Sign in to follow this  
Silverline

Jakarta, Kenali Daerah Rawannya sebelum Jalan Jalan

26 posts in this topic

Jakarta, ibukota nya Negara Indonesia ini menyimpan banyak sekali kenangan bersejarah. Selain cocok buat tujuan jalan jalan untuk napak tilas perjuangan bangsa Indonesia dari jaman Jakarta masih disebut Sunda kelapa, Jakarta juga banyak tempat belanjanya.

Akibat cocok dengan wisata sejarah, wisata belanja, wisata religi dan wisata lain lain, Jakarta sering kali didatangi oleh banyak orang. Tentunya untuk jalan jalan.

Sayangnya, kedatangan mereka, malah jadi keuntungan sendiri bagi beberapa orang. Kadang disasar sasarin, kadang di jambret, kadang ditodong, dan lain macam lah. Gue sendiri, udah ngeliat bolak balik kejadian di depan mata saya, salah satunya di depan senayan pas halte busway gelora bung karno. bule yang lagi jalan sendiri dijambret, untung waktu itu barangnya selamat. jambretnya lari.

Sering juga kan baca berita terjadi pembunuhan, pemerkosaan di Jakarta? yah, begitulah Jakarta

Maaf, sebelumnya. Gue bukan ngasi kesan kalo Jakarta itu kota yang gak aman, tapi ini kenyataannya. Gue hidup di Jakarta udah 2 tahun, gue sering muterin Jakarta, jadi segala bentuk yang bisa gue lihat, ya gue sampein, yang belum gue lihat, tolong ditambahin.

Nah, supaya itu gak kejadian sama jalan2ers semua, coba cek sini tempat tempat yang tergolong rawan di Jakarta:

Wilayah Jakarta Pusat

Jenis Kejahatan : Congkel Spion, Perampokan dan Penodongan

Lokasi :

Perempatan Coca Cola (Lampu Merah Cempaka Putih)

Jalan Ahmad Yani

Lampu Merah Simpang Lima Senen

Jalan Asia Afrika

Senayan

Lampu Merah Rawa Sari

Lampu Merah Carolus

Depan Pasar Baru, Lampu Merah Shangrila

Lampu Merah Jati Baru.

Lampu Merah Matraman.

Halte Tosari

Halte Gelora Bung Karno

Modus: Memanfaatkan situasi macet

Jenis Kejahatan : Ranjau Paku

Lokasi :

Jalan Gatot Subroto - Perempatan lampu merah Kuningan dan arah sebaliknya

Jalan Majapahit (dari Tanah Abang menuju Harmoni)

Jalan Gatot Subroto (depan Bank Mandiri sebelum Polda sampai Semanggi)

Jalan Jenderal Sudirman (jalur lambat sekitar Semanggi)

Modus : Paku di sebar di jalan secara acak, juga di masukkan ke dalam bungkus rokok, gelas minuman plastik, tas kresek hitam dll

Wilayah Jakarta Barat

Jenis Kejahatan : Congkel Spion, Perampokan dan Penodongan

Lokasi :

Ruas Jalan layang di Jalan S Parman arah Slipi

Lampu Merah (Perempatan) Grogol

Lampu Merah (Perempatan) Tomang (dari arah Tol Kebon Jeruk)

Lampu Merah (Perempatan) Cengkareng

Lampu Merah (Perempatan) (Perempatan) Ketapang (Gajah Mada)

Lampu Merah (Perempatan) dan persimpangan rel KA Roxi

Lampu Merah (Perempatan) Cengkareng - Rawa Buaya

Lampu Merah (Perempatan) Pesing (Daan Mogot)

Lampu Merah (Perempatan) Kebonjeruk

Depan Stadion Beos.

Jalan Gajah Mada

Jalan Hayam Wuruk

Modus: Memanfaatkan situasi macet

Jenis Kejahatan : Ranjau Paku

Lokasi :

Jalan S Parman (dari RS Harapan Kita arah lampu merah Slipi, Tomang dan Grogol).

Jalan Gajah Mada

Jalan Hayam Wuruk

Modus : Paku di sebar di jalan secara acak, juga di masukkan ke dalam bungkus rokok, gelas minuman plastik, tas kresek hitam dll

Wilayah Jakarta Utara

Jenis Kejahatan : Congkel Spion, Perampokan dan Penodongan

Lokasi :

Jalan Raya Cacing (Cakung - Cilincing)

Perempatan Mambo

Tanjung Priok

Jalan Perintis Kemerdekaan

Jalan Teluk Gong

Jalan Ampera

Lampu Merah Bintang Mas

Lampu Merah Lodan

Lampu Merah Kayu Besar Kamal

Lampu Merah Kampung Gusti Puteran Tanah Merdeka

Lampu Merah Pluit

Lampu Merah Jembatan Tiga

Jenis Kejahatan : Hipnotis dan Penipuan

Lokasi : Terminal Tanjung Priok

Wilayah Jakarta Timur

Jenis Kejahatan : Congkel Spion, Perampokan dan Penodongan

Lokasi :

Perempatan Pasar Rebo

Perempatan Arion

Rawamangun

Lampu Merah Susu Bendera

Depan Terminal Pulo Gadung

Lampu Merah Halim Baru / UKI

Lampu Merah Pramuka

Jenis Kejahatan : Ranjau Paku

Lokasi : Pasar Minggu hingga perempatan Hotel Haris

Jenis Kejahatan : Pemaksaan dan Tarif Tidak Wajar

Lokasi :

Terminal Pulogadung

Terminal Kampung Rambutan

Wilayah Jakarta Selatan

Jenis Kejahatan : Congkel Spion, Perampokan dan Penodongan

Lokasi :

Perempatan Pancoran

Perempatan Mayestik

Jalan Cipete Raya

Jalan Raya Cilandak

Pasar Jumat

Jenis Kejahatan : Ranjau Paku

Lokasi :

Fly Over Permata Hijau ke arah Pondok Indah (depan Masjid Istiqomah)

Jalan Iskandar Muda (dari William Mobil ke arah lampu merah Kostrad)

Jalan Prof Satrio (dari Mal Ambassador ke arah Jalan Casablanca)

Terowongan Casablanca (ke arah Mal Ambassador)

TB Simatupang (terutama dekat fly over Lenteng Agung ke arah Pasar Minggu)

Jalan MT Haryono (Menara Saidah ke arah perempatan Kuningan)

Perempatan Patung Pancoran dan fly over Pancoran

Jenis Kejahatan : Jambret

Lokasi :

Lampu Merah Pasar Minggu (depan pertokoan Robinson)

Lampu Merah Pasar Rumput

Lampu Merah Fatmawati

Kolong Jembatan TB Simatupang - Jalan Pangeran Antasari

Lampu Merah Lebak Bulus

Jenis Kejahatan : Perampokan

Modus : Pecah Kaca dan Ban Kempes (Ranjau Paku)

Lokasi :

Jl TB Simatupang (Tower FedEx Lebak Bulus sampai perempatan Pondok Indah)

Jalan Iskandar Muda hingga Permata Hijau

Jalan Radio Dalam

Jalan Denpasar Raya

Jalan Rasuna Said (belakang Universitas Atmajaya)

Jenis Kejahatan : Pemaksaan dan Tarif Tidak Wajar

Lokasi : Terminal Lebak Bulus

Wilayah Tangerang

Jenis Kejahatan : Congkel Spion, Perampokan dan Penodongan

Lokasi :

Depan Terminal Cikokol

Perempatan Cimone

Halte Kebon Nanas (jalan Jendral Sudirman)

Lampu Merah Pintu Air

Lampu Merah Cempedak.

Wilayah Depok

Jenis Kejahatan : Congkel Spion, Perampokan dan Penodongan

Lokasi :

Lampu Merah kolong jembatan Universitas Indonesia

Lampu Merah Cimanggis atau Simpang Depok

Depan Terminal Depok.

Wilayah Bekasi

Jenis Kejahatan : Congkel Spion, Perampokan dan Penodongan

Lokasi :

Lampu Merah Cikarang

Lampu Merah Perumnas I

Lampu Merah Bantar Gebang.

sumber : klik disini dengan perubahan seperlunya

nah, bagaimana caranya, biar gak kena yang begituan? ada nih beberapa tipsnya buat antisipasi hal hal yang kaya diatas kejadian. baca baik baik, dan coba dipahami ya :

pertama, selalu hati hati dan waspada. ini pasti ya. di mana saja kita tetep harus hati hati

kedua, jangan bengong, jangan keliatan banget kaya orang yang baru dateng ke Jakarta

ketiga, usahakan ke Jakarta jangan sendiri. terlalu riskan, kalo bisa bawa pendamping temen, pacar, orang tua, atau siapa aja, bawa temen.

keempat, jangan langsung panik kalo terjadi apa apa, pastikan tenang, karena mereka sering banget memanfaatkan keadaan orang yang lagi panik

kelima, simpan nomor nomor kantor polisi sekitar

selamat menikmati jakarta, selamat jalan jalan

bravo jalan jalan..

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah, saya sering ke jakarta, tapi baru tahu banyak juga area rawanya yah?

yang saya tahu jakarta rawan itu cuma ranjau paku saja. kadang2x saya juga suka dapet cerita tentang pengamen yang suka nge garet mobil kalo gak dikasih uang.

ternyata, ibu kota ini mempunyai cerita yang gelap juga yah.

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah, saya sering ke jakarta, tapi baru tahu banyak juga area rawanya yah?

yang saya tahu jakarta rawan itu cuma ranjau paku saja. kadang2x saya juga suka dapet cerita tentang pengamen yang suka nge garet mobil kalo gak dikasih uang.

ternyata, ibu kota ini mempunyai cerita yang gelap juga yah.

wah, kalo dua kasus itu kasus lama sob, tapi untuk yang ranjau paku, masih ada sampe sekarang..

nah, sekarang, kalo naik umum, ada yang lebih ngeri lagi, yang naik ke bis sambil teriak laper tuan laper nyonya, dan ini lah dan itulah

atau yang bawa silet, trus tiba tiba silet lidah, silet tangan

selain itu, ada juga yang sempet beberapa kali cerita, nak bis, trus ada orang yang langsung duduk di sebelahnya, nodong pake pisau, serem lah pokoknya

Share this post


Link to post
Share on other sites

jadi ingat berita yang belum lama ini beredar ya, masih ingat ngak perempuan yang nyaris di rampok dan di perkosa di dalam angkutan umum tepatnya di daerah mahkamah agung di jalan medan merdeka utara Alhamdulillahnya ada orang yang mendengar teriakan perempuan ini dan ternyata sang penolong itu salah satu anggota TNI

Share this post


Link to post
Share on other sites

jadi ingat berita yang belum lama ini beredar ya, masih ingat ngak perempuan yang nyaris di rampok dan di perkosa di dalam angkutan umum tepatnya di daerah mahkamah agung di jalan medan merdeka utara Alhamdulillahnya ada orang yang mendengar teriakan perempuan ini dan ternyata sang penolong itu salah satu anggota TNI

Saya ada lihat beritanya di TV, salut buat anggota TNI ini, apalagi dia sama pacarnya lage boncengan. Untuk pacarnya juga mendukung tindakan dia.

Harus lebih banyak lagi anggota masyarakat seperti itu. Biar kejahatan makin berkurang

Share this post


Link to post
Share on other sites

jadi ingat berita yang belum lama ini beredar ya, masih ingat ngak perempuan yang nyaris di rampok dan di perkosa di dalam angkutan umum tepatnya di daerah mahkamah agung di jalan medan merdeka utara Alhamdulillahnya ada orang yang mendengar teriakan perempuan ini dan ternyata sang penolong itu salah satu anggota TNI

oh iya yang itu. angkot putih c01. gua sering banget make angkutan itu nih. emang sering sepi. operasinya juga malem. soalnya dia baru keluar diatas jam 9. bukan trayeknya, tapi untuk ngasi pemasukan tambahan, dia operasi malem. angkutannya sering gak ada orang. gua kalo kebetulan harus ngangkot di atas jam 11 malem, juga sering banget cuma sendiri di angkot sama supirnya bedua.

serem..

Share this post


Link to post
Share on other sites

Saya ada lihat beritanya di TV, salut buat anggota TNI ini, apalagi dia sama pacarnya lage boncengan. Untuk pacarnya juga mendukung tindakan dia.

Harus lebih banyak lagi anggota masyarakat seperti itu. Biar kejahatan makin berkurang

sekarang, walau angkot c01 itu sepi, jarang banget kejadian apa apa. mungkin karena orang udah tau harus ngapain kalo naik angkutan kota bewarna putih itu kali ya. mungkin juga aparat lebih ketat sekarang. misalnya aja, gue sering lihat mobil polisi patroli di atas jembatan deket stasiun sudirman yang notabene dilewatin sama tu angkot.

percaya aja sama aparat, mereka tentu bisa diharepin kan?

Share this post


Link to post
Share on other sites

waw danger juga neh...bener2 harus hati2 ya.....daerah yang suka tawuran dket2 pasar rumput ya klo gak salah

Tawuran mah bukan pasar rumput aja, banyak kok.

daerah tanah abang saya pernah lihat, Harmoni pernah. waktu supporter Persija tanding di Gelora Bung Karno juga pernah

Share this post


Link to post
Share on other sites

waw danger juga neh...bener2 harus hati2 ya.....daerah yang suka tawuran dket2 pasar rumput ya klo gak salah

Tawuran mah bukan pasar rumput aja, banyak kok.

daerah tanah abang saya pernah lihat, Harmoni pernah. waktu supporter Persija tanding di Gelora Bung Karno juga pernah

bener, tawurarn mah gak di pasar rumput doang, banyak tempat di jakarta yang dijadiin tempat tawuran.. hati hati aja..

oh ya, jangan karena kaya gini, jadi males ke jakarta ya :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

infonya bermanfaat sekali mas. thanks ya.

di uki banyak banget tuh preman. saya sih menghindari angkot yang lewat sana. soalnya kalo nodong di angkot mereka pasti keluarnya di UKI. Angkot 06 yang paling sering tuh.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Informasi yg bermanfaat nih om, buat jaga2, saya prnh dgr ada lokasi yg paling rawan di sekitar sunter kemayoran tuh, kalo tgh malem sering ada perampasan sepeda motor, jadi kalo ente lg sendirian naik motor, lgsg dicegat n diambil paksa motornya, tapi saya lupa tepatnya di jalan apa, mungkin ada yg pernh tau?

Share this post


Link to post
Share on other sites

infonya bermanfaat sekali mas. thanks ya.

di uki banyak banget tuh preman. saya sih menghindari angkot yang lewat sana. soalnya kalo nodong di angkot mereka pasti keluarnya di UKI. Angkot 06 yang paling sering tuh.

oh ya, terimkasih tambahan nya mas.gue sering juga ni lewat uki, ke arah bkn. sekarang juga karena kerjaan ngarah ke cawang, jadi mau gak mau pasti nemuin uki. ntar gue tambahin ya diatas mas. :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalo daerah kuningan juga hati2 loh..

banyak tukang hipno :)

kuningan sebelah mananya ni mbak juminten? daerah kuningan village atau daerah pasar festival? tapi setau gue kayanya sereman jembatan di depan pasar festival deh :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

monas juga serem tuh, banyak yg pacaran di bawah pohon trus di palakin sama preman atau yg ketiduran terus kantong celananya di silet buat ngambil dompet korban. pesennya : hati" buat yang ingin menikmati monas malam hari dan buat yg pacaran jngan berbuat macem" apalagi sampe pacaran ngumpet" di bawah pohon yg gelap, klo dah kena todong baru tau rasa. heehehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

monas juga serem tuh, banyak yg pacaran di bawah pohon trus di palakin sama preman atau yg ketiduran terus kantong celananya di silet buat ngambil dompet korban. pesennya : hati" buat yang ingin menikmati monas malam hari dan buat yg pacaran jngan berbuat macem" apalagi sampe pacaran ngumpet" di bawah pohon yg gelap, klo dah kena todong baru tau rasa. heehehe

untung saya ga pernah. tapi serem juga ya di todong malem2. coba kalo baju ama celana di ambil juga. kan malu deh mo pulang gimana. :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

monas juga serem tuh, banyak yg pacaran di bawah pohon trus di palakin sama preman atau yg ketiduran terus kantong celananya di silet buat ngambil dompet korban. pesennya : hati" buat yang ingin menikmati monas malam hari dan buat yg pacaran jngan berbuat macem" apalagi sampe pacaran ngumpet" di bawah pohon yg gelap, klo dah kena todong baru tau rasa. heehehe

wah ada juga yang begini ya? baru tau infonya :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

monas juga serem tuh, banyak yg pacaran di bawah pohon trus di palakin sama preman atau yg ketiduran terus kantong celananya di silet buat ngambil dompet korban. pesennya : hati" buat yang ingin menikmati monas malam hari dan buat yg pacaran jngan berbuat macem" apalagi sampe pacaran ngumpet" di bawah pohon yg gelap, klo dah kena todong baru tau rasa. heehehe

wah, pengalaman ni mas? hehe, becanda..

iya emang, monas juga serem, penjualnya juga kadang kadang serem, suka naikin harga sesukanya, kalo ntar kita gak bayar, dia ngancem manggil preman premannya katanya. tapi gue sih belum pernah kejadian mas :D

wah ada juga yang begini ya? baru tau infonya :)

gue juga sebenernya baru tau juga mas, tapi soal penjual yang nakal mah, udah gak heran

ini mah hampir di semua titik di jakarta :D dan emang sih intinya hati2... kalo yang ampe bawa senjata tajem alhamdulillh dan jangan sampe dah ane ngalamin...

iya bener, hampir semua titik jakarta. gue pernah ngobrol ngobrol sama salah satu supir taksi. gua nanya kenapa dia jadi supir taksi, trus gua tanya lagi, betah gak jadi supir taksi, dia malah dengan gampangnya jawab gini "ya sebenernya kalo ada yang ngajakin saya maling, saya ngebunuh, dan hasilnya lebih baik, pasti akan saya ambil kok mas, cuma belum ada aja yang ngajakin. kasian istri saya kalo harus jadi tkw, mending saya aja yang ngebunuh, mas tau sendiri kan tkw gimana disana?"

ya trus gue cuma bisa ambil kesimpulan, keadaan jakarta, kalo gak diubah seceatnya, pasti makin banyak makan korban

untung saya ga pernah. tapi serem juga ya di todong malem2. coba kalo baju ama celana di ambil juga. kan malu deh mo pulang gimana. :D

nyari kardus mas, trus pulang pake kardus, hehe

infonya bermanfaat banget, kebetulan lagi di jakarta... Tapi kok Jakarta jadi terkesan serem nih <_<

iya emang mas, gak bisa dipungkiri, ini jakarta, seperti itulah jakarta, was was aja, biar selamat

Share this post


Link to post
Share on other sites

woow banyak juga ya yang rawan...harus ekstra hati-hati atyuh, terlbih buat wanita yang sukanya menyusuri jalanan ibukota...tapi sekarang makin banyak patroli polisinya sehingga agak menenangkan dan membuat nyaman.

Share this post


Link to post
Share on other sites

woow banyak juga ya yang rawan...harus ekstra hati-hati atyuh, terlbih buat wanita yang sukanya menyusuri jalanan ibukota...tapi sekarang makin banyak patroli polisinya sehingga agak menenangkan dan membuat nyaman.

siapa bilang mas banyak polisi patroli? kalopun ada mereka pake mobil, mana bisa ngeliat yang ke gang gang kecilnya. padahal jakarta banyak tuh gang gang kecil. ekstra hati hati iya, harus malah

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this