Road ini.
       
                Tempat ini dipenuhi dengan berbagai tulip, buket bunga serta tanaman dari berbagai jenis dengan berbagai ukuran. Nah, jangan lupa untuk mengambil foto-foto bunga terbaik ketika kamu mengunjungi tempat ini ya. Kamu dapat menghabiskan waktu kurang dari satu jam jika ingin mengeksplor tempat ini.
       

      Mengunjungi Hong Kong Museum of History via http://inzumi.com/images/destinations/HK_Hongkong_Hong_Kong_Museum_of_History.jpg
       
                Setelah puas mengunjungi Flower Market Road, kamu dapat melanjutkan perjalananmu dengan mengunjungi Hong Kong Museum of History. Tempat ini terletak di 100 Chatham Road South, Tsim Sha Tsui East, Kowloon.
               
                Museum ini telah melakukan pekerjaan yang hebat dalam hal mendokumentasikan sejarah Hong Kong dari zaman prehistoris termasuk dinasti Cina. Semuanya dikemas dari mulai hari kelahiran Hong Kong hingga ketika Hong Kong menjadi modern seperti pada hari ini.
       
                Museum ini terdiri dari diorama, dokumentasi singkat, serta sejumlah dokumentasi lainnya yang dibuat sedemikian rupa sehingga mampu membuat pengunjung merasa tertarik untuk mengunjungi museum ini.
       
                Tips yang dapat kamu gunakan jika kamu ingin mengunjungi museum ini adalah kamu dapat mengunjunginya pada hari Rabu, karena pada hari tersebut tidak ada biaya masuk yang dikenakan untuk memasuki museum ini alias gratis. Museum ini juga biasanya tutup pada hari Selasa.
       
                Lama waktu yang kamu butuhkan untuk menjelajahi museum ini adalah sekitar 2 hingga 3 jam. Biaya masuk yang digunakan untuk mengunjungi museum ini juga tergolong tidak begitu mahal.
       
                Untuk mencapai museum ini dari Flower Market Road, kamu dapat berjalan kaki menuju Mong Kok East Station. Selanjutnya, kamu dapat menaiki MTR menuju ke Kowloon. Lama waktu tempuh yang kamu butuhkan untuk perjalanan ini adalah sekitar 3 menit. MTR sendiri ada setiap 5 menit sekali.
       

      Mengunjungi Kowloon West Promade via http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/65/West_Kowloon_Waterfront_Promenade_200710-1.jpg
       
                Untuk menutup serunya perjalanan wisata pada hari pertama di Hong Kong ini, kamu dapat mengunjungi Kowloon West Promade. Di tempat ini kamu dapat menyaksikan pemandangan menarik yang ditawarkan Hong Kong sebagai daerah pelabuhan.
       
                Untuk mencapai Kowloon West Promade dari Hong Kong Museum of History, kamu dapat menaiki Hong Kong Metro dari East Tsim Sha Tsui Station selama sekitar 3 menit. Selanjutnya kamu dapat berjalan kaki selama sekitar 21 menit.
       
                Di tempat ini kamu dapat melihat pemandangan unik dari Hong Kong. Selain itu, di tempat ini juga terdapat beberapa fasilitas wisata guna menambah kenyamananmu ketika menyambangi taman ini. Beberapa fasilitas wisata yang terdapat di sini adalah tempat bermain, track untuk bersepeda, serta track untuk jogging.
       
                Yang paling menarik dari tempat ini adalah track untuk jogging tersebut dapat menyalakan lampunya sendiri pada malam hari. Bagaimana, menyenangkan bukan?
       
                Iya, tempat ini bukan hanya menarik jika kamu nikmati pada siang hari namun juga pada malam hari. West Promade ini sungguh menyajikan pemandangan yang menyenangkan untuk melengkapi perjalanan wisatamu di Kowloon West Promade.
       
      Hari Kedua
      Lanjutkan Perjalanan Wisatamu di Hongkong
       
       

      Mengunjungi Hong Kong Disneyland via http://parksandresorts.wdpromedia.com/media/disneyparks/blog/wp-content/uploads/2013/02/whk118754LARGE.jpg
       
                Untuk mengawali perjalanan wisata hari keduamu di Hong Kong, kamu dapat memulainya dengan mengunjungi Hong Kong Disneyland. Ya, tempat ini memang telah lama menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika kamu memiliki kesempatan untuk menyambangi Hong Kong.
       
                Hong Kong Disneyland sendiri terletak di Teluk Penny’s, Pulau Lantau. Untuk mencapai Pulau Lantau sendiri pertama-tama kamu dapat menaiki Hong Kong Metro dari Hong Kong Station. Lama waktu tempuh yang kamu butuhkan untuk mengunjungi tempat ini adalah sekitar 21 menit.
       
                Selanjutnya, kamu dapat turun di Sunny Bay Station. Dari Sunny Bay Station ini, kamu dapat menaiki subway dan turun di Disneyland Resort. Lama waktu tempuh yang kamu butuhkan adalah sekitar 4 menit.
       
                Hong Kong Disneyland sendiri merupakan salah satu wahana wisata terbesar yang terdapat di Hong Kong. Tempat ini telah dibuka sejak tahun 2005 pada pukul 13.00.
       
                Hong Kong Disneyland terdiri dari 7 bagian, yaitu Main Street, U.S.A., Fantasyland, Adventureland, Tomorrowland, Grizzly Gulch, Mystic Point, dan Toy Story Land. Biaya yang kamu keluarkan jika kamu ingin mengunjungi Hong Kong Disneyland ini adalah sekitar 499 dolar.
       
                Ya, untuk melengkapi perjalanan wisatamu ketika mengunjungi Hong Kong, jangan lupa sempatkan waktumu untuk mengunjungi Hong Kong Disneyland yang satu ini.
       

      Memanjakan Matamu dengan Melihat Pui O Beach via http://www.urban-outdoors.com/wp-content/uploads/2010/10/Pui-o.jpg
       
                Masih di Pulau Lantau, setelah puas menjelajahi Hong Kong Disneyland, kamu dapat melanjutkan petualanganmu dengan mengunjungi Pantai Pui O. Pantai Pui O adalah sebuah pantai cantik yang terletak di Pulau Lantau.
       
                Pantai Pui O sendiri tergolong tidak begitu ramai dan mampu menyajikan pemandangan berupa pemandangan alam yang indah serta air laut yang jernih. Bagi kamu yang menyukai ketenangan, tentunya kunjungan ke Pantai Pui O ini dapat kamu jadikan sebagai referensi.
       
                Pantai ini memang telah menjadi salah satu spot favorit untuk destinasi liburan di Hong Kong. Tentunya, menikmati pemandangan cantik yang ditawarkan oleh Pantai Pui O ini dapat kamu masukkan sebagai daftar kegiatan yang harus kamu lakukan di Hong Kong.
       
      Hari Ketiga
      Mari Lanjutkan Petualanganmu Mengeksplor Hong Kong
       
       

      Mengunjungi Cheung Chau Island via http://www.planetware.com/photos-large/HK/cheung-chau-island.jpg
       
                Untuk mengawali perjalanan wisata hari ketigamu selama berada di Hong Kong, kamu dapat memulainya dengan mengunjungi Pulau Cheung Chau. Pulau ini adalah sebuah pulau kecil yang terletak sekitar 10 kilometer dari barat daya Hong Kong.
       
                Untuk mencapai tempat ini, kamu dapat menaiki perahu selama sekitar 30 menit. Di tempat ini kamu dapat menyaksikan banyak nelayan mencari ikan untuk menjual ikan-ikan tersebut. Pulau Cheung Chau ini juga menawarkan pemandangan cantik yang indah.
       
                Salah satu tips yang dapat kamu lakukan jika kamu ingin mengeksplor tempat ini adalah dengan menyewa sepeda untuk berkeliling di pulau kecil ini. Kamu dapat menyewa sepeda ini di tempat kamu berhenti setelah menaiki ferry.
       
                Beberapa pemandangan yang dapat kamu temui jika kamu mengeksplor tempat ini adalah Pak Tai Temple, Four Temples, Kwan Kung Chung Yi Ting, serta Pantai Tung Wan dan Kwun Yam Wan.
       
                Kamu juga dapat menyaksikan berbagai festival yang terdapat di tempat ini. Festival tersebut biasanya disesuaikan dengan kalender Cina. Beberapa festival yang diselenggarakan di tempat ini antara lain Festival Tahun Baru Cina, Lantern Festival, Ulang Tahun Yuen Mo, Bun Festival, Birthday of Tin Hau dan lain-lain.
       
                Nah, ternyata Hong Kong memiliki banyak pesona wisata yang menanti untuk kamu eksplor dan jelajahi. Untuk itu, jangan lupa untuk merencanakan liburan terbaik ketika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Hong Kong.
       
                 Itulah dia ulasan mengenai rahasia menjelajahi Hong Kong dan menikmati keindahannya yang akan membuatmu susah move on dari liburan. Semoga artikel ini dapat membantumu dalam menyusun liburan terbaikmu di Hong Kong.
       
                  Happy traveling!
    • By nashir
      Postingan kali ini saya buat untuk menuliskan tentang perjalanan-perjalanan yang saya lakukan di tahun 2014, Baik itu di Indonesia maupun luar Indonesia, Tapi bukan hanya tentang "Perjalanan Traveling" tapi juga tentang "Perjalanan Rasa", Selamat Membaca.



      Aku berkenalan dengan seorang gadis lewat twitter.
      Aku jatuh hati pada "avatar" yang dia gunakan
      Aku memutuskan untuk datang ke kotanya dan bertemu secara langsung
      Gadis penikmat lagu-lagu Last Kiss From Avelin, Sleeping With Sirens ini berhasil mencuri hatiku
      Beberapa bulan kami mengakrabkan diri lewat SMS
      Hingga di penghujung tahun aku mulai bosan dengannya.
      Rindu ini menggema namun jarak cukup jauh memisahkan kita
      Aku berhenti menghubunginya untuk beberapa hari,
      Lalu di malam pergantian tahun baru aku mengirim sebuah SMS padanya
      "Aku udah beli ticketnya loh"
      - "Ticket apa? kemana aja baru SMS? marah yah?"
      "Besok kita bertemu (:"

      MEMECAHKAN CELENGAN RINDU (Palembang, 1 January 2014)





      Tak terasa sudah 7 bulan aku bekerja di perusahaan ini,
      Dari 7 bulan bekerja ntah berapa puluh hari aku bolos, ntah berapa ratus kali aku telat haha
      Aku pegawai baru yang gak pernah mentaati peraturan, melakukan apa yang rata-rata orang lain tidak lakukan
      Tapi komitmen aku bahwa bekerja bukan hanya pergi pagi pulang sore dan terus seperti itu setiap hari.
      Selama kita bisa memberikan yang terbaik untuk perusahan, selama dengan hadirnya kita perusahaan menjadi lebih berkembang, kenapa tidak? kalau kita minta sedikit kebebasan / kelonggaran jam kerja hihi

      RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM (Puncak Pass Bogor, 12 January 2014)





      Semasa sekolah aku sering bercerita tentang impian kepada teman-teman
      "aku pingin jalan-jalan keluar negri - aku pingin jalan-jalan keluar negri"
      Temen-temen: "NGIMPI.!"
      Sering kali aku di intimidasi oleh teman-teman sekolah karena "impian-impian liarku"
      beberapa teman mulai menjauhiku karna tidak suka berteman dengan "pemimpi"
      beberapa masih berteman, tapi mengganggapku "gila"
      Aku lelaki berumur 17 tahun yang punya sejuta impian liar, semakin meyakinkan diri bahwa aku bisa merealisasikan impianku.
      Akhirnya di umur 18, setelah bekerja beberapa bulan di sebuah perusahan fashion aku bisa mewujudkan salah satu impian liarku. Aku bisa terbang ke negri tetangga dari gajih hasil keringat ku.
      dan sejak hari itu AKU PERCAYA BAHWA TAK ADA YANG MUSTAHIL DI DUNIA INI. AKU BUKAN CUMA "PEMPIMPI" AKU PASTI BISA

      PEWUJUD MIMPI (Kuala Lumpur, Malaysia - 24 January 2014)





      Pertama kali keluar negri "sendirian" belum tau apa-apa langsung 2 negara.
      Biasanya ala backpacker untuk yang pertama kali keluar negri kebanyakan Malaysia + Singapore / Malaysia + Thailand. Sementara aku terbang ke negri yang jarang sekali disinggahi para backpacker.
      Negri yang dimana semua rakyatnya muslim, Negri yang menjunjung tinggi Agama Islam, sebuah negri yang memberikan kesejukan jika berkunjung kesini, bisa dibilang ini "Little Arab".
      Gak ada sedikitpun planing untuk mampir ke negri ini, Mau ngapain kesini?
      Transportasi "sulit", biaya hidup "cukup mahal". Tapi berhubung aku sedang mengembangkan bisnis ke kancah internasional jadi aku mampir ke negri ini

      BISNIS KANCAH INTERNATIONAL (Brunei Darussalam, 25 January 2014)





      Sudah 2 tahun aku berhenti dari dunia fotografi sejak aku menghamili model yang biasa aku pake motret #eh hereuy ketang ini mah wkwkwk
      Tapi beneran udah 2 tahun aku berhenti motret karna "suatu hal" yang membuat aku menghentikan hobi ku. Lagi pula sekarang aku kerja di perusahaan kaos kaki, tidak ada kewajiban untuk jepret men-jepret. Aku merasa sangat nyaman disini, aku bekerja di sebuah perusahaan corporate dengan pekerjaan yang santai dan gajih yang besar. Aku cuman lulusan SMK, tapi di gajih setara dengan S3 haha. Tapi hari ini aku putuskan untuk terjun kembali ke dunia fotografi, aku mengambil kembali job pertama ku setelah 2 tahun berhenti. dan hari ini juga aku resmi mengundurkan diri dari perusahaan tempat aku bekerja. Aku "keluar dari zona nyaman", Aku kembali ke duniaku, dunia yang memberikan kebebasan waktu & kebebasan financial. Aku mencopot semua jabatan yang pernah aku pegang, aku kembali jadi "TUKANG FOTO"

      JEPRAT JEPRET JEPRUT (Floating Market, Lembang - 1 February 2014)





      Sudah 3 taun lebih didirikannya indoor theme park terbesar disini dan jarak rumah ku kalau kata lagu mah "5 langkah" begitu dekat jarak dari rumah ke theme park ini, Tapi aku belum pernah kesini haha.
      Hingga ada sebuah event photography yang mengundang salah satu fotografer kondang di Indonesia yaitu Darwis Triadi, aku pun memutuskan untuk mengikuti workshop tersebut dan ini pertama kalinya aku masuk ke theme park terbesar yang hanya berjarak "5 langkah dari rumah" haha

      WORKSHOP PHOTOGRAPHY (Trans Studio Bandung, 21 February 2014)





      Aku membangun bisnis IT dengan 11 orang kawan, bisnis yang bisa mengubah kehidupan kami semua menjadi lebih baik, Bisnis yang bisa menghasilkan omset milyaran dalam 1 tahun, Kami menginvestasikan banyak waktu, tenaga dan pikiran kami disini, Kami bekerjasama dengan beberapa perusahaan. Ketika bisnis sudah berjalan, beberapa orang melakukan "kecurangan" beberapa tidak terima karena ini sangat "tidak adil" Meeting meeting kami terus melakukan meeting di berbagai tempat, salah satunya disini, hingga meeting terakhir dan personil pun sudah banyak berkurang hanya tinggal beberapa orang saja yang bertahan. Akhirnya bisnis pun bubar haha.

      (LUPA LAGI NAMA TEMPATNYA, 23 February 2014)





      Penasaran dengan yang namanya "Ucing" Nama panggilan seorang gadis yang selalu ada di blog yang aku tulis?
      Nih aku share foto kami untuk pertama kalinya. Kala kita masih menjadi sepasang kekasih aku memanggilnya dengan sebutan "ucing" dia memanggilku "meong" dulu terasa lucu, tapi sekarang asa geli yah dengernya wkwkwk
      But.. semua orang pernah alay pada waktu nya
      Hubungan kami hanya bertahan 128 hari terhitung sejak tanggal 1 November 2010 - 8 Maret 2011.
      Kisah kita memang baru sebentar, tapi dia sudah menjadi segalanya bagiku, aku rela melakukan apa saja untuknya.
      Pernah kalian merasakan perasaan sayang yang begitu besar kepada seseorang lalu tetiba dia menghianatinya?
      Hati aku hancur sehancur-hancurnya hingga tak tau harus memulai lagi dari mana.
      3 Tahun berlalu, sejuta kenangan tentangnya masih terus membayangiku.
      Aku akan melakukan #TripGalau untuk merayakan jomblo tahun ke 3 haha.
      Aku sudah membeli ticket pesawat, Sudah Checkin dan tinggal berangkat, namun ada meeting dadakan yang tidak bisa aku tinggalkan, ga jadi deh #TripGalau nya

      (GAGAL KE SINGAPORE, 8 Maret 2014)





      Pertama kali nonton film Thailand judulnya "Pee Maak Phrakanong" sekitar akhir tahun 2013
      Aku di ajak nonton film horor thailand ini sama temen aku di youtube "tanpa subtitle"
      Ngerti bahasanya? jawabannya: enggak.. tapi pas nonton kocak anjis lah ngakak pisan nonton film ini
      Waktu awal tahun 2014 trip ke Palembang aku kan nginep di rumah Dea, nah sama s Dea malem-malem di ajak nonton film thailand juga judulnya "Suckseed" sumpah film nya keren pisan lah, kali ini nontonnya pake subtitle jadi ngerti haha.
      Sejak kepulangan dari Palembang aku mulai cari-cari film thailand yang asik, nemu lah beberapa film, salah satunya "Yes Or No 2" film lesbian yang dimainin sama Kim (‎@Tina) & Pie (‎@Aom Sushar) aku langsung jatuh hati sama pemain yang namanya Pie, aku langsung cari info, biografi & film-film yang dia mainin, ternyata ada "Yes Or No 1" dan ceritanya juga sama-sama seru, ai aku suka belegug malah nonton yang ke 2 dulu baru yang ke 1 wkwk baelah, terus ketemu lagi beberapa film lain nya dan film series dia "Full House Thai" Aom disini feelnya dapet banget.
      Singkat cerita aku tertarik banget sama Thailand, di hari ulang tahun aku yang ke 19 aku "maksain" beli ticket untuk ke Thailand, karna kemarin gak jadi ke singapore otomatis $ Singaporenya masih ada, setelah $ singapore di tuker di money changer, ditambah dengan uang yang ada di dompet & rekening ternyata cukup untuk beli ticket promo Jakarta-Bangkok Pulang Pergi. Seneng banget lah aku bisa ke Thailand, sejak hari itu aku makin giat nge-download film-film thailand selain karna filmnya seru aku juga minimal harus bisa sedikit bahasanya, kan nanti kalau di sana ga bisa phasa thai bahaya, sebab aku baca-baca di internet orang thailand jarang yang bisa bahasa inggris.
      Ticket udah di tangan, tapi ongkos dan untuk biaya hidup disana engga ada sedikitpun, Lupa kalau aku udah ga punya penghasilan dan ga punya gajih bulanan, aku sempet minta refund (ngebatalin) ke maskapainya, tapi katanya yang di refund cuma Airport Taxnya aja, aku cek Airport Taxnya gak nyampe 200rb, Rugi lah....
      Bismilah aja kalau kata ‎@takdos : "selalu ada jalan buat yang mau jalan-jalan"
      2 hari sebelum ke berangkatan aku dapet orderan lagi dari Brunei dan dapet untung 2 juta lebih cihuy cukup nih untuk ke Thailand. Akhirnya aku pun jadi berangkat ke negri gajah putih & siapa sangka disana aku bisa ketemu seseorang yang aku ceritakan diatas, Yup siapa lagi kalau bukan Aom (:
      Yang kemaren cuman bisa liat dia di film-film, Hari ini aku bisa ketemu langsung & foto bareng yeah 5555+

      MEET AOM SUCHARAT MANAYING (Bangkok, Thailand - 22 April 2014)





      Tiba di Don Mueang Airport, bingung cara menuju ke hostel tempat aku menginap. Setelah tanya-tanya sedikit dengan menggunakan phasa thai sebisanya dan banyak menggunakan bahasa tubuh akhirnya aku tau cara menuju hostel. Di bus yang aku naiki bertemu dengan 4 orang yang sepertinya sama-sama baru pertama kalinya menginjakan kaki di Thailand, Mereka terlihat kebingungan, aku sapa aja ternyata mereka orang Indonesia, Jadi berteman lah kita hari itu ye ye ye, mereka 2 cowo 2 cewe saling berpasangan jadi cuman aku aja yang jomblo tapi tak apa lah karna status "jomblo" aku bisa jalan-jalan ke tempat yang aku mau (:
      Karna tiba di malam hari, dan mereka belum punya tujuan aku ajak aja nginep bareng di hostel tempat aku menginap dan mereka setuju, esok harinya barulah kita #TripBarengan kesini. kalau kamu laki-laki, kamu wajib ke tempat ini. kenapa?

      YOU KNOW LAH. YOU CAN SEE WHAT MEN WANT (Pattaya, 23 April 2014)





      Sejak kelas 2 SMP aku mulai menyukai lagu-lagu Hardcore, Metal, Screamo..
      Band yang membuat aku mulai menyukai lagu-lagu mereka adalah ALONE AT LAST*, ANNARIMA BROKE MY HEART.
      Sering main ke rumah salah satu personilnya ABMH, Dia sering mainin lagu-lagunya BULLET FOR MY VALENTINE, semakin hari semakin sering aku dengerin lagu-lagunya BFMV, Shit! this band very very fucking awesome
      aku pun mulai jadi "Fans" nya Bullet For My Valentine, mulai dari beli baju nya, ngumpulin lagu dan lirik-lirik lagu nya, nge-save gambar-gambarnya berharap suatu hari aku bisa nonton langsung band keren ini.
      Seiring berjalannya waktu aku mulai menyukai band emo yang gak kalah edan yaitu ALESANA
      Sejak menyukai lagu-lagu yang kata orang lain "brang breng brong" hidup aku mulai berubah, tapi bukan berubah jadi power ranger ataupun jadi anak baong, Sebenernya kalau kalian coba nikmati dan resapi lagu-lagu "keras" yang kalian anggap "gak jelas" itu banyak memberikan motivasi dan semangat.
      Aku jadi sering datang ke gigs yang ada di Bandung, gak pernah bolos kalau ALONE AT LAST* manggung, aku selalu ada di barisan paling depan, ntah itu bersama teman / sendiri / sama kabogoh batur #eh. ouh ya terhitung sejak 2006 aku gabung di STAND ALONE CREW. Mungkin sedikit susah cari cewe yang sama-sama suka lagu-lagu keras, sampai tercetus "Kencan Paling Ideal Adalah Menonton Gigs" Udah ratusan gigs aku datengin dan belum pernah sambil kencan #hiks, berarti kalau suatu hari aku nemu cewe yang bisa diajak nonton gigs cewe itu keren banget, bayangin aja orang yang berada disebelah kamu menikmati lagu yang sama hihi
      Pas kelas 3 SMA ada info bagus banget.. ALESANA konser di Indonesia, Aku masih bocah tapi aku rela harus ke Jakarta sendirian demi nonton ALESANA, H-1 Udah mau berangkat tiba-tiba ada pengumunan dadakan bahwa besok harus datang ke sekolah mau ada pengumuman penting. Tau ga pengumuman pentingnya apa? Anak laki-laki yang rambutnya panjang langsung di potong hari itu. #Faak kan, kirain teh penting, gara-gara itu aku gak jadi nonton konser ALESANA, yang ada malah rambut aku di potong abis sama guru!!!
      Sejak hari itu aku kecewa banget sama sekolah aku, tapi sedikit terobati ketika ada gigs edan lagi di Bandung dan salah satu band yang tampil itu CALIBAN. ini band metal keren international pertama yang aku tonton dan gak harus jauh-jauh ke jakarta heu. sejak hari itu aku mulai rajin nabung kalau-kalau band international favorite aku datang ke Indonesia, dan ada kabar sangat baik di bulan april ini band terfavorite aku BULLET FOR MY VALENTINE manggung di Indonesia, gak pikir lama aku langsung beli ticketnya dan akhirnya aku bisa nonton BFMV secara langsung dan kebagian barisan depan hihi bela-belain lagi di Bangkok langsung balik ke jakarta..

      DREAM COME TRUE (Hammersonic Metal Fest, Jakarta - 27 April 2014)





      Tau kan kalau aku suka banget sama tante Nikita Willy?
      Bahkan aku punya impian liar pingin nikah sama dia haha #faak
      19 taun tinggal di Indonesia, belum pernah da ketemu langsung sama artis Indonesia.
      Waktu aku lagi nungguin gate Hammersonic di buka, aku main twitter dan di timeline tweet aku muncul info dari NikiLovers katanya besok dia manggung di acara la la la ye ye ye, Aku langsung cari informasi dari Senayan ke Studio RCTI, dan ketemu lah sama tukang ojek yang mau nganterin aku kesana tengah malem selesai acara Hammersonic, jam 1 malem baru beres, aku keluar lapangan dan tukang ojeknya ga ada jalan-jalan aja ke depan ada lah tukang ojek yang lagi nongkrong terus aku tanya bisa ga anterin aku ke Studio RCTI dan dia bilang bisa. YES! jam 2 subuh aku nyampe Studio RCTI, mau ngapain coba jam 2 subuh?, sementara kata satpam acaranya baru mulai jam 8 pagi, ya udin aku tidur aja disana demi ketemu s princess haha.
      Aku nertawain diri aku sendiri, semalem baru aja nonton konser musik metal, sekarang aku duduk di barisan la la la ye ye ye tapi demi liat langsung Nikita Willy okelah aku jabanin, aku putusin urat malu aku haha dan akhirnya aku bisa ngeliat secara langsung betapa indahnya Nikita Willy #ahh

      LOVE YOU FULL (Kebon Jeruk, Jakarta - 28 April 2014)





      Bulan Mei - Juni, aku gak ngetrip dulu karna udah ga punya uang lagi, uang aku habis kemaren di bangkok sama buat nonton konser BFMV haha.
      Tapi di bulan ini aku ketemu sama seorang gadis yang berhasil mencuri hatiku, akhirnya aku menjalin "hubungan tanpa status" dengannya. Di ulang tahun aku yang ke 19 kemarin aku punya rencana 7 tahun lagi (umur 26) aku akan menikah. Tapi sejak ketemu perempuan ini rasanya aku ingin mempercepat pernikahan ku, yang tadinya 7 tahun lagi aku percepat jadi 7 bulan lagi tepat di umur aku yang ke 20, okelah nikah muda tak apa haha. Karna udah punya rencana seperti itu aku mulai focus di bisnis aku sendiri, mulai dari ngebuatin website-website, jualan hosting & domain, sampe nge design-design logo dan Alhamdulillah hasilnya luar biasa, Kondisi ekonomi aku mulai stabil lagi, Karna kemarin gak jadi ke singapore kali ini aku beli lagi ticket tujuan Bandung - Singapore PP, tapi bukan cuman singapore yang bakal aku tuju, aku bakal ke Johor Bahur - Kuala Lumpur Again sampe ke Genting Higlands untuk ngerasain salju.
      Dia tau kalau aku punya rencana 7 tahun lagi baru akan menikah, tapi dia tidak tahu kalau pernikahan bakal aku percepat dengannya, Sebelum naik pesawat aku mengirim pesan kepadanya "7 Bulan lagi sepulang dari singapore kita akan menikah" Dia belum membalas sampai aku sudah naik dipesawat dan harus aku matikan handphonenya, Tiba di singapore aku langsung menuju Legoland, Malaysia karna rencana explore singapore di hari terakhir aja. Tiba di Legoland aku langsung tulis nama dia dan membuat video untuknya.
      Malam hari aku langsung menuju Kuala Lumpur, tiba di KL baru nemu internet, aku coba request status relationship tapi tidak di confirm hingga aku tiba di singapore, 4 Hari aku di singapore lalu pulang, dan request status aku di facebook masih belum ia konfirm, Ternyata setelah di selidiki baru di tinggal 4 hari ke Singapore dia selingkuh dengan kekasih lamanya. ANJOY! aku udah kerja keras ngumpulin rupiah demi rupiah untuk nikahin dia ternyata gini balesannya? kenapa perempuan setiap ditinggal sebentar selalu leor sama laki-laki lain??

      KETIKA KESETIAAN DIBALAS DENGAN PERSELINGKUHAN (Legoland, Johor Bahru - 1 July 2014)





      Ini ke 3x nya aku menginjakan kaki di Kuala Lumpur, karna penasaran sama cerita orang-orang yang katanya kalau ngitung tangga di Batu Caves ga pernah sama, jadi mumpung masih pagi aku cobain kesini, Ini Bulan Puasa Loh.. dan aku lagi sakit gigi tapi aku bisa naik ke atas ngelewatin semua anak tangga sambil bawa tas beurat, Ketika nyampe diatas itu ngeliat kebawah keren bangett, masuk ke dalem juga gak kalah menakjubkan, tapi lumayan serem sih kalau masuk kedalem sendirian hihi.

      OLAH RAGA SEHAT NAIK 272 ANAK TANGGA (Batu Caves, Kuala Lumpur - 2 July 2014)





      Udah nanjak mudun dari Batu Caves aku langsung balik lagi ke KL Central mesen ticket bus ke Genting Higlands, katanya sih disini ada SnowWorld jadi bisa ngerasain salju gitu, aku pun langsung menuju kesana sekalian mau ngerasain kereta gantungnya. Tapi sedikit kecewa karna katanya kereta gantungnya lagi maintenance, tapi tak apa lah tujuan utamanya kan ngerasain salju heu*
      masuk ke Indoor Theme Parknya lieur pemirsa harus muter-muter naik turun lift banyak banget, Tapi setibanya gilee keren banget Theme Parknya, aku langsung cari yang namanya SnowWorld udah beli ticket depan pintu masuk udah dikasih tau di monitor kalau suhunya -5 derajat Zzz,-
      Beneran ini teh aku bakal ngerasain suhu sedingin itu. beneran ini teh?
      Masih ragu karna belum pernah ngerasain suhu sedingin itu haha tapi kapan lagi coba. ya udah setelah pake asesorisnya aku langsung masuk ke dalam dan dingin banget, But.. akhirnya aku ngerasain salju juga yeah

      SALJUUU (Genting Higlands, 2 July 2014)





      Siapa yang ga kenal Baifern Pimchanok? Artis Thailand yang bisa bikin para lelaki kelepek-kelepek 5555+
      Jadi beberapa waktu yang lalu dia mengunjungi singapore, terus berpose seperti ini, di share aja ke instagramnya.
      Karna aku akan mengunjungi singapore juga dalam waktu dekat, aku save tuh gambarnya s Baifern, udah niat nanti kalau di singapore mau di foto kayak gini :)
      Sebelum sampe ke tempat ini (Merlion Park) aku beberapa kali nyasar, so Singapore kota yang kecil tapi pabaliut wkwkwk. Karna aku ngetrip sendiri bingung siapa yang mau fotoin, #ah so kenal so dekat aja, aku samperin beberapa orang yang lagi foto-foto juga, terus minta tolong fotoin aku sambil liatin fotonya Baifern, beberapa kali di foto gagal, ga pas-pas -__- ini percobaan kesekian kalinya dan lumayan mirip pas di cocokin dengan foto ‎@baifernbah hihi

      BISA FOTO GAYA BAIFERN (Singapore, 3 July 2014)





      *Percakapan Ditelepon*
      - Halo, Dengan Nazir Ramadhan?
      Nashir teh bukan Nazir,- Iyah betul saya sendiri
      - Saya *tuuut sensor* dari Trans Studio Bandung, mau ngajak lagi ikut lomba fotografi dengan special bintang tamu Zaskia Adya Mecca, hari jum'at bla bla bla kalau beruntung hasil fotonya bisa di pake sama Brand Mazaya
      Bentar, Zaskia Adya Mecca teh yang mana?
      - Itu loh yang suka ada di Trans TV
      Bentar searching dulu, ah oke ikut
      (Seminggu sebelum event kita ketemuan deh)
      Ini ke 2xnya ke TSB dan lagi-lagi karna ada event photography
      Tapi aku gak pernah focus ikutan lombanya, cuman iseng-iseng aja lumayan bisa motret Zaskia, dapet ticket murah dan bisa naik permainan mobil-mobilan yang ada di TSB, dari seluruh wahana yang ada di TSB aku paling suka naik mobil-mobilan. jadi udah motret langsung naik permainan mobil-mobilannya pulang deh haha
      Tapi sebelum pulang boleh dong foto dulu sama Zaskia Adya Mecca :)

      BRAND AMBASSADOR (Trans Studio Bandung, 31 Oktober 2014)





      Enak ga kalau jalan-jalan ke luar negri gratis, terus di bayar? haha
      Ini ke 2x nya aku ke Brunei Darussalam dengan misi menghantarkan kaos kaki :)
      Trip kali ini bener-bener dadakan, 2 hari sebelum berangkat baru beli ticketnya dan ticket nya mahal haha
      Tapi karna di bayarin yaa jadi I Feel Free hahaha
      Sempet strees juga sih pas sampe Brunei, karna bagasi yang aku bawa "ilang"
      Untung aja costumernya baik hehe
      Oh ya ini pertama kalinya tidur di Airport Bandar Seri Bengawan
      Karna negri ini belum begitu banyak pengunjung jadi gak ada tuh penerbangan malam hari
      Jam 9 airport udah bener-bener sepi, setelah tempat makan tutup jam 10 bener-bener gak ada orang
      Aku sendirian di Airport haha Airport serasa milik sendiri, mau tidur dimana juga bebas dan disini nyaman banget, bahkan sampe jam 7 pagi masih aja sepi wkwkwk
      Terus di bayarnya dari mana?
      Keuntungan dari Jualan Kaos Kaki dong hahay

      BUSINESSMAN (Brunei Darussalam, 15 November 2014)





      Sumpah ga nyangka, yang dulu cuman mimpi keluar negri
      Hari ini kalau di hitung-hitung sejak January 2014 sampe sekarang November 2014, hanya jarak beberapa bulan ini udah ke 5x nya aku ke Malaysia (:
      Bersyukur banget sama apa yang sudah Tuhan berikan, Tapi tetep aja ada rasa sedih, Karna pencapaian ini baru tercapai setelah Mamah ga ada, padahal dulu sering banget ngajak Mamah jalan-jalan keluar negri tapi gak pernah ke sampaian,-
      Buat yg sering nanya, kenapa tiap traveling pakenya jaket yg warna ungu itu mulu?
      Jadi sebelum Mamah meninggal waktu di rumah sakit jacket ini lah yang di jadiin "bantal" buat Mamah tiduran, Biar aku gak terlalu sedih dan untuk nepatin janji aku ke Mamah, Traveling kemanapun aku pasti pake jacket ini, Jacket udah usang juga masih tetep aku jaga baik-baik biar ga rusak, Semoga kelak jacket ini bisa aku bawa ke Mekkah. Aamiin :)
      I'm PROUD OF YOU MOM (KLIA2, Malaysia - 16 November 2014)





      1x bisa keluar negri & ketagihaannn!!!! Sampe hampir lupa kalau aku tinggal di negri yang disebut "Surga Dunia"
      Udah cukup puas lah tahun ini bisa berkunjung ke negri Malaysia 5x Singapore 2x Brunei 2x Thailand 1x
      Kali ini aku ingin menikmati keindahan Indonesia lagi, setelah punya rencana ke tempat ini dari tahun 2013 tapi gak jadi-jadi akhirnya di penghujung tahun aku bisa juga kesini :)
      Bermodalkan ikutan Open Trip yang di buat oleh salah satu member Komunitas Jalan-Jalan Indonesia, aku bisa menginjakan kaki ditempat ini ye ye ye
      Walaupun ketika sampai disini tidak seindah seperti di Gambar tapi bisa snorkeling untuk pertama kalinya itu amazing banget, keindahan bawah laut indonesia itu bener-bener awesome. Walaupun aku gak bisa berenang tapi aku harus coba dong yang namanya snorkeling di surga dunia haha dan trip kali ini menjadi trip penutup di tahun 2014 ini.
      Terimakasih untuk jalan-jalan mengagumkannya.
      2015 semoga aku bisa melangkahkan kaki lebih jauh lagi dan yang pasti niat aku untuk Keliling Indonesia sudah bulat dan sudah semakin besar!

      ARE YOU READY? (Pulau Tidung, 6 Desember 2014)
    • By Gulali56
      Ini sering jadi dilema pada waktu merencanakan pergi berlibur. Pake travel agent atau arrange sendiri.
      So far sih dari liburan yang saya bayar sendiri, baru 2x pake bantuan travel agent.
      Biasanya orang memilih travel agent itu karena gak sempat mengurus sendiri perjalanannya apalagi kalau pergi dalam satu rombongan besar dan karena suatu negara itu susah transportasinya.

      Kalau buat saya yang alhamdulillah suka punya waktu luang di kantor. Lebih sering arrange sendiri perjalanan liburan saya.Termasuk ke luar negeri. Walaupun masih seputaran Asia saja.Tetapi berdasarkan pengalaman saya, gak semua negara mudah dijelajahi tanpa bantuan travel agent.
      Menurut saya idealnya pergi tanpa bantuan travel agent itu adalah ber-4. Kenapa ber-4 ?Karena masih muat dalam satu taxi, sehingga memudahkan dalam pembagian biaya transportasi maupun akomodasi.

      Seringnya saya pergi cuma berdua saya dengan temen traveling saya. Karena semakin banyak peserta semakin susah menyamakan waktu perginya. Sebagai orang yang selalu kebagian booking tiket, saya suka kesel sendiri karena selalu gagal tiap kali ada promo tiket, yang lain selalu adaaa aja yang tidak bisa.
      Nah kalau temen saya yang satu ini , paling available dari yang lain. Terus orangnya walau sehari-hari saya kurang cocok, dalam hal berlibur,memiliki visi (halah) yang sedikit banyak mirip sama saya.
      Temen berlibur saya itu adalah orang yang balance antara outdoor dan indoor, alias seimbang antara wisata alam, dan wisata belanja.
      Ibaratnya kami berdua tuh misal harus ke gunung sehari maka besoknya harus ke mall.Kalau engga bisa stress Hahaha..

      Cara bikin itinerary / jadwal perjalanan itu sebenarnya gampang.Asal mau dan ada waktu saja untuk browsenya.
      Cara paling gampang contek plek plek itinerary punya travel agent, terus kita bikin satu persatu cara kesananya. Karena saya tipe orang yang detail biasanya saya kasi keterangan tuh satu2 mengenai tempat tersebut, seperti jam buka/tutup, biaya masuk, sejarah singkat nya apa, dan plus preview foto biar ada gambaran.
      Makanya temen-temen saya selalu minta itinerary saya tiap kali saya selesai ke negara tertentu. Kadang sebelum kasi, saya kasi review juga apa-apa yang recommended.

      Banyak yang bilang ngapain pake itinerary, go with the flow aja,nyasar itu seni lagi, well kalau menurut saya sih, kalau waktu berlibur cuma 3-4hari, gak ada itinerary itu terlalu membuang byk waktu. Kecuali niatan tuh berlibur berminggu2 disatu tempat, itu lain cerita.

      Nah berikut negara-negara yang pernah saya kunjungin :

      1) Singapore : ini negara pertama saya untuk berlibur. Negara paling gampang dijelajahi tanpa travel agent. Baru keluar pesawat aja udah disuguhi kenyamanan airport Changi dan peta-peta gratisannya yang super detail.
      Asli deh peta gratisan SG bener2 top markotop. Gak punya itinerary,cukup mengandalkan peta nya saja sudah cukup. Karena biasanya didalamnya sudah ada highlight tempat2 wisata di SG dari Marina Sands Bay, Bugis, Chinatown, Mustafa, Sentosa, Clarke Quay dll beserta cara kesananya, buka/tutup, dan biaya masuknya. Lengkap banget deh. Negaranya aman, transportasi nya oke dan menjangkau semua tempat.Yang naik taxi itu hanya orang kaya aja deh,menurut saya.hahaha.. :D

      2) HongKong: negara kedua teraman menurut saya.Dan fasih berbahasa inggris.Walau untk bbrp tempat, bisa berbahasa Mandarin itu cukup membantu kalau naik bis.Eh Cantonese denk. Karena teman saya yang fasih Mandarin tetep aja bengong disana.Tapi at least bisa baca tulisannya katanya.
      Sama seperti SG, transportasinya oke banget, MTR or MRT nya kemana aja ada.
      Nah pas di Macaunya nih yang kacau. Bahasa Inggris gak bisa, Cantonese kitanya yang gak bisa. :unsure:
      Macau adalah tempat yang kita nyasar seharian karena cuma ada bis dan taxi. Sampai akhirnya sukses nyampe, senyum udah tipis.

      3) Malaysia: kalau cuma di Kuala Lumpur, masih gampil lah. Bahasa inggris bisa, melayu bisa di mengerti. Asal jangan tanya sama mba mba India, males jawabnya kayaknya mereka. Disini juga gak perlu travel agent. Bis nya kyk bis transjakarta semua,murah dan ber-ac.Ati-ati copet ya btw.
      Harga taksinya sama pula kayak di Indonesia. Nih negara yang tiap kali pasrah atau cape dikit langsung kita naik taxi.
      Bis antar kotanya juga oke. Banyak browsing karena mas mas supir Indianya agresip banget nyari penumpang.Kesannya murah ternyata kemahalan.

      4) Brunei Darusalam: eh memang ada apaan sih disana. Kalau memang kemari ya pake travel agent deh. Suwer gak ngerti ada apaan disana dan pake apaan.
      Terakhir kesana di anter kesana kemari sama orang lokal yang kayaknya kaya kaya semua itu.

      5) Vietnam-Hanoi: Vietnam khan gede tuh ya, baru ke Hanoi nya aja, kalo pake travel agen cari yang langsung Ho Chi Minh-Hanoi-Ha long Bay ya, itu baru worth the value kalau udah termasuk hotel dan tiket pesawat ya.
      Kalau ke Hanoi aja sih. Gak perlu.Cukup nginep didaerah Old Quarter, rata-rata masih dalam sejangkauan kaki. Yang HCM Mausoleum bisa minta dicariin taksi sama hotel.Dicariin yang pake argo jadinya murahh paling cuma 50rb/one way. Ke halong bay bisa minta dicariin sama hotel, agak mahal dikit, tapi kalau ada waktu ya cari-cari sendiri juga bisa travel agent yang murah dikit asal detail ya nawarnya.Dapet antar jemput dari/ke hotel ke port/ tidak, dan fasilitas apa aja di cruisenya.

      6) Taiwan: nah ini dia, negara yang menurut saya perlu pake travel agent.Kecuali cuman stay di Taipei nya ya.
      Di Taipei city sih masih okelah, MRT nya bagus dan oke.Masih banyak yang fasih bahasa inggris. Tapi begitu keluar kotanya, beuh, pake bahasa Mandarin is a must. Gak ada MRT, kemana2 pake bis yang tulisan tujuannya pake tulisan kanji semua. Nanya sebelah, gak ngerti juga bahasanya. :mellow: saya ada ke daerah pergunungannya,bisnya sejam dua jam sekali. Matek berdebu dan ngabisin waktu nunggunya.

      Yang gak perlu pake travel agent itu kalo pergi ber-6 dan nemu supir taxi yang bawa mobil nya sekelas Honda Stream, karena mobil taxinya memang gede-gede,yang bisa dicharter seharian.

      Soalnya temen saya kesana ber-3 itung2 ya kok mahal aje, ongkos saweran charter taxi buat diluar kotanya,belum harus ganti2 hotel ditiap kota. Haduh kebayang enaknya pake travel agent yang pake bus charteran.Cuman bawa diri, koper dijagain.Sampai sekarang saya nyesel gak pake travel agent :( Kapan ya ada duit lebih ke sana lagi.

      8) Thailand-Phuket: Duh ini sih Bali nya Thailand deh,sifat travel agentnya juga mirip. Jadi critanya saya cari gampil, book travel agent lokal buat city tour half day sekalian wisata Phi phi island dll. Gak pake banyak browsing, lah saya baca gak ada yg heboh amat city tournya. Cuma keliling pantai ini itu, liat view pantai dari atas titik tertinggi Phuket, belanja dikit, krn harga disana mahal2 euy, gak kayak di Bangkok.
      Ternyata saya ada lupa.. ada sempilan makan siang tuh dan kita gak tau belanja dimana, terserah mbak aja.Eh dibawalah ketempat makan dan tempat souvenir yang mana supirnya dapat insentif tambahan tiap kali kita makan/belanja disitu. Semacam Dagadu gitu dengan harga yang malah lebih mahal dibanding harga souvenir diseputaran Patong yang notebene Legiannya Thailand.
      Jadi tetep ya pake agen lokal banyak-banyak browsing juga. :wacko:

      So far, baru segitu aja negara-negara yang pernah saya jelajahi. Insya Allah, next nya mau ke China/Korea/Jepang.
      Mari sama-sama berdoa, Rupiah kembali menguat ya