• agoda-hemat.png

andi darmawan

Martial Arts

21 posts in this topic

klo gw sendiri mendalami seni beladiri asli Indonesia,, namanya TARUNG DERAJAT

 

tarung derajat sendiri merupakan seni beladiri asli Indonesia yang diciptakan dan diresmikan di Bandung tanggal 18 Juli 1972 oleh Achmad Dradjat yang biasa dipanggil Aa Boxer.

Tarung Derajat menekankan pada agresivitas serangan dalam memukul dan menendang. Namun, tidak terbatas pada teknik itu saja, bantingan, kuncian, dan sapuan kaki juga termasuk dalam metode pelatihannya.

saat ini Tarung Derajat telah menjadi beladiri resmi Kepolisian RI sejak tanggal 22 Januari 2014

moto Tarung Derajat adalah AKU RAMAH BUKAN BERARTI TAKUT AKU TUNDUK BUKAN BERARTI TAKLUK

 

di Jakarta ada beberapa satuan latihan (satlat), antara lain:

 

JAKARTA SELATAN :
1. Satlat Tebet
Jamlat : Selasa-Jumat jam 19.00.
Alamat: GOR Tebet Timur, Jl. Tebet Timur Dalam 3.
Pelatih: Kang Rifi.
 
2. Satlat GMSB Kuningan
Jamlat : Selasa-Jumat pukul 19.00.
Alamat: Jl. HR Rasuna Said, Kompleks Pasar Festival Kuningan
Pelatih: Kang Budiman.
 
3. Satlat Bulungan.
Jamlat : Selasa-Jumat pukul 19.00.
Alamat: GOR Bulungan samping SMU 70, Jl. raya Bulungan, Blok M.
 
4. Satlat UIN Syarif Hidayatullah.
Jamlat : Jumat pukul 14.oo-18.00 .
Alamat: Jalan Ciputat Raya, kompleks kampus UIN .
Pelatih: Kang Nobon.
 
5. Satlat Atmajaya.
Alamat: kampus UNIKA ATMAJAYA , Jl. Jenderal Sudirman, samping Plaza Semanggi.
Pelatih: Kang Anes
 
6. Satlat SGA.
Jamlat: Sabtu-Minggu pukul 07.00 .
Alamat: Kompleks SCBD, samping Jak TV, belakang Polda Metro Jaya.
Pelatih: Kang Jono.
 
 
JAKARTA PUSAT :
1. Satlat Cempaka Putih.
Jamlat: Selasa-Jumat pukul 19.00.
Alamat: GOR Judo Cempaka Putih, samping R.S Islam Cempaka putih , deket Yarsi, Sumur Batu .
Pelatih: Kang Jono.
 
2. Satlat Monas.
Jamlat: Selasa-kamis pukul 07.00.
Alamat: Kompleks Monas , ring tinju.
Pelatih: Kang Jono.
 
3. Satlat UNIKA ATMA JAYA
Jamlat : Senin dan kamis, pkl 19.00 di Hall C
 
 
JAKARTA TIMUR :
1. Satlat Jasa Marga.
Jamlat: Rabu-sabtu. Rabu pukul 16.00. Sabtu pukul 07.00. Alamat: Kompleks Jasa Marga Ceger, seberang TAMINI SQUARE , taman mini.
Pelatih: Kang Sugeng.
 
2. Satlat Yonkav 7/Panser Khusus Kodam Jaya .
Alamat: Kompleks Kopassus Cijantung . Jalan R.A fadillah .
 
 
JAKARTA BARAT :
1. Satlat Trisakti .
 
2. Satlat Harco Mangga Dua.
Jamlat: Sabtu-minggu pukul 07.00.
Alamat: Kompleks pertokoan Harco mangga dua.

 

Pelatih: Kang Jono.

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalo aku dulu pas jaman SMA ma Kuliah aku ikut beladiri Wu Shu Tp sekarang uda ga lagi kayaknya vakum dulu deh malah sekarang pengen belajar beladiri Wingchun, waktu pertengahan kuliah Sempat terpikir dan mempunyai keinginan untuk belajar beladiri asli indonesia yaitu pencak silat tp katanya/sarannya temen sih malah disuruh mending dalamin dan fokusin wushu ja soalnya ribet kalo mempelajari dua beladiri sekaligus katanya sih gk tau jg ya klo pencak silat itu banyak gerakan dan jurus2nya serta fisiknya harus kuat. Bener ga sih? yg pernah ikut pencak silat??#Uda lama gak beladiri jd gatel pengen beladiri lg nih :kungfu  :kungfu  :kungfu besok ma hari minggu di Sma ku da eksul beladiri Wu shu, Karate ma taekwondo klo ga salah pengen datang dan liat terutama beladiri Wushunya tp sungkan mw datang Soalnya... uda alumni tua *lho :tersipu

Share this post


Link to post
Share on other sites

Martial memang diterjemahkan secara sempit ke Bhs Indonesia menjadi "Bela Diri" kemudian Martial Arts = Seni Bela Diri, padahal Martial Sesungguhnya (yg bila dilihat pemakaian dlm bhs Inggris) adalah kata yg bermakna semacam ketangguhan / keperkasaan / keras /militan, sementara untuk kata bela diri sendiri dlm bahasa inggris adalah Self Defense.

 

Saya lebih suka Martial Art diterjemahkan menjadi Seni Tarung, karena kenyataan-nya tidak semua Seni tarung yg ada bersifat Self Defense (Bela Diri),

Seperti yg diuraikan oleh TS, benar sekali, Boxer (Tarung Derajad) adalah Seni Tarung yg sangat Agressive, lebih mengutamakan menyerang... 

Yang saya tahu, keahlian Tarung resmi utk Kepolisian adalah Judo.. berarti skrg udah ganti Jadi Boxer ya...

mungkin utk Tentara juga cocok 

 

Saya gk bisa komentar byk ttg Boxer ini, karena hanya lihat pas Show / Demo di TV, blm pernah mempelajari...

 

Yg pernah saya pelajari adalah Kempo, Tinju, Taekwondo sama terakhir Muay Thai...

Gak tau deh, apakah Tinju (Boxing) termasuk Martial Arts, kalo enggak, ya berarti saya cuman 3 itu doang, Kempo, Taekwondo, ama Muay Thai...

 

Salam,

Share this post


Link to post
Share on other sites

@Iskandar Alam

oh gitu malang nya nasibmu melewatkan keindahan masa sma heheh :ngeledek

ya mod sesuai dong sama tempat lahir dan tempat tinggalku  :terharu tp meskipun cowo semua tetap  klo mnrt aq indah kok mod biarpun keindahaannya beda ma masa2 sma yg paling indah yg ada di luar sana soalnya klo di luar uda umum coba deh mod ngrasain kayak aq pasti beda rasanya  :senyum  :kesengsem

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now