• agoda-hemat.png

Jalan2

Berobat Ke Melaka Sambil Wisata

20 posts in this topic

Kebanyakan orang beranggapan, bila orang Indonesia sedang berobat ke luar negeri, pasti tujuannya adalah Singapura. Tidak salah memang. Negeri dengan lambang Merlion tersebut kian gencar untuk mempromosikan perjalanan berobat berpadu dengan perjalanan wisata. Tapi tahukah Anda bahwa Malaysia pun menyimpan lokasi berobat yang sekarang sudah mulai banyak dilirik?

 

Ya, keberadaan Singapura sebagai primadona destinasi wisata medis, agaknya sudah mendapatkan pesaing berat. Melaka, merupakan andalan Malaysia untuk menyedot wisatawan sekaligus pasien yang berasal dari mancanegara. Sejauh ini, penduduk Indonesia yang paling kerap mengunjungi Melaka untuk berobat adalah penduduk Riau. Memang, dari Riau, tidak membutuhkan transportasi yang berbelit. Cukup menyeberang selat, sampai sudah di Melaka.

 

post-1-0-00844100-1415592023_thumb.jpg

 

Namun seiring berjalannya waktu, penduduk Indonesia dari provinsi lainnya semakin banyak yang berobat ke Melaka. Alasannya klasik. Dibandingkan mengunjungi Jakarta yang notabene lebih jauh, bila dihitung biaya berobatnya pun lebih murah. Ditambah lagi rumah sakit di Melaka cukup lengkap. Baik untuk peralatan yang disediakan maupun para spesialisnya. Bila Anda juga tertarik untuk medical check up sekaligus jalan – jalan di Melaka, berikut tipsnya.

 

Rumah Sakit

 

Ketika orang berobat ke Melaka, yang pertama terlintas tentunya rumah sakit yang paling kondang dari provinsi mungil di Malaysia ini. Mahkota Medical Center adalah jujukan utama ketika pasien yang berasal dari mancanegara khusus datang ke Melaka untuk berobat. Yang unik, ternyata kebanyakan petugas medis yang mengisi MMC, ternyata berasal dari Riau.

Berdasarkan pengalaman pasien yang sempat mengunjungi MMC, rata – rata mereka puas dengan pelayanan yang ramah dan sangat sabar dari para petugas medisnya. Hampir tidak ditemui pasien yang mengeluh karena merasa dinomorduakan ataupun diabaikan. Tidak peduli sesederrhana apa penampilan mereka.

 

post-1-0-08919800-1415591754_thumb.jpg

 

Selain itu, pasien – pasien yang sempat berobat ke MMC juga mengutarakan menyukai kejujuran yang diberikan oleh para petugas medisnya. Tidak dibuat – buat seolah penyakit tersebut adalah penyakit gawat yang harus membutuhkan biaya besar. Bila memang biaya yang dibutuhkan untuk proses pengobatan kecil, sesuai dengan jenis penyakitnya, maka hanya biaya yang terkait dengan penyakit Anda yang perlu untuk Anda bayar.

 

Yang lebih menyenangkan, bila Anda sering berkunjung untuk berobat ataupun medical check up di MMC, Anda akan mendapatkan kelonggaran biaya administrasi rumah sakit. MMC biasanya memberikan tenggang waktu bila Anda memang belum memiliki dana yang cukup saat berobat.

 

Anggaran Biaya

 

Satu yang pasti dari perjalanan jauh adalah biaya yang tidak sedikit. Anda yang berencana datang ke Melaka untuk berobat, bisa menggunakan panduan ini supaya tidak sampai melenceng terlalu jauh dari anggaran yang telah Anda siapkan.

 

Ketika Anda pertama kali datang ke MMC, Anda akan diminta untuk mengurusi administrasi. Anda akan diberikan rekomendasi untuk ke dokter yang mana dan perkiraan waktu konsultasi bersama dokter. Biaya pendaftaran ini cukup murah, hanya RM 3. Selanjutnya, setelah mendapatkan jadwal konsultasi bersama dokter, Anda perlu melakukan pembayaran lagi. Biaya kedua ini diterapkan ketika sesi konsultasi selesai. Biayanya beragam, tapi biasanya berkisar RM 50 hingga RM 100. Tergantung dokter apa yang akan membantu Anda dan kerumitan proses analisa serta pengobatan yang akan diterapkan. Biaya yang berbeda tentunya dikenakan bila Anda membutuhkan perlakuan khusus seperti operasi atau penggunaan alat – alat medis berukuran besar.

 

post-1-0-39102100-1415591780_thumb.jpg

 

Bila pengobatan Anda mengharuskan Anda untuk opname, kamar – kamar yang disediakan oleh MMC, dibuka mulai dengan harga RM 90 untuk ruangan yang berisi empat tempat tidur. Ruangan paling mahal adalah tipe VIP yang dibanderol RM 500 perharinya. Harga tersebut sudah termasuk menu makanan untuk pasien di kamar yang sangat bersih dan semuanya dilengkapi dengan pendingin ruangan.

 

Penginapan

 

Karena semakin dikenal sebagai destinasi wisata berobat, maka tidak heran bila di sekitar MMC makin mudah ditemui penginapan dengan berbagai kelas. Mulai dari yang sangat sederhana hingga sekelas hotel dengan deretan bintang. Tidak terlalu sulit untuk mencari. Dalam radius 200 m saja, Anda bisa menemukan puluhan hotel.

 

Rentangan harga permalamnya, mulai dari RM 30 hingga RM 100. Semua kembali ke fasilitas apa yang Anda inginkan. Sebagai gambaran, untuk satu ruangan dengan pendingin ruangan, kamar mandi dalam, tv, dan wifi, Anda akan dikenakan biaya kurang lebih RM 70. Bila dana terbatas, tidak tinggal cari saja yang lebih murah. Karena banyak pula penginapan – penginapan sekelas losmen yang ada di sekitaran MMC.

 

Persiapan Keberangkatan

 

Untuk memudahkan wisata medis Anda, ada baiknya Anda menyiapkan beberapa hal berikut ini. Bukan hanya untuk berobat ke Melaka. Tapi kemana pun Anda membutuhkan penanganan medis segera. Selalu arsipkan surat keterangan yang Anda peroleh dari dokter. Hasil EEG, CT-Scan, serta hasil rontgen. Masukkan semuanya dalam satu map dan simpan baik – baik.

 

Selain itu, bila Anda sempat menggunakan obat dalam jangka waktu yang cukup lama, mungkin setahun atau lebih dari itu, pastikan Anda menyimpan kopi resepnya. Sehingga ketika Anda berganti dokter, waktu yang digunakan untuk analisa pengobatan bisa jauh lebih cepat.

 

Transportasi

 

Banyak cara yang bisa Anda tempuh untuk bisa datang menuju Melaka. Salah satu cara yang cukup umum, adalah berangkat terlebih dahulu ke Kuala Lumpur. Dari Kuala Lupur International Airport, Anda bisa menggunakan taksi yang akan langsung mengantarkan Anda menuju Melaka dengan biaya kurang lebih RM 160. Waktu tempuh yang diperlukan kurang lebih selama 1.5 jam.

 

Yang lebih murah, Anda bisa menggunakan bis yang disediakan oleh MMC dari KLIA. Bis ini mulai tersedia di KLIA pada pukul 07.45 dan terus ada setiap tiga jam sekali. Biayanya, Anda hanya perlu membayar 22.50 per orang. Anda bisa mendapatkan tiket untuk bis ini di Business Counter at Groun Floor. Tepatnya di depan Point Shop.

 

Selain itu, Anda juga bisa bila datang menuju Melaka Jetty. Dari Melaka Jetty, disediakan van yang gratis mengantarkan Anda menuju MMC. Anda bisa menghubungi pihak MMC untuk mendapatkan jadwal kedatangan bis ini.

 

 Wisata

 

Anda tidak akan kehabisan objek wisata cantik di Melaka. Salah satu provinsi Malaysia ini mendapatkan predikat sebagai World Heritage City dari UNESCO pada tahun 2008. Dari seluruh area Malaysia, hanya dua kota yang mendapatkan predikat serupa. Melaka dan Georgetown di Penang. Nah, kemana pun Anda melangkah di Melaka, Anda akan menemukan banyak bangunan – bangunan tua yang sungguh menyegarkan mata.

 

post-1-0-32245300-1415591798_thumb.jpg

 

Awalnya memang yang pertama kali terasa adalah gedung – gedung mewah dan modern. Namun, Anda bisa menggunakan taksi atau mungkin angkutan umum untuk menuju kawasan kota tua. Pasti, Anda akan sangat betah dengan puluhan bangunan – bangunan kuno khas Eropa nan menawan. Mudah terlihat bahwa Melaka sempat menjadi salah satu kota yang sangat besar dari bangunan – bangunan mewah yang ada didalamnya. Dan yang pasti, Melaka adalah seurganya museum. Kemana pun Anda melangkah di Melaka, Anda bisa dengan sangat mudah menemukan museum dengan berbagai tema.

 

Note : Harga yang tertera bisa berubah sewaktu – waktu.

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

@Jalan2

yup denger2 memang Melaka lagi banyak dikunjungi untuk berobat

teman saya yang di Riau karena masalah ISPA (asap kemaren) berobat kesini

 

jadi inget Olga Syahputra yang sudah hampir setengah tahun berobat di Singapura belom sembuh2 

pasti nya mahal ya :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

waaah minggu lalu saya solo backpacker ke Melaka lewat Batam by ferry... seruuuu lah, dr niat 1 malam jd 2 malam di Melaka tp biz itu rasanya cukup... jgn lupa kl mw ke Melaka malam minggu jd bs nikmatin jonker Street

Share this post


Link to post
Share on other sites
13 hours ago, Kevin Minion said:

Kartu matahari (MCC) yang buat belanja di matahari dept store. Tapi yg model baru bukan yg warna ijo. Berlaku sejak awal tahun hingga desember 2016 klo ngga salah

ooo i see info yang berguna neh 

mungkin memang lagi ada kerja sama ya :) 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now