Sign in to follow this  
Muhammad Hassam Robbani

Mengenal 6 Jenis Turunan Pastry!

4 posts in this topic

Bagi anda yang gemar membuat kudapan manis di dapur istilah pastry tentunya sudah tidak asing di telinga. Olahan ini berasal dari kata “paste†yang memiliki arti sebagai campuran antara tepung dengan cairan dan juga lemak. Seiring berjalannya waktu semakin banyak turunan dari hasil olahan berbahan dasar tepung ini. Perbedaan terletak dari penambahan bahan tertentu, semisal ragi, ada jenisnya yang membutuhkan ragi ada pula yang tidak.

 

188_BSR_Pastry.jpg

 

Apabila anda masih sedikit asing dengan aneka jenis turunan dari olahan manis ini maka tidak ada salahnya mengetahui jenisnya. Berikut beberapa jenis patiseri yang perlu diketahui:

 

·         Puff, tidak menggunakan ragi namun renyah dan tidak manis.

·         Danish, menggunakan ragi dan dihiasi topping dan isian yang manis.

·         Croissant, juga menggunakan ragi namun sedikit menambahkan gula dan.

·         Phylo, memiliki adonan yang sangat tipis.

·         Short, mengandung lemak yang cukup tinggi.

·         Choux, dikenal dengan sebutan sus yang bagian luar lembut dan ada rongga di dalamnya.

 

Mengetahui jenis-jenis dari olahan manis ini akan memudahkan anda mempraktekkan resep yang tertera. Sebab bisa mencari referensi cara pengolahan yang tepat agar hasil olahan sempurna sesuai dengan harapan. Informasi jenis ini juga akan bermanfaat bagi anda untuk mengetahui sajian yang tepat sesuai dengan selera pribadi atau anggota keluarga yang lain. Ketahui jenis dan cara pengolahan yang tepat, maka pastry yang dibuat akan menggugah selera!

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By candyjar
      Kalau berlibur ke Bali, wisata kuliner memang salah satu kegiatan yang paling wajib untuk dilakukan. Nasi bali, babi guling, dan ayam betutu mungkin menjadi daftar makanan utama yang ada di pikiran kita ketika sampai di Pulau Dewata ini. Tapi, tau nggak sih, kalau di Bali ada sebuah cafe yang menyediakan cinnamon roll dan kopi yang wueenaaakk banget! Nama cafenya Tutmak Cafe yang ada di Ubud.
       
      Tutmak Cafe yang kental dengan dekorasi khas Bali ini biasanya dipenuhi oleh keluarga bule yang lagi berlibur di Ubud. Tentunya cinnamon roll menjadi menu wajib yang harus Anda pesan ketika berada di cafe ini. Jangan bayangkan cinnamon roll berukuran sedang yang biasa kita temukan di Jakarta ya! Cinnamon roll di Tutmak ukurannya sedikit lebih besar dari telapak tangan orang dewasa lho! Rasanya walau pun ga macem-macem (pure roti dengan sugar and cinnamon filling), makanan yang satu ini enak dan klasik banget! 

      Selain  giant cinnamon roll ini, Tutmak juga punya menu Cafe Au Lait yang ukurannya ga manusiawi alias guede banget!!  Bayangin, gelasnya aja udah sebesar mangkok!
       
      Nah, kalau mau nyobain Cinnamon Roll nya Tutmak, harus datang agak pagi karena cinnamon roll disini cepet banget abisnya. Kalau udah abis, harus bersabar deh nunggu sekitar satu jam sebelum cinnamon roll nya di buat lagi. Tapi, this cinnamon roll is worth to try!