baihaki1985

Jalan-Jalan Ke Cina: Belajar Kungfu

20 posts in this topic

Pada saat berkunjung ke negara Cina, banyak hal yang bisa dipelajari. Terlebih Cina mempunyai sejarah yang panjang sebagai salah satu negara besar di Asia. Dan satu hal yang sangat menarik, secara pribadi ya atau mungkin ada yang lain yang juga punya keinginan serupa, yakni mempelajari ilmu kungfu.

 

Kungfu Cina mempunyai sejarah perkembangan yang sangat panjang. Dan ilmu beladiri yang satu ini, meskipun sudah berusia tua namun masih tetap dipertahankan oleh masyarakat di sana. Tidak heran, karena sebagian besar masyarakat Cina memang begitu menghormati peninggalan budaya para leluhurnya.

 

Meski begitu, kungfu tentunya bukanlah digunakan alat untuk melakukan tindak kekerasan. Hal ini sangat bertentangan dengan semangat kungfu itu sendiri. Bahkan sejatinya, kungfu diciptakan sebagai sarana untuk pengendalian diri. Terlebih mereka yang mempelajari kungfu juga harus menaati beberapa pantangan yang berlaku.

 

Di Cina, seperti yang telah saya tulis, kungfu mempunyai sejarah yang sangat panjang. Tak heran kalau saat ini terdapat berbagai jenis kungfu yang bisa dijumpai. Terlebih kalau membandingkan antara kungfu dari belahan utara Cina dengan kungfu dari belahan selatan Cina. Total, terdapat lebih dari 300 gaya kungfu yang ada di negara Cina.

 

Dari banyak gaya serta aliran kungfu tersebut, tentu saja ada beberapa di antaranya yang sangat terkenal dan tidak asing di telinga. Aliran kungfu tersebut antara lain adalah:

 

Shaolin

 

Nama kungfu Shaolin tentu saja sudah sangat dikenal oleh masyarakat di berbagai belahan dunia. Terlebih banyak yang beranggapan kalau kungfu Shaolin merupakan ilmu beladiri nomor satu di dunia. Entah beneran apa tidak ya. Kan biasanya masing-masing mempunyai kelebihannya sendiri.

 

post-28968-0-08729200-1426007262_thumb.j

kredit: flickr

 

Kungfu yang satu ini pertama kali dikembangkan di yang tereltak di Henan. Ilmu beladiri kungfu Shaolin pertama kali dikembangkan sebagai bagian dari latihan fisik serta mental yang disesuaikan dengan filosofi Buddha.

 

Anggapan mengenai kungfu Shaolin sebagai ilmu beladiri nomor satu dunia tentu bukanlah pepesan kosong. Terlebih beberapa ilmu beladiri kungfu lainnya di Cina merupakan turunan dari Kungfu Shaolin. Di antaranya adalah Tinju Selatan (Nanquan), Kaki Utara (Beitui) atau bahkan Wing Chun yang terkenal sebagai salah satu ilmu kungfu yang dipelajari oleh dari gurunya yang bernama Yip Man.

 

Wudang

 

Para penggemar film kungfu mandarin tentu juga sangat familier dengan nama Wudang. Kalau masih kurang ngeh, tentunya bakal cepat ingat karena kungfu Wudang ini memperoleh porsi yang sentral dalam film Pedang Pembunuh Naga (baik seri sinetronnya atau versi movie).

 

Dan di Cina, nama Kungfu Wudang dianggap mempunyai kesaktian yang tak kalah kalau dibandingkan dengan kungfu Shaolin. Dan kalau Kuil Shaolin berasal dari Henan, maka Kungfu Wudang berbasiskan di Gunung Wudang yang ada di Provinsi Hubei. Nama master kungfu Wudang yang sangat terkenal adalah Zhang Sanfeng (1247 - 1458). Sanfeng dikenal sebagai seorang master kungfu legendaris sekaligus leluhur sekolah kungfu Wudang.

 

post-28968-0-90177400-1426007391_thumb.j

kredit: chinaexpat

 

Kalau kungfu Shaolin dikembangkan dari filosofi Buddha, maka lain halnya dengan kungfu Wudang. Ilmu beladiri ini dikembangkan dengan dasar dari filosofi Tao. Dan seperti halnya Shaolin, Wudang juga menjadi basis dari ilmu kungfu lainnya, di antaranya adalah T'ai Chi Chu'an, Xingyiquan serta Tapak Delapan Diagram (Baguazhang).

 

Emei

 

Ilmu beladiri kungfu Cina lainnya yang terkenal adalah Emei. Kungfu yang berbasis di Gunung Emei, Sichuan ini merupakan perpaduan antara Shaolin dan Wudang. Dan berbagai ilmu beladiri lainnya juga menjadi sub-cabang dari Emei, di antaranya adalah Qingcheng, Tiefo, Qingniu, Dianyi, Huanglin dan lainnya.

 

post-28968-0-77639400-1426007525_thumb.j

kredit: Cultural-China

 

Tai Chi

 

Kalau suka dengan film kungfu Jet Lee, tentu sangat paham dengan ilmu beladiri yang satu ini. Ilmu beladiri ini merupakan perpaduan antara ajaran Tao, ideologi dialektika, obat-obatan tradisional serta latihan fisik. Dan tak seperti ilmu kungfu lainya, Tai Chi cenderung mempunyai gerakan yang lambat.

 

Tapak Delapan Diagram (Baguazhang)

 

Ilmu beladiri yang satu ini diciptakan oleh seorang master kungfu bernama Dong Haichuan. Sekolah kungfu ini pun mempunyai ciri khas gerakan dengan gaya tapak yang berbeda secara berurutan dan langkah kaki yang stabil dalam lingkaran.

 

Xingyiquan

 

Xingyiquan dikenal dengan ciri khasnya yang menggunakan tinju secara langsung dan serangan yang cepat. Kungfu ini pun sangat cocok sebagai bentuk perlawanan terhadap serangan lawan.

 

Tinju Selatan (Nanquang)

 

Ilmu kungfu Nanquang ini mempunyai sejarah yang panjang di negara Cina, bahkan telah bertahan lebih dari 400 tahun. Sekolah kungfu ini mempunyai pusat di Provinsi Guangdong serta Fujian. Salah satu master kungfu Nanquang yang namanya terkenal adalah Wong Fei-hung.

 

post-28968-0-49729200-1426007648_thumb.j

Jet Lee yang bermain sebagai tokoh Wong Fei Hung (kredit: cineplex)

 

Qigong

 

Qigong bukan hanya sekolah yang mengajarkan seni beladiri kungfu. Namun tempat ini juga menyediakan latihan mental serta fisik yang digunakan sebagai sarana untuk kesehatan serta body building.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Seperti diketahui dalam tulisan di atas, terdapat beberapa sekolah kungfu Cina yang namanya sudah sangat terkenal di Cina. Dan kalau mempertimbangkan untuk belajar kungfu, bisa memilih salah satu dari delapan sekolah kungfu tersebut. Namun tentunya, kungfu yang dipelajari tidak dipakai untuk melakukan tindak kekerasan dong ya.

 

post-28968-0-14156200-1426011063_thumb.j

kredit: usasfacademy

 

Latihan kungfu sendiri merupakan salah satu bentuk dari pengobatan tradisional Cina. Dalam melakukan latihan kungfu, terdapat berbagai hal yang harus diperhatikan. Baik itu faktor latihan internal ataupun eksternal. Selain itu, pada saat berlatih kungfu, juga harus memperhatikan berbagai hal lain di antaranya adalah skill dasar, rutinitas, penggunaan senjata dan lain-lain.

 

Skill dasar

 

Untuk yang satu ini, hampir semua sekolah kungfu mengajarkan cara yang sama. Kalaupun berbeda, itu pun tidak terlalu mencolok. Biasanya skill dasar yang diajarkan pada sekolah-sekolah kungfu di Cina antara lain adalah berdiri di atas sebuah tonggak kayu serta tentunya adalah latihan untuk membuat tubuh lebih fleksibel.

 

Latihan skill dasar biasanya juga lebih banyak ditekankan pada latihan secara fisik. Terutama untuk melatih koordinasi antar bagian tubuh, baik itu mata, tangan, tubuh, kaki dan lain-lain. Sementara untuk latihan internal meliputi latihan energi, nafas serta kekuatan.

 

Rutinitas

 

Rutinitas di sini yang dimaksudkan adalah serangkaian gerakan terkait cara bertarung, cara melakukan serangan ataupun cara bertahan. Tentu saja rutinitas setiap sekolah kungfu satu dengan yang lainnya bakal berbeda, bahkan bisa saja saling bertolak belakang.

 

Rutinitas di sekolah kungfu juga biasanya dibentuk dalam berbagai tingkatan sesuai dengan kemampuan para muridnya. Tentu saja pada saat awal, rutinitas yang diajarkan tidak terlalu sulit. Dan lama kelamaan, maka tingkatannya akan bertambah sehingga murid kungfu sedikit demi sedikit bisa mengetahui dasar dalam pertarungan.

 

Latihan senjata

 

Pada masa Cina kuno, senjata yang banyak digunakan oleh mereka yang mempelajari kungfu tidak terlalu banyak. Biasanya, senjata yang mereka pakai antara lain adalah pedang, golok, tombak ataupun tongkat. Namun pada masa modern seperti ini, penggunaan senjata untuk beladiri kungfu pun mengalami perubahan. Selain itu, sebagai tambahan kadang juga terdapat model senjata lainnya seperti payung, nuncaku, sabit dan lainnya.

 

Pilihan Sekolah Kungfu

 

Sekolah Kungfu Kuil Shaolin Songshan

 

Tempat pertama yang bisa dijadikan pilihan untuk lokasi belajar kungfu tentunya adalah Kuil Shaolin yang ada di Gunung Shongshan di provinsi Henan. Setiap tahunnya, Kuil Shaolin pun menerima mereka yang ingin mempelajari kungfu Shaolin. Dan ini pun tidak terbatas hanya pada masyarakat Cina, tapi juga berlaku untuk masyarakat dari luar Cina.

 

Penerimaan murid kungfu oleh Kuil Shaolin ini merupakan sebagai salah satu cara mereka untuk menyebarkan budaya Shaolin ke seluruh dunia. Dan cara yang paling menarik tentunya adalah melalui kungfu Shaolin, terlebih nama ilmu beladiri yang satu ini sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Bahkan setiap tahunnya, Kuil Shaolin menerima murid sebanyak 1000 orang lebih.

 

post-28968-0-13126100-1426010998_thumb.j

kredit: people

 

Gunung Songshan juga terkenal memiliki pemandangan yang indah. Sebagai tambahan, Kuil Shaolin juga mempunyai beberapa lokasi bersejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sembari belajar kungfu, bisa pula menikmati pemandangan alam dan mempelajari budaya Shaolin lainnya selain kungfu.

 

Wudang Sanfeng Kungfu School

 

Tempat berikutnya yang bisa dijadikan lokasi belajar Kungfu adalah Wudang. Lokasi sekolah kungfu Wudang berada di Eight Immortal Temple yang ada di Gunung Wudang di Provinsi Hubei. Perekrutan murid kungfu oleh sekolah kungfu yang satu ini telah berlangsung sejak kurun tiga puluh tahun terakhir. Dan misinya pun tak jauh berbeda dengan Shaolin, yakni ingin menyebarkan dan lebih mempopulerkan kungfu Wudang di mata dunia.

 

post-28968-0-99441400-1426010823_thumb.jpost-28968-0-98498600-1426010826_thumb.j

kredit: (gbr ki) chinesetimeschool  (gbr ka) bookmartialarts

 

Seperti halnya di Gunung Songshan, Gunung Wudang menjadi tempat berlatih kungfu yang menarik. Tak hanya karena ilmu kungfu yang diajarkan, melainkan karena pemandangan di gunung Wudang yang sangat indah. Jadi, bisa sekalian menikmati pemandangan di sana.

 

 

Akademi Kungfu Liangshan

 

Berlokasi di bagian timur Gongming Road di Shandong, Akademi Kungfu Liangshan saat ini mempunyai nama yang cukup terkenal di Cina. Sekolah kungfu ini telah berdiri lebih dari 20 tahun dan mempunyai sekitar 10 ribu murid. Selain itu mereka juga mempunyai pelatih yang tak hanya berasal dari Cina, melainkan juga dari negara lain seperti Rusia, Perancis dan beberapa negara Asia lain.

 

Sekolah Kungfu Shaolin Quangzhou Selatan

 

Sekolah kungfu yang satu ini dalam beberapa tahun terakhir juga mempunyai popularitas yang cukup tinggi. Hal ini karena sekolah kungfu yang berada di distrik Luojiang di Provinsi Fujian ini menerima program pertukaran dengan beberapa negara antara lain adalah Jepang, Filipina, Hong Kong serta Makau. Bahkan tak jarang ada beberapa kelompok yang belajar kungfu di sini atau bahkan menyelenggarakan camp musim panas di tempat ini.

Share this post


Link to post
Share on other sites

hahah saya jg mau kalo bisa spt IP Man hahaha

 

dulu saya pernah nonton shaolin show gitu dia bisa tenaga dalam, di tusuk ampe tombak ga tembus kulitnya aja. 

 

padahal di coba ke triplek, dia tembus

Share this post


Link to post
Share on other sites

@baihaki1985

wah ternyata wong fei hung itu memang ada ya 

jadi unik juga wisata belajar kungfu :D

 

kayaknya banyakan tokoh kungfu di film itu diangkat dari cerita aseli :D, kalo di indonesia mungkin si pitung kali yak... hahaha

 

hahah saya jg mau kalo bisa spt IP Man hahaha

 

dulu saya pernah nonton shaolin show gitu dia bisa tenaga dalam, di tusuk ampe tombak ga tembus kulitnya aja. 

 

padahal di coba ke triplek, dia tembus

 

hahaha bener momod min,

Share this post


Link to post
Share on other sites

haloo semua,

mau nanya nanya lagi,

kalo ke wudang shan , dari xian apa bisa ditempuh menggunakan public transportnya?

amankah buat pergi kesana tanpa menggunakan jasa local tour?

Terimakasih.

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now