Sign in to follow this  
bangchangkyu

Terong, Manfaat Dan Cara Masak Yang Enak

14 posts in this topic

Terong, untuk buah atau sayuran yang satu ini memang nggak asing lagi di telinga kita orang Indonesia. banyak sayuran yang di dalamnya terdapat terung atau terong. Misalnya sayur lodeh, sayur asem, atau bisa juga terong balado. Meski begitu, nggak banyak yang suka banget sama buah yang satu ini. Bahkan ada mitos yang mengatakan bahwa terong nggak bagus untuk laki-laki. Kenapa begitu? Sering mendengar ungkapan kalau makan terong kebanyakan akan menurunkan vitalitas pria, menyebabkan impotensi atau loyo. Tapi apa benar demikian? Nyatanya, mitos tersebut hingga saat ini belum terbukti. Hebatnya lagi, bahkan uji atau penelitian menyatakan bahwa terong mengandung banyak banget manfaat, termasuk untuk para pria. Karena kita membahasnya soal mitos untuk para pria ini, mari kita mulai dari manfaat terong untuk pria tersebut.
 
Sekilas tentang terong
Terong memiliki nama solanum melongena. Tumbuhan ini dulu banyak dimulai ditemukan banyak di Asia Timur seperti Arab dan juga India dan Sri Lanka. Namun pada sekitar abad ke-15 mulai masuk wilayah Barat. Terung lebih dekat dengan buah sejenis kentang dan juga leunca. Tanaman ini diambil buahnya dan kita tahu, kalau warna buah terunng ada yang ungu, hijau, dan juga putih. Buah terung ini juga dikelaskan sebagai beri karena memiliki banyak biji yang kecil dan juga lembut. Terong punya banyak khasiat untuk kesehatan antara lain adalah sebagai berikut.
 
Pertama, menanggapi mitos tentang terong yang membuat impotensi, justru dari berbagai sumber dan studi yang pernah ada mengatakan bahwa terong mengandung fosfor dan magnesium di mana salah satu manfaatnnya adalah justri menaikkan gairah seksual pada pria. Bukan cuma itu, terong juga mengandung saponin di mana senyawa ini berperan sebagai pembuat hormon seks kaum lelaku juga. Banyak makan terong, menurut beberapa sumber, juga bisa mencegah penyakit Raja Singa yang cukup ditakutkan para pria. Nah, jadi nggak benar juga kan rumor tentang terong bikin impotensi pria selama ini? Jadi aman juga dong cowok2 yang mau mengkonsumsinya.
 
23102013-081058.jpg
 
Kedua, Terong ini kaya akan serat. De ngan seratnya, ia dinilai punya manfaat untuk melancarkan pencernaan. Buat yang susash BAB, mungkin makan terong secara teratur dapat menjadi solusi yang alami untuk masalah tersebut. Dengan serat yang dimiliki terong, maka dia juga disebut sebagai pencegah atau pengurang penyakit wasir. Karena serat yang dimiliki terong juga maka terong bisa menjadi makanan yang baik untuk mencegah diabetes. Terong punya serat dan kandungan karbohidrat yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi terutama para penderita diabetes.
 
Ketiga, Terong ini kaya akan antioksidan di mana bisa mencegah pertumbuhan radikal bebas. Terong bahkan menurut banyak penelitian mampu menjadi makanan pencegah kanker. Berdasrkan penelitian di Jepang, Terong mengandung protease dan juga tripsin yang bisa melawan sel penyebab kanker. Peneltian lain yang lebih spesifik adalah terong bisa mengurangi resiko kanker perut. 
 
Keempat, Terong ternyata juga baik untuk jantung, karena kandungan di dalamnya mampu mengikat kolesterol jahat sehingga menurunkan resiko penyakit jantung pada seseorang. Lewat sebuah uji coba pada beberapa kelinci dikatakan bahwa memberikan terong meski dalam dosis yang tidak terlalu besar ternyata bisa menghambat plak-plak lemat, membatasi asupan kolesterol dalam saluran cerna dan bahkan bisa mengangkat kolesterol jahat di dalam aliran darah. Fungsi terong yang besar ini tentunya akan memotivasi kita untuk makan terong bukan?
 
Kelima, belum selesai, karena terong masih punya khasiat lainnya untuk kesehatan tubuh kita. Jika anda punya tekanan darah yang tinggi, maka terong bisa anda konsumsi untuk menekan tekanan darah tinggi tersebut. Ada kandungan di dalam terong yang bernama bioflavonoid dan ia memiliki peran untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi tersebut.
 
Keenam, selain itu, terong juga bagus untuk otak, karena punya kandungan nutrisi phyto di dalamnya. Kandungan ini sangat dibutuhkan oleh otak. jadi jika kamu ingin makanan yang bisa bagus untuk otak, kamu bisa memilih terong sebagai alternatifnya.
 
Ketujuh, kandungan zat besi dalam terong bagus untuk mencegah anemia dan juga jurang darah, Selain itu, untuk kamu yang ingin tetap terlihat kuat, terong bagus karena punya kandungan kalsium di dalamnya. Kandungan ini bagus untuk kesehatan tulang dan juga sendi.
 
Bukan hanya sebagai pencegah berbagai penyakit yang berbahaya, ternyata terong punya manfaat lain yang juga penting lho. Ada beberapa yang unik dari manfaat terong. Apa aja? Mari kita bahas. Terong ternyata dkenal sebagai obat untuk menyelesaikan ketergantungan terhadap alkohol. Khasiat ini ternyata sydaj dipercaya sejak lama sekali dan menjadi salah satu obat dan anjuran untuk mereka yang sedang mabuk di negara-negara seperti Korea salah satunya. Terong juga dipercaya bisa mengobati penyakit cacar air. Khasiatnya yang bisa menghilangkan rasa nyeri juga baik untuk mengobati penyakit campak dan bahkan luka bakar lho. Manfaat yang banyak dari terong ini benar-benar bisa diandalkan, bukan?
 
Kenunikan lain dari manfaat terong ini juga adalah terong bisa menghilangkan rasa gugup yang dirasakan. Untuk hal ini terutama pada terong hijau. Terong hijau punya kandungan yang disebut dengan skopolamon, strikin dan juga skoparon yang fungsinya baik untuk sel saraf. Karena itu, mengkonsumsi terong bisa membuat seseornag terhindar dari rasa gugup, termasuk juga serangan sawan atau kekejangan saraf. Terong juga diyakini buahnya bisa mengobati serangan kejang-kejang atau juga penyakit epilepsi. 
 
Sekarang, enaknya makan terong diapain ya? Beberapa cara memakan terong yang nikmat dan banyak dilakukan di Indonesia adalah sebagai berikut.
 
1. Terong balado
Nah, kalau yang satu ini kayaknya paling banyak dijumpai deh. Cara memasak terong dengan dicabein atau bahasa kerennya balado ini biasanya bisa kita temuin di warteg-warteg. Terong balado, namanya juga balado jadi bumbunya banyak cabenya layaknya seperti kentang balado atau ikan yang juga dibumbu balado. Terong balado paling asyik dan nikmati dimakan dengan nasi panas. Terong balado akan menghasilkan rasa yang pedas sekaligus buah terong yang sedikit manis. sedikit lhooo yaaaa... jadi laper, hahaa oya, terong balado juga bisa dicampur dengan lainnya, misalnya dicampur dengan teri, jadinya terong balado teri.
 
2. Lalapan
Orang Indonesia emang nggak bisa lihat sayuran mentah gitu aja. Lalapan adalah salah satu cara makan buah atau sayur mentah dengan cara yang enak banget. Cukup dengan sambel terasi atau sambel apa pun yang disukai, kita udah bisa makan terong ini sebagai lalapan yang enak banget, haha.
 
3. Masuk di sayuran
Cara lainnya untuk menikmati si terong ini adalah dengan disayur. Terong bisa masuk ke dalam sayur asam yang mana biasanya yang ada terongnya adalah sayur asam bersantan. Tapi nggak tahu kalau sayur asam biasa ada atau nggak hehe. belum nyobain. Dan selain itu, terong juga bisa ada di dalam sayur lodeh. Naah tinggal pilih deh mau makan sayur apa. Ada lagi ga sayur yang biasanya ada terongnya? hm,
 
4. Terong bakar
Selain digoreng, terong juga bisa dibakar. Bumbu pendampingnya sih ya tetep aja cabe-cabean alias balado.  Atau bisa juga dipenyet. intinya cuma beda apakah digoreng atau dibakar aja sih.
 
20120330_balado%20terong.jpg
 
Nah, setelah tahu manfaat terong yang banyak banget dan juga cara memasaknya dan  yang bikin telen ludah, jadi nggak takut lagi dong makan terong, terutama untuk para pria. Hehe.

Share this post


Link to post
Share on other sites

terong di goreng tepung enak juga lho  :makan

wah saya belum pernah coba nih... kayak goirengan jadinya?

 

Yups berbagai olahan terong emang enaak, jengkol juga enak (buat yg doyan saya si ga mau makan lagi :ngakak )

sama saya juga nggak suka jengkol ahhaa

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this