• agoda-hemat.png

baihaki1985

Ada Berapa Macam Soto Di Indonesia?

30 posts in this topic

Kuliner Indonesia memang sangat beragam. Terlebih Indonesia memang dikenal mempunyai berbagai jenis suku. Jadi, tak mengherankan kalau setiap suku memiliki cita rasa makanannya tersendiri. Dan salah satu kuliner yang mungkin hampir ada di setiap wilayah Indonesia adalah soto. Kira-kira soto apa saja ya?
 
Soto lamongan
 
Kuliner soto yang satu ini tentunya paling mudah untuk dijumpai, bahkan tak hanya di Lamongan. Tapi juga bisa didapatkan di berbagai kota di Jawa Timur. Ciri khasnya adalah warnanya yang kuning keemasan. Biasanya yang membuat soto lamongan enak dinikmati adalah keberadaan koya. Di Surabaya, terdapat kuliner soto lamongan yang enak, yakni Soto Cak Har. Bisa dicoba kalau kapan-kapan datang ke kota pahlawan ini. 
 
Soto madura
 
Kalau soto lamongan menggunakan ayam, maka lain halnya dengan soto madura. Soto yang berasal dari pulau garam ini menggunakan irisan daging. Saya kurang begitu ngeh sih perbedaan antara soto lamongan dengan soto madura. Pernah mencoba sebuah warung pinggir jalan yang tulisannya soto madura, dan ya nggak terlalu beda dengan soto lamongan, kecuali pada penggunaan daging, beda dengan soto lamongan yang pakai ayam. 
 
Namun orang-orang Madura kalau di Jawa Timur memang terkenal memiliki kemampuan memasak yang tinggi, sebelas dua belas lah dengan orang Lamongan yang serba bisa. Oh iya, untuk soto madura ini, biasanya disajikan dengan beberapa tambahan seperti bawang merah, telur rebus, taoge serta kalau Anda memiliki selera, bisa menambahkan jeruk nipis ataupun kecap manis. 
 
Soto kuwali
 
Dari Jawa Tengah, ada yang namanya soto kuwali yang berasal dari Solo. Soto yang satu ini mempunyai kuah bening. Selain itu, soto ini menggunakan bahan daging, hampir sama dengan soto madura. Sebagai tambahan, soto kuwali biasanya disajikan dengan pelengkap berupa mie soun, kentang, taoge, bawang, irisan daging ayam serta irisan daging sapi. Oh iya, saya belum pernah nyoba untuk soto yang satu ini. Jadi, kali saja ada yang mau traktir... hehehe
 
Soto betawi
 
Dulu pernah beberapa kali mencoba soto betawi di Jakarta. Secara nggak terlalu tahu sih tempat soto betawi yang enak. Saat itu nyoba Soto betawi Haji Awi yang ada di daerah Pejaten, yang kuah bening. Dan sepertinya lidah saya kurang begitu familier dengan rasa soto betawi. Pernah juga nyoba yang soto betawi dengan kuah santan. Prefer yang kuah bening sepertinya. Lebih nendang kalau istilahnya mah :D
 
post-28968-0-92118900-1414432492.jpg
Soto betawi (Wikimedia Commons/Gunawan Kartapranata)
 
Dari segi penyajian, soto betawi juga memiliki cara yang berbeda dengan jenis soto lain. Biasanya, soto betawi ditawarkan dengan irisan tomat serta emping melinjo sebagai tambahan. Dan meski namanya soto betawi, saat ini soto yang satu ini sudah merambah ke tempat-tempat lain dan tak hanya bisa dijumpai di Jakarta, tapi juga di kota-kota lain. 
 
Soto mie bogor
 
Soto mie bogor, hmmm... jujur, nggak pernah tertarik untuk mencoba makanan yang satu ini... hehehehe. No offense buat lho ya. Secara penampilan, soto mie bogor, menurut saya kurang begitu menarik perhatian. Ini mungkin karena lokasi kali ya. Kali saja ada yang ngerekomendasikan soto mie yang enak di Bogor? Jadi, kapan-kapan kalau mampir ke Bogor bisa nyoba langsung. 
 
post-28968-0-01033400-1414432405.jpg
Soto mie bogor (Wikimedia Commons/Gunkarta)
 
Dibandingkan dengan soto lamongan, soto mie bogor memang memiliki penampilan yang jauh berbeda. Yang mencolok adalah keberadaan mie kuning pada soto ini. Hal ini jelas berbeda dengan soto lamongan atau soto madura yang memakai mie soun. Selain itu, soto mie bogor juga biasanya disajikan dengan berbagai pilihan, ada yang menggunakan ayam, daging atau jeroan. Suka-suka konsumen lah ingin yang mana. 
 
Soto medan
 
Beralih ke Pulau Sumatera, tepatnya di Medan, kita bisa menjumpai varian soto lain yang disebut dengan nama soto medan. Dan lagi-lagi, maaf and sori, untuk kuliner yang satu ini saya belum pernah merasakannya secara langsung. Baik yang ada di Medan ataupun yang mungkin dijumpai di kota lain. 
 
post-28968-0-09758900-1414432185.jpg
Soto medan (Wikimedia Commons/Kenrick95)
 
Secara rasa, tentunya soto medan memiliki cita rasa tersendiri. Kuah soto ini juga memiliki tampilan yang tidak jernih, karena menggunakan rempah-rempah yang beragam. Soto medan bisa dinikmati dengan menggunakan bahan berupa daging, paru-paru, jerohan ayam ataupun sapi. Hal ini tentu saja disesuaikan dengan selera masing-masing. 
 
Soto banjar
 
Melintas ke Kalimantan, tepatnya ke Banjarmasin, maka kita bisa menikmati sajian soto yang bernama soto banjar. Soto ini biasanya disajikan dengan menggunakan potongan ketupat yang disertai mie soun, kentang, perkedel, ayam, telur dan setelah itu disiram dengan kuah soto. Di atasnya, biasanya dibubuhkan taburan bawang goreng, bawang putih, seledri serta perahan jeruk nipis. 
 
post-28968-0-65963800-1414432300.jpg
Soto banjar (Wikimedia Commons/Midori)

soto medan.jpg

soto banjar.jpg

soto mie.jpg

soto betawi.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

@baihaki 1985

 

haloooo,mas
nice thread ..... :senyum
 

 

 

 

Hehehehe sebagai orang bogor, sepertinya saya tergerak memberi comment nih soal soto bogor  xixixixixixixi  :tersipu 

Memang sih, susah nyari soto bogor yang enak ...aku ajah orang bogor ngaku akan hal ini. Karena banyak yg merasa bisa bikin soto bogor, padahal amburadul rasanya.

 

Ciri khas dari soto bogor itu :

 

kuahnya tipis saja, tidak seperti soto lainnya. Artinya dia enggak pake santen.  Disinilah tantangannya, kuah khan gurih karena santan, kalau kuah bening enaknya bener-bener dari kaldu sapi yg dicemplungin di dandangnya. Kalau kuahnya enggak kerasa kaldu sapinya hampir dapat dipastikan enggak bakal enak itu soto.  Selain gurih, kuahnya pasti wangi, tercium bahkan dari beberapa meter...

 

kuah yang tipis dan segar juga berasal dari jeruk nipis dan potongan tomat......

 

Wangi dan gurih juga berasal dari bawang gorengnya ...

 

Selain itu, daging merah yg empuk dan WAJIB ditambah tetelan yang bikin makan soto bogor jadi gurih nikmat bangettttttttt ... plus kalau KUAHNYA PANAS keluar deh tuh semua rasanya ...

 

dan JANGAN  LUPA dengan gorengan kroket yang wajib ada di setiap soto bogor  hehehhee  :kesengsem

 

 

Kalau tertarik ama soto ini, bagi orang jakarta khususnya di dekat pasar rebo dst, ada warung soto bogor yang kesohor banget enaknya....

ada di daerah cibubur (lapangan tembak)  namanya SOTO BANG SIMIN ... kebetulan yang punya bokapnya temen saya (rahmat) ....

silahakan dicoba, enggak bakal kecewa deh ...   :rate

kalau enggak salah mereka ada cabang di serpong ...

Share this post


Link to post
Share on other sites

@baihaki 1985

 

 

PLUS di bogor ada berbagai macam soto lagi :

 

yang tidak kalah terkenal ada SOTO KUNING pak yusuf

dapat ditemui di surganya kuliner tradisional di jalan Surya Kencana (SurKen) ...
disitu ada beberapa warung Soto Kuning, yang semuanya enak kokkkkk

 

ada juga yang di depan Apotik apaaaa gitu ,,, seberang bank mandiri (di sekitar Gang Aut - Surya KEncana) ....
Disitu ada soto dan berbagai tambahan lainnya, bagi yang suka kancing levis atawa jengkol wahhhhhhhh DI TEMPAT ini nih bisa melampiaskannya .... dijamin puas .....

 

cobain deh yah

Share this post


Link to post
Share on other sites
2 minutes ago, deffa said:

woh enak om @Riduwan coto makassar apalagi coto nusantara :D

eehhh momod @deffa maenx coto makassar d nusantara yahhhh

itu emang paling enak seh, cuman pas jalan2 d nusantara itu yg bikin ngeri2 sedap...:tersipu

Share this post


Link to post
Share on other sites
3 minutes ago, Riduwan said:

eehhh momod @deffa maenx coto makassar d nusantara yahhhh

itu emang paling enak seh, cuman pas jalan2 d nusantara itu yg bikin ngeri2 sedap...:tersipu

hahaha yoi "terkenal" tuh area :P

apa kabar om ridu dimana sekarang :D 

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 4/2/2016 at 2:02 PM, petrus.sitepu said:

kalau saya suka soto mie bogor. yang bikin enak itu tetelannya. Mantab. 

Nice post @baihaki1985

soto mie bogor wah pas tuh saya juga suka itu

ama soto kuning bogor juga enak :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

  • Similar Content

    • By Haryo TW
      Rendang sangat pas untuk dijadikan menu santap keluarga. Rasa pedas dan gurih dari rendang ini akan membuat keluarga Anda lebih berselera untuk menikmati makanan. Biasanya ibu rumah tangga masa kini cenderung malas untuk memasak sendiri dan memilih untuk membelinya di rumah makan atau restoran. Termasuk masakan rendang. Bagi beberapa orang, memasak rendang adalah hal yang rumit. Tetapi ternyata memasak rendang tidaklah serumit yang Anda bayangkan. Kini telah banyak beredar resep rendang daging sapi di internet. Anda dapat mengunduhnya dan mengikuti langkah-langkahnya. Namun ada sesuatu hal yang terkadang membuat masakan rendang Anda gagal padahal Anda telah mengikuti langkah-langkah pada resep. Rahasia apakah itu?
       
      Untuk memasak rendang daging sapi yang lezat, jangan pilih daging yang terdapat bagian lemaknya. Karena lemak pada daging akan membuat daging terasa alot dan tidak empuk. Selanjutnya untuk memasak daging, lebih baik Anda presto dagingnya bersama bumbu rendang yang telah diracik. Dengan demikian, daging tidak hanya menjadi lembut tetapi bumbu rendang pun akan lebih meresap ke dalam daging. Bila pada sebagian besar resep mengatakan “aduk santan hingga merata†ketika memasak santan, jangan mengaduknya dengan gerakan memutar. Melainkan aduk dengan gerakan seperti menimba. Sebab dengan demikian maka santan tidak akan pecah. Karena santan yang pecah akan mempengaruhi rasa masakan rendang Anda.
       
       
      Untuk menambah rasa lezat pada masakan rendang Anda, jangan lupa sajikan bersama sayur daun ubi atau sayur nangka muda. Resep rahasia memasak daun ubi adalah setelah daun ubi dipetik, pilin-pilin daun ubi dengan gerakan memutar. Karena ini dapat mengeluarkan aroma dan rasa yang ada pada daun ubi saat direbus. Masakan rendang juga identik dengan sambal hijau. Oleh sebab itu, kehadiran sambal hijau seakan menjadi harga mati dalam menyajikan masakan rendang. Namun bagi keluarga Anda terutama anak-anak, yang tidak menyukai makanan pedas, Anda dapat menambahkan kecap manis pada masakan rendang. Selalu gunakan Kecap Manis Bango karena mengandung kedelai hitam murni yang pastinya akan menambah kelezatan pada resep rendang daging sapi buatan Anda.

    • By marioboros
      Kalimantan Selatan yang wilayahnya terdiri dari 13 Kabupaten memiliki hidangan khas, yakni Soto Banjar. Saat anda berkunjung ke Kalimantan Selatan, jangan lupa mencicipi salah satu soto yang ada di nusantara kita ini. soto ini memiliki rasa yang khas karena didapatkan dari perpaduan rempah yang menguatkan rasa dan aroma yang dihasilkan. Selain itu soto ini juga memilih penggunaan ayam kampung asli, untuk cita rasa yang lebih nikmat.
      Namun sayangnya saat ini olahan Soto khas Banjar sudah tidak original lagi, sebab adanya pergantian beberapa bahan utama.
      1.       Mengganti ayam kampung dengan ayam ras, atau jenis ayam lainnya,
      2.       Menggunakan tambahan penyedap rasa (vetsin),
      3.       Menghilangkan kandungan terasi atau kapulaga dan rempah lainnya,
      4.       Proses pemasakan yang dilakukan oleh orang sembarangan.
      Sehingga saat anda ingin mencicipi soto ini sebaiknya mencari referensi tempat yang sudah lama menyajikan hidangan ini. Selain terjamin cita rasanya, juga terjamin cara pengolahan dan pemilihan bahan yang tepat.
      Soto Banjar merupakan salah satu hidangan yang wajib anda coba, sebab kenikmatannya memang sudah tidak perlu disangsikan. Kini anda bisa menikmati soto khas Kalimantan Selatan tanpa perlu datang langsung ke provinsi ini. Sebab telah ada beberapa rumah makan yang menyajikan hidangan ini, kemudian anda juga bisa membuatnya sendiri. Sebab bahan dan cara pengolahan hampir serupa dengan jenis soto lainnya di Indonesia. 
    • By marioboros
      Sebagai salah satu makanan tradisional yang sudah terkenal dan disukai banyak masyarakat Indonesia, Soto Banjar merupakan soto yang terbilang komplit karena dilengkapi dengan beraneka macam makanan seperti soun, perkedel kentang, telur rebus dan lain sebagainya. Bukan hanya makanan rumahan, berbagai restoranpun menyajikan makanan special yang satu ini dengan penampilan yang cantik dan rasanya yang tidak kalah enak.
       
      Berikut ini resep Soto khas Banjar asli yang seenak restoran.
       
      Bahan-bahan:
      ·         Bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan lalu ditumis.
      ·         Ayam kampung yang sudah direbus, potong atau suwir-suwir.
      ·         Jahe, daun salam, merica, garam, pala dan cengkeh secukupnya untuk dimasukkan ke dalam kuah.
      ·         Soun, telur rebus dan perkedel kentang.
       
      Cara membuat:
      ·         Rebus tumisan bawang dengan air rebusan ayam,
      ·         Masukkan rempah dan bumbu ke dalam kuah hingga mendidih,
      ·         Tuang kuah selagi hangat ke mangkuk yang sudah diisi soun, ayam suwir, telur rebus dan perkedel kentang.
       
      Agar lebih terlihat ala restoran, susunlah bahan-bahan ke dalam mangkuk dengan rapih lalu beri taburan bawang goreng serta irisan daun bawang. Kemudian, memberi sedikit kecap manis, dan perasan jeruk nipis di atasnya juga bisa dilakukan untuk menambah cita rasa soto yang khas. Itulah resep Soto Banjar asli ala restoran yang bisa anda coba di rumah.Resep Soto Banjar Asli Seenak Restoran
       
      Sebagai salah satu makanan tradisional yang sudah terkenal dan disukai banyak masyarakat Indonesia, Soto Banjar merupakan soto yang terbilang komplit karena dilengkapi dengan beraneka macam makanan seperti soun, perkedel kentang, telur rebus dan lain sebagainya. Bukan hanya makanan rumahan, berbagai restoranpun menyajikan makanan special yang satu ini dengan penampilan yang cantik dan rasanya yang tidak kalah enak.
       
      Berikut ini resep Soto khas Banjar asli yang seenak restoran.
       
      Bahan-bahan:
      ·         Bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan lalu ditumis.
      ·         Ayam kampung yang sudah direbus, potong atau suwir-suwir.
      ·         Jahe, daun salam, merica, garam, pala dan cengkeh secukupnya untuk dimasukkan ke dalam kuah.
      ·         Soun, telur rebus dan perkedel kentang.
       
      Cara membuat:
      ·         Rebus tumisan bawang dengan air rebusan ayam,
      ·         Masukkan rempah dan bumbu ke dalam kuah hingga mendidih,
      ·         Tuang kuah selagi hangat ke mangkuk yang sudah diisi soun, ayam suwir, telur rebus dan perkedel kentang.
       
      Agar lebih terlihat ala restoran, susunlah bahan-bahan ke dalam mangkuk dengan rapih lalu beri taburan bawang goreng serta irisan daun bawang. Kemudian, memberi sedikit kecap manis, dan perasan jeruk nipis di atasnya juga bisa dilakukan untuk menambah cita rasa soto yang khas. Itulah resep Soto Banjar asli ala restoran yang bisa anda coba di rumah.
    • By santapjogja
      Santap Mania memiliki masalah dengan kolesterol tapi sangat doyan daging? Inilah solusinya. Silakan mengonsumsi daging kalkun karena jenis unggas ini rendah lemak dan kolesterol. Bahkan menurut penelitian, kandungan proteinnya sangat tinggi (24%) jauh di atas daging ayam.
      Bagaimana dengan efeknya bagi kesehatan Anda? Kesehatan jantung dan kekebalan tubuh akan meningkat. Di Amerika Serikat, ahli gizi menganjurkan anak-anak untuk diasupi daging kalkun karena manfaatnya yang sangat penting dalam masa pertumbuhan.

      Jogjakarta sebagai Kota Kuliner Nusantara tentu tak mau kalah. Anda tak harus menanti perayaan Thanksgiving atau terbang ke Negeri Paman Sam atau Eropa. Sajian daging kalkun dapat Anda cicipi di Warung Soto Kalkun Pak Kenthus di dekat Sentra Kerajinan Kulit Manding, Bantul.

      Siapkan cadangan adrenalin Anda karena untuk mencapai Warung Pak Kenthus butuh waktu dan tenaga ekstra. Tempatnya sedikit terpencil dan cukup jauh dari kota JogJakarta. Namun setelah Anda sampai dan menikmati kesegaran soto kalkun yang rasanya sangat khas, Anda tidak akan menyesal telah menempuh perjalanan yang cukup jauh ke lokasi ini.
      Rica-rica kalkun
      Selain soto, Pak Kenthus menawarkan pula sajian olahan daging kalkun yang lain seperti rica-rica dan gule dengan bumbu rempahnya dan dagingnya yang lembut. Penasaran ingin segera menikmati kelezatan daging kalkun tanpa takut kolesterol? Ayo berkunjung ke Warung Soto Kalkun Pak Kenthus!
       
      Nikmati sajian liputan kuliner kami lainnya di santapjogja.com
    • By zeekyuryu
      Pecinta Soto silakan masuk... Pasti oada tau kan soto kudus? enak banget nih soto. Nah, soto kudus sebenrnya banyak di mana-mana. Tapi ane mau ngenalin salah satu tempat soto kudus di sekitar rumah ane. Namanya Soto Kudus Ayam Kampung. Lokasinya ga jauh dari perumahan Bukit Golf dan Address Cibubur. Cat warungna warna kuning. Pokoknya keliatan cukup jelas. Sayangnya ane ga poto2 karena waktu ke sini lupa ga bawa hp  
       
      Enaknya lagi, ada tempat parkir yang yah lumayan lah cukup luas. Menunya, ada soto kudus ayam kampung sama soto kudus daging, dan lain-lain. Itu menu utamanya. Nah, sama ama warung soto2 lain, makannya bisa dipisah atau dicampur sama nasi. Porsinya lumayan dan harganya antara 10k - 15k. Enak deh seger,... apalagi ujan-ujan gini
       
      makannya bisa dicampur dengan sate rempela ati, telor puyuh atau juga kerang yang @4k. nah, buat temen2 yang bawa pacar, sodara, atau temen yg ga suka soto, bisa mesen sate atau tongseng di warung yang persis di depan soto kudus ayam kampung ini,.. yang di deket sini, silakan mampir... :)
    • By AB. Harta
      Selamat Malam semua....
      saya baru pulang dari luar kota nih...
      lalu, ada temen yang ngasih rekomendasi kalo lewat purwakarta cobain soto sadang nya.
      waktu saya nyoba, rasanya enak banget deh...

      lalu saya tanya-tanya ke Pramuniaganya (saya gak sempet ketemu ama owner nya ) tentang soto sadang itu sendiri. dan saya bilang mau di masukin ke Forum jalan-jalan ini biar makin banyak yang tahu.
      dan, ini lah ceritanya.





      Biar makin ngiler, ini nih beberapa fotonya:











      Buat yang mau pergi-pergi lewat Purwkarta, wajib deh nyoba makan di restoran ini....
    • By desmaster
      Teman-teman jalan2ers sekalian, kalau kita berbicara mengenai makanan-makanan yang ada di Indonesia, tentunya semua sudah tidak asing dengan yang namanya soto. Ada banyak banget jenis soto yang ada di Indonesia, tapi yang kali ini mau saya bahas adalah mengenai soto tangkar.. soto yang asalnya dari betawi.

      Soto yang terdiri dari kuah yang menggunakan santan dan rempah-rempah, lalu ditambah dengan daging sapi ataupun babat, lalu ada bawang, ada tomat, dsb lalu dimakan bersama nasi.. ughhh.. benar-benar menggugah selera. *gara-gara ngebayangin ini saya jadi laper dech*. Cukup dengan kuahnya aja itu saya uda bisa makan nasi sampe puas, abis rasanya enak banget sich. Ada yang suka juga?