baihaki1985

Jalan-Jalan Ke Cina: Berbagai Jenis Transportasi Kereta Di Cina

6 posts in this topic

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa bepergian dari satu kota ke kota lain di Cina. Cara yang efisien sih sepertinya adalah dengan menggunakan kereta. Terlebih transportasi kereta di negara Cina saat ini sudah sangat maju. Bahkan mereka pun mempunyai berbagai jenis kereta penumpang yang memiliki teknologi canggih.

 

Di Cina, transportasi kereta dibedakan menjadi beberapa kelas. Dan masing-masing kelas tersebut tentu saja mempunyai keuntungannya tersendiri. Masing-masing kelas kereta itu pun bisa dibedakan dengan mudah karena menggunakan label nomor dan huruf yang berbeda.

 

Bullet Train

 

Terdapat tiga jenis yang digunakan di Cina, yakni kereta dengan label G, C serta D. Dan dari ketiga jenis kereta tersebut, kereta dengan label G adalah transportasi yang melayani perjalanan jarak jauh. Dan di Cina, kereta G bisa digunaka untuk menghubungkan kota dengan jarak yang jauh. Total terdapat lebih dari 1500 kereta super cepat dengan tiga label ini yang setiap harinya beroperasi mondar-mandir di wilayah Cina.

 

Kereta G ini bisa dijumpai di berbagai jalur kereta yang menghubungkan kota-kota besar di Cina. Di antaranya adalah, Beijing dengan Shanghai, Beijing dengan Guangzhou, S serta jalur selanjutnya adalah Guangzhou-Shengzhen-Hong Kong. Di jalur tersebut, kereta bisa berjalan dengan kecepatan maksimal mencapai 350 km per jam.

 

post-28968-0-01053100-1426197882_thumb.jpost-28968-0-43964100-1426197886_thumb.j

kredit: Wikipedia

 

Dengan menggunakan kereta ini, jarak tempuh sejauh 1.068 antara Wuhan dengan Guangzhou pun bisa ditempuh dalam waktu hanya 3 jam. Sementara itu jarak antara Shanghai dengan Nanjing sejauh 301 km bisa ditempuh hanya dalam waktu 73 menit. Jadi, menggunakan kereta ini sangat menghemat waktu perjalanan pada saat di Cina.

 

Kalau di Indonesia, kereta C ini bisa dibandingkan dengan layanan kereta antar kota yang berdekatan. Kecepatan kereta ini pun bisa dibandingkan dengan kereta G. Namun jarak tempuh kereta C ini memang tidak sejauh jarak yang dilalui oleh kereta G, karena biasanya hanya dipakai untuk menghubungkan kota yang tak berjauhan. Di antaranya adalah layanan transportasi antara Beijing dengan Tianjin yang berjarak 120 km.

 

Sementara itu kereta D biasa beroperasi baik di jarak jauh ataupun jalur kereta antar kota. Di Cina, kereta D biasanya disebut dengan nama Hexiehao yang kalau dalam bahasa inggris artinya Kereta ini pun didesain mempunyai kecepatan hingga mencapai 250 km per jam. Dan tentunya, tempat stasiun pemberhentian kereta super cepat ini juga terbatas dan hanya berhenti di kota-kota besar di Cina.

 

Stasiun-stasiun yang digunakan untuk kereta super cepat di Cina antara lain adalah:

 

  • Beijing South Railway Station
  • Guangzhou South Railway Station
  • Shanghai Hongqiao Railway Station
  • Shenzen North Railway Station

 

 

Untuk pembelian tiket kereta super cepat di Cini ini bisa dilakukan paling cepat adalah 10 hari sebelum hari keberangkatan. Pembelian tiket pun bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik melakukannya secara online, melalui agen tiket atau bahkan bisa juga langsung membelinya di stasiun. Selain itu, untuk menggunakan sarana transportasi kereta super cepat ini, para traveler juga diharuskan untuk menunjukkan kartu identitas yang berlaku, dalam hal ini adalah paspor.

 

post-28968-0-31030100-1426198089_thumb.j post-28968-0-66460900-1426198179_thumb.j

kredit: (gbr ki) openbuildings (gbr ka) Wikipedia

 

Lalu bagaimana dengan fasilitas yang ada di kereta super cepat ini? Seperti halnya layanan kereta di tempat lain, terdapat pembagian kelas untuk masing-masing kereta. Pembagian kelas tersebut antara lain adalah kelas bisnis, kelas superior, kelas satu dan terakhir adalah kelas dua. Masing-masing kelas tentunya ditawarkan dengan harga tiket yang berbeda, namun jangan khawatir karena semua kelas tersebut menggunakan tempat duduk yang empuk.

 

Kelas bisnis adalah kelas yang paling mewah di layanan kereta super cepat. Di sini, para penumpang akan memperoleh ruang khusus di mana bisa menyaksikan pemandangan tepat langsung di belakang masinis. Selain itu, pengguna layanan kelas bisnis juga mempunyai jarak yang cukup luas antara bangku. Namun tak semua kereta super cepat memiliki kelas bisnis.

 

post-28968-0-86945300-1426197980_thumb.jpost-28968-0-51855600-1426197986_thumb.j

kredit: wikipedia

 

Fasilitas lainnya yang ada di kereta super cepat ini adalah keberadaan layanan restoran serta bar di dalam kereta. Kereta ini juga dilengkapi dengan AC, ya jelas dong. Masa' kereta bagus-bagus tapi tidak ada AC-nya? hahahaha. Sebagai tambahan, kereta ini juga memiliki toilet yang didesain khusus untuk anak ataupun orang cacat.

 

Dan sebagai tambahan, para waiter yang ada di kereta ini juga dipilih yang terbaik. Dalam artian, tak ada waiter yang mempunyai penampilan kurang menarik. Baik yang pria ataupun wanita dipilih yang mempunyai penampilan cantik dan tampan. Jadi, lumayan bisa jadi pelepas dahaga dong saat perjalanan. Daripada melihat wajah yang suntuk... :D

 

Namun dengan layanan dan transportasi yang super cepat, tentunya harga tiket yang ditawarkan juga sebanding. Sebagai contoh, kereta super cepat antara Beijing dengan Shanghai untuk kelas dua dipatok dengan banderol sebesar 553 RMB atau kalau dirupiahkan menjadi sekitar 1,1 juta rupiah.

Share this post


Link to post
Share on other sites

kereta D, Benar2 nyaman. perjalana Beijing ke Shanghai sangat cepat tibanya (ngak kaya dulu 17 jam) dan tidak lelah pramugarinya benar2 mey ni,

toiletnya bersih selalu di jaga. makananya mahal dan gak enak, sepanjang perjalanan pramugari ada dagang asongan

bebek pindang  dan saya beli 1 ekor, motong pahanya minta di panaskan. juga beli nasinya, baru deh mantap makannya

Share this post


Link to post
Share on other sites
Kereta biasa
 
Seperti halnya kereta super cepat, kereta biasa di Cina juga tersedia dalam berbagai jenis. Dan masing-masing jenis kereta itu juga direpresentasikan dalam pelabelan huruf yang berbeda-beda, yakni dari L, S, K,T dan Z. Sebagai tambahan, terdapat juga kereta Accomodation serta kereta Commuter. 
 
post-28968-0-02074500-1426199954_thumb.j
kredit: Wikipedia
 
Z - kereta direct express
 
Kereta yang satu ini biasanya dipakai untuk layanan transportasi jarak jauh. Tentu saja kereta yang satu ini dilengkapi dengan soft-sleepers serta tempat duduk yang empuk. Hal ini paling tidak diberikan untuk memberikan kenyamanan bagi para penumpangnya. Namun jangan harapkan kalau kereta ini memiliki kecepatan yang setara dengan kereta super cepat. Kereta ini maksimal memiliki kecepatan sebesar 160 km per jam. Kalau di Indonesia, mungkin kereta Z ini setara dengan kali ya, yang hanya berhenti di beberapa stasiun tertentu. 
 
T - kereta ekspress
 
Seperti halnya kereta Z, kereta T ini juga mempunyai lokasi pemberhentian yang terbatas. Biasanya hanya dilakukan di kota-kota besar. Namun perbedaannya, kereta ini mempunyai opsi yang lebih banyak, baik itu soft sleeper, soft-seat, hard-sleeper ataupun hard seat. Kecepatan kereta ini juga lebih lambat kalau dibandingkan kereta Z, maksimal mencapai 140 km per jam. 
 
K - kereta cepat
 
Seperti namanya, kereta ini tentu tak secepat seperti dua kereta biasa lainnya. Kecepatan maksimal yang bisa dicapai oleh kereta K ini adalah sebesar 120 km per jam. Lokasi pemberhentian kereta K ini juga lebih banyak kalau dibandingkan dengan kereta T. Selain itu, kereta ini dilengkapi dengan AC serta empat jenis tempat tidur. 
 
Accomodation 
 
Terdapat dua jenis kereta Accomodation yang ada di Cina, yakni kereta Accomodation cepat dan biasa. Kereta Accomodation cepat biasanya bisa dikenali dengan penomoran empat digit yang nomor awalnya biasanya adalah 1,2,4 serta 5. Kereta ini mempunyai kecepatan 120 km per jam dan telah dilengkapi AC. 
 
post-28968-0-36856200-1426199882_thumb.j
kredit: dearpassengers
 
Sementara itu kereta Accommodation biasa mempunyai kecepatan yang lebih rendah, yakni 100 km per jam. Kereta ini juga menggunakan penomoran empat digit yang nomor awalnya biasa menggunakan nomor 6,7,8 dan 9. Selain itu, kebanyakan kereta Accommodation biasa ini memiliki warna hijau dan tidak dilengkapi dengan AC. 
 
L - kereta temporer
 
Kereta seri ini tidak beroperasi setiap waktu. Kereta ini hanya bisa dijumpai pada saat musim liburan seperti pada saat hari libur nasional, tahun baru Cina dan sebagainya. Dan karena kereta ini adalah kereta temporer, tentu saja tidak ada jadwal pastinya dan bahkan kerap mengalami delay. 
 
Y - kereta turis
 
Kereta ini sejatinya ditujukan untuk keperluan pariwisata karena destinasi yang menjadi tujuannya biasanya adalah tempat pariwisata populer. Kecepatan kereta Y ini pun lambat, setara dengan kereta Accomodation biasa. 
 
S - kereta suburban
 
Kereta ini dipakai untuk menghubungkan antara wilayah kota dengan daerah pinggiran. Dan kereta ini tak dilengkapi dengan tempat duduk empuk ataupun sleeper. Alasannya, karena kereta ini hanya melayani rute jarak dekat dan beroperasi pada siang hari. 
 
Fasilitas
 
post-28968-0-21518700-1426200059_thumb.jpost-28968-0-60399400-1426200073_thumb.j
kredit: (gbr ki) beijingchina (gbr ka) welcometochina
 
Fasilitas yang ada di kereta biasa pun cukup lumayan ya. Misalnya, kalau untuk makanan, terdapat sebuah gerbong yang digunakan untuk restoran. Biasanya, kereta makanan itu ditempatkan pada gerbong nomor 9 atau 14. Makanan yang disajikan kebanyakan adalah berbagai jenis makanan Cina, nasi, bubur, mie serta sup. 
 
Kereta-kereta biasa di Cina juga dilengkapi dengan fasilitas air minum, bahkan dilengkapi pula dengan water heater di setiap gerbongnya. Selain itu, di setiap hard sleeper, soft sleeper ataupun kompartemen mewah di kereta juga tersedia termos untuk menyimpan air panas. Dan seperti di tanah air, air keran di Cina tak bisa diminum langsung. 
 
Para pengguna layanan kereta biasa di Cina juga bisa memanfaatkan waktunya untuk melakukan pengisian baterai perangkat elektronik. Namun tak semua kereta memiliki fasilitas ini. Hanya kereta yang sudah dilengkapi dengan layanan AC dalam hal ini adalah kereta T, K serta Z yang bisa menggunakannya. Di masing-masing kompartemen pun akan terdapat soket listrik yang bisa dipakai, baik itu untuk mengisi baterai smartphone, tablet ataupun notebook. Sayangnya, kereta di Cina ini tak dilengkapi dengan Sinyal telepon pun kadang kurang begitu baik, terutama pada saat melintasi wilayah pegunungan. 
 
Sementara itu untuk fasilitas hiburan, terdapat TV di kebanyakan kompartemen sleeper. Namun TV yang ada tersebut hanya menampilkan tayangan dari stasiun TV Cina. Dan belum tentu juga tayangan itu mempunyai subs bahasa inggris. Jadi.... :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

kereta D, Benar2 nyaman. perjalana Beijing ke Shanghai sangat cepat tibanya (ngak kaya dulu 17 jam) dan tidak lelah pramugarinya benar2 mey ni,

toiletnya bersih selalu di jaga. makananya mahal dan gak enak, sepanjang perjalanan pramugari ada dagang asongan

bebek pindang  dan saya beli 1 ekor, motong pahanya minta di panaskan. juga beli nasinya, baru deh mantap makannya

ew, pagi bener ko bangunnya... :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now