Sign in to follow this  
Followers 0
Married2014

MRT Map in Singapore

9 posts in this topic

Untuk yang pertama kali ke Singapore, ini adalah peta dari MRT dan LRT yang merupakan kereta yang paling banyak digunakan untuk transportasi sehari2 selain bus.

Untuk Turis, biasanya hanya menggunakan MRT, karena mengcover sebagian besar Singapore, untuk LRT hanya daerah tertentu yaitu Chua Cu Kang, sengkang dan Punggol yang biasanya merupakan daerah perumahan atau perkantoran, Jadi tidak terlalu digunakan oleh turis.

MRT ada 4jalur, merah, ungu, hijau dan kuning. ke 4 jalur ini saling berhubungan satu sama lain. Jadi kalau mau pindah jalur, bisa di bagian yang interchange, contoh kalau dari lajur merah mau pindah ke lajur ungu, dapat pindah di stasiun Dhoby Ghaut.

Jalur MRT ini terus berkembang, sekarang sedang dibangun lagi jalur baru. mungkin selesai dalam 3 atau 4 tahun kemudian.

mrt_sys_map_3.jpg

asep2012 likes this

Share this post


Link to post
Share on other sites

Wah saya juga punya map MRT yang ini mbak, sumber kita sama ya hihi.

Bisa diliat juga di link ini, ada panduan jalan2nya kalo baru pertama kali ke Singapore, atau kepengen explore Singapore lebih jauh lagi. Monggo diliat2 sebagai referensi. :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Ia sama lah semua peta MRT. yang buat kan cuma 1.

biasa sih ada yang peta lama, blm ada jalur kuning.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Ia sama lah semua peta MRT. yang buat kan cuma 1.

biasa sih ada yang peta lama, blm ada jalur kuning.

Oh, di link yang saya kasih itu peta MRT yang lama ya mbak? *baru ngeh*

Saya simpen soalnya ada saran2 tempat2 yang bisa dikunjungi di Singapurnya, in case kehabisan ide. Lumayan sih buat contekan hihi.

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah bagus yah infonya, jadi tau jalur2nya, apalagi ke negara lain kan kadang2 serem2 nyasar

Share this post


Link to post
Share on other sites

Mau tanya.... untuk yang jalur biru apa sudah bisa digunakan ya? Terutama kl searching Botanical Garden di google, katanya turun di MRT Biru DT9. Di artikel lain justru bilang kl proyek MRT Biru belum selesai. Jadi bingung, mana yang bener ya? Mohon infony.. makasi

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now
Sign in to follow this  
Followers 0

  • Similar Content

    • Gardens by the Bay, Destinasi Wajib di Singapore
      By Vara Deliasani
      Pagi ini bangun dengan penuh kegalauan.. semua bersumber dari sebuah liputan mengenai Singapore. Mendadak jadi kangen. Walaupun udah berkesempatan buat muter dan mampir di beberapa negara, Singapore masih punya tempat tersendiri buat gw dan masih menjadi tujuan utama weekend getaways. Bukan cuma karena lokasinya yang dekat tapi juga karena Singapore punya beragam tempat yang menarik buat dikunjungi. Serius deh.. Singapore lebih dari sekedar surga belanja. Nanti gw akan coba post mengenai kegiatan apa aja yang bisa dilakukan dan tenpat seru yang bisa di datengin di Singapore. Untuk kali ini gw akan ngebahas mengenai tujuan favorit gw di Singapore. 
       
      Gardens by the Bay
      Gardens by he Bay atau yang biasa di singkat Gardens terdiri dari beberapa area, antara lain Conservatories (Cloud Forest dan Flower Dome), OCBC Skyway, Supertree Grove, World of Plant, Heritage Garden, dll. Ga semua tempat akan dibahas dalam postingan ini, gw cuma akan membahas soal Conservatories, OCBC Skyway dan Supertree Grove.
       
      Conservatories
      Conservatories dibagi atas 2 lokasi yaitu flower dome dan cloud forest. Conservatories ini merupakan rumah kaca yang didesain dan bersuhu sesuai dengan habitat asli tanaman yang ada di dalamnya.
      Flower dome merupakan sebuah taman indoor yang berada di dalam rumah kaca dengan beragam koleksi tanaman dan bunga dari berbagai negara. 

      Begitu memasuki area depan taman kita akan disambut dengan suhu yang sejuk, maklum saja taman ini di desain meniru cool-dry climate wilayah Mediteranian, tempat asal tanaman yang ada disini. Suhu di dalam sini berkisar 23 - 25°C. 
      Dibagian tengah taman kita akan menemukan taman bunga bertema. Tema akan disesuaikan dengan musim. Pada saat musim semi maka taman akan dipenuhi bunga tulip. Sedangkan pada bulan ini tema taman yang diusung adalah Lilitopia, dimana taman di tengah Flower Dome dihiasi bunga-bunga lili dengan dekor retro.

      Dijamin ga akan bosen walaupun dateng kesini berkali-berkali. Tema taman yang selalu diubah membuat suasana selalu terasa baru. Gw dan suami ntah sudah berapa kali kesini dan masih kangen ingin berkunjung lagi.

       
      Taman ini juga dihiasi dengan patung dan ukiran-ukiran yang unik-unik.

       
      Selain flower dome, tempat lain di dalam area conservaties yang ga kalah menariknya adalah Cloud Forest. Untuk menuju Cloud Forest kita harus keluar dari Flower Dome lalu menyeberang ke rumah kaca disebelahnya.
      Cloud Forest merupakan rumah kaca yang didesain menyerupai suasana dan iklim hutan. Tingkat kelembaban di atur mencapai 80-90%, dengan suhu 23 - 25°C. Suasana Cloud Forest terkesan damai dan santai. Cocok untung jalan-jalan santau sambil menikmati suasana. Seperti treking di tengah hutan namun dengan cara yang lebih bersahabat. 
      Luas area mencapai 0,8ha, namun terdiri dari beberapa zona dan ketinggian.  
      Begitu masuk kita akan disambut dengan "gunung dan air terjun" seringgi 35meter. "Gunung" disini merupakan bangunan setinggi beberapa laintai yang ditutupi dengan lebih dari 2000jenis tanaman, sehingga menyerupai gunung yang sebenarnya.

      Berputar mengikuti jalan kita akan sampai ke lift yang akan membawa kita ke tingkat paling atas, lalu berjalanlah pelan-pelan menyusuri jalur berputar menyerupai jalur naga
      menuju ke bawah dengan pemandangan yang luar biasa.

      Pada waktu-waktu yang telah dijadwalkan taman akan diselubungi kabut dan musik yang membuat taman terkesan magis.
      1
      Suhu yang sejuk, taman yang cantik dan suasana yang santai akan membuat kita betah berlama-lama di dalam kedua taman di Conservatories.
      Harga tiket sebesar SGD 28 berlaku untuk kedua taman. Kita bisa keluar masuk taman berkali-kali dalam 1 hari. Tapi jangan lupa minta stempel dulu ya disaat keluar dari taman.
       
      Kekuar dari Conservatories berjalan lah ke area berikutnya yaitu:
      OCBC Skyway
      OCBC Skyway merupakan sebuah jembatan yang berada di area Supertree Grove. Jembatan sepanjang 128 meter dengan ketinggian 22 meter. Wajib mencoba naik ke atas jembatan. Setelah membeli tiket seharga SGD 8, masuklah ke lift, kita akan dibawa ke ujung jembatan. Silakan berjalan santai menyusuri jembatan sambil menikmati pemandangan dan berfoto. 


      Penampang jembatan yang ramping dan angin yang kencang emang bikin deg-degkan karena goyangannya lumayan berasa.

      Bahkan gw yang udah bolak balik berjalan di jembatan masih aja gemetaran.
      Saat berjalan di jembatan kita tidak diperkenankan untuk berjalan ke arah datang. Jembatan ini satu arah. Silakan jalan terus sampi menemukan lift untuk turun.
       
      Sampai di bawah, tidur-tiduran di taman mengistirahatkan kaki yang pasti udah lumayan pegel sambil menunggu Supertree Grove menjadi "hidup" di malam hari.
      Supertree Grove
      Supertree merupakan vertikal garden setinggi 25-50 meter. Terdapat 18 Supertree di Gardens, 12 diantaranya terdapat di area Supertree Grove. Pada malam hari Kanopi Supertree akan menyala berwarna warni. Supertree seolah-olah menari dengan iringan musik yang membuat kepala dan kaki bergoyang. Pertunjukan ini disebut Garden Rhapsody. Garden Rhapsody berlangsung 2 kali dalam 1 hari yaitu pukul 7.45 dan 8.45 malam. Pertunjukan gratis ini sungguh sangat kalau sampai terlewatkan.

       
      Fasilitas :
      Banyak tempat makan yang tersedia. Untuk minum seperti biasa banyak keran minum yang tersedia, cukup bawa botol kosong untuk di isi ulang.
      Lokasi gampang di tempuh, naik MRT turun di Bayfront Station. Ikuti petunjuk menyusuri lorong bawah tanah menuju taman. Sampai di taman bisa berjalan kaki melalui jembatan menuju ke Conservatories ataupun Supertree Grove. Atau  malas jalan bisa memanfatkan shuttle seharga SGD3 yang bisa dinaikin bolak balik sampe puas seharian.

       
      Gardens by the Bay juga bisa dicapai dengan berjalan kaki melalui dalam Marina Bay Sands. Cuma emang jalannya agak jauh kalau lewat dalam mall.
       

      Biasanya pas gw mampir di taman suka banyak ABG yang berkunjung. Karena ga mau kalah makanya banyak foto di postingan ini yang gw mencoba "bergaya" berumur 20an. 
      Kadang-kadang emang suka lupa umur. 
      Btw masih seperti seluruh postingan terdahulu seluruh foto merupakan koleksi pribadi.
       
      Gimana? Tertarik berkunjung?
      Selamat menikmati Garden by The Bay!! 
       
       
       
    • Flashpacker to Singapore
      By Rychy Rich
      Halo all JJ-ers!
      I'm very excited with this Trip!... ( takut lidah gue kesleyo...  )
      Akhirnya sempat juga nulis cerita perjalanan singkatku ke Singapore selama 2 hari pada tanggal 16 - 17 Januari 2016. Pengalaman pertama yg mendebarkan dan  jujur gue seneng bgt karena dari beberapa wishlist gue bisa terwujud. 
      Semoga posting pertama ku ini nggak ngebosenin dan terbuka untuk kritik & saran kalian semua...

       
      Oke, kita mulai...
      First Day ( 15 Januari 2016 )
      Itinerary day 1 :
      1. Stasiun Solo Bapalan
      2. KA Argo Dwipangga
      Akhirnya hari yang saya tunggu pun tiba setelah lelah dengan urusan kuliah dan pekerjaan yg menumpuk, saya berkesempatan menikmati liburan. Untuk pertama kalinya saya bisa pergi jalan-jalan ke luar negeri ( Singapore ) naik Singapore Airlines pula. Berbekal tiket promo dari SQ ( yg sebenarnya nggak murah" amat, tp worth it lah dengan kenyamanan yg saya dapatkan... ). 
      Kenapa dari start dari Sta. Solobalapan? ya iyalah, rumah gue kan di Solo ( *tepokjidat* ). Setelah dari beberapa pertimbangan, akhirnya pilihan berangkat ke Jakarta jatuh ke KA Eksekutif Argo Dwipangga . Saya berangkat naik kereta karena alasan pertimbangan waktu ( daripada keburu-buru naik flight pagi * SingaUdara *) dan kenyamanan ( daripada nginep di Jakarta ).
      Saya berangkat dari rumah skitar pukul 19.00 WIB tp sempet mampir di Hokben dan minimarket buat beli makanan sama minuman. Kereta berangkat dari Solobalapan tepat pukul 20.00 WIB menuju Sta. Gambir ( Jakarta ). Untungnya, seat mate gue malam ini cewek jadi nggak bakalan bosen selama di kereta. Perjalanan dari Solo ke Jakarta ditempuh skitar 8,5 jam...
      Setalah didalam kereta gue mulai berkenalan dan mulai ngobrol chit-chat kesana kemari sama seat mate gue, juga sempat makan bekal Hokben tadi, tapi habis itu semua tetep aja gue belum kerasa ngantuk / capek, saking excited nya untuk besok pagi...
      Second Day ( 16 Januari 2016 )
       
      Itinerary day 2 :
       
      1.      Stasiun Gambir
      2.      Rail Transit Hotel
      3.      Damri
      4.      Bandara Int. Seokarno-Hatta
      5.      Changi Int. Airport
      6.      Five Stones Hostel
      7.      Merlion Park
      8.      Chinatown
      9.      Kampung Glam
      Oke, masih dari dalam kereta udah pukul 04.30 WIB tp kereta masih terus jalan dan baru sampai di Gambir skitar jm 05.00 WIB atau terlambat skitar 30 menit, nggak papalah masih bisa dimaklumi.
      Setelah berpamitan dengan seat mate gue tadi tp nggak sempat cipika-cipiki *mupeng* , gue turun dari kereta dan langsung jalan nyari Rail Transit Hotel ( lantai 2 sta. Gambir ) buat istirahat sebentar, mandi dan persiapan lainnya.
       

       
      Di sini saya pakai fasilitas shower room saja seharga Rp 60.000,-. Fasisilitas yang diberikan cukup lengkap dan worth it lah menurut saya, karena mulai dari water heater, handuk, hairdryer, sisir, dan semua perlengkapan mandi ( sabun, shampoo, sikat & pasta gigi * tapi nggak ada mbak" yg mandiin ya... * ) sudah ada jadi nggak perlu lagi bongkar koper buat ngambil peralatan mandi dan satu lagi sebagai refreshment saya diberi beberapa pilihan minuman ( kopi / coklat / teh ) hangat untuk pagi itu. Recommended bgt untuk kalian yang butuh tempat transit sebelum melanjutkan perjalanan berikutnya...

       
      Selanjutnya, setelah selesai skitar pukul 06.15 WIB saya jalan ke pool Damri di pintu barat sta. Gambir ini. Jadi piilihan transportasi umum saya ke Bandara Int. Soekarno-Hatta kali ini pakai bus Damri * becak nggak ada lah * dari sta. Gambir dengan cukup membayar tiket sebesar Rp 40.000  lama perjalanan yang ditempuh skitar  1 jam saya sampai di Terminal 2D Bandara Int. Soekarno-Hatta.
       

       
      Setelah melewati security check, saya berjalan ke counter check-in Singapore Airlines. Selanjutnya melewati proses Imigrasi pagi itu yang cukup ramai * tp bukan antrian Ragunan ya *. Karena waktu masih menunjukan pukul 07.45 WIB sedangakan keberangkatan pesawat saya pukul 09.20 WIB jadi saya putuskan untuk sarapan dulu di Starbuck sampai waktu boarding tiba.
       

       
      Sudah waktunya boarding, dan melewati security check lagi dengan atrian yang panjang lagi * kayak antrian sembako gratis...  *. Akhirnya bisa duduk di dalam pesawat Singapore Airlines yang saya impikan dari beberapa tahun terakhir ini terwujud *ndeso...*. Tepat pukul 09.20 WIB pesawat take off meninggalkan Indonesia... 
       


       
      Makan siang saya di ketinggian lebih dari 30.000 ft ( ini alasan kenapa saya pilih flight agak siang biar dapat lunch set yg lengkap jadi nanti pas turun udh nggak perlu makan siang lagi / alias ngirit... ).
       

       
       
      Tanpa terasa, saking asyiknya mengeksplore seluruh fitur isi kabin SQ * sampek ke toiletnya saya cobain semua  * ada pengumuman sebentar lagi pesawat akan landing di Changi Int. Airport. Sumpah gue excited bgt! antara seneng dan nggak sabar pengen cepet” explore Singapore. Tepat pukul 12.05 pm pesawat mendarat di Changi Int. Airport. Tepatnya di T3 Ultimate... * kalo nggak salah... *
       

       
      ... lsng melotot deh mata gue, jauh bgt di bandingkan sama Soetta. Sampai nggak kerasa, orang" yg satu pesawat sama gue tadi pada kemana yak? alhasil gue celingukan liatin papan petunjuk buat ke Imigrasi. Tapi karena ini Changi Airport, jadi papan petunjuk lokasinya jelas bgt walaupun saya baru pertamakali kesini.
       

       
      Setelah proses Imigrasi berjalan lancar, gue lsng ambil bagasi dan keluar untuk cari counter ticket MRT. Saya akhirnya membeli STP ( Singapore Tourist Pass ) untuk dua hari. Harga STP untuk 2 hari S$ 26 dimana S$ 10 untuk deposit yg bisa diambil kembali saat kita mengembalikan kartu STP tersebut. 
       


      Let's Explore Singapore!
      Tujuan pertama adalah Five Stones Hostel di daerah Bugis, karena mau taruh koper dulu * nggak asik dong jalan-jalan bawa lemari *. Dimulai dari stasiun MRT Changi Airport, perjalanan ke stasiun MRT Bugis tp harus transit dulu di stasiun MRT Tanah Merah dan kemudian ambil MRT arah Joo Koon.
      Akhirnya sampai di stasiun MRT Bugis, pertamakali keluar agak bingung sih harus kemana ambil arahnya. Saran saya sih pakai aja aplikasi gothere.sg ini sangat membantu bagi saya untuk mengetahui lokasi dan transportasi apa yg harus digunakan selama di Singapore. Lokasi dari Five Stone Hostel cukup mudah dicari dari stasiun MRT Bugis skitar 100 meter menurut saya...
       


       
      Hostel ini sangat nyaman menurut saya, rate per malam skitar S$ 40 untuk share room ber-6. Wallapaper hostel ini cukup menarik dipandang, kebersihan terjaga, fasilitas cukup memadai / sepadan dengan harga yg saya bayarkan, staff juga cukup ramah dan dapat sarapan pagi yg cukup lengkap...
      Merlion Park
      Setelah selesai check-in di hostel, skitar pukul 16.00 pm saya putuskan untuk mengunjungi icon Singapore yaitu Merlion Park sebagai destinasi pertama saya. Dari hostel saya jalan kaki lagi ke stasiun MRT Bugis, dari sini naik MRT arah Joo Koon kemudian turun di stsiun MRT Raffles Place keluar Exit H terus jalan menyusuri pinggir sungai * yg pasti bukan sungai Ciliwung / BengawanSolo " juga nglewatin Hotel Fullerton yg ternyata harus jalan cukup jauh dari stasiun MRT Raffles Place menurut saya, tp saya sempat juga untuk pertamakali beli Ice Cream S$ 1 yg legendaris itu yg ternyata harganya udah nggak S$ 1 alias sekarang jadi S$ 1.2

       
      Suasana Merlion Park sore itu cukup ramai * mirip pasar TanahAbang...  * tp didominasi turis dari China mungkin karena saya hampir nggak nemuin orang Indo disana.

       
      Saya menikmati suasana Merlion Park ini cukup lama sampai senja skitar pukul 18.00 pm karena disinilah tujuan utama saya datang ke Singapore untuk pertamakalinya.

       
      Setelah puas berfoto-foto dari beberapa angle * narsis abis, maklum dari kampung * sampai matahari tenggelam, akhirnya saya sudahi kunjungan saya di Merlion Park.
      Chinatown
      Setelah dari Merlion Park saya melanjutkan lagi untuk mengunjungi Chinatown yg bermaksud untuk membeli oleh-oleh. Balik lagi ke stasiun MRT Raffles Place perjalanan ke Chinatown menggunakan MRT EWL arah Joo Koon turun di stasiun MRT Outram Park ganti naik MRT NEL arah Punggol turun di stasiun MRT Chinatown.
      Saya agak kaget, karena begitu keluar dari stasiun MRT suasana diluar sangat ramai * masak iya disini ada tawuran ... *. Setelah saya tanya ke seorang polisi ternyata sebentar lagi akan ada acara menyalakan lampion untuk menyambut Imlek.
       

       
      Ada banyak kembang api yg dinyalakan dan pertunjukan tradisional ditampilkan, namun saya nggak sempat mengabadikan moment tsb karena suasana cukup ramai dan acara berburu oleh-oleh pun batal, karena untuk jalan saja sudah susah * apalagi mau tiduran manja ala Syahrini disini *. Akhirnya saya memilih untuk sekedar jalan-jalan menikmati kemerihan  yg ada.
      Karena sudah nggak memungkinkan lagi dan badan saya sudah capek, saya putuskan untuk kembali ke hostel saja. Saya balik ke hostel naik MRT lagi. Setelah sampai di stasiun MRT Bugis, perut saya mulai lapar sehingga saya putuskan untuk mampir ke street food yg ada di Kampong Glam terlebih dulu.
       

      Makan malam saya kali ini di salah satu kedai Melayu yg ada di Kampong Glam, saya memesan Nasi Lemak dan Teh Tarik seharga S$ 5 untuk mengakiri jalan-jalan hari ini. Selanjutnya saya kembali ke hostel untuk istirahat agar kembali bugas untuk besok pagi.
       
      Third Day ( 17 Januari 2016 )
      Itinerary Day 3 :
      1. Sentosa Island ( Universal Studio )
      2. Orchard Road
      3. Mustafa Center
      4. Changi Int. Airport
      5. Bandara Int. Soekarno-Hatta
      6. Stasiun Gambir
      7. KA Argo Lawu
      Sentosa Island
      Pagi-pagi sekali skitar pukul 06.00 am setelah mandi dan sarapan yg disediakan pihak hostel, saya langsung keluar dari hostel untuk ke Sentosa Island. Dari hostel saya jalan lagi ke stasiun MRT Bugis naik MRT DL arah Chinatown lalu transit untuk ganti MRT NEL arah HarbourFront sebagai tujuan akhir. Pilihan transportasi yg saya gunakan untuk menuju Sentosa Island adalah Monorail dengan  tiket seharga S$ 4 pp . Selanjutnya jalan lagi ke VivoCity Mall naik ke lantai 3 untuk naik Monorail tsb.
       

       
      Tujuan utama saya kesini selain ingin mencoba naik Monorail juga ingin ke Globe Universal Studio * karena waktu yg mempet jd nggak bisa untuk main didalamnya *. Suasan pagi itu masih cukup sepi.
       

       
      Orchard Road
      Setelah dari Sentosa Island, saya melanjutkan lagi ke salah satu destinasi icon Singapore yaitu Orchard Road. Dari stasiun MRT HarbourFront naik MRT NEL turun di stasiun interchange Dhoby Ghaut ganti naik MRT NSL arah Jurong East turun di stasiunMRT Orchard. Karena ini hari minggu maka kawasan Orchard Road ( Lucky Plaza ) akan dipenuhi para pahlawan devisa kita yg sedang berkumpul. Disini saya membeli lagi Uncle Ice Cream karena cuaca Singapore yg terik dengan harga yg sama dengan hari kemarin S$ 1.2 * sudah nggak 1 dollar lagi *.
       


       
      Mustafa Center
      Setelah dari Orchard Road saya menyempatkan untuk membeli sedikt oleh-oleh sebelum pulang ke Indonesia di Mustafa Center karena kemarin batal membeli di Chinatown. Saya naik MRT lagi dari stasiun MRT Orchard  ke stasiun Dhoby Ghaut dan berganti MRT NEL arah Punggol turun di stasiun MRT Farrer Park terus jalan skitar 100 meter lah untuk sampai.
       

       
      Setelah dari Mustafa Center saya balik ke hostel untuk packing persiapan pulang. Saya check out dari hostel skitar pukul 13.30 pm karena menuggu hujan reda terlebih dahulu.
      Saya menggunakan MRT lagi untuk menuju Changi Int. Airport dan sampai di bandara skitar pukul 14.30 pm. Selanjutnya saya lansung ke counter check-in Singapore Airlines lagi untuk tag bagasi dan print out boardingpass. Karena perut saya mulai memainkan musik keroncong  * loe beda kalo lagi laper * saya mampir ke Starbuck sebagai tempat nongkrong andalan di bandara sambil nunggu waktu boarding.
       

       
      Good Bye Singapore...

       
       
      Dan waktu boarding pun tiba begitu pula kunjungan saya kali ini di Singapore berakhir sudah. Pesawat take off tepat pukul 16.10 pm dari Changi Int. Airport. ( masih dapat makan siang lagi tp nggak selengkap kemarin, tp pudingnya...  )
       

       
      Pesawat landing di Bandara Soekarno-Hatta tepat pukul 16.55 WIB. Setelah proses Imigarsi selesai dan mengambil bagasi, saya jalan ke pool Damri untuk ke stasiun Gambir lagi.
      Saya pulang ke Solo naik kereta lagi yaitu KA Argo Lawu pada pukul 20.15 WIB dari sta. Gambir. Dan nyamananya lagi kursi di sebelah gue kosong, sehingga bisa saya pakai buat ngelurusin kaki yg pegel-pegel setelah 2 hari jalan melulu...
       
      Fourth Day ( 18 Januari 2016 )
      Itinerary Day 4 :
      Number 1 and only : omah ku
      KA Argo Lawu yang saya tumpangi hari ini tiba di sta. SoloBalapan tepat waktu pada pukul 04.45 WIB. Akhir sampai juga dirumah...
       
      Yup demikian lah perjalanan 2 hari saya di Singapore. Tunggu lanjutan perjalanan ku di Hong Kong dan Kuala Lumpur  ya. Semoga info yang saya berikan ini berguna dan silahkan di Share jika berkenan...
       


    • Tiba-tiba Keinget Setahun Lalu
      By Mei Zahro
      hei kalian anak Explore Malhikdua, masih ingat kah dimana kita berada setahun lalu??
      sejak tanggal 25-31 Maret??
      yeah, that was incredible short journey!
      at the 25th of March, we were going to Soekarno Hatta Airport.
      Kita berangkat dari Malhikdua tercinta pukul 5 Sore dan sampai di SH-Airport pukul 12.30 a.m
      Berkemas sambil menunggu take off ..
      Beristirahat sejenak isi perut yang sangat mual karena perjalanan 8 setengah jam dengan medan jalan yang nggak selamanya mulus. Artinya, sensasi jalan berluban or tanjakan or turunan de el el sukses membuat perut ini menolak diberi makan. Sisa waktu malam kita gunakan untuk berkemas dan istirahat menunggu take off flight ke Singapore esok paginya.
      Flight dari SH-Airport (source pribadi)
      at 26th of March.
      Sekitar pukul 6 pagi kita flight menuju Singapore dengan pesawat sekadarnya yaitu Lion Air dan sampai di tempat tujuan kurang lebih pukul 8.
      Menunggu pengambilan suitcase..
      Kedisiplinan adalah hal yang sangat terkesan disini. Aturan membuang sampah sampai meludah sembarangan sepertinya telah sukses mereka terapkan hingga mata kita seolah dimanjakan dengan sejauh mata memandang tak pernah kita temukan secuilpun sampah berserak. That was really amazing clean country!
      Dengan bantuan seorang guide wisata kita menuju tempat yang menjadi tujuan pertama yaitu Merlion park. Kita disana hanya diberi waktu beberapa menit utuk bercengkrama dengan para tourist ataupun sekadar berfoto dengan background patung merlion ataupun skypark, tinggal pilih sesuka kita.
      Rombongan Explore Asia tiba di Merlion Park
      Hunting Tourists Mission..
      Dilanjutkan berziarah ke makam Habib Nuh yang konon katanya sesuai dengan adat Singapore usia maksimal makam yaitu 10 tahun. Jika sudah menginjak 10 tahun maka kuburan akan dihancurkan dan diganti dengan kuburan baru. Tetapi untuk makam Habib Nuh ini tidak bisa dihancurkan.
      Makam Habib Nuh berada di atas.
      Setelah itu, kita break perjalanan sebentar untuk ishoma. Dan kita dimanjakan dengan hidangan menu masakan khas Singapore yaitu selalu berkari.
      Seusai ishoma, perjalanan dilanjutkan ke Zero New Water Factory.
      Zero New Water Factory
       
      Sejarah New Water dari era ke era
      Disana kita dijelaskan proses daur ulang air dari yang tadinya kotor menjadi bersih kembali melalui proses OSMOSIS.  Diceritakan sejarah dan dikenalkan dengan bermacam canggihnya alat-alat penyaring. Dan pada penghujung kita dibagikan satu persatu botol hasil daur ulang air ini dan menuliskan kesan-pesan untuk mereka di sebuah layar besar dalam ruangan.

      Selanjutnya berlangsung menuju ke Universal Studio,karena waktu yang sudah sore kita memutuskan untuk mencoba sensasi dari pertunjukan Wings Of Time. With the sunset background karena tempat pertunjukan berlokasi di seashore (tepi pantai), sambil menunggu pertunjukan dimulai mata kita akan dimanjakan dengan sunset ala singapore. Luar biasa indah.. Sayang sekali saya terlambat untuk memotret view keren itu karena terlalu terlena.
      Lokasi pertunjukan Wings of Time
      Rombongan Malhikdua mendapat bangku tengah untuk menikmati pertunjukan ini. Finally, pertunjukan dimulai. Short english drama selama kurang lebih 25 menit bisa kita dapatkan dengan harga tiket $18 Singapore. uhm.. not bad.. saya sempat berfikir jika ini terlalu mahal hanya untuk sebuah pertunjukan lampu laser. But, its okay.. I was really enjoyed it! Ini adalah pertunjukan kombinasi air laut dengan laser yang sangat kreatif! Perpaduan permainan begitu memukau mata dengan full sound effect yang membuat kesan lebih hidup pertunjukan.

      (source pribadi)
      (source pribadi)
      (source pribadi)
      (source pribadi)
      (source pribadi)
      Kebetulan juga waktu itu hari meninggalnya mantan perdana menteri Lee Kwan Yew. So, perjalanan kita agak terhambat karena beberapa akses jalan ditutup dan membuat bus Explore memilih jalan lain saat akan menuju merlion park. Antrian yang tak bisa dibilang sedikit itu terlihat begitu panjang menghias setiap sudut kota singapore. Mereka rela mengantri berjam-jam untuk memberi penghormatan terakhir kepada lee kuan yew.

      Dan Ini menjadi tempat terakhir yang kita kunjungi dalam perjalanan sehari kita Singapore. They got my two thumbs up for them! (y) (y)
       
      dan akan kulanjutkan di postingan selanjutnya.. at 27th of March kita menuju ke Malaysia.. see you next!!!!!
    • Cari temen ngtrip ke KL-Phuket-Bangkok-SG tanggal 12 - 21 Agustus 2016
      By Mehamidah
      Hai.. saya berencana mau ngtrip ke KL-Phuket-Bangkok-SG dari tanggal 12 - 21 Agustus 2016. Saya bakal berangkat dari Balikpapan, kemungkinan pesawat Air Asia jam 11.00 an. Bakal ada temen saya yg stay di KL buat ikut ngtrip bareng, cuman rasanya kalo cuman berdua kurang rame, kalo nyasar biar gak malu2 amat haha apalagi kita berdua belum pernah kesana, kecuali KL.
      Rencana sih tripnya bakal semi2 budgettraveling,secara cewek2 pasti perhitungan lah yaa..
      Rute awal sy sih ke KL dulu bentar jemput si temen trus malamnya tgl 12 itu langsung cus ke Phuket pake bis, di Phuket ampe tgl 15 dimana tgl 15 nya pingin ikut ODT ke Phiphi Island dkk trus lanjut ke Bangkok di tanggal 16. Disana ampe tgl 18, 18 pagi cus lagi ke SG, tgl 19 malam ke KL, tgl 20 leyeh2 di KL dan tgl 21 balik ke Balikpapan.
      Kalo ada berminat boleh hubungi saya di id line Mehamidah yaa.. apalagi kalo ada temen2 dr provinsi yg sama yg mau ngtrip bareng
    • Info Driver Taxi Bahasa Indonesia di Singapore
      By hendrayulianto
      halo teman teman forum jalan jalan
      apakah ada yg punya info untuk driver taxy/sewa mobil di singapore yang bisa berbahasa indonesia/melayu..?
      terima kasih.
    • Paket Murah Singapura 2016
      By AliaS
      Ada Paket Murah Mewah dan Paket Murah Meriah, serta Paket Murah Banget yang cocok buat para backpackeran.
      Paket Murah Mewah terdiri dari :
      - Tiket CGK-SIN PP utk 2 org + 4H3M Hotel Bintang 3 = 5jt
      - Tiket CGK-SIN PP utk 2 org + 3H2M Hotel Bintang 3 = 4jt
      Paket Murah Meriah terdiri dari :
      - Tiket CGK-SIN PP utk 2 org + 3H2M Hotel Fragrance/Hotel 81= 3,5jt
      - Tiket CGK-SIN PP utk 2 org + 4H3M Hotel Fragrance/Hotel 81 = 4,5jt
      Paket Murah Banget :
      - Tiket CGK-SIN PP utk 2 org + 4H3M hotel with sharedroom = 3juta
      - Tiket CGK-SIN PP utk 2 org + 3H2M hotel with shared room = 2,75juta
      bila berminat, silahkan hubungi saya.

    • Batam dan Singapore paket
      By Batamberduawisata
      Morning Guys! Salam wisata!
      Buat yang mau liburan, agent kami menyediakan paket liburan Batam-Singapore, 3 hari 2 malam dengan itenerary sbb:

      Day 1 : 
      Batam city tour (Jembatan Barelang-dendang Melayu, Maha Vihara Duta Maitreya Temple, Welcome to Batam photo spot, Nagoya Hill shoping mall, pusat oleh2 Emporium shopping shop)
      Day 2 : 
      Singapore city tour (Merlion Park, Bugis juction, Orchard road, Universal Studios)
      Day 3 :
      Hang Nandhim International Air port
      Harga @ orang Rp.1.800.000,- dengan ketentuan minimal 4 orang.
      Untuk informasi lebih lanjut (Konsultasi itenerary gratis), silakan hubungi kami di
      hp: (+62)85763778160
      Email : berduamitrawisata@gmail.com
      FB: Berdua Mitra Wisata
      www.batam-travel.com