Jump to content
Forum Jalan2.com - Silahkan Berbagi & Bertanya Tentang Tujuan Wisata Anda
  • agoda-hemat.png

  • ×   Pasted as rich text.   Paste as plain text instead

      Only 75 emoji are allowed.

    ×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

    ×   Your previous content has been restored.   Clear editor

    ×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

  • Similar Content

    • By zeekyuryu
      Jakarta, Kota Metropolitan ini sebenarnya nggak terlalu banyak yang minat sebagai tujuan wisata. Tapi, bukan berarti nggak ada lho. Nggak sedikit yang jauh-jauh dari luar Jakarta menuju ibu kota negara kita ini dengan tujuan ingin jalan2. Ditinjau dari objek wisatanya juga lumayan banyak. Untuk wisata keluarga ada Kebun binatang, TMII, waterpark kayak di Snowbay, Ancol, atau Dufan, bisa juga wisata edukasi dan sejarah di kawasan Kota Tua Jakarta, dan masih banyak lagi. Wisata Mall? Bisa juga kok.
       
      Ya, walaupun masih serba mahal dan panas (yang paling sering dikeluhkan orang luar Jakarta), tapi kita bisa menyiasatinya. Buat yang ada di luar Jakarta terutama, ada beberapa tips yang bisa diperhatikan jika ingin jalan-jalan di Jakarta. Ini dia beberapa tipsnya:
       
      1. Rencanakan tujuan
      Cukup banyak objek wisata yang bisa anda pilih di Jakarta. Supaya bisa menyesuaikan dengan berbagai hal lainnya, rencanakan tujuan anda terlebih dahulu secara matang. Tentukan tujuan dan sesuaikan dengan keinginan serta kondisi lainnya.
       
      Misalnya, anda suka dengan wisata sejarah, anda bisa memilih Kota Tua atau mengunjungi landmark Jakarta di Monas. Bisa juga jika ingin seru-seruan dengan aneka wahana seru, anda pilih untuk jalan2 ke Dufan. Atau seperti teman saya dari luar kota yang pengen jalan2 keluar masuk Mall Jakarta? bisa saja. Yang jelas tentukan dulu tujuan anda agar bisa mempersiapkan berbagai keperluan lainnya sesuai dengan apa yang anda tuju.
       
      2. Sesuaikan dengan cuaca
      Cuaca di Jakarta yang cenderung sangat panas membuat orang-orang di Luar Jakarta malas berkunjung ke kota ini untuk jalan2. Kalau sudah menemukan tujuan, anda bisa lihat rencana anda dengan cuaca belakangan. Kalau ingin jalan2 ke Kota Tua, ya mau ga mau memang saat tidak hujan. Walau panas menyengat dan luar biasa gerahnya, tetap saja, keliling kota tua di tengah hujan kurang puas. karena, di lapangan depan Museum Fatahillah adalah pusat kegiatan para wisatawan. Ada yang bermain sepeda, skate board, atraksi, wisata kuliner, dan sebagainya. Jadi kurang seru kan kalau hujan?
       
      Sebaliknya, saat hujan mungkin mall bisa jadi pilihan karena berada di dalam gedung. Bisa pilih sensasi nonton 3D, belanja, atau main di wahana-wahana yang ada di dalam sejumlah mall. Anda bisa menyesuaikan kedua poin ini satu sama lainnya.
       
      3. Cari-cari info tentang event-event di Jakarta
      Jakarta ini kota serba ada dan kota komunitas. Kota yang selalu hidup ini sering kali menyuguhkan berbagai bentuk event yang menarik dan seru. Untuk anda yang ingin melihat keseruan dan kehebohan sebuah festival di Jakarta, anda bisa searching-searching ke sejumlah media. Saat ini sudah banyak media yang kasih info event apa saja yang sedang atau akan digelar. Misalnya, ada Pekan Raya Jakarta yang rutin digelar untuk memperingati ulang tahun Jakarta, atau event-event lain seperti pameran atau festival lainnya. Untuk yang di pusat kota, event atau festival sering kali berpusat di Monas, Mall-mall, dan juga Gelora Bung Karno dan sekitarnya.
       
      4. Jalan-jalan pagi
      Sebagaimana di kota lain, Jakarta pagi di akhir pekan juga punya car free day. Momen ini bisa dimanfaatkan buat teman2 yang mau coba jalan2 pagi, sepedaan, atau lari pagi di Jakarta. Kegiatannya biasa dilakukan di Monas, Kota Tua, Gelora Bung Karno, dan lain-lain. Coba saja Minggu pagi ke lokasi-lokasi tersebut, anda bisa menikmati pagi Jakarta bersama ratusan penduduk yang berolahraga juga.
       
      5. Perkirakan waktu yang tepat
      Jakarta is about timing. hehehe... telat 5 menit saja, kita bisa terjebak macet berjam-jam. Nah, nggak mau kan mood dan planning rusak gara-gara kemacetan di jakarta? Kalau begitu, ada baiknya tentukan hari dan waktu perjalanan. hari biasa, di jam-jam berangkat kerja macet nggak bisa dihindarkan. Tapi, di tempat2 wisata bisa relatif sepi. Anda bisa mengatur waktu keberangkatan agar tidak terjebak macet. Usahakan berangkat lebih awal karena macet tidak bisa diprediksi. Yang jelas, lebih awal lebih baik untuk antisipasi kemacetan Jakarta yang luar biasa.
       
      Kalau weekend, bukan berarti juga bebas macet. Kepadatan akan berpusat pada tempat2 wisata. Buat yang masih tetap ingin wisata di akhir pekan atau hari libur, sebaiknya selain berangkat lebih awal juga persiapkan hal-hal lainnya, seperti pulang juga bukan di jam-jam orang-orang ramai keluar.
       
      6. Tentang kendaraan umum
      Buat yang naik kendaraan umum, bus trans jakarta misalnya. Ketahuilah bahwa saat jam-jam keluar tempat wisata, sejumlah halte akan penuh sekali dan anda harus waspada. Halte-halte bus trans seperti halte Kota, Harmoni adalah beberapa halte yang sangat padat di jam-jam pulang. Halte Kota, sabar menanti karena antrean pas jam pulang wisata itu panjaaaanggg banget. Siap-siap mental dan lebih baik ikutin flow. Nggak usah ngomel karena di Kota udah panas, jangan ditambah lagi. heheh.
       
      Kalau bawa anak kecil juga ya bawalah makanan atau kipas untuk mengalihkan perhatian dan mengipasi saat penuh sesak. Begitu juga dengan di Halte Harmoni. Harmoni adalah halte pusatnya berbagai koridor jadi akan sangat padat. Nah, jangan lupa hati-hati, tetap waspada. Jaga barang bawaan dengan baik dan jangan sampai lengah. Sering kejadian kecopetan karena kita lengah. Kalau terjadi hal-hal yang mulai nggak enak, lapor saja sama petugas bus trans, mereka biasanya nggak segan kok nangkep penjahat2 cuplis kayak gitu.
       
      Untuk soal kendaraan umum di Jakarta, lain waktu saya bahas lagi ya. :)
    • By fariezetta
      Hai all, sudah tahu berita belakangan ini soal gaji sopir trans jkt yang akan naik hingga 3 kali kipat UMP Jkt? Diperkirakan, sejumlah operator bustrans seperti Bianglala dan Damri akan menggaji sopir busway hingga 7,7 juta rupiah untuk mereka yang sudah kena kontrak baru. Terutama bagi mereka supir di koridor I, XI dan juga XII.
       
      Nah, meski belum diterapkan, berita ini cukup mengejutkan, karena nilai tersebut terbilang cukup tinggi, bahkan jika dibandingkan dengan gaji dokter sekalipun. Pro kontra juga menuai. Jokowi yang tidak campur tangan soal gaji sopir busway hanya berkomentar bagus2 saja. Pihak unit bustrans jkt juga mengatakan sulit menghindari kesenjangan upah bagi para supir karena para supir berada di operator yang beda-beda.
       
      Bagaimana menurut teman2? layak ga ya para sopir bustrans ini naik hingga 7,7 juta?
       
      Gimme ur comment :)
    • By Married2014
      Tadi lagi baca2 berita dari internet terus kepikiran. sekarang kan banyak masalah karena motor atau mobil terobos jalanan busway.
      kalau menurut saya salah satu alternatifnya adalah busway dibuat berlawanan arah.
      saya jamin pasti ga ada yang terobos atau minimal berkurang. serem juga kan kalau lagi lewat jalur busway terus ada bus didepan.
      apalagi kalau jalannya cepat, pasti seram he2..
      bagaimana pendapat teman2?
    • By kevinalegion
      menurut Jalan2ers.
      gimana tentang separator yang baru buat busway ini..



      ngeliat dari modelnya sih bahaya banget buat pengendara motor gitu
      atasnya besi gitu..
    • By zeekyuryu
      hai semua... di sini saya mau tanya...
      banyak yang ngeluh sama macet JKT. penyebabnya tentu beragam kan. Dari mulai emang JKT kan pusatnya kota jadi segala sesuatu numpuk di situ, mobilitas pun jadi tinggi jadi wajar kalo pada jam2 berangkat / pulang kerja macet ga ketolongan. Terus juga emang pengendara kendaraan bermotor (mobil motor) itu banyaaakkk banget. dll deh sebabnya

      Nah, saya mau tanya, anda pribadi kalo keluar pada naik apa ya? Saya sih termasuk Angkot Lovers. Bukan karna nggak bisa naek motor, tapi karena kalo naek motor capek dan alesan lainnya. Sebenernya, kalo kita semua diangkut pake kendaraan umum bisa ga sih JKT bebas macet? jadi semua move on angkot, busway, kereta dsb. Toh rame2 lebih asyik.. asal fasilitas dan pelayanannya saja yang ditingkatkan. kalau angkutan umum di JKT dibuat nyaman senyaman mungkin, yakin nggak pada mau move on?
    • By Lia Cute
      Halo teman-teman, mau share lagi nih pengalaman yang seru namun unik, yaitu berkeliling kota dengan busway. Waktu itu saya dan teman2 memang kurang kerjaan di hari Minggu.
      Trus kita memutuskan untuk keliling2 Jakarta dengan busway, pemikirannya adalah dengan biaya 3500 kita bisa keliling2 Jakarta pakai mobil gede ber-AC hihihihi....

      Akhirnya dengan membawa bekal secukupnya, kita memulai perjalanan dari pulo gadung sampai Harmoni. Dari harmoni kita transit dan sambung lagi yang ke tujuan Blok M. Habis dari blok M kita lanjut ke Kota.

      ternyata keliling seperti itu sangat menyenangkan loh, karena busway pada hari Minggu tidak padat, jadi kita bisa duduk dan AC nya juga cukup dingin.

      Ada kejadian lucu, waktu kita pindah bus, ternyata ada karyawan busway yang juga ikut pindah koridor, dia jadi heran ketemu kita lagi kembali ke tujuan awal. Cuma memang dasar kita pada cuek, ya bodo amat lah hahaha!


      Oke deh...segitu dulu ya....ada yang pernah keliling Jakarta dengan busway juga? bagi2 disini ya ceritanya
×
×
  • Create New...