Amel

Kereta Ekonomi, Favoritnya Backpackers

9 posts in this topic

Ada yang punya pengalaman dengan kereta ekonomi saat travelling? Denger-denger kereta ekonomi ke daerah Jawa Tengah dan Timur sudah mulai dihilangkan satu persatu ya?

post-4-0-75752300-1361167488_thumb.jpg

Sebenarnya seru yah kalau naik kereta ekonomi bareng temen2, selain harganya yang OKE, suasananya itu yang ngga akan gampang dilupain hehehe! saya jadi inget dulu naik kereta ekonomi ke Yogya dimana kereta lagi penuh2nya. Akhirnya kita bertujuh harus maksain duduk di dua deret bangku yang tersisa, yang cowok2 terpaksa "melantai" hahahaha!

post-4-0-80681500-1361167481_thumb.jpg

Selain banyak banget ngetem nya, itu kereta isinya penumpang banyak yang bawa belanjaan dari pasar, ngga tau dari mana mereka berasal. Trus yang lebih seru lagi, satu orang pegawai dari kereta tersebut bisa mempunyai beberapa mata pencaharian sekaligus. Setelah meminta tiket, tidak berapa lama kemudian dia membawa barang asongan, lalu setengah jam kemudian dia menyapu2 kereta membersihkan sampah2, trus tidak lama dia muncul lagi dengan ukulele nya sambil ngamen....kita semua pada heran kenapa ini orang bisa punya skill macem2 hehehe!

Pokoknya unforgettable banget deh perjalanan waktu itu dengan kereta ekonomiku.... :P

Bagaimana dengan jalan2ers yang lain ada cerita serupa atau yang lebih seru silakan di share yaaaa :lol:

Lia Cute likes this

Share this post


Link to post
Share on other sites

boleh nmpang share ya..

nostaligia jaman kuliah dulu nih ceritanya. modal 59ribu sampe deh ke jakarta dari jogja. acaranya sih ga ada cuman suntuk aja abis ujian. kabur ke jakarta naik kereta ekonomi di jogja jam 9 malam. yang paling seru adalah nandain ini udah dimana dari nyimak dialek penjual makanannya. kalo masih medok, paling baru sekitaran wates. kalo udah ngapak, berarti udah mw masuk purwokerto dan sekitarnya. nah kalo pagi2 udah ada yang nyanyi dangdut pake mic+speaker apa adanya berarti anda sudah memasuki wilayah Karawang. hehehhe

Share this post


Link to post
Share on other sites

kereta ini memnag sejuta kenangan lah. anak kos sejati pasti punya pengalaman naik kereta ekonomi. walaupun lebih pelan jalannya dibanding kereta ekspres, kereta ini seru banget karna biasanya bisa ketemu orang macem-macem. saban laper tinggal nyetop penjaja makanan atau asongan yang jualan air. kalau gak ada uang, boleh ngamen juga asal pamit sama bos pengamen.

saya pernah pengalaman bantuin ibu-ibu sama anaknya, kesian bangt bawa bawaan banyak, ternyata ibu ini dari Jakarta mau ke arah Surabay, mau balik ke Madura. beberapa saat kemudian ada mas-mas tampang sangar duduk di sampingnya. trus ibu itu bilang kalo saya tadi yang bantuin mereka dalam bahasa madura, goyah dong mental secara awalnya gak ngerti bahasa dan masnya melototin,

setelah dibilang begitu itu mas-mas langsung salamin saya sambil beliin mijon (mizone *red) ttrus manggilin dua orang cowok yang gayanya aneh banget. ternyata itu cowok berdua copet yang beraksi di sekitar jalur kereta ekonomi, si mas itu bilang "kamu inget mukanya ini, jangan sekali-kali kamu berani nyope dia ya"

hahaha, syukur deh, ternyata saya dapat kekebalan. mas itu pernah nangkep copet di kereta dan dia kenal sama beberapa copet di sana. hehehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

Saya suka naik kereta..

Tapi pernah agak kapok naek kereta ekonomi, pas naek kereta ekonomi palembang-lampung

padahal hari senin tuh.. biasanya kalo hari kerja gak terlalu padet kereta palembang-lampung, tapi waktu itu penumpangnya gila-gilaan.. full 11 jam penuh terus, dari pagi sampe malem.. sampe pada berantem itu ibu-ibu yang deket saya, rebutan tempat. Trus keretanya horor bgt >.< belom pernah naek kereta yang sekotor itu

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalo naek kereta ekonomi hati2 ama yg pada tidur di kolong2.. terutama kan cowok2 yah yg tfur di kolong bangku kita... salahsalah ntar keinjek itunya hehehehhe :D

tapi emang seru.. pas masuk aja udah seru,.. rebutan gt ampe ada yg ngaku2 nomornya nomor dy.. klo ga brani ngomong mah udah kalah deh...

iya katanya sekarang udah mulai mau ditertibin... gda yg berdiri sama luntang lantung di sudut2 kereta bahkan depan toiletnya :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

hmmm naek kereta ekonomi ya... dulu pertama kali naek kereta ekonomi bener-bener buruk banget dah. Pas pengen pulang, pas liburan idul adha. Jadinya keabisan tiket jakarta - surabaya. Akhirnya terpaksa deh nyari kereta tujuan jogja, trus lanjut ke surabaya. Ujungnya sih dapat, tapi gimana ya????

sepanjang perjalanan Jakarta (Jatinegara) - Jogja (Lempuyangan), kagak dapat tempat duduk sama sekali. Alhasil, perjalanan sekitar 12 ato 15 jam, berdiri. Parahnya pula, itu kereta bener-bener penuh. Ampe toilet pun dijadiin tempat duduk ama penumpang. Dan, kasian pas ada emak-emak yang pengen ke kamar kecil terpaksa harus nahan ampe stasiun berikutnya. :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Wah iya tuh kereta ekonomi udah mau ditertibkan dan dibikin nyaman, malah katanya mau dikasih AC :rolleyes: kalo ekonomi udah pakai AC gimana yang eksekutif yaaa hehehe! di bbrp daerah masih uji coba sih...mudah2an cepat terwujud deh, soalnya tahu sendiri kan kalau pemerintah punya rencana suka lamaaaaaaaa........

Share this post


Link to post
Share on other sites

Wah...senangnya baca2 pengalaman temen2 semua :D berarti pengalaman kita tidak jauh berbeda ya kalau naik kereta ekonomi. Tapi disitulah serunya, kalau naik yang eksekutif pasti kesannya cuma :kedinginan :ph34r:

Heru Nugraha likes this

Share this post


Link to post
Share on other sites

haha, kereta ekonomi yak? asyik nih naik kereta satu ini. berjuta pengalaman dari mulai bau ikan asin dan macem macem. tapi sayang ,sekarang udah mulai dihilangkan, harga tiket pesawat juga mulai turun makin kesini, jadi kereta ekonomi makin dilupain ni. semoga aja gak bener bener ilang.

naik kereta ekonomi itu bisa lihat banyak hal, sawah lah, apalah, banyak banget. jadi sekalian jalan ke tempat tujuan, juga bisa menikmati pemandangan, bener gak?

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now

  • Similar Content

    • By Suganteng
      Transportasi jarak jauh emang bisa ditempuh dengan berbagai jenis transportasi. Bisa pake bus ataupun pesawat. Tapi, bagi sebagian besar, terutama yang memilih untuk jalan-jalan murah, maka pilihannya jelas adalah kereta ekonomi.

      Sayangnya, hal ini berbeda di mata pemerintah. KAI pun mulai untuk menghapuskan kebijakan kereta ekonomi dan menggantikannya dengan kereta ekonomi AC.

      Meskipun sama-sama berlabel ekonomi, harganya beda jauuuuuuuuuuuuuuhhh... Bahkan bisa dibilang setara dengan bisnis. Nah, klo menurut JJNers di sini, setuju nggak dengan kebijakan ntu?

      http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/03/14/2/138295/Kereta-Ekonomi-Non-AC-Dihapuskan