• 0
Sign in to follow this  
Followers 0

Ngumpul Nyok di Betawi Ngoempoel!


Question

Posted

Halo temen2 sekalian, kali ini saya mau share pengalaman saya ke tempat yang unik banget di daerah Beji, Depok. Nama tempatnya Betawi Ngoempoel. Awalnya saya gak ada rencana mau ke tempat ini, karena kelewatan dan melihat nama tempatnya yang unik jadi saya penasaran mampir. Kirain tempat budaya Betawi gitu, ternyata tempat ini rumah makan khusus makanan Betawi hehehe....

Karena penasaran akhirnya saya coba aja makan disitu, ternyata menunya banyak juga dan banyak yang saay baru dengar. Ada namanya sayur Besan, Gabus Pucung, Pecak Ikan Mas, Sayur Ciput, Sambel Dengkek, dan lain2. Enak-enak juga rasanya :D

Ngobrol2 sama pelayannya, katanya tempat ini milik pak Nuroji yang mendirikan tempat ini karena bertujuan ingin menyatukan kuliner Betawi ke dalam satu tempat. Selama ini memang susah mencari makanan khas Betawi, karena terpisah2 katanya.

Konsep tempatnya juga unik, dengan ada ondel2 di pintu masuk, dekorasi delman, kursi rotan, serta iringan lagu2 Benyamin S :D Waktu saya makan disana juga dikasih teh gratis. katanya ini tradisi Nyahi, yaitu minum teh bareng2 sambil ngobrol sama temen2. Tidak jauh berbeda dari adat Tionghoa, maklum aja kan Betawi budayanya banyak campuran dari berbagai etnis.

Secara keseluruhan, menurut saya tempat ini unik dan layak buat kita kunjungin karena menyatukan wisata budaya dan kuliner di satu tempat :D

post-5-0-41926100-1352213109_thumb.jpg

post-5-0-33937800-1352213116_thumb.jpg

daffa, Jalan2, arief and 1 other like this

Share this post


Link to post
Share on other sites

10 answers to this question

  • 0

Posted

waw mantap ya tempatnya bisa jadi salah satu tujuan kuliner neh...btw soto betawi yg khas itu ada gak ya..klo gak salah yg pake susu

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

ada bro mod, saya kebetulan juga nyicip soto betawinya pas kesini. Enak kok kuahnya kentel gitu pake emping...mantep deh pokoke..hehehe...duh jadi laper...

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

hmm...bagus juga nih tempat makannya...apa ada hubungannya sama kampung budaya betawi yang di setu babakan ya? soalnya kan deket2 situ juga :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

kebetulan bulan lalu saya juga sempat review tentang Setu Babakan, tapi entah juga apakah ada hubungannya dengan rumah makan ini...:D tapi di betawi ngumpul ini lebih fokus ke kulinernya sih daripada kebudayaan nya...

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

Gw juga pernah kesini waktu bulan puasa...tempatnya unik juga serasa jadi orang betawi asli dah hehehe....Makanannya juga enak2 kok, cuma lokasinya itu aja yg jauh dari rumah :(

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

wuih tempatnya manteb ni Sis apalagi yang penggemar makan makanan betawi, bokap gw biarpun bukan asli dari jakarta tapi suka banget sama kuliner khas betawi. lokasi tepatnya dimana ya Sis?

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

pasti kuliner di sini enak2 ya Sis...kuliner yang menjadi primadonanya apa itu Sis, mau coba deh dan juga harganya gimana...mahal2 atau standart?

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

beji nya di belah mananya nih TS?? kalo gabus pucung ncing saya juga jago nih bikin... enak hhee

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

beji nya di belah mananya nih TS?? kalo gabus pucung ncing saya juga jago nih bikin... enak hhee

di jalan tanah baru nya bro...gabus pucung ncing nya enak ya bro hehehe ga enak kalo blom dibagi2 bro, minimal potoin deh biar bisa bayangin :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

maknyus-maknyus gak ney santapannya mbak? kalo maknyus kayaknya recommended buat dikunjungi ney...asyik kapan lagi bisa menyantap makanan khas daerah yang kini sudah semakin tergerus oleh makanan instan dan asing.

ayok yang peduli makanan lokal kita sama-sama berkunjung ke betawi ngoempoel ini!!

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now
Sign in to follow this  
Followers 0

  • Similar Content

    • Manfaat Petai
      By kimonoku

      :makan Mumpung jam makan siang, possting tentang makanan sehari-hari yua.. :makan

      Petai, pete, peteh atau dengan nama apapun kamu menyebutnya, makanan yang satu ini punya banyak fans lhoo.. :kesengsem Walaupun sebagian orang mengatakan bahwa petai adalah makanan kampung, petai tetap disukai, apalagi dimakan dengan nasi hangat dan sambal terasi.

      Tetapi ada juga orang yang membenci petai karena baunya yang menyengat atau mungkin rasanya. :tercengang Namun sebagian orang menyukai aroma itu sebagai kekhasan tersendiri. Dilansir oleh healthbenefitstimes.com. petai punya banyak manfaat untuk kesehatan. :salut

      1. Mengatasi Depresi

      Petai mengandung tryptophan, sejenis protein yang dapat menghasilkan hormon bahagia dan membuat tubuh lebih santai. Jadi jangan heran jika setelah makan petai, merasa lebih gembira.

      blogentry-30216-0-43771300-1426046649_th

      2. Mengurangi Masalah PMS (premenstrual syndrome)

      Daripada minum pil-pil buatan pabrik, mungkin bisa menikmati lalapan petai. Dalam petai mengandung vitamin B6 yang dapat mengatur kadar gula darah.

      blogentry-30216-0-56188500-1426046784_th

      3.Menjaga Tekanan Darah

      Petai sangat kaya dengan kalium namun rendah garam, sehingga dapat menjaga tekanan darah dalam kondisi sehat.

      blogentry-30216-0-72582000-1426046808_th

      4. Meningkatkan Konsentrasi

      Sering lola?? makan petai bole nih buat yang lola. Petai mengandung vitamin A sekitar 200 IU per 100 mg. Vitamin A adalah bahan yang baik untuk menjaga kesehatan kornea mata dan juga baik untuk menjaga kesehatan otak.

      blogentry-30216-0-58720200-1426046860_th

      5. Mengatasi Sembelit

      Petai mengandung banyak serat. Saat perut kekenyangan, petai dapat membantu menghilangkan rasa nyeri akibat kekenyangan.

      blogentry-30216-0-34535400-1426046013_th

      Dan saya bukan pete Lovers.. :bingung