• 0
Sign in to follow this  
desmaster

Sengketa Tanah Sekolah, Bagaimana Pandangan Teman-Teman?

Question

Teman-teman jalan2ers sekalian, malam tadi saya nonton berita di TV, ada berita tentang 1 sekolah di daerah Poso yang disegel warga karena tanahnya merupakan tanah sengketa. Tepatnya terjadi di SDN 3 Kelurahan Kasiguncu, Kecamatan Poso Pesisir, padahal sekolahnya sudah berdiri sejak 1978.

Kasus seperti ini bukan cuma sekali terjadi lho.. uda banyak banget berita tentang sengketa tanah sekolah di Indonesia. Bahkan, setau saya di universitas seperti Trisakti dan Binus juga pernah terjadi sengketa tanah. Padahal kalau menurut saya, ini lembaga pendidikan lho.. lembaga yang tujuannya mengembangkan anak bangsa, kalau ada sengketa tanah, kenapa engga waktu awal dibangun aja ributnya, knp hrs tunggu sampai sekian lama.. apakah sengketa ini memang benar? atau jangan2 ada maksud tertentu? Ini pendapat saya saja.

Bagaimana pandangan teman-teman terhadap hal ini?

Share this post


Link to post
Share on other sites

3 answers to this question

  • 0

Kalo ngga salah sih semua sengketa tanah yang sekarang2 ini berawal dari kebijakan soekarno tahun 60-an (landreform CMIIW) yang intinya: semua penduduk indo hanya boleh memiliki 2 petak tanah aja...

Diatas 2, langsung dimiliki oleh pemerintah...

Kalo nanya bener ngganya, ya ngga bisa ngomong...

Terutama untuk tanah2 yang sekarang dimiliki oleh pribadi maupun badan yang berduit...

Apapun bisa terjadi kalo punya duit mah...

Yang hitam bisa jadi putih, yang puith bisa jadi hitam...

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

aduh ini ya soal tanah untuk sekolah emang gak bisa ya pemerintah untuk membantu masalah nya...kayaknya selalu pemerintah diem aja

ya kadang-kadang begitu.. kayanya untuk kasus seperti ini kalau mengharap pemerintah emang biasanya agak repot sich urusannya.

Kalo ngga salah sih semua sengketa tanah yang sekarang2 ini berawal dari kebijakan soekarno tahun 60-an (landreform CMIIW) yang intinya: semua penduduk indo hanya boleh memiliki 2 petak tanah aja...

Diatas 2, langsung dimiliki oleh pemerintah...

Kalo nanya bener ngganya, ya ngga bisa ngomong...

Terutama untuk tanah2 yang sekarang dimiliki oleh pribadi maupun badan yang berduit...

Apapun bisa terjadi kalo punya duit mah...

Yang hitam bisa jadi putih, yang puith bisa jadi hitam...

oh saya baru tau ada aturan yang seperti itu.

Nah iya saya juga setuju, jaman sekarang biasanya yang menang itu yg punya duit. Tapi saya sich merasa walaupun sebagian petugas seperti itu, tapi ada juga orang-orang yang benar-benar idealis.. yang seperti ini yg semoga makin hari makin banyak.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this