baihaki1985

Kuliner Enak Surabaya: Sate Kelapa Ondomohen

32 posts in this topic

Kalau berbicara mengenai kota Surabaya, terlintas utama tentunya adalah atau jembatan merah. Namun tentunya kurang lengkap rasanya kalau tidak merasakan kuliner yang ada di kota pahlawan ini. Terlebih sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, wisata kuliner yang ditawarkan Surabaya tidak kalah kalau dibandingkan dengan Bandung, Yogyakarta ataupun Jakarta.

 

Salah satu spot kuliner yang terkenal di Surabaya Jalan Walikota Mustajab. Secara pribadi, saya sendiri suka dengan Jalan Ondomohen ini. Bukan karena apa-apa, tapi karena jalanan di sini suasananya sangat rindang. Penting banget kan, terlebih kota Surabaya adalah sebuah kota yang sangat panas.

 

Akses menuju ke Jalan Walikota Mustajab ini pun cukup gampang, karena lokasinya memang strategis dan berada di pusat kota. Hanya beberapa meter dari Kantor Balai Kota Surabaya. Tapi kalau naik kendaraan umum... hmmm... sepertinya agak susah ya... hahahaha. Tau sendiri bagaimana kondisi kendaraan umum di Indonesia.

 

Nama Sate Kelapa Ondomohen ini sendiri sudah sangat dikenal oleh para pecinta kuliner. Mangkanya, karena namanya yang sudah terkenal tersebut, jadi penasaran ingin mencoba bagaimana sih rasanya sate yang konon disebut sebagai sate legendaris ini? Alamat dari Sate Kelopo Ondomohen ini sendiri berada di Jalan Walikota Mustajab no. 36.

 

Nama sate ini sendiri diambil dari lokasi berjualannya. Pada saat pertama kali berjualan, pemiliknya membuka di ruas Jalan Ondomohen. Namun kini Jalan Ondomohen tersebut telah berganti nama menjadi Jalan Walikota Mustajab. Meski lokasinya sama, tapi kini mereka telah mempunyai sebuah kedai permanen.

 

post-28968-0-70107700-1424691227_thumb.j post-28968-0-30643400-1424691230_thumb.j

 

Pertama masuk, suasananya saat itu terbilang cukup sepi. Saya sendiri pada saat itu datang ke lokasi tempat berjualan Sate Kelopo Ondomohen ini setelah jam makan siang. Entah kenapa, apa jangan-jangan saya salah tempat? Hmmm..., karena Sate Kelopo Ondomohen memang hanya satu dan tidak buka cabang. Dan di sepanjang Jalan Walikota Mustajab, hanya ini tertulis juga Sate Kelopo Ondomohen.

 

Sembari menunggu pesanan datang, lumayan dah bisa keliling melihat foto-foto yang dipajang di tempat makan ini. Saya nggak menyebutnya restoran, karena memang tempatnya tidak terlalu besar. Meskipun begitu, fasilitasnya cukup lumayan. Terdapat sebuah musholla dengan ukuran yang cukup di lantai dua. Sayangnya, di sini tidak ada fasilitas WiFi gratis.

 

Tak lupa, sempat pula menyaksikan bagaimana proses pemanggangan dari sate kelopo di sini. Tempat ini memanggang satenya dengan cara yang sangat tradisional. Tak jauh berbeda dengan penjual sate yang biasa dijumpai di pinggir jalan, yakni dengan menggunakan arang. Oh iya, sebagai informasi tambahan, dulunya penjual Sate Kelopo Ondomohen ini memang adalah seorang pedagang kaki lima. Dan karena mulai ramai dan dikenal orang, akhirnya mereka pun pindah ke tempat yang permanen.

 

post-28968-0-63077900-1424691225_thumb.j post-28968-0-76230900-1424691223_thumb.j 

 

Pada saat itu sendiri, seperti yang telah saya bilang, suasananya tidak begitu ramai. Hanya terdapat sebuah keluarga kecil yang tengah menikmati sajian satenya di tempat ini. Dari cara makannya sih, kelihatan sangat lahap ya. Bahkan sebelum pulang, mereka sempat nambah lagi satu bungkus. Jadi makin penasaran dengan rasanya sate kelopo di sini.

 

Well, entah salah entah benar, memang yang disajikan adalah sate kelapa. Terdapat dua pilihan sate yang ditawarkan, yakni sate ayam dan sate daging. Kurang begitu suka sih dengan sate ayam, jadi otomatis saya memilih sate daging. Harga satenya sendiri, sebesar 22 ribu rupiah dan dapat 10 tusuk sate. Dengan tambahan nasi plus teh hangat, total biayanya adalah sebesar 29 ribu rupiah. Tidak terlalu mahal, juga tidak terlalu murah.

 

Pertama mengenai penampilannya ya. Sate yang satu ini memang berbeda dengan sate biasa. Seperti namanya, sate ini dilapisi dengan kelapa berbumbu. Sate pun dipanggang dalam kondisi telah dilapisi dengan bumbu kelapa. Dan kelapanya juga tidak banyak, jadi namanya ya sate kelapa, bukan kelapa di-sate :D.

 

Untuk bumbu kacangnya sendiri sih, sepertinya tidak jauh berbeda dengan sate-sate lain pada umumnya. Dalam penyajiannya, sate juga sudah diberi dengan potongan bawang merah serta beberapa biji cabe rawit. Saya sendiri tidak terlalu suka dengan masakan pedas. Bisa minta juga kalau tidak usah cabe bagi yang enggan makan makanan pedas.

 

post-28968-0-92703900-1424691221_thumb.j post-28968-0-02403800-1424691218_thumb.j

 

Seperti biasa juga, menurut kebiasaan mereka yang suka wisata kuliner saat ini, pada saat pertama kali disajikan, bukannya malah berdoa tapi memotret makannya dulu... hehehe. Biar yang ngeliat fotonya tertarik dengan makanan ini gituh ceritanya. Dan sekaligus jadi ajang pamer :D.

 

Sudah nggak sabar dengan rasa dari sate ini, gigitan pertama pun langsung saya lancarkan. Dan hmm... memang sih rasanya beda dengan sate-sate lain. Agak sedikit gurih, mungkin karena ada parutan kelapanya kali ya pas sebelum dipanggang. Selain itu, dagingnya juga empuk. Nggak khawatir deh kalau lagi sakit gigi dan kepingin makan sate... heheheh

Share this post


Link to post
Share on other sites

hhmmmm sate ondomohen ya, sebenere yg asli itu yg sebelah mana yah

cos ada beberapa yg jual, dulu saya pernah makan yg sebelah garnisun itu mas

 

info dari temen sih ya yang di walikota mustajab. dan waktu aku lewat, sepertinya cuman ini satu2nya... :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

info dari temen sih ya yang di walikota mustajab. dan waktu aku lewat, sepertinya cuman ini satu2nya... :D

ooohhhh.....aq juga pernah baca seh, katanya dulu emang kaki lima n buka di sebalah Garnisun

trus katax pindah k seberangnya....tpi lom pernah makan yg di tempat baru itu...

klo jalan ondomohen emang dari dulu rindang...

aku pertama kali lewat taon 86 n sampe sekarang tetep sejuk disitu....

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now