Sign in to follow this  
Followers 0
Lia Cute

Ngumpul Nyok di Betawi Ngoempoel!

11 posts in this topic

Halo temen2 sekalian, kali ini saya mau share pengalaman saya ke tempat yang unik banget di daerah Beji, Depok. Nama tempatnya Betawi Ngoempoel. Awalnya saya gak ada rencana mau ke tempat ini, karena kelewatan dan melihat nama tempatnya yang unik jadi saya penasaran mampir. Kirain tempat budaya Betawi gitu, ternyata tempat ini rumah makan khusus makanan Betawi hehehe....

Karena penasaran akhirnya saya coba aja makan disitu, ternyata menunya banyak juga dan banyak yang saay baru dengar. Ada namanya sayur Besan, Gabus Pucung, Pecak Ikan Mas, Sayur Ciput, Sambel Dengkek, dan lain2. Enak-enak juga rasanya :D

Ngobrol2 sama pelayannya, katanya tempat ini milik pak Nuroji yang mendirikan tempat ini karena bertujuan ingin menyatukan kuliner Betawi ke dalam satu tempat. Selama ini memang susah mencari makanan khas Betawi, karena terpisah2 katanya.

Konsep tempatnya juga unik, dengan ada ondel2 di pintu masuk, dekorasi delman, kursi rotan, serta iringan lagu2 Benyamin S :D Waktu saya makan disana juga dikasih teh gratis. katanya ini tradisi Nyahi, yaitu minum teh bareng2 sambil ngobrol sama temen2. Tidak jauh berbeda dari adat Tionghoa, maklum aja kan Betawi budayanya banyak campuran dari berbagai etnis.

Secara keseluruhan, menurut saya tempat ini unik dan layak buat kita kunjungin karena menyatukan wisata budaya dan kuliner di satu tempat :D

post-5-0-41926100-1352213109_thumb.jpg

post-5-0-33937800-1352213116_thumb.jpg

arief, daffa, Jalan2 and 1 other like this

Share this post


Link to post
Share on other sites

waw mantap ya tempatnya bisa jadi salah satu tujuan kuliner neh...btw soto betawi yg khas itu ada gak ya..klo gak salah yg pake susu

Share this post


Link to post
Share on other sites

ada bro mod, saya kebetulan juga nyicip soto betawinya pas kesini. Enak kok kuahnya kentel gitu pake emping...mantep deh pokoke..hehehe...duh jadi laper...

Share this post


Link to post
Share on other sites

hmm...bagus juga nih tempat makannya...apa ada hubungannya sama kampung budaya betawi yang di setu babakan ya? soalnya kan deket2 situ juga :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

kebetulan bulan lalu saya juga sempat review tentang Setu Babakan, tapi entah juga apakah ada hubungannya dengan rumah makan ini...:D tapi di betawi ngumpul ini lebih fokus ke kulinernya sih daripada kebudayaan nya...

Share this post


Link to post
Share on other sites

Gw juga pernah kesini waktu bulan puasa...tempatnya unik juga serasa jadi orang betawi asli dah hehehe....Makanannya juga enak2 kok, cuma lokasinya itu aja yg jauh dari rumah :(

Share this post


Link to post
Share on other sites

wuih tempatnya manteb ni Sis apalagi yang penggemar makan makanan betawi, bokap gw biarpun bukan asli dari jakarta tapi suka banget sama kuliner khas betawi. lokasi tepatnya dimana ya Sis?

Share this post


Link to post
Share on other sites

pasti kuliner di sini enak2 ya Sis...kuliner yang menjadi primadonanya apa itu Sis, mau coba deh dan juga harganya gimana...mahal2 atau standart?

Share this post


Link to post
Share on other sites

beji nya di belah mananya nih TS?? kalo gabus pucung ncing saya juga jago nih bikin... enak hhee

di jalan tanah baru nya bro...gabus pucung ncing nya enak ya bro hehehe ga enak kalo blom dibagi2 bro, minimal potoin deh biar bisa bayangin :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

maknyus-maknyus gak ney santapannya mbak? kalo maknyus kayaknya recommended buat dikunjungi ney...asyik kapan lagi bisa menyantap makanan khas daerah yang kini sudah semakin tergerus oleh makanan instan dan asing.

ayok yang peduli makanan lokal kita sama-sama berkunjung ke betawi ngoempoel ini!!

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now
Sign in to follow this  
Followers 0

  • Similar Content

    • By keyzia-renata
      Hallo temen-temen saya pendatang baru di forum ini. Jadi masih belum mengetahui banyak tentang forum ini.
      mohon bimbingannya dari kakak-kakak senior disini
      nama saya keyzia renata
      tempat tinggal di jakarta tapi asli di solo. jadi sering bolak-balik jakarta-solo. tempat yang banyak saya kunjungi cuma di sekitar solo dan jawa tengah. pernah juga sekali jalan-jalan ke banjarmasin. maklum baru aja terjun di dunia traveling. 
      ohh iya biasanya kalau saya jalan-jalan untuk traveling pasti saya tulis di blog yang baru saya buat. mampir juga yach ke blog saya ini yang membahas tentang tempat wisata, traveling dan kuliner.
      sekian dan terimakasih untuk perkenalannya. 
      salam traveling dan salam persahabatan
    • By raffaalwii
      Menu Masakan Hari Ini - Halo bunda, sudah masak apa hari ini? Sebagai seorang koki di rumah, seorang ibu memang harus paham betul selera keluarganya. Jika bunda berhasil menemukan menu yang pas, semua anggota keluarga pasti akan menyukai masakan bunda dan ketagihan untuk ingin menikmatinya kembali. Dengan demikian, semua anggota keluarga pasti akan lebih betah dan nyaman di rumah. Bunda bisa membaca di menu masakan hari ini di website royco lho. Kali ini, royco akan mengajak bunda untuk mencoba resep tumis kangkung spesial yang bisa dinikmati saat sarapan, makan siang, atau pun makan malam.

      Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut:

      1.      2 ikat kangkung, buang akarnya, dan cuci bersih dengan air yang mengalir

      2.      1 sendok makan minyak goreng

      3.      4-5 butir bawang merah, cincang agak halus

      4.      3 siung bawang putih, memarkan, dan cincang

      5.      1 bungkus royco rasa ayam

      6.      Garam dan gula secukupnya

      7.      2 buah cabai merah diiris serong menipis

      Bahan yang digunakan sangat sederhana bukan? Semua bahan-bahan tersebut sangat mudah ditemukan di pasar atau pun bisa dipetik dari kebun sendiri. Nah, bagaimana si cara memasak tumis kangkung spesial ala royco?

      1.      Pertama-tama panaskan minyak di wajan dengan api yang sedang

      2.      Masukkan bawang merah dan bawang putih

      3.      Tumis bawang dan putih hingga harum

      4.      Masukkan royco all in one, garam dan gula, serta cabai merah

      5.      Aduk-aduk semua bahan tersebut hingga harum

      6.      Masukkan kangkung ke dalam wajan. Aduk-aduk kangkung dengan cepat hingga kangkung tercampur sempurna dengan bumbu. Untuk mendapatkan hasil tumis kangkung yang hijau, aduk-aduk terus sampai api siap dimatikan

      7.      Angkat dan sajikan dalam piring saji

      8.      Sajikan bersama nasi putih yang hangat

      Tumis kangkung spesial ini memang lezat sekali dinikmati dalam segala situasi. Jika putra-putri di rumah belum berani menyantap makanan pedas, kurangi cabainya agar anak-anak pun suka. Itulah resep aneka menu masakan hari ini ala royco. Semoga bermanfaat.


    • By Mirwan Choky
      Hello, semuanya. Salam kenal ya dari saya, Mirwan Choky, pendatang baru di forum ini. Saya suka nulis semua kegiatan saya yang terkait dengan travelling. Untuk melihat-lihat atau hanya sekedar mengintip, silakan aja ya di www.mirwans.com. Kalau ada mau nanya-nanya atau apa aja deh, silakan di komen yah. Makasih! :)
    • By sambelpecel
      permisi gan... ane mau nawarin sambel pecel, kemasan 500gr
      sambel pecel Jego enak, sehat, dan praktis... dibuat tanpa pengawet
      sambel pecel Jego di produksi di Yogyakarta, namun rasa sambel pecel kami tidak manis
      lebih cenderung asin dan pedas. Bagi yang suka travelling atau jalan2 cocok banget bawa
      bekal sambel pecel Jego, krn bisa dibawa dlm tas, dashboard, dll
       
      Sambel pecel Jego rendah lemak, karena kami mengolah kacang dengan di sangray
      Kami menggunakan bahan pilihan, agar sambel pecel Jego terjaga mutunya
      Selain bisa untuk menu harian, sambel pecel Jego bisa juga untuk hadiah dan oleh2.
      Ada beberapa testimoni dari pelanggan kami di sini
      Kami melayani penjualan ke semua daerah di Indonesia.
       
      Pemesanan bisa melalui
      FB= http://facebook.com/pejuangkuliner
      wa= 0811203096
      ig= pejuangkuliner
       

    • By Pia Bandung
      Oleh Oleh asli Bandung, VERY DELICIOUS ! tanpa bahan pengawet, rasa Keju, Coklat Almond, Taro, Susu, Greentea
      Facebook Fanpage : https://facebook.com/piabandung
      Info : http://piabandung.com
      Dicari : Reseller untuk Kota kota Besar di seluruh Indonesia
      Hubungi : WA 08980541645

    • By andiana
      Hai hai hai!
      Posting baru lagi setelah lama gak update di sini. Ceritanya sih habis jalan ke Cirebon bareng anak-anak dan sahabatku yang juga bawa anaknya.
      Jadi, ini hasil jalan, banyak makannya ya jelaslah, tujuan ke daerah itu kudu makan khas tempat tersebut. masa jauh-jauh dari Bandung ke kota lain nyarinya kiefsi? Yhaaaaa.....
      Wisata Kuliner Di Cirebon <---- silakan dibaca dan ditambahkan di kolom komentar, kalau ada kesalahan deskripsi atau pencamtuman harga makanan
      Docang itu rasanya bagaimana sih? AKU LUPA! *sedih* Tempo hari ke Cirebon gak sempet banget lah makan docang, meski udah dikasih tau, kudu diingat kembali. Yaaaaaaa.....
      Sate Kalong itu katanya enak, tapi seumur hidup belum pernah cobain dan aku gak nemu kemarin. Emangnya kudu cari di mana sik? 
      Baiklah, aku akan meneruskan jalan-jalan cari makan khas daerahnya. Ntar apdet lagiiii....
    • By citrariana
      Sawaddi Kab! Sawaddi Kha!
      Thailand merupakan negara tetangga yang sering dikunjungi oleh penduduk Indonesia. Letak geografis yang strategis serta mudahnya tarnsportasi menuju Thailand yaitu cukup naik pesawat saja membuat negara ini menjadi tujuan favorit. Selain itu, Thailand juga terkenal dengan masyarakatnya yang menjaga budaya leluhur dengan sangat baik. Tidak heran bila terdapat banyak acara adat yang diselenggarakan di Thailand seperti Festival Loy Krathong. Mengunjungi Thailand tentu tak lengkap tanpa membawa oleh-oleh. Berikut beberapa rekomendasi surge belanja di Thailand yang dapat Anda kunjungi.
       
       
      Pantip Plaza

      Tempat ini menjual berbagai macam barang elegtronik. Anda dapat membawa pulang gadget yang Anda inginkan dengan harga yang lebih terjangkau dari tempat lain. Barang yang ditawarkan adalah barang dengan garansi resmi lho. Namun, jangan gegabah untuk langsung membeli ya! Sebaiknya Anda menjelajahi setipa toko dulu karena setiap toko menawarkan harga berbeda. Hal ini memang sedikit merepotkan. Namun, Anda pasti akn puas bila mendapat harga terbaik bukan.
      The Platinum Fashion Mall

      Siapa penggemar fashion Korea, Hong Kong, atau Jepang? Maka tempat ini sangat cocok bagi Anda. Anda dapat menemukan fashion pria maupun wanita lengkap mulai dari ujung kaki hingga ujung kepala. Sekali lagi, Anda tidak perlu khawatir dengan harga yang ditawarkan. Mall lima lantai ini susah didesain untuk memudahkan pengnjung yaitu dengan mengelompokkan bebrbagai pakaian wanita, pria, anak-anak, dan aksesoris secara terpisah. Tak lupa terdapat food court di dalam mall ini. Anda dapat mencicipi berbagai hidangan Thai sembari melepas lelah. Letak mall ini hanya bersebelahan dengan Palntip Plaza.
      Central World

      Ini dia surganya barang bermerk. Berlokasi di Rajchaprasong Juncton, pusat belanja ini menjual berbagai macam produk fashion, gadget, jam tangan hingga buku. Penjualan terlarisnya adalah jam tangan. Jam tangan di pusat belanja ini termasuk yang paling lengkap. Memberikan oleh-oleh jam tangan pasti akan sangat bermakna bagi yang menerimanya.
      Oleh-oleh Khas Thai
      Tidak sulit untuk membeli barang khas Thailand. Anda dapat menemukannya hamper di setiap area wisata. Namun, bila Anda ingin berburu oleh-oleh khas Thailand lebih baik Anda datang ke MBK Center, Chatuchak Weekend Market, dan Amarin Plaza. MBK Center. Beberapa tempat tersebut merupakan pusatnya oleh-oleh khas Thailand. Di Amarin Plaza misalnya, Anda dapat membeli kain sutra Thailand.
      Kuliner Thailand
      Beberapa tempat yang kami rekomendasikan adalah Shukumvit Road dengan konsep pasar malam. Di sana kamu harus pintar menawar ya. Selanjutnya adalah Khao San Road. Tempat ini merupakan tujuan para pelancong luar negeri. Sebaiknya Anda mengunjungi tempat ini pada sore atau malam hari. Tang terakhir adalah kompleks China Town. Di sana berjajar berbagai restoran di sepanjang jalan. Selain itu, Anda dapat membeli pernak pernik.
      Jadi, kapan Anda akan mengunjungi Thailand? Yuk, rancang liburan Anda mulai dari sekarang. Anda dapat menemukan penawaran menarik tiket pesawat menuju Thailand di Thai Lion Air. Jadilah traveler yang baik dengan berperilaku santun di negara orang ya! Tentunya mereka akan balik menghormati Anda.