• 0
Sign in to follow this  
Followers 0

MRT Map in Singapore


Question

Posted

Untuk yang pertama kali ke Singapore, ini adalah peta dari MRT dan LRT yang merupakan kereta yang paling banyak digunakan untuk transportasi sehari2 selain bus.

Untuk Turis, biasanya hanya menggunakan MRT, karena mengcover sebagian besar Singapore, untuk LRT hanya daerah tertentu yaitu Chua Cu Kang, sengkang dan Punggol yang biasanya merupakan daerah perumahan atau perkantoran, Jadi tidak terlalu digunakan oleh turis.

MRT ada 4jalur, merah, ungu, hijau dan kuning. ke 4 jalur ini saling berhubungan satu sama lain. Jadi kalau mau pindah jalur, bisa di bagian yang interchange, contoh kalau dari lajur merah mau pindah ke lajur ungu, dapat pindah di stasiun Dhoby Ghaut.

Jalur MRT ini terus berkembang, sekarang sedang dibangun lagi jalur baru. mungkin selesai dalam 3 atau 4 tahun kemudian.

mrt_sys_map_3.jpg

asep2012 likes this

Share this post


Link to post
Share on other sites

8 answers to this question

  • 0

Posted

Wah saya juga punya map MRT yang ini mbak, sumber kita sama ya hihi.

Bisa diliat juga di link ini, ada panduan jalan2nya kalo baru pertama kali ke Singapore, atau kepengen explore Singapore lebih jauh lagi. Monggo diliat2 sebagai referensi. :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

Ia sama lah semua peta MRT. yang buat kan cuma 1.

biasa sih ada yang peta lama, blm ada jalur kuning.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

Ia sama lah semua peta MRT. yang buat kan cuma 1.

biasa sih ada yang peta lama, blm ada jalur kuning.

Oh, di link yang saya kasih itu peta MRT yang lama ya mbak? *baru ngeh*

Saya simpen soalnya ada saran2 tempat2 yang bisa dikunjungi di Singapurnya, in case kehabisan ide. Lumayan sih buat contekan hihi.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

Perlu di PIN nih bagus infonya  :lol:

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

wah bagus yah infonya, jadi tau jalur2nya, apalagi ke negara lain kan kadang2 serem2 nyasar

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

Mau tanya.... untuk yang jalur biru apa sudah bisa digunakan ya? Terutama kl searching Botanical Garden di google, katanya turun di MRT Biru DT9. Di artikel lain justru bilang kl proyek MRT Biru belum selesai. Jadi bingung, mana yang bener ya? Mohon infony.. makasi

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now
Sign in to follow this  
Followers 0

  • Similar Content

    • Traveling Singapore: Tempat Wisata Di Singapore
      By salmiah

      Bagi para traveler yang berencana ke Singapore dan ingin tahu tempat wisata apa saja yang akan dikunjungi, mungkin tulisan ini bisa sedikit membantu. Berikut 10 tempat wisata yang sebaiknya dikunjungi di negara terkaya di Asia Tenggara ini:

      1. Merlion Park

       

      picture-Merlion-Park-Singapore-tourism-d

      Merlion Park - photo by 3dwallhd.com

      Ini kayaknya tempat nomor satu yang wajib dikunjungi jika ke Singapore. Kalo gak kesini mending gak usah ke Singapore deh. Merlion Park merupakan salah satu landmark negara Singapore yang terletak di One Fullerton, di dekat Central Business District.

      Di taman ini terdapat patung Merlion, patung berbadan ikan dan berkepala singa, yang merupakan ikon negara Singapore. Patung Merlion ini memiliki tinggi 8,6 meter dan berat 70 ton, mengeluarkan air mancur dari bagian mulut patung. Tidak jauh dari patung Merlion tersebut, terdapat patung Merlion yang lebih kecil, namanya 'Merlion cub', memiliki tinggi 2 meter dan berat 3 ton.

       

       

      2. Sentosa

       

      Sentosa_Island.jpg

      Sentosa Island - photo by JourneyMart

      Sentosa sebenarnya adalah sebuah pulau resort yang terletak di sebelah selatan Singapore. Pulau ini merupakan pusat segala hiburan mulai dari atraksi, wahana, dan restoran. Di pulau ini terdapat patung The Merlion yang berukuran lebih besar dari yang ada di Merlion Park. Selain itu juga terdapat Fort Siloso dan pantai sepanjang kurang lebih 2 km.

       

      Nah, untuk tempat ke-3 hingga ke-10, silahkan baca di blog saya: Traveling Singapore: Tempat Wisata di Singapore

       

      Salam & Terima Kasih :melambai

    • Notes : Lee Kuan Yew & Lesson Learned Nya
      By kimonoku

      Notes ini belong to my Boss dan saiya hanya menambahkan setengahnya saja :senyum

      Berita meninggalnya Bapak pendiri Singapura, Lee Kuan Yew, membuat warga Singapura terdiam dan berduka.

      Sebagai bapak bangsa, dia sangat berperan.

      Coba lihat cuplikan start awal Singapura waktu itu :

      Kisah hidup Lee Kuan Yew dipenuhi oleh usaha keras mengatasi hal-hal nyaris mustahil. Bapak bangsa Singapura yang belajar ilmu hukum di Inggris ini tidak menyangka impiannya memajukan kota perdagangan itu membuatnya jadi salah satu politikus paling sukses menggenjot perekonomian sepanjang abad 20.

      Selepas Perang Dunia ke-2, impian warga Singapura tidak muluk-muluk. Mereka ingin otonomi lebih besar dari Inggris. Selanjutnya, kota dengan luas hanya separuh DKI Jakarta itu hendak bergabung dengan Federasi Malaya yang lebih dulu memperoleh kemerdekaan pada 1947.

      Kota yang pada era kerajaan nusantara terkenal disebut Temasek itu jauh dari makmur pada saat memperoleh kemerdekaan pada 1959. Lee yang belum lama pulang dari Inggris menang pemilu, tapi tidak ada kegembiraan. Dia sadar tugas mahaberat menanti.

      Kehancuran infrastruktur masih membayangi akibat ulah tentara pendudukan Jepang selama 1942-1945. Ekspatriat menyebut Singapura saat itu sebagai 'limbah kemelaratan'.

      Nyaris 70 persen penduduk miskin, warga peranakan Tionghoa, India, dan etnis lain tidur berjubel di pemukiman kumuh, malaria menjangkit di mana-mana. Belum lagi kondisi Singapura yang tidak memiliki sumber daya alam dan akses air bersih. Bagi Lee selaku Sekjen Partai Aksi Rakyat (PAP) yang menguasai parlemen, menginduk pada Malaysia adalah jalan satu-satunya.

      "Pilihan untuk bergabung dengan Malaysia yang masih bernaung di bawah Persemakmuran Inggris paling masuk akal saat itu," kata Lee Kuan Yew, sang perdana menteri pertama Singapura saat merdeka pada 1959, dikutip dari Guardian.

      Hilangnya markas Angkatan Laut Inggris juga merontokkan ekonomi Singapura selama 1960-an. Selama ini, kebutuhan militer Negeri Ratu Elizabeth membuka banyak lapangan kerja di Negeri Singa.

      Nahas, sepanjang awal 1960 etnis Melayu banyak menyerang penduduk Tionghoa. Warga Singapura merasa terdiskriminasi, sehingga akhirnya Lee dan partainya memberanikan diri berpisah dari Federasi Malaya pada 9 Agustus 1965.

      'Kemerdekaan' mendadak itu membuatnya frustrasi. Lee tidak keluar kamar selama empat hari memikirkan nasib warga Singapura.

      "Saat kami merdeka, Singapura merupakan kota yang cukup bobrok. Banyak kerusakan sehabis perang, namun kami mulai membangun kembali," cerita Lee Kuan Yew setelah merenung beberapa lama, seperti dilansir Channel News Asia.

      Tak mau berlarat-larat pada kesedihan, dia lalu merumuskan lima kebijakan yang sangat terkenal. Hasilnya Singapura di abad 21 adalah negara maju, pendapatan per kapita tertinggi di Asia, disokong kualitas pendidikan dan kesehatan tinggi, serta angka kriminalitas terendah sejagat.

      Apa saja jurus ajaib Lee Kuan Yew selama 30 tahun memerintah, yang sukses mengubah nasib Singapura sebagai negara terancam miskin?

      (Baca : http://www.merdeka.com/dunia/5-cara-lee-kuan-yew-sulap-kemiskinan-singapura-jadi-negara-maju.html )

      -----------------------------

      Berikut adalah beberapa pilihan komentar dari Lee Kuan Yew.

      Tentang Kematian

      "Bahkan dari tempat tidur saya, bahkan jika Anda akan menurunkan saya ke liang kubur dan saya merasa ada sesuatu yang tidak beres pada Singapura, saya akan bangkit kembali."

      Tentang Pemerintahan

      "Saya sering dituduh campur tangan dalam kehidupan pribadi warga. Ya, jika saya belum atau tidak melakukan itu, kita (Singapura) tidak akan berada di sini hari ini. Dan saya katakan itu tanpa penyesalan sedikit pun, bahwa kita tidak akan berada di sini, kita tidak akan membuat kemajuan dalam bidang ekonomi, jika kita tidak campur tangan pada hal-hal yang sangat pribadi - seperti siapa tetangga Anda, bagaimana Anda hidup, keributan yang Anda buat, bagaimana Anda meludah, atau apa bahasa yang Anda gunakan. Kami memutuskan apa yang benar. Tak peduli apa yang orang pikirkan. "(National Day Rally pada tahun 1986)

      Tentang Kebebasan Pers

      "Silakan gunakan Internet, Anda boleh mempublikasikan pandangan partai Anda, Anda boleh membuat majalah partai, surat kabar partai, tak ada apa pun yang mencegah Anda untuk melakukan semua itu. Tetapi jika Anda melakukan sesuatu yang bersifat memfitnah, kami akan menuntut Anda. Apa pun yang tidak benar dan fitnah, kami akan mengambil tindakan.

      "Dulu media asing sering mengatakan kami kolot, mandul, tidak menyenangkan, tidak punya hal-hal baru, sekarang mereka melihat sebaliknya. Tapi kami tak akan menjauh dari keyakinan kami. Kami tidak akan goyah di bawah serangan mereka yang berkelanjutan. Jika Anda goyah, Anda lemah dan bodoh."

      Tentang Demokrasi

      "Di negara-negara baru, demokrasi telah bekerja dan membuahkan hasil hanya jika ada pemerintahan yang jujur dan efektif, yang berarti ada orang yang cukup cerdas untuk memilih pemerintah tersebut. Ingat, pemerintahan yang baik hanya bisa terjadi jika ada orang-orang baik yang memilih mereka."

      Tentang Golf

      "Saya dulu sering bermain golf tapi ternyata tidak memberi manfaat kesehatan bagi saya karena permainannya seperti orang malas."

      "Untuk sembilan hole Anda perlu satu setengah hingga dua jam. Sementara saya jalan-jalan cukup 20 menit dan saya merasa lebih baik. Jadi karena manfaatnya lebih besar saya tak main golf."

      Tentang Permen Karet

      Singapura melarang penjualan permen karet pada tahun 1992, alasannya membuat orang membuang sampah sembarangan -seperti menempel bekas kunyahan permen karet di meja dan kursi- serta vandalisme. Penumpang komuter di Singapura dilaporkan sering menempelkan permen karet pada sensor pintu kereta sehingga mengganggu layanan komuter.

      "Jika Anda tidak bisa berpikir karena Anda tidak mengunyah sesuatu, cobalah pisang."

      Tentang Singapura

      "Saya selalu memikirkan Singapura sampai akhir hidup saya. Siapa yang tak ingin melihat Singapura untuk terus sukses?

      "Saya tidak menyesal. Saya telah menghabiskan hidup saya, begitu banyak, membangun negara ini. Tidak ada lagi yang harus saya lakukan."

      blogentry-30216-0-48063300-1427248519_th

      Bayangkan sulitnya hal yang dia hadapi. Menghadapi masalah yang sedemikian berat tidak banyak orang yang bisa bertahan. Kebanyakan memilih mundur dan hidup sebagai orang biasa saja, ikut arus, karena melawan arus sangatlah melelahkan dan juga berat.

      Tapi tidak dengan dia. Dia membaktikan hidupnya bagi Singapura. Kalau melihat Singapura saat ini semua terbelalak. Gak kebayang dulu Singapura itu ibaratnya pulau buangan Malaysia.

      You know what? Orang yang hidupnya akan di kenang adalah orang orang yang berdiri dengan gagah.

      Orang yang berani melakukan perubahan dan bertahan dengan prinsip yang dipercayainya.

      Sama seperti yang dilakukan Lee Kuan Yew. Orang yang tidak bangga akan kekayaan diri namun bangga untuk memperkaya rakyatnya.

      So, sebagai renungan kita semua. Apakah yang kita lakukan sekarang dengan pekerjaan kita :

      a. Bertindak seenaknya dan memiliki performance kerja yang buruk karena hidup adalah untuk santai

      b. Bertindak seperti karyawan biasa, melakukan pekerjaan dengan biasa – biasa saja

      c. Bertindak lebih dari karyawan biasa, memikirkan bagaimana bisa membuat hal biasa pun bisa menjadi sedikit lebih baik

      Buat yang masih condong di pilihan A, siap – siap jangan protes kalau suatu saat kena batunya

      Buat yang mirip mirip di pilihan B, hidup akan damai, tapi ya se damai damai nya, karena kamu dan orang lain tidaklah berbeda, so kenapa harus kamu yang dipilih untuk maju / karir yang lebih baik?

      Buat yang di pilihan C, pertahankan semangatmu, pastinya tidak mudah dan kadang seperti berjuang sendiri. Tapi percayalah, sama seperti Lee Kuan Yew, hasilnya akan Nampak suatu hari nanti, dan saat melihat apa yang sudah dilakukan untuk hidupmu, kamu tidak akan menyesalinya.

      YOLO ….. You Only Live Once

      So, gunakan sebaik baiknya. Jangan sampai menyesal waktu melihat ke belakang.

      Start dengan yang sederhana, dan semangat melakukan perubahan ke yang lebih baik, setiap hari