Megami Shizuka Hikaru

Backpackeran Ke Prov Hatyai Thailand Via Jalan Darat Dari Malaysia

32 posts in this topic

Assalamualaikum, wr wb

Bagi pemula, yang niat ingin ngotorin paspor, jika sudah dari Malaysia, bole lanjutkan perjalanan dari Malaysia Ke Thailand melalui jalan darat.

Hat Yai adalah masuk ke dalam 4 kota terbesar di Thailand selain Bangkok dll. Banyak wisatawan mancanegara yang datang ke Hatyai walaupun hanya lewat doang karena Hatyai adalah kota transit. Jadi wisatawan yang baru berkunjung ke kota2 seperti Burma, Laos, Vietnam, Bangkok dll jika mereka mau melanjutkan perjalanannya ke Malaysia, Singapura, Indonesia, pasti mereka melewati Hatyai.

Banyak cara ditempuh menuju Hatyai dari Malaysia. Bagi yang over budget bisa pake pesawat, karena di Hatyai juga ada bandara. Tetapi jika hendak menggunakan kereta atau bis juga bisa. Klo naek kereta bisa pesan tiket 1 hari sebelumnya di stasiun KL Central. Berhubung waktu kmrn sy ke sana kehabisan tiket krn lagi imlek jadi sy naek bis. Jika hendak naek bis maka beli tiket bis di Terminal Pudu Sentral. Rata2 tiket bis dari Malaysia ke Hatyai sekitar RM 45 sd 50 (1RM = Rp. 3,500) Fluktuatif. Tidak perlu beli tiket PP karena di Hatyai juga banyak PO bis yang menyediakan dan terkadang lebih murah harganya. Waktu saya kembali dari Hatyai Ke Malaysia dapat tiket bis 599 Bath. (1 Bath Rp. 416) Itu harga mahal karena imlek. Klo hari biasa tidak akan semahal itu. Perjalanan naik bis sekitar 7 jam dari Hatyai ke Terminal Pudu Sentral. Klo naek kereta akan lebih lama lagi karena jalur kereta melewati pinggiran Hatyai. Klo naek bis bisa lebih cepat selain jalurnya lewat kota juga lewat jalan bebas hambatan. Bis nya nyaman dan bisa tidur sepanjang perjalanan malam (klo pilih malam), cuman karena AC nya kenceng jadi bole siapkan jaket, syal, kaos kaki dan sarung tangan bila perlu.

Objek wisata di Hatyai banyak juga, ada pantai Krabi, ada patung putri duyung, ada floating market asli, kenapa saya bilang asli, klo floating market di Lembang kan itu dibikin untuk objek wisata, klo floating market di Hatyai kayak di Kalimantan, emang aktifitas asli sehari2 masyarakatnya, dll.

Yang paling berkesan buat saya, orang Hatyai banyak muslimnya jadi mencari makanan halal gampang, banyak juga yang orang Aceh, Padang, Medan yang menikah dengan orang Thailand jadi mereka bisa berbahasa Indonesia. Orang Thailand ramah2 dan welcome kepada turis asing. Berbeda dengan orang Malaysia. (Maaf) Jutek2 bahkan mereka yang saya temuin memakai jilbab tapi tetap jutek. Ih.. astaghfirulloh semoga sy salah..

Orang Thailand kurang bisa berbahasa Inggris maupun Melayu jadi kami pake bahasa tarzan tetapi walo pake bahasa tarzan karena mereka ramah dan welcome komunikasi lancar karena pake isyarat dan ada upaya dari mereka ingin memberikan pelayanan yang baik.

Terkesan di Hatyai Hotel2 murah kisaran 500rb ke bawah banyak seperti lee garden : hotel yang bersatu dengan mall, ada hotel yang tenang untuk membawa keluarga di Hotel Aloha kisaran 400rb an wifinya kenceng dan hotelnya bersih, pelayanannya excellent dekat dengan PO bis, dekat dengan Robinson Super Mall, Odean Super Mall dll, kemana2 bisa pake tuk tuk (angkot klo di Indonesia), beberapa turis saya lihat naek ojek dan motor sewaan.

Makanan di Hatyai murah2 dan ga asing di lidah orang Indonesia. Seperti tom yam, air mata kucing, kinca, sipud2 banyak dan murah, buah2an banyak dan beragam, belanja kaos2 juga murah2.

Tadinya mau lanjut ke Bangkok, berhubung niatnya cuman "ngecap" paspor doang dan mengingat perjalanan darat Hatyai ke Bangkok memerlukan waktu 17 jam jadi harus naek pesawat sementara saya sudah keburu buking tiket KL - CGK esok harinya, so ke Pataya dan Bangkok belum sempat, tapi cukup senang krn pasporku sudah dicap imigrasi negara Thailand. Hehehe...

Oh ya, di Hatyai saya punya kenalan orang Thailand namanya di FB Diana Nataly Farin sy promosiin aja biar dia banyak sodara di Indonesia, ternyata dia adalah mahasiswi di jogja jurusan bahasa Indonesia, subhanalloh, dan waktu ketemu dia sama2 mau pulang ke Indonesia, abis liburan dia pulang kampung ke Prov Yala Thailand lalu mau kambek ke Jogja Indonesia. OWH BETAPA BANGGANYA. Dan menurut dia banyak tetangganya yang setingkat SMP dan SMA yang mesantren di gontor sama ky anak sy yg mesantren di gontor. Oh Betapa Bangganya. Alhamdulillah deh. Ga selalu jelek tentang Indonesia. Tapi tetap klo liat bandara, kebersihan dan kemacetan kotanya memalukan tidak membanggakan. But right or wrong its my country. Hiks :(

Tips Pergi Ke Hatyai :

Bawa bath yang sudah ditukar di Indonesia yang buanyak deh. Atau sebagai cadangan bawa uang cash rupiah yang banyak. Bawa alat solat, karena khawatir ga nemuin tempat sholat, bawa sepatu kets dan sandal biar bisa ganti2an klo pegel pake sepati bisa pake sendal, ga perlu bawa jaket/switer berlebih karena suhu di Thailand sama dengan di Indonesia. Segitu aja dulu yah.. semoga bermanfaat.

(Pengen aplod poto2nya gimana ya caranya hhmmm nasib2 jd emak2 gaptek.. )

Share this post


Link to post
Share on other sites

hai hai @Megami Shizuka Hikaru

saya jg sempet ke hatyai via jalur darat.. FR ada dsni

 

dket lee garden ada warung muslim namanya salma.. makanannya enak dan murah. yg jualan mbak2nya cantik pk jilbab kya artis indo.. jd kangen sm mbak2nya.. eh.. :D

 

smoga juni bs ke thailand lg, mw eksplore ayutthaya dan chiang mai..

Share this post


Link to post
Share on other sites

Hahahaha. Gt y maz...ok ok siaappp. Aq pengen brangkat bulan mei...tp g dpet tiket promo sama skali untuk pp nya...bt bgt de..tuw mas @deffa mei pasti tiket promo jg y? Huntingnya mulai bulan kpn it mas?

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now