baihaki1985

Jalan-Jalan Ke Cina: Tips Transportasi Menggunakan Kereta

10 posts in this topic

Salah satu cara yang umum digunakan untuk bepergian ke berbagai tempat di Cina adalah dengan menggunakan kereta. Terlebih di Cina, jaringan yang ada pun sudah cukup lengkap dan bisa menghubungkan berbagai kota, terutama kota-kota besar. Jenis kereta yang tersedia pun berbagai macam, dari kereta super cepat ataupun kereta biasa.

 

post-28968-0-94578200-1426335320_thumb.j

kredit: .china-mike

 

Namun meski telah mengetahui mengenai kondisi transportasi kereta di Cina, tetap ada beberapa hal yang perlu diketahui. Tips-tips berikut menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan pada saat bepergian menggunakan kereta di Cina:

 

Pastikan untuk tetap memegang tiket bahkan setelah petugas melakukan pemeriksaan. Hal ini karena tiket tersebut bakal dibutuhkan pada saat akan keluar di lokasi pemberhentian.

 

Pastikan untuk selalu mengamankan barang bawaan di dalam kereta. Memang sih, ada petugas yang bekerja untuk mengamankan para penumpang serta barang bawaannya. Namun tak ada salahnya untuk melakukan langkah pencegahan.

 

Bawa snack yang banyak. Di dalam kereta memang terdapat para petugas yang menjanjakan makanan, nggak jauh berbeda dengan kereta yang ada di Indonesia. Dan pun halnya dengan kualitas makanan yang ditawarkan. Harganya mahal tapi kualitasnya tidak setara dengan harga yang ditawarkan. Jadi, mending bawa snack yang banyak dari luar kan?

 

Tak hanya snack, pada saat bepergian dengan kereta jarak jauh, masyakat Cina kerap membawa 'senjata' tambahan berupa mie instan ataupun kopi dan teh instan. Sebagai informasi, biasanya di kereta jarak jauh terdapat dispenser air panas yang biasanya ditempatkan di gerbong sleeper.

 

Empat jenis kelas tiket kereta di Cina

 

Selain tips-tips tersebut di atas, terdapat juga pembagian tiket berdasarkan harganya. Empat tiket tersebut adalah hard seat, soft seat, hard sleeper dan yang terakhir adalah soft sleeper. Nah, berikut ini adalah perbedaan dari masing-masing jenis tiket tersebut.

 

Hard Seat

 

Hard Seat atau kalau dalam bahasa mandarin (硬座 = “ing zwohâ€). Tiket yang satu ini adalah tiket paling murah di transportasi kereta Cina. Dan kondisinya pun tidak jauh berbeda dengan tiket terlebih pada saat masa mudik lebaran.

 

post-28968-0-06089800-1426334966_thumb.j

kredit: mask9

 

Memilih tiket kereta hard seat pun nampaknya tidak disarankan, terlebih ketika melakukan perjalanan jarak jauh. Namun lain halnya kalau ada yang ingin merasakan pengalaman seperti masyarakat lokal, atau mungkin sedang kere-kerenya dan atau pula melakukan perjalanan dalam jarak yang sangat dekat.

 

Tiket kereta hard seat pun sangat tidak nyaman. Hal ini karena para penumpang akan nampak berebutan tempat duduk, karena tempat duduknya tidak di beri nomor. Selain itu, kalau kereta jarak jauh di gerbong hard seat biasanya juga akan sangat kotor dengan berbagai jenis sampah. Terlebih toiletnya juga bakal sangat jorok.

 

Soft seat

 

SOFT SEAT (软座 = “rwon zuoâ€) ini sedikit memberikan kenyamanan kalau dibandingkan dengan hard seat. Namun biasanya tiket soft seat tersedia dalam jumlah yang sangat terbatas, itu pun kebanyakan hanya ada untuk kereta jarak dekat antara kota-kota besar di Cina.

 

post-28968-0-45322100-1426335416_thumb.j

kredit: 1stoptrain

 

Berbeda dengan tiket hard seat, tiket soft seat ini lebih tertata karena mempunyai nomor tempat duduk. Jadi tidak perlu berebut tempat duduk seperti halnya di kereta ekonomi. Selian itu, toilet di gerbong soft seat juga biasanya mempunyai kondisi yang lebih bersih dibandingkan gerbong hard seat.

 

Hard Sleeper

 

HARD SLEEPER (ç¡¬å§ = “ing wohâ€) bisa dibilang merupakan pilihan terbaik bagi mereka yang ingin melakukan perjalanan jarak jauh dengan kereta di Cina. Dari segi harga, biasanya tiket hard sleeper mempunyai banderol 2/3 dari tiket soft sleeper.

 

post-28968-0-08526800-1426334897_thumb.j post-28968-0-37533500-1426335114_thumb.j

kredit: (gbr 1) Baidu (gbr 2) ecm88

 

Setiap kompartemen terbagi menjadi enam tempat tidur bertingkat, yakni bagian bawah, tengah serta tempat tidur atas. Dan biasanya, harga tiket juga akan disesuaikan dengan lokasi tempat tidur. Tempat tidur di bagian bawah biasanya dipatok dengan harga yang paling mahal.

 

Soft Sleeper

 

SOFT SLEEPER (è½¯å§ = “rwon wohâ€) merupakan kompartemen yang ekslusif. Satu kompartemen kadang mempunyai dua atau empat tempat tidur. Dan Soft Sleeper ini menjadi pilihan yang sangat pas kalau bepergian secara berkelompok di Cina. Hal ini karena Soft Sleeper menyediakan ruangan tersendiri yang dengan kunci. Jadi, bisa cukup aman untuk barang bawaan.

 

post-28968-0-90244700-1426335252_thumb.j

kredit: .ttvs

 

Selain itu, untuk masalah hiburan, terkadang juga dilengkapi dengan TV serta stop kontak untuk charge baterai laptop ataupun smartphone. Terutama untuk kereta model baru. Selain itu, toilet di soft sleeper juga bersih jika dibandingkan dengan jenis tiket lainnya.

 

Untuk pembelian tiket kereta di Cina, lebih baik dibeli beberapa hari sebelum keberangkatan. Kebanyakan tiket bisa diperoleh tiga hingga tujuh hari sebelum keberangkatan. Bahkan untuk kereta D dan Z, tiket bisa dibeli hingga 10 atau 20 hari sebelum keberangkatan.

Share this post


Link to post
Share on other sites

@baihaki1985

banyak di keluhkan jarang ada nya tulisan English di semua kereta, stasiun bahkan tiket jadi ya agak menyulitkan seh

 

nah, itu mungkin kekurangannya yang pake banget

 

wah mantap nih ada TVnya juga didalam kamar  :D

 

hooh, tapi hanya yang model baru ajah

Share this post


Link to post
Share on other sites

Pengalaman naik kereta kalau pergi jarak jauh cukup pake yang ç¡¬å§ hard sleeper sudah cukup nyaman, saran jangan pilih tempat yang paling atas, walaupun harganya paling murah tapi sangat gak nyaman.kalau yang è½¯å§ soft kadang harganya gak beda jauh sama pesawat terbang. Toilet di soft sama hard sleeper memang cukup bersih ada air panas gratis juga jadi bisa bikin mie instan dikereta. Pernah naik juga hard seat, buat jarak deket, karena gak terlalu rame jadi masi bisa ditolerir, dan gak begitu jorok, mungkin kalau rame baru jorok. Gak berani buat nyoba ke toilet di hard seat.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Mas @deffa bulan sembilan 2014 perjalanan dari guangzhou ke xiamen naik soft sleeper, keretanya bersih. Isinya seperti kamar yang isi 4 tempat tidur, ada pintu jadi bisa dikunci biar tidak terganggu orang lalu lalang. Waktu itu jarak tempuhnya sekitar 8jam dengan biaya sktr 300 rmb. Trus dari xiamen lanjut ke fuzhou naik kereta cepat 动车. Kereta ini bersih banget dan tempat duduknya nyaman banget. Saya waktu itu gak dapet tempat duduk jadi terpaksa berdiri. Lalu di bulan 12nya saya nyoba naik yang hard sleeper dari fuzhou ke hangzhou, dan kebetulan saya dapat tempat tidur paling atas (ada tiga susun tempat tidur). Gak enak banget karena bahkan untuk duduk sambil badan tegak, gak bisa karena jarak tempat tidur dan langit2 kereta cukup dekat. Sebenarnya kalau jarak jauh cukup pakai hard sleeper karena kita bisa hemat biaya dan di kereta yang penting bisa rebahan saja. Lalu dari hangzhou ke shanghai saya lanjut dengan kereta bisa hard seat. Karena sepi jadi lumayan oklah.juga karena jaraknya dekat. Untuk di hardseat saya belum pernah mencoba toiletnya, tapi untuk yg lain toiletnya masi oklah (kenapa saya berbagi masalah toilet karena china terkenal dengan toilet umum yang super jorok). Trus dari fuzhou saya pulang naik kereta cepat.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now