baihaki1985

Jalan-Jalan Ke Cina: Tips Seputar Uang

9 posts in this topic

Yang namanya jalan-jalan, tentu harus membawa uang dong. Benda yang satu ini memang bukan segalanya ya. Tapi pada saat traveling, uang mempunyai peran yang sangat penting bagi seorang traveler. Terlebih ketika berkunjung ke negara Cina. Membicarakan urusan terkait uang pada saat bepergian ke Cina memang harus teliti. Terlebih banyak orang di sana yang melakukan
 
Cina mempunyai berbagai mata uang yang berlaku. Di Cina Daratan, mata uang yang bisa digunakan adalah yuan atau yang biasa juga disebut dengan nama renminbi, disingkat RMB. Mata uang ini mempunyai beberapa jenis pecahan, yang paling besar adalah 100 RMB sedangkan pecahan terkecil adaalh 1RMB. 
 
post-28968-0-67061900-1426191564_thumb.j
kredit: investmentweek
 
Sementara itu, di dua wilayah lainnya di Cina, tepatnya adalah Hong Kong dan Makau, ada mata uang lain yang digunakan. Kalau di Hong Kong, mata uangnya adalah Sementara di Makau, mata uang yang digunakan adalah Pataca. Dan khusus di kota Shenzhen yang lokasinya berada tidak jauh dari Hong Kong, tiga mata uang ini bisa digunakan sekaligus. Hal ini karena Shenzhen menjadi lokasi Zona Ekonomi Khusus di Cina. 
 
Masyarakat Cina lebih suka uang tunai
 
Seperti halnya di Indonesia, penggunaan uang tunai masih mendominasi praktek jual beli atau penggunaan jasa di Cina. Penggunaan kartu kredit memang bisa dipakai pada saat berbelanja di toko-toko besar, hotel ataupun restoran. Pun halnya pada saat ingin membeli tiket pesawat. Namun untuk tiket bus, harus menggunakan uang tunai. Dan tentunya, pada saat menggunakan kartu kredit di Cina, lagi-lagi harus ekstra waspada. 
 
Penukaran uang
 
Tentu tidak disarankan untuk membawa uang rupiah pada saat berkunjung ke negara Cina. Mayoritas bank dan hotel besar di Cina menerima mata uang utama dunia. Biasanya sih, mata uang yang banyak diterima di Cina adalah Dolar Amerika, Euro serta poundsterling Inggris. 
 
 
ATM di Cina
 
Menarik uang tunai yang paling gampang pada saat adalah dari mesin ATM. Terlebih nilai tukar mata uang di ATM ini juga terbilang bagus. Namun yang perlu diperhatikan, penarikan uang melalui ATM dikenakan biaya penukaran uang asing oleh bank di Cina, terlepas ada pula biaya tambahan yang harus dibayarkan ke bank di tanah air. 
 
Jadi, untuk menghindari biaya yang tinggi, pastikan untuk tidak terlalu sering melakukan penarikan uang tunai melalui ATM. Kalau bisa, setiap penarikan dilakukan secara maksimal. Di Cina, ATM bisa mengeluarkan uang maksimal senilai 2500 RMB atau kalau dirupiahkan menjadi sekitar 5,2 juta rupiah. 
 
post-28968-0-05564000-1426191644_thumb.j
kredit: okdealclub
 
Selain itu, ATM-ATM di Cina juga menerima penggunaan kartu kredit terkemuka dunia. Di antaranya adalah Visa, MasterCard, Maestro ataupun Cirrus. Namun yang perlu diperhatikan, tak semua ATM di Cina bisa diakses 24 jam, terutama ATM yang ada di dalam bank ataupun di dalam pusat perbelanjaan. 
 
Recommended bank Cina
 
Menggunakan jasa bank-bank yang namanya sudah besar tentu menjamin keamanan lebih tinggi dibandingkan dengan bank yang namanya tak begitu populer. Selain itu, bank dengan nama besar juga bisa digunakan untuk berbagai kartu. 
 
Pada saat berada di Makau ataupun Hong Kong, bank yang recommended untuk digunakan adalah HSBC. Di kedua tempat tersebut, HSCB merupakan bank terbesar. Jadi, lebih aman kalau menggunakan jasa mereka. 
 
Sementara itu kalau berada di Cina daratan, terdapat beberapa bank yang bisa dipertimbangkan jasanya, antara lain adalah:
 
  • Citibank. Bank yang satu ini mempunyai kantor di berbagai kota di Cina Daratan. Di antaranya adalah di Beijing, Shanghai serta Guangzhou. ATM milik Citibank juga menerima berbagai jenis kartu. 
  • Bank of China. Bank yang satu ini merupakan bank terbesar yang ada di Cina. Jaringan ATM Bank of China pun tersebar di berbagai penjuru pelosok CIna. Selain itu, ATM dari Bank of China juga mempunyai opsi bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Jadi, tidak ada masalah pada saat ingin melakukan penarikan uang tunai. 
 
post-28968-0-57310900-1426191699_thumb.j
kredit: Thelink
 
Selain mempunyai ATM dan kantor yang tersebar di berbagai penjuru Cina, berikut ini adalah kantor cabang utama dari Bank of China:
 
  • Beijing: Asia Pacific Building, 8 Yabao Lu, Chaoyang district, 100020, 1 Fuxing Men Nei Dajie, 100818
  • ATM 24 jam di Beijing: Arrival hall di Capital Airport, ATM yang ada di antara Sundongan Plaza dan Wangfujing Dajie serta ATM yang ada di antara Oriental Plaza dan 1 Dongchang'an Jie. 
  • Shanghai: 39/F, Bank of China Tower, 200 Yincheng Rd, Central, Pudong, 200120
  • Hong Kong: 2A Des Voeux Road, Central, 24-28 Carnarvon Road, Tsim Sha Tsui
 
Bank-bank lain yang bisa digunakan pada saat berada di Cina antara lain adalah Industrial and Commercial Bank of China, China Construction Bank, Agriculture Bank of China dan China Merchants Bank.
 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Rmb bisa tukar di indonesia, terutama di jakarta saya lbh referensikan ke Sahabat valas yang berada di lt.3 Itc mangga 2 jakarta. Kalau di negara Tiongkok saya sarankan bawa uang kecil jangan menggunakan yang seratusan banyak yang tukang sulap, ditukarin yang palsu. Hal ini pernah saya alami sewaktu naik taxi, dengan dahli tdk ada uang kecil sdh itu ditukarin yang palsu n tdk perlu bayar. Hati2 banyak penipunya ! Terutama kota2 besar, Beijing, Sanghai,Senzhen,Guangzhou.

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 10/31/2015, 4:55:08, Hooseikayo7bb said:

Rmb bisa tukar di indonesia, terutama di jakarta saya lbh referensikan ke Sahabat valas yang berada di lt.3 Itc mangga 2 jakarta. Kalau di negara Tiongkok saya sarankan bawa uang kecil jangan menggunakan yang seratusan banyak yang tukang sulap, ditukarin yang palsu. Hal ini pernah saya alami sewaktu naik taxi, dengan dahli tdk ada uang kecil sdh itu ditukarin yang palsu n tdk perlu bayar. Hati2 banyak penipunya ! Terutama kota2 besar, Beijing, Sanghai,Senzhen,Guangzhou.

oo jadi kalo bayar sesuatu jangan gunakan uang pecahan besar gitu ya ?

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now