• 0
ikankering

Pengalaman Supranatural Selama Naik Gunung?

Question

Rekan-rekan sekalian, Kalau misalnya kita trekking & mountaineering ke daerah gunung gitu, kan pasti melewati daerah-daerah hutan, dan seringkali juga kita memanjat gunung itu tidak cukup 1 hari, jadi mungkin harus menghabiskan waktu di tengah-tengah hutan. Nah, tau sendiri kan kalau di Indonesia itu di setiap gunungnya pasti banyak cerita-cerita mistis, Rekan-rekan sekalian ada ga yang pernah mengalami pengalaman mistis atau supranatural itu? Entah apa itu kejadiannya di malam hari, atau di siang hari.. di tengah hutan, atau di dekat sungai? Ayo-ayo sharing ya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

6 answers to this question

  • 0

pernah denger dari temen waktu naik gunung Ciremai, katanya banyak jelmaannya teman aku pernah liat harimau hitam katanya sih itu siluman gunung ciremai juga termasuk salah satu gunung yang angker katanya

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

waktu itu saya pernah camping di gunung apa gitu lupa bedua sama sepupu. waktu itu jalan ngelewatin kebun teh gitu. sebenarnya sih nyasar pas mo cari air terjun gitu. pas ketemu ternyata tempatnya udah terlantar. jadi pos penjaga udah ancur deh, kamar mandi deket air terjun itu juga udah jelek banget. pas jalan ke sana banyak monyet tempatnya kayaknya udah ga ada orang ke situ. karena udah mo sore kita cari tempat yang agak datar buat buka tenda. Di depan tenda ada aliran air dan di seberangnya ada kayak goa gede gitu, tapi bukan goa sih cuma dalemnya gelep banget jadi kita juga ga berani liat2. Abis buka tenda kita bikin makanan. Nah malemnya berisik karena banyak musang lagi ngotak ngatik piring di depan. Malemnya kan gelep banget tuh, jadi kita cuma bisa liat mata musang gitu. Pas di senterin juga tuh musang2 diem aja lagi. Tapi abis musangnya pergi, kita tidur deh. Pas malem saya dan sepupu saya mimpi serem, anehnya pas pagi2 cerita, ternyata kita mimpinya sama. Jadi dari goa di seberang itu ada nenek2 gitu keluar dari goa terus nyamperin tenda kita.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

salam kenal, ijin share ya :)

Cerita ini berdasarkan pengalaman saya saat mendaki gunung Dempo, Kota Pagar Alam, Sumatra Selatan.

Ini pendakian yang ke dua kalinya bagi kami, saat itu kita mendaki empat orang (laki semua). Pendakian kita mulai pada sore hari, dengan harapan bisa sampai di puncak pada pagi hari dan melihat sunrise. Saat itu ketika hari sudah mulai gelap, kita hanya bermodal dua buah senter dengan posisi senter berada di orang depan dan orang belakang. Selama dalam perjalanan, kita ditemani dengan hujan gerimis dan kabut tebal yang terkadang menutupi jalur. Terus terang dengan keadaan seperti itu, perjalanan kita menjadi sangat melelahkan.

Berjam-jam kita berjalan sampai akhirnya tiba di sebuah lokasi yang bernama "dinding lemari". Di lokasi ini kita menjadi sedikit down karena harus memanjat akar pohon sampai ketinggian lima meter.

Karena badan masih lelah, tanpa aba-aba pun kita langsung duduk di jalur untuk beristirahat sampai membuat semua rekan nyaris tertidur. Saat itu posisi saya berada di paling kanan rekan yg lain.

Disinilah kejadiannya...

Saat keadaan sunyi ini, ada satu rekan yang tiba-tiba marah karena merasa dijahili rekan sebelahnya. Beberapa menit kemudian rekan yang lainnya pun marah karena merasa dijahili rekan yang lain pula. Saya yang sedari tadi mendengar mereka ribut akhirnya ikut marah sambil berkata "istirahat saja kumpulkan tenaga!, belum waktunya bercanda!". Sampai akhirnya suasana kembali menjadi sunyi.

Beberapa menit setelah itu, kembali saya yang merasa di jahili. Ada yang menyentil telinga kiri saya. Segera saya angkat kepala yang sedari tadi berada di sela paha, untuk melihat siapa yang jahil. Dan ternyata saya lihat mereka pun sama seperti saya, sedang menaruh kepala di sela paha sambil duduk.

ok! mungkin hanya perasaan karena dingin, pikirku. Kembali saya letakkan kepala di sela paha untuk menghangatkan tubuh. Sekitar 5 menit setelah itu kembali ada yang menyentil telinga saya. Kali ini telinga kanan. Cukup sabar saat itu dengan tidak menggubrisnya. Kemudian disentil lagi dan dengan cepat saya angkat kepala untuk melihat pelakunya. Ternyata yang saya dapat rekan-rekan masih tetap dengan posisinya semula.

Saat hendak kembali memasukkan kepala di sela paha, tiba-tiba ada yang menendang kaki kanan saya. Dengan keadaan seperti ini,sangat jelas bahwa bukan rekan saya yang berbuat jahil. Segera saya berdiri dan membangunkan rekan lainnya untuk segera melanjutkan perjalanan. Dengan sigap rekan langsung berdiri dan kita segera melanjutkan perjalanan untuk mencapai shelter. Perjalanan untuk mencapai shelter yang normalnya memakan waktu 60 menit, kita tempuh hanya dengan 30 menit.

Setibanya di shelter, kita langsung mendirikan tenda untuk bermalam disana, karena kondisi fisik dan cuaca sudah tidak memungkinkan lagi. Saat di dalam tenda itulah satu persatu mulai cerita bahwa mereka tidak ada yang jahil dan sudah sangat takut dengan kejadian tadi. Karena lelah, beberapa rekan langsung tertidur, hanya saya yang belum tidur.

60 menit setelah itu nampak 3 buah lampu senter dari luar yang menyala terus mendekati tenda. Sangat takut saya melihat itu dan hanya bisa berdoa memohon perlindungan kepada yang kuasa. Saat sinar itu mendekat, keluarlah sebuah ucapan salam. Mendengar itu perasaan saya agak legah, karena itu suara manusia pada umumnya. Segera saya jawab salam itu sambil keluar dari tenda. Nampak 3 orang pendaki dengan jaketnya yang nampak basah terkena guyuran gerimis ini.

Setelah berbincang-bincang dengan mereka akhirnya saya bangunkan rekan yang lain untuk segera membongkar tenda dan melanjutkan perjalanan bersama mereka, sampai akhirnya kita tiba di puncak dengan selamat.

Besoknya kita kembali turun gunung menuju desa terdekat dan saya cerita kan lah kejadian kemarin dengan ketua adat setempat. Beliau hanya tersenyum sambil berkata "lain kali kalau mau istirahat jangan di jalur karena kalian akan menghalangi orang yang akan lewat".

Mendengar itu saya hanya mengangguk. Dari sini saya mendapat pelajaran yang sangat berharga.

-sekian-

Sedikit yang bisa diambil dari kejadian ini,

  • sebenarnya tidak ada yang harus kita takuti selain Yang Maha Esa. Saat perasaan takut itu datang, sebaiknya berusaha berpikiran positif, jangan terpancing emosi karena akan memperburuk keadaan. Ingatlah selalu Tuhan berdasar pada keyakinan masing-masing.
  • Saat masih dalam perjalanan, sebaiknya tidak perlu kau ceritakan dengan rekan lainnya, baik jika kejadian itu dirasakan sendiri ataupun bersama, selama kau bisa berpikir positif. Hal ini untuk mencegah phobia diantara lainnya.
  • Ingatlah untuk selalu merendah dan berprilaku sopan, sebagaimana kita di tempat orang.
  • Bergembiralah selama dalam perjalanan.
  • Pelajarilah kearifan masyarakat setempat.

masalah berpikiran positif, saya pribadi jika hanya mendengar suara-suara saja, selalu mengumpamakan dengan sesuatu yang logis.

seperti perumpamaan suara gesekan pohon yang tertiup angin, suara hewan yang numpang lewat dan masih banyak lagi yang bisa saya pikirkan secara logis, dengan melihat keadaan lingkungan sekitar.

Jika merasa melihat sesuatu yang aneh, saya hanya berpikir itu hanya halusinasi, pertanda saya sangat lelah dan butuh istirahat.

keep sharing,

selamat malam

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now


  • Similar Content

    • By Hiking Culture
      Check our schedule at www.hikingculture.id or arrange your own trip
      Contact us at  0815-1940-3139 or cs@hikingculture.id
      Jl.Puma Raya B5 No.34 Cikarang Baru
    • By ViCar Bromocorah
      Gunung yang satu ini letak nya di Bandung  Selatan,, buat temen temen forum jalan jalan yang suka mendaki gunung artapela ini wajib di coba, bagi pendaki pemula enggak perlu hawatir, track nya tergolong bersahabat. 
      Selamat mendaki.

       
      Sumber : gunung artapela
    • By Hiking Culture
      Salam Kenal,
      Kami Hiking Culture yang bergerak dalam bisnis Jasa Guide Gunung di Indonesia yang berlokasi di Cikarang siap mengantarkan Anda ke puncak-puncak gunung di Indonesia. Anda ingin mencoba sesuatu yang baru seperti mendaki gunung tetapi takut karena belum punya pengalaman dan tidak ada peralatan?
      Maka kami solusinya
      Beberapa paket yang kami tawarkan adalah :
      -          OPEN TRIP
                  Silahkan hubungi contact person untuk informasi jadwal Open Trip
      -          GROUP TRIP
                  Anda memiliki kelompok sendiri (min 10 orang) dan ingin harga Open Trip? Kami sarankan anda memilih paket ini, tentukan jadwal dan gunung yang ingin anda kunjungi.
                  Anda memiliki kelompok sendiri tetapi kurang dari 10 orang tetapi ingin harga Open Trip, silahkan tentukan gunung yang ingin Anda kunjungi maka akan kami buatkan Open Trip untuk memenuhi kuota.
      -          EKSKLUSIF TRIP
                 Anda ingin naik gunung tetapi tidak ingin membawa tas sebesar kulkas di rumah? Paket ini cocok untuk Anda. Anda hanya perlu siapkan tas kecil untuk membawa baju dan kebutuhan pribadi anda, kebutuhan lain untuk pendakian kami siapkan.
      -          RENTAL ALAT
                 Anda ingin ikut Open Trip tetapi tidak memiliki alat pendakian, kami juga melayani jasa penyewaan alat dengan biaya diluar paket Open Trip
       
      Hiking Culture
      WA/SMS/TELP : 0815-1940-3139
      BBM              : D5EBE9EC
      Alamat          : Jl.Puma Raya B5 No.34 Cikarang Baru Cikarang 17550
      “There is no Wi-Fi in the forest, but we promise you will find a better connection”
    • By Hiking Culture
      OPEN TRIP GUNUNG MERBABU
      ===============================================================================
      INFORMASI
      Lokasi : Gunung Merbabu, Jawa Barat
      Jalur : Selo
      Tanggal : 14 - 16 Juli 2017
      Biaya :
      - IDR 650.000 (Cikarang)
      - IDR 550.000 (Semarang)
      - IDR 450.000 (Terminal Boyolali)
      OPEN TRIP GUNUNG MERBABU
      ===============================================================================
      INFORMASI
      Lokasi : Gunung Merbabu, Jawa Barat
      Jalur : Selo
      Tanggal : 14 - 16 Juli 2017
      Biaya :
      - IDR 650.000 (Cikarang)
      - IDR 550.000 (Semarang)
      - IDR 450.000 (Terminal Boyolali)
      ===============================================================================
      FASILITAS
      INCLUDE
      - Transport PP MP - Basecamp
      - Tenda Kapasitas 4 orang (Sharing tenda)
      - Alat Masak
      - Guide
      - Logistik Tim
      - Porter Tim
      - Souvenir
      - Dokumentasi
      EXCLUDE
      - Item tidak disebutkan di atas
      ===============================================================================
      SYARAT DAN KETENTUAN
      - Peserta minimal 10 orang
      - Meeting point di Basecamp Rusber atau Semarang atau Terminal Boyolali
      - Pendaftaran dilakukan H-14 dengan membayar DP sebesar 50%
      - Pelunasan maksimal H-5 sebelum berangkat
      - Peserta yang sudah transfer dan mundur sebelum deadline, pembayaran dinyatakan hangus atau peserta dapat digantikan.
      - Apabila ada pembatalan dari pihak kami, pembayaran akan dikembalikan 100% yang sudah dibayarkan.
      - Apabila ada kejadian yang mengakibatkan pendakian tertunda atau batal maka akan diselesaikan secara musyawarah mufakat
      - Pendaftaran ditutup / deadline H-5 sebelum berangkat
      - Tidak menerima booking tanpa DP
      - Calon peserta & peserta dianggap mengerti dan menyetujui semua ketentuan di atas
      ===============================================================================
      PENDAFTARAN
      - Informasi kuota peserta bisa menghubungi ke nomor
      WA/SMS/Telp: 0815-1940-3139
      BBM : D5EBE9EC
      Email : hiking.culture@gmail.com
      - Kirim SMS/WA/BBM pendaftaran dengan format:
      Pendakian Gunung XXX
      Nama :
      No HP :
      Meeting Point :
      Email :
      Ukuran Kaos :
      - Kirim email pendaftaran dengan format:
      Subject Email : Pendakian Gunung XXX
      Content Email :
      Nama :
      No HP :
      Meeting Point :
      Ukuran Kaos :
      - Pembayaran DP minimal 50% (rekening Tanya lewat WA)
      - Bukti pembayaran kirim melalui WA/BBM ke nomor xxx atau email xxx maksimal H+2 setelah transfer.
      - Peserta akan dinyatakan fix ikut apabila sudah melunasi pembayaran
      - Apabila peserta tidak jadi ikut dan sudah melewati deadline, pembayaran tidak dapat dikembalikan tetapi dapat digantikan oleh orang lain.
      ===============================================================================
      ITINERARY
      Hari 1, Jumat
      20.00 - 21.00 MP Cikarang
      21.00 - 07.00 Cikarang - Boyolali
      07.00 - 08.00 MP Boyolali - Basecamp Selo
      Hari 2, Sabtu
      08.00 - 09.00 Persiapan Pendakian
      09.00 - 15.00 Beskem - Pos 3
      15.00 - 16.30 Pos 3 - Sabana 1
      16.30 - 18.00 Buka Tenda, Foto2
      18.00 - 19.00 Ibadah, Masak
      19.00 - 21.00 Acara Bebas
      21.00 - 04.00 Istirahat
      Hari 3, Minggu
      04.00 - 05.00 Persiapan Summit
      05.00 - 06.00 Sunrise di Sabana 2
      06.00 - 09.00 Ke Puncak Kenteng Songo & Triangulasi
      09.00 - 10.00 Enjoy Puncak
      10.00 - 12.00 Kembali ke Sabana 2
      12.00 - 13.00 Ibadah, Masak, Persiapan Turun
      13.00 - 18.00 Turun ke Beskem Selo
      18.00 - 19.00 Bersih-bersih & Persiapan Pulang
      19.00 - xx.xx Pulang Ke Jakarta
      ===============================================================================
      PERLENGKAPAN
      Perlengkapan Tim
      - Tenda (Sudah disediakan)
      - Alat Masak + Bahan Bakar (Sudah disediakan)
      Perlengkapan Pribadi
      - Tas Carrier min 40 L
      - Geiter
      - Kostum Treking (Baju & Celana Lapangan)
      - Jaket Gunung WAJIB
      - Sleeping Bag WAJIB
      - Matras Biasa / Matras Aluminium WAJIB
      - Jas Hujan / Ponco WAJIB
      - Sepatu Outdor WAJIB MENGGUNAKAN SEPATU
      - Sendal Gunung
      - Kupluk / Topi / Slayer / Buff WAJIB
      - Pakaian Ganti (Baju, Celana, Dalaman) WAJIB
      - Sarung Tangan & Kaos Kaki WAJIB
      - Alat Makan (Piring, Gelas, Sendok, Garpu, Pisau, dll) WAJIB
      - Botol Minum WAJIB
      - Obat-Obatan Pribadi WAJIB
      - Alat Bersih-Bersih(tisu dll) WAJIB
      - Senter / Headlamp WAJIB
      - Baterai Cadangan WAJIB
      - Trash Bag Sedang WAJIB
      - Printilan Outdor (Korek,Pisau, tali dll)
      - Trekking Pole
      * Perlengkapan yang ada keterangan WAJIB harus dibawa demi keamanan dan kenyamanan peserta
      * Jika tidak memiliki perlengkapan WAJIB silahkan hubungi panitia
      CONTACT PERSON
      Hiking Culture
      WA/SMS/TELP : 0815-1940-3139
      BBM : D5EBE9EC
      Email : hiking.culture@gmail.com
      ALamat : Jl.Puma Raya B5 No.34 Cikarang Baru Cikarang 17550
       
      Ingin mencoba sesuatu yang baru dan sedikit ekstrim seperti mendaki gunung tapi takut karena belum memiliki pengalaman maka kami solusinya
      -          Hubungi contact person untuk menanyakan jadwal Open Trip tahun 2017
      -          Anda memiliki kelompok sendiri (minimal 10 orang) dan ingin harga Open Trip, silahkan hubungi contact person kami untuk tentukan gunung dan jadwal pendakian.
      -          Kelompok anda kurang dari 10 orang, akan kami buatkan Open Trip untuk mencari tambahan orang ke gunung yang anda inginkan.
      -          Anda ingin fasilitas ekstra, tidak ingin membawa tas sebesar kulkas di rumah maka Eksklusif Trip cocok untuk anda. Anda hanya perlu membawa baju ganti dan tas kecil kebutuhan lain kami sediakan.
    • By Barajiwa Patria Soedarmo
      Hallo guys berjumpat lagi bersama ane sang travller super sajati alami:ngakak . Di perjalanan kali ini ane mau agan dan aganwati ke Puncak Gunung Telomoyo yang berada di Magelang, Jawa Tengah:matabelo . Seperti biasa yuk kita liat peta-nya

      Nah seperti yang bisa kita lihat Gunung Telomoyo itu berada di dekat Gunung-gunung tinggi lainnya seperti Gunung Merbabu, Gunung Ungaran, dan juga Gunung Andong:2thumbup .Gunung ini berada di ketinggian 1894m diatas permukaan laut dan juga merupakan gunung aktif:takut . Seperti biasa ane mau memperkenalkan travller yang ikut bersama ane mengintari Gunung Andong dengan motor:ngakak .
       
       
       
       
       

      Dan Inilah kita di Puncak Gunung Telomoyo
       
    • By deffa
      Hola Deffa Here !!!
      Ok sebelum nya saya mau mukadimah dulu kalau saya baru saja tiba dari perjalanan sekitar 10 hari dari Jepang (Osaka-Kyoto) dan Korea Selatan (Seoul) tanggal 7 - 15 Maret 2016. Untuk Field Report perjalanan saya tersebut nanti ya, karena saya rasa hal ini cukup penting saya info kan agar kalian juga bisa terhindar "kemalangan" seperti saya
      Jadi begini di awali dengan saya mau berhemat biaya untuk Internet an selama di 2 negara tersebut, maka saya mencari info dan menghitung-hitung biaya yang di habis kan dan juga efisien nya, jika menggunakan Paket Data Roaming Harian dari Kartu Halo Telkomsel Pascabayar biaya nya adalah sebagai berikut :

      Saya menggunakan paket Internet 7 + 1 hari untuk wilayah Asia & Australia jadi 480.000 + 125.000 = Rp. 605.000 untuk 8 hari. Karena 2 hari sisa nya adalah di Perjalanan dalam Pesawat Pulang dan pergi
      Saya mengaktifkan paket ini di tanggal 8 Maret 2016 ketika tiba di Osaka, untuk 7 hari terlebih dahulu dan saya gunakan di Smartphone Android saya terlebih dahulu yaitu Xiaomi Mi3. Karena daya tahan batrenya yang cukup besar jadi saya gunakan untuk Tethering ke Iphone dan juga Laptop. Paket data 7 Hari berlaku sampai tanggal 14 Maret 2016. 
      Nah ketika tanggal 14 Maret posisi saya sudah berada di Korea, saya aktifkan paket data yang 1 hari sebesar Rp. 125.000 dan saya pindahkan kartu nya ke Smartphone Iphone 5 Ios 9.2. Nah disini malapetaka terjadi. 
      Ketika tanggal 15 perjalanan pulang ke Indonesia saya iseng mengecek data tagihan saya di *266# lalu ke Info Data Roaming Usage. Betapa kaget nya saya ketika melihat data tagihan Roaming saya adalah Rp. 1.217.305. Ini adalah 2 kali dari Paket Data Roaming 7 + 1 hari yang saya gunakan (Rp. 605.000)

      Lalu saya telepon ke Call Center Halo untuk Internasional di nomor +628110000333
      Saya jelaskan permasalahan saya dan mereka melakukan pengecekan, dan didapati bahwa pada tanggal 14 Maret 2016 dari Nomor saya melakukan berkali-kali panggilan Facetime ke no yang sama yaitu +44xxxxxxxxxxxx 
      Dan hal ini bikin saya kaget karena saya sama sekali tidak pernah melakukan Telepon, SMS bahkan Facetime, sekali pun selama di Luar Negeri. Karena saya hanya menggunakan Internet Data saja.
      Lalu oleh CS saya di suruh cek ke bagian Setting Facetime Iphone apakah dalam kondisi ON (Nyala). Dan betul dalam kondisi ON. Kemungkinan ada System Error pada Iphone yang melakukan Auto Facetime ke Auto Random Number, karena berada dalam jaringan Roaming. 

      Jadi biaya Facetime tetap di kenakan ke dalam Data Roaming, dan masuk hitungan Telepon Internasional. Sama hal nya dengan biaya SMS Internasional. Karena saya menggunakan Paket Data Roaming Harian jadi Biaya Telepon dan SMS Internasional tidak tercover di paket tersebut

      Dengan total kelebihan sekitar Rp. 612.000 jadi saya melakukan Auto Facetime sebanyak 60 detik, dimana per 6 detik adalah Rp. 10.909
      Jadi kalian harus berhati-hati jika menggunakan Smartphone Iphone dan Paket Data Roaming Harian Kartu Halo Telkomsel. Dan tidak menutup kemungkinan di Provider lain yang berupa Pascabayar, karena jika yang Prabayar, kalau tidak salah perhari ada batas maksimal penggunaan sebesar Rp. 75.000.
      FYI ketika saya ke Tokyo pertama kali menggunakan Paket Data Roaming yang 5 hari dan digunakan di Android aman saja, tidak ada jebol atau biaya tambahan apapun. 
      FYI Paket Data Roaming Telkomsel ada 2 jenis. Paket Data Roaming Harian dan Paket Data 3 in 1 :
      Paket Data Roaming Harian : Hanya Data Internet saja yang di cover Paket Data 3 in 1 : Cover Sms, Telepon dan Data Internet Info lengkap nya KLIK >> INI
      Untuk menghindari kemalangan seperti saya ini ada baik nya pengguna Iphone yang mau ke Luar Negeri MENONAKTIFKAN fitur FACETIME nya, caranya :
      Masuk ke Setting Pilih FACETIME Klik cursor Facetime ke OFF
      Dengan demikian kalian bisa terhindar dari System Error Auto Facetime Random Number seperti saya ini.
      Hal lain yang perlu di perhatikan jika menggunakan Paket Data Roaming Kartu Halo Telkomsel adalah :
      Call Center Kartu Halo untuk di Luar Negeri adalah +628110000333 (GRATIS) Pendaftaran Paket bisa melalui *266# di Dalam atau Di Luar Negeri Nerima SMS GRATIS Kirim SMS Bayar Roaming SLI (Per SMS Rp. 7.000) Nerima dan Menelepon Bayar Roaming kedua belah pihak Bisa juga menggunakan Paket Data Roaming 3 in 1 namun dengan biaya yang lebih mahal tentunya Demikian lah pengalaman PAHIT saya dalam perjalanan kali ini, saya akui Over Budget dalam hal Komunikasi ini, karena ini sangat di luar dugaan. Semoga kalian tidak mengalami hal ini
      Semoga Berguna dan Silahkan di Bagikan jika Berguna :) 
       
    • By JUNASIKPARK
      WARNING.. DISTURBING PICUTRE
       
       
      Hi Jalan2ers, Saya suka dengan museum, bisa melihat dan bertemu langsung dengan objek2 bersejarah dan sebagainya, tapi kalau harus melihat hal2 yang menggelikan seperti tumor, anomali organ tubuh manusia dsb.. huft sambil menghela napas, rasanya saya ga mau masuk ke sana lah, bikin nafsu makan hilang saja. Tapi saya malah ingin coba bahas sedikit di sini haha, dikutip dari berbagai sumber yang ada.
       
      Jadi tuh, Mütter Museum terletak di sebuah galeri dua tingkat di kota Philadelphia, Pennsylvania. Musuem ini berada di tengah2 area terbuka dari College of Physicians of Philadelphia, sebuah sekolah yang didirikan pada tahun 1787 untuk mempromosikan tujuan yang mulia seperti bioetika, pengakuan bahwa obat2an adalah seni juga sains. Museum ini sendiri didonasikan oleh Dr. Thomas Dent Mütter pada thn 1858, terkenal dengan koleksinya yang tidak biasa, seperti spesimen organ berpenyakit atau anomali organ tubuh, patung lilin patologi, alat2 medikal dan benda2 aneh lainnya dari tubuh manusia yg dimasukkan ke dalam toples yang bisa memberi mimpi buruk buat orang2 yg sensitif.
       
      Beberapa hal yang bisa ditemukan di museum ini antara lain, Koleksi tengkorak manusia
       
       
       
      Nah, tengkorak manusia mah belum seberapa lah, kalo dibanding dengan benda2 jeli berlendir dari tubuh manusia. Di bawah ini adalah usur besar manusia yang membengkak hingga berukuran 7 kaki yg dikenal dg sebutan the mega colon. Pemilik usus ini sempat dikenal dg sebutan the Balloon man karena perutnya yg membesar seperti balon akibat gangguan saraf yang menyebabkan dia tidak buang air besar cukup lama dan ususnya menampung banyak sisa makanan. Dikatakan bahwa usus ini berisi lebih dari 40 pon kotoran hehe..
       
      Ada patung wax wanita dengan tanduk di dahi. Wanita ini adalah tukang cuci yang tinggal di Paris pada awal abad 19. Sebuah tanduk yg memiliki unsur yg sama dg kuku dan rambut berkumpul di satu tempat dan tumbuh membesar menjadi tanduk.

      ini adalah kanker sifilis, ya setidaknya kita jadi tahu bentuk penyakitnya seperti ini ;p

      sumber: http://freeartpics.blogspot.com/2010/12/mutter-museum-of-human-pathology.html
       
      Tumor dari presiden AS, Glover Cleveland, juga dipamerkan...

       
      Pada suatu waktu di abad ke-19, seorang wanita gemuk meninggal dan tubuhnya berubah hampir seluruhnya menjadi sabun hingga dijuluki The Soap Lady. Tubuhnya dimumikan di dalam museum.

       
       
      Mendrakis, flickr.com
       
       
      Ya, masih banyak hal ganjil lainnya gan, tapi ngeliat kebanyakan jg males gan, ni liat videonya aja deh...
       
       
       
      Masih tertarik utk berkunjung ke museum ini gan???