Sign in to follow this  
onesecond

Sajian Spesial Yang Bisa Dibikin Untuk Liburan Di Rumah

9 posts in this topic

Libur telah tiba nih. Akhir tahun emang jadi waktunya untuk santai, leha-leha gitu. biasanya dipakai untuk keluarga. Ya meski begitu ada juga yang jalan-jalan sama temen. Tapi buat yang di rumah aja nih kumpul sama keluarga, ada lho caranya biar liburan terasa spesial. Bikin sesuatu atau makanan yang spesial. Yang nggak bisa masak juga bisa kok bikin beberapa makanan berikut ini. Gampang banget, ini dia nih inspirasi makanan atau sajian yang bisa anda sajikan untuk kumpul bersama keluarga. Yeay!
 
1. Spageti
Untuk kumpul bersama keluarga, spageti rasanya pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai sajian bersama. Pastinya tau dong spageti atau fetucini yang bisa kita buat sendiri. Sudah ada juga saosnya yang sudah bisa langsung kita makan. Kalau saya sih ada cara sendiri untuk menyajikan spageti ini. Karena menurut saya saus instan itu ada yang kurang pas makanya saya suka bikin tambahan bahan untuk mencampurkan dengan saus instan tersebut. 
 
- Tambahin sayuran
Biar makin enak, saya suka nambahin sayuran kayak wortel dan juga jagung ke dalam saus saya. Biasanya, saya potong dadu wortelnya. Bersama jagung, saya tumis dulu dengan mentega. Sudah wangi dan agak empuk, biasanya saya tambahin air sedikit biar makin empuk gitu. Abis itu tunggu sampai mendidih atau kental baru deh masukkin saus instan. 
 
spageti-bolonjeze_Olga-Miltsova.jpg
 
- Tambahin bawang bombay
Selain nambahin sayuran, saya juga suka menambahkan bawang bombay ke dalamnya. Enak sih, jadi dia ditumis tuh sebelum masukkin sayuran dan sampai wangi. Kalau ga ada bawang bombay ya udah polos aja sih :)
 
- Tambahin saus lagi
Hmm biasanya saus instan kurang pedas. Kalau saya suka tambahin saus lagi biar makin pedas. Tapi kalau ada anggota keluarga yang ga suka pedas ya ga perlu ditambahin pas lagi masak. Nanti bisa ditambahin sendiri sendiri. Tapi kalau mau ditambahin, saya biasanya tambahin juga air sedikit. Biar lebih banyak aja sih. Nantinya saya biarin sampai mendidih dan kental.
 
- Tambahin kornet
Oya, saya juga suka menambahkan kornet di dalamnya. Biar ada rasa daging-dagingnya gitu. Kornet biasanya saya masukin setelah masukin sayuran di dalam masakan. 
 
Little tips:
Sedikit tips agar masak spagetinya ga lengket bisa dengan menambahkan mentega. Kalau saya setelah air mendidih saya masukin mentega sedikit atau secukupnya aja. Aduk rata baru masukin spagetinya. Kalau kakak saya beda lagi, rebus spagetinya seperti biasa baru pas udah mateng masukin menteganya dan aduk. Ya bebas aja hehe.
 
Selain spageti, saya juga suka buat bubur kacang ijo buat kumpul sama keluarga. Hmm mungkin karena di anggota keluarga saya suka sama kacang ijo kali ya. Nah kalau saya suka bubur kacang ijo yang nggak terlalu manis alias polos kayak di Posyandu2. Inget ga rasanya? Hmm waktu kecil kan suka dapet bubur kacang ijo tuh dari posyandu. Rasanya nggak manis dan nggak gurih juga. Yap, jadi, saya cuma memasak kacang ijo tersebut dengan gula merah secukupnya. Tambahin vanili aja biar aromanya wangi enak. Abis itu udah, nggak pake garam nggak pake gula putih. Udah. Nah, buat yang seleranya beda, saya suka masak santan terpisah. Jadi santannya baru ditambahin garam gitu. Dengan santan terpisah, keuntungan lainnya nggak mudah basi juga sih. Kalau kamu suka yang mana?
 
3. Agar agar atau puding
Agar-agar atau puding juga enak banget untuk anda yang mau menyajikan sajian spesial di hari liburan. Agar-agar juga bagus lho untuk kesehatan. Agar-agar bagus untuk mencegah dan meredakan panas dalam. Buat anak kecil juga selain bagus, biasanya disukai. Banyak varian rasa yang membuat agar-agar atau puding enak banget. Cara pembuatannya juga mudah kok. Kita tinggal masukin bubuk agar-agar atau puding itu ke dalam air yang mendidih lalu aduk-aduk deh sampai matang. Nah, ada agar-agar yang dimasak dengan santan, ada juga yang polos begitu aja. Ada juga yang suka manis, ada yang suka gurih. Selera aja. Kalau puding, kita bisa tambahin fla dan juga susu cair. Kalau saya lebih pilih susu cair dibanding fla. Alasannya lebih simple dan nggak bisa juga bikin flanya hehehe.
 
4. Pizza-pizzaan
Hmm sebenernya bisa aja sih bikin pizza beneran. Tapi saya nggak bisa jadi bikin yang boongan nya aja. Nggak tahu apa namanya, tapi suka banget bikin ini kalau lagi liburan dan kumpul keluarga. Ini terbuat dari mi dan juga telur. Hmm mie pizza? Pizza mie? whatever lah ya.
 
Cara pembuatannya, sediain mi instan dan juga telur. Kalau saya sih suka bikin takarannya misalnya mie 2 bungkus, telur 1, mie 3 bungkus telurnya 2 dan seterusnya gitu sih. Nah, langsung aja dimasak mie nya tapi tanpa dimasukkin bumbu-bumbunya. Direbus setengah matang, hmm kalau saya bahkan cukup basah aja gitu soalnya biar tetep krenyes krenyes. Abis itu tiriskan biar kering. Sambil menunggu mie yang ditiriskan, kita buat bumbunya. Masukkan bumbu mie instan tersebut beserta telurnya. Kocok dan aduk rata. Setelah itu, campur dengan mie yang sudah kering tadi dan aduk rata lagi. Kalau saya lebih suka pakai mentega buat goreng adonan mie tersebut. Bisa juga sih dioven atau dipanggang, selera aja :) Nah, kalau udah jadi, potong potong deh kayak pizza hehe.
 
5. gorengan
Gorengan ini juga gampang banget sih dibuat dan juga banyak banget yang suka. Cuma emang kalau ngomong sehat atau nggak, hmm lebih banyak nggaknya. Anyway, gorengan yang biasa dibuat tuh kayak bakwan, tahu isi, atau risol dan sejenisnya. Bisa juga sih beli yang tinggal goreng kayak otak-otak atau bikin pempek dan lain-lain. Paling sering ya bikin bakwan sama tahu isi. Adonannya sama tapi bisa jadi banyak macemnya. 
 
6. Rebusan
Kalau ada gorengan, ada juga yang namanya rebusan. Rebusan ini bisa jadi kayak pisang rebus, singkong rebus, ubi rebus dan lain-lainnya. Sama aja kayak gorengan tapi ini direbus gitu. Tinggal seleranya aja sama suasananya lebih enak bikin yang mana.
 
7. Bakso
Yap bakso juga termasuk sajian yang ga ribet-ribet banget. beli bakso yang udah jadi dan kita tinggal matengin sama bikin kuahnya aja. Kuahnya dari kaldu dan bisa juga ditambahin bihun atau mi. Enak kan hehe Seger juga sih.
 
8. Mie goreng telor
Hmm sebenernya bukan mi goreng mi instan gitu. Bikin mie telor yang ada campuran sayurnya kayak sawi ijo, kol, wortel sama bakso juga. Atau tambahin sosis juga bisa. Ya pokonya yang kayak gitu deh. Itu enak banget sih buat kalau lagi kumpul keluarga. Agak ngenyangin emang, tapi kayaknya siapa sih orang Indonesia yang ga doyan mie. hhhmmm
 
9. Es buah
Buat kalau lagi panas-panas, yang enak ya bikin es. Bisa deh beli buah-buahan sama sirupnya. Tinggal bikin es batu dan campur campur deh bahan bahan yang ada. Es lain juga bisa dibuat sesuai dengan keinginan.
 
10. Rujak
thumb_600.JPG?1287931232
Nah kalau yang suka buah-buahan juga bisa divariasiin jadi rujak atau salad buah. Salad bisa juga dibuat dari sayuran. Kita bisa bikin sendiri mayonaisenya atau ya beli aja sih yang udah jadi gitu. Rujak buah kita tinggal bikin sambelnya aja. Bisa pakai terasi, kacang, yah selera aja itu sih. Rujak biasanya bikin suasana cair dan makin seru sih. Ngupas buah rame-rame, bikin sambelnya, terus makan sambil nyocol dan mulut ga berenti ngomong sambil kayak kepedesan. seru jadinya. Mangga, melon, jambu, bengkoang, mentimun, dan lain sebagainya bisa masuk ke daftar buah buat rujak.
 
Itu tadi sajian yang biasa saya sajikan kalau kumpul keluarga. Semoga bisa jadi ide temen-temen yang mau liburan di rumah aja. Semoga membantu ya.. kalau ada ide lain, silakan dishare. :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By petrus.sitepu
      Pada saat anda mengunjungi sebuah kota yang belum pernah anda datangi, alangkah baiknya apabila anda mencari makanan dari kota khas tersebut. Seperti penulis lakukan ketika mendatangi kota cirebon, penulis mulai mencari makan khas dari kota Cirebon. Sebut saja tahu gejrot, nasi leko, dochang, dan tentu nasi jamblang. Pasti akan menjadi salah satu pilihan anda ketika wisata kuliner ke kota cirebon. 
      1. Dochang
      Makan asli cirebon ini merupakan perpaduan dari lontong, toge daun singkong, kerupuk yang dicampur dengan sayur oncom doge. Waktu yang tempat untuk makan docang adalah pagi hari, dan lokasi yang direkomendasi untuk makan docang di depan pasar keraton kanoman. Harga seporsi untuk docang seharga Rp 15,000.
      2 Nasi Leko
      Sego lengko merupakan sebutan untuk nasi leko oleh masyarakat cirebon. Nasi leko merupakan percampuran tempe, tahu, tauge, potongan timun yang ditaruh diatas nasi dan disiram dengan bumbu rujak dan kecap. Harga untuk satu porsi nasi leko seharga Rp 15,000.
      3. Nasi Jamblang
      Ketika makan nasi jamblangan rasanya sama ketika makan di rumah makan padang yaitu penuh dengan lauk. Satu bungkus nasi yang dibungkus dengan daun jamblang bisa menggunakan 3-4 lauk yang disediakan tentunya dengan porsi lauk yang tidak terlalu banyak. Hampir 15 lauk disediakan penjual dari tahu dan tempe bacem sampai dengan sate telor puyuh. Harga untuk satu porsi nasi jamblang dengan 2-3 jenis lauk seharga Rp 30,000 – Rp 40,000 tergatung pilihan lauk.
      Keunggulan dari nasi jamblang yaitu daun pebungkus nasinya yang menggunakan daun jamblang.
      4. Tahu Genjrot
      Tahu gejrot sendiri banyak ditemukan dikota kota besar di Indonesia, seperti di Jakarta. Satu set tahu gejrot terdiri dari 2-3 tahu yang diiris sedang yang disiramkan dengan kuah yang sudah dicampur dengan bumbu antara lain cabe, bawang putih, bawang merah dan gula merah. Rasa yang ditimbulkan ketika anda memakan tahu gejrot yaitu semangat untuk mengeliligi kota cirebon. Harga untuk satu porsi tahu gejrot seharga Rp 10,000
      Jadi makanan apa yang pernah anda coba? selain tahu gejrot? Selamat menikmati wisata kuliner cirebon.
    • By embong
      Siapa bilang berlibur butuh dana besar? Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki potensi tempat wisata yang banyak dan tidak perlu biaya besar. Mulai dari Pantai, Gunung, atau pun perkotaan, semua bisa menjadi tempat liburan dan hemat biaya. Apalagi bagi mereka yang tidak memiliki waktu berlibur cukup panjang, berikut ini beberapa temapt berlibur yang dapat disambangi ketika akhir pekan dan yang pasti murah!!
      Karimun Jawa
      Tempat wisata ini sudah menjadi Taman Nasional Laut, karena memiliki daya tarik tersendiri dan cocok untuk Wisata Bahari. Panorama laut yang indah bagai telaga warna dengan gugusan kepulauan yang tersebar jauh mata memandang. Air lautnya jernih, hamparan pasir putih pun membentang dikawasan pantainya. Disini masih terdapat satwa langka seperti menjangan, trenggiling, landak, ular edor dan yang paling unik lele tanpa patil.
      Estimasi Biaya: paket penginapan, makan, snorkling, foto-foto (soft data), barberque sebesar Rp 650.000 dan belum termasuk tiket bus ke Jepara.
      Kota Bandung
      Siapa sih yang tidak kenal Bandung? Kota kembang ini sudah terkenal dengan sejuta ciri khas, mulai dari tata kota tua sampai wisata kuliner yang sangat terkenal. Ibu kota provinsi Jawa Barat ini sudah terkenal keindahannya dari jaman Belanda.
      Estimasi Biaya: Travel PP Rp 180.000, Hotel Rp 300 ribu.
      Kepulauan Seribu
      Pulau Pari, Pulau Peuncang, Pulau Tidung, hanya lah beberapa pulau yang sedang naik daun untuk kawasan kepulauan seribu. Tidak hanya bisa dinikmati sendiri, wisata air pada pulau-pulau ini dapat dikunjungi oleh ‘geng’ berlibur kalian. Karena biasanya, travel agen yang mengatur wisata pulau seribu akan memberikan paket harga murah apabila orang yang ikutan lebih banyak seperti paket wisata pulau pari, paket harga pulau tidung, paket harga pulau harapan, dll. Anda bisa browsing sendiri di Google, banyak sekali penyedia paket tersebut
      Estimasi Biaya: paket penginapan, makan snorkling, bersepeda, barbeque sebesar Rp. 500.000. Namun estimasi tersebut dapat lebih besar tergantung pulau mana yang hendak dikunjungi.
      Yogya
      Berlibur di kota Yogya mungkin pilihan yang tidak kalah menarik. Namun bagi yang hendak berlibur di kota keraton ini harus menyiapkan transportasi yang memadai karena jika dibandingkan dengan naik kendaraan umum, biayanya cukup mahal. Dan perlu direncanakan dari jauh-jauh hari destinasi wisata ketika disana.
      Estimasi Biaya: Kereta PP Rp 600 ribu, hotel Rp 300 ribu, untuk kuliner tidak perlu repot karena banyak tempat makan murah meriah.
      Surabaya
      Liburan di kota pahlawan, Surabaya? Mengapa tidak. Surabaya cukup menjanjikan wisata kota yang unik. Salah satu tujuan dalam kotanya adalah musem kapal selam, dimana pengunjung dapat melihat isi daleman kapal selam Indonesia jaman dulu. Atau pun main-main ke museum pun tak jadi masalah, mengingat kota ini menyimpan banyak sejarah pahlawan Indonesia.
      Estimasi Biaya: Bus PP Rp. 440 ribu, penginapan Rp200 ribu atau dapat menyewa apartemen sekitar 1 jutaan yang dapat dibagi empat atau enam dengan teman berlibur. Untuk makanan, banyak cafe murah seperti cafesera, atau pun makanan pinggir jalan yang mantap.

    • By Bima TourTravel
      PROMO HARI RAYA IDUL FITRI LIBURAN KE PULAU PAHAWANG LAMPUNG 
      Tanggal Keberangkatan : 
      • 28 - 30 JUNI 2017
      • 29 JUNI - 1 JULI 2017
      PRICE : 475.000 / PAX
      Include :
      - Tiket kapal Ferry PP pel. Merak - Bakauheuni – Merak
      - Mobil PP Pel Bakauheuni - Dermaga Ketapang - Bakauheuni(Avanza/APV/ElF)
      - Makan 4x
      - Explore pulau (Maitem, Tegal, Tanjung Putus, Kelagian, Pahawang besar dan kecil)
      - Penginapan Homestay
      - Sewa Kapal keliling sekitar pulau Pahawang
      Exclude :
      - Sewa Alat Snorkling + Life Jaket 2 hari (Rp.80.000)
      MEETING POINT : PELABUHAN MERAK
      JADWAL
      HARI PERTAMA
      22.00 - 23.50 WIB : Meeting point Pelabuhan Merak (depan Indomaret)
      22.31 - 04.00 WIB : naik kapal ferry menuju Pelabuhan Bakauheni
      HARI KEDUA
      04.00 - 05.00 WIB : tiba di Pelabuhan Bakauheni kita Istirahat dan sholat Shubuh dulu
      05.00 - 09.00 WIB : Perjalanan ke Dermaga Ketapang dengan mobil APV/AVANZA/ELF yang sudah nunggu
      09.00 - 10.00 WIB : Sarapan di Dermaga Ketapang, persiapan basah-basahan
      10.00 - 11.00 WIB : Perjalanan Exploring Pulau MAITEM
      11.00 - 13.00 WIB : Lanjut Exploring Pulau Tegal
      15.00 - 18.00 WIB : Perjalanan Exploring Pulau Kelagian menunggu sunset .
      19.00 - 22.00 WIB : Makan malam, bbq, ngopi bareng,Pelepasan Lampion, modus barengan
      20.00 - 05.00 WIB : Istirahat bobo yang nyenyak
      HARI KETIGA
      05.00 - 06.00 WIB : Hunting Sunsrise
      06.00 - 07.00 WIB : Sarapan Pagi
      07.00 - 11.00 WIB : Exploring Pulau Pahawang Kecil,besar, dan Tanjung Putus
      12.00 - 13.00 WIB : Kembali ke homestay, packing persiapan pulang
      13.00 - 14.00 WIB : Menuju Pusat oleh-oleh yenyen
      14.00 - 17.00 WIB : Perjalanan menuju Pelabuhan Bakaheuni
      18.00 - 20.00 WIB : Perjalanan Menuju Bakauheuni - Merak
      20.00 - end WIB : sayonara para backpacker see you next trip
      Informasi & pendaftaran, segera hubungi
      Bima TourTravel
      Contact Person:
      Call/Whatsapp: 081380796096
      Pin BB : 2A568A6D
      Line Official : @bimatourtravel
      Website : www.bimatourandtravel.com
      Fanspage : @bimatourandtravel.com
      Twitter : @BimaTourTravel
      Email ke: bimatourtravel [at] yahoo [dot] com

    • By infoana
      Kali ini aku ingin mengimbuhkan tips berkenaan hal apa yang perlu diperhatikan disaat ingin liburan. Mungkin ini hal sepele, tetapi bisa saja membantu kalian terhadap waktu liburan. Nah segera review aja deh!

      1. Buat Perencanaan Awal
      Rencana awal adalah faktor terpenting. Mulai dari tanggal keberangkatan, waktu Kuys di wilayah wisata,dan sampai liburan berakhir. Rencanakan seluruh perjalanan Kuys; memanfaatkan jasa transportasi yang bagaimanakah untuk menuju wilayah wisata, apa-apa saja yang bakal Kuys laksanakan di wilayah wisata, apa-apa saja yang ingin Kuys membeli di perjalanan wisata, dan lain-lain. Dengan ada perencanaan di awal, bakal miliki list-to-do, agar keuangan Kuys lebih ringan diatur selama berwisata.
      2. Tentukan Tanggalnya
      Kapan perlu untuk berlibur dan pergi ke suatu tempat, adalah awal perencanaan yang perlu dilakukan. Mengapa? Dengan berencana tanggal keberangkatan, Kuys bisa menyesuaikan jadwal cuti kantor atau jadwal liburan sekolah/kuliah agar rancangan untuk jalan-jalan tidak mepet. Kuys terhitung bisa mengukur keuangan dan menyimpan sedikit duit untuk bekal berlibur nantinya. Kuys terhitung mempunyai waktu untuk mengecek harga trasportasi, baik darat, laut maupun udara.
      3. Tentukan Jumlah Orang Yang Akan Pergi Berlibur
      Yap. Ini adalah faktor yang sangat penting. Dengan sadar jumlah orang yang bakal berlibur dengan Kuys, Kuys bakal lebih bijak di dalam memilih layanan liburan nantinya, seperti transportasi, kamar hotel, dan lainnya.
      4. Tentukan Alat Transportasi Dengan Bijak
      Alat transportasi merupakan faktor penting untuk mensiasati pengeluaran untuk liburan. Jika daerah yang ingin Kuys tuju tetap belum tergolong jauh dan Kuys miliki layanan mobil pribadi, usahakan memanfaatkan mobil pribadi. Karena Kuys tidak membutuhkan ongkos jasa antar kepada penyedia jasa transportasi untuk menuju daerah yang Kuys tuju.
      Jika Kuys ingin jasa transportasi baik darat, laut, maupun hawa untuk menuju wilayah wisata, silahkan memilih penyedia jasa transportasi yang tawarkan harga paling tidak mahal dengan kualitas bagus dan nyaman untuk perjalanan Kuys. Usahakan untuk tidak belanja di dalam kondisi udah mendekati hari keberangkatan.
      5. Meminimalisir Barang Bawaan Anda
      Barang bawaan yang sangat banyak bakal meningkatkan pengeluaran anda selama liburan. Sebagai contoh, jikalau Kuys memilih transportasi udara, Kuys bakal dikenakan ongkos tambahan jikalau anda mempunyai barang bawaan sangat banyak. Belum ulang nanti, sampai daerah tujuan, Kuys bakal repot untuk menenteng atau menyimpan barang bawaan. So, bawa barang seperlunya saja ya Kuys! 
      6. Pilih Tempat Penginapan Anda Secara Bijak
      Tempat penginapan ada di dalam banyak pilihan, baik yang mewah maupun yang sederhana. Sesuaikan keuangan Kuys di dalam memilih daerah penginapan. Jika sebenarnya miliki budget yang minim untuk liburan, cobalah pastikan apakah ada rekan atau sanak saudara di daerah target wisata infoana. Jika ada, menginaplah di daerah mereka untuk meminimalisir pengeluaran selama berwisata.
      Jika sebenarnya Kuys ingin menginap di Hotel, carilah referensi di dalam mereservasi hotel. Temukan cara untuk meraih harga hotel dengan harga yang lebih murah. Contohnya, Kuys bisa mereservasi melalu jasa internet yang tawarkan harga lebih murah. Dan untuk kelas hotel, seluruh terkait keinginan Kuys pastinya.
      7. Pastikan Untuk Tetap Dalam Rencana Awal
      Seperti udah dikatakan sebelumnya. Rencana awal berlibur adalah sangat penting. Apa yang Kuys ingin menikmati di dalam liburan, apa yang dibutuhkan, dan apa yang bakal dibawa pulang adalah hal-hal yang penting. So, usahakanlah selalu di dalam rancangan awal. Karena, jikalau Kuys sangat banyak laksanakan suatu hal diluar rancangan awal, Kuys bakal mengeluarkan duit dengan lebih banyak untuk hal tak terduga. Juga menjauhi sangat banyak belanja barang yang pada mulanya tidak ada di dalam list belanja.
      8. Pastikan Anda Tetap Sehat Selama Liburan Anda
      Menjaga kesehatan selama liburan sebenarnya sangatlah penting. Hindari kegiatan yang sebabkan Kuys sangat letih. Jika waktu liburan, Kuys jatuh sakit, maka ongkos tak terduga pun perlu Kuys keluarkan untuk berobat.
      Jika Kuys miliki suatu penyakit tertentu, konsultasikan terutama dahulu kepada dokter sebelum keberangkatan. Sehingga Kuys bisa menyiapkan obat-obatan yang mungkin diperlukan sebelum berwisata. Kuys tak perlu repot-repot ulang untuk mencari obat.
      Nah itulah tips untuk bisa berwisata hemat. Pastikan liburan Kuys mengasyikkan ya. Karena berwisata ke suatu daerah bisa menghilangkan kejenuhan atas formalitas sehari-hari. Selamat mencoba!  
    • By elinaid
      Usaha pada bidang masakan, saat ini memang sangat menarik. Tapi, tentu membutuhkan berbagai macam faktor pendorong supaya bisnis dapat jalan terus maju dan tak kalah bersaing dengan pelaku bisnis sejenis.

      Salah satu usaha masakan yang dapat kamu jalankan adalah katering. Usaha katering ini cenderung lebih aman ketimbang membuka restoran makan yang belum tentu rame. Selain itu, makanan yang disiapkan oleh katering adalah yang sesuai dengan pesanan. Jadi, dapat diprediksi tidak akan rugi diakibatkan makanan tersisa karena memang makanan yang diolah sesudah adanya orderan.

      Untuk seorang yang baru pertama kali terjun di dunia bisnis masakan terutama katering, kamu sepatutnya mempelajari terlebih dahulu apa saja yang perlu disiapkan. Jangan terburu-buru membangun bisnis tanpa tahu langkah ke depannya akan seperti apa.

      1. Menambah pengetahuan dan wawasan

      Sebelum mengawali membuka usaha katering, hal pertama yang semestinya kamu lakukan yaitu mencari tahu tentang seluk beluk usaha katering. Seperti yang sedang kamu lakukan sekarang ini dengan melihat tulisan ini.

      Mencari info ini penting, jangan sampai kamu sudah mulai mengelola usaha katering, tapi tak tahu bagaimana mengembangkannya. Akan amat repot dan hasilnya kurang maksimal jika langsung jalan dan kamu baru mempelajari setelahnya. Karena, bisnis makanan itu tentu beda dibandingkan bisnis di bidang fashion atau yang lain.

      2. Siap-siap Modal

      Setelah mempunyai ilmu mengenai katering, langkah berikutnya adalah menyiapkan modal. Modal ini dipakai untuk apa? Tentu saja untuk penyediaan alat. Misalkan saja kamu memerlukan kelengkapan memasak untuk 100 porsi, mungkin bila orderannya masih sebesar itu, kelengkapan yang ada di dapur masih sanggup untuk melayaninya. Akan tetapi, saat pesanan kian banyak, butuh lebih banyak peralatan agar waktu yang digunakan untuk memasak lebih efisien.

      Selain kelengkapan masak, kamu juga memerlukan dapur untuk memasak. Dapur rumah masih dapat dipakai, tetapi perlu penataan ulang supaya ketika mengerjakan orderan lebih mudah. Kamu juga akan memerlukan rak khusus untuk tempat peralatan, bumbu-bumbu, dan peralatan lainnya.

      Untuk pemula, biasanya akan memerlukan biaya yang tidak terlalu besar untuk membeli bahan makanan saat ada pesanan. Estimasi tarif yang diperlukan sekitar 500 ribu sampai 2 juta rupiah. Tentu seluruh itu tergantung dari orderan yang sedang kamu kerjakan.

      3. Menjaga Kualitas Makanan

      Menjaga mutu makanan itu sangat penting, apalagi untuk usaha katering. Karena, konsumen biasanya coba-coba dulu menggunakan jasa katering yang belum pernah ia gunakan. Nah, saat kwalitas dan rasa dari makanan yang kamu masak baik, tentu hal ini dapat menjaga pelanggan supaya nantinya pesan lagi ke katering yang kamu miliki.

      Selain itu, pengunjung sebuah acara pasti akan bertanya pada yang tuan rumah rasa dan mutu makanannya enak. Hal ini juga dapat menjadi promosi gratis yang dapat kamu lakukan.

      Tapi, yang lebih penting lagi, makanan ini ialah barang yang gampang sekali basi. Jika kualitasnya tak kita jaga, tentu dapat memberi pengaruh umur makanan tersebut.

      Dan, saat makanan yang kita sajikan telah tak sesuai, bisa - bisa menyebabkan keracunan.

      4. Selalu Membuat Inovasi Baru

      Setiap bisnis tentu membutuhkan sebuah kreatifitas supaya bisa bersaing dengan kompetitor. Begitu juga dengan bisnis katering, kamu semestinya dapat membikin sesuatu yang baru supaya tidak tertinggal dan tetap bisa menarik pelanggan.

      Kreatifitas dalam bisnis katering ini ada banyak yang dapat kamu lakukan, misalnya memperbanyak menu yang ada, membuat paket dengan harga yang relatif terjangkau atau bersaing dengan kompetitor atau inovasi lain yang mungkin dapat mendongkrak penjualan kamu.

      5. Manajemen Waktu Terkait Penyajian

      Penyedia jasa tentulah sangat terikat oleh waktu, saat ada orderan  yang seharusnya siap jam 8 pagi, tentu kita sudah mengantarkannya lebih awal. Kalau ada orderan untuk acara prasmanan, tentu kita seharusnya lebih awal lagi untuk mempersiapkan semuanya.

      Nah, ketepatan waktu penyajian ini menjadi amat penting karena konsumen tentu tidak ingin jika acaranya jadi batal hanya karena makanan yang belum siap. Oleh karena
      itu, kamu harus dapat memprediksi waktu yang dibutuhkan untuk mengolah, mengantarkan, serta menyajikan makanan hingga dapat dinikmati oleh konsumen.

      6. Sedikit banyak Belajar Teknik Marketing, Termasuk Dunia Internet

      Di jaman yang serba komputerisasi seperti saat ini, pemanfaatan teknologi informasi tentu akan menjadi hal yang wajib. Sebagian orang akan mencari sesuatu yang ia butuhkan secara online, termasuk saat akan mencari katering untuk acara yang akan diadakan.

      Tidak perlu hal yang susah dikerjakan, kamu bisa mulai dari membikin sebuah fanspage pada Facebook, atau mungkin membikin sebuah akun Instagram. Nah, ketika mulai bisa memanfaatkan media sosial, langkah selanjutnya adalah membikin sebuah website. website diperlukan agar bisnis yang kamu jalankan nampak lebih serius dan membuat orang lebih percaya.

      Tapi, jangan tinggalkan juga promosi secara offline ya, hal ini tentu tak akan pernah bisa tergantikan.

      7. Sesekali Mencoba Bereksperimen

      Seperti halnya berinovasi, bereksperimen ini juga perlu sekali-sekali dilakukan. Kamu bisa bereksperimen tentang menu yang akan dijadikan, paket yang kelihatannya akan menarik konsumen, atau mungkin sistem penyajian dari makanan. Semua bisa kamu coba dan kreasikan sampai menemukan mana yang hasilnya memuaskan.

      8. Belajar Menetapkan Tarif yang Rasional

      Salah satu alasan konsumen memilih sebuah jasa katering adalah tarifnya yang cocok. Jangan pernah menetapkan harga yang terlalu tinggi sedangkan kamu baru mengawali usaha katering. Tetapkan harga yang sesuai dengan pasar, atau jikalau dapat sedikit bersaing sehingga konsumen akan menggunakan katering milik kamu.

      9. Jangan Bermental Lemah

      Selain mengurusi keadaan sulit teknik perkateringan, jiwa yang kamu punya juga harus kuat. Karena, bisa jadi kamu menerima konsumen yang kurang sabar dan banyak komplain. Apabila mentalmu kurang kuat, bisa jadi baru mendapatkan satu kali orderan saja telah berkeinginan berhenti.

      10. Kendala Umum yang Sering kali Dihadapi
      Ada banyak kendala yang acap kali menjadi problem saat kita membuka usaha katering, seperti banyak pesaing usaha katering, masakan yang tidak cocok dengan selera pelanggan, izin usaha yang belum didapatnya, pengelolaan orderan yang biasanyakerap mendapat komplain.

      11. Belajar dari Orang Lain yang telah membuka bisnis masakan

      Setelah sukses menjalankan bisnis katering, kamu juga perlu untuk menimba ilmu dari pengusaha yang sudah lebih dahulu terjun dalam dunia katering. Ada banyak orang yang dengan suka rela menjelaskan ilmu tanpa ditutup-tutupi.

      Tapi ingat, kamu mesti tahu dengan siapa berbicara. Sebelum belajar dan menggali cerita dan pengalaman, usahakan kamu sudah mengakrabkan diri terlebih dahulu.

      Jangan tiba-tiba seketika meminta untuk diajarkan, padahal kita belum meperkenalkan diri terlebih dulu.

      Nah, itu tadi beberapa hal yang mesti kamu persiapkan ketika memulai membuka usaha katering. Selalu utamakan kenyamanan pelanggan agar kamu menerima konsumen yang setia dan nantinya dia akan mengorder kembali.
    • By talentaorganizer
      Nyai Rasa Resto & Galeri di Jl Cipete Raya No 65, Jakarta Selatan adalah sebuah resto sekaligus galeri seni
    • By Marilyn Dewi
      Cari temen yang mau ke korea awal juni 2017
      Rencana ambil tiket tggl 1-4 juni 2017 (kamis-minggu)
      Ketemuan langsung di Incheon
      Ada yang mauvbareng? Ato kebetulan ada rencana ke korea juga tanggal segituan?
      Kontek line : marinrinrinn
      Thankyou ^^