Sign in to follow this  
theblacksmith

Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban

5 posts in this topic

Percaya gak kalau di Riau ada air terjun? Harus percaya. Salah satunya adalah Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban. Diberi nama demikian karena jatuhnya air melalui tebing yang bertingkat tujuh dan mengalir ke aliran Sungai Kuantan. Ketinggian air terjun ini bervariasi untuk setiap tingkatannya, untuk air terjun tingkat pertama dan keempat mencapai ketinggian antara 5-15 meter. Bahkan pada tingkat ke enam mencapai ketinggian sekitar 30 m lebih. Amazing!

Lokasinya Terletak di Desa Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Propinsi Riau. Berjarak sekitar 37 Km dari ibukota Teluk Kuantan. Untuk mencapai lokasi diperlukan usaha ekstra keras. Cocok buat jalan2ers yang suka berpetualang. Dari Pekanbaru ke Desa Lubuk Ambacang dapat ditempuh melalui jalan darat. Setelah itu nyambung lagi naik pompong-sejenis sampan bermotor sejauh 4 km dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Biaya sewanya sekitar 150 ribu.

Saat menambatkan boat di dermaga, jalan2ers udah langsung ketemu air terjun tingkat pertama.

Jika ingin menuju ke tingkat berikutnya (hingga tingkat ke empat) harus menyusuri tebing-tebing terjal melalui tangga beton di antara pohon-pohon yang masih asri. Sedangkan untuk menuju ke tingkat ke tujuh dari tingkat ke empat harus menempuh medan yang lebih berat bahkan dengan bergantungan di antara akar-akar pohon, hal ini cukup menguras energi.

Jarak antara air terjun ini berkisar antara 50-100 meter. Pada tingkat ke enam akan dijumpai air terjun dengan ketinggian 30 m lebih. Yang sungguh menakjubkan, di kolam air terjun ini tergambar dua lapis pelangi, hasil bias cahaya matahari dari percikan air terjun yang menghasilkan hembusan angin kencang.

Dan apabila sampai ke tingkat terakhir (ke tujuh) dari atas ketinggian, bila melihat ke bawah, di kolam air terjun ke tujuh ini akan terlihat pelangi yang membentang dengan bentuk melingkar.

Kelelahan dalam perjalanan terbayar dengan keindahan alam yang menakjubkan. Nah, tunggu apalagi?yuk capcuuuusss…

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah, keren air terjunya ampe bertingkat2x kayak gitu.

foto yg 1 tinggi banget yah air terjunya.

tapi, di foto yang ke 2 kayaknya kecil air terjunya. apa ada beberapa lokasi untuk air terjunya...?

Share this post


Link to post
Share on other sites

makasih ya gambarnya. keren kan air terjunnya. Tapi emang bener, pemda setempat masih kurang gencar promosinya.

Padahal kalo tempat wisatanya dibenerin bisa potensial banget.

Pasti makin banyak pengunjung lokal dan internasional yang bakal datang ke sana.

Jalur transportasinya juga musti jadi perhatian pemda biar makin rame wisatawannya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By Viviiy

      images: Instagram
      Sumatra Barat memiliki banyak potensi wisata alam yang belum begitu dikenal, termasuk tempat wisata di Padang Pariaman. Tujuan wisata alam terpopuler bukan hanya pantai, namun juga air terjun; salah satunya adalah air terjun Baburai. Air terjun ini berlokasi di Kabupaten Padang Pariaman, dan baru dibuka untuk umum pada tahun 2013 lalu.
      Akan tetapi, penduduk setempat banyak yang sudah sering datang ke air terjun ini, tentunya karena keindahan panorama di sekitar air terjun serta kesegaran airnya. Jika Anda ingin menikmati keindahan alami air terjun yang belum banyak dikunjungi, Baburai bisa menjadi pilihan.
      Keindahan Alami Air Terjun Baburai
      Karena air terjun Baburai belum banyak dikunjungi, dan masih relatif baru sebagai tempat wisata, fasiliats di tempat ini belum begitu banyak. Air terjun ini dapat dicapai dengan berkendara selama sejam dari pusat kota, dan berjalan kaki selama sekitar 10 menit untuk akhirnya mencapai air terjun. Ada tangga batu yang dibangun agar pengunjung bisa mencapai air terjun dengan lebih mudah. Akan tetapi, semua susah-payah berjalan itu terbayar dengan keindahan alami air terjun ini.
      Air terjun Baburai sendiri mengambil namanya dari kata "baburai" yang bermakna "tergerai," seperti pada rambut panjang, karena bentuk air terjunnya yang ramping dan tinggi. Air terjun Baburai sangat jernih dan dingin, sehingga sering dimanfaatkan warga sekitar untuk berenang, bersantai, dan melepaskan stres. Tempat wisata ini biasanya sedikit ramai setiap hari Sabtu dan Minggu serta saat libur sekolah, dan kebanyakan pengunjungnya di waktu-waktu seperti ini adalah anak sekolah dan keluarga.
      Air terjun Baburai kini juga berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air berskala kecil serta penyedia air bersih bagi masyarakat sekitar. Sejauh ini, fasilitas yang ada masih belum banyak, dan terbatas pada pedagang makanan kecil-kecilan. Akan tetapi, air terjun Baburai jelas sudah menjadi primadona masyarakat sekitar sebagai tempat wisata di Padang Pariaman, dan penduduk sekitar berharap pemerintah setempat akan mengembangkan air terjun ini sehingga menarik lebih banyak pengunjung.
      Jika Anda kebetulan berada di Padang Pariaman, luangkan waktu untuk mengunjungi air terjun Baburai yang indah.
      SUMBER
    • By citrariana

      Ada apa di Pekanbaru? Banyak kok. Ini buktinya :
      Desa Okura

       
      Desa ini dinobatkan menjadi desa wisata sejak 2010. Suasana tradisional masih dipertahankan. Terbukti dengan adanya beberapa rumah panggung di tepi Sungai Siak. Selain itu pengobatan tradisional masih populer digunakan. Masyarakat pun masih menggunakan bahasa daerah untuk berkomunikasi. Salah satu tradisi unik di desa ini adalah Silat Pangean yang masih bisa dinikmati oleh pengunjung. Ada tidak akan bosan di sana. Ada berbagai paket wisata yang di tawarkan seperti bersepeda di kebun sagu, berkuda, susur sungai, naik sampan, dan menikmati wisata budaya.
      Sungai Kampar

      Sungguh Indonesia sangatlah unik. Termasuk wisatanya. Contohnya di Sungai Kampar. Namanya adalah gelombang bono. Gelombang ini menyerupai gelombang yang ada di pantai. Tingginya mencapai 6 m dan panjang gelombang mencapai 300 m. Di sungai ini pengunjung dapat berselancar menantang ombak. Sungai Kampar telah terkenal hingga luar negeri terbukti dengan banyaknya peselancar dunia yang berniat mencoba ombak yang menantang ini. Menurut peselancar, tidak mudah menahlukkan gelombang bono. Gelombangnya cepat, karakternya tidak terduga dan panjang. Selain itu, cukup sulit untuk mengambang di sungai ini mengingat sungai ini adalah sungai air tawar.
      Masjid Agung An-Nur

      Dibangun pada tahun 1963, masjid ini salah satu yang tertua di Pekanbaru. Arsitekturnya yang unik merupakan perpaduan dari Turki, Arab, India, dan Melayu. Arsitektur masjid ini sering disamakan dengan Taj Mahal. Masjid ini telah menjadi landmark Provinsi Riau. Anda akan merasakan kemegahan masjid ini bahkan sebelum Anda memasuki masjid.
      Dekranasda

      Tidak lengkap rasanya bila pulang dari liburan tidak membawa oleh-oleh. Maka datanglah ke Dekranasda.Berlokasi di Jalan Sisingamangaraja dan Jalan Durian, tempat ini merupakan pusatnya oleh-oleh Riau. Menjual berbagai macam batik Riau, kain tenun, kain songket, busana melayu, dan berbagai kerajinan dari kayu. Pastinya Anda tak perlu khawatir dengan harga.
      Sop Tunjang

      Kuliner merupakan salah satu tujuan wisatawan. Pekanbaru pun tak mau kalah dengan menyuguhkan kuliner yang lenzat dan membuat Anda rindu untuk kembali. Salah satu makanan khas di sana adalah sop tanjung. Salah satu yang paling lezat berapa di kawasan Gor Tri Buana Jalan Diponegoro. Masakan yang terbuat dari tulang sapi yang direbus hingga menjadi sop dengan rasa yang sangat gurih. Perpaduan bumbu yang dipilih membuat sop ini semakin nikmat dinikmati bahkan saat Anda merasa kenyang.
      Apa hanya itu? Tentu tidak. Masih ada wisata lain seperti Riau Fantasi, Kebun Binatang Sang Kulim, Danau Buatan Lembah Sari, Rekreasi Alam Mayang, Istana Siak, Pasar Bawah, Air Terjun Aek Martua, dan masih banyak lagi. Tunggu apa lagi? Yuk segera siapkan liburan Anda ke Pekanbaru. 
    • By Atmosfer Wisata
      Mohon maaf, 10 desember 2016 channel youtube saya sudah kena suspend. Jadi, saya upload videonya di vidio.com.
      https://www.vidio.com/watch/550480-panorama-air-terjun-tarunggang

      Air terjun tarunggang berada di Desa Rumah Lengo, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu (STM Hulu), Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Negara Indonesia. Air Terjun Tarunggang memiliki ketinggian 15 meter dengan pemandangan tebing goa serta ada...


      Blog
      http://bit.ly/2dpupIu
    • By Atmosfer Wisata
      Mohon maaf, 10 desember 2016 channel youtube saya sudah kena suspend. Jadi, saya upload videonya di vidio.com.
      https://www.vidio.com/watch/548429-pemandian-air-terjun-pelangi-indah

      Air Terjun Pelangi Indah terletak di desa tanjung timur, kecamatan senembah tanjung muda hulu, kabupaten deli serdang, sumatera utara, indonesia. Jarak tempuh sekitar 2 - 3 jam perjalanan dari kota medan dan air terjunya masih asri dan alami, penuh perpohonan, perbukitan dan tebing batu yang menjulang tinggi. Lebih menariknya aliran sungai dan air terjunnya mengalir sampai kebawah sehingga membuat anda menikmati tempat ini. Banyak wisatawan lokal yang berkunjung ke tempat wisata ini karena penasaran dengan keunikan dan keindahan air terjunya...
      Selengkapnya
    • By Atmosfer Wisata
      Mohon maaf, 10 desember 2016 channel youtube saya sudah kena suspend. Jadi, saya upload videonya di vidio.com. https://www.vidio.com/watch/551990-derasnya-air-terjun-sikulikap

      Air terjun ini mempunyai ketinggian 30 meter. Derasnya air terjun dan dikelilingin hutan tropis membuat tempat wisata ini menjadi...
      Video:
      http://bit.ly/2eDW87h

      Blog:
      http://bit.ly/2eDt2EV
    • By Atmosfer Wisata
      Merasakan sensasi wisata alam pegunungan dengan air terjun yang cukup tinggi, sungai yang panjang dan berbatuan, dikelilingin perpohonan, serta ada fauna yang unik...
      Video:
      http://bit.ly/2eDRuGr
      Blog:
      http://bit.ly/2etlnsn
    • By GuidoFM29
      Sebutan Riam Bananggar ada banyak loh, ada yang menyebutnya riam mananggar, melanggar, balanggar, banangar dan manangar.
      Baca Selengkapnya di TravedisiCREW