• 0
Sign in to follow this  
marioboros

Travelio.com, Cara Baru Booking Hotel Online

Question

lio-howto-1.png

 

Bepergian atau traveling kini lebih mudah dengan hadirnya banyak situs atau aplikasi yang menawarkan layanan booking akomodasi. Yang terbaru adalah Travelio.com.

Situs ini menawarkan cara pemesanan kebutuhan akomodasi dengan pengalaman yang berbeda. "Dengan tagline you trip, your priceTravelio.com bukan hotel online. Tapi booking online hotel. Saat ini Travelio fokus di Indonesia dan Singapura. Di Jakarta, Bali dan Bandung juga banyak hotel yang sudah kerjasama sama kami. Kami ingin menjadi king of travel industry," papar Managing Director Travelio.com Hendry Rusli saat launching Travelio.com di Convivium Jakarta, Sabtu (31/1/2015).

Dengan menggunakan Travelio.com, setiap orang bisa menentukan sendiri atau dapat menawar harga yang mereka inginkan untuk akomodasi yang akan dipesannya. Proses pemesanan penginapan di Travelio.com sangat mudah. Pengguna cukup memilih lokasi dan tanggal serta durasi menginap, memilih penginapan yang tersedia, lalu memasukkan harga yang diinginkan untuk penginapan yang dipilihnya.

"Pakai Travelio.com bisa nentuin harga sendiri. Misalnya sesuai budget berapa terus mau nginepdi hotel mana, kalian bisa nentuin harga sendiri. Istilahnya bisa nawar lahTravelio.com akanngasih harga yang terbaik. Selain bisa nawar, Travelio.com juga ngasih diskon dan tentunya bebas biaya tambahan apapun," ujarnya.

Lebih lanjut Hendry menjelaskan, dengan menggunakan Travelio.com, seseorang tidak hanya bisa melakukan penawaran harga hanya pada satu hotel, tapi bisa juga memilih beberapa hotel. Jika penawaran berhasil, maka pengguna dapat membayar dan akan mendapatkan voucher hotel yang dikirim via e-mail.

Sejak diluncurkan pada tanggal 21 Januari 2015, sudah ada lebih dari 1.000 hotel yang dapat dipesan di Travelio. Hotel-hotel tersebut bervariasi dari bintang satu hingga bintang lima yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

 

sumbernya nih 

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

1 answer to this question

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By Atana Sarah Dinda Nadhirah
      Kemajuan teknologi dan informasi semakin memudahkan kebutuhan umat manusia, salah satunya adalah kebutuhan para travellers dalam merencanakan perjalanan. Tempat menginap saat di perjalanan menjadi salah satu hal yang sangat penting dan krusial. Perkara yang satu ini mejadi lebih mudah dan praktis semenjak adanya fasilitas pemesanan hotel secara online.

      Situs web yang menyediakan jasa tersebut sudah semakin menjamur. Namun hati-hati, ketelitian sangat diperlukan ketika melakukan pemesanan. Hal tersebut penting agar hotel yang kita pesan sesuai dengan yang diharapkan. Berikut ini adalah beberapa poin yang harus benar-benar dicermati saat kamu memesan hotel melalui situs online:


      1.         Tanggal Check in dan Check out


      Melakukan pemesanan hotel online melalui website traveloka.com

             
               Ini sangat penting! Pastikan tanggal kamu masuk untuk menginap dan keluar dari hotel sudah benar. Biasanya pengaturan tanggal ada di bagian atas website. Perhatikan baik-baik hari, tanggal, bulan, dan tahun yang tertera di sana. Tentukan juga berapa malam kamu akan menginap.
       
      2.         Lokasi Hotel dan Destinasi Tujuan Perjalanan


      Deskripsi mengenai destinasi menarik yang terletak di sekitar Biss Surfer Hotel, Bali pada halaman website tiket.com

       
      Ketika kamu ingin menemukan hotel yang tepat, tentukan terlebih dahulu negara dan kota mana yang akan kamu tuju. Selain itu, destinasi wisata apa saja yang ingin kamu sambangi. Sebelum menekan tombol pemesanan, pastikan terlebih dahulu bahwa hotel yang kamu pilih memang berada di lokasi tujuanmu. Selain itu, hal yang sangat dianjurkan adalah agar letak hotel yang kamu pilih dan destinasi-destinasi wisatamu berdekatan atau setidaknya mudah untuk dijangkau dan dilalui kendaraan. Biasanya, pada bagian bawah halaman deskripsi hotel terdapat daftar tempat wisata menarik yang berada di sekitar hotel tujuan. Informasi yang diberikan tersebut juga cukup baik dan bermanfaat untuk kamu pertimbangkan.


       
      3.         Fasilitas yang disediakan oleh Pihak Hotel

      Satu hotel biasanya memiliki beberapa tipe kamar, mulai dari yang sederhana sampai yang sangat mewah. Baca baik-baik informasi mengenai fasilitas yang ditawarkan untuk masing-masing tipe kamar. Pilih yang memang sesuai dengan kebutuhanmu. Fasilitas standar yang biasanya ditawakan adalah tempat tidur spring bed, peralatan mandi, pendingin ruangan, dan air mineral.


      Beberapa tipe kamar yang ditawarkan oleh sebuah hotel di Bali pada halaman deskripsi hotel di situs tiket.com


       
      Pertimbangan lainnya yang cukup penting adalah sarapan. Mendapat fasilitas sarapan bisa menghemat pengeluaran dan mengurangi kerepotan untuk mencari makanan yang pas di pagi hari. Di samping itu, saat ini sudah banyak juga hotel yang memberikan fasilitas WiFi gratis dan pelayanan antar-jemput ke bandara. Kamu juga perlu mebandingkan hotel yang satu dengan yang lainnya. Harga yang lebih mahal belum tentu menawarkan fasilitas yang lebih baik. Kamu juga bisa melihat rating hotel dan membaca review yang diberikan para pengguna mengenai pengalaman menginap mereka sebagai tambahan pertimbangan untuk menilai kualitas hotel.


       
      4.         Memilih Hotel yang Tepat Berdasarkan Anggaran

      Tentukan range harga yang kamu inginkan dan biaya maksimal yang dapat kamu alokasikan untuk hotel. Untuk memudahkan pencarian saat browsing hotel di situs booking online, kamu dapat melakukan fitur sorting. Biasanya ada di bagian atas sebelum tampilan daftar hotel atau di kolom sidebar sebelah kiri halaman website.


      Mencari hotel berdasarkan harga termurah pada situs traveloka.com

       
      Pilih sort berdasarkan harga dari harga yang terendah jika ingin melihat harga dari yang paling murah. Beberapa situs juga memungkinkan kamu untuk melihat tampilan daftar hotel dengan mengatur range harga yang kamu tentukan sendiri. Jangan langsung setuju dengan harga yag sangat murah.

      Kembali perhatikan lokasi dan fasilitas yang ditawarkan oleh pihak hotel. Pastikan apa yang nanti kamu dapat sebanding dengan besarnya biaya yang kamu keluarkan. Baca juga dengan teliti mengenai biaya administrasi dan pelayanan. Beberapa website mencantumkan harga yang sudah termasuk dengan biaya tersebut. Namun, sebagian lainnya belum memasukkan biaya tersebut dan kemudian akan ditambahkan setelah kamu masuk ke tahap pemesanan. Jadi, jangan kaget kalau nanti angka yang harus kamu bayar menjadi berubah naik.


       
      5.         Melakukan Pembayaran Menggunakan Kartu Kredit

      Kalau kamu ingin membayar dengan kartu kredit, siapkan data-data kartu kredit kamu. Kamu akan diminta untuk mengisi data berupa nama yang tertera pada kartu kredit, nomor kartu kredit, masa berlaku kartu kredit, nomor selular yang digunakan untuk mengaktifkan kartu kredit, dan beberapa angka kode verifikasi yang terdapat pada kartu kreditmu. Pastikan juga nomor seluler yang kamu gunakan tadi dan ponsel kamu dalam keadaan aktif dan mendapatkan sinyal.


      Melakukan pembayaran booking hotel dengan kartu kredit melalui situs traveloka.com


       
      Memastikan ponsel dalam keadaan aktif sangat penting karena ada beberapa situs yang menerapkan sistem agar mengirim kode verifikasi lewat nomor seluler ponsel kamu dan kamu harus memasukkan kode tersebut pada website pemesanan online. Selain itu, konfirmasi berhasil atau gagalnya pembayaran dengan kartu kredit untuk pemesanan hotel juga akan dikirimkan melalui sms ke ponsel kamu.


       
      6.         Pembayaran dengan Cara Transfer

      Apabila kamu ingin melakukan pembayaran via transfer, pertama-tama kamu pilih dulu rekening Bank tujuan. Catat baik-baik jumlah angka yang harus ditransfer, nomor rekening Bank tujuan, dan atas nama siapa rekening Bank tujuan tersebut. Perhatikan juga bahwa selalu ada batas waktu untuk melakukan transfer. Ketahui kapan paling lambat kamu melakukan pembayaran, jam berapa dan tanggal berapa. Baiknya, kamu langsung melakukan pembayaran saat itu juga setelah melakukan peesanan.


      Melakukan pembayaran booking hotel online dengan cara transfer melalui situs traveloka.com


       
      Jika kamu ingi transfer melalui mesin ATM, pastikan catatanmu yang berisi jumlah uang dan data mengenai rekening Bank tujuan kamu bawa. Catat di kertas kecil atau di ponselmu. Beberapa penyedia jasa mengirimkan sms notifikasi setelah kamu melakukan pemesanan. Mereka juga mencantumkan data keperluan transaksi pembayaran yang kamu butuhkan pada sms tersebut. Baca juga baik-baik ketentuan yang diberikan oleh penyedia jasa. Beberapa penyedia jasa meminta kamu untuk melakukan konfirmasi pembayaran setelah melakukan transfer, misalnya kamu diharuskan mengunggah bukti pembayaran kamu pada situs web tersebut. Periksa juga email kamu. Pihak jasa pemesanan online umumnya mengirimkan email penting terkait transaksi pemesanan hotel tersebut.  


       
      7.         Manfaatkan Berbagai Macam Bentuk Potongan Harga yang Tersedia

      Program diskon bisa kamu dapatkan melalui berbagai macam cara. Kalau kamu baru bergabung menjadi member atau berlangganan newsletter pada situs web pemesanan hotel online, biasanya kamu akan mendapatkan voucher, misalnya seratus ribu rupiah. Kode voucher biasanya dikirimkan melalui email. Masukkan kode voucher tersebut saat kamu sudah memasuki tahap pemesanan dan pembayaran hotel. Ada kolom khusus untuk memasukkan kode voucher, biasanya terletak di sebelah kanan bawah.


       

      Kolom untuk memasukkan kode voucher dalam transaksi pemesanan hotel pada situs traveloka.com


       
      Jika kamu berlangganan newsletter, periksa newsletter yang dikirimkan. Newsletter tersebut banyak yang menawarkan potongan harga. Biasanya penawaran tersebut hanya berlangung sebentar saja sehingga kamu harus menggunakannya saat itu juga. Program diskon juga sering ditawarkan pada waktu-waktu tertentu, misalnya pada saat hari-hari libur da high season.


       


      Salah satu bentuk program diskon hotel yang ditawarkan oleh situs pemesanan online tiket.com


       
      Ada juga promo yang ditawarkan khusus untuk pengguna kartu kredit tertentu, kartu perdana telekomunikasi tertentu, serta program bundling. Promo bundling misalnya kamu akan mendapatkan potongan harga apabila membeli tiket hotel berbarengan dengan tiket peswat pada satu web yang sama. Terkadang ada juga program reward yang memberikan diskon tertentu apabila kamu membagikan atau melakukan share pengalaman booking kamu pada web tersebut melalui media sosial. Untuk segala macam program /potongan harga, baca baik-baik ketentuan dan persyaratannya. Ketahui juga apakah ada jumlah transaksi minimal apabila kamu berniat untuk menggunakan promo yang ditawarkan.


       
      8.         Ketentuan Pembatalan



      Kebijakan pembatalan pemesanan hotel yang diterapkan oleh situs booking online traveloka.com


       
      Jika ternyata kamu melakukan kesalahan pada waktu atau lokasi, atau ada kondisi dimana kamu membatalkan acara bepergian kamu sehingga kamu tidak jadi menginap di hotel yang sudah kamu pesan, kamu bisa melakukan pembatalan. Sebelumnya, baca dan pelajari baik-baik ketentuan dan syarat pembatalan. Kapan waktu maksimal untuk pembatalan, apa konsekuensinya, dan apakah ada biaya yang hangus atau harus dikeluarkan untuk proses administrasi.

      Kamu dapat menghubungi customer service pihak penyedia jasa pemesanan online. Cara yang umum disediakan adalah malalui email, live chat, dan telepon. Bicarakan baik-baik apa masalahmu dan gunakan hak kamu untuk melakukan pembatalan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.


       
      9.         Kode Booking dan E-Ticket Pemesanan Hotel


       
      Contoh e-mail yang berisi tiket elektronik pemesanan hotel yang dikirimkan oleh penyedia jasa pemesanan online


       
              Setelah semua proses transaksi selesai, kamu akan mendapatkan kode booking berupa tiket elektronik (e- ticket) melalui email. Tiket ini harus dibawa saat kamu malakukan check in nanti. Kamu bisa menyimpannya pada ponsel atau tablet yang kamu bawa nanti. Pilihan lain yang lebih aman adalah membawa hasil print out tiket tersebut. Kamu juga perlu membawa kartu identitas untuk menunjukkan kepada pihak hotel bahwa data pada tiket dan kartu identitas sesuai.

       
      Demikian beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan baik-baik terkait pemesanan hotel secara online. Semoga perjalanan kamu semakin nyaman dan berkesan dengan hotel pilihan yang memuaskan! 

       
       

    • By lioneltravel
      Salam travel buat anggota forum jalan2.com!
      perkenalkan kami Lionel Travel, berusaha memberikan jasa yang berhubungan dengan kegiatan forum jalan2.com dengan menyediakan penjualan tiket online baik kereta maupun pesawat, baik rute domestik maupun internasional . Lionel Travel akan mengusahakan memberikan harga dan servis yang sesuai dan kompetitif.
      semoga terjalin kerjasama yang baik.
       

    • By marioboros
      source image : Budget Travelling
       
      Merencanakan liburan memang mengasyikkan, namun terkadang juga membuat pusing. Apalagi jika sudah berurusan dengan booking hotel untuk tempat menginap. Jika salah, bisa-bisa acara liburan yang seharusnya menyenangkan jadi berantakan. Karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memesan hotel untuk menghindari kekacauan tersebut dan Anda bisa menikmati liburan Anda dengan maksimal.
       
      Saat Anda hendak booking hotel, sebaiknya Anda melihat dulu seberapa banyak budget yang Anda punya dan berapa lama Anda akan menginap. Jika Anda hanya menginap selama beberapa hari, dan sepanjang hari tersebut Anda akan lebih sering berada di jalan atau di luar hotel, maka Anda tidak memerlukan hotel mewah dengan fasilitas super lengkap, karena Anda tidak akan punya waktu untuk menikmatinya. Jika demikian, tentu sia-sia jika Anda sudah membayar mahal untuk segala fasilitas ekstra tersebut.
       
      Agar tidak terjadi kesalahan atau terjadi mix-up saat Anda melakukan booking hotel, terutama saat memesan online, sebaiknya Anda:
       
      Menjadi member di website di mana Anda melakukan pemesanan hotel tersebut. Hal ini akan memudahkan Anda untuk membatalkan, atau menerima notifikasi, atau berjaga-jaga jika terjadi kegagalan pemesanan. Pastikan alamat email yang Anda masukkan adalah alamat email yang valid dan memang milik Anda, sehingga ketika Anda memesannya tiket, Anda mempunyai arsipnya. Cetak segera bukti dan dokumen penting sebagai bukti Anda telah memesan kamar di hotel tersebut dan simpan baik-baik. Bawa bukti tersebut ketika Anda pergi ke hotel yang dituju. Baca baik-baik peraturan dari hotel mengenai pemesanan secara online. Teliti mengenai kebijakan pembayaran, diskon, dan juga pengembalian uang jika ada masalah.  
      Tips booking hotel, jika Anda terlambat untuk datang check-in karena suatu halangan tertentu, usahakan untuk memberitahu pihak hotel beberapa jam sebelum batas akhir jam check-in untuk mengurus sehingga pesanan Anda tidak hangus. Atau jika ternyata ada yang hendak memesan kamar Anda yang belum ditempati, usahakan agar pihak hotel dapat mereferensikan Anda ke hotel lain sekaligus memesankan tempat. Jangan sampai liburan menjadi kacau karena salah memilih hotel.
    • By ryaryuu
      halo mas2 ganteng dan mba2 cantiknya, apa kabar nih. aduh, saya seminggu ini pusing sama kerjaan deh, maklumlah waktunya tutup buku. hihihi. kali ini saya mau sharing tentang cara nya booking hotel untuk dapat harga yang benar2 rendah. here we go..

      1. ga semua hotel itu murah bila booking online di webnya.
      harga internet rate yang di share di web hotel itu cuma memangkas sekitar 20-30 persen dari harga publish rate hotel. percaya gak percaya sih, tapi kalo pengalaman saya sih gitu.

      2. travel agen bisa jadi masalah atau solusi
      hotel2 emnag sudah punya jatah untuk travel agen, dan memang kadang2 harganya jauh lebih rendah dari harga sebenarnya. namun, percaya atau tidak kadang harga agen itu bisa lebih tinggi dari harga internet rate di website hotel. saya pernah dapet hal kaya gitu, ternyata begitu saya cek harga internet rate jauh lebih rendah tuh dari travel agen.

      3. booking online lewat website agoda atau booking
      ada beberapa hotel yang memang harganya lebih rendah bila booking lewat kedua web tersebut. tapi percaya gak sih, ada satu hotel di bandung namanya asmila boutiqe hotel dan di web agoda harganya Rp.28jt . malam!!!! pada tanggal 22 desember ini, sudah jelas kita gak bisa sembarangan pesan harus tetap cek dan ricek.

      4. pesan hotel 3-6 hari sebelumnya adalah harga tertinggi
      entah kenapa, tapi saya ngerasa kalo pesan hotel 3-6 hari sebelum hari h, harga hotel itu jadi tinggi, tapi begitu h-1 harganya normal lagi tuh. hihi. mungkin demand nya sedang banyak untuk h-3 s.d h-6.


      sekian dari saya, happy long holliday!!!! saya gak libur nih
       
      Jgn  lupa banding2 kan harga di http://hotels.jalan2.com
    • By ameryudha
      buat agan2 yang udah sering banget book hotel pake agoda, booking, hotelscombine, kayak, dll. ane punya pertanyaan nih, kan ane booking hotel untuk tanggal 15 nanti, udah issuing dan udah digesek, tapi berhubung yang mau chek in nya bukan ane, disitu tertera kalo cc yang ane pake gesek harus dibawa, benarkah? terus kalo gak dibawa gimana gan?

      terus sebenarnya nanti si voucher nya di kasih lihat, apa gimana? aduh ane ga ngerti deh, cuma penasaran aja ngebooking. hehe. kalo mau nambah nginap gimana? terus kan ane disitu no breakfast, nah gimana caranya supaya ane bisa dapat breakfast? terus nanti pas ane chek out, gimana gan ?

      ane takut deh kalo pas ane chek in ga diakui gitu, terus nanti ane komplain nya kemana??agan2 ada yang udah pernah? coba dong cerita detail nya gimana gan???