Sign in to follow this  
ikankering

Kota Perast yang Tenang dan Indah, Montenegro

1 post in this topic

Rekan-rekan sekalian, kali ini saya masih membahas tenteang Montenegro. Di negara ini terdapat satu kota yang namanya Kota Perast.. kota yang indah dan klasik dengan segala keunikannya. Kota ini hanya dihuni oleh kurang lebih 400 orang saja, jadi di kota ini kita akan merasa sangat tenang tanpa gangguan dari keramaian di mana-mana. Bahkan tempat ini diangggap satu tempat yang cocok untuk dijadikan sebagai tempat bulan madu untuk pasangan yang baru menikah.

Banyak gedung-gedung dengan arsitektur kuno di kota ini, termasuk juga gereja-gereja tua. Selain itu, di kota ini juga terdapat pantai-pantai yang cantik, Ada yang mau berkunjung ke sini?

450px-Church_Perast.JPG

557696_10150978558344838_1032630681_n.jpg

serbia_and_montenegro_perast_05.jpg

my-photographs-of-perast-are-not-nearly-this--L-UUhBuQ.jpeg

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By Rolskha
      Hai sahabat semua, salam gabung ya, saya di sini adalah sebagai salah satu penulis di Website yang berhubungan dengan tempat - tempat wisata yang ada di indonesia, kalau kalian berkenan ingin mencari informasi bisa cek disini, www.indahwisataku.co.id ...... dan saya sangat senang kalau ada dukungan dari sahabat semua....
    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
      Saat ini, dunia telah dipenuhi oleh kendaraan bermotor dan nyaris tidak menyisakan ruang bagi para pejalan kaki. Rupanya, fenomena ini bukan hanya terjadi di Indonesia saja tapi juga terjadi di banyak negara berkembang.
      Meski demikian, ternyata terdapat beberapa kota yang masih berkeinginan untuk menyediakan ruang yang nyaman bagi para pejalan kaki.
      Berbicara mengenai pejalan kaki, tentu akan sangat menyenangkan rasanya ketika kita membayangkan kita berjalan di kota yang hijau dan ramah untuk pejalan kaki.
      Nah, apakah kamu penasaran dan ingin segera mengetahui seperti apa rasanya berada di kota yang ramah bagi pejalan kaki? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam waktunya menyambangi kota yang ramah bagi pejalan kaki di dunia.
       
      1. Melbourne, Australia
       

       

      Melbourne, Australia 
       
      Kota Melbourne pernah menyandang gelar sebagai salah satu kota tersehat di dunia. Selain itu, kota ini juga memiliki jalur khusus pejalan kaki yang nyaman.
      Nah, sebagai kota terpadat nomor dua di Australia, kota Melbourne memiliki pemandangan pedestrian yang bagus. Hal ini sangat jarang dapat ditemukan di berbagai kota besar lainnya.
      Di sepanjang jalur pejalan kaki, kamu juga dapat menemukan banyak pepohonan hijau dan taman-taman indah yang membuat kegiatan jalan kakimu menjadi lebih nyaman. Salah satu tempat berjalan kaki yang paling disukai para turis adalah di kawasan St Kilda Foreshore. Di sana Anda dapat jalan-jalan sambil menikmati pantai yang cantik.
      Berkunjung ke Melbourne memang tentu akan sangat melengkapi perjalanan wisatamu di Australia. Melbourne adalah ibukota negara bagian Victoria, dan juga merupakan kota terpadat kedua di Australia.
      Melbourne merupakan sebuah kota yang sarat akan kebudayaan bernilai tinggi. Selain itu, Melbourne juga merupakan rumah bagi kuliner dan live music terbaik se-Victoria. Melbourne memiliki banyak atraksi yang mengagumkan, yang dapat kamu nikmati pada siang atau malam hari.
      Kota ini adalah kota yang sangat ramah bagi para pejalan kaki dengan jaringan trotoar dan juga jalur sepedanya. Nah, hal ini menyebabkan kamu juga tidak harus takut bersinggungan dengan kendaraan bermotor.
               
      2. Edinburgh, Skotlandia
       

       

      Edinburgh, Skotlandia 
       
      Edinburgh nampaknya akan menjadi kota yang menghargai pejalan kakinya sejak lama. Hal ini dapat terlihat dari jalur pedestriannya yang sudah ada sejak ratusan tahun silam. Jika kamu menyukai kegiatan berjalan kaki, kamu dapat mencoba untuk mengunjungi Edinburgh. Nah, kamu dapat menemukan pengalaman berjalan kaki yang sangat menyenangkan.
      Jalur khusus pejalan kaki di Edinburgh terbuat dari bebatuan berwarna hitam. Selain itu, kamu juga dapat menyaksikan lingkungan yang bersih dari sampah. Hal ini tentu akan membuatmu betah berlama-lama berada di Edinburgh.
      Ya, untuk melengkapi perjalanan wisatamu ketika berada di Skotlandia, jangan lupa untuk menyempatkan diri dengan mengunjungi Edinburgh.
       
      3. Montreal, Kanada
       

       

      Montreal, Kanada 
       
      Inilah dia kota di Kanada yang dapat kamu kunjungi jika kamu ingin menyaksikan nyamannya jalur pejalan kaki. Ya, kota ini adalah kota Montreal di Kanada.
      Kota Montreal di Kanada ini merupakan salah satu kota yang ramah bagi pejalan kaki. Selain itu, kota ini juga memiliki jalur pejalan kaki yang luas. Hal ini menyebabkan kamu dapat berjalan kaki dengan leluasa selama berada di Montreal.
      Nah, di sepanjang jalanan Montreal ini, kamu dapat menyaksikan terdapat banyak kafe dan restoran. Hal ini menyebabkan kamu tidak akan merasa kelaparan ketika berada di Montreal ini. Kota Montreal sendiri memiliki sekitar 23 ribu restoran dan kafe di dalamnya. Hal ini berarti terdapat sekitar delapan restoran setiap lima menit berjalan kaki. Menyenangkan, bukan?
      Nah, hal inilah yang menyebabkan banyak traveler yang datang menyambangi Montreal sangat menyukai berjalan kaki di kota ini. Montreal sendiri merupakan kota terbesar kedua di Kanada. Selain itu, Montreal juga merupakan salah satu kota berbahasa Perancis terbesar kedua di dunia.
      Letak tepat kota ini adalah di Pulau Montreal, daerah Sungai Saint Lawrence dan Sungai Ottawa. Pelabuhannya terletak di jalur yang menghubungkan Great Lakes dengan Samudera Atlantik. Nama kota ini diambil dari Mount Royal.
      Nah, untuk dapat merasakan seperti apa rasanya tinggal di kota ramah pejalan kaki, kamu dapat mencoba untuk mengunjungi Kota Montreal yang indah ini.
       
      4. Munchen, Jerman
       

       

      Munchen, Jerman
       
      Inilah dia salah satu kota di Munchen yang dapat kamu sambangi jika kamu ingin melihat lebih dekat seperti apa kota yang ramah pejalan kaki. Munchen adalah ibukota negara bagian sekaligus kota terbesar di negara bagian Bayern di Jerman.
      Dengan jumlah penduduk yang cukup banyak, Munchen merupakan kota berpenduduk terbesar ketiga di Jerman setelah Berlin dan Hamburg. Kota ini sendiri terletak di Sungai Isar, bagian utara dari Bavarian Alps.
      Kota Munchen sendiri layak disebut sebagai kota yang ramah bagi pejalan kaki karena kota ini memiliki fasilitas jalur pedestrian yang nyaman. Meskipun kota Munchen memiliki banyak kendaraan, namun jalur pedestrian di kota ini sangat nyaman dan bebas dari kendaraan bermotor yang ugal-ugalan.
      Sambil jalan-jalan, kamu juga dapat mampir ke restoran, toko, museum dan bar yang memang ada di sepanjang jalur pedestrian ini.
      Nah, selain jalur pejalan kakinya yang nyaman, di tempat ini kamu juga dapat melihat terdapat banyak taman yang terbuka dan luas sehingga akan memudahkan kamu untuk bermain bola di sana.
      Saat ini, kota Munchen tercatat sebagai kota finansial utama Jerman. Selain itu, kota ini juga merupakan kota yang menempati peringkat teratas bagi para migrator dan ekspatriat yang memiliki kenyamanan yang tinggi.
      Kota Munchen juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai kota ternyaman di dunia menurut Majalah Monocle.
       
      5. Philadelphia, Amerika Serikat
       

       

      Philadelphia, Amerika Serikat 
       
      Jika kamu ingin bertandang ke Amerika, kamu dapat menyaksikan kota hijau yang ramah bagi pejalan kaki di Philadelphia ini. Ya, kota ini juga merupakan kota cantik yang menyenangkan untuk kamu kunjungi.
      Kota ini memiliki keunikan karena bukan hanya memiliki jalur pejalan kaki yang nyaman, namun penduduk lokal Philadelphia juga sangat menyukai kebudayaan berjalan kaki.
      Ya, kebiasaan berjalan kaki sangat lumrah dan menjadi sangat favorit di sini. Inilah dia keunikan dari kota Philadelphia yang merupakan ibukota negara bagian Pennsylvania, Amerika Serikat.
      Kota ini juga merupakan salah satu kota yang ramah bagi pejalan kaki. Selain itu, jika kamu ingin berjalan di kota Philadelphia ini kamu dapat berjalan kaki sambil menikmati pemandangan berupa pemandangan kota yang menakjubkan ditambah dengan indahnya taman kota.
      Menurut sensus penduduk pada tahun 2000, kota Philadelphia sendiri ditetapkan sebagai kota terbesar kelima di Amerika Serikat.
       
      6. Venesia, Italia
       

       

      Venesia, Italia 
       
      Inilah dia sebuah kota lain di Italia yang layak masuk dalam jejeran kota-kota layak untuk pejalan kaki. Ya, kota ini merupakan kota Venesia yang terletak di Italia.
      Hal yang menyebabkan kota Venesia ini sangat terkenal sebagai kota ramah pejalan kaki adalah karena di kota ini tidak diperkenankan untuk dimasuki kendaraan bermotor. Dan kebijakan ini sudah berlaku sejak bertahun-tahun lamanya.
      Nah, warga Venesia seringkali melakukan perjalanan dengan menggunakan transportasi berupa gondola. Yang menyenangkan dari berjalan kaki adalah terkadang kamu dapat menemukan tempat-tempat yang hanya dapat diekspos jika kamu berjalan kaki.
      Venesia sendiri merupakan ibukota Regione Veneto yang berada di Italia. Pusat kehidupan Venesia ini terkenal sebagai kota wisata tepi laut Adriatik dan dikelilingi dengan perairan yang menjadikan kota ini begitu sangat istimewa.
      Nah, di Venesia ini kamu dapat menemukan berbagai lokasi wisata yang begitu menarik sebagai ciri khas Venesia. Destinasi wisata tersebut adalah lapangan San Marco, Basilika San Marco, Palazzo Rezonico, Murano dan Jembatan Rialto.
      Venesia sendiri merupakan kota tua yang dipenuhi dengan bangunan-bangunan lama yang cenderung tua dan sempit. Namun, di antaranya telah disulap menjadi toko-toko tempat belanja, mulai dari makanan (pizza, cake, kebab, gula-gula,dan lain-lain) minuman, suvenir, sampai barang-barang bermerek. Hal inilah yang membuat Venesia semakin unik. 
      Nah, jika kamu ingin menjelajahi seperti apa rasanya berada di salah satu kota ramah penduduk di Italia, kamu dapat mencoba untuk mengunjungi Venesia ini.
       
      7. New York City, Amerika Serikat
       

       

      New York City 
       
      Jika ingin melihat seperti apakah kota ramah untuk pejalan kaki di Amerika Serikat, kamu dapat mencoba untuk menengok New York City.       
      New York City ini merupakan kota terpadat di Amerika Serikat. Selain itu, kota ini juga merupakan kota yang terkenal sebagai kawasan metropolitan terpadat di dunia.
      Kota New York ini merupakan kota global terdepan dan merupakan kota yang memberi pengaruh besar terhadap perdagangan, keuangan, media, budaya, seni, mode, riset, penelitian dan hiburan dunia.
      Kota New York juga sangat terkenal sebagai kota yang ramah untuk pejalan kaki. Hal ini dibuktikan dengan pemerintah kota yang menyediakan ukuran trotoar yang lebar agar para pejalan kaki mampu menikmati perjalanan berjalan kaki dengan menyenangkan.
      Yang lebih menyenangkan adalah jika kamu ingin menjelajahi dan mengunjungi destinasi-destinasi wisata terbaik yang ada di New York, kamu dapat menempuhnya dengan berjalan kaki.
      Di New York City ini, kamu dapat menemukan ukuran trotoar yang lebar. Selain itu, kamu juga dapat menemukan jaringan transportasi massal seperti kereta bawah tanah alias subway yang cukup memadai.
      Nah, kamu juga dapat mencapai berbagai destinasi wisata di Kota New York dengan berjalan kaki. Destinasi wisata tersebut seperti Times Square yang dipenuhi oleh panggung teater Broadway dan butik-butik mahal. Nah, keseluruhan destinasi wisata tersebut dapat kamu tempuh dengan cara berjalan kaki.
       
      8. Florence, Italia
       

       

      Florence, Italia
       
      Inilah dia sebuah kota di Italia yang dapat kamu sambangi jika kamu ingin mengetahui seperti apa rasanya berada di kota ramah pejalan kaki di Australia.
      Kota ini adalah Florence. Florence merupakan kota di negara bagian Tuscany di Italia, Provinsi Florence. Nah, kota ini juga merupakan kota yang paling padat di Tuscany.
      Florence sendiri merupakan kota yang sangat ramah untuk pejalan kaki. Ya, kamu dapat menikmati serunya berjalan kaki di kota ini. Hal ini dikarenakan sangat jarang terdapat kendaraan bermotor di Kota Florence.
      Ketika sedang berjalan kaki di kota ini, kamu dapat menikmati pemandangan indah berupa gedung-gedung dengan arsitektur bergaya Renaissance. Selain itu, situs-situs di kota ini juga harus dilindungi sehingga tidak boleh dilewati oleh kendaraan bermotor.
      Florence juga sangat terkenal dengan sejarahnya. Kota ini merupakan pusat dari perdagangan dan keuangan medieval Eropa. Selain itu, kota ini juga merupakan kota yang terkenal sebagai tempat kelahiran zaman Renaissance.
      Dengan bangunan-bangunan bergaya Renaissance, di antara jalanan-jalanan sempit dengan beralaskan bebatuan besar, kamu dapat menemukan lapangan terbuka yang lebar dan jembatan-jembatan tua yang membentang di atas Sungai Arno.
      Nah, selain itu di kota ini kamu juga dapat menemukan pemandangan bak nirwana bagi para pejalan kaki. Di kota ini, kamu juga dapat tidak menghirup asap knalpot kendaraan bermotor.
      Jangan lupa untuk menyempatkan diri dengan mengunjungi Florence ini ketika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Italia. Dengan demikian, kamu akan dapat mengetahui serunya menikmati kota yang ramah untuk para pejalan kaki.
       
      9. Amsterdam, Belanda
       

       

      Amsterdam, Belanda 
       
      Berbicara masalah Eropa, mungkin kamu dapat mencoba menengok satu kota di Eropa ini. Ya, kota ini adalah kota Amsterdam di Belanda yang dapat masuk dalam jejeran kota ramah pejalan kaki di dunia.
      Amsterdam adalah kota terbesar sekaligus ibukota Negara Belanda. Tentu saja perjalananmu mengunjungi Eropa, khususnya Belanda, belum terasa lengkap jika kamu belum mengunjungi Amsterdam.
      Nah, ada fakta menarik tentang Amsterdam nih. Menurut situs resmi Forbes, Amsterdam dinyatakan sebagai kota yang paling banyak dikunjungi wisatawan nomor 12 di dunia. Daftar ini dibuat pada tahun 2014 berdasarkan banyaknya jumlah wisatawan yang mengunjungi kota ini.
      Amsterdam sendiri merupakan salah satu kota terpadat di Belanda dengan total populasi lebih dari 2 juta jiwa. Kota ini terletak di provinsi Belanda Utara yang terletak di bagian barat Belanda.
      Hampir semua orang di Amsterdam menggunakan sepeda sebagai transportasi utama mereka sehari-hari. Nah, yang lebih menarik adalah hal tersebut telah mereka lakukan selama beberapa decade.
      Kota Amsterdam merupakan kota yang sangat ramah untuk bersepeda. Hal ini karena pemerintah Kota Amsterdam juga menyediakan jalur sepeda yang baik di kota ini terutama dalam hal jalur sepeda yang dilindungi dan fasilitas parkirnya.
      Selain bersepeda, kota ini juga sangat ramah untuk para pejalan kakinya. Ya, para pejalan kaki dapat merasa nyaman ketika hendak menjelajahi Amsterdam dengan berjalan kaki.
      Bahkan, konon kota ini memiliki jalur sepeda dan trotoar yang lebih banyak jika dibandingkan dengan penduduk lokal Amsterdam.
      Selain sangat disiplin pada transportasi sepeda, kota ini juga memberikan perhatian yang lebih terhadap lingkungan serta kualitas udara yang baik.
      Tujuan yang menjadi focus dari kota Amsterdam adalah upaya untuk mereduksi emisi gas karbon dioksida, meminimalisir penggunaan energy serta menciptakan lingkungan yang sehat.
      Seluruh stakeholder Kota Amsterdam yang terdiri dari penduduk maupun pemerintahnya turut serta dalam mewujudkan tujuan yang baik ini. Maka, pada tahun 2014, kota Amsterdam berhasil meraih penghargaan berupa Climate Leadership Award.
      Kota Amsterdam merupakan kota yang cantik. Selain itu, di kota ini juga terdapat transportasi public yang nyaman. Hal ini tentu mampu membuat wisatawan betah berlama-lama berada di Amsterdam.
       
      Nah, itulah dia pembahasan mengenai waktunya menyambangi kota yang ramah bagi pejalan kaki di dunia. Ternyata, ada begitu banyak kota di dunia yang ramah untuk para pejalan kakinya. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan bagimu.
      Happy traveling!
    • By fikawijaya
      Haloo..
      Pengen cerita dikit nih tentang Montenegro, salah satu negara Balkan dengan keindahan alam yang luar biasa (kayak iklan travel agent)

      How to get there:
      Terakhir gw book tiket, flight ke Monte ada 2 rute: Qatar Airways (Jkt-Abudhabi-Vienna-Podgorica) atau Turkish Airways (Jkt-Changi-Istanbul-Podgorica). Gw pilih Turkish karena ada jeda sekitar 6 jam transit di Istanbul yang bisa dimanfaatkan untuk liat2 Istanbul hehe.

      Sekilas tentang Monte:
      Ibukota Monte adalah Podgorica (baca: Podgoritsa). Airportnya kecil, karena emang Podgorica juga kecil, tapi alamnya luar biasa indah. Dari atas pesawat aja udah keliatan danau 3 warna yang ada di deket situ. Waktu gw kesana lagi Summer, jadi udara Podgorica panas macam di jakarta aja. Oh, ya, Monte baru merdeka tahun 2006 dan Podgorica sendiri adalah kota yang survive 74X bombing. Sedikit banyak arsitektur kota bisa menggambarkan hal itu.

      Where to stay:
      Well, gw cuman bisa share 1 tempat aja untuk referensi: Bianca resort. Hotelnya nyaman, fasilitasnya ada kolam renang hangat, meeting hall, dan fitness center, makanannya (apalagi selections of cheese) enak banget, semua staffnya bisa bahasa inggris. cuman wifinya gak sampe kamar hehe.

      What to see:
      Kalo menurut temen gw yang cowok, what to see di Monte pasti cewek2nya hehe karena mereka semua dianugerahi wajah yang cantik-cantik banget. Well, aside from that, Monte is a-must-visit buat semua pencinta wild nature. Safari trip disana asik banget dan bisa diarrange dengan penduduk lokal, sehingga pas sampe di atas bukit bisa langsung disuguhi arakia (local beer) yang kata temen2 gw nendang abis (I can't tell coz I didn't drink), sup hangat yang cocok banget karena di atas bukit dinginnnn banget, bread, dan keju leleh yang enak banget. Danau-danau dan hutan disana semuanya dalam kondisi really close to real nature dan asik banget buat dijelajahi buat sekedar jalan ngiterin danau atau selfie sebanyak2nya.

      Kalo pengen get cultured dan liat historical sites, bisa mampir di Berane, kota tua di Montenegro yang merupakan hometown Menlu pertama mereka back to somewhere at 1600 or sth (maap saya lupa). Di kota ini kerasa banget aura tua dan romantisnya Monte. Ada bioskop tua, museum, dan kafe-kafe yang menawarkan minuman segala rupa dgn harga rata: 1 euro saja! Jadi mulai dari coca cola sampe baisley semuanya 1 euro hehe.

      Terus untuk pilihan hedon-hedon ceria, bisa ke maen di pantai karena ada summer festival. Pas gw kesana kebetulan ada Jamiroquai maen disana, jadi cucoklah ya. Atau mampir ke pub yang bakal bikin mikir: ini lagu apaa karena mereka banyak puter lagu dance lokal.
      Tapi kalo pengen hedon bersahaja bisa nyeruput kopi sambil people watching di kafe-kafe. Soal harga, Monte termasuk negara yang paling murah se-Eropa.

      Cuaca:
      Monte ini cuacanya menurut gw agak ajaib. Di podgorica pas summer panasnya ajibbb, sementara di Kolasin selama summer temperaturnya sante aja di 12C brrr..

      Shopping:
      Semua toko, terutama di Kolasin, tutup jam 5 sore. Tapi kalo pengen jajan malem-malem bisa mampir di mini market namanya Voli (apparently ini secama franchise Indomaret gitu) yang jual segala rupa coklat dan wine yang mure jadi monggo diborong hehe. FYI, menurut temen gw, lokal wine disini oke banget rasanya dan harganya yg botol kecil produksi tahun 2010 cuma 1,5 euro saja kakaa.. gw sempet beli beberapa botol secaranya harga magnet kulkas buat oleh2 lebih mahal 4 kali lipat alias 6 euro hehe.

      Transportasi:
      Sepanjang gw bolak-balik, gw belom pernah liat angkot selain taxi. Btw taxi disini bagus-bagus tenan. Aku ndeso parah pas dijemput dengan mercedes benz mulus yang ternyata taksi bokk hehee. Tapi maap gw gak bisa kasih info tarif taksinya berapa, secara itu semua udah diatur dgn pihak yang disana.

      Sebagai penutup gw coba share beberapa foto yang gw harap bisa meyakinkan para calon pengantin untuk honeymoon di Montenegro hehe

    • By Agung Jelajah Nesia
      Sepintas , tak ada yang menarik dengan dua buah gentong itu. Warnanya coklat kehitaman dengan tak ada ornaman atau warna pada gentong, Pada bagian atas gentong  juga sudah tidak utuh lagi.
       
      Tetapi siapa sangka, jika gentong yang bernama Kong itu sangat berharga dan tak ternilai harganya. Hal ini karena kedua gentong kuno itu merupakan gentong masa Dinasti Ming pada abad XIV.
       
      Simak kisah lengkapnya di Link berikut ini, ya :
       
      http://jelajah-nesia2.blogspot.com/2013/12/gentong-dinasti-ming-di-museum-masjid.html
       
       

    • By D_GUNN3R1

       
       
      Jumlah orang tua yang berada di Indonesia tergolong tinggi. Angka Badan Pusat Statistik (BPS) akhir 2012 menyebutkan, dari total jumlah penduduk 245,6 juta jiwa, sekitar 6,1 persen atau sekitar 64,3 juta jiwa merupakan usia di atas 65 tahun. Artinya,1 dari 5 orang Indonesia adalah di usia pensiun. Angka ini adalah porsi yang cukup besar dan memerlukan penanganan serius.
       
      Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyambut usia tua kita:
       
      1. Menabung
      Selalu menabung, dimulai sejak pertama kali anda mendapatkan uang. lalu dari dana yang berhasil Anda tabung, coba proyeksi berapa besar dana yang akan Anda dan keluarga butuhkan untuk pensiun nanti.
       
      2. Asuransi
      Asuransi sangat penting dalam memproteksi keluarga kita. hendaknya dimulai ketika mulai bekerja, Karena tanpa asuransi, ada pertanyaan muncul, apakah dana pensiun yang selama ini Anda himpun akan cukup membiayai perawatan dan pengobatan jika sakit? Meski kita sering olahraga dan hidup sehat.
       
      3. menjaga kesehatan
      Makan makanan sehat, olahraga, melakukan medical cekup dan menghindari stress adalah cara2 untuk menjaga kesehatan kita.
       
      4. Investasi
      Kelebihan uang, harus kita investasikan dalam bentuk apapun juga, maka kita harus belajar tentang cara investasi tentang keuntungan dan resikonya, sehingga dapat bermanfaat untuk masa depan.
    • By ameryudha
      Ke Eropa lagi, dan bosan ke kota yang itu –itu saja ? banyak kota yang menarik perhatian. Selain Paris, London, Roma, Venis, dan Barcelona, anda bisa menemukan tempat lain yang tidak kalah bagusnya. Tentu saja, anda tidak akan menemukan hal tersebut di Indonesia. Namun begitu, bagi anda yang memiliki keinginan untuk menemukan suasana baru di Eropa, kota seperti Jerez de La Frontera, Lviv, Rotterdam, Dinard, dan Perugia bisa jadi alternative untuk mencari suasana baru.
       
      Jerez  de La Frontera, Spanyol

      Disini anda akan merasakan suasana abadke 11 dimana Andalusia masih Berjaya di Spanyol. Kota ini merupakan salah satu kota yang romantic yang bisa anda datangi bersama pasangan anda. Jeres de La Frontera adalah kota kelahiran Sherry Bodegas dan Flamenco, dimana Sherry adalah kata spanyol untuk
      Wine, disini anda akan menemukan tempat terbaik untuk wine tasting. Selain itu juga, sajian tarian

      Flamenco dengan penari nya yang seksi. Selain itu juga, arsitekturnya masih mengusung tema klasik, dimana sepanjang jalan anda bisa menemukan pohon jeruk,terutama di sepanjang Benteng Almohad. 
       
       
      Lviv, Ukraina
      Merupakan penginggalan terahir dari Soviet, juga salah satu kota yang dianugerahi World Heritage Unesco, Lviv adalah kota kecil yang layak anda kunjungi. Suasana tenang dengan kastil dan juga kemegahan gedung-gedung klasik merupakan daya tarik tersendiri untuk para turis.


      Salah satu atraksi menarik yang bisa anda datangi adalah , di hari minggu jalanan akan penuh dengan music gereja. Selain itu juga, banyak bar-bar klasik atau kafe yang membawa anda kepada masa lalu.

       
      Datangi Robert Doms bar , dimana bar yang dibuatnya sangat khas dan terletak di bawah tanah.  Bisa dibilang, Lviv adalah kota kembaran Praha, jadi bagi anda yang menyukai wisata sejenis Praha maka anda akan menyukai Lviv ini.
       
       Dinard, Prancis

       Mana kota pantai paling favorit di Prancis? Jawabannya adalah Dinard. Merupakan kota yang menjadi favorit para pesohor, contohnya adalah Winston Churchill yang datang tahun 1920 untuk menikmati suasana pinggir laut yang tenang. Selain itu juga Alfred Hitchcock pernah terinspirasi untuk membuat tulisan misterinya disini, selain itu juga tahukah anda Clair de Lune berasala dari kota ini ? Maka tidak diragukan lagi, Dinard adalah salah satu kota wajib selain paris yang harus anda datangi.
       
       Rotterdam, Belanda

      Manakah kota dengan arsitektur terbaik di Belanda? Jawabannya adalah Rotterdam, tidak salah bila Rotterdam disebut sebagai kota yang artistik, anda tentunya tahu bahwa foto yang terpampang pada kartu telepon adalah Kota Rotterdam ini. Anda akan menemukan koleksi Dutch Master dan asal muasal aliran surealis disini, masuki Museim Bojimans Van Beuninen. Di malam hari, kota ini tidak kalah seru, bagi anda pecinta bir, masuki salah satu bar yang menyediakan lebih dari 200 bir dari seluruh dunia. Selain itu , kota ini merupakan tempat favorit untuk hiburan malam, banyak tempat yang bisa anda datangi dengan atmosfir berbeda-beda di setiap tempatnya, hanya sayang harga dari tempat tersebut tidak bersahabat untuk kantong.   
       
      Perugia, Italia

      Salah satu tempat terindah di Italia, berada di Umbria. Perugia merupakan kota dimana anda yang menyukai arsitektur dan seni akan menemukan passion. Disini anda bisa menjelajahi bekas kerajaan Bizantium, datangi Galleria Nazionale dell’Umbria, atau bagi anda pecinta seni, anda bisa menonton pertunjukan Fontana Maggiore, selain itu juga, Perugia merupakan tempat bagi mereka yang menyukai Kuliner Italia. Disini merupakan tempat dimana anda akan menemukan banyak restoran yang  menyajikan menu Itali yang jarang anda temukan di Asia. 
    • By alf
      Kulkas mungkin hanyalah peralatan rumah tangga biasa yang biosa ditemukan hampir di setiap rumah yang ada. Tapi kulkas sebenarnya adalah sebuah penemuan yang sangat penting. Sebelum ada kulkas, dulu es diimpor dari luar negeri. Es dianggap barang berharga yang tidak mudah diperoleh dan dibuat. mengawetkan daging dan bahan makanan lainnya blok besar es harus diimpor jauh-jauh dari negara-negara Skandinavia dalam lingkaran Arktik. Misalnya di Eropa, es didatangkan dari Norwegia. Di Rusia, mereka memperolehnya dari Sungai Neva, dan di India mengambil dari pegunungan Himalaya.
       
      Iran dengan cuca yang ekstrim, masih sering kesusahan air walau dalam musim dingin. Mereka punya cra unik dan pintar untuk mempertahankan es impor meereka agar tidak meleleh. Mereka punya bangunan khusus yang mirip seperti kulkas raksasa yang bisa menjaga es sepanjang tahun.
       

       
      Selain sebagai tempat pendinginan, masyarakat Iran kala itu bisa membuat es sendiri. Di belakang rumah es ada saluran untuk menuang air ke dalamnya selama musim dingin. Karena terlindung, air tersebut membeku. Hal ini dilakukan berulang-ulang hingga musim panas tiba dan ada persediaan es yang cukup.
       

       

       
      Ada lenih dari 100 rumah es loh di Iran, tapi sekarang banyak yang sudah rusak dan parahnya lagi hanya dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah.