Sign in to follow this  
nonaJJ

Saung Merdesa, Pesta Kebun Di Tengah Pamulang

12 posts in this topic

 
Pamulang, mungkin banyak di antara rekan-rekan Jalan2 belum tahu daerah ini. Tapi sebagian lainnya mungkin sudah sangat familiar. Pamulang merupakan wilayah yang berada di Tangerang Selatan. Dekat dengan Ciputat dan juga Parung, Depok. Wilayah ini adalah wilayah pemukiman yang padat. Nggak banyak memang tempat wisata yang bisa dikunjungi, tapi ada beberapa tempat yang cukup bagus untuk menyantap makanan dengan suasana alam yang natural. Hmm.. maklum saja, seperti kebanyakan wilayah di Tangerang Selatan, Pamulang masih terbilang panas, padat. Jadi, kalau ada tempat dengan nuansa alam pasti sangat menarik. 
 
Ada tempat yang namanya Saung Merdesa. Alamatnya adalah di Jl. Dr. Setiabudi No. 38, Pamulang Barat, Tangerang Selatan. Jika anda ingin mengunjunginya, dari arah Lebak Bulus anda bisa mengarah ke Pondok Cabe. Jika dari Depok anda bisa lewati Parung menuju Ciputat hingga bertemu di perempatan Gaplek di mana ada McD di sana. Dari McD anda bisa menuju arah Pamulang hingga menuju Saung Merdesa ini. 
 
P1010799.JPG
Saung Merdesa merupakan sebuah restoran dengan konsep outdoor. Memasukinya sudah terasa kebun yang cukup rindang. Cukup luas sehingga anda bisa membawa keluarga untuk bersantai di sana. Sesuai dengan namanya, memiliki beberapa saung yang diletakkan di pinggir-pinggir kebun. Kita bisa duduk di sana sambil menikmati santapan menu yang dihidangkan. Selain saung, ada juga meja biasa, namun tetap di luar ruangan beratap transparan. Suasananya sangat alami seperti sedang makan di kebun sendiri. Pohon-pohon seperti rambutan, mangga ada di sana. Konon, sang pemilik sangat suka berkebun hingga membuka restoran berkonsep seperti ini.
 
P1010792.JPG
 
Menu yang disajikan beragam. Ada ayam bakar, ikan bakar, dan lain sebagainya. Resto ini mengusung masakan Indonesia dengan penyajiannya yang juga berkonsep desa. Sambil makan, anda bisa menikmati udara yang cukup sejuk. Selain makanan utama, makanan pendamping juga ada. Misalnya, di sini ada roti bakar, tempe mendoan, aneka kopi, dan sebagainya. Harga yang dibandrol juga relatif standar, tidak mahal seperti di restoran berkelas. Saung Mendesa ini dibuka mulai pukul 12 siang hingga malam. Akhir pekan, akan lebih lama karena bisa dibuka hingga dini hari.
 
Yang unik lainnya, Saung Mendesa biasa menjadi tempat berlangsungnya resepsi pernikahan. Acara yang dilangsungkan tentunya adalah pesta kebun. Ada spot untuk pelaminan, tempat prasmanan dan juga tamu undangan menikmati hidangannya. Saung ini juga menyediakan aneka perlengkapan untuk pesta kebun tersebut. Mulai dari perlengkapan karaoke hingga soundsystem. Dengan luasnya hingga 5000 an meter persegi, Saung Merdesa bisa menampung sebanyak 500 hingga 600 undangan. Suasananya yang rindang cocok untuk menikmati pesta kebun meski di siang hari. 
 
1006170_578379765518250_1423114786_n.jpe
Selain pesta kebun, Saung Merdesa juga melayani acara lain seperti pertemuan bisnis. Perlengkapan yang cukup lengkap karena selain sound system, ada juga white board dan juga proyektor di sini. Tentang, katena ada ruangan khusus agar lebih kondusif. Kapasitas ruangan tersebut bisa menampung 50 atau 60 orang. Jika kebanyakan, ada yang lebih kecil hanya sekitar 15 hingga 20 orang saja. 
 
hqdefault.jpg
Kalau anda mau buat pesta kebun daerah Tangerang Selatan, anda bisa coba survei ke Saung Mendesa ini. Hanya saja, kalau weekend mungkin agak padat menuju Pamulangnya. Tapi karena tidak terlalu jauh dari McD itu, masih oke kok. Permasalahannya juga ada pada lahan parkir yang terbatas. Tapi bisa parkir di luar, di depan ruko-ruko yang ada di sekitar Saung Merdesa ini. 
 
Pilihan lainnya untuk pesta kebun ada juga di daerah Situ Gintung Ciputat. Pasti tahu dong Situ Gintung? Setelah bencana alam beberapa tahun lalu, Situ Gintung sudah kembali berfungsi dengan normal. Di sini juga dijadikan objek wisata, salah satunya bisa digunakan untuk pesta kebun. Ada saung-saung yang bisa digunakan para undangan. Saran kalau mau buat pesta kebun sebaiknya cari waktu yang pas yang bukan musim hujan. Kalau pun iya, pakai pawang hujan karena beberapa kali saya datang kondangan dengan konsep garden party di musim hujan. Jadi undangannya melipir dan nggak bisa turun langsung menikmati suasanan di lahan terbukanya. hehe. Anyway, konsep garden party untuk pesta pernikahan itu lucu ya. Pengen juga jadinya :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this