Jump to content
Forum Jalan2.com - Silahkan Berbagi & Bertanya Tentang Tujuan Wisata Anda
  • agoda-hemat.png

baihaki1985

Berburu Makanan Halal Di Kota Sydney Australia

Recommended Posts

Masih ngomongin tentang makanan halal. Ini tentunya secara khusus ditujukan untuk para traveler muslim yang berkunjung ke kota-kota di mana mayoritas penduduknya bukanlah penganut agama Islam. Dan kali ini, kota yang kita bahas adalah kota Sydney yang ada di Australia.

 

Di kota Sydney, meski bukan termasuk kota yang dihuni oleh mayoritas muslim, terdapat varian makanan halal yang cukup banyak. Kita pun bisa menemukan berbagai makanan halal dari berbagai belahan dunia. Baik itu Afrika, Cina, Turki, Lebanon, India, Malaysia dan tentunya tak ketinggalan juga adalah makanan halal dari Indonesia.

 

Penyediaan makanan halal oleh restoran-restoran yang ada di kota Sydney ini pun beragam. Ada yang memang secara khusus menggunakan bahan daging bersertifikasi halal. Namun ada juga yang hanya menggunakan bahan daging yang telah memperoleh perlakuan sesuai dengan ketentuan halal.

 

Berikut ini adalah daftar beberapa restoran halal yang bisa dijumpai di kota Sydney.

 

African Feeling

African-Feeling-360x0.jpg

 

Seperti namanya, restoran yang satu ini menyajikan menu berbagai makanan dari Afrika. Di antaranya adalah menu makanan dari Maroko, Zimbabwe, Nigeria hingga Kenya. Restoran ini bisa dijumpai di alamat 1/501 King Street, Newtown.

 

Al Aseel

366016-al-aseel.jpg

 

Masih di kawasan Newtown terdapat makanan halal lainnya yang ditawarkan oleh restoran bernama Al Aseel. Restoran ini menyajikan menu dari Timur Tengah, tepatnya Lebanon. Mereka pun menawarkan menu makanan halal bersertifikat. Untuk alamatnya, restoran ini berlkasi di 189 Missenden Road, Newtown.

 

Almustafa Lebanese Restaurant

36553_35944_img_1534.jpg

 

Kalau ingin menu makanan halal ala Lebanon lainnya, bisa diumpai di Almustafa Lebanese Restaurant yang beralamat di 23 Glebe Point Road, Glebe. Secara khusus, kalau Anda datang pada malam hari bisa juga menikmati sisha. Selain itu, mereka juga menyediakan hiburan pertunjukan musik arab live serta belly dancing pada Jumat dan Sabtu malam.

 

Blu Ginger

blue-ginger.jpg

 

Di kawasan McMahons Point, terdapat sebuah restoran India bernama Blu Ginger yang juga menyediakan menu makanan halal. Selain makanan India, restoran ini juga menyajikan menu seafood Srilanka dan menu makanan Hiburannya, kita bisa melihat para chef yang tengah beraksi menunjukkan kemampuan memasaknya di dapur terbuka. Untuk alamatnya, restoran ini berlokasi di 147 Blues Point Road, McMahons Point.

 

Delhi 'O' Delhi

602fd4b0-3da1-4693-ae64-d64067bb0e35.jpg

 

Menu makanan halal dari India lainnya juga bisa dinikmati di restoran Delhi 'O' Delhi. Restoran ini pun mengklaim kalau mereka menyajikan menu masakan yang merupakan hasil kombinasi antara bahan-bahan lokal dengan bumbu serta resep dari India. Untuk menikmati makanan di restoran ini, bisa berkunjung ke alamat 3 Erskineville Road, Newtown.

 

Efendy

595115-efendy-restaurant.jpg

 

Restoran makanan Turki Efendy adalah pilihan berikutnya yang bisa dipilih untuk menikmati sajian makanan halal di kota Sydney. Restoran ini menyajikan menu makanan tradisional dan kontemporer dari Turki. Restoran ini bisa dijumpai di alamat 79 Elliot Street, Balmain.

 

Erciyes

l0RokHJyx5tNQz-640m.jpg

 

Pilihan restoran makanan Turki lain yang bisa dikunjungi di kota Sydney adalah Erciyes yang beralamat di 409 Cleveland street, Surry Hills. Restoran ini memberikan suasana yang khas Turki dengan hiburan musik Turki serta pertunjukan tarian perut.

 

Malacca Straits on Broadway

 

Kalau suka dengan menu bisa berkunjung ke restoran Malacca Straits on Broadway yang beralamat di 66 Mountain Street. Selain menu makanan Malaysia, restoran ini juga menyediakan menu makanan Thailand, Cina serta Singapura.

 

Cafe Seulanga

 

Pilihan restoran halal berikutnya yang ada di kota Sydney adalah Cafe Seulangan. Tempat makan yang satu ini beralamat di Shop 9/370 Pitt Street. Mereka pun menawarkan berbagai menu makanan dari Malaysia serta Indonesia. Di antaranya adalah rendang ataupun nasi lemak.

 

Neptune Palace

qlbL68anrRVFf7-640m.jpg

 

Tempat ini sudah menyediakan menu makanan halal lebih dari dua dekade di kota Sydney. Terlebih lokasinya juga sangat strategis, di alamat Level 1 Gateway Building, Ncr Pitt and Alfred Streets, Circular Quay. Lokasi restoran ini tak jauh dari gedung Sydney Opera House serta Sydney Harbour Bridge. Makanan yang disajikan di sini adalah menu dari Cina serta Malaysia.

 

Zaaffran

 

Restoran yang satu ini dikenal sebagai tempat makan halal yang identik dengan inovasinya. Di sini, para chef akan menyajikan menu makanan tradisional dengan tampilan yang modern dan dibuat dari bahan-bahan yang masih fresh. Pilihan menu masakannya adalah dan beralamat di Level 2, 10 Darling Drive.

 

Zaaffran%20Article%20Lead%20-%20wide-360

 

Sangab beragam bukan? Terlebih untuk sebuah kota yang mayoritasnya bukanlah pemeluk agama Islam. Tentu saja daftar restoran yang saya tulis di atas bukanlah semua restoran dengan menu makanan halal yang ada di Sydney. Selain restoran-restoran tersebut, masih ada cukup banyak tempat makan lain yang juga menawarkan menu makanan halal di Sydney. Kalau mungkin ada yang mau menambahkan, feel free silakan saja tulis di kolom komentar, nggak ada yang nyalahin kok... hehehehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

  • Similar Content

    • By TravellingAddict
      Setelah beberapa hari di Korea lama-lama bosen juga makan kimchi, bibimbap, bulgogi, ramyeon, teokbokki. padahal gue udah bela-belain makan kimchi tiap hari berharap punya kulit putih mulus seperti Siwon. tapi bukannya kulit putih mulus yang didapet malah mencret yang ada. nah kebetulan pas kita mau solat di mesjid Itaewon ada sebuah warung makan melayu dan egyptian food yang menyajikan masakan Indonesia.   Gue : "makan disini yuk, sob?"   Temen : "hah?? itu makanan Indonesia bro!"   Gue : "iya, gue gak buta huruf kali, emang kenapa dengan Indonesian food"   Temen :"di Indonesia banyak!!"   Setelah terjadi perdebatan yang sangat alot, temen gue pun akhirnya mau juga. hahaha...   Bannernya Makanan yang dijual disini gak semuanya makanan indonesia tapi ada juga makanan timur tengah juga, pilihan menu makanannya juga cukup banyak dari nasi goreng sampe rawon ada juga disini. setelah tanya-tanya restoran ini baru berdiri sejak 1 September 2012 dan diresmikan juga oleh bapak duta besar Republik Indonesia entah siapa pada saat itu nama bapak dubesnya. mungkin kalian ada yg tau?? silahkan mention ke @budyjullianto kalo kalian tau jawannya dan berarti kalian memang luar biasa.   Buku menu Pesenan gue   Menu favorit disini untuk makanan itu rendang dan asam manis gurame, untuk minuman teh tarik dan janda kelapa muda. entah kenapa saat itu mendadak gue ngidam ayam bakar dan untuk minumannya pilih air mineral aja. ngirit sob ngirit.soalnya cuma minum aja yang boleh nambah tanpa bayar aka FREE. kalo dikonversi ke rupiah sih makan disini cukup mahal buat gue karena menu ayam bakar + nasi putih yang gue pesen ini sekitar 11.000 won atau 132.000 rupiah (rate saat itu) persis kaya meme lucu yang beberapa waktu muncul di sosmed beda nama beda harga antara Nasi goreng dan Fried rice.   Oh iya disini ada sebuah meja kaca yang di dalemnya terdapat uang-uang pecahan kecil dari berbagai negara, mata uang indonesia juga ada loh. dan makan disini tuh gak berasa di Korea soalnya pelayannya ngomong pake bahasa Indonesia mungkin karena keliatan kali ya muka gue gak kaya Siwon. padahal mata gue udah di spit-sipitin gitu supaya disapa pake bahasa korea dan pergi scrub ke jimjilbang supaya lebih putih. ternyata semua usaha gue gagal. betek!!   Table yang diluar Tempatnya gak begitu luas sih, tapi cukup nyaman. dan kita bisa liat langsung proses masaknya juga karena mereka nge grill makanan nya diluar. pas gue makan disana lumayan rame ada beberapa group cewek-cewek dari Malaysia. ga sempet kenalan dan minta pin bb sih. dan ada beberapa tamu lokal, timur tengah. mungkin karena pengunjungnya lumayan banyak jadi makannan gue pun jadi lama datangnya padahal udah lapar banget. dan ternyata ayam yang disajikan itu kayanya ayam kalkun soalnya gede banget beda ama ayam-ayam di Indonesia yang kurus langsing dan ber-rok mini. "itu ayam kampus, bud!!"   Salam, www.travellingaddict.com
    • By baihaki1985
      Singapura memang negara yang sangat kecil. Luas wilayah dari negara Singapura sangat jauh berbeda kalau dibandingkan dengan Indonesia. Bahkan kalau dibandingkan wilayah provinsi Jawa Timur sekalipun, Singapura jauh lebih kecil. Meskipun begitu, pada kenyataannya, Singapura menjadi salah satu tempat wisata favorit, termasuk oleh masyarakat Indonesia yang kerap mengunjungi Singapura sebagai tempat untuk berbelanja.
       
      Nah, sebagai negara multikultural, Singapura menjadi tempat wisata dengan berbagai budaya dunia. Termasuk dalam hal makanan. Di negara yang satu ini, memperoleh makanan, termasuk itu makanan halal, tak begitu sulit. Terlebih Singapura sendiri bisa dijelajahi secara keseluruhan dalam waktu yang tak terlalu lama. Jadi, menemukan makanan halal selama di Singapura bukanlah hal yang sulit.
      Kalaupun kamu bingung dengan dengan restoran-restoran halal yang ada di Singapura, tenang saja. Biasanya, restoran-restoran tersebut akan memberi tahu kalau makanan yang mereka sajikan adalah menu makanan halal. Terlebih kalau kamu datang ke tempat mereka dengan menggunakan jilbab yang jelas menunjukkan kalau kamu adalah seorang muslim. Selain itu, kalaupun mereka tak memberi tahu, tak ada salahnya untuk inisiatif tanya terlebih dulu. Jangan sampai kasus seperti Kesang Pengarep terjadi pada kamu.
       
      Ayam Penyet Ria

       
      Ayam Penyet Ria menjadi salah satu restoran halal yang populer di Singapura. Untuk menikmati sajian menu halal di sini, kamu pun bisa memilih empat lokasi yang ada, yakni di:
       
      ·         Lucky Plaza #01-45/#04-25 Singapore 238863
      ·         Far East Plaza #05-22 Singapore 228213
      ·         Jurong Point #B1-06 Singapore 648886
      ·         Bedok Mall #01-71/72 Singapore 467360 
       
       
      21 on Rajah

      Beberapa menu makanan di On Rajah 21 (kredit: On Rajah 21)
       
      Restoran 21 On Rajah menyediakan menu berupa buffet ataupun ala carte. Jadi, kalau ingin bikin pesta di Singapura dan ingin menyediakan menu buffet halal, di sini bisa dijadikan rujukan. Terlebih restoran dengan menu buffet halal cukup jarang di Singapura. Alamat dari restoran ini adalah di 1 Jalan Rajah Singapura 329133.
       
      Badoque Cafe

      Badoque Cafe (kredit: Badoque)
       
      Restoran yang satu ini sebenarnya tidak mempunyai sertifikat halal. Meski begitu, mereka mempunyai dapur halal serta menggunakan bahan-bahan yang diambil dari suplier bahan-bahan halal. Alamat dari restoran ini adalah di 298 Bedok Rd, Simpang Bedok, Singapore 469454.
       
      Yellow Submarine

      Yellow Submarine (kredit: Yellow Submarine)
       
      Sandwich di Yellow Submarine menjadi makanan halal yang populer di Singapura. Meski sayangnya, kalau dibandingkan dengan menu makanan di McDonald, harga di sini memang terbilang lebih mahal. Mereka mempunyai dua outlet yang masing-masing berada di alamat:
       
      ·         200 Victoria Street #B1-K24 Bugis Junction Singapura 188021
      ·         Blk 177 Toa Payoh Central, #01-110 Singapore 310177
       
      I Am... Cafe

      I Am Cafe (kredit: occasionaltraveler)
      Tempat makan yang beralamat di 674 North Bridge Road #01-01 Singapore 188804 selalu nampak ramai pengunjungnya. Banyak yang suka dengan sajian makanan di tempat ini, meskipun restoran I Am... Cafe ini tak secara resmi mempunyai sertifikasi halal. Namun mereka menggunakan bahan-bahan dari suplier halal.
       
      1market by Chef Wan

      kredit: asia-city
      Berada di alamat Plaza Singapura #04-45/46/47/48/49 68 Orchard Road Singapore 238839, 1market menjadi tempat untuk bisa merasakan menu halal dengan variasi yang beragam. Di Singapura sendiri, nama Chef Wan cukup terkenal, dan beberapa menu yang ada di 1market diciptakan oleh Chef Wan.
       
      Carousel

      Restoran Carousel (kredit: danielfooddiary)
      Restoran yang satu ini menyediakan menu makan ala buffet dengan opsi pilihan yang beragam. Dari shashimi, nasi lemak ataupun pangsit. Untuk alamatnya sendiri, Carousel terletak di Royal Plaza on Scotts, 25 Scotts Road Singapore 228220.
       
      Fika Swedish Cafe & Bistro
       
       
      Kalau bosan dengan menu makanan Asia, kamu bisa juga mencoba menu makanan Swedia yang ada di Fika Swedish Cafe & Bistro. Salah satu menu wajib yang harus dicoba di sini adalah meatball-nya. Untuk mencoba makanan mereka, bisa ke dua tempat, yakni di alamat:
       
      257 Beach Road/Arab Street Singapore 520728
      #01-20 Millennia Walk Singapore 039596
       
      Le Steak by Chef Amri

      Le Steak Restaurant ( kredit: danielfooddiary )
      Kalau ingin mencoba menu steak yang halal, bisa datang ke Le Steak by Chef Amri yang ada di alamat 248 Jalan Kayu Singapura 7999472.
       
      Hajah Maimunah Restaurant

      Restoran Hajah Maimunah (kredit: fifo)
      Restoran yang satu ini juga menjadi salah satu tempat makan halal yang cukup populer di Singapura. Mereka bahkan mempunyai empat outlet yang masing-masing tersebar di:
      ·         11 & 15 Jalan Pisang Singapore 199078
      ·         20 Joo Chiat Road #01-02 Singapore 427357
      ·         6 Jalan Pinang Singapore 199138
      ·         3017 Bedok North Street 5 #04-08 Gourmet East Kitchen Singapore 486121 
      Tang Tea House Hong Kong Cafe
      Tempat makan halal di Singapura yang satu ini menyajikan menu dim sum. Di sini, kamu pun bisa menikmati berbagai varian dim sum yang tentunya halal, seperti siew mai ataupun Golde Sand Pau yang menjadi menu hits di restoran ini. Alamatnya, berada di 357 Bedok Road Singapura 469545.
      Selera Nasi Lemak
      Menu nasi lemak di restoran Selera Nasi Lemak banyak disukai oleh masyarakat Singapura. Beralamat di 2 Adam Road 289876, restoran ini pun dapat dengan mudah dijumpai. Hal ini karena mereka bisa dilihat berkat antreannya yang selalu panjang.
      Yureka Teppanyaki Restaurant
      Restoran ini adalah satu-satunya dan restoran teppanyaki Jepang pertama yang memperoleh sertifikasi halal di Singapura. Jadi, sangat sayang kalau kesempatan untuk menikmati menu teppanyaki halal kamu lewatkan. Lokasi dari restoran ini bisa dijumpai di alamat 10 Jalan Masjid Singapura 418930.
       
    • By vie asano
      Biasanya, saat bepergian ke negara lain, wisatawan muslim kerap dipusingkan dengan beberapa hal. Salah satunya adalah mengenai ketersediaan makanan halal, terutama jika Islam merupakan agama minoritas di negara tujuan wisata tersebut. Hal tersebut juga kerap memusingkan wisatawan muslim yang akan berwisata ke Jepang. Sushi mungkin halal (walau ada juga kemungkinan nasi sushi dicapur dengan mirin yang merupakan bahan non-halal). Tapi populasi makanan non-halal jumlahnya jauh lebih banyak lagi. Bagaimana caranya untuk mencari makanan halal di Jepang? Bagaimana caranya membedakan makanan halal dan non-halal? Adakah menu makanan Jepang yang betul-betul aman dikonsumsi oleh wisatawan muslim? Itulah yang akan saya bagikan dalam tulisan kali ini.

      Prinsip Dasar: Mengenal Halal Tourism di Jepang






      Ilustrasi halal tourism, via
      stasiareport

      Bagi wisatawan muslim, jangan khawatir jika akan berwisata ke Jepang. Negeri Sakura tersebut memang bukanlah negara Islam, dan Islam merupakan agama minoritas disana. Namun dewasa ini pemerintah Jepang serius menargetkan wisatawan muslim sebagai target pasar sektor pariwisatanya. Sebagai konsekuensi, pemerintah Jepang pun mengembangkan halal tourism untuk menyambut wisatawan muslim yang akan berkunjung ke Jepang. Detail tentang halal tourism bisa dibaca disini:

      Restoran Halal, Muslim Friendly, Muslim Welcome, dan Pork Free; Apa Bedanya?






      Salah satu restoran halal di Jepang, via
      japan-guide

      Saat ini, di beberapa kota besar dan juga bandara, restoran halal sudah cukup mudah ditemukan; walau jumlahnya memang masih sangat terbatas. Diluar kota besar, restoran halal belum tentu ada walau mungkin ada beberapa jenis restoran lainnya yang bisa dicoba oleh wisatawan muslim seperti restoran muslim friendly, muslim welcome, dan pork-free. Berikut perbedaan dari keempat jenis restoran tersebut:

      Restoran halal, merupakan restoran yang hanya menyajikan menu halal. Semua menunya adalah menu halal, dan restoran ini memiliki logo halal. Restoran halal tidak menyajikan minuman alkohol; atau jika terdapat minuman beralkohol, penyajiannya dipisahkan dari menu lainnya. Jumlah restoran yang betul-betul halal memang sangat terbatas, terutama karena di Jepang sangat sulit bagi sebuah restoran untuk bertahan jika tidak menjual minuman beralkohol.

      Muslim Friendly, atau kerap disebut sebagai halal friendly restaurant, merupakan restoran yang menyajikan menu halal yang sudah ditandai dengan logo halal. Namun restoran ini juga memiliki menu biasa yang bahan maupun bumbunya bisa saja merupakan bahan atau bumbu non-halal. Misalnya saja, menggunakan daging ayam maupun daging sapi non-halal, dan mungkin juga dicampur dengan alkohol. Walau kabarnya dewasa ini training penyajian makanan halal semakin diintensifkan untuk berbagai restoran yang menyajikan menu-menu halal, restoran ini mungkin saja memasak berbagai menu halal-nya dalam alat masak yang sama dengan yang digunakan untuk memasak makanan non-halal. Tambahan informasi, beberapa restoran muslim friendly hanya dapat menyajikan menu halal dengan reservasi sebelumnya, karena mereka memerlukan waktu untuk menyajikan menu-menu halal.

      Muslim welcome, merupakan jenis restoran yang tidak menyajikan babi, bahan-bahan yang berkaitan dengan babi, dan tidak menggunakan alkohol dalam menunya. Namun restoran ini tidak memiliki menu khusus yang betul-betul halal.

      Pork-free, merupakan restoran yang tidak menyajikan babi maupun daging. Namun bukan berarti restoran jenis ini bebas dari penggunaan alkohol dalam berbagai menunya.

      Dengan mengetahui berbagai jenis restoran yang berkaitan dengan halal tourism, diharapkan wisatawan tidak kebingungan lagi dalam mencari restoran yang sesuai dengan yang dibutuhkan.

      Cara untuk membedakan makanan halal dan non-halal

      Saat berwisata ke Jepang, terkadang kita tak selalu bisa makan di restoran halal maupun belanja di toko bahan makanan halal. Karenanya, perlu kejelian untuk mengetahui mana makanan yang halal maupun non-halal. Setidaknya ada 3 cara yang bisa digunakan:

      1. Dengan men-download aplikasi Halal Minds.
      Aplikasi ini dikembangkan oleh Agung Pambudi, founder dan CEO Kyushu.Lab. Halal Minds menyimpan database berbagai makanan halal dan non-halal. Cara penggunaannya pun cukup mudah, terutama bagi wisatawan yang tidak dapat membaca huruf kanji. Wisatawan cukup men-scan barcode, dan aplikasi ini akan mencari di database apakah makanan tersebut halal atau tidak. Saat ini sudah ada 500.000 produk yang tercatat dalam database Halal Minds. Namun jika ternyata hasil scan tidak jelas, gunakan cara kedua.

      2. Dengan cara mencari kanji bahan makanan non-halal dalam sebuah produk
      Cara ini bisa diterapkan jika wisatawan akan membeli produk makanan dalam kemasan, seperti mie instan, roti, dan lainnya. Konsekuensinya, wisatawan harus mencari kanji non-halal diantara deretan kanji dan huruf Jepang lainnya yang ada dalam sebuah produk. Untuk panduan, teman-teman bisa mencetak gambar berikut ini:






      Daftar huruf kanji bahan makanan non-halal, via
      tsumrawomen.blogspot

      3. Dengan bertanya pada sang penjual
      Cara ini mungkin akan sulit dilakukan jika teman-teman membeli produk makanan instan/makanan dalam kemasan, namun bisa dilakukan jika membeli produk makanan jadi seperti bento, maupun jika membeli menu di restoran. Tanyakan pada penjual/pelayan restoran mengenai menu-menu yang aman dikonsumsi oleh wisatawan muslim. Biasanya mereka akan dengan senang hati merekomendasikan menu-menu yang halal maupun muslim friendly.

      Kenali Menu Makanan Jepang yang Aman Bagi Wisatawan Muslim






      Zaru udon, salah satu menu kuliner khas Jepang yang aman untuk wisatawan muslim, via
      season-jp

      Kadang kita tak sempat untuk melihat daftar kanji dalam kemasan sebuah makanan. Kita juga tak selalu bisa menemukan restoran halal, muslim friendly, muslim welcome, maupun pork-free. Pada saat seperti itu, ada baiknya mengetahui menu apa saja yang relatif aman dikonsumsi oleh wisatawan muslim.

      Sushi belum tentu halal, karena bisa saja nasinya dicampur dengan mirin. Ramen hampir pasti non-halal karena kerap dicampur dengan potongan daging babi dan bahan tambahan non-halal lainnya (seperti alkohol). Roti mungkin saja mengandung lemak babi. Namun udon dan soba biasanya relatif bebas dari bahan-bahan non-halal. Onigiri (kecuali yang mengandung isian non-halal), ikan bakar, kacang edamame, dan sayur mayur termasuk makanan halal. Namun memang agak sulit untuk menemukan menu makanan tradisional Jepang yang betul-betul halal selain yang terdapat di restoran halal (jika dilihat dari pemilihan bahan makanan hingga penyajian), sehingga mungkin saja diperlukan sebuah kompromi untuk menyantap menu tradisional Jepang yang disajikan diluar restoran halal.

      Semoga informasinya bermanfaat. Untuk melengkapi bahasan tentang muslim traveler di Jepang, baca juga
    • By baihaki1985
      Bagi seorang muslim, menemukan makanan halal menjadi hal yang sangat penting. Terlebih lagi ketika datang ke tempat yang benar-benar asing seperti Shanghai misalnya. Dan meski Cina bukanlah negara dengan mayoritas penduduknya muslim, Anda akan bisa dengan cukup mudah memperoleh di sini.

      Hampir di setiap distrik yang ada di Shanghai, Anda bisa menemukan restoran dengan menu makanan halal. Jadi, kalau Anda adalah seorang muslim yang kebetulan memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Shanghai, masalah mengisi perut nampaknya tidak seharusnya dijadikan permasalahan. Anda pun akan dapat menemukan restoran dengan plank bertuliskan halal di berbagai tempat.
       

      Menu makanan halal ala Xinjiang di Cina (Flickr/Alpha)

      Distrik Changning

      Yershari
      Restoran yang satu ini menjadi salah satu jaringan restoran makanan halal yang sangat mudah dijumpai di berbagai distrik di Shanghai. Salah satunya adalah yang ada di alamat Floor 2, West Hongxin Fashion Square, 762 Tianshan Road, Changning District. Restoran Yershari ini pun sudah berdiri cukup lama, dari tahun 2001.

      Di sini, Anda bisa menemukan berbagai menu dengan bahan utama yang bervariasi. Menu yang menjadi favorit di restoran ini adalah olahan daging kambing serta ayamnya. Untuk harganya sendiri, rata-rata Yershari mematok banderol sekitar 70 yuan.

      Tahaer Xinjiang Restaurant
      Sesuai namanya, Tahaer Xinjiang Restaurant adalah restoran yang menyajikan menu masakan ala suku Xinjiang Cina. Dan tentunya, karena mayoritas masyarakat Xinjiang adalah orang Islam, menu yang ditawarkan di sini pun adalah menu makanan halal. Lokasi restoran ini berada di alamat 520 Jianhe Road, Changning District dengan rata-rata harga sebesar 63 yuan.

      Distrik Hongkou

      Yini Xinjiang Flavor
      Restoran halal pertama yang bisa dijadikan pilihan tempat makan adalah Yini Xinjiang Flavor yang ada di alamat 98 Dongjiangwan Road, Hongkou District. Menu masakan berbahan ayam dan daging kambing seperti shashlik (mirip kebab) menjadi makanan yang bisa dinikmati di tempat ini. Selain itu, harga makanan di sini juga tak terlalu mahal, berkisar di angka 43 yuan.

      A Fan Ti Restaurant
      Restoran yang satu ini menjadi tempat makan yang cukup sering didatangi oleh orang-orang Xinjiang Cina. Menu yang menjadi andalan dari restoran ini adalah barbecue shaslik yang berbahan daging serta olahan ayam. Untuk harga makanan dari restoran yagn beralamat di Floor 1, Tianshan Hotel, 775 Quyang Road, Hongkou District adalah rata-rata sekitar 72 yuan.

      Distrik Huangpu

      GGJ
      Beralih ke Distrik Huangpu, terdapat restoran bernama GGJ yang juga menawarkan menu makanan halal. Restoran ini tepatnya beralamat di Building A, 70 Zhenjiang Middle Road, Huangpu District. Harga rata-rata makanan di sini pun tak begitu mahal, yakni sebesar 24 yuan. Di sini, Anda bisa memperoleh menu makanan seperti sup daging ataupun mie.

      Xinjiang Pamir Restaurant
      Lagi-lagi, tempat ini menawarkan menu daging kambing berupa shaslik. Selain itu, restoran yang beralamat di 205 Zhejiang Middle Road, Huangpu District ini juga menjadi tempat yang menarik untuk mencoba menu nasi Xinjiang.

      Distrik Jing'an

      Xibo Restaurant
      Restoran yang satu ini terkenal karena menu masakannya yang menggunakan bahan badam, semacam kacang kering. Restoran yang beralamat di Floor 3, 83 Changshu Road, Jing’an District ini juga menawarkan menu makanan halal lainnya seperti shashlik, olahan ayam dan ain-lain.

      Tahaer Xinjiang Restaurant

      Anda juga akan bisa menemukan salah satu cabang restoran Tahaer Xinjiang di Distrik Jing'an. Alamat restoran tersebut tepatnya berada di 61 to 63 Changning Road.

      Distrik Luwan

      LeLe Xinjiang Restaurant
      Jangan salah sangka dulu ya. Restoran ini bukanlah tempat makan yang menyajikan menu ikan lele sebagai bahan utamanya. Tapi restoran ini merupakan restoran Xinjiang yang tentu saja menawarkan menu makanan Xinjiang. Alamatnya berada di 272 Dongtai Road dan rata-rata harga makanannya adalah sebesar 37 yuan.

      Full Hat
      Masih di distrik yang sama, Anda bisa menemukan restoran bernama Full Hat. Restoran ini hadir dengan desain yang sederhana, perpaduan antara warna hitam dengan putih. Restoran yang memiliki nama Cina sebagai Duoba Chuangyi Xiyu Liaoli beralamat di Room 104, Huaihai National Mansion, 49 East Huaihai Road.

      Distrik Putuo

      Tahaer Xinjiang Restaurant
      Beralamat di 1275 Meichuan Road di Distrik Putuo, Anda akan bisa menemukan restoran Tahaer Xinjiang. Tentu saja restoran ini mempunyai menu makanan halal seperti halnya di restoran Tahaer lainnya di distrik lain. Untuk rata-rata harganya, restoran ini mematok banderol sebesar 67 yuan.

      Distrik Zhabei

      Aiziha’er Musical Restaurant
      Sesuai namanya, restoran ini tak hanya menyajikan menu makanan halal. Mereka juga menghadirkan penampilan musik serta dansa pada saat petang hari. Untuk alamatnya sendiri, restoran ini berada di 8 Liuying Road dan dengan harga rata-rata sebesar 60 yuan.

      Distrik Yangpu

      Yi Xin Zhai
      Yi Xin Zhai ini memang merupakan sebuah restoran yang kecil. Namun bukan berarti tempat ini sepi, bahkan merupakan salah satu restoran yang cukup ramai. Biasanya, orang-orang datang ke sini untuk menikmati sarapan dengan menu spesialnya adalah roti bun, mie serta nasi. Alamat dari restoran ini berada di 1503 Pingliang Road.
       

    • By shata
      Thailand adalah negara yang hampir seluruh penduduknya beragama Buddha, jadi wajar sekali jika di negara ini banyak terdapat kuil-kuil untuk beribadah dan restoran yang hidangannya mengandung babi, yang tentu saja tidak halal untuk Muslim.   Seiring berkembangnya pariwisata di Thailand, saat ini banyak orang Indonesia yang menjadikan Thailand sebagai destinasi wisatanya. Sebagian besar dari mereka, pastinya beragama muslim sehingga mereka seringkali bingung dimana mencari tempat makan yang halal ketika sedang berada di Thailand, khususnya di Bangkok.    Untuk permasalahan ini, saya punya jawabannya ^^  Pas kemarin saya sedang berada di Bangkok, saya jajal makan di Roti Mataba. Salah satu tempat makan yang berada di sekitar Khaosan Road. Tepatnya ada di 136 Phra Athit Road, distrik Phra Nakorn. Agak lumayan jauh kalau dari Khaosan Road dengan berjalan kaki, tetapi saya rasa, anda tidak akan tersasa capek karena ada banyak sekali hal menarik yang dapat anda lihat selama di perjalanan menuju ke tempat makan ini.    Saya memilih Roti Mataba atas dasar rekomendasi salah satu travelmate saya dan dia dapet info tempat makan ini dari internet. Sehabis dari Khaosan Road, saat itu menjelang magrib, saya langsung menuju Roti Mataba. Saya sudah berada hampir di ujung Jalan Phra Athit, tetapi belum menemukan Roti Mataba. Ternyata, tempat makan ini lokasinya ada di pojokan jalan antara Jalan Phra Athit dan Phra Sumen. Fyi, Bangunan-bangunan yang ada di pinggir Jalan Phra Athit dan Phra Sumen merupakan bangunan-bangunan lama. Kalau di kita seperti bangunan peninggalan jaman belanda. Memang daerah Phra Nakorn ini terkenal dengan sebutan old city, kalau di Jakarta mirip dengan daerah Pasar Baru.   Dari jarak kurang lebih 5 meter, plang atau neon box bertuliskan Roti Mataba sudah terlihat. Sebelum dan sesudah Roti Mataba, ada banyak cafe dan tempat makan lain, jadi anda jangan sampai salah masuk, baca plangnya baik-baik. Kesan pertama saya setelah tiba di Roti Mataba, ternyata tempat makan ini tidak terlalu besar, hanya terdiri dari beberapa kursi dan meja, ada dua yang diletakkan di luar (buat yang mau makan outdoor), di lantai satu, dan di lantai dua. Saya memilih makan di lantai dua karena tempat masak terletak di lantai satu dan saya nggak mau dekat dengan tempat masak. Selain itu, lantai dua dilengkapi dengan AC dan mbak-mbak pelayannya juga merekomendasikan saya untuk makan di lantai dua.   Tak berapa lama setelah duduk, si mbak-mbak pelayan yang tadi menunjukkan saya tempat, datang sambil membawa menu. Info yang didapat oleh teman saya bahwa Roti Mataba halal, benar-benar terbukti dari menu yang tersedia dan pihak restoran pun siap menjamin bahwa restoran mereka 100% halal. Karena bernama Roti Mataba, sudah jelas bahwa sebagian besar hidangan yang ada di restoran ini berupa roti dan mataba. Yang dimaksud dengan roti di restoran ini adalah roti cane atau roti paratha dan mataba adalah martabak. Mungkin kata martabak dalam bahasa Indonesia juga berawal dari kata mataba.    Jika anda memesan menu roti di Roti Mataba, anda bisa memesan rotinya saja, plain tanpa apa-apa, atau dengan pelengkap seperti kari ayam khas India, ayam tandoori, kari hijau khas thailand, sosis ayam, bahkan pelengkap yang manis-manis seperti keju dan saus coklat. Martabaknya juga tersedia berbagai macam pilihan yang bisa anda pilih sesuai kesukaan, seperti martabak isi daging ayam, daging sapi, ataupun telur.   Selain roti dan mataba yang menjadi andalan di restoran ini, ada menu-menu lainnya seperti menu nasi, anda bisa pilih mau plain rice (nasi putih) atau yellow rice (mirip nasi kuning Indonesia tetapi rasanya lebih gurih). Nasi ini dimakan bersamaan dengan hidangan khas timur tengah lainnya seperti chicken massaman, mutton, kari ayam, kari hijau ala thailand, dan masih banyak lagi pilihan lainnya. Ada juga menu lainnya yang bukan khas timur tengah seperti sop buntut, samosa, dan spring rolls.     Saya memesan yellow rice with beef green curry, 1 roti, dan 1 mataba isi telur. Kesan pertama tentang makanan yang saya pesan: porsinya sedikit sekali. Mana cukup untuk orang-orang Indonesia terutama para lelaki   Terlepas dari porsinya, ketiga makanan yang saya pesan rasanya sangat enak. Yellowrice-nya enak walaupun terlalu gurih, green curry nya juga enak walaupun sedikit pedas. Roti dan mataba nya yang paling juara! Kalau anda sedang dalam kondisi tidak terlalu lapar, saya rekomendasikan anda untuk memesan roti dan mataba nya saja. Untuk minumannya, saya tidak lihat ada yang unik. Hanya yang biasa-biasa saja seperti es teh manis, eh teh lemon, thai tea. Saya sendiri memesan lemongrass tea yang ternyata berupa teh kemasan dalam botol. bukan buatan Roti Mataba sendiri, seperti yang saya harapkan.   Yang membuat saya semakin bahagia karena sempat mencoba makan di Roti Mataba adalah harga makanan dan minumannya yang sangat terjangkau. Mungkin menyesuaikan dengan porsinya yang tidak terlalu banyak, tetapi tetap saja terjangkau bila dibandingkan dengan restoran sejenis yang berada di tengah kota Jakarta.   Jadi, dengan senang hati saya rekomendasikan Roti Mataba sebagai tempat makan yang patut didatangi oleh para pelancong dari Indonesia yang ingin mencari makanan halal, enak, dan murah.   Selamat mencoba!
×
×
  • Create New...