Sign in to follow this  
Hasdevi

9 Aktivitas Menyenangkan Yang Menjadikan Adelaide Nggak Kalah Keren Dari Melbourne Atau Sydney

5 posts in this topic

            Bagi para pecinta negeri kanguru, Australia, tentunya sudah tidak asing lagi dengan kota-kota besar Australia seperti Melbourne atau Sydney. Tapi, tahukah kamu bahwa ada satu kota lain di Australia yang memiliki surga-surga destinasi wisata yang tidak kalah indah dan ciamik. Kota tersebut adalah Adelaide.

 

            Adelaide adalah ibukota Australia Selatan dengan penduduk sekitar satu juta jiwa. Nah, bagi kamu pecinta ketenangan, perjalanan menuju Adelaide dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat.

 

            Baru-baru ini, kota ini masuk dalam daftar 10 kota yang top untuk dikunjungi versi Lonely Planet. Selain itu, kota Adelaide juga dijuluki sebagai “The 20 minutes city†karena kamu dapat mencapai seluruh tempat di Adelaide dalam waktu dua puluh menit saja. Untuk masalah living cost, kamu tidak perlu khawatir karena walaupun tergolong kota besar, namun living cost di Adelaide tergolong lebih terjangkau.

 

            Nah, perjalanan menuju Kota Adelaide dapat ditempuh dengan menggunakan direct flight dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Kota Adelaide. Adelaide memiliki sebuah bandara internasional yang terletak dekat dengan West Beach, sekitar 6 km dari barat pusat kota.

Jadi, apakah kamu sudah siap untuk berwisata ke Kota Adelaide? Berikut adalah 9 aktivitas menyenangkan yang menjadikan Adelaide nggak kalah keren dari Melbourne atau Sydney.

 

1. Ingin Menghindar Sejenak dari Keramaian Ibukota Sambil Melihat Sunset atau Bersantai di Atas Pasir Putih? Pergilah ke Pantai Glenelg.

 

post-35318-0-44114100-1423789043_thumb.j

Berwisata di Pantai Glenelg via http://www.flickr.com/photos/pikerslanefarm/3427397916

 

            Pantai Glenelg adalah sebuah pantai yang terletak tidak begitu jauh dari kota Adelaide. Untuk mencapai pantai ini, kamu dapat menggunakan trem kuno dari pusat Kota Adelaide selama 25 menit saja. Trem tersebut akan mengantarmu dari North Terrace Adelaide dan turun di alun-alun Moseley Square tepat di belakang dermaga.

 

            Terdapat beragam aktivitas seru yang dapat kamu lakukan di Pantai Glenelg. Jika kamu ingin menjelajahi tempat makan dan belanja, kamu dapat pergi ke area Jetty Road karena di sana kamu akan menemukan banyak tempat yang sayang jika harus dilewatkan. Jika ingin mendapatkan pengalaman menyantap makanan yang lebih bergaya, kunjungilah Holdfast Marina, tempat yang tepat untuk bersantap sambil menikmati matahari tenggelam.

 

            Selain sebagai tempat untuk menyantap makanan, Marina juga merupakan titik pemberangkatan jika kamu berminat untuk bertamasya sambil melihat lumba-lumba. Perjalanan wisata tersebut dapat membuatmu bertemu dengan lumba-lumba biasa atau lumba-lumba hidung botol yang mengelilingi teluk Holdfast Bay. Menyenangkan, bukan?

 

            Pantai Glenelg juga merupakan rumah bagi berbagai aktivitas wisata samudra lainnya. Bagi kamu yang ingin memompa adrenalin, cobalah untuk menumpang perahu jet yang berlayar di sepanjang garis pantai. Selain itu, kamu juga bisa berselancar, snorkeling atau menyelam scuba diantara berbagai terumbu karang dan jurang laut.

 

            Jika kamu ingin bersantai, kamu dapat menikmati pasir putih di sekitar pantai ini. Pada siang hari, kamu dapat berjalan menikmati pemandangan dan sejarah Glenelg di atas jalur jalan kaki dan sepeda. Jalur penjelajahan Federation Trail melintasi Holdfast Bay dan mengajakmu melihat pondok pekerja dan gedung kolonial yang megah. Dari Glenelg, kamu juga dapat bersepeda untuk mengunjungi desa-desa di sekitarnya seperti Grange, Henley Beach dan West Beach.

 

2. Ingin Berbelanja Bahan Pangan Sambil Mencicipi Lezatnya Kuliner Khas Adelaide? Kalau Begitu, Kamu Harus Kunjungi Pusat Kuliner Adelaide di Pasar Sentral Adelaide.

 

post-35318-0-22351600-1423789112_thumb.j

Berwisata kuliner di Adelaide Central Market via http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/1/11/Central_Court,_Adelaide_Central_Market.JPG

            

            Mengunjungi Adelaide, belum lengkap rasanya jika kamu belum berkunjung ke Pasar Sentral Adelaide. Pasar ini terletak di jantung Kota Adelaide sehingga tidak sulit untuk menjangkaunya. Pasar ini buka kecuali hari Minggu dan Senin dengan jam buka bervariasi sekitar pukul 07.00 am hingga 05.30 pm. Untuk masalah harga, pasar ini adalah tempat yang tepat untuk menawar dengan range harga dibawah AUD 15.

 

            Di pasar ini setiap harinya sejumlah pedagang dari berbagai penjuru negara bagian datang untuk menjual berbagai hasil dagangannya: dari mulai tiram, hingga minyak zaitun dan keju. Kamu dapat menemukan hasil tani segar yang ditawarkan di 80 kedai pasar ini.

 

            Terdapat beragam aktivitas yang dapat kamu lakukan di Pasar Sentral Adelaide. Kamu dapat berbelanja hasil laut, mencicipi lezatnya aneka kue atau cokelat, hingga memakan pizza atau sushi. Jika ingin bersantai, kamu dapat menikmati para koki melakukan demo masak atau ikut mendengarkan promosi kuliner yang pastinya membuat kamu ingin segera menyantap makanannya.

 

            Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih menyenangkan, kamu dapat mengikuti tur untuk mengetahui kehidupan di balik kedai Pasar Sentral Adelaide. Para pemandu akan dengan setia mengantarkan kamu menjelajahi pasar ini serta menjelaskan sejarah tentang pasar ini. Bahkan, kamu dapat mengikuti kursus memasak di pasar ini.

 

3. Ingin Merasakan Suasana Jerman di Adelaide? Datanglah ke Hahndorf, Tempat Sepetak Tanah Jerman yang Cantik di Adelaide.

 

post-35318-0-24854100-1423789170_thumb.j

Menikmati Jerman yang Cantik di Adelaide via http://cdn3.vtourist.com/19/4908044-Hahndorf_Main_Street_Adelaide.jpg

 

             Hahndorf adalah sebuah pemukiman Jerman yang terletak di Adelaide Hills, sekitar 40 hingga 50 menit dari pusat kota Adelaide. Untuk mencapai Hahndorf, kamu dapat menggunakan bus lokal seharga AUD 4.

 

             Tempat ini telah dibangun sejak tahun 1839. Hahndorf sendiri berasal dari nama sang kapten kapal, Hahn, yang mengantarkan kaum lutheran untuk bermigrasi ke tempat ini dan Dorf yang berarti desa dalam bahasa Jerman. Terdapat banyak bangunan bergaya arsitektur Eropa klasik di dalam kompleks Hahndorf. Saat ini, Hahndorf telah dikembangkan dengan tujuan wisata.

 

             Ketika mengunjungi Hahndorf, kamu dapat ikut merasakan jadi orang lokal dengan cara ikut berjalan-jalan di jalanan dengan bangunan bersejarah yang dikelilingi pohon elm dan plane yang berusia ratusan tahun. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi toko-toko vintage dan barang antik di sana.

           

             Jika kamu tertarik untuk mengenal lebih dekat warga lokal, kamu dapat mengunjungi museum atau galeri di sana. Kamu dapat melihat lukisan asli karya Sir Hans Heysen, pelukis pemandangan ternama yang juga adalah warga asli Hahndorf. Tak jauh dari sana, kamu dapat menikmati hamparan perkebunan anggur dan strawberi yang cantik.

            

             Beberapa pengunjung sengaja mengunjungi Hahndorf untuk menikmati Brastwurst mit Kartoffel Salat (Brastwurst sosis dengan salad kentang), Strudel Apel dan Sorbet Ice Cream di Olde Ice Cream Shoppe. Semua makanan tersebut disajikan dengan nuansa khas Jerman.

 

4. Ingin Berkunjung ke Penangkaran Penguin? Waktunya Kamu Datang Mengunjungi Fleurieu Peninsula dan Pulau Granite.

 

post-35318-0-83096700-1423789251_thumb.j

Menikmati Pulau Granite

 

post-35318-0-16580100-1423789272_thumb.j

Bersantai di Tepi Pulau Granite

 

              Fleurieu Peninsula adalah sebuah pantai cantik yang terletak di kawasan Victor Harbor.  Pantai ini terletak sejauh 80 km dari kota Adelaide atau dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 jam. Namun, jangan khawatir karena tidak ada macet sama sekali sepanjang perjalanan.

 

              Pulau Granite adalah sebuah pulau yang terletak tidak begitu jauh dari Victor Harbor. Untuk mencapai Pulau Granite, tersedia sebuah jembatan panjang yang terdiri dari track khusus untuk pejalan kaki dan trem yang ditarik oleh kuda besar sebagai sarana angkutan umum. Uniknya, kendaraan bermotor dilarang memasuki Pulau Granite.

 

post-35318-0-87902500-1423789307_thumb.j

Penguin Peri

 

              Pulau Granite merupakan habitat asli bagi penguin peri yang sudah hampir punah. Penguin ini sering mendatangi Pulau Granite di malam hari. Itu sebabnya, tersedia tur khusus penguin di malam hari.

 

              Jika kamu ingin mengunjungi Pulau Granite, kamu tidak diperbolehkan untuk membawa anjing atau kucing yang diyakini sebagai pemangsa terbesar penguin peri. Pada siang hari, biasanya terdapat atraksi pemberian makan bagi penguin peri yang dapat kamu saksikan di pusat penangkaran Pulau Granite.

 

              Fleurieu Peninsula di Victor Harbor juga terkenal sebagai surga zona surfing bagi para peselancar lokal. Beberapa pantai yang termasuk dalam kawasan zona surfing antara lain Parsons, Waitpinga, Middleton dan Goolwa. Selain surfing, kamu juga dapat memancing di daerah Murray Mouth, yang terletak di antara Pantai Goolwa dan Victor Harbor.

 

5. Ingin Menikmati Adelaide yang Bersejarah? Datanglah ke Port Adelaide.

 

post-35318-0-48704700-1423789363_thumb.j

Mengunjungi Port Adelaide via http://samaritimemuseum.com.au/files/lighthouse1.jpg

 

               Port Adelaide adalah daerah sub-urban Adelaide yang terletak sejauh 14 km dari pusat Kota Adelaide. Kamu dapat menggunakan kereta express yang memakan waktu sekitar 15 menit. Jika kamu menggunakan mobil, maka perjalananmu akan memakan waktu sekitar 25 menit.

 

               Port Adelaide terkenal dengan banyaknya bangunan bersejarah yang indah dan mengagumkan. Mengawali perjalananmu, kamu dapat mengambil peta dan dari kantor wisata dan naik kayak di sepanjang Port River (rumah bagi koloni lumba-lumba). Lalu, kamu dapat mengunjungi South Australian Maritime Museum yang terletak di Lipton Street tempat berbagai koleksi maritim milik Australia Selatan.

 

               Selanjutnya, kamu bisa berkunjung ke Australian Museum of Childhood yang mempertunjukkan koleksi mainan produksi Australia sejak 1890. Mainan tersebut dikoleksi oleh Alan Griffiths selama lebih dari 30 tahun. Perjalananmu akan semakin lengkap jika kamu mengunjungi National Railway Museum tempat koleksi lokomotif dan South Australian Aviation Museum tempat koleksi pesawat terbang. Selain itu, juga terdapat banyak taman yang dapat kamu gunakan untuk bersantai seperti Birkenhead Naval Reserve, John Hart Reserve dan Port Adelaide Reserve.

 

6. Menjelajahi Adelaide dengan Sepeda? Mengapa Tidak? Kamu Cukup Datang ke Bicycle SA di Franklin Street.

 

post-35318-0-47885200-1423789565_thumb.j

Menjelajahi Adelaide dengan bike for free via http://resources0.news.com.au/images/2013/06/24/1226668/841572-039d1416-dc83-11e2-833a-731d0dfac0dd.jpg

 

                 Kamu tahu nggak kalau pemerintah Australia Selatan saat ini sudah mulai serius menata Kota Adelaide agar menjadi kota hijau? Nah, salah satu langkah konkret yang dilakukan pemerintah adalah dengan menyediakan fasilitas sepeda untuk menjelajahi Kota Adelaide for free. Pemerintah Australia Selatan memang berencana menjadikan Adelaide sebagai kota ramah sepeda.

 

                 Mengelilingi kota dengan menggunakan sepeda terbukti dapat menyehatkan pikiran dan lingkunganmu. Daripada menghabiskan waktu berjam-jam terjebak kemacetan, tentu akan lebih menyenangkan jika kamu bersepeda sambil menikmati pemandangan taman-taman Kota Adelaide. Sebanyak 8,000 penduduk Kota Adelaide terbukti lebih senang menghabiskan waktunya dengan bersepeda keliling kota ketimbang harus bermacet-macetan.

 

                 Nah, untuk menggunakan fasilitas bike for free ini kamu tinggal mendatangi Bicycle SA yang beralamat di 111 Franklin Street. Bicycle SA ini buka setiap hari dari pukul 9 am-5 pm. Cukup dengan menukarkan paspor/driving license sebagai deposit, kamu mendapatkan fasilitas berupa sepeda, helm dan lock.

 

7. Ingin Menghirup Udara Segar di Tengah Kota Adelaide? Datang Saja ke Adelaide Botanic Garden di Pusat Kota Adelaide.

 

post-35318-0-48641200-1423789876_thumb.j

Mengunjungi Adelaide Botanic Garden via https://www.en.wikipedia.org

 

                 Adelaide Botanic Garden adalah paru-paru kota Adelaide yang terletak persis di pusat kota. Jika kamu senang berjalan di tengah rimbunnya pohon sambil mempelajari jenis-jenis tanaman, maka kebun raya ini adalah pilihan yang tepat.

 

                 Pada musim dingin yang sejuk, kamu akan mendapati banyak tumbuhan yang tumbuh subur dan menghijau. Jika kamu ingin melihat koleksi bunga mawar yang mekar, maka sebaiknya kamu tidak datang pada musim dingin. Selain itu, terdapat pula berbagai tanaman eksotik maupun lokal di kebun raya ini.

 

                Yang lebih menyenangkan, kamu dapat memasuki kebun raya ini secara gratis. Kamu dapat memilih untuk berpiknik atau makan di restoran di dalam kebun raya. Selain itu, kamu dapat mengikuti tur dengan pemandu yang akan menemanimu mengelilingi Adelaide Botanic Garden juga secara gratis. Kamu bebas bertanya apa pun mengenai kebun raya ini.

 

8. Ingin Merasakan Senangnya Bermain dengan Koala dan Kanguru di Alam Bebas? Rasakan Sensasinya di Cleland Wildlife Park.

 

post-35318-0-15925400-1423789984_thumb.j

Bermain Lebih Dekat dengan Koala di Cleland Wildlife Park

 

                Jika kamu ingin merasakan pengalaman baru bermain bersama koala dan kanguru di alam bebas, maka Cleland Wildlife Park dapat menjadi pilihanmu. Cleland Wildlife Park buka setiap hari pada pukul 9 am-5.30 pm (kecuali hari Natal). Untuk mencapai Cleland Wildlife Park, kamu dapat menggunakan Adelaide Metro.

 

                Cleland Wildlife Park dapat ditempuh sekitar 20 menit dari pusat Kota Adelaide dan beralamat lengkap di 365 Mount Lofty Summit Road, Crafers. Biaya masuk untuk orang dewasa adalah AUD 22 dan untuk anak-anak AUD 11.

 

                Kamu dapat mengelilingi Cleland Wildlife Park secara efektif selama dua jam. Waktu tersebut cukup untuk memberi makan para binatang, mendengarkan petugas yang menjadi pemandu tur serta bersantai sejenak di tempat ini. Di tempat ini kamu dapat melihat koala, kanguru, wallabi, wombats, tazmanian devils, dan masih banyak lagi.

 

                Kamu dapat berfoto sambil memberi makan para binatang. Kamu cukup membeli makanan yang sudah disiapkan oleh para petugas dan bergerak perlahan untuk mendapatkan momen yang tepat. Tentu saja, jangan lupa mencuci tanganmu sebelum dan sesudah memberi makan agar kondisi tubuhmu tetap steril.

 

9. Ingin Mendapatkan Beragam Informasi di Tengah Kota Adelaide? Tentu Bisa Kamu Dapatkan dengan Cara Berkunjung ke State Library of South Australia di Pusat Kota Adelaide.

 

post-35318-0-33350200-1423790052_thumb.j

Mendapatkan Informasi di State Library of South Australia via http://www.epicure.com.au/images/default-source/Rotator/weddings/state-library-sa-weddings/sa-lib-weddings-desktop-big.jpg?sfvrsn=2&size=2600

           

                 Perjalananmu mengunjungi Kota Adelaide belum lengkap rasanya jika kamu belum mengunjungi salah satu tempat kebanggaan Kota Adelaide. Apalagi kalau bukan State Library of South Australia. Serunya, kamu dapat memasuki State Library secara gratis. State Library berada di pusat kota Adelaide, tepatnya North Terrace Cultural Precinct. State Library buka setiap hari kecuali pada hari libur nasional dari pukul 9 am hingga 5 pm.

 

                Kamu bisa menikmati tur gratis setiap hari kerja pada pukul 11 am dan 2 pm. Para pemandu akan menemanimu mengelilingi tiga gedung utama State Library: gedung Catherine Helen Spence Wing, gedung Mortlock Wing yang bergaya Victoria abad 19 dan gedung Institute.

 

                State Library adalah tempat yang tepat untuk mempelajari sejarah Australia Selatan. Jangan khawatir perjalananmu di State Library akan membosankan, sebab kamu juga bisa membaca surat kabar, majalah atau buku-buku terbaru di sini. Para penjaga perpustakaan akan dengan senang hati membantumu mencari informasi apapun yang kamu butuhkan.

 

               Selain itu, kamu juga dapat menggunakan fasilitas gratis internet, email, fotokopi dan printer yang akan membuat suasana belajarmu menjadi semakin menyenangkan. Sayang untuk dilewatkan, bukan?

 

               Nah, itu dia 9 aktivitas menyenangkan yang menjadikan Adelaide nggak kalah keren dari Melbourne atau Sydney. Jadi, jika kamu menginginkan perjalanan wisata yang tenang dan nyaman, Adelaide layak masuk dalam daftar destinasi wisatamu selanjutnya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By Santi Fitrianingsih
      Perjalanan ke Warnambool, Country site of Melbourne ( please visit this city, if u please J)
      Sampai juga di Melbourne airport. Waktu sudah jam 8 pagi,,,,wuuussshh angin dinginnya brrrrr….sampai di airpot, kita sudah dijemput sama teman teman kita di sini, namanya Ian dan Marja, saya pikir kita langsung ke city of Melbourne, eeeh ternyata kita di bawa kaboooorrr dari Melbourne.  Jadi ceritanya kita akan munuju countrysite Melbourne namanya Warnambool. Menempuh kurang lebih 3 - 4 jam dari Melbourne aiport ke Warnambool. Dalam perjalanan ke warnambool, setelah 1 jam lebih, kita berhenti di satu daerah namanya Steiglitz, di daerah ini ada kota tua yang sudah tidak berpenghuni, ditinggalkan begitu saja oleh orang2 nya, abandoned city, menurut sejarahnya, dikatakan bahwa dulu orang2 membuka daerah ini untuk tambang emas, tapi lama mereka tidak menemukan emasnya…bukan Ballarat yah, kalau ballarat, memang tambang emas zaman dulunya.


      lihat gabarnya hampir tidak ada orang, karena memang seperti kota Steiglitz yang di tinggalkan.
      Lanjut lagi dari Steiglitz ke arah Meredith, dan ini waktunya makan siang, isi perut dulu sebentar, kita makan pie brokoli, dan pie jamur, sama minum the, uenaaaaaaaaakk (atau saking laparnya) ….ga tau restoran apa itu, café pinggir jalan….. Hehehe…lupa foto juga, akhirnya foto di pinggir jalan Meredith – Steiglitz ajah deh
      Pinggir jalan abis makan pie di Meredith
      Sepanjang jalan menuju countryside pemandangannya bagus, jalan mulus, sesekali (yang ternyata sering kali) kita temukan pelangi JJ dan jarang sekali kami berpapasan dengan mobil, tidak ada lampu lalu lintas, no polisi, penduduknya pun jarang terlihat, yang ada malah sapi, dan domba di hamparan lapangan yang sangaaaat luas dan hijau.

      Heading to Warnambool, ada apa sih di Warnambool. Sebenarnya kita ke Warnambool ini untuk stay one nite sebelum besok rencana menyusuri Great Ocean Road dan balik ke Melbourne city. Yuk kita lihat di Warnambool ada apa….
      Check in dulu di Best Western Tudor Motor Inn, small hotel tapi asyik, kamar standart, dan bersih. Terletak di 519 Raglan Parade, Warnambool, pasti langsung ketemu gampang di cari, rate nya sekitar Rp. 900.000,00 – 1.000.000 an juta/malam.  (breakfastnya enak, dan porsinya buesaaarr hahaha).

       Ngapain yah, yuk taruh barang, trus kita jalan sekitar hotel, yup waktu menunjukkan hampir pukul 5 sore. Dan….wow mereka kebanyakan tutup jam segitu…..doenk. Yo  wis kita jalan jalan keliling warnambool ajah deh….dan bener donk sepiiiiiiii……astaga mendekati matahari terbenam sama sekali ngga ada orang di kota kecil ini persis kaya kota mati dan kita berlima masih keliling-keliling fofotoan…. Di bawah ini tampak sisi kotanya, banyak mobil parkir tapi orangnya hilang entah kemana. JJJ

      Cantiknya kota kecil ini, bersih, rapi, ga ada sampah, hanya daun daun jatuh saja yang megotori jalan, tentu saja karena ini musim gugur. Selalu ada Art n Gallery dan library walaupun di kota kecil, suka deh,,,,,take a pic dulu aaah.

      Lanjut lagi jalan menuju salah satu  ujung kota, Danau Pertobe, melihat matahari terbenam ceritanya…..viuuuh jauh juga. Sebenernya ada 1 site pantai tempat orang biasa lihat ikan paus, tapi agak jauh, bentar apa yah namanya Logan Beach Whale Watching Platform, tapi ngga akan keburu udah jam segini,,,,,hahaha seriusan ini ga ada orang satupun, bahkan convenient store sedikit sekali, hmmm…. baru tau kalo kota kecil di sini sampe begini.

      Di tepi danau Pertobe.
      Nikmati suasana musim gugur di negeri orang, good scenery, n enjoy the beauty of Warnambool sembari nunggu restoran buka jam 7 untuk makan malam…..dan bener dong … jam 7 teng restoran buka dan orang orang mulai keluar dari rumah itu juga bagi yang ingin makan di luar atau pergi ke bar. Saya sama sekali tidak melihat anak anak begitu sampai kota kecil ini. Aktivitas restoran juga tidak begitu lama setelah selesai makan malam, ngobrol sebentar dan pulang. Kecuali bar mereka buka sampai tengah malam.
      Amazing yah, masyarakat di sini, mereka benar-benar  tutup 2 jam (jam 5 sampai jam7) untuk istirahat, berkumpul dengan keluarga, atau bagi restoran ya bisa prepare untuk dinner.
      Untuk makan malam kali ini kami berlima memilih makan steak, setelah itu, back to hotel n tidur, karena beberapa dr kami lumayan jetlag.
      Zzzzz, siap siap besok pagi Great ocean road, silahkan baca postingan saya selanjutnya di 4 pitstop in Great Ocean Road.
      Terimakasih sudah baca yah, semoga berguna, feel free to ask.
      Mpit.

       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
    • By Daniel Obernando Simandalahi
      Saya berencana ke Perth tanggal 27 November sampai 3 Desember 2017 (solo trip). Barangkali ada yang mau gabung, bisa berkabar ke [email protected] . Terimakasih :)
    • By Sahat
      Selamak pagi rekan-rekan jalan2ers, apa kabarnye? Ada yang sudah plan rencana jalan-jalannya tahun depan? Mungkin sudah pada banyak kali ya plan nya.
      SEBENARNYA INI MASIH TERLALU AWAL KALI YA, tapi Kebetulan saya ada plan untuk menghabiskan masa liburan hari raya idul fitri 2018 tahun depan di bali. Saya rencana berangkat ke bali tanggal 12 Juni 2018 dan balik ke Jakarta tanggal 23 Juni 2018 which is itu kira-kira 12 hari (tiket sudah issued). Tetapi setelah mikir-mikir menghabiskan 12 hari dibali sepertinya terlalu lama karena sebelumnya udah beberapa kali juga ke Bali. SO ane memutuskan kenapa gak pergi aja explore tempat lain. Setelah mikir-mikir berhari-hari wkwkwkkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkw Akhirnya ane memutuskan untuk mencoba explore daerah yang rada dekat dengan bali. taraaaaaaaaa. Ane issued tiket Bali-Perth Australia PP 15 Juni 2018-21 Juni 2018.
      So buat teman teman yang sekiranya punya jadwal sama atau yang tertarik mau join. Bisa kontak saya ya. Untuk daerah australia nya saya masih berfikir untuk explore Perth nya, jika nanti plan nya berubah mungkin bisa sekalian depart lagi ke Melbourne atau ke Sydney.
      Untuk Itinerary kasarnya sih kira2 seperti berikut:
      - Visiting Perth Bell Tower
      - Sunset at Perth Kings Park
      - Roadtrip From Perth to Kalbarri
      - The Nature's Window at Kalbarri National Park
      - E Shed Markets: Cheap Souvenirs in Perth
      - Kailis Fremantle: The Best Seafood and Fish Market in Town
      - Free walking city tours
      - Explore Fremantle by bike
      - Free movies and yoga in Northbridge
      - See Perth's Cultural side 
      - Cottesloe beach
      - Lunch with a view
      - Sample some of Perth’s fine craft beer
      - Little Creatures Brewery (cited by David Gower as one of the best places to go in the city) is set inside a massive converted boat shed right on Fishing Boat Harbour. Get an insider’s look at the process with free tours of the brewery at 1pm, 2pm and 3pm.
      - Taste the Swan Valley. Lets chillin here
      - Explore the city for free (You can get around the city using the free CAT (Central Area Transit) bus.
      - The Pinnacles 
       
      BTW, untuk itin dapat berubah, dan itin diatas hanya gambaran saja. Jika nanti memutuskan untuk terbang lagi ke melbourne/sydney. Itin akan di buat ulang.
       
      Bisa contact saya di line/hp/WA : 081397839967
       
      Hatur Nuhun
    • By JasmineK
      Hi,
      I've read lots of guides on exploring Sydney general, like this one: What, Where And How To Visit Sydney: The Things You Might Not Know. But then I'm also wondering if there're other ways to explore Sydney. What kind of places should I visit? I don't have a long time - 2-3 days, a week max. Where do you think I should go, and what do you think I should eat?
    • By Santi Fitrianingsih
      Gold Coast to Tamborine Rainforest Skywalk, by car.
       
      Yuhuuuu,,,,,it’s me again, mpit, heheheh,    perjalanan kali ini ke GoldCoast, kita dapat waktu bebas, dari pagi sampai sore jam 6 harus kumpul untuk dinner, nah mau kemana yah.
      Selalu bersyukur dan senang punya teman di mana-mana, kali ini saya dan suami di jemput pakai mobil oleh salah seorang teman kakak saya yang berada di dekat Goldcoast. Mau kemana katanya, sebenernya blank juga ditanya mau kemana, aduh kita bisa kesini juga udah bersyukur. Kl liat di brosur macem2 tujuannya, tapi akhirnya kita pilih tamborine rainforest skywalk.

      Menempuh perjalanan sekitar kurang dari 1 jam, melewati highway dan countryside juga,  kita cus dr Soul Apartmen ke Tambourine Rainforest Skywalk. Yes, berasa orang kampung yang naik mobil sambari liat kiri kanan, hahahaha, mumpung di sini puas2 in liat (liat apa ajah sambil cerita2).
      Setelah 45 menit perjalanan kita melewati satu jalan yang cantik penuh dengan bunga, toko toko kerajinan, restoran kecil di halaman rumah, dan ada toko jam kuku, namanya German Cuckoo Clock Nest.  Pesti tau kan maksudnya,,, itu lho jam yang terbuat dari kayu dan tiap jam keluar burung yag bilang kuku…kuku…kuku, sesui jam,,,hahahah). Saya sangat suka toko ini, yuk kita liat…..sembari isi perut dulu sebentar, sebelum jalan di skywalk……Oiyah kl saya liat dip eta ini di Long Road, Eagle Heights, Queensland.
      Ini dia foto2nya….

       
      Nah ini di salah satu rumah di sepanjang jalan tadi. Mejeng dulu, ada tempat tempat souvenir, tempat jual wine,  foto di rumah yang penuh bunga bunga.


      dan ini the German Cuckoo Clock Nest dan hasilnya, memang toko ini jerman banget dweeeeeh…..sepanjang dan seluruh ruangan….yup, jam kuku….eh tunggu ternyata ngga cuma jam kuku, semua pernak pernik tentang jerman hahaha. Tuh ada topi penyihir juga ada Hansel n gretel
      Sekitar 10 -15 menit dr jalan Long Road tadi kita sampai di Tambourine Rainforest Skywalk….
      Here we go….hmmm, mu ngomong apa yah hahahaha, ternyataaaaa kita mau jalan jalan cantik di hutan, tapi jalannya ada 2 macam, jalan hutan biasa, dan jalan yang di buat seakan kita berjalan di forest canopy alias skywalk. Total jalan nya sepanjang 1,5 km. Sky walknya sendiri kurang lebih 300 meter, ditambah 40 meter jembatan gantung yang berada 30 meter diatas ngarai, sisanya jalan hutan biasa. Jadi  kiri kanan kita itu puncak pohon, jalan-jalan deh di kanopinya hutan tambourine, dan bila beruntung bisa ditemani sama tupai, dan burung-burung hutan ini, juga koala. Im so lucky, that I saw koala again….yeaaay….Oiyah karena Australia sendiri itu daerah subtropics makan pohon-pohonnya dan binatangnya banyak kesmaan dengan hutan di Indonesia.
      Bagi yang menggunakan kursi roda/stroller jangan berkecil hati sktwalknya cukup besar untuk kursi roda dan stroller, tapi hanya bisa di skywalk utama yah, yang jembatan gantungnya ngga bisa. Hutan ini bersih, ga ada sampah, ada sungai kecil di salah satu ujungnya.
      Selama kami jalan disini matahari agak malu malu muncul, beruntung sekali jadi ngga terlalu panas. Noted : pake sepatu yang nyaman yah…..sneakers, sepatu gunung ato sandal japit juga ok!

      yuk mulai jalan, dan sampe di ujung skywalk, thanks to Ching Ching, , yang walopun takut ketinggian tapi tetep mau anter n foto foto di skywalk ini.
       
      Ini jalan hutan biasanya, itu critanya foto gelatungan di akar pohon ( jadi tarzan, eeeh jane maksudnya)
      Oiyah sampe lupa loket penjualan tiket ada di depan. ada Birdwing café, yang menjual makanan ringan, kue2, n minum (ga ada nasi yah JJ). Nah ini gambar kupu- kupu hutan tamborine yang di awetkan.

      Gift shop juga ada, harga aduhai, tapi baguuuuss……(nah ini ga ada fotonya hehehe….)
      Tamborine Rainforest skywalk buka sepanjang taun kecuali hari natal.  Buka jam 9.30 pagi sampai jam 5 sore, last walk nya jam 4 sore.
      Harga tiket
      Dewasa (  17 th lebih) AUD 19.50
      Anak (6 -16) AUD 9.50
      Anak 5 th kebawah gratis
      Family (2dewasa 1 anak) AUD 44.00
      Family (2 dewasa 2 anak) AUD 49.00
      Tambahan per anak AUD 5.00
       
      That’s it. Itu tadi share pengalaman di Tamborine Rainforest Skywalk, sekarang saya harus balik lagi ke Peppers Soul Surfer Paradise Goal Coast for dinner JJJ
      Terimakasih sudah membaca,
      Feel free to ask,
       

      Mpit
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       

    • By Santi Fitrianingsih
      Apartemen Soul, di jantung Surfers Paradise, Gold Coast

      Pengalaman yang baru pasti terjadi ketika kita sedang ngetrip. Nah kali ini, saya diberi kesempatan untuk tinggal di apartemen,…..kebayang dong yang ada dalam benak saya adalah bangunan kotak tinggi semacam rumah susun JJJ, sumpek, isinya tempat tidur, dapur bareng bareng, dan sebagainya…….huft…..wkwkwkwk……Salah besar, kali ini saya mendapatkan Soul Apartments Surfers Paradise, yang setelah saya check di internet ini adalah one of Gold Coast Luxury Accomodation dan wait….. Surfers paradise??? It’s a must in Gold Coast . Terletak di 8 Esplanade Surfers Paradise, Queensland, bener-bener di jantungnya Surfers paradise deh…. Lihat saja bangunannya…..bikin ngiler….. apartemen ini memiliki tinggi 243 m (hampir 800 kaki) dengan 77 lantai, saya dapat apartemen nya di lantai 22. Dan  mengklaim dirinya sebagai bangunan tertinggi ke-2 di Gold Coast setelah Q1,

      Kolam renang terketak di lantai paling atas, cucoook buat honeymoon or berduaan,,,,view nya jangan tanya, it is surfers paradise from the top, with the beautiful beach,,,,,,wooow…

      nah ini pemaandangan pantai Gold Coast dai kamar apartemen......amazing
      Satu lagi yang bikin kita berdecak kagum adalah ocean view nya, hmm just imagine…..yang ada di gambar2 di internet tentang Gold coast….. hamparan pasir putih yang membentang sepanjang Gold Cost dengan pantainya yang biru, dan dari  ketinggian segini, ga ada yang bisa menghalangi pandangan,,,,,wow,,,,yup, and it is spot on. Melongo deh, dan yuk kita check gambar2 nya…..

       
      Ini lobby nya, minimalis simple, kereeeenn…..
      Sore itu free time sebentar sekitar 2 jam, sebelum dinner……so rencananya kita cepet2 masuk kamer taroh barang, dan pergi lagi…walhasil…..terbelalak sama indahnya kamar, saya mendapatkan apatemen 2 kamar (plus 1 dapur, 1 ruang makan dan keluarga),  dan teman saya mempersilahkan saya menempati kamar yang besar dengan kamar mandi dalam dan view yang aduhaaaiii,,,,,,,,begitu liat kamarnya, kita ga jadi cepet2 keluar kamer….hahaha…foto deh…xixixxi….

      yang sebelah kanan foto saya ambil dr internet, dan gambarnya persis dengan kenyatanm what a lovely bedroom

      ini living roomnya, 1 ruangan panjang dengan meja makan dan dapur cantiknya.

      Menurut saya apartemen ini sangat bagus dan mentereng,  menakjubkan sekali viewnya, interior designnya minimalis kereeeenn, finishing touchnya unbelievable. Dan saya pikir hanya peralatan masak sederhana yang di sediakan??? Ngga dong, full set perlengkapan masak, makan dan sebagainya. Perlengkapan cuci pakaian dryer n setrikaan. All free, hanya setelah pakai, bersihkan.

      Ini salah satu set perlengkapan dapur, masih ada beberapa set alat masak coffee maker, dll, yang sebelahnya adalah penampakan dapur dengan island table.
      Ada satu pengalaman unik yang di alami teman saya ketika naik taksi dari suatu tempat mau pulang ke soul apartemen, Di tanya tujuannya kemana maka dia bilang soul apartemen, dan supir taksiny terbelalak matanya,,,,what? Soul? the newest n tallest building here, dia memuji-muji bangunan itu, at the end si supir berkata beruntung sekali dia bisa mengantarkan teman saya kesini, the best building, and you know what, only rich people stay here….hahaha teman saya bercerita dan dia bangga sekali, berasa orang kaya, jadi deh kami iseng cek harga permalamnya, apartemen 2 kamar yang kami tempati minimal 630 AU$/malam. Doenk, ternyata memang mahal…….Bersyukur bisa menempati apartemen megah, for free JJJ, Thanks God.
      Lucky me n my hubby, malam itu ada night market just right in front of our hotel, sepanjang esplanade. Jadi kita malamnya sempet jalan jalan sebentar liat night market yang terkenal itu. Disini jual macem2 dari makanan, pakaian, pernak pernik, dan banyak lagi, sampe sabun dan all natural oil for beauty juga ada. Ajaibnya, pada pagi harinya, tidak ada bekas pasar malam baik itu bangunan maupun sampah yang tertinggal, padahal mereka jual sampai larut malam.
      Di sebelah apartemen ada Hurricane ribs, ini salah satu must try food bila ke Aussie katanya, dan legendaris pula karena selalu ramai, tapi kita ga sempet mencicipi, karena sudah kekenyangan di jamu di restoran...
      All in Goldcoast itu terhitung mahal menurut saya. Belilah barang yang memang unik, tapi kalau mau oleh2 seperti biasa ada banyak kalau di Gold Coast, ga usah kawatir. Orang Indonesia bangets kan kalo pergi, pulangnya harus bawa oleh2, saya juga jadi beli deh yang ada tulisannya Gold Coast. Hahahaha….
      Sooo….wanna try the soul apartmens, with my pleasure….
      Terimakasih sudah membaca, feel free to ask…

      Mpit.
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
                Setelah puas menjelajahi New York City, tidak ada salahnya jika kamu melakukan road trip untuk menjelajahi kota-kota besar lain yang ada di Amerika Serikat. Nah, salah satunya kamu dapat menjelajahi Washington DC yang merupakan ibukota negara ini.
       
                Sejak tanggal 16 Juli 1790, Washington DC telah resmi menjadi ibukota negara Amerika Serikat. Kota ini diberi nama Washington yang berasal dari nama presiden pertama Amerika Serikat yaitu George Washington. Letaknya yang juga masih berada di sekitar East Coast membuat kota ini masih dapat kamu jangkau dari New York City.
       
                Pada tahun 2014, kota ini memiliki populasi lebih dari 650.000 penduduk dan menjadikannya sebagai kota terpadat ke-23 di Amerika Serikat. Sebagai kota pemerintahan, Washington DC merupakan rumah bagi pemerintah pusat Amerika Serikat serta bagi banyak kedutaan besar negara-negara lain (sekitar 176 negara) untuk Amerika Serikat.
       
                Washington DC yang bersejarah juga tempat dari banyaknya museum dan monumen milik Amerika Serikat. Berikut ini, kita akan membahas panduan perjalanan mengunjungi Washington DC.
       
      Memilih Penginapan di Washington DC
       
       
       
       
                Salah satu alternatif terbaik untuk menginap di Washington DC adalah dengan memilih penginapan di sekitar Downtown. Washington DC memiliki banyak tempat yang menjadi incaran para turis seperti monumen, museum dan tempat-tempat bersejarah sehingga memilih kawasan di sekitar Downtown adalah salah satu pilihan yang tepat.
       
                Jika kamu memilih untuk menginap di kawasan Downtown, kamu dapat berjalan kaki menuju stasiun metro tempat kereta. Bahkan, bukan mustahil pula kamu dapat berjalan menuju tempat-tempat wisata yang kamu inginkan.
       
                Untuk kamu yang menginginkan kepraktisan, pilihan berkendara dengan menggunakan taksi masih dapat kamu perhitungkan. Pastikan untuk memilih taksi berargo ketika kamu hendak menggunakan taksi.
       
                Memilih penginapan di area Downtown juga dapat kamu sesuaikan dengan budget, jadwal, kebutuhan serta partner travelingmu. Kamu dapat memilih untuk menginap di penginapan berjenis hostel, hotel atau apartemen.
       
                Jika kamu memilih untuk menginap di hostel, kamu dapat menginap di kamar berjenis bed in 8-mixed bed dormitory bedroom dengan harga sekitar USD 49.95 ditambah pajak kota senilai USD 14.50. Kamu akan mendapatkan fasilitas berupa free wifi, shared bathroom, dan AC.
       
                Jika memilih untuk menginap di hostel tersebut, kamu dapat menggunakan taksi untuk mencapai Washington Monument selama sekitar 6 menit. Selain itu, kamu juga dapat mencapai Lincoln Memorial selama sekitar 9 menit berkendara.
       
                Kalau kamu memilih untuk menginap di hotel, kamu dapat mendapatkan kamar berjenis double room with two beds dengan harga sekitar USD 129 dengan pajak 14,5 %. Fasilitas yang kamu dapatkan adalah AC, meja, heater, toilet di dalam ruangan, TV, free wifi dan coffee machine.
       
                Hotel ini terletak sekitar 1 mil dari US Capitol. Selain itu, hotel ini juga berjarak 2 mil dari White House dan 2 mil dari US Holocaust Memorial Museum.
       
                Nah, kalau kamu memilih untuk menginap di penginapan berjenis apartemen, kamu dapat mendapatkan kamar berjenis double room with balcony dengan harga USD 126 dan pajak 14,5 %. Fasilitas yang kamu dapatkan adalah balkon, TV, AC, meja, sitting area, free toiletteries, toilet, heating dan alarm clock.
       
                Begitulah kira-kira penjabaran tentang penginapan yang dapat kamu pilih selama kamu menginap di Washington DC. Untuk kenyamanan dan keselamatanmu, jangan lupa untuk selalu mencatat nama dan alamat penginapanmu kemanapun kamu pergi.
       
      Hari Pertama
       
      Awali Perjalananmu di Washington DC dengan Mengunjungi National Air and Space Museum, Lincoln Memorial dan Washington Monument
       
       
      Mengunjungi National Aerospace Museum di Smithsonian Museum, Washington DC
       
                Kamu dapat mengawali perjalananmu di Washington DC dengan mengunjungi National Aerospace Museum atau Smithsonian National Air and Space Museum. Museum ini terdiri dari dua lantai yang mengoleksi banyak roket dan pesawat luar angkasa yang mengagumkan.
       
                Untuk memasuki museum ini, kamu diharuskan melewati security check sebab keamanan bagi museum ini tetap menjadi prioritas. Jangan heran, karena ada banyak sekali orang yang berdatangan ke museum ini sehingga museum ini terlihat begitu ramai.
       
                Kamu tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar. Dan yang paling penting, kamu tidak diperbolehkan untuk memakan permen karet. Sederhana memang, tapi jujur saya sangat kagum akan kedisiplinan para penduduk Amerika Serikat.
       
                Tidak ada biaya masuk yang dikenakan jika kamu ingin memasuki museum ini. Selain itu, terdapat pula fasilitas free wifi yang akan membuatmu semakin nyaman berada di dalam museum.
       
                National Air and Space Museum ini adalah tempat pameran pesawat dan roket yang terbesar di seluruh dunia. Tempat ini merupakan pusat penelitian bagi sejarah dan ilmu pengetahuan tentang penerbangan dan pesawat terbang.
       
                Pada tahun 2007, museum ini memiliki sekitar 61 pesawat, 51 artefak besar dan 2.000 benda yang lebih kecil. Keseluruhan koleksi tersebut masih berhubungan dengan penerbangan.
       
                Di tempat ini selain kamu dapat melihat banyak replika pesawat terbang hingga roket, kamu juga dapat menikmati pameran interaktif pesawat. Jangan lewatkan untuk menyaksikan film tentang penerbangan dan luar angkasa yang diputar di IMAX dengan tiket sekitar USD 9.
       

      Mengunjungi Lincoln Memorial
       
                Selanjutnya, kamu dapat melanjutkan perjalananmu dalam melihat isi kota Washington DC. Setelah puas mengelilingi Smithsonian National Air and Space Museum, kamu dapat mengunjungi Lincoln Memorial. Tempat ini dibangun untuk menghormati jasa salah satu presiden Amerika Serikat, yaitu Abraham Lincoln.
       
                Untuk mencapai Lincoln Memorial dari Smithsonian National Air and Space Museum, kamu dapat berjalan kaki selama 5 menit menuju ke Metro Center. Selanjutnya, kamu dapat menaiki Metro Washington DC menuju ke Foggy Bottom. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 3 menit.
       
                Nah, biaya yang kamu keluarkan untuk perjalanan ini adalah sekitar USD 3. Selain menggunakan metro, kamu dapat juga menggunakan taksi untuk mencapai Lincoln Memorial. Biaya yang kamu keluarkan jika menggunakan taksi adalah sekitar USD 3 dengan waktu tempuh selama 3 menit.
       
                Lincoln Memorial dibangun untuk menghormati presiden Amerika ke-16, yaitu Abraham Lincoln. Monumen ini terletak di kawasan National Mall, dan berseberangan dengan Monumen Washington.
       
                Ketika pertama kali menginjakkan kaki di Lincoln Memorial, kamu akan melihat sebuah bangunan dengan pilar tinggi berarsitektur klasik. Kamu kemudian akan berjalan kaki menaiki banyak anak tangga untuk kemudian dapat melihat patung raksasa Abraham Lincoln yang sedang duduk di dalamnya.
       
                Pada dinding Lincoln Memorial, terdapat tulisan-tulisan pidato terkenal Abraham Lincoln, yaitu The Gettysburg Address dan Second Inaugural Address. Lincoln Memorial telah dibangun sejak tahun 1922 dan masih merupakan salah satu magnet wisata Kota Washington DC hingga saat ini.
       
                Bangunan ini memiliki tinggi sekitar 30 meter dengan kolom-kolom setinggi 13 meter. Bangunan ini memang terkenal dengan arsitektur khas Yunani. Pada bagian atas bangunan, terdapat nama 36 negara bagian yang ada di Amerika Serikat tepat pada saat Abraham Lincoln meninggal dunia.
       
                Tidak ada biaya yang harus kamu keluarkan ketika kamu ingin memasuki museum ini alias gratis. Kamu dapat menikmati arsitektur klasik dengan patung raksasa Abraham Lincoln sebagai tanda penghormatan penduduk Amerika Serikat terhadap presiden tersebut.
       
       
       
       
                Nah, ketika kamu berada di Lincoln Memorial, jangan lupa sempatkan waktumu untuk mengunjungi Washington Monument. Washington Monument terletak persis di seberang Lincoln Memorial, sehingga ketika kamu berada di daerah tersebut kamu akan mendapatkan view berupa dua tempat menarik di Washington DC.
       
                Lincoln Memorial dan Washington Monument dipisahkan oleh sebuah reflection pool yang menyuguhkan pemandangan kolam dengan airnya yang jernih. Washington Monument memiliki tinggi sekitar 169 meter. Washington Monument resmi dibuka pada tanggal 9 Oktober 1888.
       
                Jika kamu perhatikan, maka kamu dapat melihat bahwa pada bagian tengah monumen memiliki warna yang berbeda dibandingkan dengan bagian lainnya. Hal ini dikarenakan sempat terjadi pemberhetian pembangunan, namun tentu saja tidak mengurangi keindahan salah satu monument yang ikonik di Washington DC ini.
       
      Hari Kedua
      Lanjutkan Perjalananmu di Washington DC dengan Mengunjungi Jefferson Memorial dan Berfoto di Depan White House
       
       
       
       
                Kamu dapat melanjutkan kegiatan sightseeing-mu di Kota Washington DC dengan mengunjungi Thomas Jefferson Memorial. Untuk mencapai Thomas Jefferson Memorial dari Lincoln Memorial, kamu dapat menggunakan taksi selama sekitar 3 menit dengan harga USD 11 hingga USD 13.
       
                Jika kamu ingin menikmati pemandangan di Kota Washington DC kamu dapat berjalan kaki dari Lincoln Memorial menuju Jefferson Memorial selama sekitar 24 menit. Namun, perlu diperhatikan masalah cuaca sebab pada saat musim dingin hingga musim semi, cuaca di sekitar Kota Washington DC tergolong sangat dingin sehingga kenyamananmu tetap harus kamu perhatikan.
       
                Thomas Jefferson merupakan salah satu American Founding Fathers yang berperan penting sebagai penulis Declaration of Independence. Beliau merupakan presiden ketiga Amerika Serikat.
       
                Thomas Jefferson adalah seorang yang sangat pintar. Jika kamu memperhatikan bagian kaki Thomas Jefferson, maka kamu akan menemukan ada tiga benda yang sangat menggambarkan siapa Thomas Jefferson: jagung, buku dan kolom.
       
                Jagung menggambarkan pertanian dan agronomi sebagai pertanda bahwa Thomas Jefferson adalah seorang agronomist handal. Buku menggambarkan ilmu pengetahuan dan konon Thomas Jefferson juga merupakan founding father dari sebuah universitas di Washington DC.
       
                Sementara kolom menggambarkan arsitektur, sebagai tanda bahwa beliau adalah seorang arsitek. Sebelum ada campur tangan beliau, ilmu arsitektur belum berkembang begitu pesat di Amerika Serikat, namun beliau mulai memperkenalkan arsitektur dengan menambahkan arsitektur klasik pada bangunan-bangunan di Amerika Serikat.
       
                Tidak ada biaya masuk yang dikenakan jika kamu ingin mengunjungi Jefferson Memorial. Dan ketika memasukinya, kamu akan mendapati bahwa mata Thomas Jefferson tengah mengarah persis ke depan White House yang berada di seberangnya.
       

      Berfoto di Depan White House
       
                White House adalah kediaman resmi dan tempat berkantornya presiden resmi Amerika Serikat untuk saat ini. Untuk mencapai White House dari Jefferson Memorial, kamu dapat menaiki taksi selama tiga menit dengan harga sekitar USD 13 hingga USD 15.
       
                White House didesain oleh James Hoban dan dibangun antara tahun 1792 hingga 1800. Keseluruhan White House dicat putih dengan arsitektur bergaya neo-klasikal.
       
                Pada tahun 1801, ketika Thomas Jefferson pindah ke White House, beliau bersama arsitek Benjamin Latrobe mengembangkan arsitektur White House dengan menambahkan kolom-kolom pada White House. Thomas Jefferson yang juga seorang arsitek memang turut serta mendesain rumah tinggalnya ini.
       
                White House terdiri dari  Executive Residence, West Wing, East Wing, the Eisenhower Executive Office Building, dan Blair House sebagai Guest Residence. White House terdiri dari 6 lantai termasuk 2 lantai sebagai ruang bawah tanah.
       
                Meski demikian, semenjak peristiwa 9/11 pengamanan White House menjadi semakin diperketat sehingga tidak semua orang dapat datang dan mengunjungi White House. Urutan prioritasnya adalah warga Amerika Serikat, presiden dan pejabat penting negara lain, dan turis.
       
                Untuk memasuki White House, terdapat antrian waiting list yang panjang bahkan konon katanya dengan status turis dibutuhkan waktu setidaknya setahun dalam waiting list. Namun, karena White House adalah salah satu icon penting Amerika Serikat dan Washington DC khususnya, jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto di depan White House.
       
      Hari Ketiga
      Waktunya Bersantai dengan Mencicipi DC Cupcakes dan Membeli Souvenir Khas Washington DC di Lee and Lee Co Inc
       
      Mencicipi DC Cupcakes atau Georgetown Cupcakes
       
                Ada satu hal yang menarik di Washington DC. Di tempat ini kamu dapat menemukan sebuah toko yang menawarkan cupcakes khusus yang wajib kamu coba. Toko DC Cupcakes ini tergolong sangat kecil dengan hanya tersedia satu meja untuk dine in, namun tidak pernah sepi pengunjung.
       
                Setiap harinya, banyak pengunjung yang datang silih berganti dari berbagai destinasi untuk mencicipi nikmatnya cupcakes ini. Mereka datang, mengantri, dan memesan take away cupcakes ini. Salah satu cupcakes yang menjadi favorit adalah rasa red velvet.
       
                Harga cupcakes satuan adalah USD 3, sementara jika kamu ingin membeli setengah lusin harganya adalah USD 16.50. Jika kamu ingin membeli selusin harganya adalah USD 32.
       
                Untuk mencapai DC Cupcakes di Bethesda Avenue dari White House, kamu dapat berjalan kaki selama 9 menit menuju ke Farragut North Station. Di sana, kamu dapat menaiki metro Washington DC untuk mencapai Bethesda. Perjalanan ini memakan biaya sekitar USD 2 hingga USD 7 selama 14 menit. Selanjutnya kamu tinggal berjalan kaki selama 7 menit.
       
                Selain menaiki metro, kamu juga dapat menggunakan taksi. Biaya yang dikeluarkan jika kamu menaiki taksi adalah sekitar USD 21 hingga USD 24 dengan lama perjalanan 10 menit.
       
       
       
       
                Perjalananmu menjelajahi Washington DC tentu akan terasa lebih menyenangkan jika kamu membeli souvenir khas Washington DC. Nah, sebenarnya ada banyak tempat wisata yang menawarkan berbagai souvenir khas Washington DC seperti magnet kulkas, pulpen, atau gantungan kunci.
       
                Namun, untuk harga yang lebih terjangkau, kamu dapat mencoba untuk datang ke sekitar grosiran toko Lee and Lee. Di sekitar toko ini juga terdapat banyak toko yang menjual souvenir khas Washington DC dengan harga grosiran sehingga kamu dapat mendapatkan souvenir dengan harga yang lebih terjangkau.
       
                Lee and Lee Co Inc berlokasi di 1279 4th Street North East, Washington, DC 20002. Kamu tidak perlu khawatir jika tidak menemukan souvenir favoritmu di Lee and Lee Co Inc karena di sekitar toko itu terdapat banyak toko souvenir lainnya.
       
                Untuk mencapai Lee and Lee Co Inc dari Bethesda Avenue kamu dapat menaiki taksi selama sekitar 13 menit dengan harga USD 24 hingga USD 27. Sebagai gambaran, kamu dapat mendapatkan selusin gantungan kunci dengan harga USD 8. Kamu bahkan dapat mendapatkan harga yang lebih terjangkau lagi jika kamu menawar. Selamat berbelanja!
       
                Nah, itu dia panduan perjalanan mengelilingi mengunjungi Washington District of Columbia (DC), si ibukota Amerika Serikat. Wah, ternyata ada begitu banyak tempat wisata yang dapat kamu kunjungi di kota Washington DC ini. Jadi, jangan lewatkan kesempatanmu untuk mengunjungi kota Washington DC.