Sign in to follow this  
kolong langit

Makanan Korea Yang Paling Sering Ada Di Resto Korea Di Indonesia

44 posts in this topic

Suka makanan korea? Di Indonesia, sekarang banyak banget restoran Korea yang berdiri. Makanan Korea ini punya salah satu khas warnanya yang kemerahan. Kalau untuk orang Korea, mereka bilang pedas, tapi buat Indonesia, kayaknya ukuran pedasnya belum bisa dibilang pedas banget. Yang terkenal di Korea adalah kimchinya. Rasanya, hampir setiap rumah harus punya persediaan kimchi di kulkas masing-masing. Makanya nggak heran kalau makanannya juga banyak yang berisi kimchi. Di Indonesia, kimchi biasanya dihidangkan gratis yang dikeluarkan pertama kali untuk pembuka. tapi ada juga yang tidak memberikan kimchi gratis tersebut dan menarifkan atau memasukkannya ke dalam daftar menu. 
 
Apa saja makanan Korea yang paling banyak ditemui di restoran Korea di Indonesia? Juga termasuk yang populer? Ini dia.
 
Menu utama
Menu utama makanan Korea yang banyak dijumpai di Indonesia antara lain adalah bibimbap dan juga bulgogi. Apa sih makanan tersebut?
 
bibimbap-recipe.jpg
- Bibimbap
Bap dalam bahasa Korea artinya nasi. Bibimbap berarti nasi campur. Nasi campur Korea ini adalah nasi yang isinya sayuran seperti wortel, lobak, jamur, rumput laut, dan sebagainya, kemudian di tengahnya ada telur setengah mateng atau bahkan telur mentah. Cara penyajiannya di mangkuk panas banget dan cara memakannya harus mengaduk menjadi satu. Itulah mengapa disebut dengan bibimbap. Bibimbap ini ada yang rasa original atau rasa pedas. Di keduanya ada rasa agak manis sedikit. Bibimbap hampir bisa dijumpai di berbagai restoran Korea di Indonesia. Rata-rata menggunakan nama yang sama tapi bisa menambahkan kata lain sebagai nama menu. Karena menjadi makanan utama yang khas di Korea, festival memasak bibimbap digelar pada beberapa festival di Korea. Tak hanya itu, makanan ini juga menjadi simbol kuliner dan pariwisata Korea Selatan. Seperti beberapa waktu lalu, acara Festival Korea Indonesia dibuka dengan pengadukan bibimbap raksasa yang super besar.
 
- Bulgogi
Bulgogi juga merupakan makanan khas Korea yang sangat populer di Indonesia. Saking populernya, kamu juga tahu kalau ada mie instan dengan rasa bulgogi ini. Bulgogi merupakan daging yang dicincang dan dipanggang dengan bumbu Korea seperti kecap manis, bawang, minyak wijen, dan sebagainya. Rasanya juga bisa dibuat agak pedas. Bulgogi bisa juga dibuat dengan ayam atau cumi di Indonesia. Namun pada umumnya, bulgogi adalah daging sapi. Jika di Korea, daging sapi terbaik Korea adalah juaranya untuk dipanggang. Harganya juga sangat mahal sehingga daging sapi terbaik itu bisa menjadi kado sangat berharga untuk acara-acara spesial, seperti tahun baru misalnya. 
 
- Ramyeon
Siapa sih yang nggak suka mie? Di Jepang ada ramen, di Korea sebutannya adalah Ramyeon. Ramyeon bukan hanya jadi favorit di Indonesia tapi juga di Korea sana. Makan ramyeon enak kapan saja. Ramyeon adalah mie kuah sementara mie kecapnya disebut jajangmyeon yang mana mienya akan menjadi sangat hitam. Ramyeon ini bisa dijumpai di hampir semua resto Korea. Makan ramyeon ala Korea adalah makan dengan menggunakan panci dan tutupnya langsung. Kalau suka nonton Drama Korea, pasti langsung tahu bagaimana orang Korea makan ramyeon. Tutup panci digunakan sebagai penadah yang dipegang di tangan kiri ketika tangan lainnya menyumpit mie tersebut.
 
- Japchae
Masih bicara soal mie. Japchae juga merupakan mie. Tapi bedanya, mie yang digunakan adalah mie sejenis bihun. Japchae ini hampir bisa kamu temui di berbagai restoran Korea yang ada di Indonesia. Rasanya juga enak, mirip dengan cara penyajian mie bihun di sini. Tapi, Japchae adalah mie yang lebih kenyal dengan sayuran sebagai campurannya. Ada paprika., jamur, bawang bombay, dan lainnya. Mie disajikan digoreng dengan minyak wijen. Kalau kamu kurang suka rasa makanan Korea, Japchae biasanya lebih mudah dan lebih lidah orang Indonesia. Cita rasanya mirip-mirip dengan masakan kita.
 
Soup
Nah sekarang yang kuah-kuah alias supnya. Buat yang suka kuah dan suka makanan Korea, biasanya tahu nih makanan berikut ini.
 
sundubu.jpg
- Jiggae (Sundubu Jiggae / Kimchi Jiggae)
Jiggae adalah sup atau rebusan yang menjadi pendamping nasi putih. Jiggae yang enak banget kalau disantap panas-panas ini juga hampir bisa dijumpai di berbagai resto Korea di Indonesia. Ada banyak macamnya, misalnya Sundubu Jiggae atau Kimchi Jiggae. Sama-sama enak. Warnanya kemerahan dengan bumbu-bumbu Korea. rasanya pedas dan gurih, agak asem jika pilih Kimchi Jiggae. Nah Kimchi Jiggae ini biasanya sup berisi kimchi yang pasti, tahu, daging sapi, dan sayuran lain seperti jamur, daun bawang, dan lain sebagainya. Sementara untuk Sundubu lebih banyak lagi campurannya. Tahu, telur setengah matang (ketika pertama kali disajikan), tahu, seafood, dan sayurannya seperti jamur dan lain-lain. Ada sundubbu yang pakai mie tapi ada juga yang nggak pakai. Mienya juga mie bihun seperti itu. Nah, kalau saya sih suka banget sama sundubu dibanding kimchi jiggae nya. heheh.
 
- Galbitang / Kalbitang dan Samgyetang
Galbitang atau dibaca juga Kalbitang ini merupakan sup iganya Korea. rasanya seger banget dengan campur an berbagai bahyan di dalamnya, Galbitang biasanya dari iga sapi dan bisa dijumpai di berbagai resto Korea di sini. Selain Galbitang, ada juga Samgyetang yang banyak dijumpai. Samgyetang ini merupakan ayam 1 ekor tanpa dipotong yang langsung direbus dengan ginseng. Jadi, rasanya emang seger dan diyakini kalau Samgyetang ini bagus buat kesehatan. Nggak heran kalau Samgyetang sering jadi bawaan untuk orang sakit. Kalau pernah nonton drama Korea Marriage Without Dating, ada tuh adegan si cewe bawain Samgyetang buat cowonya yang lagi sakit hehe.
 
- Yukgaejang
Nah ini juga mirip mirip dengan jiggae tapi bahan utamanya adalah irisan daging sapi. Rasanya pedas dengan campuran sayuran lainnya. Yukgaejang juga banyak ditemui di restoran-restoran Korea. Enak, seger deh. sluuurp.
 
Cemilan
Selain makanan utama dan juga penutup, makanan yang agak ringan juga biasanya ada di berbagai resto Korea di Indonesia. Sudah banyak yang tahu dong jajanan pasar di Korea yang terkenal? nah, berikut cemilan atau makanan lain yang paling banyak dijumpai di resto Korea.
 
- Tteokboki
Yap tteokboki atau tokpoki adalah makanan snack yang pasti dijumpai di resto-resto Korea. Tokpoki ini adalah kue dari tepung beras yang rasanya kenyal-kenyal. Bentuknya silinder dipotong kecil-kecil. Ada kuahnya juga yang merah dan pedas. Biasanya dicampur juga dengan potongan sayuran dan biji wijen. Selain tokpoki, biasanya disajikan juga odengnya, dari tepung ikan. Yang membedakan enak nggak enak tokpoki adalah kekenyalannya dan juga kuahnya. Ada yang terlalu keras tapi ada juga yang pas. Kuahnya ada yang kentel dan ada yang encer. Harga tokpoki di Indonesia biasanya sih mulai dari 30 ribuan.
 
- Jeon
Jeon ini semacam gorengan di Korea. Ada berbagai macam jeon yang biasanya disajikan. Misalnya ada kimchi pajeon. Kimchi pajeon ini seperti bakwan. Kimchi dan sayuran lain yang dicampur tepung dan digoreng. Yaj mirip bakwan deh. rasanya juga enak. Namanya juga gorengan. Orang Indonesia suka banget kan sama gorengan. hehe.
 
Nah di antara semua menu di atas, ada lagi yang hampir di semua resto Korea di Indonesia ada. Apa itu? Ini dia:
 
- Samgyeopsal (Samgyupsal)
Korean_barbecue-Samgyeopsal-07.jpg
Samgyeopsal ini adalah daging babi yang dipanggang. Biasanya proses pemanggangan dilakukan di atas meja pelanggan langsung. Pork belly yang dihidangkan ini bisa matang banget atau setengah matang. Buat yang bisa makan daging babi, samgyeopsal ini bisa dicoba karena juga menjadi makanan paling favorit di Korea sana. 

Share this post


Link to post
Share on other sites

waaahhh... kalau liat postingan makanan begini trus nyadar di sini nggak ada yang beginian.... di situ kadang saya merasa sedih.. hehehehe....
:tersipu

Share this post


Link to post
Share on other sites

@deffa  kimchi itu sawi putih yg dikasi bumbu cabe khas korea sampe dia berfermentasi gitu.

 

bener om, @kolong langit   di resto korea kimchi disajikan include dg menu yg dipesan, saya lupa namanya tp pernah makan di Gandaria City

 

dapat kimchi, salad sm ubi goreng enyaakk :kesengsem

Share this post


Link to post
Share on other sites

Ohhh maluku hihi hmmm mgkn bs coba beli bahan instannya via online hahah

owh... ada yaah yg jual online???? :tercengang jangan2 sampe di Halmahera sini keburu basi. hehe... :ngakak

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By Putri Parameswari
      Hai,
      Salam kenal, aku putri
      Aku ada rencana ke korea di tanggal 18 - 24 april 2018
      Mau nyari temen untuk sharing cost dan bareng selama disana
      Sejauh ini aku baru berdua sama temenku

      Let me know kalo ada yang mau join
      Thank you!
    • By Endah Nurdianti
      Hi,
      Saya rencana mau ke Korea spring 2018 ini yaitu di bulan april. Mungkin tanggal 13-22 april sklian for my bday celebration on the 19th. Cari temen ( cewe) buat traveling bareng karna gk biasa solo travel juga. Untuk jalan2nya disana bisa diskusi lebih lanjut. 
      Line : 19frenchie
    • By Timaro
      rencana berangkat 6 february nanti, lagi ada korea grand sale. ini kaya gimana memaksimalkannya ya... mungkin ada yg pernah ngerasain tahun lalu? 
      kalau boleh di share disini...
    • By Timaro
      Aku udah lama mulai log in disini. Tapi belum ada cerita apapun(belum mulai traveling). Nah, tgl 7 - 10 february ini aku rencana ke korea berdua bareng teman. Mungkin ada member disini yang ke korea di tanggal yg sama...kita bisa ketemu disana
    • By Maritim Reval
      Info Korea Selatan
      Republik Korea (bahasa Korea: Daehan Minguk (Hangul: 대한민국; Hanja: 大韓民國); bahasa Inggris: Republic of Korea/ROK) atau biasa dikenal sebagai Korea Selatan atau Korsel adalah sebuah negara di Asia Timur yang meliputi bagian selatan Semenanjung Korea.
      Di sebelah utara, Republik Korea berbataskan Korea Utara, di mana keduanya bersatu sebagai sebuah negara hingga tahun 1948. Laut Kuning di sebelah barat, Jepang berada di seberang Laut Jepang (disebut “Laut Timur” oleh orang-orang Korea) dan Selat Korea berada di bagian tenggara.
      Negara ini dikenal dengan nama Hanguk (한국; 韓國). oleh penduduk Korea Selatan dan disebut Namchosŏn (남조선; 南朝鮮; “Chosŏn Selatan”) di Korea Utara. Ibu kota Korea Selatan adalah Seoul (서울).
      Penemuan arkeologis menunjukkan bahwa Semenanjung Korea telah didiami sejak Masa Paleolitik Awal. Sejarah Korea dimulai dari pembentukan Gojoseon pada 2333 SM. oleh Dan-gun. Setelah unifikasi Tiga Kerajaan Korea di bawah Silla pada 668 M, Korea menjadi satu di bawah Dinasti Goryeo dan Dinasti Joseon hingga akhir Kekaisaran Han Raya pada 1910 karena dianeksasi oleh Jepang.
      Setelah liberalisasi dan pendudukan oleh Uni Soviet dan Amerika Serikat pada akhir Perang Dunia II, Wilayah Korea akhirnya dibagi menjadi Korea Utara dan Korea Selatan.
      Pemerintahan Korea Selatan
      Korea Selatan adalah negara republik. Seperti pada negara-negara demokrasi lainnya, Korea Selatan membagi pemerintahannya dalam tiga bagian: eksekutif, yudikatif dan legislatif. Lembaga eksekutif dipegang oleh presiden yang dipilih berdasarkan hasil pemilu untuk masa jabatan 5 tahun dan dibantu oleh Perdana Menteri yang ditunjuk oleh presiden dengan persetujuan Majelis Nasional. Presiden bertindak sebagai kepala negara dan Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan.
      Lembaga legislatif dipegang oleh dewan perwakilan yang menjabat selama 4 tahun. Pelaksanaan sidang paripurna diadakan setiap setahun sekali atau berdasarkan permintaan presiden. Sidang ini terbuka untuk umum namun dapat berlangsung tertutup.
      Pengadilan konstitusional menjadi lembaga tertinggi pemegang kekuasaan yudikatif yang terdiri atas 9 hakim yang direkomendasikan oleh presiden dan dewan perwakilan. Hakim akan menjabat selama enam tahun dan usianya tidak boleh melebihi 65 tahun pada saat terpilih.

    • By mone
      Annyeonghaseyo...
       
      Long time no see / Urinmaniya / Lama tidak berjumpa. Maklumlah sibuk gak jelas. 
      Kali ini iseng2 mau kasih tau beberapa cara dan syarat mendapatkan visa korea selatan atau lebih tepatnya visa multiple korea selatan.
      #efek baru approved multiple visa korea selatan
      #gak sombong cuma pamer
      #padahal pernah ditolak

       
      Jadi begini, minggu lalu baru aja approved visa korea yang multiple. Sebener'y sich agak iseng gtu apply visa ini. Belum tau kapan mau kesana, planning sich tiap bulan bahkan tiap minggu. Tapi apa daya dana tidak mencukupi jadi harus banyak2 menabung dulu biar bisa nongkrong d Starbucks Korea sambil makan sate ayam.
      Syarat visa Multiple Korea Selatan yang saya kumpulkan dan berikan ke pihak kedubes:
      -> Paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan ketika berangkat (copy semua halaman paspor yang sudah tertera cap imigrasi dari negara lain).
      -> Formulir visa korea yang sudah diisi lengkap dan pas foto yang ditempel di formulir visa.
      -> SPT Tahunan (surat keterangan tidak memiliki SPT).
      -> Surat Referensi Bank dan Rekening koran 3 bulan terakhir.
      -> Bookingan tiket pesawat dan reservasi hotel (tidak wajib, tapi bisa menggunakan travel agent untuk minta booking).
      -> Itinerary selama di korea.
      -> Fotocopy KTP.
      -> Fotocopy Kartu Keluarga.
      -> Fotocopy Akte Kelahiran.
      -> Fotocopy NPWP.
       
      *Untuk apply multiple visa minimal sudah pernah ke korea sebanyak 4x (empat kali) dalam 2 tahun. Tapi ketika saya ajukan sudah 5 kali namun dalam 3 tahun dan tidak masalah.
      *Sebelum apply multiple, konfirmasikan dulu ke petugas loket karena petugas loket akan mengkonfirmasikan ke konsular untuk persetujuan apakah bisa apply multiple
      *Biaya visa multiple adalah sebesar Rp. 1.224.000 bayar dimuka dan ketika ditolak tidak dikembalikan
      *waktu pengambilan visa adalah 1x24 jam atau keesokan hari'y setelah apply.
      *bagi yang pertama kali akan apply visa korea selatan dianjurkan tidak sendirian atau minimal sudah mempunyai visa negara lain contoh jepang. meskipun tetap saja banyak yang di approved juga bepergian sendirian.
       
      Seperti'y itu saja sich. Seakan begitu mudah namun bagi saya yang pernah ditolak visa korea tetap saja ada keraguan meskipun kemungkinan approved multiple lebih besar. Selamat berlibur ke korea yakh. Kalo udah dapet multiple bisa tiap saat d korea. Sekarang fokus ngumpulin uang dulu yang banyak buat ke rusia. Eh salah korea ding.
      Kalo ada yang mau sharing pengalam buat visa korea juga silahkan.
       

    • By MARGIE
      HI SALAM, AKU NEWBIE DI JALAN-JALAN COM :)
      Aku mencari teman yg mau join trip ke Korea Selatan 
      09 - 17 November 2017
      Itinerary masih open bisa di diskusikan bareng :)
      bisa wa aku di 081298786768 yahhh