Sign in to follow this  
Married2014

Etika Berwisata di Thailand

5 posts in this topic

Anda berniat untuk mengunjungi Thailand akhir2 ini?

Beberapa tips yang dilansir dai CNNGO, ini mungkin bisa menjadi rujukan buat Anda untuk mempermudah kunjungan wisata Anda.

Sama halnya dengan Thailand, walapun sama-sama berada di kawasan Asia, Thailand memiliki beberapa perbedaan tentang norma-norma.

1. Berkenalan

Menyapa seseorang di Thailand adalah dengan menyatukan kedua telapak tangan, kemudian diangkat hingga wajah disertai sedikit bungkukan, dan berucap salam adalah hal umum yang dilakukan. Namun sapaan ini hanya berlaku untuk kalangan bangsawan, atau kalangan-kalangan tertentu.

2. Berbicara

Topik pembicaraan di Thailand sangat terbuka untuk umum, namun topik seputar masalah kerajaan, keluarga kerajaan, dan isu keamanan nasional adalah topik pembicaraan yang harus dihindari. Hindari juga pertanyaan langsung seperti status pernikahan dan umur. Namun, bila Anda merasa tak nyaman dengan sebuah pertanyaan, alihkan saja jawabannya dengan hal umum.

3. Makan dan minum

Jika Anda makan disebuah restoran, jangan memisahkan tagihannya. Biarkan tuan rumah menawarkan untuk membayar atau jika memungkinkan Andalah yang mesti membayar semuanya. Jangan lupa, sisakan sedikit makanan di piring untuk menandakan Anda telah kenyang.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Wah emang harus menyisahkan makanan di piring ya? Aduh mubazir kan? Saya sih lebih suka makan sedikit asal habis daripada nyisain makana.

Tapi kalo budayanya etika berbudaya di sana kayak gitu ya, nyari obyek makanan yang lain sebagai sisa, misalnya kulit, tulang ato duri kali ya... bisa juga bumbunya saja seperti bawang, tomat, cabe? Kira2 ok ngga :D ? Ato msh kurang sopan jg :P ?

Share this post


Link to post
Share on other sites

setuju sih, saya ga suka sisain makanan. mending makan dikit, tapi habis.

disini kan intinya cuma kalau ga habis artinya kenyang, kalau habis artinya masih bisa nambah.

mungkin siasatin bilang kenyang keorangnya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah, saya baru tahu membicarakan kerjakaan dan keluarganya itu hal yang tabu.

lalu yang menyisakan makanan itu, seperti dari china juga yah?disana juga kita diharuskan menyisakan sedikit makanan kita.

Share this post


Link to post
Share on other sites

kl ga salah dulu saya pernah dikasi tau sama org thai itu kalau cowo ngasi salamnya itu sawadhi krab, kalau cewe sawadhi ka. (tapi saya blm pernah buktiin, karena blm pernah ke daerah sana). Kalau untuk makanan sich saya rasa ga harus kaya begitu jg kali ya? Biasanya kalau yang kaya info-info gitu sukanya tulis formalnya, padahal dlm kehidupan sehari-hari ga selalu kaya begitu.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this