Silverline

Rute Moda Transportasi Umum Jakarta

40 posts in this topic

Untuk pertama, gue bahas transjak duluu ya, yang lagi populer di Jakarta

yang orang jakarta pasti udah pada tau trasjakarta lah ya? kalo gak kenal transjakarta, kita sebut busway deh, pasti lebih familiar (walaupun busway itu nama sebutan untuk jalur yang dilewatinya)

transjakarta sekarang udah jadi modal utama buat bisa ngelilngi jakarta dengan harga murah. Jangan bilang udah kenal Jakarta, kalo masih nyasar deh mau kemana mana. Nah, disini, gue coba tampilin lagi jalur Transjakarta semuar koridor.

Di lain kesempatan, gue akan tulis angkutan umum lain, jadi gak nyasar lagi di Jakarta

nyasar di Jakarta, nyawa coy taruhannya

ini selengkapnya jalus buway di Jakarta

trans.jpg

keliatan jelas ya? ntar kita coba bahas satu persatu kalo ada yang tanya mau kemana kemananya

semoga dengan ini, gak ada lagi yang nyasar, gak ada lagi yang males muterin Jakarta buat lihat sudut sudut kota Jakarta ya.

semoga dengan adanya gubernur baru, sudut sudut Jakarta bisa lebih aman dan nyaman dinikmati..

saya tambahin ini jalur transportasi umum lainnya

Metromini

* 001 rute Senen - RS Islam Cempaka Putih - Taman Solo

* 003 rute Senen - Cempaka Putih - Rawamangun

* 005 rute Senen - Johar Baru - Mardani

* 007 rute Senen - Cempaka Mas - Semper

* 010 rute Senen - Kemayoran - Sunter

* 011 rute Senen - Kemayoran - Bendungan Jago

* 015 rute Senen - Sabang - Setiabudi

* 017 rute Senen - Cikini - Manggarai

* 023 rute Tanjung Priok - Cilincing

* 024 rute Tanjung Priok - Sunter - Senen

* 029 rute Kota - Pademangan - Sunter

* 030 rute Kota - Pluit - Muara Angke

* 041 rute Pulo Gadung - Tugu - Tanjung Priok

* 042 rute Pulo Gadung - Penggilingan - Perumnas Klender

* 043 rute Pulo Gadung - Pondok Ungu - Seroja

* 044 rute Pulo Gadung - Penggilingan - Pulo Gebang

* 045 rute Pulo Gadung - Jatiwaringin - Pondok Gede

* 046 rute Pulo Gadung - Utan Kayu - Kampung Melayu

* 047 rute Senen - Cempaka Putih - Pondok Kopi

* 049 rute Pulo Gadung - Utan Kayu - Manggarai

* 050 rute Kampung Melayu - Duren Sawit - Perumnas Klender

* 052 rute Kampung Melayu - Buaran - Stasiun Cakung

* 053 rute Kampung Melayu - Condet - Kampung Rambutan

* 054 rute Kampung Melayu - Kalimalang - Pondok Kelapa

* 058 rute Cililitan - Pondok Bambu - Perumnas Klender

* 060 rute Manggarai - Tebet - Kampung Melayu

* 061 rute Manggarai - Bukit Duri - Kampung Melayu

* 062 rute Manggarai - Pancoran - Pasar Minggu

* 064 rute Pasar Minggu - Kalibata - Cililitan

* 069 rute Blok M - Kyai Maja - Kreo - Ciledug

* 070 rute Blok M - Pos Pengumben - Joglo

* 071 rute Blok M - Tanah Kusir - Kodam Bintaro

* 072 rute Blok M - Pondok Indah – Lebak Bulus

* 074 rute Blok M - Tanah Kusir - Rempoa

* 075 rute Blok M - Mampang - Pasar Minggu

* 076 rute Blok M - Cilandak - Kampung Rambutan

* 077 rute Blok M - Kemang - Ragunan

* 078 rute Blok M - Mayestik - Kebayoran Lama - Cidodol

* 079 rute Blok M - Fatmawati - Lebak Bulus

* 082 rute Kalideres - Kamal - Kapuk - Grogol

* 083 rute telukgong => grogol = > roxy

* 084 rute Kalideres - Pluit - Kota

* 085 rute Kalideres - Permata Hijau - Lebak Bulus

* 091 rute Batusari - Tanjung Duren - Citraland - Grogol - Roxy Mas - Tanah Abang

* 092 rute Joglo - Kedoya - Jalan Panjang - Daan Mogot - Grogol

* 506 rute Kampung Melayu - Klender - Pondok Kopi

* 610 rute Blok M - Cipete - RS Fatmawati - Pondok Labu

* 611 rute Blok M - Pondok Pinang - Pasar Jum'at

* 619 rute Blok M - Pangeran Antasari - Pondok Labu - Cinere

* 640 rute Pasar Minggu - Pancoran - Tosari

* 719 rute Lebak Bulus - Pondok Gede - Jatiasih

* 733 rute Blok M - Bintara - Kranji

* 783 rute Kampung Melayu - Kalimalang - Cibubur - Cileungsi

* 789 rute Perumnas Klender - Pulo Gadung - Harapan Indah

* 792 rute Perumnas Klender - Pondok Kelapa - Bekasi

* 811 rute Blok M - Lebak Bulus - Rempoa - Bintaro

Kopaja

* 19 trayek Tanah Abang - Sudirman - Kb. Ragunan

span >* 20 trayek Lebak Bulus - Rasuna Said - Senen

* 27 trayek Pasar Senen - Kelapa Gading

* 57 trayek Blok M - Kalibata - Cililitan

* 63 trayek Blok M - Ampera - Depok

* 66 trayek Blok M - Sudirman - Manggarai

* 68 trayek Kp. Melayu - Ps. Minggu - Kb. Ragunan

* 86 trayek Lebak Bulus - Slipi - Grogol

* 502 trayek Kampung Melayu - Tanah Abang

* 602 trayek Tanah Abang - Mampang - Kb.Ragunan

* 605 trayek Blok M - Kemang - Kp. Rambutan

* 605A trayek Blok M - Kemang - Kb.Ragunan

* 608 trayek Blok M - Tanah Abang

* 612 trayek Kp.Melayu - Kemang - Kb. Ragunan

* 613 trayek Blok M - Bintaro

* 614 trayek Pasar Minggu - Blok M - Cipulir

* 615 trayek Tanah Abang - Blok M - Lebak Bulus

* 616 trayek Blok M - Ps Minggu - Cipedak

* 620 trayek Blok M - Mampang - Pasar Rumput

* 95 trayek Rawa Bokor - Taman Anggrek

Mayasari Bhakti

P6 : Grogol - Kp Rambutan

P55 : Grogol - Kp Melayu

57 : Blok M - Pulogadung

300 : Blok M - Rawamangun

107 : Kp Melayu - Blok M

Patas AC 81 : Depok - Kalideres

Patas AC 43 : Grogol - Cibinong

Patas AC 05 : Bekasi - Blok M

PPD

PPD 45 : Blok M - Kp Rambutan (biasanya hanya sampe cililitan)

PPD 46 : Grogol - Kp Rambutan (biasanya hanya sampe cililitan)

PPD Patas AC 79 : Rambutan - Kota

PO. Deborah

Trayek Depok - Lb Bulus

Trayek Depok - Kalideres

PO. Tunggal Daya

Trayek Lb Bulus - Bekasi

Steady Safe

Patas AC 48 : Depok - Grogol

Patas AC 104 : Kp Melayu - Cimone

PATAS AC 84: Pulogadung - Depok

Damri

Bandara - Lb Bulus

Bandara - Blok M

Bandara - Gambir

Bandara - Rw Mangun

Bandara - Rambutan

Bandara - Ps Minggu

Bandara - Bekasi

Bandara - Bogor

Bandara - Cikarang

Gambir - Tanjung Karang (Lampung)

Koantas Bima

* 101 rute Tanah Abang - Pondok Cabe

* 102 rute Tanah Abang - Ciputat

* 507 rute Kampung Melayu - Cimanggis

* 509 rute Kampung Rambutan - Lebak Bulus

* 510 rute Kampung Rambutan - Ciputat

* 621 rute Blok M - Ciputat

* 104 rute Perumnas Tangerang - Grogol

* 106 rute Cimone - Senen

* 103 rute Poris - Grogol

Angkot & Mikrolet di Jakarta

Angkutan Umum B03 ===>Joglo - Citraland, lewat Meruya, Kedoya, Tanjung Duren.

Angkutan Umum B14 ===> Puri Indah - Citraland, lewat Pasar Puri, Kedoya, Terusan Arjuna, Tanjung Duren.

Angkutan Umum C01 ===> Kebayoran Lama - Ciledug

Angkutan Umum C14 ===> Lebak Bulus - Ciledug

Angkutan Umum C05 ===> Kebayoran Lama - Ceger

Angkutan Umum D18 ===> Ciputat - Ciledug

Angkutan Umum D01 ===> Kebayoran Lama - Ciputat

Angkutan Umum D02 ===> Pondok Labu - Ciputat

Angkutan Umum S03 ===> Kebayoran Lama - Pondok Labu

Angkutan Umum S08 ===> Lebak Bulus - Bintaro

Angkutan Umum S11 ===> Lebak Bulus - Pasar Minggu

Angkutan Umum S12 ===> Lebak Bulus - Bona Indah

Angkutan Umum S14 ===> Lebak Bulus - Petukangan

Angkutan Umum M09 ===> Kebayoran Lama - Tanah Abang

Angkutan Umum M11 ===> Meruya - Tanah Abang

Angkutan Umum M10 [Jembatan Lima - Tanah Abang]

Angkutan Umum M08 [Kota - Tanah Abang]

Mikrolet M16 ===> Trayek Pasar Minggu - Kampung Melayu

Mikrolet M06 ===> Trayek Kampung Melayu - Gandaria

Mikrolet M18 ===> Rute Kampung Melayu - Pondok Gede [Lewat Kali Malang]

Mikrolet M19 ===> Cililitan - Kranji

Mikrolet M29 ===> Cililitan - Perumnas Klender

Mikrolet M28 ===> Kampung Melayu - Pondok Gede [ Lewat Cawang]

Mikrolet M01 ===> Rute Kampung Melayu - Pasar Senen

Mikrolet M27 ===> Rute Pulo Gadung - Kampung Melayu

Mikrolet M26 --> Kp Melayu Bekasi barat (MM)

Mikrolet M20 ===> Pasar Minggu - Jati Padang

Mikrolet M23 ===> karet kuningan - karet belakang - setiabudi - manggarai

Mikrolet M35 ===> Senen-Pisangan baru/Jatinegara

Mikrolet M44 ===> Trayek Kampung Melayu, Ambassador Mall, Karet Kuningan

Angkot 461 ===> Rute UKI cawang - Pondok Gede

sumber:

(http://octovary.blog....i-jakarta.html)

forza jalan jalan

Edited by Silverline

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalau untuk tujuan terdekat saya lumayan tahu, tapi waktu itu saya sempat binggung tujuan mau ke kp. rambutan tempat kakak saya, karena biasa di antar suami baru kali itu kesana sendiri dan coba untuk naik transjakarta...tapi ya akhirnya sampai juga karena nanya2 terus sama petugasnya harus turun dan lanjutnya di koridor mana :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Wah bisa jadi pedoman keliling Jakarta nih...maklum orang daerah...apalagi sekarang ini kalo nunggu transjakarta ada fasilitas free wifi...siip siip...tp terkadang lebih enak naik go-jek ngga pake nanya trus langsung bisa nyampe di tempat tujuan....satu lagi bisa antar jemput via online jg...hehehe...

Share this post


Link to post
Share on other sites

di jakarta bukan hanya nyawa taruhanya kalo nyasar. Isi dompet juga.

hahahaha....

polisi2x disana peka banget terhadap kendaraan2x yang ketahuan "galau" bwt nyari jalan. akhirnya, di stop, dan kena tilang deh.

hahahaha....

Share this post


Link to post
Share on other sites

Wah bisa jadi pedoman keliling Jakarta nih...maklum orang daerah...apalagi sekarang ini kalo nunggu transjakarta ada fasilitas free wifi...siip siip...tp terkadang lebih enak naik go-jek ngga pake nanya trus langsung bisa nyampe di tempat tujuan....satu lagi bisa antar jemput via online jg...hehehe...

emang mo ada fasilitas free wifi ya? belum tahu saya. kalau emang mau ada sih bagus tuuh.. tapi kayaknya kurang bermanfaat kalau di dalam bus. soalnya busnya suka padat, jadi orang yang mo manfaatin juga males. mungkin di haltenya kali ya...

tapi kalau di bus way, tempat favorit saya cuman satu... itu, tangga paling depan samping supir. heheheh... enak, nggak usah sungkan kalau ada ibu-ibu yang berdiri. nggak mungkin kan nawarin ibu-ibu untuk duduk di bawah :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

hmm ini angkutan favorit saya klo d jakarta hehehe

yang mana om deffa? busway, kopaja, apa bus umum?

kalau untuk tujuan terdekat saya lumayan tahu, tapi waktu itu saya sempat binggung tujuan mau ke kp. rambutan tempat kakak saya, karena biasa di antar suami baru kali itu kesana sendiri dan coba untuk naik transjakarta...tapi ya akhirnya sampai juga karena nanya2 terus sama petugasnya harus turun dan lanjutnya di koridor mana :D

iya mbak, yang penting, jangan malu bertanya, asal gak malu bertanya, dan gak salah nanya, pasti nyampe. soalnya temen pernah ada yang kejadian, nanya ke orang yang salah, eh malah nyasar. jauh pula, kasian banget, uda buru buru, malah nyasar.

wah mantap mas, ayo siapa yg mau tanya cara ke suatu tempat bisa ke Silverline heheh..

oke mas, kebetulan udah hampir semua angkutan di jakarta saa cobain. sampe ciledug, sampe ujung kota jakarta, sampe cibitung malah, sampe bekasi dan macem macem.. ntar gue coba update mas sama jalur kereta api terbaru nya. kereta api juga kan maish jadi salah satu alternativ transportasi :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Wah bisa jadi pedoman keliling Jakarta nih...maklum orang daerah...apalagi sekarang ini kalo nunggu transjakarta ada fasilitas free wifi...siip siip...tp terkadang lebih enak naik go-jek ngga pake nanya trus langsung bisa nyampe di tempat tujuan....satu lagi bisa antar jemput via online jg...hehehe...

anter jemput via online? kok bisa mbak?gimana ceritanya? bagi dong informasinya :)

iya mbak, ojeg enak, tapi kan kalo udah ujan, becek, ojegnya gak ada, gak ini jadi moda alternativ. lagian ojeg kan mahal mbak? beda banget sama angkutan umum kaya gini. contoh ni saya ke lebak bulus dari senen, kalo naek ojeg mau bereapa, kalo naek kopaja 20, bayar 2 ribu perak, langsung nyampe, hehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

di jakarta bukan hanya nyawa taruhanya kalo nyasar. Isi dompet juga.

hahahaha....

polisi2x disana peka banget terhadap kendaraan2x yang ketahuan "galau" bwt nyari jalan. akhirnya, di stop, dan kena tilang deh.

hahahaha....

huahaha, pengalaman ya bro? bener bener, kadang kadang, yang gue sering perhatiin tu, yang agak agak nyasar dikit, polisi nya langsung nyetop deh. kirain mau bantuin, buka kaca malah ngomong, "maaf pak, ini jalur three in one" atau kalo gak "maaf pak, bapak salah jalur". ada aja..

makanya, angkutan umum, is the best, sekalian ngurangin polusi dan polisi kan mas bro? hehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

emang mo ada fasilitas free wifi ya? belum tahu saya. kalau emang mau ada sih bagus tuuh.. tapi kayaknya kurang bermanfaat kalau di dalam bus. soalnya busnya suka padat, jadi orang yang mo manfaatin juga males. mungkin di haltenya kali ya...

oh fasilitas wifi, ada bro tapi bukan di halte busway nya, tapi jalan protokol. jadi kebetulan halte itu ada di jalan protokol, makanya wifinya dapet. untuk sementara jalan thamrin, jalan sudirman, pokoknya kota menuju blok m, trus kuningan, grogol ke arah kuningan, ntu ada fasilitas wifinya, gratis dan kenceng pula. jadi bukan di bisnya bro..

tapi kalau di bus way, tempat favorit saya cuman satu... itu, tangga paling depan samping supir. heheheh... enak, nggak usah sungkan kalau ada ibu-ibu yang berdiri. nggak mungkin kan nawarin ibu-ibu untuk duduk di bawah :D

wah, kalo sekarang mungkin agak gak mungkin ya bro untuk bis bis baru. soalnya di batesin sama pintu darurat, jadi tangga itu udah gak bisa diduduki lagi. apalagi area wanita, kalo gua yang cowo gini, lewat dikit aja, udah ditegur tuh sama mas mas yang jaga pintu "mas, khusus cewe", begonoh

Share this post


Link to post
Share on other sites

bagus infonya nih. harus di pinned. saya harus save infonya, soalnya sering naik busway tapi masih suka bingung rutenya.

sok, silangga mas di save.. gue udah minta ke admin buat di pinned kok, semoga cepet direalisasi dan dipinned deh, biar jadi panduan, :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

denger2 daerah Ciledug-Blok M mau dibuat Jalur Busway.

apa ga tambah macet tuh..

sekarang sih udah ada bro, dan harganya emang lebih mahal. kalo dibilang tambah macet, mungkin itu resiko buswa ya, tapi ya gitu lah, mau gak mau, supaya jakarta tertib.

gua kemaren juga sempet liat bus penghubung busway dari daerah semisal bekasi atau apa gitu. langsung dianterin ke halte busway, trus lanjut ke destinasi masing masing

Share this post


Link to post
Share on other sites

transportasi umum itu solusi kmcetan jkt..ayooo pindah ke trnsportasi umum.. pemprov juga ayoo tingkatin knyamanan dan fasilts trnsportasi umum.. saya lbh pede naik bustrans jkt dr pd mtromini..tp ga enaknya klo tmpt yg dtuju jauh dr shelter ya mau gmw naik kopaja ato mtromni..

Share this post


Link to post
Share on other sites

transportasi umum itu solusi kmcetan jkt..ayooo pindah ke trnsportasi umum.. pemprov juga ayoo tingkatin knyamanan dan fasilts trnsportasi umum.. saya lbh pede naik bustrans jkt dr pd mtromini..tp ga enaknya klo tmpt yg dtuju jauh dr shelter ya mau gmw naik kopaja ato mtromni..

iya bener, dengan kemacetan jakarta seperti sekarang ini, mestinya angkutan umum bisa jadi primadona buat kita yang tinggal di jakarta. tapi sayang, transportasi jakarta sekarang masih belum terlalu maksimal, jadi orang lebih milih buat nyewa joki daripada naik kendaraan umum. sayang banget ya?

Share this post


Link to post
Share on other sites

woooowwww... info yang luar biasa nih wkwkw.. Saya sendiri yang di Jakarta ga pernah hafalin beginian. Biasanya cuma tau yang sering saya naikin aja. Tapi kalau jaman sekarang sih kalau ditanya tentang angkutan umum, pilihan utama saya itu liat dulu tempat yang saya akan pergi. Kalau bisa naik busway, pasti saya pilih naik busway. Lebih aman dan nyaman. Kalau ga lewatin jalur busway, baru deh mikirin kendaraan lainnya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

woooowwww... info yang luar biasa nih wkwkw.. Saya sendiri yang di Jakarta ga pernah hafalin beginian. Biasanya cuma tau yang sering saya naikin aja. Tapi kalau jaman sekarang sih kalau ditanya tentang angkutan umum, pilihan utama saya itu liat dulu tempat yang saya akan pergi. Kalau bisa naik busway, pasti saya pilih naik busway. Lebih aman dan nyaman. Kalau ga lewatin jalur busway, baru deh mikirin kendaraan lainnya.

Iya setuju mas, saya juga selama d jakarta jarang ngapalin beginian, biasa'y yang udah sering d pake aja. yakh kalo lg buru-buru bahkan alternatif yang paling enak bawa motor sendiri ataupun naek ojeg. Tapi sekarang jalur busway udah selesai semua, jadi lebih bisa leluasa kalo pergi-pergi sekitaran kota mah.

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah, thx bgt ne infonya. Soalnya terkadang kalo buru2 mau pergi ke tmpt yg jauh naik busway mang bisa. Tapi susah perhatiin rute nya n sering banget petugas juga udah gak tau halte2 yg jauh jadi asal jawab.. wkwkwkwk..

 

post lagi donk route miokrolet.. haha

Share this post


Link to post
Share on other sites

tanya donk, kalo mau ke ciputat pake transportasi apa?

Mau ke Ciputat ? Dari Mana sis

Angkutan umum Menuju Ciputat dari Jakarta :

 

Angkot D01 Kebayoran Lama - Ciputat

Angkot D02 Pondok Labu - Ciputat

APTB Kota - Ciputat

Bianglala AC57 Gajah Mada - Ciputat

Bianglala AC76 Senen - Ciputat

Koantasbima 102 Tanah Abang - Ciputat

Koantasbima 510 Kampung Rambutan - Ciputat

Kowanbisata 512 Pulo Gadung - Ciputat

Mayasari Bakti AC135 Tanjung Priok - Ciputat

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now


  • Similar Content

    • By zeekyuryu

       
      Jakarta, Kota Metropolitan ini sebenarnya nggak terlalu banyak yang minat sebagai tujuan wisata. Tapi, bukan berarti nggak ada lho. Nggak sedikit yang jauh-jauh dari luar Jakarta menuju ibu kota negara kita ini dengan tujuan ingin jalan2. Ditinjau dari objek wisatanya juga lumayan banyak. Untuk wisata keluarga ada Kebun binatang, TMII, waterpark kayak di Snowbay, Ancol, atau Dufan, bisa juga wisata edukasi dan sejarah di kawasan Kota Tua Jakarta, dan masih banyak lagi. Wisata Mall? Bisa juga kok.
       
      Ya, walaupun masih serba mahal dan panas (yang paling sering dikeluhkan orang luar Jakarta), tapi kita bisa menyiasatinya. Buat yang ada di luar Jakarta terutama, ada beberapa tips yang bisa diperhatikan jika ingin jalan-jalan di Jakarta. Ini dia beberapa tipsnya:
       
      1. Rencanakan tujuan
      Cukup banyak objek wisata yang bisa anda pilih di Jakarta. Supaya bisa menyesuaikan dengan berbagai hal lainnya, rencanakan tujuan anda terlebih dahulu secara matang. Tentukan tujuan dan sesuaikan dengan keinginan serta kondisi lainnya.
       
      Misalnya, anda suka dengan wisata sejarah, anda bisa memilih Kota Tua atau mengunjungi landmark Jakarta di Monas. Bisa juga jika ingin seru-seruan dengan aneka wahana seru, anda pilih untuk jalan2 ke Dufan. Atau seperti teman saya dari luar kota yang pengen jalan2 keluar masuk Mall Jakarta? bisa saja. Yang jelas tentukan dulu tujuan anda agar bisa mempersiapkan berbagai keperluan lainnya sesuai dengan apa yang anda tuju.
       
      2. Sesuaikan dengan cuaca
      Cuaca di Jakarta yang cenderung sangat panas membuat orang-orang di Luar Jakarta malas berkunjung ke kota ini untuk jalan2. Kalau sudah menemukan tujuan, anda bisa lihat rencana anda dengan cuaca belakangan. Kalau ingin jalan2 ke Kota Tua, ya mau ga mau memang saat tidak hujan. Walau panas menyengat dan luar biasa gerahnya, tetap saja, keliling kota tua di tengah hujan kurang puas. karena, di lapangan depan Museum Fatahillah adalah pusat kegiatan para wisatawan. Ada yang bermain sepeda, skate board, atraksi, wisata kuliner, dan sebagainya. Jadi kurang seru kan kalau hujan?
       
      Sebaliknya, saat hujan mungkin mall bisa jadi pilihan karena berada di dalam gedung. Bisa pilih sensasi nonton 3D, belanja, atau main di wahana-wahana yang ada di dalam sejumlah mall. Anda bisa menyesuaikan kedua poin ini satu sama lainnya.
       
      3. Cari-cari info tentang event-event di Jakarta
      Jakarta ini kota serba ada dan kota komunitas. Kota yang selalu hidup ini sering kali menyuguhkan berbagai bentuk event yang menarik dan seru. Untuk anda yang ingin melihat keseruan dan kehebohan sebuah festival di Jakarta, anda bisa searching-searching ke sejumlah media. Saat ini sudah banyak media yang kasih info event apa saja yang sedang atau akan digelar. Misalnya, ada Pekan Raya Jakarta yang rutin digelar untuk memperingati ulang tahun Jakarta, atau event-event lain seperti pameran atau festival lainnya. Untuk yang di pusat kota, event atau festival sering kali berpusat di Monas, Mall-mall, dan juga Gelora Bung Karno dan sekitarnya.
       
      4. Jalan-jalan pagi
      Sebagaimana di kota lain, Jakarta pagi di akhir pekan juga punya car free day. Momen ini bisa dimanfaatkan buat teman2 yang mau coba jalan2 pagi, sepedaan, atau lari pagi di Jakarta. Kegiatannya biasa dilakukan di Monas, Kota Tua, Gelora Bung Karno, dan lain-lain. Coba saja Minggu pagi ke lokasi-lokasi tersebut, anda bisa menikmati pagi Jakarta bersama ratusan penduduk yang berolahraga juga.
       
      5. Perkirakan waktu yang tepat
      Jakarta is about timing. hehehe... telat 5 menit saja, kita bisa terjebak macet berjam-jam. Nah, nggak mau kan mood dan planning rusak gara-gara kemacetan di jakarta? Kalau begitu, ada baiknya tentukan hari dan waktu perjalanan. hari biasa, di jam-jam berangkat kerja macet nggak bisa dihindarkan. Tapi, di tempat2 wisata bisa relatif sepi. Anda bisa mengatur waktu keberangkatan agar tidak terjebak macet. Usahakan berangkat lebih awal karena macet tidak bisa diprediksi. Yang jelas, lebih awal lebih baik untuk antisipasi kemacetan Jakarta yang luar biasa.
       
      Kalau weekend, bukan berarti juga bebas macet. Kepadatan akan berpusat pada tempat2 wisata. Buat yang masih tetap ingin wisata di akhir pekan atau hari libur, sebaiknya selain berangkat lebih awal juga persiapkan hal-hal lainnya, seperti pulang juga bukan di jam-jam orang-orang ramai keluar.
       
      6. Tentang kendaraan umum
      Buat yang naik kendaraan umum, bus trans jakarta misalnya. Ketahuilah bahwa saat jam-jam keluar tempat wisata, sejumlah halte akan penuh sekali dan anda harus waspada. Halte-halte bus trans seperti halte Kota, Harmoni adalah beberapa halte yang sangat padat di jam-jam pulang. Halte Kota, sabar menanti karena antrean pas jam pulang wisata itu panjaaaanggg banget. Siap-siap mental dan lebih baik ikutin flow. Nggak usah ngomel karena di Kota udah panas, jangan ditambah lagi. heheh.
       
      Kalau bawa anak kecil juga ya bawalah makanan atau kipas untuk mengalihkan perhatian dan mengipasi saat penuh sesak. Begitu juga dengan di Halte Harmoni. Harmoni adalah halte pusatnya berbagai koridor jadi akan sangat padat. Nah, jangan lupa hati-hati, tetap waspada. Jaga barang bawaan dengan baik dan jangan sampai lengah. Sering kejadian kecopetan karena kita lengah. Kalau terjadi hal-hal yang mulai nggak enak, lapor saja sama petugas bus trans, mereka biasanya nggak segan kok nangkep penjahat2 cuplis kayak gitu.
       
      Untuk soal kendaraan umum di Jakarta, lain waktu saya bahas lagi ya. :)
    • By fariezetta
      Hai all, sudah tahu berita belakangan ini soal gaji sopir trans jkt yang akan naik hingga 3 kali kipat UMP Jkt? Diperkirakan, sejumlah operator bustrans seperti Bianglala dan Damri akan menggaji sopir busway hingga 7,7 juta rupiah untuk mereka yang sudah kena kontrak baru. Terutama bagi mereka supir di koridor I, XI dan juga XII.
       
      Nah, meski belum diterapkan, berita ini cukup mengejutkan, karena nilai tersebut terbilang cukup tinggi, bahkan jika dibandingkan dengan gaji dokter sekalipun. Pro kontra juga menuai. Jokowi yang tidak campur tangan soal gaji sopir busway hanya berkomentar bagus2 saja. Pihak unit bustrans jkt juga mengatakan sulit menghindari kesenjangan upah bagi para supir karena para supir berada di operator yang beda-beda.
       
      Bagaimana menurut teman2? layak ga ya para sopir bustrans ini naik hingga 7,7 juta?
       
      Gimme ur comment :)
    • By Married2014
      Tadi lagi baca2 berita dari internet terus kepikiran. sekarang kan banyak masalah karena motor atau mobil terobos jalanan busway.
      kalau menurut saya salah satu alternatifnya adalah busway dibuat berlawanan arah.
      saya jamin pasti ga ada yang terobos atau minimal berkurang. serem juga kan kalau lagi lewat jalur busway terus ada bus didepan.
      apalagi kalau jalannya cepat, pasti seram he2..
      bagaimana pendapat teman2?
    • By kevinalegion
      menurut Jalan2ers.
      gimana tentang separator yang baru buat busway ini..



      ngeliat dari modelnya sih bahaya banget buat pengendara motor gitu
      atasnya besi gitu..
    • By zeekyuryu
      hai semua... di sini saya mau tanya...
      banyak yang ngeluh sama macet JKT. penyebabnya tentu beragam kan. Dari mulai emang JKT kan pusatnya kota jadi segala sesuatu numpuk di situ, mobilitas pun jadi tinggi jadi wajar kalo pada jam2 berangkat / pulang kerja macet ga ketolongan. Terus juga emang pengendara kendaraan bermotor (mobil motor) itu banyaaakkk banget. dll deh sebabnya

      Nah, saya mau tanya, anda pribadi kalo keluar pada naik apa ya? Saya sih termasuk Angkot Lovers. Bukan karna nggak bisa naek motor, tapi karena kalo naek motor capek dan alesan lainnya. Sebenernya, kalo kita semua diangkut pake kendaraan umum bisa ga sih JKT bebas macet? jadi semua move on angkot, busway, kereta dsb. Toh rame2 lebih asyik.. asal fasilitas dan pelayanannya saja yang ditingkatkan. kalau angkutan umum di JKT dibuat nyaman senyaman mungkin, yakin nggak pada mau move on?
    • By Lia Cute
      Halo teman-teman, mau share lagi nih pengalaman yang seru namun unik, yaitu berkeliling kota dengan busway. Waktu itu saya dan teman2 memang kurang kerjaan di hari Minggu.
      Trus kita memutuskan untuk keliling2 Jakarta dengan busway, pemikirannya adalah dengan biaya 3500 kita bisa keliling2 Jakarta pakai mobil gede ber-AC hihihihi....

      Akhirnya dengan membawa bekal secukupnya, kita memulai perjalanan dari pulo gadung sampai Harmoni. Dari harmoni kita transit dan sambung lagi yang ke tujuan Blok M. Habis dari blok M kita lanjut ke Kota.

      ternyata keliling seperti itu sangat menyenangkan loh, karena busway pada hari Minggu tidak padat, jadi kita bisa duduk dan AC nya juga cukup dingin.

      Ada kejadian lucu, waktu kita pindah bus, ternyata ada karyawan busway yang juga ikut pindah koridor, dia jadi heran ketemu kita lagi kembali ke tujuan awal. Cuma memang dasar kita pada cuek, ya bodo amat lah hahaha!


      Oke deh...segitu dulu ya....ada yang pernah keliling Jakarta dengan busway juga? bagi2 disini ya ceritanya