• agoda-hemat.png

deftones

Smart-Traveler?

17 posts in this topic

maaf sebelumnya, saya pengen share aja, 

saya mngerti bahwa web ini ajang saling mencari informasi dan berbagai mengenai masalah traveling, kawan2 semua baik2 juga menjawab pertanyaan2 yang diajukan para peserta forum.

 

tapi ko makin sini semakin menjadi-jadi fenomena2 hmmm entah fenomena apaan namanya.

misalnya, kebetulan saya punya web iseng tentang pengalaman traveling pribadi, dan bbrp pertanyaan yg muncul ke email, pertanyaan2 yang kadang bisa dengan mudah anda cari tau dengan cara ketik keyword di search engine. done! beres!

atau misalnya keukeuh ingin mengunjungi tempat yg sebenarnya tidak boleh di kunjungi karena akan merusak habitat alam dll.

atau misalnya awareness, kasus menyampah kecil di jalan saat liburan atau coret-coret, yang dianggap biasa saja, walaupun sebetulnya sangat sangat merugikan.  

 

mau minta pendapat kawan2 dong mengenai hal ini. karena buat saya pribadi, a good traveler is a smart traveler. apa sih smart-traveler menurut kawan2 semuanya.. 

hhehe. maaf sama mas admin jika kurang berkenan mengenai posting ini hehehe. trims.

Share this post


Link to post
Share on other sites

@deftones

terima kasih saran nya mas bro

tapi yang di maksud fenomena itu yang seperti apa ya ?

 

kita sadari jika traveler itu tidak semua nya jago menulis, hingga terkadang mereka menulis dengan seinget dan sebisa mereka tanpa info detil yang bisa menunjang dari cerita perjalanan nya, ada pula yang hanya mencantumkan banyak poto tanpa ada nya keterangan informasi yang cukup berguna.

 

Tapi sedikit demi sedikit dengan ada nya tanya jawab di bagian reply akhirnya memicu si pembuat topic / thread itu untuk memberikan jawabannya. jadi ketika kita mau membaca dari awal - akhir akan terlihat topic nya sedikit lengkap dan juga informasional :)

 

soal search engine memang banyak kita rasa seperti pertanyaan simpel "bagaimana kesini atau bagaimana cara beli tiket ini" di google langsung done beres. Tapi ada hal nya bagi traveler yang pemula ke suatu tempat atau ragu, ingin pertanyaan nya langsung di tanggapin tidak hanya cuma baca tulisan orang. Karena dlo saya ngalamin seperti itu. 

 

Inti nya bagi saya Smart Traveler itu lebih cerdik dalam mencari dan menerima informasi serta menjalani nya dengan ke efisienan :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

jadi sebenernya nanyain smart traveler ato pendapat dr fenomena2 itu sich? :ngakak:bingung

atau mungkin penulis berpendapat org yg melakukan fenomena2 tsb bukan smart traveller?

 

IMO:

1. bbrp pertanyaan yg muncul ke email, pertanyaan2 yang kadang bisa dengan mudah anda cari tau dengan cara ketik keyword di search engine. done! beres! (sering saya alami, ada yg email atau bahkan kirim whatsapp/bbm) >> mungkin ada sebagian orang yg lebih suka mengulang pertanyaan...walaupun mungkin info sdh ditulis. atau bisa juga info yg sdh ditulis dirasa blm cukup, dan mereka ingin dengar/tau langsung dr penulis blog, BUKAN orang lain.

2. misalnya keukeuh ingin mengunjungi tempat yg sebenarnya tidak boleh di kunjungi karena akan merusak habitat alam dll.>> mungkin orangnya penasaran dan ga mau denger nasihat/peringatan orang lain.

3. misalnya awareness, kasus menyampah kecil di jalan saat liburan atau coret-coret, yang dianggap biasa saja, walaupun sebetulnya sangat sangat merugikan.>> mungkin tingkat awarenessnya masih rendah...atau bahkan yg sering corat coret itu  menderita penyakit narsis.

 

smart traveler menurut saya pengertiannya luas sekali bisa menyangkut semua aspek, baik sebelum - sedang - setelah traveling.

Share this post


Link to post
Share on other sites

@deftones

 

sekedar saling berbagi dari pengalaman saya :

 

1. kebetulan saya punya web iseng tentang pengalaman traveling pribadi, dan bbrp pertanyaan yg muncul ke email, pertanyaan2 yang kadang bisa dengan mudah anda cari tau dengan cara ketik keyword di search engine. done! beres!

kalau memang di dalam artiket tsb belum menjelaskan apa yang mereka tanyakan yang masih wajar2 saja, dan mungkin sebelum dia cari dari sumber lain mereka sekedar bertanya dr sumber artikel yang mereka baca pertama kali, bisa jadi mereka sudah dpt sebelum dapat jawaban dari yang merekan tanyakan sebelumnya. atau bisa jadi mereka ingin meninggalkan jejak dengan komentar di beberapa blog / web pribadi.

 

2.atau misalnya keukeuh ingin mengunjungi tempat yg sebenarnya tidak boleh di kunjungi karena akan merusak habitat alam dll.

yang terpenting kita sudah memulai dari diri sendiri untuk bisa memilih objek mana yg bisa di kunjungi dan tidak, dan sebagai sesama kita saling menginggatkan dengan cara mengedukasi mereka, bukan dengan menghujat atau mengolok2 bisa jadi mereka emang tidak mengerti dan penasaran.

 

3.atau misalnya awareness, kasus menyampah kecil di jalan saat liburan atau coret-coret, yang dianggap biasa saja, walaupun sebetulnya sangat sangat merugikan.

sama dengan jawaban ke 2, kuncinya kita mulai dr diri sendiri dg melakukan tindakan bukan cuma omongan, saat jalan sama tmn2 kita berikan contoh yang baik secara tidak langsung mereka pun akan meniru jika perlu kita memberikan pengetahuan kepada mereka yang masih baru2

 

smart traveller,backpaker,atau apalah itu namanya menurut saya adalah melakukan kegiatan alam bebas yang tidak merugikan siapapun, bisa membedakan antara objek wisata, cagar alam atau taman nasional sehingga bisa memilih objek mana yg bisa di kunjungi atau tidak sesuai fungsinya, bisa mengedukasi orang2 yang ada di sekitar, pekah terhadap kondisi sekitar. dan selalu berpegang teguh pada etika penggiat alam

a. tidak membunuh apapun selain waktu

b. tidak meninggalkan apapun selain jejak

c. tidak mengambil apapun selain foto

dan boleh di tambahkan

tidak membakar apapun kecuali semangaaaatttt

kurang lebihnya mohon maap

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now