imam17stat

Negara Mana Yang Penduduknya Ramah Menurut Jjers

36 posts in this topic

Bagi para pecinta jalan-jalan/traveler, perbedaan bahasa dan budaya sering kali menjadi bagian yang menyenangkan selama travelling. Terkadang saat tidak tahu cara untuk mencapai lokasi atau tujuan wisata yang ingin dituju, traveler akan melihat peta atau menyalakan GPS atau bila masih bingung akan langsung bertanya ke penduduk sekitar. Tapi tidak semua penduduk bisa memahami apa yang ditanyakan traveler bahkan mungkin tidak jarang mendapat respon kurang ramah. Hal ini jelas membuat perjalanan jadi nano-nano, ramai rasanya. Kalau menurut para pembaca, negara mana yang penduduknya ramah untuk para traveler? bila ingin mengetahuinya silakan mengunjungi : http://www.runawayguide.com/best-countries-for-backpacking-map/

 

Berdasarkan pengalaman saya sendiri setelah melakukan perjalanan di Indonesia, Singapura, Malaysia beberapa waktu lalu. Saya setuju kalau Indonesia merupakan salah satu negara yang penduduknya ramah untuk para traveler. Berikut pengalaman saya saat menanyakan alamat maupun transportasi di ketiga negara tersebut.

 

Di Singapura, kota sekaligus negara kecil yang juga berbatasan dengan Indonesia, ternyata juga tidak menunjukkan keramahan. Saat itu saya naik MRT dari Changi ke Raffles untuk menuju Merlion Park. Dikarenakan tidak tahu lokasi tepatnya ada dimana, saya berusaha bertanya ke seorang petugas MRT. Tapi saya keget, dia hanya menjawab "GO UP" dengan keras dan kasar. Bukan hanya berhenti sampai disitu. Setelah dari Merlion, saya mau menuju Queen street, yang juga tidak tahu dimana lokasinya berada. Bertanya pada orang yang membagi brosur dan penjual koran di kawasan Raffles ternyata semua menggeleng dan menjawab tidak tahu. "Ini orang-orang sini pada ga tau nama jalan ya", itu yang ada dipikiran saya.

 

Ternyata kondisi tersebut juga sama saja saat di Malaysia. Saya beri contoh saat sedang berkunjung di Malaka. Perjalanan dari Singapura menuju Malaka saya lakukan di sore hari, sehingga baru sampai di Malaka saat bulan sudah bersinar. Dikarenakan sudah jam 10 malam, setelah sampai di Plaza Mahkota (Malaka), ingin langsung menuju hotel untuk check-in. Dan lagi-lagi saya tidak tahu dimana tepatnya lokasi hotel dan akhirnya memutuskan bertanya ke orang-orang di sekitar, antara lain satpam Plaza Mahkota, supir taksi hingga pemuda-pemudi yang sedang pacaran (hahahaha). Semua orang itu ternyata menjawab tidak tahu. Bahkan yang kurang ajar, si supir taksi menjawab lokasinya jauh sekali. Untungnya saya tidak kehilangan akal, meskipun GPS sedang mati, saya masih menyimpan screenshot peta Malaka. Dan ternyata lokasi jauh yang dikatakan supir taksi hanya berjarak sekitar 1 kilometer dari Plaza Mahkota. Saya jadi berpikir, "ternyata orang lokal pun kurang tahu dengan alamat di Malaka, kecuali si supir taksi yang kurang ajar".

 

Lantas, bagaimana dengan di Indonesia. Dua minggu lalu saya menuju Yogyakarta dan mencoba Trans Jogja untuk menuju semua lokasi yang ingin saya tuju. Setelah mendapat pengalaman dari dua negara sebelumnya, saya merasa saat menggunakan Trans Jogja ini pun harus mandiri, tidak perlu tanya-tanya ke petugasnya dikarenakan sudah ada peta Trans Jogja di setiap halte. Ternyata respon yang didapatkan sungguh berbeda dari dua negara sebelumnya. Saat pertama masuk halte, petugas langsung dengan ramah menanyakan tujuan kita. Seandainya pun tujuannya bukan berada dalam satu jalur, petugas langsung memberi tahu dari halte sekarang naik apa dan harus pindah di halte mana untuk naik jalur yang berbeda. Bukan cuma itu, saat mau menuju hotel, saya juga tidak tahu dimana tepatnya lokasi hotel tersebut. Dan memutuskan bertanya pada beberapa orang yang sedang menikmati jajanan di angkringan dekat dengan halte Trans Jogja. Para warga tersebut dengan ramah memberi petunjuk lokasi hotelnya ada dimana dan jalan mana saja yang harus saya lalui.

 

Dari sini lah saya merasakan bahwa Indonesia memang layak menjadi salah satu negara yang ramah penduduknya untuk para traveler. Kita seharusnya bangga dengan keramahan negara kita yang sudah menjadi identitas sejak lahir.

So mari tersenyum.
dan selamat siang :senyum  :senyum  :senyum

Share this post


Link to post
Share on other sites

@imam17stat

slamat siang jg mas..

sy bru thu dr mas imam kl d luar negri spt it.. maklum blm p'nah JJ k luar negri,, hehe :D :D

tp mmng sering kali ketika sy jalan2 dan b'tany tmpat pd penduduk skitar, mrk sll ramah mmberi tahu tempat yg akan qt tuju.. :senyum

dengan sgala keunikan, keberagaman & bahkan kehebohanny.. :ngakak aq tetap, cinta indonesia... :cintaindo

Share this post


Link to post
Share on other sites

@imam17stat

kearifan jogja dan keramahan warganya memang udah ke sohor seh :D

tetapi kita juga harus melihat kenapa warga negara lain bersikap demikian

contoh singapore, kasus di atas kalo saya liat mungkin karena negara tersebut tergolong maju dan semua hal nya bersifat mandiri dan cepat jadi cenderung membuat kesan cuek. 

untuk malaysia saya sendiri belom pernah minta tolong terhadap warga melayu asli malaysia tapi beberapa kali ngobrol dengan warga keturunan india dan tionghoa mereka talk active, untuk kasus supir taksi ya mau apalagi namanya juga usaha saya rasa di belahan bumi manapun tiap supir taksi ada yang seperti itu hehehe

 

Mungkin mas kudu coba warga thailand, mereka hampir mirip singapore dengan ke cuekan nya tapi ketika kita mencoba untuk lebih persuasif mereka akan lebih welcome, walaupun tidak bisa english mereka mencoba membantu sebisa mungkin :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

@imam17stat indo memang lebih ramah org2 nya :)

 

di sg pelit senyum hehe.. sya tgl disini juga kerasa pelayanannya di mana2 jauh ama indo

 

Kalo thai ramah jg :), USA lebih friendly daripada OZ.. oz rada sombong gitu bule2 nya

 

kalo usa sama semua ok aja, di mainland China jg kurang ramah. orgnya banyak yg kasar

 

 

Japanese yg paling sopan & teratur :) . Waktu kmrn bencana nuklir ada gak ada penjarahan sama sekali walaupun Food susah di dapet

Share this post


Link to post
Share on other sites

@imam17stat

slamat siang jg mas..

sy bru thu dr mas imam kl d luar negri spt it.. maklum blm p'nah JJ k luar negri,, hehe :D :D

tp mmng sering kali ketika sy jalan2 dan b'tany tmpat pd penduduk skitar, mrk sll ramah mmberi tahu tempat yg akan qt tuju.. :senyum

dengan sgala keunikan, keberagaman & bahkan kehebohanny.. :ngakak aq tetap, cinta indonesia... :cintaindo

Mba @umi shahifah kayaknya perlu coba juga jalan2 ke LN.

Semakin banyak jalan2, bisa kenal banyak budaya dan adat kebiasaan masy sekitar.

Sekaligus bisa nambah pengetahuan juga. :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

@imam17stat

kearifan jogja dan keramahan warganya memang udah ke sohor seh :D

tetapi kita juga harus melihat kenapa warga negara lain bersikap demikian

contoh singapore, kasus di atas kalo saya liat mungkin karena negara tersebut tergolong maju dan semua hal nya bersifat mandiri dan cepat jadi cenderung membuat kesan cuek. 

untuk malaysia saya sendiri belom pernah minta tolong terhadap warga melayu asli malaysia tapi beberapa kali ngobrol dengan warga keturunan india dan tionghoa mereka talk active, untuk kasus supir taksi ya mau apalagi namanya juga usaha saya rasa di belahan bumi manapun tiap supir taksi ada yang seperti itu hehehe

 

Mungkin mas kudu coba warga thailand, mereka hampir mirip singapore dengan ke cuekan nya tapi ketika kita mencoba untuk lebih persuasif mereka akan lebih welcome, walaupun tidak bisa english mereka mencoba membantu sebisa mungkin :D

Saya rasa ga semuanya supir taxi kayak gitu, pas di SG juga masih ada supir taxi yang ngasih jawaban jelas meskipun dengan muka yg datar tanpa ekspresi.

Bisa dicoba ini ke Thailand, kapan2 deh... :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

@imam17stat indo memang lebih ramah org2 nya :)

 

di sg pelit senyum hehe.. sya tgl disini juga kerasa pelayanannya di mana2 jauh ama indo

 

Kalo thai ramah jg :), USA lebih friendly daripada OZ.. oz rada sombong gitu bule2 nya

 

kalo usa sama semua ok aja, di mainland China jg kurang ramah. orgnya banyak yg kasar

 

 

Japanese yg paling sopan & teratur :) . Waktu kmrn bencana nuklir ada gak ada penjarahan sama sekali walaupun Food susah di dapet

Wah byk banget negara yg di dikunjungi,

Emang engkongnya jalan2, hehehe :D

Kapan ya bisa niru...

Share this post


Link to post
Share on other sites

Wah byk banget negara yg di dikunjungi,

Emang engkongnya jalan2, hehehe :D

Kapan ya bisa niru...

 

ntar juga kepegian kok hehe.. di cicil aja dari yg deket2 dulu :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

@kyosash

saya belom pernah ke jayapura 

tapi banyak kenalan orang timur di bandung dari flores dan papua

tampang mereka boleh seram tapi ketika kita ngobrol mereka asik dan bersahabat :D

idem, belum pernah ke Indonesia timur. 

tapi kalau dengar cerita teman, orangnya ramah-ramah juga kok meskipun tampangnya kadang dianggap seram (maaf tidak bermaksud sara)

Share this post


Link to post
Share on other sites

@imam17stat

perlu bgett sbnerny mas... tp izinny yg susah,, :ngakak someday, I'll be there - aamiin... :D

@Jalan

mas admin keren bgett dh melalang buana k mna2.. mkasih mas udh share ttg keramahan dr b'bagai negara,,

kota impian q jepang.. smg bs ksna suatu hari nnti... :D

 

kan ada pepatah "tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina" 

alibinya kalau susah mendapat ijin: sebelum menuntut ilmu, harus survey tempatnya dulu. kalau survey kan sekalian jalan2 :senyum

Share this post


Link to post
Share on other sites

kan ada pepatah "tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina" 

alibinya kalau susah mendapat ijin: sebelum menuntut ilmu, harus survey tempatnya dulu. kalau survey kan sekalian jalan2 :senyum

hahaha... boleh d tiru nich alibiny... :ngakak

Share this post


Link to post
Share on other sites

@deffa

wahh... lg kumpul d jepang smw yaa... :terpesona

kok ng desember aj.. jd aq bs breng... hikss...

mas @Nightrain k jepang pindah rumah jg..?

mas @kyosash semedi d gunung fuji..?!! :ngakak ntar malah kyak parwati d film Mahadewa,, :P:D :D :D

 

haha jgn ampe pindah rumah dah, susah nyari sambel terasi disono :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

haha jgn ampe pindah rumah dah, susah nyari sambel terasi disono :D

hahaha... ohh... mas nightrain suka sambel jg toch.. berarti suka pedas yaa.. slam knal dr sesama penyuka pedas,, :senyum

bukan sambel terasi mertua, tp sambel terasi buatan istri... ;)

@deffa

oh iy yaa.. akhr thun k tahun baru pzti bnyak yg melancong & hrg maskapai serta penginapan pzti naik,, beuuhh :bete

Share this post


Link to post
Share on other sites

haha jgn ampe pindah rumah dah, susah nyari sambel terasi disono :D

hahaha... ohh... mas nightrain suka sambel jg toch.. berarti suka pedas yaa.. slam knal dr sesama penyuka pedas,, :senyum

bukan sambel terasi mertua, tp sambel terasi buatan istri... ;)

@deffa

oh iy yaa.. akhr thun k tahun baru pzti bnyak yg melancong & hrg maskapai serta penginapan pzti naik,, beuuhh :bete

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

  • Similar Content

    • By D_GUNN3R1
      Ini adalah contoh dari negara dengan makanan2 kuliner yang berbahaya:
       
      1. Pulau Sardinia, Italia

       
      Casu marzu, adalah nama keju di Sardinia, yang dibuat dari Susu Domba tidak boleh dikonsumsi karena alasan kesehatan. Keju ini terbuat dari susu domba yang disuntikkan dengan larva lalat. Larva ini digunakan untuk proses fermentasi sehingga menjadi keju.
       
      2. Skandinavia

       
      Lutefisk adalah ikan yang terdapat di Skandinavia dan dilarutkan dalam larutan basa selama berhari2. jadi makan makanan ini sangat berbahaya bagi lambung.
       
      3. Jepang
       

       
      Sokushinbutsu adalah tradisi minum teh dari Jepang dengan meminumnya dari daun pohon urushi (Toxicodendron vernicifluum).
      Yang membuat berbahaya karena pohon ini sangat beracun dan dapat mengakibatkan kematian bagi siapapun.
    • By D_GUNN3R1
      Kopi starbucks yang franchisenya telah masuk ke banyak sekali di dunia karena kopinya yang lezat dan tempanya yang nyaman. Tetapi ternyata perbedaan wilayah bisa membuat harga segelas kopi Starbucks berbeda, apalagi jika berbeda negara.
       
      Sebuah Harian di Inggris, Wall Street Journal membandingkan harga segelas latte Starbucks ukuran grande (473 ml) di 29 kota di dunia, sudah termasuk pajak Mata uang dikonversi kurs per 20 Februari 2013. ketika US$1 = Rp 9.677
       
      1. New Delhi, India: $2,80 (Rp 27.095)
      2. Mexico City, Meksiko: $3,22 (Rp 31.159)
      3. San Fransisco, Amerika Serikat: $3,55 (Rp 34.353)
      4. Detroit, Amerika Serikat: $3,55 (Rp 34.353)
      5. London, Inggris: $3,81 (Rp 36.869)
      6. Atlanta, Amerika Serikat: $3,83 (Rp 37.062)
      7. Hong Kong: $3,87 (Rp 37.449)
      8. Istanbul, Turki: $3,92 (Rp 37.933)
      9. Lisbon, Portugal: $4,05 (Rp 39.191)
      10. Toronto, Kanada: $4,08 (Rp 39.482)
      11. Buenos Aires, Argentina: $4,18 (Rp 40.449)
      12. Sao Paulo, Brazil: $4,23 (Rp 40.933)
      13. New York, Amerika Serikat: $4,30 (Rp 41.611)
      14. Dublin, Irlandia: $4,38 (Rp 42.385)
      15. Tokyo, Jepang: $4,49 (Rp 43.449)
      16. Wellington, Selandia Baru: $4,51 (Rp 43.643)
      17. Seoul, Korea Selatan: $4,54 (Rp 43.933)
      18. Madrid, Spanyol: $4,65 (Rp 44.998)
      19. Beijing, RRC: $4,81 (Rp 46.546)
      20. Sydney, Australia: $4,82 (Rp 46.643)
      21. Paris, Perancis: $5,18 (Rp 50.126)
      22. Frankfurt, Jerman: $5,53 (Rp 53.513)
      23. Brussels, Belgia: $5,65 (Rp 54.675)
      24. Athena, Yunani: $5,84 (Rp 56.513)
      25. Helsinki, Finlandia: $6,38 (Rp 61.739)
      26. Zurich, Swiss: $7,12 (Rp 68.900)
      27. Moskow, Rusia: $7,27 (Rp 70.351)
      28. Stockholm, Swedia: $7,40 (Rp 71.609)
      29. Oslo, Norwegia: $9,83 (Rp 95.124)
       
      Jadi bisa dilihat dengan tingkat ekonomi yang tinggi dan rendah terdapat perbedaan harga yang mencolok. Seperti India dan Norwegia. I gelas kopi dI Norwegia, dapat membeli 3gelas kopi di India dengan patokan kopi latte.
       
      Kalau untuk Harga Starbucks di Indonesia sendiri, silahkan kalau ada yang tau harganya.
       
    • By asep2012
      bersepeda sudah menjadi trend alternatif cara untuk beraktivitas, karena sudah jenuh dengan jalanan macet di Jakarta. Tapi berikut adalah Negara yang paling enak untuk bersepeda:
       
      1. Belanda
      Hampir 40 persen kemacetan yang terjadi di kota ini pun terjadi karena sepeda. Penduduk setempat dan wisatawan bisa menyewa sepeda dengan harga sewa wajar.
       
      2. Denmark.
      Bentuk dataran yang rata, khususnya di Kopenhagen, membuat sepeda menjadi kendaraan favorit untuk beraktivitas.
       
      3. Kolombia
      Hanya 13% penduduk sini yang menggunakan mobil pribadi, sisanya kendaraan umum dan sepeda. sehingga negara ini sangat ramah lingkungan
       
      4. Brazil
      Pada tahun 2010 silam, Curitiba salah satu kota di Brazil mendapat penghargaan Globe Sustainable City Award. Dengan infrastruktur yang sangat baik, kota ini pun populer di kalangan pecinta sepeda.
       
      5. Kanada
      kota Montreal menginvestasikan uang sangat banyak untuk jalur sepeda baru sehingga kota ini akan lebih hijau dan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor
       

    • By alf
      1. Venezuela
       
      Venezuela dipimpin oleh presiden Hugo Chavez. Dengan paham sosialisme di negara ini, negara dapat mengambil alih perusahaan swasta dan dapat membantu rakyatnya untuk memiliki kehidupan yang lebih baik seperti menetapkan harga bensin yang murah. Harga bensin per liter di sini sebesar Rp. 445
       
      2. Turkmenistan
       
      Turkmenistan merupakan salah satu negara pecahan Uni Soviet. Negara ini memiliki cadangan gas alam terbesar kelima di dunia. Hal ini membuat harga bensin di negara ini hanya sebesar Rp. 712 per liter.
       
      3. Nigeria
       
      Nigeria memiliki sumber minyak nomor 10 terbesar di dunia. Harga bensin di negara ini hanya sebesar Rp. 890 per liter.
       
      4. Iran
       
      Diperkirakan bahwa Iran masih akan terus memproduksi minyak selama 74 tahun ke depan. Harga bensin hanya sebesar Rp. 979 per liter
         
      5. Arab Saudi
       
      Negara ini mematok harga bensin hanya sebesar Rp. 1.068 per liter.
       
      6. Kuwait
       
      Kuwait adalah negara monarkhi yang kaya akan minyak di pesisir Teluk Persia. Di negara ini harga bensin hanya sebesar Rp. 1.869 per liter.   7. Qatar
       
      Merupakan negara terkaya nomor dua di dunia. Di negara dengan simpanan minyak diperkirakan sebesar 15 miliar barel (2,4 km³) ini, harga bensin di sana hanya sebesar Rp. 1.958 per liter
       
      8. Bahrain
       
      Bahrain adalah negara di kawasan teluk Persia berupa pulau kecil. Menjual bensin dengan harga hanya sebesar Rp. 2.403 per liter.
       
      9. Mesir
       
      Mesir merupakan salah satu negara penghasil minyak di Dunia. Di negara Afrika Timur Laut ini harga bensin hanya sebesar Rp. 2.848 per liter.
       
      10. Uni Emirat Arab
       
      Uni Emirat Arab adalah negara penghasil minyak terbesar ketiga di kawasan teluk Persia. Di negara yang kaya akan minyak dan juga merupakan negara terkaya keempat di dunia ini harga bensin hanya sebesar Rp. 3.293 per liter.
    • By Luwaks
      Jalan2 keluar negeri pasti kita memikirkan mahal, tapi ternyata ada juga kok yang bisa hanya perlu uang dibawah 500USD atau 5juta untuk jalan2 selama beberapa hari, sudah termasuk penginapan, makanan dan transport kecuali tiket pesawat terbang yah:
       
      1. Thailand
      dengan 500US Anda sudah bisa menginap selama 10 hari di Bangkok dan tentunya bukan dengan hidup mewah tapi ala backpacking yang hidup seadanya.
       
      2. Vietnam
      terdapat paket murah 5 juta dan Anda sudah bisa mengunjungi Pantai Halong Bay, Hanoy, Saigon (Ho Chi Minh), Delta Mekong, selama tiga malam empat hari.
       
      3. Laos
      Anda bisa ke Luang Prabang, Vang Vieng, Vientiene untuk menikmati keindahan air terjun. Fasilitas seperti restoran, penginapan juga transportasi dapat Anda nikmati dengan biaya tidak lebih dari Rp 100.000. dan tentu saja dengan gaya hidup backpacking
       
      4 .Kolombia
      Disini terdapat banyak pantai dan taman yang indah antara lain Taman Nasional tayroan, Cartagena. Anda bisa mendapatkan penginapan murah hanya Rp 200.000 - Rp 250.000. Makanan lokal bisa Anda dapatkan dengan biaya Rp 20.000 - Rp 30.000.
       
      5. Argentina
      Steak yang bisa bisa didapat dengan harga 30.000. penginapan juga bisa didapat dengan harga 100-150rb. Untuk objek wisata terdapat seperti pantai, dan juga bermain ski pada musim dingin di Bariloche.
       
    • By Married2014
      Cara orang bersalaman di tiap negara berbeda2 sesuai dengan budaya dari negara tersebut. Berikut adalah beberapa contohnya:
       
      1. China
      Gerakan tangan dengan pegangan yang ringan dengan sedikit gerakan mengayun. Pandangan mata sedikit menatap kebawah agar tidak melihat mata langsung agar terkesan lebih sopan/
       
      2. Jepang
      Terdapat 2 cara yaitu membungkuk dan salaman, agar tidak bingung, ikutilah pasangan anda, bila pasangan membungkuk, kita balas membungkuk, begitu pula dengan salaman.
       
      3. Perancis
      Jabat tangan dengan satu gerakan mengayun yang cepat pada saat kedatangan dan keberangkatan Anda
       
      4. Amerika Latin
      Disini melakukan gerakan jabat tangan yang ringan, lembut, dan cenderung berlama-lama. Jadi jangan terlalu cepat menarik tangan anda agar terkesan sopan
       
      5. Eropa
      Sama seperti jabat tangan biasa, tapi lebih sering. jadi mungkin bertemu makan siang berjabat tangan, lalu setelah itu pergi ke kantor akan melakukan jabat tangan lagi.
       
      6. Negara Arab
      Untuk Pria, biasanya berjabat tangan disertai pelukan dan ciuman dikedua pipi. Namun biasanya perempuan tidak berjabat tangan dengan lelaki karena tradisi.
    • By ameryudha
      Gan, ane baca-baca nih di berbagai webiste mengenai uang $1 yang sekarang ini dipandang sebelah mata oleh para turis, terus ane lihat tentang survey Lonelyplanet.com,  $1 dapat apa sih di berbagai belahan dunia, unik2 jawabannya, ini dia  :
      •    Chester, Inggris: US$1 (63 pence) bisa dapat setengah loaf roti, di Filipina bisa dapat permen satu kantong
      •    Di Wina, Austria : bisa dapat satu roll Roti gulung
      •     Tenerife, Pulau Kanari : secangkir kopi di Santa Cruz dan setengah cangkir di daerah pariwisata
      •    South India:  nasi yang bisa refill sepuasnya, curd, papad, serta 1 buah daun pisang mannis.
      •     Cebu, Filipina : bisa dapat refleksi setengah jam
      •     Nepal: Momo 10 biji( makanan khas sana), serta satu cangkir coke
      •     Kroasia : satu scoop eskrim
      •      London: 750mL susu, setengah liter bbm, roko 2 batang, 3 apple, satu kaleng coke .
      •     Denmark: Agan-agan paling dapat seliter susu,  satu buah roti di toko India, sebuah prangko
      •    Budapest : 1 skup es krim, 4 buah apel kecil, 1 buah burger di McD
      •    Canada:  tidak dapat apa-apa.  
      •    Seoul: satu pak masker untuk kecantikan   
      •    Los Angeles: satu jam parker   
      •    Australia:  Sebuah nomor Lotere  

      Kalo di Indonesia , $1 dapat apa, artinya Rp.9000 kita bisa beli apa ? Makan satu piring, 2 keping DVD, pulsa Rp.10.000, bensin 2 liter, coca cola 2 kaleng, susu 1 liter, roti tawar 1 pak, nasi goring 1 porsi, apa lagi ??
      tapi sebenarnya $1 dapat apa itu adalah ukuran negara tersebut mahal apa tidak, enak apa tidak untuk jalan2, bener ga ? kan kalo kita orang indo, terus ke US  di Indo dapat apa harga segitu di US cuma dapat apa, pastinya kita anggap mahal bukan ??
      semoga bisa jadi pengetahuan yang bermanfaat