Sign in to follow this  
themoghul

Prambanan Express penuh kenangan

5 posts in this topic

salah satu yang menjadi kenangan dan pengalaman indah selama di Jawa adalah kereta api Prambanan ekspres, atau yang sering dikenal dengan singkatan kereta prameks. rutenya dari kutoarjo-jogja-solo sambil menyinggahi beberapa stasiun kecil di antaranya

salah satu singgahan kereta ini ada di bandara adi sucipto, jadi bisa langsung tancap gas ke arah kota di stasiun lempunyangan (kalo pinter-pinter bisa gak bayar loh *jangan ditiru*) atau bisa langsung ke arah Solo.

saya biasa naik ini dalam rangka main ke Solo dengan biaya yang amat hemat. jaman itu saya cuman mesti bayar 7000 rupiah sekali jalan. asiknya lagi, kereta ini kita bisa bawa sepeda lipat. bagi yang tiap hari komuter jogja-solo atau sbealiknya, boleh beli kartu langganan yang lebih murah daripada tiket per hari.

jangan harap bisa naik pas hari libur besar karna PUWENUUUHH biangettt...

i miss this yellow train very much ^^

Share this post


Link to post
Share on other sites

ooow, ini seperti KRL gitu ya? kalau di jakarta seperti kereta bogor express kali yaa :) tapi saya lihat di google sepertinya kereta prameks ini lebih bagus dan terawat. Sampai sekarang apakah masih beroperasi??

Share this post


Link to post
Share on other sites

iya, walopun kereta ekonomi ini pas weekend cukup sangat padat, tapi nyaman cepat dan asik kok, bebas macet, cukup nyaman tidurnya sambil nunggu sampe di kota tujuan karena ga bakal rem mendadak, hehe

udah gitu murah.. tahun 2011 kayaknya saya terakhir naik, atau 2012 awal deh, 1 kali jalan jogja-solo 9rb.. gak mahal kan. perjalanannya 1 jam...

ditemani pemandangan nan hijau permai ;)

Share this post


Link to post
Share on other sites

bagi aku org Solo, Prameks udh jadi kyk tumpangan wajib setiap ke Jogja. sbnrnya sih lebih asik naek motor, selain deket juga lgsg sampai di tempat tujuan. tapi ... kl lagi pgn gak capek, n pgn nikmatin ketemu org banyak plus bs ngbrol sana ngbrol sini, ya Prameks is the best lah ... murah meriah n nyaman.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By Eko Carbon Prasetyo
      Gaes……
      Sesuai janji saya kemarin,cerita serial blog akan saya lanjutkan seusai makan…
      Makannya tadi saya makan dulu sebelum nulis cerita ini.
      OK Lanjut…….
      Akhirnya saya bersama teman-teman jatengmotoblog memilih berangkat naik kereta api dan pastinya kelas yang kami pilih adalah kelas yang paling murah.
      Keputusan ini kami ambil guna melihat standarisasi perkereta apian Indonesia untuk kelas tukang piknik yang se spesies dengan kami.
      Packing udah,Makan udah,Pamit ama mertua juga udah.Jadi ga ada alasan lain lagi buat ga berangkat di event Taklukkan Batasan-nya Si Suzuki.
      Bermodal uang secukupnya,saya dan mase satuaspal berangkat dari stasiun Purwosari.
      Karena kereta berangkat jam 18.00 maka sebagai travelbloger dan travelvloger yang baik budi,saya sampai di stasiun jam 15.00 dengan diantar istri saya ( kayaknya ada yang sala sama penjadwalan agenda saya ) hehehe…
      Tapi membuang waktu 3 jam cuma buat nunggu kereta tiba bukan pilihan yang tepat.Tak lama kemudian sebuah ide cemerlang bin briliant muncul di kepala saya.
      Demi tegaknya sang saka merah putih di langit bumi pertiwi dalam kepakan sayap sang garuda,saya atas nama travelvloger yang belum ternama memutuskan untuk….
      Ga ngapa-ngapain…
      Tas beratnya sekitar 15 Kg ditambah helm yang saya pegang di tangan kanan saya,bikin males nyeberang ke Supermarket depan stasiun untuk nyari diskonan.
      Iya,beneran,saya cuma duduk sambil ngliatin orang-orang pada seliweran.
      Ada yang setengah lari gegara keretanya udah mau berangkat

      Ada yang rokok’an sambil memikirkan masa depan perekonomian Indonesia

      Ada juga yang lagi membersihkan sisa-sisa jejak kehidupan yang tertinggal dari masa lalu.

      Ada yang lagi menjaga kelangsungan hidup dengan suap-suapan….

      Enter a caption
      Ini kalau saja saya punya jam nya Mbah Sugiono (Artis Film Jepang) yang kalo diputer waktunya bisa jadi lambat,cepet atau berhenti yang sering dia pakai buat menyayangi sesama manusia itu,udah tak cepetin jamnya.
      Jam 17.00 istri saya memutuskan untuk pulang,dan mase satuaspal belum juga dateng.
      Mau ngerokok juga udah males,lidah saya udah ga bisa ngerasain nikmatnya tembakau..
      Ditengah-tengah kebingungan saya,saya mencoba untuk tetap berada dalam kesadaran penuh dengan melakukan kegiatan yang saya kira akan merubah jalan hidup saya.
      Akhirnya saya putuskan untuk….
       
      Selfie…    
      Dan hal ini ga merubah jalan hidup saya….
      Nunggu….
      Nunggu….
      Nunggu….
      Nunggu….
      Sampai jam 17.30 mase satuaspal baru dateng dan langsung ngajak Check in ke dalam stasiun.
      Setelah njelimet check in gegara nama kami mirip dan saya lupa booking pakai KTP atau SIM.
      Kami pun masuk dengan seizin yang kuasa (saat itu,ibu-ibu yang jaga counter check in lah yang berkuasa)
      Pukul 18.00 kereta tiba dan kami pun masuk dengan riang gembira…
      Mau makan dulu,dilanjut nanti abis makan ya gaes…..
      Chao….


      Sumber
    • By deffa

      KAI BERIKAN DUA PROMO DI BULAN FEBRUARI
      Tanggal Publikasi : 22.01.2016 00:00:00 Sebagai salah satu bentuk penghargaan dan pelayanan terhadap pengguna jasa setia KA, PT KAI menghadirkan program promo tiket murahnya secara rutin. Kali ini, untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2567 yang jatuh pada 8 Februari 2016, PT KAI kembali menghadirkan promo Gong Xi Fa Chai untuk beberapa KA di Jawa dan Sumatera.
      Program promo tiket Gong Xi Fa Chai ini berlaku untuk pemesanan dan keberangkatan tanggal 8-29 Februari 2016 di 29 KA komersil (non PSO) dengan beragam rute di Jawa dan Sumatera, dengan alokasi tempat duduk ber-subclass x, y, dan z.  Dalam program promo ini, pengguna jasa KA dapat menikmati tarif spesial dengan potongan 20% dari tarif batas bawah.
      Masyarakat yang ingin mendapatkan tiket promo Gong Xi Fa Chai dapat melakukan pemesanan tiket di loket penjualan di stasiun online, Contact Center 121, channeleksternal penjualan tiket PT KAI, aplikasi KAI Access, dan internet reservation. Bukti struk pembelian yang mencantumkan kode booking dapat langsung dicetak melalui mesin ‘Cetak Tiket Mandiri’ yang tersedia di stasiun.
      Selain itu, untuk menyukseskan program Solo Great Sale, PT KAI bekerja sama dengan Pemerintah Kota Solo memberikan diskon sebesar 10% kepada masyarakat yang membeli tiket KA tujuan Stasiun Solobalapan, Solojebres dan Purwosari, dengan KA-KA berikut :
      Jaka Tingkir Krakatau Majapahit Argo Dwipangga Argo Lawu Argo Wilis Bima Gajayana Joglokerto Lodaya Malam Lodaya Pagi Malabar Malioboro Ekspres Mutiara Selatan Sancaka Pagi Sancaka Sore Senja Utama Solo Turangga Diskon ini hanya berlaku pada keberangkatan hari Selasa, Rabu dan Kamis pada periode pelaksanaan event Solo Great Sale tanggal 1-29 Februari 2016, untuk pembelian/pemesanan mulai tanggal 19 Januari 2016 di loket stasiun-stasiun online.
      Untuk setiap tiket promo berlaku untuk 1 (satu) kali perjalanan dan tidak dapat dibatalkan/refund, serta tidak dapat digabung dengan program promo/reduksi lainnya.
      Dengan dihadirkannya program-program promo seperti ini, diharapkan akan dapat menarik minat masyarakat dan wisatawan untuk menggunakan moda transportasi kereta api sehingga dapat mengurangi kemacetan dan polusi di jalan raya karena “Lebih Aman dan Nyaman Naik Kereta Api”. (PR KAI)
      Berikut adalah Daftar Tarif Promo dan relasi kereta 
      1.Argo Bromo Anggrek (Surabaya Pasar Turi-Gambir PP) Exe. 240.000
      2  Argo Wilis (Surabaya Gubeng- Bandung) Exe. 184.000
      3. Argo Lawu (Solo Balapan- Gambir PP) Exe. 200.000  
      4 . Argo Dwipangga (Solo Balapan- gambir PP) Exe. 200.000 
      5 Argo Sindoro (Semarang Tawang-Gambir PP) Exe. 160.000
      6.Argo Muria (Semarang Tawang- Gambir PP) 160.000
      7. Argo Jati (Cirebon-Gambir PP) Exe. 80.000 
      8. Gajayana (Malang - Gambir PP) Exe.264.000
      9. Bima (Malang-Gambir PP) Exe.264.000
      10. Sembrani (Surabaya Pasar Turi-Gambir PP) Exe.240.000
      11.Turangga (Surabaya Gubeng-Bandung PP) Exe.184.000
      12. Bangunkarta (Gambir-Surabaya Gubeng PP) Exe. 192.000
      13. Taksaka (Yogyakarta-Gambir PP) Exe 184.000
         
      14. Argo Parahyangan (Gambir-Bandung PP) Exe.48.000 Bis. 36.000
      15. Cirebon Ekspres (Tegal-Gambir PP) Exe.88.000 Bis.72.000  
      16. Ciremai Ekspres (Bandung-CirebonPP) Exe 72.000 Bis  64.000  
       
      17. Mutiara Timur (Surabaya Gubeng-Banyuwangi PP) Exe 80.000  Bis 64.000
      18. Kereta Gumarang (Surabaya Pasar Turi-Jakarta Kota Pp) Exe 192.000   Bis 176.000 
        
      19.Kereta Malabar (Malang-Bandung PP) Exe 176.000  Bis 144.000 Eko 104.000
      20. Kereta Jayabaya (Surabaya  PasarTuri – Pasar Senen) PP Eko 152.000
      21. Kereta Malioboro Ekspres (Malang-Yogyakarta PP)Exe 84.000 Eko 64.000
       22. Kereta Harina (Surabaya Pasar Turi -Bandung PP) Exe 160.000 Bis 135.000 Eko 88.000
      23. Kereta Sancaka (Surabaya-Yogyakarta PP) Exe 80.000 Bis 64.000
       
      24. Kereta Mutiara Selatan (Surabaya- Bandung PP) Bis 160.000
          
      25. Kereta Sriwijaya II (Tanjung Karang-Kertapati PP) Exe 88.000    Bis 72.000
          
      26. Kereta Sriwijaya II (Tanjung Karang-Kertapati PP) Exe 88.000    Bis 72.000
      27. Kereta Sindang Marga I (LubukLinggau – Kertapati PP) Exe  68.000   Bis 56.000
       
      28. Kereta Sindang Marga (LubukLinggau – Kertapati PP) Exe  68.000   Bis 56.000 
      29.Kereta Sribilah (Rantau Prapat – Medan PP)  Exe 72.000 Bis 64.000
      Pemesanan dan keberangkatan mulai tanggal 8-29 Februari 2016.
      SUMBER
    • By bagus70
      Biasanya kalau kita mau wisata lokomotif uap, bayangan kita pasti cuman di sekitaran Jawa Tengah seperti di Ambarawa atau yang barusan seperti di Solo. Nah sekarang ada juga atraksi lokomotif uap yang juga bisa disewa. Dan lokasinya relatif dekat dengan Bali, yaitu di pabrik gula Olean.
      Di sini kita bisa menyewa lokomotif uap Olean no.4 yang buatan tahun 1912, tidak hanya putar-putar di dalam pabrik tapi juga berjalan di ladang. Kita bisa menikmati keindahan alam Situbondo serta melihat bagaimana industri gula seperti di jaman dulu.
      Berikut ini foto-fotonya:











       
      Selain itu di sini kita bisa melihat mesin-mesin giling uap dari era awal abad ke-20 masih beroperasi penuh.
       

       
      Ke depan, bekas rumah manajer PG juga akan direvitalisasi agar bisa dijadikan tempat penginapan.



    • By bagus70
      Salam semuanya.
      Saya mau sharing tentang tempat-tempat di mana kita bisa menemui lokomotif uap di pulau Jawa (atau bahkan di Indonesia) yang masih beroperasi secara reguler. Yes, reguler. Bukan hanya kereta wisata seperti di Ambarawa. Hanya dengan melihat-lihat saja sudah merupakan wisata sendiri.
      Hanya sayangnya, kebanyakan dari mereka tak terorganisir sebaik museum Ambarawa. Beberapa malah ada yang dibiarkan mati perlahan-lahan. Kalau mau baca detailnya, bisa dilihat di blog saya di SINI
      Sedikit update per tahun 2015:
      1. Karena pabrik gula Sumberharjo, Pangka, dan Sragi nyaris mengalami kebangkrutan di akhir tahun 2014 silam, operasi loko uap regulernya dihentikan. Tapi katanya loko-loko uapnya masih bisa disewa. Kalau saya sarankan lebih baik yang di Sumberharjo (Pemalang) saja. Karena mereka masih punya jalur ladang.
      2. Operasi loko uap di PG Gondang dihentikan total.
      3. Ada kabar loko uap di Cepu sudah hidup lagi.
      4. Seperti halnya Sumberharjo dkk, operasi loko uap di PG Olean di Situbondo katanya juga sudah berhenti. Tapi ini masih tanda tanya mengingat yang bilang begitu mampir ke PG ini saat musim giling belum mencapai masa puncaknya.
      5. Biaya sewa loko uap di PG Semboro (Jember) katanya sekarang dalam bentuk Rupiah.
    • By kimonoku
      Saya masih ingat segala kenangan “buruk†saya dengan kereta api Mulai dari stasiun yang dekil, kereta api yang panas, pengap dan pesing, banyaknya pedagang yang berkeliaran, ada yang bawa ayam, kambing, dagangan, jualan baju sepatu makanan, calo, dll. Sampai yang tidak punya rasa takut untuk duduk diatap kereta.. Bahkan naik kereta tanpa tiket tanpa bayar juga bisa.
      Se abrek masalah lah lah pokoknya. Saya sendiri sempat tidak yakin PT KAI bisa survive. Melihat laporan laporan beberapa tahun lalu yang menyatakan jumlah penumpang terus turun, dan segudang masalah lain, sehingga pendapatan mereka juga tidaklah bagus. Jangan ngomong soal profit, lha wong revenue saja tidak dapat.





      Tapi saya mulai dengar si Bapak yang fotonya nampang di atas (Ignasius Jonan nama nya, buat yang tidak familiar) melakukan perubahan semenjak dia menjadi direktur PT KAI. Ketika saya naik KRL Kalibata – Kota (dalam rangka jalan2 ke Cilacap) beberapa waktu lalu, saya terperangah. Perubahan itu nyata. Walau tetap penuh sesak, tidak ditemukan lagi pedagang2, bahkan kereta kelas Ekonomi terasa nyaman berkat adanya AC tentu saja.
      *Mungkin buat yang tiap hari naik kereta perubahannya gradual. Tapi buat yang sangat jarang naik kereta, wuih perubahan besar.

      Dikutip dari KOMPAS, Pak Jonan menggarisbawahi bahwa semua orang tahu sebenarnya apa yang perlu PT KAI lakukan. Tidak ada strategi rumit, proyek luar biasa, ide cemerlang. :rate
      Idenya sederhana saja. Tapi pelaksanaannya butuh kepemimpinan, teamwork, kerjasama, ketekunan, ketelatenan.









      Kita semua bisa berbenah dan saya yakin semua orang tahu apa yang harus dilakukan. Tapi kembali, bukan ide cemerlang, bukan proyek luar biasa yang dibutuhkan untuk menjadi internal terbaik.
      Yang dibutuhkan adalah ……… jawab sendiri J
      Start dengan hal yang sederhana, start dari diri sendiri :salut