Sign in to follow this  
Megami Shizuka Hikaru

Sekali Pergi Dapat Cap Tiga Negara Dengan Budget Minim. (Postingan Khususon Untuk Yang Baru Ke Ln Dengan Niat Ngecap Paspor Bonus Foto2)

12 posts in this topic

Assalamualaikum, wr wb.

Selamat pagi kawan2 semua, saya ingin share pengalaman ngotorin paspor ke tiga negara terdekat, Singapura, Malaysia dan Thailand. Khusus buat yang baru pertama kali punya paspor dan ingin ke luar negeri.

Sebenarnya rencana saya ke luar negeri di bulan Maret 2015 tapi mendadak jadi 16 Feb sd 20 Feb 2015. So hasilnya "backpackeran" bonus foto2. Jadi bukan vacation, tapi kalau dinikmati walau capek jadi menyenangkan juga.

Berikut beberapa persiapan yang harus dipersiapkan sebelum pergi ke Singapura, Malaysia dan Thailand Provinsi Hatyai :

Persiapan Pribadi :

1. Sehat fisik. Betapa tidak, bepergian atau melancong sebagian besar waktu kita adalah di luar ruangan (out door), kita akan banyak berjalan kaki melihat pemandangan atau objek wisata dll, jadi fisik harus siap, harus sehat dan kuat.

2. Sehat Pesak. Siap dana cash terutama rupiah karena kalau kekurangan uang bisa ditukarkan di negara yang kita singgahi. Sejak dari Indonesia tentukan dulu apa yang mau dibeli di negara orang. Misal : Di Singapura mau beli kaos, coklat, tiket MRT, makan, dll. Totalkan kurang lebih misalnya di Singapura butuh SGD 200 maka kalikan kurs rupiahnya tukarkan ke dolar Singapur di money changer di Indonesia aja. Terus tentukan di Malaysia mau belanja apa saja, misal untuk makan, untuk tiket kereta atau bis dll, maka estimasinya berapa lalu tukarkan uang rupiah ke ringgit malaysia. Selanjutnya di Haytay Thailand butuh buat belanja apa saja, tentukan sejak sebelum berangkat, misal butuh bath (mata uang thailand) untuk beli oleh2, makan, tiket bis, tiket kereta, dll, lalu rupiah tukarkan ke Bath di Indonesia. Tapi walaupun sudah mengantongi uang SGD, RM dan Bath, tetap harus bawa uang cash dalam bentuk rupiah khawatirnya kehabisan uang maka uang cash rupiah bisa ditukarkan di tempat penukaran uang yang ada di Singapura, Malaysia dan Thailand.

Bila memungkinkan, huntinglah hotel, tiket kereta atau bis di Indonesia melalui jasa penjualan tiket online, karena terkadang di negara orang serba online dan juga disaat libur weekend tiket suka fullbook, kembali lagi ke faktor lucky TERKECUALI kalau bukan pada saat libur panjang. Catet.

*Kemaren saya di Malaysia dan Singapura nyesel ga beli tiket online, saya lupa di sana imleknya rame banget dan tanggal merahnya tidak hanya saru hari seperti di kalender kita. Alhasil beli tiket dengan harga double dari calo di Terminal Bis Pudu Raya itupun berebutan dan lastminutes klo ga buru2 pasti kehabisan dibeli orang lain.

3. Alat-Alat Pribadi Yang Harus Dibawa Di Tas Gendong Kecil :

- Paspor

- KTP

- Pulpen

- Alat Mandi

- Alat Sholat

- Botol Minum

- Tisu Basah Dan Tisu Kering

- Pantiliners (Khusus Untuk Wanita)

- Jaket/ Switer

- Payung Lipat (Bila Perlu)

- Sunblok

- Lipglos (Bila Perlu)

- Sisir Kecil

- Charger Dengan Colokan 2 Dan Colokan 3

- Sabun Pencuci Muka

- Handuk Kecil/Sedang. Biasanya dihotel disediakan tapi ga tau bersih apa nggaknya.

- Energen Sachet (Bila Perlu)

- Kopi Mix (Bila Perlu)

- Makanan Ringan (Bila Perlu)

- Permen (Bila Perlu)

- Shampo Sachet.

- Sendal (Bila Perlu)

- Pakaian Dalam

- Kamera

4. Tentukan Tempat Yang Akan Dikunjungi.

Misal Di Singapura mau ke : Rafles Place di sana bisa foto2 di Patung Merlion, bisa muter2 di Marina Bay atau mau makan di Bugis Street, belanja belanji di Mustafa Centre. Pusat belanja 24 jam, Universal Studio, Sultan Mosque, dll. Pelajarilah rute MRT bisa searching di google, catatlah rutenya naek apa dan jurusannya kemana aja dan bikin itinerary sendiri sesuai keinginan. Sambil belajar membuat itin pribadi.

Selanjutnya Di Malaysia mau Ke : KLCC Twin Tower, Genting Highland, Petaling dll.

Keuntungan membuat itinerary adalah untuk mengefektifkan dan mengefisienkan waktu supaya semuanya berurutan sesuai rencana dan sinergi dengan jadwal penerbangan misalnya, jadwal keberangkatan bis atau kereta misalnya dll.

5. Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan :

- Jangan bertingkah aneh di saat memasuki area imigrasi misal dilarang memoto, merokok dll khawatir akan membawa masalah karena terkadang pemeriksaan secara random bisa menjadi lama dan jadwal yang sudah tersusun jadi berantakan.

- Disaat memasuki imigrasi negara Malaysia dari Singapura oleh-oleh yang sudah dibeli sebaiknya disimpan di koper jangan ditenteng karena khawatir kena bea cukai.

- Untuk wanita jika naik bisa atau kereta perjalanan malam sebaiknya cari posisi duduk dekat dengan wanita lain atau kalau di kereta pilihalah di tempat yang banyak orang, bisa kok request. Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama di perjalanan malam.

*Pengalaman saya naik sleeping train dari Malaysia Ke Haytai Thailand kebagian di gerbong paling belakang sama orang-orang India yang berbadan tinggi besar, akhirnya saya request minta dipindah ke gerbong lain yang banyak wanitanya dan alhamdulillah masih ada jadi semalaman bisa istirahat.

- Bagasi pesawat harus diperhitungkan jika membawa oleh-oleh banyak karena terkadang jika tiket pesawat tapan bagasi maka kelebihan bagasi akan kena cas. Normalnya 1 person = 7kg bagasinya. Jadi klo lebih maka hrs bayar.

Mungkin segitu dulu, selebihnya bisa ditanyakan ke yang lebih berpengalaman. Semoga ada manfaatnya khususon untuk yang baru punya paspor dan mau ngecap paspor sekali jalan dapat cap beberapa negara.

Thnx to admin.

Mohon maaf bila banyak kesalahan.

Wassalamualaikum, wr, wb

Megami KJJI Jabodetabek : WA : 082112207374

Share this post


Link to post
Share on other sites

Bro deffa iya cuman ke hatyai aja krn dari Indonesia pesan tiket PP jd klo diteruskan ke Bangkok tiket pesawat dari KL ke CGK hangus deh so jalan2 aja sekitar kota Hatyai, paling ke floating market, pantai krabi dan sekitar kota aja muter2 kebanyakan istirahat di hotel sih wkt di Hatyai maklum sdh 3 negara jd rada terkuras energi..dan tidak sampe ke danok takut juga krn cewek berdua sm adiku so rada2 parno ah..hihi

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this