baihaki1985

Jalan-Jalan Ke Cina: Wisata Sejarah Tiga Kerajaan Di Jinli Street

7 posts in this topic

Berbeda dengan kondisi di Indonesia, Cina merupakan negara yang terbilang menghargai sejarah masa lalunya. Bahkan sejarah Cina yang paling terkenal bahkan tak hanya di mata masyarakat Cina, namun juga di mata masyarakat dunia adalah Legenda Tiga Kerajaan. Bahkan cerita mengenai sejarah Tiga Kerajaan tersebut hadir dalam berbagai bentuk, baik dalam game, novel ataupun manga. 
 
Banyak lokasi yang bisa dijadikan sarana untuk wisata sejarah Tiga Kerajaan di negara Cina (220 - 280 Masehi). Salah satunya adalah di Kota yang berada di Provinsi Sichuan. Di sini, terdapat sebuah area bernama Jinli Street yang dikenal sebagai area wisata sejarah Tiga Kerajaan paling terkenal di negara Cina. 
 
Jingli.jpeg
Suasana di Jinli Street
 
Jinli Street merupakan area komersial yang paling sibuk pada masa pemerintahan Kerajaan Shu (221 - 263 M). Tempat ini pun bahkan dikenal sebagai 'First Street of the Shu Kingdom'. Selain itu, Jinli Street juga dikenal sebagai salah satu jalan tertua yang ada di negara Cina. 
 
Pemerintah Cina sendiri sudah beberapa tahun lalu berusaha untuk mengembalikan kejayaan dari area tersebut. Usaha restorasi itu pun mulai dilakukan oleh Pemerintah Cina pada tahun 2004. Dan di tahun 2015, Jinli Street pun dikenal sebagai 'National Top Ten City Commercial Pedestrian Street'. Dan pada tahun 2006, Kementerian Kebudayaan Cina memberi gelar Jinli Street sebagai 'National Demonstration Base Of The Cultural Industry'.
 
jin-li-376024_640.jpg
Keramaian wisatawan di Jinli Street
 
Tempat ini pun menjadi kunjungan wisata yang populer, baik di mata para traveler lokal ataupun para traveler dari berbagai belahan dunia. Bahkan diperkirakan kalau jumlah pengunjung tempat ini mencapai angka 18 juta orang. Momen yang paling ramai di lokasi wisata ini adalah pada saat Festival Musim Semi. 
 
Jinli Street ini mempunyai panjang sejauh 350 meter. Namun tentu saja tempat ini sudah tidak mempunyai suasana seperti aslinya. Hal ini karena suasana di Jinli Street saat ini sudah mengalami restorasi. Meski begitu, Pemerintah Cina tetap berusaha untuk memberikan tema Tiga Kerajaan pada area Jinli Street ini. 
 
Berbagai jenis bangunan pun bisa dijumpai di sepanjang jalanan ini. Baik tea house, toko berbagai jenis pernak-pernik, hotel dan lain-lain. Berbagai jenis barang, jajanan dan oleh-oleh pun bisa didapatkan di lokasi ini. Harga makanan dan snack di lokasi ini pun tidak terlalu mahal, berkisar antara 1 hingga 10 RMB. Terlebih ketika malam hari, suasana di sini bakal terasa ramai. Karena terdapat pula beberapa bar yang dijadikan sebagai
 
Kuil Wu Hou
 
Berada tidak jauh dari Jinli Street, terdapat salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Dan tentu saja, tempat tersebut juga tidak jauh terkait dengan sejarah Tiga Kerajaan. Tempat yang dimaksud adalah Wu Hou Shrine. 
 
Kuil Wu Hou ini merupakan sebuah lokasi yang didedikasikan untuk sosok Zhuge Liang. Kalau yang kurang ngeh dengan nama yang satu ini, Zhuge Liang dalam cerita Tiga Kerajaan juga dikenal dengan nama lain Kong Ming. Keahlian utama seorang Kong Ming kemampuannya dalam strategi perang. 
 
Kuil Wu Hou ini berada di berada di sebelah timur dari Jinli Street. Dan karena lokasinya tak begitu jauh, tentunya sayang kalau melewatkan kunjungan ke tempat ini. Terlebih kuil ini secara khusus didirikan untuk dedikasi kepada sosok Zhuge Liang. Meski sayangnya, tidak ada catatan sejarah yang memperlihatkan kapan sejatinya kuil ini didirikan. 
 
519671532_a4a65b6d9a.jpgH
Kuil Wu Hou
 
Bangunan mempunyai luas total 37 ribu meter persegi. Sejak awal pendiriannya, kuil Wu Hou ini berdampingan dengan kuil Liu Bei, sosok lain yang mempunyai peran penting dalam sejarang Tiga Kerajaan dan merupakan kaisar Kerajaan Shu. Dan di masa Dinasti Ming, kedua kuil tersebut dijadikan dalam satu kompleks. 
 
Bagian utama kompleks bangunan ini terdiri dari lima seksi, di antaranya adalah Gerbang Utama, Gerbang Kedua, Hall Liu Bei, koridor serta Hall Zhuge Liang. Di dalam bangunan kuil ini pun terdapat patung tanah liat yang menggambarkan sosok Kaisar Shu berdiri dengan para menteri-menterinya. 
 
516px-%E6%88%90%E9%83%BD%E6%AD%A6%E4%BE%
Patung Zhuge Liang di Kuil Wu Hou
 
Peninggalan sejarah yang paling berharga di kuil ini adalah sebuah prasasti yang dibangun pada tahun 809. Prasasti tersebut mempunyai tinggi 367 cm dengan lebar 95 cm yang diberi nama Triple-Success Stele. Prasasti ini pun menceritakan tentang moralitas serta prestasi yang dimiliki oleh sosok Zhuge Liang. 
 
triple-success-stele.jpg?w=700
Prasasti Tiple Success di kuil Wu Hou
 
Untuk menuju ke tempat ini, dikenakan biaya masuk sebesar 60 RMB. Waktu yang dibutuhkan untuk menjelajahi kuil ini pun tentunya tidak terlalu lama. Hanya butuh waktu sebesar satu jam sudah cukup. Jam bukanya sendiri, dimulai dari pukul 8:00 hingga pukul 18:00. 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now