Jump to content
Forum Jalan2.com - Silahkan Berbagi & Bertanya Tentang Tujuan Wisata Anda
  • agoda-hemat.png

  • Similar Content

    • By kuya hejo
      Bagi sebagian orang, merawat hewan adalah salah satu kegiatan yang amat mengasyikan. Entah hal itu hanya demi menghidupkan suasana rumah, menjadi hobi, menjadi sarana usaha, solusi untuk menyembuhkan depresi, serta lain sebagainya.
      Kesukaan tiap orang pun tentu berbeda pula mengenai binatang kesukaannya. Mulai dari anjing, kucing, kelinci, marmur, hamster, ikan-ikanan, dan berbagai macam burung. Akan tetapi peliharaan-peliharaan seperti itu mungkin memiliki kesan sedikit menjenuhkan. Hal tersebut tidak lain karena binatang semacam itu sudah terlalu sering dijadikan binatang peliharaan.
      Dengan begitu, di postingan saat ini saya akan sedikit membicarakan berkaitan hewan yang menyenangkan untuk dijadikan hewan peliharaan selain hewan peliharaan "pasaran" yang sudah dibahas sebelumnya. Lansung saja, Ini dia pembahasan singkatnya.
      1. Ular
      Ular termasuk salah satu jenis reptil yang populasinya sudah cukup diminati untuk dipelihara. Biarpun banyak jenisnya yang berbisa, tetapi keindahan dan ciri khas yang dimiliki ular cukup menarik ketertarikan banyak orang.
      Sangat banyak jenis ular yang dapat dipelihara, entah yang tergolong jenis ular beracun Atau sebaliknya. Spesies ular yang dapat dipelihara adalah ular python, ular anakonda, ular cobra, ular boa, ular daun, ular pelangi, dan lain-lain.
      2. Musang
      Hewan peliharaan yang tidak kalah menarik untuk dipelihara ialah musang. Satwa ini adalah hewan mamalia layaknya anjing serta kucing. Badan musang juga dihiasi oleh rambut-rambut yang cukup lebat.
      Musang adalah binatang mamalia yang cukup ahli memanjat sebab habitat asli musang yaitu di perhutanan atau daerah-daerah yang mempunyai banyak pohon-pohon. Ragam musang yang Sering dipelihara yaitu musang pandan, musang bulan, musang akar, musang rase, dan sebagainya.
      3. Sugar Glider
      Sugar glider termasuk jenis binatang yang sangat menggemaskan, imut, lucu dan pandai. Tidak heran sekarang banyak kalangan ingin mengadopsi satwa menggemaskan tersebut. Sugar glider bukanlah hewan pengerat, sugar glider adalah marsupial dari famili mamalia semacam kangguru juga koala.
      Tak perlu khawatir memelihara sugar glider, sebab sugar glider jarang terkena penyakit, sehingga kamu tak perlu memvaksin dengan rutin semisal kucing serta anjing. Anda pun jangan khawatir dana pengeluaran yang akan membengkak memelihara sugar glider, dikarenakan kebutuhan untuk memeliharanya terbilang murah.
      4. Iguana
      Iguana adalah spesies satwa yang masih termasuk dengan varietas reptil dan kadal. Sekarang, iguana mulai menarik perhatian banyak orang agar mengadopsinya. Alasannya, selain karena jarang dipelihara dan sangat cantik, memelihara iguana pun cukup mudah.
      Kekhasan dari iguana adalah punggungnya yang dilapisi oleh duri-duri. Duri-duri tersebut ternyata memberikan nilai tersendiri untuk iguana ini, karenanya iguana sangat pas untuk diadopsi. Bukan hanya itu saja, duri-duri tadi pun menjadikan iguana ini terlihat menyerupai naga.
      5. Kura-kura
      Kura-kura sering kali keliru dengan penyu oleh banyak orang. Meskipun kura-kura dan penyu terlihat memiliki banyak kemiripan bahkan mempunyai satu Ordo, yakni Ordo Testudinata, tapi keduanya sama sekali berbeda.
      Kura-kura merupakan satwa yang tergolong dengan famili Testudinidae. Kura-kura ini juga merupakan binatang Vertebrata dengan empat kaki yang bersisik. Cangkangnya yang terdiri dari dua bagian yaitu carapace dengan plastron sebagai pelindung baginya saat mendapat ancaman oleh predatornya.
      6. Kalajengking
      Untuk sebagian pihak, kalajengking merupakan hewan yang menyeramkan. Tentu saja, bisa jadi karena binatang ini memiliki bisa, Serta memiliki tubuh yang sangar. Tapi bagi penghobi, justru kalajengking amat menarik, antimainstream dan menawan.
    • By alf
      Taukah anda tanaman pemangsa terlangka berada di Indonesia? Tanaman tersebut kita kenal dengan nama kantong semar atau ketakong. Kantung semar merupakan tanaman unik yang dapat memangsa seekor tikus dan mencerna dengan zat-zat kimia kimia yang dihasilkannya. Walau yang ada di Indonesia cukup kecil untuk memangsa tikus namanun di Filipina telah ditemukan tanaman kantong semar yang cukup besar untuk melahap hewan pengerat semacam tikus.
       

       
      Kantong semar di Filipina tersebut memiliki nama ilmiah Nepenthes attenboroughii. Penemuan tanaman ini bermula dari dua orang misionaris  pada tahun 2000 berusaha mendaki gunung Victoria. Gunung yang terletak di palawan, Filipina itu termasuk jarang dikunjungi manusia. Mereka mendaki dengan sedikit persiapan sampai akhirnya hilang selama tiga belas hari sebelum dapat diselamatkan. Ketika kembali, keduanya mengaku melihat tanaman kantong semar raksasa.

      Hal tersebut kemudian menarik perhatian para pecinta alam seperti Stewart McPherson dan ahli botani mandiri seperti Alastair Robinson dari Inggris dan Volker Heinrich dari Filipina. Ketiganya merupakan ahli tanaman ketakong dan telah melakukan perjalanan ke berbagai daerah terpencil demi pencarian species baru

      Pada tahun 2007, mereka melakukakn espedisi selama dua bulan di filipina, termasuk mendaki gunung Victoria. Ketika mendaki melalui hutan dataran rendah, mereka menemukan tanaman ketakong besar yang dikenal sebagai Nepenthes Philippinensis, bersama dengan tanaman pakis merah jambu dan jamur biru yang belum dapat diindentifikasikan.

      Penemuan mereka yang sesungguhnya baru ditemukan pada ketinggian sekitar 1.600 Dpl. Mereka banyak menemukan kantong semar besar dan mereka tau bahwa kantong semar itu bukan yang biasa mereka lihat. Tanaman baru ini dinamai Nepenthes attenboroughii, yang diambil dari nama penyiar acara alam David Attenborough.
       

    • By chandra
      Kalau di tanya apa sih uniknya burung hantu itu? Pasti kira-kira bakal dijawab kepalanya bisa muter 270 derajat. Kenapa bisa begitu? Manusia maupun binatang lain gak bisa memutar kepala mereka sampai sejauh itu, terus apa yang bikin burung hantu beda sampai mereka bisa memutar kepala tanpa cedera?
       

       
      Para penelitian melakukan penelitian dengan menyuntikkan cairan pewarna ke dalam pembuluh darah burung hantu yang telah mati. Ketika kepala burung hantu diputar, maka pembuluh darah pada tulang leher akan membesar dan membuat cairan pewarna masuk. Pembuluh darah ini yang membuat pasokan energi ke otak dan mata burung hantu tetap terjaga.
       
      Seperti yang dijelaskan dalam Jurnal Science, nyatanya burung hantu memiliki struktur tulang dan sistem peredaran darah yang unik, sehingga dapat menopang kepala yang besar.

      Spesies bernama ilmiah Strigiformes ini memiliki rongga besar pada tulang leher, yang merupakan tempat pembuluh darah arteri. Ruang besar itu membuat pembuluh darah tidak terhambat ketika burung itu memutar lehernya.
    • By chandra
      1. Immortal Jellyfish : Ubur2 ini abadi bahkan gak akan mati

       
      2. Lungfish : Merupakan sal;ah satu spesies binatang air tertua dan bisa hidup tanpa air maupun udara selama 6 bulan. Lalu bisa hidup kembali saat diberi sedikit air.

       
      3. Tree Weta : Di darah mereka ada protein spesial yg membuat air tidak bisa dibekukan. Berarti walaupun tree weta dibekukan, darah mereka masih bisa mengalir saat mereka bangun. Otak dan hati mereka juga tidak berfungsi saat mereka beku. Namun mereka bisa kembali berfungsi saat cair. Berarti itu sama kayak mereka bisa mati dan hidup lagi.

       
      4. Water Bears : Merupakan binatang air mikroskopik. Tidak bisa dibekukan karena tahan kedinginan -273 derajat celcius, tahan nuklir, kebal dari radiasi, kebal dari nitrogen cair dan asam mineral. Cara untuk membunuhnya adalah dengan di kirim ke luar angkasa tapi itu mereka juga masih bisa bertahan selama 10 hari.

       
      5. East African Giant Snail : Bisa tumbuh hingga 8 inci berada di afrika timur dan tahan pestisida, racun bahkan flamethrower.


    • By Lyn
      Batu-batu ini tersebar di sepanjang pantai Koekohe indah di Selandia Baru. Batu-batu ini banyak menarik wisatawan asing dari seluruh dunia hanya untuk mengamatinya. Batu ini adalah batu-batu kalsit besar yang langka stadium akhir dari dolomit dan besi. Apa sih yang spesial mengenai batu ini? Jadi batu ini terbentuk di dasar laut. Sekitar 65 juta tahun yang lalu. Jadi batu ini merupakan peninggalan dari jaman purba. Batu-batu ini terbentuk tepat pada saat masa kepunahan besar-besaran, termasuk pada saat masa kepunahan dinosaurus. Jadi bahkan batu ini umurnya lebih tua dari manusia manapun.
       

       

    • By fariezetta
      Ini dia nih, hewan2 yang dikatakan paling setia satu sama lain:
       
      Angsa, hewan ini paling sering dijadikan lambang kesetiaan pasangan. Angsa termasuk ke dalam hewan monogami yang tahan atau awet sama pasangannya bertahun-tahun, bahkan kita tahu kalau wajah mereka sudah mendekat satu sama lain akan berbentuk hati. 
       
      tikus hewan padang rumput, hewan ini juga masuk ke dalam jenis hewan monogami yang tidak bertukar2 pasangan
       
      Rayap, banya spesies rayap yang memang tidak pernah berganti pasangan seumur hidup bahkan memiliki kerajaan karena hanya memikirikan keturunan
       
      Penguin, sebenernya bukan masuk ke dalam jenis hewan monogami, karena mereka setia pada pasangan hanya satu musim, tapi karena masyarakat mengenalnya mereka selalu bersama maka timbul pandangan ini apalagi banyak film yg mengangkat kisah pingun sbg hewan yg romantis
       
      kalau hewan aja bisa setia, kenapa kita nggak?
    • By Lyn
      Taukah anda binatang yang dapat hidup abadi itu adalah salah satu jenis ubur-ubur? Tidak seperti hewan lainnya yang akan mati, hewan ini dapat hidup selamanya. Hewan tersebut adalah Turritopsis Nutricula, atau dikenal sebagai immortal jellyfish. Saat menjadi dewasa, ubur-ubur ini bisa kembali ke tahap polip lalu bertumbuh lagi dari awal. Hal ini dimungkinkan karena ubur-ubur abadi mampu mengembangkan sel transdifferentiation, yakni sel yang berubah menjadi sel baru. Dalam proses ini, sulur-sulur dari ubur-ubur abadi diubah menjadi polip baru. Secara teoritis, proses ini bisa berlanjut terus tanpa batas.
       

       
      Ubur-ubur abadi berbentuk seperti lonceng, dengan diameter maksimum sekitar 4,5 milimeter. Pada bagian perut ada bagian warna merah terang. Pada spesimen yang masih muda, hanya memiliki delapan tentakel saja, sementara saat dewasa bisa berkembang hingga 80-90 tentakel.
       
      Walau dapat hidup abadi, kenyataannya dialam liar mereka akan dimangsa oleh predator atau mati karena penyakit. Berada pada umumnya di lautan berdaerah tropis, tersebar di seluruh dunia walau asalnya diyakini dari Karibia
×
×
  • Create New...