Sign in to follow this  
zeekyuryu

Bus Trans Jakarta Gratis, Begini Ceritanya

11 posts in this topic

Beberapa waktu lalu, saya sempet tuh baca thread yang bertanya tentang bus gratis yang armadanya adalah Trans Jakarta. Agak jadi perdebatan apakah itu bus city tour atau bukan yang dimaksud. Memang sih program ini masih tergolong baru di kalangan penduduk Jakarta. Belum banyak yang tahu bahkan belum banyak yang mencobanya. Nah, karena saya udah, saya mau coba berbagi pengalaman naik gratis bus trans jakarta ini. Eh, malah saya sendiri belum pernah naik bus city tour yang tingkat itu lho hihi. Malu juga ya orang Jakarta tapi belum pernah keliling naik itu bus. Ya kapan-kapan deh...
 
FOTO-PEMBATASAN-MOTOR-DI-JAKARTA-_-Bus-G
Oke, kebetulan, pekerjaan yang saya geluti sekarang ini agak mobile ya, mondar-mandir sana sini tapi nggak ada kendaraan pribadi baik itu motor maupun mobil hehe. Jadi, saya memang pengguna transportasi umum banget deh. Karena hampir setiap hari keluar kantor, saya suka melihat memang ada bus trans jakarta yang tidak lewat jalur busway (lewat jalur lambat) selayaknya mobil pribadi dan bus atau angkutan umum non Bus TJ lainnya. Nah, karena penasaran, saya pun naik deh itu mobil buat keliling-keliling. Hasil chattingan sama mas2 bus tj sama pengalaman saya naik adalah sebagai berikut:
 
- Bus gratis ini dari Harmoni - Bunderan Senayan
Bus gratis TJ ini beroperasi setiap harinya sepanjang jalur Harmoni dan Bunderan Senayan. Jadi, mereka muter aja tuh sepanjang jalan Sudirman, Thamrin, Monas, sampai Harmoni begitu juga sebaliknya hingga bunderan senayan. Nah cuma, nanti pas dari halte monas, patung kuda, dia muter ke balai kota dulu baru balik lagi masuk ke jalan Thamrin. begitu seterusnya.
 
- Hanya berhenti di halte
Nah, ini juga penting diketahui karena bus TJ gratis ini sangat disiplin. Bus ini hanya berhenti di halte saja. Halte yang ada di bawah nah itu dia. Jangan coba-coba nyetop bus ini di sembarang tempat karena nggak akan berhenti di sana. Pernah satu kali saya melihat ada mas-mas nyetop sembarangan, padahal lagi macet kondisinya tapi tetap aja sama supirnya nggak dibolehin naik di sana. Pintunya tetep nggak boleh dibuka. Bahkan, ada juga malah kakek-kakek yang nyetop dan tetep ga mau. Padahal tuh kakek udah sepuh banget.. tetep ya peraturan ya peraturan hehe. Jadi, cari halte terdekat kamu dan pastikan kamu tidak memberhentikan di sembarang tempat.
 
- Waktu operasional
Waktu operasional si bus tj gratis ini saya nggak tahu pasti sampai jam berapa tapi dari pagi sampai magrib juga masih ada. Kalau interval waktunya, nggak pasti. Yang jelas, dia hanya berputar di sana dan tergantung dengan kondisi lalu lintas atau jalanan Sudirman Thamrin. Karena dia lewat jalur lambat jadi ya kalau macet ikut macet, kalau lancar ikut lancar. Kalau nggak buru-buru cocok deh naik ini. Kalau jam pulang kantor sama jam berangkat kantor intervalnya kayaknya diperpadat karena sering lihat dan setiap bus penuh semua. Lumayan kan kalau malas jalan kaki menuju lokasi sepanjang Sudirman Thamrin itu.
 
003910500_1418871424-Bus_Gratis3.jpg
Komen
Bus gratis dari pemerintah kota Jakarta ini menurut saya sangat membantu ya. Karena adanya pembangunan MRT atau perbaikan jalan di sepanjang Sudirman Thamrin, rasanya bukan cuma macet yang makin parah, halte-halte juga banyak yang diilangin yang menyebabkan pejalan kaki lebih jauh menempuh rutenya. Dengan bus gratis ini, selain bisa menghemat ongkos yang udah meroket gitu, juga bisa membantu pejalan kaki yang lagi malas jalan.
 
Selain itu, bus gratis ini menurut saya juga bagian dari kampanye atau himbauan pemkot Jakarta agar warganya membiasakan menggunakan kendaraan umum. Apalagi sejak para pengguna kendaraan roda dua nggak boleh melintasi thamrin dan merdeka, jadi bus ini bisa menjadi ssalah satu solusi yang bingung bagaimana menuju ke daerah sana. 
 
Namun memang menjadi alternatif sehingga armada tidak banyak yang diturunkan membuat waktu kedatangan tidak bisa diprediksi. Buat yang nggak buru-buru cocok karena bisa menunggu. Selain itu, bus ini melaju cukup lambat atau mungkin kebetulan saya dapat supir yang sedang melambat? Kondisi jalanan juga nggak macet-macet banget sih jadi menurut saya lambat banget. Well, overall, saya suka saya suka kebijakan ini. Mungkin ke depannya bisa juga diterapkan di lebih banyak jalur hehe atau bahkan di kota selain Jakarta ahhaha jadi kita punya transportasi bener-bener full subsidi alias gratis :P

Share this post


Link to post
Share on other sites

@zeekyuryu : aku sih jarang maen ke selatan jadi ngak bakalan naik TJ ini hehe,(wkwkw ,jarang2 bgt maen keselatan ..macetnya ngak nahan,mentok maen ke plaza semanggi doank buat berburu sunset di skydining nya) kalo bus city tour sih sering cm buat muter2 klo ngak ada ide mau hang out dimana.

Share this post


Link to post
Share on other sites

@zeekyuryu

Oh iya pantesan akhir2 ini sering lihat dan bikin tanda tanda tanya, bisway kok ada dijalur lambat. Baru ngerti nih kalau ada yg begini, haha..... nice info

Hehe iya ada busway gratis sekrang dan emang krn bunderan senayan adalah start poinnya jadi dia ngantri berangkatnya. 1-1 🙌

Share this post


Link to post
Share on other sites

@zeekyuryu : aku sih jarang maen ke selatan jadi ngak bakalan naik TJ ini hehe,(wkwkw ,jarang2 bgt maen keselatan ..macetnya ngak nahan,mentok maen ke plaza semanggi doank buat berburu sunset di skydining nya) kalo bus city tour sih sering cm buat muter2 klo ngak ada ide mau hang out dimana.

Wah emang dr jakarta mana? Aku kebalikannya..klo gda acara penting ga maen selain pusat dan selatan hihi

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this