Sign in to follow this  
ikankering

Taman Nasional dan Danau Skadar, Montenegro

6 posts in this topic

Rekan-rekan sekalian, ada yang sudah pernah jalan-jalan ke 1 negara yang namanya Montenegro? Lokasi negara ini ada di wilayah Eropa, tepatnya bagian Balkan, daerah yang dulunya bagian Yugoslavia. Di sini ada satu danau yang namanya Danau Skadar, yang merupakan danau terbesar di daerah Balkan.

Yang pasti kalau ditanya lokasinya, bagus banget nich. Di daerah ini juga terdapat satu taman nasional, dimana rekan-rekan sekalian bisa menemukan berbagai macam burung yang mungkin jarang ditemui di tempat lain, selain tentunya masih banyak binatang lainnya. Ada yang ingin pergi?

4565968529.jpg

Jun13-Whiskered-tern-Lake-Skadar-National-Park-Montenegro-c-Wild-Wonders-of-Europe-Milan-Radisics-WWF.jpg

9449689-goats-at-skadar-lake-national-park.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

wow gambar pertama bagus banget. kayak bukan foto beneran. indah sekali. saya sering denger negara serbia-montenegro. itu sama ya?

wkkw iy emang bagus banget kayanya tempat itu. Montenegro itu tetangganya Serbia, Bosnia, Albania, dan negara-negara lainnya. Jadi bukan negara yang sama, cm emang deket semua sich, mungkin semua pecahan Yugoslavia semua kali ya?

waw keren kali poto2 nya neh :D

yoii tul emang keren wkwk

Share this post


Link to post
Share on other sites

Haloo ikutan nimbrung yah..

Pengen cerita dikit nih tentang Montenegro, salah satu negara Balkan dengan keindahan alam yang luar biasa (kayak iklan travel agent)

 

How to get there:

Terakhir gw book tiket, flight ke Monte ada 2 rute: Qatar Airways (Jkt-Abudhabi-Vienna-Podgorica) atau Turkish Airways (Jkt-Changi-Istanbul-Podgorica). Gw pilih Turkish karena ada jeda sekitar 6 jam transit di Istanbul yang bisa dimanfaatkan untuk liat2 Istanbul hehe.

 

Sekilas tentang Monte:

Ibukota Monte adalah Podgorica (baca: Podgoritsa). Airportnya kecil, karena emang Podgorica juga kecil, tapi alamnya luar biasa indah. Dari atas pesawat aja udah keliatan danau 3 warna yang ada di deket situ. Waktu gw kesana lagi Summer, jadi udara Podgorica panas macam di jakarta aja.  Oh, ya, Monte baru merdeka tahun 2006 dan Podgorica sendiri adalah kota yang survive 74X bombing. Sedikit banyak arsitektur kota bisa menggambarkan hal itu.

 

Where to stay:

Well, gw cuman bisa share 1 tempat aja untuk referensi: Bianca resort. Hotelnya nyaman, fasilitasnya ada kolam renang hangat, meeting hall, dan fitness center, makanannya (apalagi selections of cheese) enak banget, semua staffnya bisa bahasa inggris. cuman wifinya gak sampe kamar hehe.

 

What to see:

Kalo menurut temen gw yang cowok, what to see di Monte pasti cewek2nya hehe karena mereka semua dianugerahi wajah yang cantik-cantik banget. Well, aside from that, Monte is a-must-visit buat semua pencinta wild nature. Safari trip disana asik banget dan bisa diarrange dengan penduduk lokal, sehingga pas sampe di atas bukit bisa langsung disuguhi arakia (local beer) yang kata temen2 gw nendang abis (I can't tell coz I didn't drink), sup hangat yang cocok banget karena di atas bukit dinginnnn banget, bread, dan keju leleh yang enak banget. Danau-danau dan hutan disana semuanya dalam kondisi really close to real nature dan asik banget buat dijelajahi buat sekedar jalan ngiterin danau atau selfie sebanyak2nya.

 

Kalo pengen get cultured dan liat historical sites, bisa mampir di Berane, kota tua di Montenegro yang merupakan hometown Menlu pertama mereka back to somewhere at 1600 or sth (maap saya lupa). Di kota ini kerasa banget aura tua dan romantisnya Monte. Ada bioskop tua, museum, dan kafe-kafe yang menawarkan minuman segala rupa dgn harga rata: 1 euro saja! Jadi mulai dari coca cola sampe baisley semuanya 1 euro hehe.

 

Terus untuk pilihan hedon-hedon ceria, bisa ke maen di pantai karena ada summer festival. Pas gw kesana kebetulan ada Jamiroquai maen disana, jadi cucoklah ya. Atau mampir ke pub yang bakal bikin mikir: ini lagu apaa karena mereka banyak puter lagu dance lokal.

Tapi kalo pengen hedon bersahaja bisa nyeruput kopi sambil people watching di kafe-kafe. Soal harga, Monte termasuk negara yang paling murah se-Eropa.

 

Cuaca:

Monte ini cuacanya menurut gw agak ajaib. Di podgorica pas summer panasnya ajibbb, sementara di Kolasin selama summer temperaturnya sante aja di 12C brrr..

 

Shopping:

Semua toko, terutama di Kolasin, tutup jam 5 sore. Tapi kalo pengen jajan malem-malem bisa mampir di mini market namanya Voli (apparently ini secama franchise Indomaret gitu) yang jual segala rupa coklat dan wine yang mure jadi monggo diborong hehe. FYI, menurut temen gw, lokal wine disini oke banget rasanya dan harganya yg botol kecil produksi tahun 2010 cuma 1,5 euro saja kakaa.. gw sempet beli beberapa botol secaranya harga magnet kulkas buat oleh2 lebih mahal 4 kali lipat alias 6 euro hehe.

 

Transportasi:

Sepanjang gw bolak-balik, gw belom pernah liat angkot selain taxi. Btw taxi disini bagus-bagus tenan. Aku ndeso parah pas dijemput dengan mercedes benz mulus yang ternyata taksi bokk hehee. Tapi maap gw gak bisa kasih info tarif taksinya berapa, secara itu semua udah diatur dgn pihak yang disana. 

 

Sebagai penutup gw sebenernya mau share beberapa foto, tapi kok gak bisa upload iki piye aku ora mudheng hehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By Viviiy

      Pernah ke Embung Nglanggeran Jogja? tempatnya bagus, sangat cocok untuk selfie karena terletak di Puncak Gunung Kidul Jogja, jadi view point lah! semuanya terlihat jelas. Melihat keindahan sunset dan sunrise di Embung Nglanggeran dan yang pasti, tidak membutuhkan budget banyak saat hendak kesini.
      Saat saya googling, disitu saya sedikit bingung karena dari referensi yang saya dapat, banyak situs yang menyebut Embung Nglanggeran sebagai Danau yang terletak diatas gunung Api purba yogyakarta, ada juga yang menyebutnya sebagai Waduk. Nah! setelah saya lihat, sepertinya tempat ini memang Waduk, karena ukurannya gak seluas Danau pada umumnya. Meskipun berbeda-beda nama, mau itu Waduk, Danau, Telaga maupun Bendungan, so... Keindahan ditempat ini sangat menakjubkan guys.
      Pada postingan kali ini, saya nggak akan menulis banyak, hanya mengambil gambarnya saja, selengkapnya bisa Anda baca disini "Embung Nglanggeran"
      Embung Nglanggeran – Keindahan Waduk di Puncak Gunung Kidul Jogja

      Embung Nglanggeran salah satu Waduk yang berada di atas bukit dengan pemandangan cantik, seolah menggoda siapapun untuk berkunjung menikmati suasana alam yang ditawarkan. Tempat ini salah satu wisata alam yang menyuguhkan waduk buatan di atas perbukitan dengan pemandangan alam yang menenangkan.
      Embung buatan ini berlokasi tak jauh dari Gunung Api Purba Nglanggeran yang terkenal dengan ekowisata geoparknya. Pembangunan waduk buatan ini memang bertujuan untuk menampung air, baik yang berasal dari air hujan maupun sumber mata air dari Gunung Nglanggeran. Tampungan air di dalam embung tersebut akan digunakan untuk mengairi lahan di sekitar waduk yang rencananya akan digunakan sebagai kebun buah. Hingga sekarang pun pembangunan kebun buah Nglanggeran ini masih terus digarap.
      Semoga saja beberapa tahun ke depan, pemandangan perbukitan yang sedikit gersang akan segera menghijau dengan adanya pepohonan yang tumbuh rimbun, ditambah dengan atraksi wisata petik buah yang akan semakin menarik minat wisatawan berkunjung kemari.Embung Nglanggeran memang memiliki luas yang tidak seberapa, pun demikian pengunjung juga tidak diperkenankan bermain-main air di sekitar waduk.
      Bagaimana mau main air, kalau di bagian pinggir waduk saja diberi pagar pembatas demi keamanan pengunjung. Namun, jangan khawatir, karena suguhan utama dari Embung Nglanggeran ini adalah pemandangan alamnya yang memanjakan mata. Anda bisa melihat hamparan perbukitan di sisi selatan, pemandangan Gunung Api Purba Nglanggeran di sebelah utara, serta pemandangan hamparan persawahan dengan kontur terasiring dari atas perbukitan.
      Disekitar waduk juga dibangun beberapa gazebo untuk tempat beristirahat sambil menikmati pemandangan alam yang terhampar.Perjalanan menuju Embung Nglanggeran sendiri tak kalah menarik. Aspal halus akan kita lalui sampai area Gunung Api Purba Nglanggeran. Selebihnya, medan jalan yang aduhai akan menantang nyali kita untuk mengendarai kendaraan menuju lokasi Embung Nglanggeran ini. Saya masuk melewati pintu gerbang Kebun Buah Nglanggeran yang lokasinya tidak jauh dari posko Gunung Api Purba. Setelah membayar retribusi, jalanan berbatu yang cukup sempit dengan medan menanjak pun seolah menyambut kedatangan kami.
      Di beberapa tanjakan pun kami harus memaksa motor untuk terus melaju, walau dia sudah mengerang menahan beban. Agak kaget juga setelah sampai di parkiran, usai melewati jalanan yang jahanam , karena ternyata ada alternatif jalan lain dengan medan yang tidak terlalu menanjak serta jalan yang lebih halus daripada jalur yang kami lalui.Embung Nglanggeran memiliki potensi wisata yang cukup menarik.
      Selain keunikan waduk yang berlokasi di atas bukit, Embung Nglanggeran juga dikelilingi dengan pemandangan alam yang cantik. Suasana senja di Embung Nglanggeran pun uga tak kalah ciamik. Sayang, saya belum sempat menikmati senja di sana. Mungkin suatu saat nanti saya akan kembali lagi ke Embung Nglanggeran untuk berburu senja ! Semoga saja bisa kesana lagi ya!
      Informasi
      Alamat - Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862, Indonesia Website - www.gunungapipurba.com Tiket Masuk - Rp 7.000,00/ orang (sudah termasuk parkir) Google Maps - https://goo.gl/jFGq7w Lokasi Embung Nglanggeran
      Dari arah Jogja silahkan arahkan kendaraan menuju Jalan Wonosari hingga Bukit Patuk. Setelah melewati Bukit Patuk silahkan belok ke kiri mengikuti jalan aspal di samping stasiun Radio GCD FM. Ikuti saja jalan aspal tersebut hingga ke arah Gunung Api Purba Nglanggeran. Lokasi embung ini tidak jauh dari posko Gunung Api Purba Nglanggeran. Jika bingung, silahkan bertanya kepada penduduk sekitar.
      Masyarakat Jogja dan sekitarnya, wajib kesini!
    • By vie asano
      Bandung juga dikenal sebagai kota kembang. Ada yang berpendapat julukan tersebut mengacu pada nama alias kota Bandung, yaitu Paris Van Java, yang konon disematkan pada kota Bandung karena memiliki keindahan layaknya kota Paris di Prancis. Namun, ada juga yang mengatakan julukan kota kembang tersebut merujuk pada geulis-nya (=cantik) para mojang Bandung, yang kepopulerannya kerap digambarkan dalam berbagai literatur mengenai sejarah kota Bandung.
      Apapun itu, jika kalian berkunjung ke Bandung akhir-akhir ini, kalian pasti akan mengerti mengapa Bandung sangat layak disebut sebagai Kota Kembang. Itu karena sejak terpilihnya Bapak Ridwan Kamil, seorang arsitek kebanggaan Indonesia yang telah memiliki reputasi internasional, menjabat sebagai Walikota Bandung periode 2013-2018, beliau serius membenahi berbagai taman di Bandung yang semula hanya menjadi pelengkap elemen kota saja.
      Tak hanya sekedar memperbaiki pagar dan melakukan upacara seremonial, pak Ridwan Kamil mengubah berbagai taman pasif alias hanya dijadikan lahan penghijauan saja, menjadi berbagai taman aktif yang bisa dimanfaatkan oleh semua orang! Kerennya, aneka taman tersebut dibuat dengan tema-tema tertentu, yang akhirnya membuat warga Bandung betah lama-lama nongkrong di taman, dan menarik minat warga diluar Bandung yang penasaran dengan ragam taman tematik di Bandung.
      Bagi kalian yang bosan dengan wisata Bandung yang itu-itu, kalian harus mempertimbangkan untuk main ke berbagai taman tematik nan keren di kota Bandung. Berikut ini beberapa taman tematik yang saat ini sudah selesai dibangun, dan percayalah, masih banyak taman tematik lainnya yang sedang dalam tahap perencanaan!
      *             *             *             *             *
      1.Mari Mulai dari Taman Khusus bagi Kalian yang Masih Single, yaitu Taman Jomblo.

      Foto: bandung.jacktour.com
      Dari berbagai taman baru di Bandung, mungkin taman inilah salah satu yang paling fenomenal. Bukan karena desainnya yang wah, tapi karena namanya yang menyebut kata “jomblo”; sebuah kata yang terasa sensitif bagi beberapa orang. Namun penamaan tersebut bukan sekedar olok-olok lho. Taman yang aslinya bernama Taman Pasupati/Taman Cikapayang ini (karena lokasinya memang berada di bawah jalan layang Pasteur-Surapati -biasa disingkat Pasupati- tepatnya di jalan Cikapayang) ini dipenuhi dengan bangku-bangku berbentuk kubus yang dicat berwarna-warni. Uniknya, bangku-bangku tersebut dibuat dengan ukuran yang cukup untuk diduduki oleh satu orang saja, cocok bagi yang masih single alias belum punya pasangan alias, jomblo.
      Tambahan lainnya, taman ini terbilang unik karena mendobrak image jika taman harus melulu berisi pohon dan bunga. Taman Jomblo ini hanya berisi bangku saja, namun tetap fungsional karena bisa dijadikan sebagai tempat aktifitas warga.  Berita baiknya, taman ini sering dikunjungi oleh para muda-mudi yang tertarik untuk nongkrong maupun sekedar foto-foto. Siapa tahu setelah berkunjung ke taman ini kalian yang masih single malah menemukan jomblo lainnya yang juga tengah mencari pasangan, betul nggak?
      *             *             *             *             *
      2. Tak Seperti Namanya, Taman Lansia ini Tak Hanya Keren Bagi para Senior, Tapi Untuk Siapa Saja

      Foto: wisatabdg.com
      Taman ini sebetulnya sudah lama sekali ada di Bandung, hanya saja dulunya lebih dikenal dengan nama Taman Cilaki maupun Taman Cisangkuy (karena lokasi taman ini memang diapit oleh kedua jalan tersebut). Namun karena taman ini populer sebagai tempat olahraga para lansia, akhirnya taman ini populer juga dengan nama Taman Lansia, yang akhirnya menjadi nama resmi taman ini. Taman Lansia ini pun kemudian dibangun ulang dan dilengkapi dengan beberapa fasilitas tambahan yang menarik, seperti jalan dengan batu-batu yang menonjol yang bisa dimanfaatkan untuk refleksi.
      Walau disebut Taman Lansia, bukan berarti anak muda nggak boleh gaul di tempat ini lho. Apalagi karena di sekitar Taman Lansia ini terdapat banyak sekali tempat makan yang siap untuk menggoyang lidah namun nggak sampai mengguncang dompet terlalu dalam, seperti Yoghurt Cisangkuy dan Pasar Cisangkuy. Jadi, jika kalian berencana untuk mengagumi keindahan Gedung Sate, coba deh sekaligus melangkahkan kaki ke taman yang jaraknya hanya selemparan batu dari Gedung Sate.
      *             *             *             *             *
      3. Suka Dengan Fotografi dan Segala Pernak-perniknya? Taman Fotografi Ini Jadi Taman yang Tepat untuk Kalian Semua!

      Foto: airfotonetwork.wordpress.com
      Satu lagi taman lama yang dipermak dengan nuansa baru. Awalnya taman ini bernama Taman Cempaka. Namun kemudian dirombak dan diubah menjadi sebuah taman tematik bertema fotografi, dan lalu diberi nama Taman Fotografi. Taman ini memang ditujukan bagi mereka yang menyukai fotografi, karena di taman ini terdapat beberapa spot yang menarik untuk berfoto, baik untuk memotret model maupun sekedar narsis menggunakan tongsis. Taman yang punya ciri khas huruf “C” berukuran besar ini juga dilengkapi dengan berbagai kelengkapan yang menunjang fotografi, seperti display aneka foto, cermin, dan lain-lain. Dan, karena taman ini populer dikalangan berbagai komunitas fotografi, siapa tahu terbuka peluang bagi kalian untuk berkenalan dengan para master fotografi.
      Namun, jika kalian nggak terlalu doyan dengan fotografi, taman ini tetap menarik untuk dikunjungi kok. Selain terdapat berbagai fasilitas bermain untuk anak-anak (salah satu yang paling ikonik adalah panjatan berbentuk kamera), juga karena di taman yang cukup asri ini terdapat area yang luas untuk jalan-jalan maupun olah raga, serta WiFi Bandung Juara.
      *             *             *             *             *
      4. Bagi yang Ingin Menikmati Suasana Taman Sambil Ngeceng, Taman Musik Centrum inilah Tempatnya

      Foto: mananingal.blogspot.com
      Taman yang berlokasi di Jalan Belitung ini termasuk salah satu taman yang paling sering dikunjungi oleh muda-mudi. Itu wajar saja, karena lokasi Taman Musik Centrum ini dekat dengan SMAN 5 Bandung dan SMAN 3 Bandung. Sesuai namanya, Taman Musik Centrum ini dilengkapi dengan berbagai patung dan pernak-pernik yang berkaitan dengan musik. Bagian yang paling menarik, taman ini membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin mengadakan pertunjukan musik disini. Hanya saja, agar tidak terjadi bentrok jadwal, kalian harus mengurus ijin dulu ke pihak Diskamtam (atau pihak kepolisian jika acara yang diadakan berskala besar).
      *             *             *             *             *
      5. Suka Sepakbola? Kunjungi Taman Persib yang Ada di Jalan Supratman, Bandung

      Foto: buahatiku.com
      Persib dan Bandung adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Jadi jangan heran jika di Bandung ada sebuah taman yang mengambil nama tim yang berjuluk ‘Maung Bandung’ tersebut. Taman yang dulunya hanya berupa lapangan sepakbola saja ini direncanakan akan menjadi taman sekaligus museum terbuka yang akan menampilkan berbagai figur pemain Persib dari masa-ke-masa.  
      *             *             *             *             *
      6. Mencari Romantisme Sambil Nonton Film? Jelas Bisa, Karena di Bandung Kini Ada Taman Film

      Foto: ngasih.com
      Sama seperti Taman Jomblo yang terletak di bawah Jembatan Pasupati, Taman Film ini juga terletak di bawah jembatan yang sama. Sesuai dengan namanya, Taman Film ini diperuntukkan bagi para pecinta film, baik komunitas sineas kota Bandung, pengamat film, maupun bagi mereka yang menjadi penggemar film dan ingin berkenalan dengan berbagai komunitas pecinta film di Bandung atau ingin menikmati berbagai film yang kerap diputar di taman ini.
      Ya, sesuai dengan namanya, Taman Film ini juga dilengkapi dengan fasilitas untuk menonton film. Malah fasilitasnya tergolong keren dan yahud! Taman ini dilengkapi dengan teknologi videotron raksasa berukuran 4x8 meter, dan didukung dengan sound system berkualitas baik dengan daya listrik 33000 watt. Bagian yang paling kerennya, taman berkapasitas 500 penonton ini menawarkan 2 opsi tempat duduk bagi mereka yang ingin menikmati aneka film yang diputar di taman ini, yaitu apakah duduk di tempat duduk yang dibuat dengan desain bertumpuk seperti terasering sawah, maupun duduk selonjoran di rumput sintetis yang ada di depan layar. Desain taman yang cukup unik dan keren ini pun menjadi daya tarik bagi mereka yang sekedar ingin berfoto-foto
      *             *             *             *             *
      7. Taman Identik Dengan Bunga, dan Taman Pustaka Bunga Ini Salah Satu yang Paling Keren di Bandung

      Foto: infobdg.com
      Mau tahu kenapa Bandung layak disebut sebagai Kota Kembang? Mungkin salah satu jawabannya bisa dilihat di Taman Pustaka Bunga alias Taman Kandaga Puspa, yang lokasinya tak begitu jauh dari Gedung Sate ini. Sesuai namanya, Taman Pustaka Bunga ini memang dipenuhi dengan banyak bunga. Konon sih di taman ini terdapat lebih dari 100 ribu bunga yang terdiri dari beragam jenis, mulai dari Amaryllis, Kalanchoe, Rhododenron, Poinsettia, dan berbagai anggrek langka yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.
      Selain terdiri dari berbagai macam bunga, taman ini juga dilengkapi dengan aneka papan nama yang memperkenalkan ragam jenis bunga tersebut. Taman ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kursi taman, WiFi gratis, dan juga tersedia jalur untuk pejalan kaki yang ingin menikmati sejuknya udara di taman ini. Jika kalian berminat datang ke taman ini, ketahui rules utama yang berlaku di taman tersebut, antara lain dilarang berjalan di atas rumput, dilarang makan dan minum, serta nggak boleh bawa binatang peliharaan.
      *             *             *             *             *
      8. Merasa Jago Main Skateboard, Atau Sekedar Ingin Belajar dari Ahlinya? Mainlah ke Taman Skateboard

      Foto: infobdg.com
      Jembatan Pasupati memang memiliki jalur yang cukup panjang karena membentang dari Pasteur hingga jalan Surapati. Jadi nggak heran jika di kolong jembatannya dapat diolah menjadi beberapa tempat hangout dengan tema yang berbeda. Setelah ada Taman Jomblo dan Taman Film, di kolong Pasupati ini juga terdapat Taman Skateboard yang letaknya tak begitu jauh dari Taman Jomblo. Nggak sulit untuk menebak jika Taman Skateboard ini dirancang untuk para pecinta skateboard, dan memang demikian adanya. Di taman ini terdapat lapangan yang cukup luas dan secara bertahap akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas keren untuk para pecinta skateboard. Tertarik untuk menyalurkan hobi skateboard kalian, maupun sekedar nongkrong dan menikmati suasana di taman ini? Datang langsung saja ke Taman Skateboard!
      *             *             *             *             *
      9. Mungkin Inilah Taman Paling Aman di Bandung, karena Banyak Superhero Nongkrong di Taman Superhero

      Foto: businesslounge.co
      Dulu ada lelucon klasik bagi warga Bandung (yang mungkin juga diketahui oleh warga non-Bandung). Katanya, jika kalian ingin melihat Batman, Spiderman, Superman, dan superhero lainnya berada dalam satu frame, datang saja ke Jalan Cihampelas yang populer sebagai sentra celana jins. Itu karena di jalan tersebut terdapat banyak patung superhero yang menghiasi berbagai toko di Cihampelas. Namun sekarang, para superhero tersebut juga menghiasi Taman Superhero yang berlokasi di antara Jalan Bengawan dan Jalan Anggrek. Taman seluas 600 meter persegi ini memang layak disebut sebagai Taman Superhero, karena di taman tersebut aneka superhero luar seperti Spiderman dan Batman terlihat ‘akrab’ bercengkrama dengan superhero lokal seperti Gatot Kaca dan Gundala Putra Petir.
      *             *             *             *             *
      10. Taman Balaikota Memang Nggak Pernah Mati Gaya, Apalagi Karena Sekarang Disana Ada Gembok Cinta

      Foto: anggakdinata.wordpress.com
      Sudah sejak lama Taman Balai Kota ini menjadi tempat favorit untuk hangout, terutama bagi mereka yang hobi bersepeda maupun main sepatu roda. Dan, taman ini pun kini semakin keren karena adanya berbagai fasilitas tambahan yang semakin memanjakan pengunjung. Mari mulai dengan fasilitas WiFi gratis yang akan disukai oleh para generasi muda yang nggak bisa hidup tanpa koneksi internet. Dan kini ada patung LOVE yang ikonik dan populer sebagai spot foto narsis, serta gembok cinta. Nama terakhir ini mengacu pada fasilitas yang khusus disediakan bagi mereka yang berharap dapat ‘mengunci’ cintanya dengan mengunci sebuah gembok di tempat khusus yang letaknya tepat dibawah patung LOVE.
      Satu lagi ‘fasilitas’ yang akan menunjang aktifitas hangout kalian di Taman Balaikota, adalah karena pada waktu-waktu tertentu, di taman ini terdapat beberapa pedagang makanan yang menjajakan beragam cemilan, mulai dari ketan bakar hingga sosis bakar. Jadi, dengan berkunjung ke taman ini, kebutuhan akan internet gratis hingga urusan perut bisa terpenuhi.
      *             *             *             *             *
      11. Beberapa Bangunan Kuno di Kota Bandung Bisa Kalian Nikmati di Sekitar Taman Vanda

      Foto: jdih.net
      Habis jalan-jalan dari Balaikota, coba deh jangan dulu langsung naik mobil dan melenggang begitu saja, karena nggak jauh dari Taman Balaikota ada sebuah taman keren bernama Taman Vanda. Taman ini lokasinya berada di jalan Merdeka, dan nggak begitu jauh dari beberapa bangunan kuno di Bandung seperti Gereja Kathedral Santo Petrus dan gedung Kepolisian Wilayah Kota Besar (Polwiltabes). Dengan sedikit berjalan kaki, kalian juga bisa melihat gedung Bank Indonesia yang lama, dan Gereja Bethel Indonesia yang juga sudah berusia cukup tua. Atau jika kalian malas berjalan kaki namun ingin berpose di depan bangunan keren, gedung baru Bank Indonesia yang lokasinya tepat di sebelah taman ini juga punya desain yang super oke untuk dijadikan obyek kamera kalian.
      *             *             *             *             *
      12. Nggak Hanya Manusia yang Doyan Hangout, Tapi Hewan Juga. Karena Itulah di Bandung Ada Pet Park.

      Foto: blog.hi-indonesia.com
      Jika kalian memiliki hewan peliharaan, maupun sekedar mengaku sebagai pecinta hewan, mungkin kalian akan tertarik untuk hangout di tamannya para hewan di Bandung. Pet Park, nama taman tersebut, memang dibangun dengan tema khusus, yaitu menjadi sebuah taman yang ramah terhadap hewan peliharaan. Di taman yang terletak di Jalan Cilaki ini (tak jauh dari Taman Lansia dan Taman Pustaka Bunga) ini memang tak hanya dipenuhi dengan rimbunnya pepohonan yang akan membuat para pemilik hewan merasa senang, namun juga dilengkapi dengan aneka fasilitas khusus untuk hewan, seperti fasilitas ketangkasan dan juga toilet khusus untuk hewan. Jadi, walau taman ini khusus bagi hewan dan pemiliknya, diharapkan para hewan tidak buang kotoran sembarangan. Hmm, konsepnya menarik dan keren ya!
      *             *             *             *             *
      13. Bikin badanmu berotot sambil hangout di Taman Fitness

      Foto: beritadaerah.co.id
      Ingin fitness tapi nggak pede untuk latihan di fitness center? Atau kantong tak bersahabat untuk hangout gaul di sport center? Atau kalian malas latihan di fitness center karena nggak betah lama-lama berada di dalam ruangan? Kalian bisa melatih badan, sambil hangout, di salah satu taman tematik di Bandung, yaitu Taman Fitness. Asyiknya, taman yang berlokasi di Jalan Teuku Umar-Jalan Imam Bonjol ini bisa dinikmati secara cuma-cuma alias gratis! Jadi, jika kalian bermimpi punya badan berotot seperti Ade Rai dengan harga minimalis sambil tetap hangout di ruang outdoor, mampirlah ke Taman Fitness kebanggaan kota Bandung ini.
      *             *             *             *             *
      14. Lapangan Rumput Sintetis Bukan Hanya Monopoli Lapangan Sepakbola, karena Taman Alun-Alun Bandung Juga Punya. Bahkan Lebih Luas dan Lebih Keren!

      Foto: lifestyle.sindonews.com
      Inilah salah satu taman tematik yang paling happening di Bandung. Taman yang diresmikan di penghujung tahun 2014 ini berlokasi di Alun-Alun Kota Bandung, tepatnya di depan Masjid Raya Bandung (dulunya bernama Masjid Agung Bandung). Taman dengan luas kira-kira 12.000 meter persegi ini memang dilengkapi dengan rumput sintetis dengan motif kotak-kotak, dan warga boleh menginjakkan kaki dan melakukan berbagai aktifitas yang disukainya asalkan terlebih dahulu melepaskan alas kakinya. Biasanya, aktifitas favorit yang dilakukan para warga bervariasi, antara duduk santai, tidur-tiduran, maupun sekedar ngobrol. Dan, bagi warga yang datang membawa anak-anak, di taman ini juga tersedia berbagai fasilitas permainan anak yang pastinya akan menambah keceriaan bagi para pengunjung.
      *             *             *             *             *
      What’s Next?
      Jangan dulu terkagum-kagum dengan banyaknya variasi taman tematik yang sudah disebut di atas. Kabarnya, kota Bandung merencanakan setidaknya terdapat 30 taman tematik yang tersebar di berbagai penjuru kota, yang rencananya akan dilakukan secara bertahap. Jadi jangan heran jika beberapa bulan atau tahun lagi kalian dapat menemukan berbagai taman dengan tema yang unik di Kota Kembang ini, seperti Taman Lampion, Taman Dinosaurus, Taman Zikir, dan banyak lagi. Hmm, menarik juga untuk kita nantikan seperti apa kecantikan kota Bandung yang pastinya akan semakin molek dengan banyaknya aneka taman tematik tersebut.
      *             *             *             *             *
      Note:
      Tulisan ini merupakan tulisan lama yang saya repost ulang. Pasti saat ini sudah banyak penambahan taman tematik baru lainnya di Bandung, atau mungkin ada update di taman yang telah ditulis di daftar ini. Yuk, share apa taman tematik terbaru lainnya yang kalian sukai di Bandung. Feel free juga untuk meng-update dan menambahkan informasi yang belum tertulis di daftar ini.
    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
      Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah ruah baik dari dasar laut hingga sampai ke puncak gunung. Indonesia sendiri memiliki jutaan flora dan fauna yang beragam dan tak pernah bosan untuk dipandang.
      Ya, Indonesia memiliki banyak danau cantik yang menanti untuk kamu kunjungi. Indonesia memang memiliki banyak danau indah yang seru untuk kamu sambangi.
      Nah, apakah kamu penasaran dan ingin segera menjelajahi danau-danau cantik yang ada di Indonesia? Pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya dalam danau-danau terindah di Indonesia yang menanti untuk kamu kunjungi.
       
      1. Danau Kakaban
       

       

      Danau Kakaban, Kalimantan Timur 
       
      Inilah dia salah satu danau cantik yang dapat kamu kunjungi di Indonesia. Danau ini adalah Danau Kakaban yang terletak di Kalimantan Timur.
      Danau Kakaban sendiri merupakan air laut yang terperangkap di Pulau Kakaban. Air ini merupakan air laut yang terperangkap di Pulau Kakaban, ditambah dengan air dari dalam tanah dan air hujan sejak 2 juta tahun yang lalu.
      Danau Kakaban merupakan danau prasejarah, yaitu zaman peralihan Holosin. Luasnya sekitar 5 km², berdinding karang terjal setinggi 50 meter, yang mengakibatkan air laut yang terperangkap tidak lagi bisa keluar, menjadi danau. Secara administratif, Danau Kakaban termasuk wilayah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.
      Nah, konon Kakaban sendiri memiliki arti memeluk. Hal ini berarti Kakaban merupakan pulau yang memeluk danau.
      Air yang masuk ke dalam danau ini dapat menjadi lebih tawar dan tentunya dapat menyebabkan perubahan ekosistem yang unik. Perubahan ini kemudian juga berdampak pada fauna laut yang ada di dalamnya.
      Ubur-ubur misalnya, karena terbatasnya makanan, akhirnya beradaptasi dengan melakukan simbiosis mutualisme dengan algae. Algae adalah penghasil makanan dan harus memasak makanan dengan bantuan sinar matahari.
      Nah, untuk dapat menambah seru perjalanan wisatamu di Kalimantan Timur, kamu dapat mencoba untuk mengunjungi Danau Kakaban yang satu ini.
       
      2. Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur


      Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur 
       
      Inilah dia danau selanjutnya yang dapat kamu kunjungi jika kamu ingin melihat pemandangan danau indah di Indonesia. Danau ini merupakan Danau Labuan Cermin di Kalimantan Timur. Danau ini merupakan danau yang bening seperti kaca dengan dua rasa, yaitu danau air tawar dan air asin. Hal inilah yang menjadi keunikan Danau Labuan Cermin.
      Pada permukaan danau, kamu dapat menemukan air tawar yang tidak tercampurkan. Nah, sementara itu pada bagian dasar danau, kamu dapat menemukan air asin.
      Perbedaan air tersebut menyebabkan terjadinya perbedaan antara ikan yang terdapat di permukaan danau dengan di dasar danau. Ya, setelah mengunjungi Danau Kakaban, kamu kemudian dapat mengunjungi Danau Labuan Cermin yang satu ini.
      Danau Labuan Cermin terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur yang bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 6 sampai 7 jam dari ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb.
      Perjalanan menuju danau dua rasa ini memang tergolong tidak begitu jauh. Nah, kamu dapat menempuh perjalanan sekitar 15 menit sejak memasuki jalan masuk yang dihalangi oleh pipa sumber air bersih yang menghalangi perahu untuk masuk ke danau ketika air pasang.
      Kemudian, kamu dapat melihat danau cantik dengan warna biru kehijauan. Cantik sekali, bukan?
               
      3. Danau Kelimutu, Nusa Tenggara Timur
       

       

      Danau Kelimutu, Nusa Tenggara Timur 
       
      Danau selanjutnya yang dapat kamu sambangi adalah Danau Kelimutu. Danau ini terletak di Nusa Tenggara Timur.
      Ya, tidak ada keindahan alam yang tidak indah di Nusa Tenggara Timur. Dari mulai pegunungan hingga danaunya, semuanya sangat indah. Nah, begitu pun dengan danau yang satu ini.
      Danau Kelimutu ini merupakan sebuah danau yang terletak di Gunung Kelimutu, Flores, Nusa Tenggara Timur. Danau Kelimutu sendiri terdiri dari tiga buah danau berbeda warna yang sering berubah-ubah warnanya.
      Lokasi Danau Kelimutu ini terletak di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.
      Danau Kelimutu ini terletak di puncak Gunung Kelimutu atau sekitar 1.690 meter di atas permukaan laut. Danau Kelimutu terdiri dari tiga buah ‘kubangan’ atau kawah dengan warna yang berbeda-beda.
      Danau Kelimutu ini sendiri merupakan Danau Tiga Warna yang indah dan menarik. Yang menyenangkan lagi adalah jarak antara danau ini juga berdekatan dan tidak berjauhan.
      Warna air danau umumnya adalah merah, putih dan biru, namun bisa berubah menjadi hijau, hitam dan coklat, atau variasi warna lainnya. Uniknya, saat para peneliti mencoba mengambil air danau ini sebagai sampel, airnya bening tanpa warna.
      Ketiga danau ini dipisahkan oleh tebing batu curam yang mudah longsor. Wisatawan sangat diharapkan untuk mampu menjaga jarak aman saat berada di area sekitar danau.
      Waktu terbaik untuk mengunjungi Danau Kelimutu adalah dari bulan Juni hingga Agustus. Hal ini karena pada bulan-bulan tersebut, hujan cenderung tidak turun sehingga medan yang harus dilewati juga cenderung aman.
      Jika kamu ingin mendapatkan pemandangan terbaik dari Danau Kelimutu, kamu dapat mencoba untuk mendaki danau ini dari pukul 2-3 pagi. Nah, cobalah untuk mendaki danau ini dari kawasan Moni. Moni sendiri merupakan desa terdekat dengan lokasi danau. Sesampainya di puncak, kamu dapat menyaksikan pemandangan matahari terbit yang terletak di atas Danau Kelimutu. Pemandangan tersebut sangat indah dan cantik.
      Nah, kamu juga dapat menggunakan fasilitas penginapan yang terdapat di kawasan Moni tersebut. Ya, di Moni dan beberapa desa sekitar terdapat banyak penginapan. Dengan menginap di lokasi terdekat dengan kawasan ini, tentunya akan dapat memudahkan kamu dalam persiapan mendaki.
       
      4. Danau Toba, Sumatera Utara
       

       

      Danau Toba, Sumatera Utara 
       
      Danau Toba yang terletak di Sumatera Utara ini merupakan salah satu danau vulkanik indah yang dimiliki oleh Indonesia. Danau ini memiliki luas yang mencapai hingga 1.145 kilometer persegi. Selain itu, danau ini juga terlihat seperti lautan yang berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut.
      Selain disebut sebagai danau terluas, Danau Toba ini sendiri merupakan danau terdalam di dunia dengan kedalaman mencapai sekitar 450 meter.
      Nah, di tengah Danau Toba, terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Samosir. Pulau Samosir ini memiliki dua danau kecil yang bernama Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni.
      Pulau Samosir sendiri bukanlah merupakan pulau yang kosong. Ya, di dalamnya ditinggali oleh suku Batak Samosir. Selain itu, Suku Batak yang tinggal di Pulau Samosir ini masih memegang teguh kepercayaan leluhur.
      Bagi masyarakat Batak yang tinggal di sekitar Danau Toba ini, danau ini bukan hanya merupakan tempat wisata alam yang memiliki kecantikan luar biasa. Mereka percaya bahwa Danau Toba merupakan tempat bersemayamnya tujuh dewi suku Batak yang biasa disebut dengan Namborru.
      Setiap kali akan melakukan kegiatan di sekitar danau, biasanya masyarakat akan berdoa terlebih dahulu agar kegiatan tersebut diberikan kelancaran.
      Keunikan dan keindahan Danau Toba tentu dapat membuatmu merasa tertarik dan ingin mengunjunginya. Nah, untuk melengkapi keseruan perjalanan wisatamu ketika mengunjungi Sumatera Utara, jangan lupa untuk mengunjungi danau cantik yang satu ini.
       
      5. Danau Sentani, Papua
       

       

      Danau Sentani, Papua
       
      Danau cantik selanjutnya yang dapat kamu sambangi adalah Danau Sentani. Danau cantik ini terletak di Provinsi Papua.
      Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops yang memiliki luas sekitar 245.000 hektar. Nah, selain itu, danau ini juga terbentang di antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.
      Danau Sentani ini memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 mdpl. Danau Sentani ini juga merupakan danau terbesar yang berada di Provinsi Papua.
      Saking besarnya Danau Sentani, dari atas udara kamu dapat menemukan berbagai pulau di dalamnya. Di sekitar Danau Sentani sendiri, setidaknya terdapat 24 desa yang dihuni oleh banyak penduduk dan suku lokal.
      Para penduduk lokal biasanya menjual hasil kerajinan tangan khas Papua. Menyenangkan sekali, bukan?
      Salah satu pulau yang sangat populer di Danau Sentani adalah Pulau Asei. Nah, di pulau tersebut, wisatawan dapat berbelanja kerajinan tangan khas Papua seperti kain kulit kayu bermotif indah dan lain-lain.
      Waktu terbaik untuk mengunjungi Danau Sentani adalah pada waktu bulan Juni. Ya, pada waktu tersebut biasanya terdapat Festival Danau Sentani sehingga tentu kamu akan dapat melihat pemandangan indah festival danau tersebut.
      Dalam festival tersebut, kamu dapat melihat atraksi dari suku lokal. Nah, atraksi itu termasuk ‘tarian perang’ yang dulu dilakukan secara sungguhan.
      Danau Sentani ini memiliki kecantikan yang luar biasa. Untuk itu, pastikan kamu tidak tertidur ketika berada di pesawat agar kamu tetap dapat menyaksikan keindahan danau cantik yang satu ini.
       
      6. Danau Tondano, Sulawesi Utara
       

       

      Danau Tondano, Sulawesi Utara
       
      Inilah dia danau cantik lainnya yang dapat kamu kunjungi jika kamu ingin menyaksikan pemandangan cantik. Danau ini merupakan Danau Tondano di Sulawesi Utara.
      Danau Tondano ini merupakan danau terluas di Provinsi Sulawesi Utara. Danau ini diapit oleh Pegunungan Lembean, Gunung Kaweng, Bukit Tampusu, dan Gunung Masarang.
      Danau ini merupakan danau penghasil ikan air tawar, seperti ikan mujair, gurame, lobster hitam, payangka wiko (udang kecil), nike sepat siang (arwana) dan lain-lain. Danau ini berada di ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut. Nah, selain itu danau ini juga memiliki luas sekitar 4.278 hektar.
      Danau Tondano memiliki daya tarik wisata yang disebut "Sumaru Endo" Remboken, dan Resor Wisata Bukit Pinus (dari Tondano menuju Toliang Oki).
      Dari sisi danau di Toliang Oki dan Tondano Pante Anda dapat melihat laut Maluku yang indah, di luar bukit Lembean. Biaya Masuk ke obyek wisata ini adalah Rp 4.000,00 ditambah asuransi.        
      Jika kamu berencana untuk mengelilingi Danau Tondano, kamu dapat mengelilingi danau tersebut dengan menggunakan perahu. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk menggunakan perahu adalah sekitar Rp 50.000,00.
      Perahu biasanya menunggu hingga mampu dipenuhi oleh 10 penumpang. Nah, di bagian tengah danau terdapat sebuah pulau. Pulau tersebut adalah Pulau Likri, namun sayang kamu tidak dapat berhenti di pulau ini.
       
      7. Danau Maninjau, Sumatera Barat
       

       

      Danau Maninjau, Sumatera Barat 
       
      Danau Maninjau adalah sebuah danau yang terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. Danau Maninjau merupakan sebuah danau vulkanik yang terletak di ketinggian 461,5 meter di atas permukaan laut.
      Salah satu hal yang menarik ketika kamu mengunjungi danau ini adalah danau ini memiliki hawa yang sejuk. Nah, hal ini tentu saja akan membuatmu betah berlama-lama berada di Danau Maninjau.
      Beberapa aktivitas yang dapat kamu lakukan di Danau Maninjau ini adalah parasailing, dan terbang tendem. Kedua aktivitas ini dapat kamu lakukan di atas danau yang luas ini dan merupakan danau terbesar ke 11 di Indonesia ini.
      Untuk mencapai Danau Maninjau, kamu akan melewati jalan menurun yang memiliki banyak kelokan. Kelokan tersebut merupakan Kelok 44.
      Puncak tertinggi untuk perbukitan Danau Maninjau sendiri bernama Puncak Lawang. Nah, selain itu, Danau Maninjau juga merupakan sumber air untuk sungai yang bernama Batang Sri Atokan.
      Di salah satu bagian danau yang merupakan hulu dari Batang Sri Antokan terdapat PLTA Maninjau.
      Nah, untuk melengkapi perjalanan wisatamu ketika mengunjungi Sumatera Barat, jangan lupa sisihkan waktumu untuk mengunjungi Danau Maninjau cantik yang satu ini.
       
      8. Danau Segara Anak, Nusa Tenggara Barat
       

       

      Danau Segara Anak, Nusa Tenggara Barat 
       
      Danau cantik selanjutnya adalah Danau Segara Anak yang terletak di Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat. Nama Segara Anak sendiri berarti ‘Anak Laut’.
      Pemberian nama Segara Anak dimaksudkan karena warna biru yang dimiliki oleh danau Segara Anak mengingatkan pada biru laut. Danau ini terletak di kaldera Gunung Rinjani, Desa Sembalun Lawang, Nusa Tenggara Barat.
      Danau Segara Anak ini terletak pada ketinggian kurang lebih 2.000 mdpl. Jika kamu berencana mendaki Gunung Rinjani, tour guide biasanya akan berencana untuk membawamu menyambangi danau cantik yang satu ini pula.
      Karena keindahannya, banyak wisatawan yang datang mengunjungi Danau Segara Anak ini dan menginap di sana. Mereka menginap untuk menikmati keindahan pemandangan alam yang ditawarkan danau ini secara lebih dekat.
      Nah, di sekitar Danau Segara Anak, kamu dapat menjumpai beberapa sumber air panas dengan tingkat yang berbeda-beda. Kamu dapat berendam sepuasnya di bak alami tersebut atau sekedar mencelupkan kaki setelah lelah berjalan.
      Ya, menurut kepercayaan Suku Sasak, air tersebut mampu mengobati berbagai macam penyakit. Hal ini masih berupa mitos dan dapat dikembalikan kepadamu apakah kamu berencana untuk mempercayainya atau tidak.
      Ketika memiliki kesempatan untuk mengunjungi Nusa Tenggara Barat, jangan lupa untuk menyisihkan waktu dan mengunjungi danau cantik yang satu ini.
       
      9. Danau Poso, Sulawesi Tengah
       

       

      Danau Poso, Sulawesi Tengah via http://assets.kompas.com/data/photo/2014/10/04/1210254danau-poso780x390.jpg
       
      Danau cantik selanjutnya yang dapat kamu sambangi adalah Danau Poso. Danau Poso terletak di Kabupaten Poso.
      Danau Poso sendiri merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia dengan panjang mencapai 32 kilometer dan lebar 16 kilometer. Danau Poso sendiri merupakan danau yang terletak pada ketinggian 657 meter.
      Keunikan yang terdapat di Danau Poso adalah ikan sugili. Ya, kamu dapat menemukan spesies ikan yang satu ini yang pada saat ini populasinya sudah hampir punah.
      Kearifan lokal yang berkembang di Danau Poso sendiri adalah pesan berupa jangan serakah, bersahabatlah dengan alam agar tidak terjadi petaka. Pelajaran ini sering dilupakan oleh manusia modern.
       
      Itulah dia pembahasan mengenai danau-danau terindah di Indonesia yang menanti untuk kamu kunjungi. Semoga artikel ini mampu memberikanmu referensi untuk menambah pengetahuan mengenai danau-danau terindah di Indonesia.
      Happy traveling!
    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
       
      Bagi kamu yang menyukai perjalanan wisata alam tentu akan sangat menikmati perjalanan mengunjungi danau-danau cantik. Rupanya, terdapat berbagai destinasi wisata danau cantik yang dapat kamu kunjungi ketika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi danau-danau tersebut.
      Jika ada beberapa danau yang dibentuk oleh tangan-tangan manusia, yang lain sepenuhnya dibentuk oleh alam. Nah, kalau kamu adalah traveler yang menyukai perjalanan wisata alam, maka kamu juga dapat mempertimbangkan untuk mengunjungi danau-danau yang cantik ini.
      Nah, apakah kamu penasaran dan ingin segera mengetahui lebih dekat tentang danau-danau yang terdapat di dunia? Pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya dalam danau-danau tercantik di dunia yang menanti untuk kamu kunjungi.
       
      1. Danau Plivitce, Kroasia
       

       

      Danau Plivitce, Kroasia
       
      Inilah dia salah satu danau cantik yang dapat kamu kunjungi ketika kamu memiliki kesempatan untuk menyambangi Kroasia. Ya, danau ini adalah Danau Plivitce.
      Danau Plivitce merupakan salah satu tempat wisata yang sangat populer di Kroasia. Danau ini terbentuk dari danau kecil di satu danau besar dan terhubung langsung ke air terjun.
      Pemandangan yang disuguhkan oleh Danau Plivitce sungguh sangat indah dan mampu membuatmu terpukau. Nah, danau ini rupanya telah terpilih untuk menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO.
      Pemandangan yang disajikan oleh Danau Plivitce juga semakin cantik karena dikelilingi oleh hutan dan pepohonan yang sangat cantik. Danau Plivitce terkenal dengan keindahan warna air danaunya yang sewarna dengan batu turquoise.
      Jika dilihat dari permukaan sebenarnya danaunya sendiri terdiri dari 16 buah danau yang tampak menyatu. Danau-danau tersebut merupakan pertemuan beberapa sungai kecil serta sungai-sungai bawah tanah.
      Keenambelas danau tersebut dipisahkan oleh semacam bendungan yang terbentuk secara alami dari endapan tanaman mati, lumut, ganggang, dan bakteri.
      Daerah di sekitar Plivitce digunakan sebagai hutan lindung yang terbentang seluas 73.350 hektar. Di dalamnya terdapat banyak binatang, seperti beruang, serigala, rusa, babi hutan, kelinci, rubah dan luak.
      Ada lebih dari 120 spesies burung yang menggantungkan kelangsungan hidupnya pada Taman Nasional Plivitce. Nah, karena itulah pemerintah Kroasia menjaga ketat taman nasional ini dengan melarang keras pengunjung untuk membuang sampah tidak pada tempatnya.
       
      2. Danau Yucatan, Meksiko
       

       

      Danau Yucatan, Meksiko 
       
      Inilah dia danau cantik lainnya yang dapat kamu kunjungi. Danau ini merupakan Danau Yucatan yang terletak di Meksiko. Danau Yucatan ini terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu.
      Danau ini dikelilingi oleh gua-gua yang terbentuk dari kapur. Terdapat banyak legenda dan mitos yang tersebar di sekitar wilayah danau ini. Hal itulah yang mengakibatkannya menjadi semakin menarik dan misterius.
      Danau ini juga sangat menarik karena terletak di dalam lebatnya hutan semenanjung Yucatan. Danau Yucatan ini sendiri terlihat seperti kolam kristal yang cantik.
      Danau Yucatan sendiri terbentuk dari gamping (batu kapur) yang terkikis air hujan permanen. Dan oleh karena air hujan disaring batu kapur sejenis bunga karang, maka air kelihatan sangat jernih dan bening, dan tampak seperti terbuat dari kristal.
      Nah, pernah ada pula penyelam yang menyelami danau yang cantik ini. Pada permukaan danau yang dangkal, kedalaman danaunya mencapai sekitar 1 meter. Namun, pada kedalaman danau yang dalam, danau yang satu ini tidak berdasar.
      Nah, para penyelam ini pernah menyelami danau ini hingga mencapai kedalaman 160 meter tetapi masih belum mencapai dasarnya. Menurut kepercayaan suku Maya, kubang-kubang ini merupakan tempat tinggal dewa hujan sama halnya dengan Istana Naga dalam Legenda Tiongkok.
      Mereka beranggapan bahwa hujan dari langit adalah hasil kunjungan dewa hujan. Hal ini menyebabkan mereka senantiasa memberikan “hadiah” untuk Dewa Hujan seperti barang perhiasan bahkan gadis cantik ke dalam lubang tersebut.
       
      3. Danau Baikal, Rusia
       

       

      Danau Baikal, Rusia 
       
      Rusia juga memiliki danau cantik yang dapat kamu kunjungi pada kesempatan liburanmu selanjutnya. Ya, danau tersebut bernama Danau Baikal. Danau Baikal adalah sebuah danau tertua, alami yang terletak di wilayah Siberia, antara Oblast Irkutsk di barat laut dan Buryatia di tenggara Rusia.
      Danau tertua ini memiliki beberapa nama yang disebut Baygaal nuur (Danau Alam) yang dijuluki dengan Mutiara Siberia. Danau Baikal adalah danau air tawar dengan volume terbesar di dunia, yang mengandung sekitar 20% air tawar yang terdapat di permukaan bumi.
      Danau Baikal merupakan danau air tawar terdalam di dunia dengan kedalaman sekitar 1.642 meter serta cahaya matahari bisa masuk hingga mencapai kedalaman 40 meter. Danau Baikal ini memiliki pemandangan yang sangat indah terutama pada waktu musim dingin hendak berakhir ketika danau tersebut membeku kemudian tiba-tiba mencair.
      Sebagai salah satu danau air tawar terbesar dan tertua di dunia, Danau Baikal kemudian dianugerahi menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO. Bahkan diperkirakan Danau Baikal telah ada sejak 25 juta tahun yang lalu.
      Danau Baikal sendiri memiliki keunikan karena selalu “berkembang” dan melebar sebanyak sekitar satu hingga dua centimeter setiap tahunnya.
      Permukaan Danau Baikal menjadi permukaan danau terluas ketujuh di dunia, dan jumlah air yang tertampung di danau ini terhitung lebih banyak bila dibandingkan dengan gabungan lima danau Great Lakes Amerika Utara sekalipun.
      Danau Baikal memiliki koleksi anjing laut serta beragam ikan dan invertebrata tembus pandang, termasuk cacing, aneka jenis udang, plankton, siput serta bunga karang.
      Ya, ketika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Rusia, jangan lupa untuk mengunjungi Danau Baikal yang cantik ini.
       
      4. Danau Reed Flute, Cina
       

       

      Danau Reed Flute, Cina 
       
      Inilah dia sebuah danau cantik di Cina yang dapat kamu kunjungi ketika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Cina. Danau ini merupakan Danau Reed Flute.
      Danau ini merupakan danau alami yang sangat cantik yang terdapat di Cina. Danau ini terletak di Guilin, Guanxi, Cina. Nah, danau ini terdapat di dalam gua kapur yang berusia lebih dari 180 juta tahun.
      Gua kapur ini ditemukan sekitar tahun 1940-an dan di dalamnya kamu dapat menemukan Danau Reed Flute yang cantik. Nah, sejak saat itulah banyak traveler dari berbagai belahan dunia datang mengunjungi tempat ini untuk menyaksikan secara langsung kecantikan yang dimiliki danau ini.
      Air danau yang jernih merefleksikan atap gua bahkan kadang memancarkan cahaya warna-warni seperti merah, ungu, hijau dan kuning. Danau ini terbentuk di dalam gua yang telah dibentuk sejak jutaan tahun yang lalu. Reed Flute ini merupakan gua alami yang terbentuk dari karst.
      Danau ini terletak di Guillin, Guanxi, Cina. Nah, jika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Cina, jangan lupa luangkan waktumu untuk mengunjungi Danau Reed Flute yang satu ini.
       
      5. Danau Peyto, Kanada
       

       

      Danau Peyto, Kanada 
       
      Inilah dia sebuah danau cantik di Kanada yang dapat kamu kunjungi. Ya, danau ini adalah Danau Peyto di Kanada.
      Danau cantik yang satu ini terletak di daerah Alberta, Kanada. Keunikan khusus yang dimiliki oleh danau ini adalah warnanya yang dapat berubah secara bertahap dan disesuaikan dengan musim yang sedang berlangsung.
      Di danau yang cantik ini kamu dapat melihat airnya yang berwarna turquoise dan jernih. Nah, keindahan surge perairan hangatnya ini sangat mirip sekali dengan surge perairan hangat di Antigua dan Bora-bora.
      Danau ini terletak 29 mil sebelah utara Icefields Parkway, di antara pegunungan Canadian Rockies. Danau ini merupakan sebuah danau cantik yang begitu indah jika ingin kamu abadikan dalam potret foto.
      Untuk melihat pemandangan yang lebih dramatis dari danau yang panjangnya 1,7 mil ini berkelilinglah di hutan yang lebat menuju puncak gunung, lalu turun ke arah Bow Summit, titik tertinggi dari jalur taman kemudian ikuti jalur hiking untuk melihatnya.
      Ketika mengunjungi danau ini, kamu dapat menyaksikan pemandangan indah berupa pegunungan, hutan, bukit, dan lain-lain. Nah, keseluruhan pemandangan ini mampu membuatmu merasa takjub dan terpukau.
       
      6. Danau Pink, Australia
       

       

      Danau Pink, Australia 
       
      Untuk fenomena alam cantik lainnya yang dapat kamu kunjungi adalah Danau Pink yang terletak di Australia.
      Danau Pink ini terletak di Hillier, Australia Barat. Danau ini benar-benar berwarna merah muda dan sangat cantik untuk kamu sambangi pada kesempatanmu berkunjung ke Australia. Jika kamu melihat fenomena alam ini dari atas, kamu akan dapat menyaksikannya seolah-olah ada susu atau jus strawberry yang ditumpahkan di atas mangkuk berwarna hijau.
      Nah, hal ini karena di sekitar Danau Pink ini merupakan pohon-pohon dan hutan yang berwarna hijau. Panjang danau ini sekitar 600 meter. Warna pink sendiri berasal dari ganggang yang hidup di danau ini. Organisme ganggang yang terdapat di danau ini adalah Dunaliella salina dan Halobacteria yang berwarna merah.
      Yang lebih menarik adalah ketika air yang terdapat di danau ini dimasukkan ke dalam wadah, kamu tetap dapat melihat air yang berwarna pink di dalam wadah tersebut. Air merah muda di Danau Hillier juga aman jika terkena kulit manusia. Wisatawan yang datang ke sini bisa bermain air atau bahkan berenang bebas di tengah danau.
      Ketika mengunjungi danau ini, kamu bukan hanya dapat menyaksikan keindahan yang ditawarkan oleh Danau Pink. Ya, kamu juga dapat melihat keindahan pantai yang berada tidak begitu jauh dari Danau Pink ini. Pantai tersebut sangat indah karena memiliki pasir putih dan laut berwarna biru jernih.
       
      7. Danau Malawi, Afrika
       

       

      Danau Malawi 
       
      Inilah dia sebuah danau cantik di Afrika yang menanti untuk kamu sambangi pada kesempatan liburanmu mengunjungi Afrika. Danau ini merupakan Danau Malawi. Baru-baru ini Danau Malawi dikategorikan sebagai salah satu yang dilindungi yang juga menjadi salah satu danau terbesar dan terindah di seluruh dunia.
      Danau ini telah terbentuk sejak satu hingga dua juta tahun yang lalu. Selain itu, danau ini juga merupakan rumah bagi banyak spesies ikan yang berbeda.
      Danau Malawi ini adalah Danau Besar Afrika dan danau di Great Rift Valley Afrika Timur. Danau ini adalah danau terbesar ketiga di Afrika dan danau terbesar kedelapan di dunia yang terletak di antara Malawi, Mozambik, dan Tanzania.
      Danau ini juga merupakan danau terdalam kedua di Afrika, namun sifat tenang di pantai utara tidak memberikan tanda-tanda kedalamannya. Danau yang besar ini dilaporkan perairan tropis merupakan habitat lebih spesies ikan dari danau lain di Bumi.
      Nah, jika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Afrika, jangan lupa sempatkan waktumu untuk mengunjungi danau cantik yang satu ini.
       
      8. Danau Melissani, Yunani
       

       

      Danau Melissani, Yunani 
       
      Inilah dia sebuah danau cantik di Yunani yang dapat kamu kunjungi. Sudah tidak mengherankan lagi karena Yunani memang terkenal dengan banyak destinasi wisata cantiknya yang dapat kamu kunjungi.
      Nah, salah satunya adalah Danau Melissani ini. Danau Melissani ini merupakan sebuah danau yang terletak di kawasan Kefalonia, dan dikelilingi oleh gua-gua dan hutan.
      Lokasi danau ini sangat dekat dengan Karavomilos, sekitar 1 kilometer dari Desa Sami.
      Danau ini sempat mengalami gempa yang meruntuhkan atap dinding gua, namun hal ini justru menimbulkan efek pantulan sinar matahari yang menakjubkan ke arah dinding-dinding gua letak Danau Melissani berada. Ada juga boat-boat yang telah menanti di luar danau yang siap mengantar anda berkeliling ke dalam gua.
      Danau ini sendiri terletak di dalam sebuah gua. Gua tersebut terbentuk sekitar ribuan tahun lalu. Kemungkinan area di sekitar gua ini digunakan sebagai bentuk pemujaan dewa kuno.
      Kini, danau bawah tanah yang terdapat di dalam gua ini merupakan salah satu objek wisata yang menarik di Yunani. Jika ingin, kamu juga dapat menyusuri gua bawah tanah ini untuk dapat merasa lebih dekat dengan danau cantik yang satu ini.
      Yang lebih menyenangkan, kamu dapat menggunakan perahu untuk berkeliling di danau tersebut.
      Dengan menggunakan perahu mini ini traveler bisa berkeliling danau sambil melihat keindahan stalaktit gua. Selain itu air danau yang jernih makin menambah elok pemandangan di sana, sesekali melongoklah ke permukaan air dan lihatlah betapa jernihnya air danau itu sehingga dasar danau pun terlihat dengan jelas.
      Keunikan lain dari danau ini terletak pada posisinya. Ternyata meski berada di bawah tanah, air danau ini lebih tinggi ketimbang permukaan air laut yang jaraknya hanya 500 meter dari gua. Jika ingin mendapatkan sensasi yang lebih mengigit datanglah pada pagi hari saat sinar matahari menyinari gua dari lubang di atasnya.
      Nah, jika kamu ingin melihat sendiri kecantikan danau ini, kamu dapat mengunjungi Yunani dan melihat lebih dekat danau ini.
       
      9. Danau Tekapo, Selandia Baru
       

       

      Danau Tekapo, Selandia Baru 
       
      Inilah dia sebuah danau cantik di Selandia Baru yang dapat kamu kunjungi dan saksikan sendiri keindahannya. Danau ini memiliki lebar sekitar 32 mil persegi.
      Nah, Danau Tekapo ini merupakan salah satu danau terbesar dan paling banyak dikunjungi di Selandia Baru. Fakta menarik lainnya adalah danau ini terletak sekitar 2.300 meter di atas permukaan laut.
      Selain itu, danau ini juga terkenal karena keindahannya dan berbagai resor yang berada di sekitar danau ini. Nah, ketika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Selandia Baru, jangan lupa sempatkan waktumu untuk mengunjungi Danau Tekapo ini.
       
      Nah, itulah dia pembahasan mengenai danau-danau tercantik di dunia yang menanti untuk kamu kunjungi. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuanmu mengenai danau-danau terbaik di dunia.
      Happy traveling!
    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
      Taman nasional adalah sesuatu yang sangat berharga. Sebab di dalamnya kamu dapat menemukan banyak keindahan alam flora dan fauna yang khas dari suatu daerah. Itulah sebabnya banyak negara berusaha untuk memperbaiki dan mempercantik taman nasional yang mereka miliki.
      Keindahan alami juga semakin mempengaruhi tingkat keindahan taman nasional tersebut. Taman nasional rupanya memiliki daya tarik tersendiri yang tentunya menarik untuk kamu kunjungi pada kesempatan liburanmu selanjutnya.
      Nah, apakah kamu penasaran? Pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya dalam taman nasional terbaik di dunia yang seru untuk kamu kunjungi pada liburan selanjutnya. Adapun daftar ini dibuat secara acak.
       
      1. Taman Nasional Acadia, Maine, Amerika Serikat
       

       

      Taman Nasional Acadia
       
      Inilah dia salah satu taman nasional yang menawarkan pemandangan cantik berupa air laut yang biru jernih. Air laut tersebut merupakan Samudera Atlantik. Taman nasional ini adalah Taman Nasional Acadia yang terletak di Maine, Amerika Serikat.
      Taman nasional ini didesain oleh seorang arsitek lanskap yang bernama Charles Eliott. Taman nasional ini dahulunya bernama Taman Nasional Lafayette namun kemudian berubah nama menjadi Taman Nasional Acadia pada tahun 1929.
      Di taman nasional ini, kamu juga dapat menemukan kawasan pegunungan, lautan, danau dan lain-lain. Semuanya terdapat dalam kawasan taman nasional dengan luas mencapai sekitar 19.000 hektar ini.
      Di taman nasional ini juga terdapat banyak flora dan fauna yang dapat kamu temui. Flora yang terdapat di taman nasional ini adalah flora dengan jenis algae, fungi, dan lain-lain. Sementara itu, fauna yang terdapat di taman nasional ini adalah rusa, berang-berang, tupai dan lain-lain.
       
      2. Taman Nasional Olympic, Washington, Amerika Serikat
       

       

      Taman Nasional Olympic 
       
      Inilah dia taman nasional cantik lainnya yang dapat kamu kunjungi ketika kamu memiliki kesempatan untuk mendatangi Amerika Serikat. Taman nasional ini adalah Taman Nasional Olympic yang terletak di Mount Angeles Road, Port Angeles, Washington, Amerika Serikat.
      Di taman nasional ini, kamu dapat menemukan berbagai keindahan dari banyak ekosistem, keindahan alam serta sejarah kebudayaan. Bagi kamu yang ingin bersantai sejenak dari penatnya kehidupan sehari-hari, tentu dapat mencoba mengunjungi taman nasional yang satu ini.
      Beberapa kegiatan wisata yang dapat kamu lakukan di taman nasional ini adalah mendayung, camping, climbing, memancing, stargazing di malam hari, dan lain-lain. Nah, ketika kamu mengunjungi taman nasional ini pada waktu musim dingin, kamu dapat melakukan berbagai aktivitas seperti skiing.
      Jika kamu berniat untuk mengeksplor taman nasional ini selama satu hari penuh, kamu dapat melakukan kunjungan cepat ke kawasan ekosistem utama taman nasional ini, pegunungan, hutan dan pantai.
      Selain itu, jika kamu berniat untuk mengeksplor taman nasional ini selama satu atau dua hari penuh, maka kamu dapat mengeksplor lebih banyak lagi keanekaragaman ekosistem yang terdapat di taman nasional ini. Kamu mungkin juga berminat untuk melakukan hiking atau mengunjungi taman rusa di taman nasional ini.
       
      3. Taman Nasional Virgin, Kepulauan Virgin, Amerika Serikat
       

       

      Taman Nasional Virgin 
       
      Masih di Amerika Serikat, kali ini kamu juga akan mengetahui taman nasional cantik lainnya yang terdapat di negara ini. Ya, taman nasional ini adalah Taman Nasional Virgin yang terletak di St John, Kepulauan Virgin, Amerika Serikat.
      Di taman nasional ini, kamu dapat menemukan panorama alam yang luar biasa cantik dan tentunya sayang untuk kamu lewatkan. Beberapa aktivitas wisata yang dapat kamu lakukan di taman nasional ini adalah hiking, boating, fishing, snorkeling, kayaking, windsurfing dan lain-lain.
      Jika kamu berencana untuk mengeksplor taman nasional ini selama satu jam, kamu dapat berjalan di trail Annaberg sugar mill dan Teluk Cinnamon. Selain itu, jika kamu berencana untuk mengeksplor taman nasional ini selama dua hingga tiga jam, kamu dapat melakukan hiking dari Visitor Center menuju Pantai Honeymoon atau Solomon.
      Taman nasional ini juga sangat cocok untuk kamu jadikan spot snorkelingmu. Hal ini karena kamu dapat merasakan air hangat yang berasal dari St. John. Cobalah untuk mengambil panduan snorkeling di Visitor Center untuk mendapatkan informasi yang lebih lanjut.
       
      4. Taman Nasional Snowdonia, Wales, Britania Raya
       

       

      Snowdonia, Wales, Britania Raya 
       
      Inilah dia salah satu taman nasional tercantik yang terdapat di Britania Raya. Ya, taman nasional ini adalah Taman Nasional Snowdonia yang terletak di Wales, Britania Raya.
      Taman nasional ini terletak di 3560 kaki di atas permukaan laut. Selain itu, ketika mendatangi taman nasional ini kamu akan dapat merasakan hawa yang sejuk serta melihat panorama yang indah untuk kamu sambangi.
      Taman nasional ini merupakan taman nasional yang juga merupakan rumah bagi sekitar 26.000 orang. Selain merupakan taman nasional terbesar di Wales, taman nasional ini juga merupakan tempat pegunungan tertinggi Wales dan Inggris berada.
      Nah, Taman Nasional Snowdonia ini juga merupakan tempat dimana danau alam terbesar di Wales berada. Di taman nasional ini, kamu dapat menyaksikan pemandangan berupa pegunungan, danau, bukit dan lain-lain.
      Ketika pertama kali mengunjungi taman nasional yang satu ini, kamu juga akan merasa terbiasa mendengarkan penduduk lokalnya berbicara dengan bahasa Welsh. Hal ini karena bahasa Welsh ini sendiri merupakan bahasa lokal bagi lebih dari 50% penduduk di taman nasional tersebut.
      Mengunjungi taman nasional ini tentu dapat kamu masukkan dalam daftar taman nasional yang dapat kamu sambangi. Nah, ketika kamu mengunjungi Britania Raya, sebaiknya kamu tidak melewatkan kesempatan untuk mengunjungi taman nasional indah yang satu ini.
       
      5. Taman Nasional Kruger, Afrika Selatan
       

       

      Taman Nasional Kruger 
       
      Inilah dia salah satu taman nasional terindah yang terdapat di Afrika Selatan. Taman nasional ini adalah Taman Nasional Kruger. Nah, ketika mengunjungi taman nasional ini kamu dapat menyaksikan keindahan kehidupan satwa liar Afrika.
      Taman ini memiliki luas yang sangat besar dan mencapai lebih dari 19.000 kilometer persegi. Selain itu, taman nasional ini merupakan taman nasional pertama yang ada di Afrika Selatan dan telah berdiri sejak tahun 1926.
      Berbagai aktivitas wisata yang dapat coba kamu lakukan ketika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi taman nasional ini adalah menyetir sambil berkeliling dan menyaksikan kehidupan satwa liar secara lebih dekat, mountain biking, eco trails, hingga mengamati satwa burung.
      Taman nasional ini juga telah dinobatkan sebagai salah satu tempat yang dilindungi oleh UNESCO. Beberapa jenis fauna yang terdapat di taman nasional ini adalah badak hitam, cheetah, kuda nil, gajah, badak putih, singa, hyena, leopard, jerapah, buaya, impala, dan lain-lain.
      Sementara itu, beberapa jenis flora yang terdapat di taman nasional ini adalah akasia, red bush willow, dan lain-lain. Nah, jika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Afrika Selatan, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi taman nasional menarik yang satu ini dan merasakan sendiri bagaimana rasanya lebih dekat dengan kehidupan satwa liar di Afrika.
       
      6. Taman Nasional Haleakala, Hawaii, Amerika Serikat
       

       

      Taman Nasional Haleakala, Hawaii
       
      Taman nasional ini adalah taman nasional yang terletak di kawasan Pulau Maui, Hawaii, Amerika Serikat. Ya, taman nasional ini bernama taman nasional Haleakala.
      Taman nasional ini memiliki luas total kawasan yang mencapai lebih dari 130 kilometer persegi. Taman nasional ini juga dibangun untuk melindungi banyak fauna yang hanya terdapat di taman nasional ini.
      Beberapa aktivitas wisata yang dapat kamu lakukan di Taman Nasional Haleakala adalah melihat sunrise atau sunset, hiking, camping dan lain-lain. Beberapa peralatan yang harus kamu persiapkan jika ingin mengunjungi taman nasional ini adalah topi, sunblock, kacamata hitam, makanan, air minum, poncho, sepatu olahraga atau sepatu hiking.
      Jika kamu ingin mengunjungi daerah pantai di taman nasional ini, kamu dapat mengunjungi daerah Kipahulu. Nah, ketika mengunjungi bagian ini jangan lupa untuk membawa pula lotion anti nyamuk. Ya, untuk melengkapi perjalanan wisatamu menjelajahi Amerika Serikat, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi taman nasional yang satu ini.
       
      7. Taman Nasional Deosai, Scardu, Pakistan
       

       

      Taman Nasional Deosai, Scardu, Pakistan 
       
      Taman Nasional Deosai terletak di Skardu dan bukit Astore, bagian utara Pakistan. Taman nasional ini terletak sekitar 13.000 kaki di atas permukaan laut. Taman nasional ini memiliki luas area yang mencapai sekitar 3.000 kilometer persegi. Selain itu, di antara bulan November hingga Mei, kamu dapat menyaksikan ada salju di taman nasional ini. Sementara itu, pada waktu musim panas ketika sedang tidak terdapat salju, kamu dapat mencapai taman nasional ini dari arah Skardu (utara) dan bukit Astore (barat).
      Beberapa satwa yang terdapat di taman nasional ini antara lain adalah serigala, leopard, marmot dan sejumlah burung yang seringkali bermigrasi. Nah, ketika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Pakistan, jangan lewatkan untuk mengunjungi taman nasional yang satu ini.
       
      8. Taman Nasional Kakadu, Australia
       

       

      Taman Nasional Kakadu, Australia
       
      Inilah dia sebuah taman nasional yang terletak di Australia Utara, sekitar 171 kilometer sebelah timur Kota Darwin. Taman Nasional Kakadu ini sendiri terletak di daerah sungai Alligator Australia Utara.
      Taman Nasional Kakadu menutupi area seluas 19.804 kilometer persegi, terbentang hampir 200 kilometer dari utara ke selatan dan lebih dari 100 kilometer dari barat ke timur. Di taman nasional ini kamu dapat menemukan banyak keanekaragaman ekologi dan biologi.
      Taman nasional ini merupakan rumah bagi banyak flora dan fauna endemic yang sudah jarang dan hampir punah. Selain itu, taman nasional ini juga merupakan rumah bagi sekitar sepertiga spesies burung asli Australia dan setengah fresh water di Australia.
      Taman Nasional Kakadu juga sangat berkaitan erat dengan kebudayaan lokal Australia. Ya, lanskap budaya memang sudah sangat melekat di taman nasional ini. Konon, warga lokal sendiri sudah menjaga taman nasional ini selama lebih dari 50.000 tahun.
      Ya, kunjungan ke taman nasional ini memang sebaiknya dapat kamu masukkan dalam daftar kegiatan wisatamu ketika mengunjungi Australia. Nah, ketika mengunjungi Australia Utara khususnya, jangan lupa untuk menyambangi taman nasional cantik yang satu ini pula.
       
      9. Taman Nasional Grand Canyon, Arizona, Amerika Serikat
       

       

      Grand Canyon, Arizona, Amerika Serikat 
       
      Inilah dia salah satu taman nasional yang dapat kamu sambangi ketika kamu mengunjungi Amerika Serikat. Taman nasional ini adalah Taman Nasional Grand Canyon.
      Taman nasional ini merupakan taman nasional yang terletak di dekat Sungai Colorado dan telah menjadi situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1979. Grand Canyon sendiri pernah menjadi satu dari tujuh keajaiban dunia.
      Beberapa aktivitas wisata yang dapat kamu lakukan di taman nasional ini adalah mengikuti program free ranger. Dengan demikian, kamu dapat mengetahui berbagai hal mengenai seluk beluk taman nasional ini. Ya, kamu dapat mengetahui berbagai sisi seperti sejarah, kebudayaan, dan lain-lain.
      Selain itu, kamu juga dapat melakukan kegiatan hiking. Kamu juga dapat menyaksikan film documenter yang menjelaskan tentang Taman Nasional Grand Canyon ini. Nah, ketika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Amerika Serikat, jangan lupa untuk mengunjungi taman nasional yang satu ini.
       
      10. Taman Nasional Sagarmantha, Nepal
       

       

      Taman Nasional Sagarmantha 
       
      Inilah dia salah satu taman nasional cantik yang terletak di Nepal. Ya, taman nasional ini adalah Taman Nasional Sagarmantha.
      Secara spesifik, taman nasional ini terletak di daerah Namche, Nepal. Taman nasional ini merupakan kawasan lindung yang terletak di daerah Himalaya, sekitar bagian timur Nepal. Taman nasional ini memiliki luas area sekitar 1.148 kilometer persegi.
      Taman nasional ini didominasi oleh Gunung Everest yang merupakan gunung tertinggi di dunia dengan puncak yang mencapai 8.848 meter. Di tempat ini kamu juga dapat menemukan banyak spesies yang sudah hampir punah, seperti leopard dan panda.
      Beberapa vegetasi yang terdapat di taman nasional ini adalah juniper, bamboo, rhododendron, pinus, dan lain-lain. Selain vegetasi, beberapa satwa yang terdapat di tempat ini adalah leopard, panda merah, monyet langur, hingga serigala Himalaya.
               
      11. Taman Nasional Iguazu, Argentina
       

       

      Taman Nasional Iguazu, Argentina 
       
      Inilah dia sebuah taman nasional cantik yang terletak di Argentina. Taman nasional ini adalah Taman Nasional Iguazu. Secara spesifik, taman nasional ini terletak di Ruta 101, Puerto Igazu, Argentina.
      Di taman nasional ini, kamu dapat menemukan sebuah air terjun yang terletak di pusat kawasan taman nasional ini. Nah, air terjun tersebut memiliki ketinggian yang mencapai sekitar 80 meter. Karena keindahannya, air terjun ini pun menjadi salah satu air terjun tercantik di dunia.
      Taman Nasional Iguazu memiliki luas total kawasan yang mencapai sekitar 550 kilometer persegi. Beberapa satwa liar yang terdapat di taman nasional ini adalah jaguar, jaguarondi, tapir Amerika Selatan, dan lain-lain.
      Selain itu, di Taman Nasional Iguazu ini juga kamu dapat menemukan banyak jenis kupu-kupu. Nah, ketika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Argentina, jangan lupa untuk datang mengunjungi taman nasional yang satu ini.      
       
      Nah, itulah dia pembahasan mengenai taman nasional terbaik di dunia yang seru untuk kamu kunjungi pada liburan selanjutnya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasanmu agar kamu dapat memiliki referensi wisata kunjungan taman nasional pada kesempatan liburan selanjutnya.
      Ternyata, taman nasional juga mampu menjadi destinasi wisata cantik yang dapat kamu kunjungi ketika kamu datang berkunjung ke suatu negara. Happy traveling!
    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
       
      Taman nasional adalah kawasan pelestarian alam yang memiliki ekosistem yang asli. Selain itu, taman nasional ini juga dikelola dengan system zonasi yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata dan juga rekreasi.
      Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang tentunya menarik untuk kamu kunjungi. Selain pantai, gunung, Indonesia juga rupanya memiliki banyak taman nasional yang menanti untuk kamu sambangi.
      Nah, apakah kamu penasaran dan ingin segera menjelajahi taman-taman nasional yang terdapat di Indonesia? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam taman nasional terbaik di Indonesia yang menanti untuk kamu kunjungi. Adapun daftar ini dibuat secara acak dan tidak berurutan.
       
      1. Taman Nasional Gunung Leuseur
       

       

      Taman Nasional Gunung Leuser 
       
      Inilah dia salah satu taman nasional cantik yang terdapat di Indonesia. Ya, taman nasional ini adalah Taman Nasional Gunung Leuser yang terdapat di antara Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Aceh Tamiang, Provinsi Aceh dan Kabupaten Dairi, Karo, Langkat, Provinsi Sumatera Utara.
      Taman Nasional Gunung Leuser ini ditetapkan sebagai Cagar Biosfer pada tahun 1980 oleh UNESCO. Taman nasional ini menjadi lokasi konservasi dan pembangunan keanekaragaman hayati, taman yang satu ini terdiri dari ekosistem hutan pantai, hutan hujan tropis dataran rendah, dan pegunungan.
      Di taman nasional ini, kamu dapat merasakan serunya sensasi trekking membelah hutan lebat dan menemukan sungai dan air terjun. Nah, jika kamu beruntung kamu dapat menemukan orangutan dan gajah Sumatera ketika mengunjungi tempat ini.
      Di taman nasional ini, kamu juga dapat menemukan banyak hewan lainnya, seperti badak sumatera, siamang, kambing hutan hingga harimau Sumatera. Nah, waktu terbaik untuk mengunjungi taman nasional ini adalah sejak bulan Juni hingga bulan Oktober.
       
      2. Taman Nasional Bunaken
       

       

      Taman Nasional Bunaken 
       
      Taman Nasional Bunaken adalah perwakilan ekosistem perairan tropis Indonesia yang terdiri dari ekosistem hutan bakau, padang lamun, terumbu karang, dan ekosistem daratan atau pesisir. Taman ini terletak di segitiga terumbu karang dan menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang.
      Taman nasional ini juga merupakan rumah bagi berbagai spesies ikan, moluska, reptile dan mamalia laut. Taman nasional ini didirikan pada tahun 1991. Selain itu, taman nasional ini memiliki luas sebesar 890,65 kilometer persegi.
      Sebanyak 97% dari kawasan ini merupakan habitat laut sementara 3% sisanya merupakan daratan. Daratan di taman nasional ini adalah Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen dan Siladen.
      Beberapa jenis satwa yang terdapat di daratan pesisir adalah kera hitam Sulawesi, rusa dan kuskus. Di taman nasional ini juga terdapat hutan bakau yang kaya dengan berbagai jenis kepiting, udang, moluska, camar, bangau, dara laut dan cangak laut.
      Yang paling menarik dari taman nasional ini adalah kamu dapat menyaksikan tebing karang vertical sampai sejauh sekitar 25 hingga 50 meter. Waktu terbaik untuk mengunjungi taman nasional ini adalah dari bulan Mei hingga Agustus setiap tahunnya.
       
      3. Taman Nasional Baluran
       

       

      Taman Nasional Baluran 
       
      Ini dia salah satu taman nasional di Banyuwangi yang terlalu sayang untuk kamu lewatkan. Kamu menyangka sedang berada di Afrika? Bukan, ini adalah Taman Nasional Baluran di Banyuwangi.
      Tempat ini adalah hamparan savanna terluas di Pulau Jawa. Ketika kamu berhasil menyempatkan diri untuk berkunjung ke Taman Nasional Baluran ini, kamu dapat menyaksikan pemandangan alam indah yang memukau.
      Kamu akan dapat melihat pemandangan berupa ratusan rusa liar berlarian menuju kubangan air. Selain itu, kamu juga dapat menyaksikan merak jantan melebarkan ekornya guna menarik perhatian sang betina. Kamu juga dapat melihat puluhan kerbau yang gagah dan lain-lain.
      Pemandangan yang ditawarkan oleh Taman Nasional Baluran memang sangat indah dan menarik perhatian. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk memasuki Taman Nasional Baluran adalah sekitar Rp 6.000,00 per mobil dan Rp 2.500,00 per orang.
      Di tempat ini, kamu dapat melakukan kegiatan penelitian, pengamatan dan atraksi satwa serta berkunjung ke Pantai Bama. Kawasan ini terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur.
      Luas taman nasional ini mencapai sekitar 25.000 hektar. Di sana juga terdapat Gunung Baluran yang sudah tidak aktif lagi. 40% dari tipe vegetasi di Taman Nasional ini merupakan vegetasi savanna. Hal ini mengakibatkan daerah ini menjadi daerah yang sangat subur dan kaya sumber makanan bagi berbagai jenis satwa pemakan rumput.
       
      4. Taman Nasional Ujung Kulon
       

       

      Taman Nasional Ujung Kulon
       
      Taman Nasional Ujung Kulon adalah sebuah taman nasional yang terletak di bagian ujung Pulau Jawa bagian barat. Taman ini memiliki luas sekitar 122.956 hektar.
      Taman nasional ini termasuk salah satu taman nasional di Indonesia yang diresmikan paling awal. Selain itu, taman ini juga mendapatkan penghargaan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1991.
      Tempat ini menjadi habitat asli sekaligus perlindungan bagi badak jawa yang saat ini sudah tinggal puluhan ekor tersisa. Ketika mengunjungi taman nasional ini, kamu akan pertama kali bertemu dengan Pulau Peucang.
      Ya, Pulau Peucang merupakan pulau pertama yang akan ditemui oleh para wisatawan yang hendak berkunjung ke Taman Nasional Ujung Kulon ini. Di Pulau Peucang ini kamu dapat menemukan pantai berpasir putih yang indah dan menanti untuk kamu sambangi.
      Terdapat banyak tempat-tempat di taman nasional ini yang dapat kamu kunjungi dan memiliki banyak pemandangan yang cantik. Tempat-tempat tersebut adalah sungai dengan jeramnya, air terjun, pantai pasir putih, sumber air panas, taman laut dan peninggalan budaya atau sejarah.
      Selain itu, di pantai ini kamu juga dapat menemukan banyak babi dan monyet yang hidup secara liar. Hal ini menandakan bahwa kawasan ini masih alami. Nah, jika kamu ingin mengunjungi taman nasional ini, kamu dapat mengunjunginya pada bulan April hingga September karena waktu tersebut adalah waktu terbaik.
       
      5. Taman Nasional Wakatobi
       

       

      Taman Nasional Wakatobi 
       
      Inilah dia salah satu taman nasional cantik di Indonesia. Ya, taman nasional ini adalah Taman Nasional Wakatobi yang terletak di Sulawesi Tenggara. Total area taman nasional ini adalah sekitar 1,39 juta hektar. Di dalam taman nasional ini terdapat keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang. Selain itu, taman nasional ini juga menempati salah satu posisi tertinggi dari konservasi laut di Indonesia.
      Kawasan taman nasional ini memang terkenal sangat kaya dengan koral. Sebab, di taman nasional ini terdapat setidaknya 750 spesies koral dari 850 spesies koral yang ada di seluruh dunia.
      Konfigurasi kedalamannya bervariasi mulai dari datar sampai melandai ke laut dan di beberapa daerah perairan terdapat yang bertubir curam. Bagian terdalam perairannya mencapai 1.044 meter.
      Wakatobi sendiri memiliki sekitar 25 gugusan terumbu karang yang menjadikannya sebagai habitat ideal bagi berbagai jenis biota laut. Berbagai biota laut senang untuk tinggal di Wakatobi karena memiliki nilai konservasi dan juga estetika yang tinggi.
      Berbagai aktivitas yang dapat kamu lakukan di taman nasional ini adalah diving, snorkeling, berenang dan memancing. Ya, ketika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Sulawesi Tenggara sebaiknya kamu juga menyempatkan waktumu untuk mengunjungi Wakatobi ini.
       
      6. Taman Nasional Way Kambas
       

       

      Taman Nasional Way Kambas 
       
      Taman Nasional Way Kambas adalah taman nasional yang berfungsi sebagai pusat perlindungan gajah. Taman nasional ini terletak di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia.
      Gajah yang menjadi pusat perhatian di taman nasional ini adalah Gajah Sumatera. Taman nasional ini memiliki luas sekitar 125.621 hektar. Nah, selain itu taman nasional ini juga merupakan ekosistem hutan dataran rendah yang terdiri dari hutan rawa air tawar, padang alang-alang, dan hutan pantai.
      Di kawasan ini, kamu dapat menyaksikan sebuah pusat latihan gajah yang telah didirikan sejak tahun 1985. Yang menarik adalah hingga saat ini kawasan ini telah melatih dan menjinakkan sekitar 200 gajah. Wah, keren sekali bukan?
      Jika kamu ingin mengunjungi taman nasional ini, kamu dapat mengunjunginya pada bulan Juli hingga September. Selain itu, di taman nasional ini juga terdapat International Rhino Foundation yang berguna untuk menjaga badak agar tidak punah.
       
      7. Taman Nasional Kepulauan Seribu
       

       

      Taman Nasional Kepulauan Seribu
       
      Inilah dia salah satu taman nasional yang terletak di Jakarta. Ya, taman nasional ini merupakan Taman Nasional Kepulauan Seribu. Di kawasan ini terdapat setidaknya sekitar 78 pulau besar atau kecil yang tingginya tidak lebih dari 3 mdpl. Pulau ini sendiri merupakan kumpulan dari gugusan karang.
      Nah, di taman nasional ini kamu dapat menemukan lebih dari 54 jenis kerang keras atau lunak, 2 jenis kima, 3 kelompok ganggang, 6 jenis rumput laut, 144 jenis ikan, dan 17 jenis burung pantai. Yang paling menyenangkan dari tempat ini adalah kamu dapat menemukan tempat peneluran penyu sisik dan penyu hijau yang tergolong langka.
      Nah, waktu terbaik untuk mengunjungi taman nasional ini adalah pada waktu bulan Maret hingga Mei. Yang paling menyenangkan adalah taman ini terletak tidak begitu jauh dari pusat kota Jakarta, yaitu sekitar 45 kilometer.
       
      8. Taman Nasional Pulau Komodo
       

       

      Taman Nasional Pulau Komodo
       
      Inilah dia salah satu taman nasional yang menjadi kebanggaan warga Indonesia. Taman nasional ini adalah Taman Nasional Pulau Komodo.
      Taman nasional ini terletak pada perbatasan Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Taman nasional ini didirikan pada tahun 1980 yang berfungsi untuk menjaga dan melestarikan komodo, spesies kadal terbesar di dunia.
      Nah, pada tahun 1991, taman nasional ini menjadi salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO. Taman Nasional Komodo memiliki luas 173.300 ha meliputi wilayah daratan dan lautan dengan lima pulau utama yakni Pulau Komodo, Padar, Rinca, Gili Motang, Nusa Kode dan juga pulau-pulau kecil lainnya.
      Nah, Taman Nasional Pulau Komodo ini terletak di kawasan  Wallacea Indonesia. Kawasan Wallacea terbentuk dari pertemuan dua benua yang membentuk deretan unik kepulauan bergunung api, dan terdiri atas campuran burung serta hewan dari kedua benua Autralia dan Asia.
      Selain itu, kamu juga dapat menyaksikan setidaknya 254 spesies tumbuhan yang berasal dari Asia dan Australia di Taman Nasional Komodo. Selain itu, juga terdapat 58 jenis binatang dan 128 jenis burung. Perpaduan berbagai vegetasi di Taman Nasional Komodo memberikan lingkungan yang baik bagi berbagai jenis binatang dalam kawasan ini.
      Nah, jika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Nusa Tenggara Barat, sebaiknya kamu tidak melewati kesempatan untuk mengunjungi Pulau Komodo ini. Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Nasional Pulau Komodo adalah dari bulan Maret hingga Juni atau dari bulan Oktober hingga Desember.
      Selain dapat menikmati keindahan yang ditawarkan oleh Pulau Komodo, kamu juga dapat mencoba untuk menantang adrenalinmu sendiri ketika kamu mengunjungi taman nasional ini. Ya, dengan mengunjungi taman nasional ini kamu juga dapat mengetahui apakah kamu cukup berani untuk berhadapan langsung dengan komodo atau tidak.
        
      9. Taman Nasional Tanjung Puting
       

       

      Taman Nasional Tanjung Puting 
       
      Taman Nasional Tanjung Puting adalah sebuah taman nasional yang terletak di semenanjung barat daya Provinsi Kalimantan Tengah. Taman nasional ini terletak di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin, Provinsi Kalimantan Tengah. Luas keseluruhan taman nasional ini mencapai 415.040 hektar.
      Lokasi rehabilitasi orangutan terletak di Tanjung Harapan, Pondok Tanggui dan Camp Leakey. Di tempat ini kamu dapat menemukan orang utan asli Kalimantan dengan bulu kemerahan dan tanpa ekor. Menyenangkan sekali, bukan?
      Dengan singgah sejenak di tempat ini, kamu dapat merasa lebih peduli dan menyayangi satwa-satwa langka yang sedang berjuang di pusat rehabilitasi ini. Nah, di taman nasional ini kamu juga dapat menyaksikan orang utan yang hidup langsung di habitatnya sehingga kawasan ini masih tergolong alami.
      Sebaiknya kamu menghindari kunjungan ke taman nasional pada bulan Juli hingga Agustus. Hal ini karena waktu-waktu tersebut merupakan high season sehingga harga diprediksi pengunjung taman nasional ini akan membludak dan semakin banyak.
      Salah satu tips terbaik yang dapat kamu lakukan jika ingin mengunjungi taman nasional ini adalah selalu membawa lotion anti nyamuk agar kamu dapat tetap merasa nyaman ketika menjelajahi taman nasional ini.
       
      10. Taman Nasional Teluk Cendrawasih
       

       

      Taman Nasional Teluk Cendrawasih 
       
      Inilah dia salah satu taman nasional cantik yang sebaiknya kamu kunjungi. Taman nasional ini adalah Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang terletak di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua.
      Jika kamu berminat untuk berenang di taman nasional ini, bukan tidak mungkin kamu dapat mendapatkan foto keren sedang berfoto dengan hiu paus. Taman nasional ini memiliki luas area yang mencapai lebih dari 1 juta hektar.
      Dengan luas yang besar tersebut, taman nasional ini telah mencakup ekosistem terumbu karang, mangrove, pantai dan hutan tropis. Nah, di taman nasional yang memiliki perairan yang sangat luas ini terdapat 209 jenis ikan, beberapa jenis penyu, duyung, lumba-lumba, paus hingga hiu.
      Di tempat ini, kamu juga dapat menemukan goa alam peninggalan zaman purba, sumber air panas di Pulau Misowaar, dan tempat-tempat bersejarah lainnya. Jika kamu ingin mengunjungi taman nasional ini, kamu dapat mengunjunginya pada waktu terbaik, yaitu sekitar bulan Mei hingga Oktober setiap tahunnya.
       
      Nah, itulah dia pembahasan mengenai taman nasional terbaik di Indonesia yang menanti untuk kamu kunjungi. Semoga artikel ini dapat membantumu untuk mengeksplor banyak taman nasional cantik di Indonesia.
      Happy traveling!
    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
      Taman kota memiliki fungsi yang cukup vital untuk sebuah kota. Secara ekologis, taman kota berfungsi sebagai paru-paru kota yang tentunya dapat membuat warga kota menjadi lebih sehat karena polusi dapat diserap dengan baik. Selain itu, taman kota juga sebaiknya memiliki fungsi estetis.  
      Pembangunan yang tidak merata menjadi salah satu penyebab polusi menjadi masalah utama di kota-kota besar Indonesia. Padahal, idealnya sebuah kota memiliki ruang terbuka hijau untuk masyarakat dalam melakukan aktivitasnya. Hal ini juga berguna untuk mengendalikan kenyamanan iklim.
      Nah, sekarang apakah kamu penasaran dan ingin mengetahui taman-taman kota terindah yang terdapat di Indonesia? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam taman-taman terindah di Indonesia yang menanti untuk kamu sambangi. Adapun daftar taman-taman ini dibuat secara random.
       
      1. Taman Bungkul, Surabaya
       

       

      Taman Bungkul, Surabaya via http://www.brilio.net/life/penatmu-bakal-sirna-dengan-mengunjungi-10-taman-terbaik-indonesia-ini-150806w.html
       
      Taman Bungkul adalah salah satu taman kota terbaik yang ada di Indonesia. Taman Bungkul di Surabaya ini mendapatkan penghargaan yang sangat mengagumkan, yaitu “The 2013 Asian Townscape Sector Award” atau taman terbaik se-Asia dari PBB.
      Fasilitas yang terdapat di Taman Bungkul ini adalah skateboard track, BMX track, jogging track, plaza (yang biasanya digunakan untuk live performances berbagai event entertainment), zona akses wifi gratis, telefon umum, area green park dengan kolam air mancur serta taman bermain anak-anak.
      Taman ini juga memiliki fasilitas amfiteater dengan luas taman mencapai sekitar 33 meter persegi. Taman Bungkul memang selalu menjadi salah satu destinasi wisata tempat favorit para pengunjung untuk menghabiskan waktu di akhir pekan.
      Nah, ketika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Surabaya, jangan lupa untuk datang dan mengunjungi Taman Bungkul ini. Kamu tidak akan menyesal jika mengunjungi taman ini karena taman ini cukup terkenal dengan keindahannya.
       
      2. Alun-alun Kota Batu, Malang
       

       

      Alun-alun Kota Batu, Malang via https://novavilla.files.wordpress.com/2011/05/alun2.jpg
       
      Selain Taman Bungkul, rupanya Jawa Timur juga memiliki taman cantik yang menarik untuk kamu kunjungi. Taman itu merupakan Alun-Alun Kota Batu, Malang.
      Alun-alun Kota Batu atau yang lebih dikenal juga dengan sebutan Taman Kota Batu merupakan landmark baru pariwisata kota tersebut. Taman ini sejak dibuka 4 tahun yang lalu telah mengalami renovasi besar-besaran hingga saat ini.
      Dengan wajah barunya yang semakin menawan saat ini, kota ini semakin berseri dan menampakkan kecantikannya. Konsep yang dimiliki oleh alun-alun Kota Batu ini juga cenderung unik.
      Hal ini karena kamu dapat menyaksikan ada bianglala yang terdapat di taman ini. Kamu dapat melihat ada ruang informasi yang berbentuk buah stroberi. Selain itu, kamu juga dapat melihat ada toilet yang berbentuk apel di taman cantik ini.
      Di taman ini, kamu juga dapat mendapatkan fasilitas penunjang lainnya seperti kereta mini, bianglala mini, motor mini, hingga air minum gratis. Nah, untuk itulah jika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi kota Batu, kamu dapat menyempatkan waktumu untuk mengunjungi taman cantik yang satu ini.
       
      3. Taman Kota Pecangakan, Bali
       

       

      Taman Kota Pecangakan, Bali via http://www.brilio.net/life/penatmu-bakal-sirna-dengan-mengunjungi-10-taman-terbaik-indonesia-ini-150806w.html
       
      Taman Pecangakan adalah taman kota yang terletak di area perkantoran. Taman ini terletak di Jalan Jendral Sudirman, Negara, Jembrana, Bali.
      Pada bagian tengah taman ini terdapat air mancur. Pada bagian tengah-tengah air mancur ini terdapat patung Dewa Ruci. Dewa Ruci merupakan penjelmaan dari Bima, yang dalam tokoh pewayangan merupakan tokoh yang berhasil mendapatkan air tirta sari dalam sejarah Mahabrata.
      Bima bertemu dengan sosok Dewa Ruci yang merupakan sosok dirinya sendiri dalam wujud yang lebih kecil. Selain Dewa Ruci, di taman ini juga terdapat banyak patung-patung lainnya.
      Patung-patung yang terdapat di taman ini antara lain adalah patung Drupadi, Kresna, Sengkuni, Arjuna, Srikandi dan lain-lain. Pada tahun 1990-an, taman ini diubah menjadi taman kota oleh pemerintahan Bali. 
      Sejak saat itu, Taman Pecangakan pun dijadikan sebagai salah satu alternative untuk wisata liburan bersama keluarga oleh orang-orang Bali dan sekitarnya. Di taman ini, kamu dapat menyaksikan kolam air mancur serta patung-patung yang menjadi hiasan.
      Nah, adapun aktivitas wisata terbaik yang dapat kamu lakukan di taman ini adalah duduk santai, bermain bola, berjalan-jalan, baca buku, berfoto, dan lain-lain. Vegetasi yang terdapat di tempat ini adalah kelapa sawit, kamboja, cemara, dan lain-lain.
       
      4. Taman Bougenvil, Singkawang
       

       

      Taman Bougenvil, Singkawang, via http://cdn.klimg.com/newshub.id//real/2015/08/05/35111/taman-terindah_bukit-bougenville.jpg
       
      Taman ini adalah rumah bagi banyak spesies bugenvil. Nah, taman ini memiliki lokasi di Singkawang, Kalimantan Barat. Secara persisnya, taman ini terletak di Desa Sijangkung sekitar 6 kilometer dari Singkawang.
      Sesuai dengan namanya, taman ini didominasi oleh vegetasi bunga bougenville. Terhitung ada sekitar 46 spesies bugenvil yang terdapat di taman ini. Selain itu, kamu juga dapat melihat berbagai bunga bougenville yang terdapat di taman ini berasal dari dalam dan luar negeri.
      Selain bougenville, kamu juga masih tetap dapat melihat berbagai bunga lain di taman ini. Spesies tersebut adalah anggrek, aglonema dan anthurium. Tidak hanya bunga, di tempat ini kamu juga dapat melihat berbagai koleksi tanaman buah, seperti belimbing madu, durian, alpukat dan rambutan.
      Bagian yang paling menyenangkan dari taman ini adalah kamu dapat merasakan sejuknya pepohonan homogen di taman ini. Ya, taman ini didominasi oleh vegetasi pohon gaharu yang selalu membuatmu merasa nyaman karena kesejukannya.
      Jika kamu berminat, kamu juga dapat langsung membeli bibit bunga atau tanaman buah di tempat ini. Untuk membeli bibit bunga atau tanaman buah di tempat ini, kamu dapat langsung membelinya di rumah kaca yang terdapat di taman ini.
      Taman Bougenville ini dibuka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 21.00. Untuk memasuki taman cantik ini, kamu harus membayar sebanyak sekitar Rp 10.000,00. Namun tenang saja, karena biaya tersebut akan sebanding dengan pengalaman yang kamu dapatkan.
       
      5. Taman Alam Lumbini, Brastagi, Sumatera Utara
       

       

      Taman Alam Lumbini via http://nepaleyejourneys.com/wp-content/uploads/2013/12/taman-alam-lumbini.jpg
       
      Inilah dia salah satu taman terbaik yang terdapat di Indonesia. Taman ini terletak di Desa Tongkoh, Kabupaten Karo. Taman ini sudah menjadi sangat populer bukan hanya sebagai salah satu destinasi wisata favorit bagi masyarakat lokal, namun juga bagi wisatawan asing yang datang mengunjungi Sumatera Utara.
      Keunikan yang dimiliki oleh taman ini adalah kamu dapat menyaksikan replika Pagoda Shwedagon yang terdapat di Myanmar. Nah, di dekat pagoda ini kamu dapat menemukan taman cantik yang terdiri dari berbagai bunga yang indah.
      Nah, di belakang taman ini terdapat jembatan Titi Lumbini. Dari jembatan ini, kamu dapat menyaksikan panorama hijau taman alam Lumbini. Ya, ketika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Brastagi, sebaiknya kamu tidak melewatkan kesempatan untuk mengunjungi taman yang satu ini.
       
      6. Taman Kota Giri Menang, Lombok Barat
       

       

      Taman Kota Giri Menang via https://anekainfounik.files.wordpress.com/2014/09/taman-kota-giri-menang-gerung-lombok-barat.jpg
       
      Mengunjungi Lombok belum lengkap rasanya jika kamu belum mengunjungi taman kota yang indah ini. Taman kota ini bernama Taman Kota Giri Menang.
      Di tempat ini terdapat banyak fasilitas yang dapat kamu coba, antara lain adalah tempat bermain anak, lapangan basket, lapangan voli, lapangan basket, tempat wisata kuliner dan lain-lain. Nah, walaupun terdapat banyak fasilitas di taman ini tetapi taman ini tetap terlihat cantik dan indah.
      Taman ini memiliki luas sekitar 1,5 hektar. Nah, selain itu Taman Giri Menang ini berbentuk persegi panjang. Kamu juga dapat melihat berbagai ukiran khas Lombok di taman ini. Menyenangkan sekali, bukan, dapat mengeksplor taman cantik yang satu ini?
      Pada malam hari, kamu juga akan terpukau melihat kecantikan taman kota yang satu ini. Kamu dapat menyaksikan taman ini dihujani dengan cahaya lampu yang sangat indah dan menenangkan. Ya, cobalah untuk mengunjungi taman ini pada waktu malam hari jika kamu ingin menikmati pemandangan yang berbeda.
      Berbagai kegiatan juga dapat kamu lakukan di taman kota ini. Kamu dapat bersantai, memanfaatkan fasilitas di sana serta mencicipi nikmatnya wisata kuliner di taman ini. Menyenangkan dan patut dicoba, bukan?
       
      7. Taman Juanda, Bandung
       

       

      Taman Juanda Bandung via http://images.detik.com/customthumb/2012/03/09/1025/img_20120309150528_4f59b9c8eade4.jpg?w=600
       
      Taman Hutan Raya Juanda ini merupakan kawasan konservasi yang terpadu dengan alam sekunder dan hutan tanaman yang terletak di kawasan Bandung. Taman ini terbentang dari kawasan Dago Pakar hingga Maribaya.
      Taman ini terletak pada ketinggian 770 hingga 1330 mdpl. Di tempat ini kamu juga dapat menyaksikan terdapat banyak vegetasi yang berjumlah sekitar 2500 vegetasi. Vegetasi tersebut terdiri dari 40 familia dan 112 spesies.
      Taman ini berfungsi untuk memenuhi kebutuhan air, lingkungan alami serta pelindung flora dan fauna di lingkungan perkotaan. Begitu kamu memasuki kawasan taman ini, kamu akan dapat merasakan kesejukan udara taman ini.
      Sekali dalam seminggu kamu dapat mencoba untuk meluangkan waktumu dengan berkunjung ke Taman Hutan Raya Juanda ini. Bayangkanlah kamu dapat mengganti kepenatan udara yang biasa kamu hirup dengan kesejukan udara yang ditawarkan oleh taman ini. Menyenangkan sekali, bukan?
      Dengan berkunjung selama sekitar 30 menit hingga 1 jam ke taman ini, kamu dapat mengganti udara di paru-parumu dengan udara yang segar. Hal tersebut dapat menjadi detoksifikasi racun, yang mampu membuat otak menjadi lebih segar, kulit menjadi lebih cerah dan badan menjadi lebih sehat.
       
      8. Taman Suropati, Jakarta
       

       

      Taman Suropati, Jakarta via http://www.direktorijakarta.com/assets/images/directory/taman-suropati_11051304.jpg
       
      Jakarta rupanya juga memiliki taman yang cantik di dalam kotanya. Ya, taman ini bernama Taman Suropati. Taman Suropati terletak di Jalan Taman Suropati, Jakarta Pusat. Secara tepatnya, taman ini terletak di antara 3 jalan, yaitu Jalan Teuku Umar, Jalan Diponegoro, serta Jalan Imam Bonjol.
      Taman ini telah mulai ditanami bunga sejak tahun 1920. Taman ini pada mulanya berbentuk sebuah bukit, namun demikian dipangkas dan sebagian tanahnya dikirimkan ke Jalan Besuki. Di tempat ini kamu dapat melihat ada banyak sculpture dan patung yang merupakan hasil karya seniman-seniman ASEAN.
      Ketika memasuki taman ini, kamu dapat merasakan kesejukan yang sangat menenangkan. Sangat cocok untuk kamu sambangi ketika kamu sudah mulai merasakan penat karena kesibukan Kota Jakarta.
      Selain itu, kamu juga dapat melihat ada kandang burung merpati di rumah panggungnya yang tinggi. Nah, sehingga ketika kamu berkunjung ke tempat ini kamu tidak terkejut melihat ada banyak burung merpati di tempat ini.
      Taman in semula bernama Burgemeester Bisschopplein, dan Perancangnya adalah PAJ Mooejen dan FJ Kubatz. Nama taman berasal dari nama Walikota (Burgemeester) Batavia pertama, yaitu G.J. Bisshop (1916-1920).
      Nah, ketika kamu sudah mulai merasa bingung dan pusing di tengah penatnya kota Jakarta, berwisata ke Taman Suropati tentunya dapat kamu jadikan alternative untuk mengisi waktu luang di akhir pekan.
       
      9. Taman Film, Bandung
       

       

      Taman Film di Bandung via http://wisatadisemarang.com/wp-content/uploads/2015/05/taman-film-sebagai-tempat-nongkrong-di-bandung.jpg
       
      Inilah dia salah satu taman unik yang terdapat di Bandung. Taman ini merupakan Taman Film. Taman Film sendiri merupakan taman khusus yang dibangun agar masyarakat lokal Kota Bandung dapat menonton film di taman ini.
      Taman ini memiliki luas sekitar 1300 meter persegi dan dapat menampung setidaknya 500 orang penonton. Taman ini didukung dengan videotron raksasa yang berukuran sekitar 4x8 meter. Fasilitas ini didukung dengan sound system berkualitas baik dan memiliki daya listrik sekitar 33.000 watt.
      Kamu pun dapat memilih tempat dudukmu sendiri ketika kamu berada di taman ini. Ya, kamu dapat memilih untuk duduk di atas beton bergaya terasering sawah atau pun di atas rumput sintetis di depan layar. Menyenangkan sekali, bukan?
      Taman ini berlokasi di bawah taman layang. Ya, hal ini merupakan upaya dari pemerintah Kota Bandung untuk memanfaatkan ruang-ruang kosong yang tidak terpakai di Kota Bandung.
               
      10. Taman Selecta, Malang
       

       

      Taman Selecta via http://4.bp.blogspot.com/-J5OkilPIY_M/UwPYbBXjm7I/AAAAAAAAI5Q/_NAtfcT16BY/s1600/DSC_0879.JPG
       
      Taman Selecta adalah sebuah taman indah yang terletak di kawasan Kota Batu, Malang. Salah satu tempat wisata di Malang ini sangat sesuai untuk kamu nikmati, terutama bagi kamu yang menyukai hawa udara yang dingin di dalam taman ini.
      Di taman ini, terdapat banyak fasilitas wisata yang dapat kamu coba. Nah, fasilitas wisata yang tersedia di taman ini misalnya adalah taman wisata hiburan, taman bunga, dan kolam renang (yang juga dilengkapi dengan sepeda bebek dan papan luncur). Selain itu, di taman ini kamu juga dapat melihat ada area untuk outbond atau flying fox.
      Hal menarik yang dapat kamu kunjungi di taman ini adalah puncak Selecta. Cobalah untuk menyusuri jalan setapak di taman ini hingga mencapai bagian puncak Selecta.
      Setibanya di puncak Selecta, kamu dapat menikmati pemandangan alam yang sangat menyejukkan mata, seperti hamparan sawah yang luas dan dikelilingi oleh pegunungan. Taman ini memang merupakan salah satu tempat yang tepat agar kamu dapat menyegarkan pikiran dari sibuknya kehidupan sehari-hari.
      Ketika sedang berjalan, kamu dapat menikmati indahnya pemandangan berupa hamparan bunga yang berwarna-warni. Kamu akan merasa senang menikmati pemandangan yang disajikan oleh taman bunga cantik yang satu ini.
      Jika kamu memiliki waktu yang cukup luang pada weekdays, sebaiknya kamu mempertimbangkan untuk mengunjungi taman ini pada waktu-waktu tersebut. Hal ini karena dikhawatirkan pada waktu hari libur atau weekend taman ini malah akan semakin ramai sehingga tidak membuatmu nyaman berada di taman ini.
               
      Nah, itulah dia pembahasan mengenai taman-taman terindah di Indonesia yang menanti untuk kamu sambangi. Semoga artikel ini dapat menjadi referensimu agar kamu dapat mengunjungi taman-taman cantik di Indonesia ini.
      Wah, rupanya Indonesia juga memiliki banyak taman indah yang dapat kamu sambangi bahkan untuk sekedar menyegarkan pikiranmu ketika kamu sudah mulai merasa penat dengan kehidupan sehari-hari.
      Happy traveling!