• agoda-hemat.png

Sign in to follow this  
Hasdevi Agrippina Dradjat

Panduan Mengunjungi Kota Bagan Di Myanmar Selama 3 Hari 2 Malam

4 posts in this topic

          Memiliki waktu liburan yang singkat akan lebih menyenangkan jika kamu menghabiskannya di suatu tempat yang menawan namun cukup antimainstream. Nah, pada artikel kali ini, kita akan bersama-sama terbang dan menjelajahi sebuah kota cantik di Myanmar yang bernama Bagan.

 

          Bagan adalah sebuah kota yang terletak di Mandalay Region di Myanmar. Pada abad ke 9 hingga abad ke 13, kota Bagan dijadikan sebagai ibukota Kerajaan Pagan yang merupakan kerajaan pertama dan cukup berkuasa di Myanmar.

 

          Bagan terkenal sebagai kota candi dan pagoda dimana saat ini sebanyak setidaknya 2200 candi dan pagoda masih bertahan di sana. Hal lain yang spesial mengenai Bagan adalah kamu dapat menemukan penduduk yang ramah dan bersahabat serta tentunya kamu dapat melihat pemandangan cantik dari candi-candi dan pagoda tersebut.

 

          Penasaran dengan petualangan kita kali ini? Berikut ini kita akan membahas tentang panduan mengunjungi kota Bagan di Myanmar selama 3 hari 2 malam yang menyenangkan.

 

Visa Myanmar

 

          Dahulu, sebelum berkunjung ke Myanmar, seluruh turisnya diharuskan untuk memiliki visa. Bahkan jika kamu adalah warga negara ASEAN, kamu juga diharuskan untuk mengurus visa Myanmar terlebih dahulu.

 

          Mungkin hal itu disebabkan karena trauma di masa lalu. Myanmar yang saat ini tengah berkembang semacam takut apabila ada turis yang memanfaatkan kemudahan memasuki Myanmar tanpa visa. Sehingga mereka akan mencari pekerjaan di Myanmar.

 

          Namun, berita dari web pemerintah Myanmar yang saya dapatkan di http://evisa.moip.gov.mm/NoticetoTourists.aspx, dijelaskan bahwa sekarang sudah berlaku aturan e-Visa. Sehingga Warga Negara Indonesia dan negara-negara lainnya sudah dapat untuk memasuki Myanmar dengan e-Visa.

 

          e-Visa ini valid untuk single entry dan berlaku selama 28 hari semenjak kedatangan di Myanmar. Fasilitas e-Visa ini hanya berlaku untuk kepentingan wisata saja.

 

Transportasi Menuju Bagan

Rute 1: Menggunakan Pesawat Menuju Kota Bagan

 

post-36544-0-14844200-1429087697_thumb.j

Memasuki Bagan Melalui Nyaung U International Airport via http://static.panoramio.com/photos/large/45255133.jpg

 

          Rute pertama yang dapat kamu tempuh jika kamu ingin menuju Bagan adalah dengan menaiki pesawat dari Jakarta menuju Nyaung U International Airport di Bagan. Saat ini, jika kamu ingin menaiki pesawat, maka waktu tempuh tercepat adalah sekitar 9 jam 45 menit dengan 2 kali transit.

 

          Kota-kota yang mungkin jadi tempat transitmu adalah Singapore dan Yangon, Kuala Lumpur dan Yangon, Bangkok dan Yangon dan lain-lain. Biaya yang kamu keluarkan jika kamu ingin menaiki pesawat dengan rute ini adalah sekitar Rp 1.300.000,00 hingga Rp 3.100.000,00 per sekali jalan.

 

          Sesampainya di Nyaung U, kamu dapat menaiki taksi selama sekitar 14 menit untuk mencapai pusat kota Bagan.

 

Rute 2: Menaiki Pesawat Menuju Yangon Dilanjutkan dengan Menaiki Pesawat

 

post-36544-0-37107400-1429087735_thumb.j

Memasuki Bagan Melalui Yangon International Airport via http://www.seetheworldinmyeyes.com/wp-content/uploads/2013/09/130915-Travel-Day-1139-2-Modern-Airport-with-Visa-on-Arrival-Counter-in-Yangon-Myanmar.jpg

 

          Rute kedua yang dapat kamu tempuh jika kamu ingin mencapai Kota Bagan adalah pertama-tama dengan menaiki pesawat menuju ke Yangon International Airport. Waktu tempuh tercepat jika kamu ingin menaiki pesawat dengan rute ini adalah 5 jam 30 menit. Sementara yang terlama adalah 9 jam 15 menit.

 

          Perjalanan ini akan kamu tempuh dengan satu kali stopover. Kota-kota yang mungkin menjadi tempat transitmu adalah Singapura, Kuala Lumpur, dan Bangkok. Biaya yang kamu keluarkan adalah sekitar Rp 1.200.000,00 hingga Rp 2.900.000,00 per sekali jalan.

 

          Selanjutnya, kamu dapat menaiki pesawat lokal dari Yangon menuju Nyaung-U dengan lama perjalanan sekitar 1 jam 10 menit. Perjalanan ini akan memakan biaya sekitar Rp 1.400.000,00 hingga 1.500.000,00.

 

Rute 3: Sesampainya di Yangon, Kamu Dapat Melanjutkan Perjalananmu dengan Menaiki Bus

 

          Jika kamu ingin merasakan pengalaman yang berbeda, dari Yangon kamu dapat melanjutkan perjalananmu dengan menaiki bus. Terdapat beberapa jenis bus yang akan mengantarmu dari Yangon menuju Bagan.

 

post-36544-0-87541700-1429087789_thumb.j

Menaiki Bus dari Yangon Menuju Bagan via http://myanmarbusticket.com/uploads/company/9552e40c1e52baa194651dc872aa5d35.jpg

 

          Nah, kamu dapat membeli tiket secara online di http://myanmarbusticket.com/myanmarbus/yangonbaganbus. Di sini, terdapat tiga jenis armada bus yang dapat mengantarkanmu dari Yangon menuju Bagan.

 

          Harga yang ditawarkan pun bermacam-macam dari mulai USD 18 hingga USD 21. Tempat keberangkatan awal adalah di Aung Mingalar Bus Station, Yangon dengan destinasi tujuan di Bagan Shwe Pyi High Way Bus Terminal, Bagan.

 

          Lama perjalanan yang akan kamu tempuh adalah sekitar 9 jam 30 menit dengan jadwal bus 08.00 hingga 17.30, 19.00 hingga 04.30 dan 20.00 hingga 05.30. Berdasarkan rekomendasi, menaiki bus adalah salah satu cara yang tepat karena lebih terjangkau serta cukup cepat untuk sampai di tujuan dibanding kereta.

 

Memilih Penginapan di Bagan

 

          Selama berada di Bagan, kamu dapat memilih untuk menginap di hostel, guest house atau hotel. Tentunya, jenis penginapan ini dapat kamu sesuaikan dengan jadwal, budget serta partner traveling-mu.

 

          Jika kamu memilih untuk menginap di hostel, kamu dapat mendapatkan penginapan dengan jenis bed in 8 bed mixed dormitory room dengan harga USD 17 atau 18.000 MMK (Myanmar Kyat) per malam. Fasilitas yang kamu dapatkan di sini adalah AC, free wifi, shared toilet dan shared bathroom.

 

          Jika kamu ingin menginap di penginapan berjenis guest house, kamu akan mendapatkan kamar dengan jenis standar twin or double room dengan harga sekitar USD 45 atau 47.000 MMK per malam. Fasilitas yang kamu dapatkan di tempat ini adalah AC, TV, free wifi, toilet, bathroom, free toiletteries, serta city view.

 

          Nah, jika kamu ingin menginap di penginapan berjenis hotel, kamu dapat mendapatkan kamar dengan jenis superior twin room dengan harga sekitar USD 47 atau 48.600 MMK per malam. Fasilitas yang kamu dapatkan adalah AC, desk, hairdryer, free toiletteries, toilet, bathroom, kulkas dan free wifi.

 

Transportasi Selama di Bagan

 

          Bagan menawarkan dua jenis transportasi yang dapat kamu gunakan selama berwisata. Transportasi tersebut adalah penyewaan sepeda dan penyewaan kereta kuda.

 

          Jika kamu ingin menyewa sepeda, kamu dapat menyewa dengan harga 1.000 MMK per harinya. Kebanyakan jalan di Kota Bagan termasuk datar sehingga tidak menyulitkanmu jika kamu ingin menaiki sepeda.

 

          Sedikit tips jangan lupa untuk meminta peta Kota Bagan pada penginapan tempatmu menginap. Kamu juga dapat mengaktifkan aplikasi seperti Waze atau Google Maps guna membantumu berkeliling dengan nyaman di Kota Bagan.

 

          Jika kamu ingin menyewa kereta kuda, kamu dapat menyewa dengan harga 10.000 hingga 15.000 MMK per harinya. Kamu juga dapat meminta tolong mereka untuk mengantarkanmu ke tempat-tempat menarik selama di Bagan atau kamu dapat menyusun sendiri itinerary-mu selama berada di Bagan.

 

Hari Pertama

Waktunya untuk City Tour dan Mengeksplor Tempat-Tempat Keren yang Ada di Bagan

 

post-36544-0-30209900-1429087856_thumb.j

Mengejar Sunrise di Shwesandaw Pagoda via http://media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-s/05/41/31/e3/shwesandaw-pagoda.jpg

 

          Mengawali kegiatan liburanmu di Bagan, maka kamu dapat memulainya dengan menyaksikan sunrise yang indah di Shwesandaw Pagoda. Pagoda Shwesandaw adalah sebuah pagoda yang didirikan oleh Raja Anawrahta pada tahun 1057.

 

          Pada beberapa bagian di pagoda ini terdapat gambar patung Buddha yang sedang berada dalam pose Jhana mudra (dalam konsentrasi pikiran yang tinggi). Selain itu juga terdapat beberapa bunga Lotus di pagoda ini.

 

          Pagoda Shwesandaw terdiri dari lima tingkat. Pada bagian puncaknya, terdapat stupa berbentuk lonceng. Sementara keempat bagian lainnya merupakan tangga yang akan menuntunmu untuk mencapai puncak pagoda ini.

 

          Mengejar pagoda Shwesandaw pada waktu sunrise adalah salah satu kegiatan yang wajib kamu coba ketika kamu mengunjungi Kota Bagan. Banyak wisatawan merasa tertarik dan ingin sekali mencoba pengalaman yang menyenangkan ini.

 

          Kenapa pagoda Shwesandaw begitu terkenal? Karena pagoda ini merupakan pagoda tertinggi di Kota Bagan. Perjalanan menuju Shwesandaw dari pusat kota Bagan dapat ditempuh selama sekitar 30 menit.

 

          Kamu dapat menaiki kereta kuda dengan tariff sekitar 5.000 MMK. Selanjutnya, kamu tinggal menunggu sunrise yang cantik di Pagoda Shwesandaw. Pastikan kamu telah sampai di destinasi ini sebelum pukul 05.30 untuk mendapatkan view yang mengagumkan.

 

post-36544-0-51087800-1429087881_thumb.j

Mengunjungi Dhammayangyi Temple via http://photos.wikimapia.org/p/00/03/10/12/30_full.jpg

 

          Setelah puas berburu sunrise, sekarang waktunya kamu untuk mengunjungi candi atau pagoda lain yang ada di Bagan. Candi ini adalah candi terbesar yang terdapat di Kota Bagan. Kamu akan dapat menemukan pemandangan yang menakjubkan di sini.

 

          Candi ini dibangun pada zaman Raja Narathu (1167-1170). Candi ini juga merupakan candi terluas yang terdapat di Bagan. Candi ini selesai dibangun dalam jangka waktu selama tiga tahun. Jika kamu perhatikan, bentuk candi ini terlihat seperti pyramid di Mesir.

 

          Pada bagian dasar dari candi ini mirip seperti Candi Ananda yang dibangun oleh kakek Raja Narathu. Sementara pada bagian timurnya terdapat gambar Buddha yang cukup besar.

 

post-36544-0-15892100-1429087909_thumb.j

Mengunjungi Shwezigon Pagoda via http://www.asiaexplorers.com/coverphoto/shwezigon.jpg

 

          Setelah mengunjungi candi terbesar di Bagan, kamu dapat melanjutkan perjalananmu dengan mengunjungi Shwezigon Pagoda. Pagoda ini dibangun oleh Raja Anawrahta pada tahun 1090.

 

          Beberapa sumber menyatakan bahwa Raja Anawrahta tidak menyelesaikan pembangunan pagoda ini. Pembangunan pagoda ini kemudian diselesaikan oleh Raja Kyanzittha.

 

          Pagoda ini terletak di antara Desa Wetkyi-in dan Nyaung U. Pagoda ini dibangun untuk melengkapi replika empat gigi Buddha yang terdapat di Kandy (Srilanka), Pagoda Lawkananda dan Tan Kyi Taung Pagoda.

 

Hari Kedua

Lanjutkan Perjalananmu dengan Mengunjungi Tempat-Tempat Lain yang Menakjubkan di Bagan

 

post-36544-0-46898200-1429087943_thumb.j

Mengunjungi Gunung Popa via http://www.parami.net/photo/443.jpg

 

          Masih berminat untuk mengejar matahari? Kali ini kamu dapat melihat salah satu sunrise terbaik di Kota Bagan, tepatnya di Gunung Popa.

 

          Gunung Popa adalah sebuah gunung dengan ketinggian 1.581 mdpl. Setiap tahunnya banyak peziarah yang datang untuk mengunjungi Gunung Popa. Namun, jangan khawatir, karena di tempat ini kamu tetap dapat melihat lanskap yang indah nan menawan.

 

          Pada bulan April dan November, terdapat festival Thingyan yang dapat kamu saksikan di Gunung Popa. Festival ini merupakan festival kebudayaan yang dipercaya mampu mendatangkan keuntungan bagi para penduduk Myanmar.

 

          Festival itu juga seringkali dijadikan sebagai magnet bagi para wisatawan untuk berkunjung dan mengenal lebih dekat kebudayaan kota Bagan dan Myanmar.

 

post-36544-0-00749300-1429087969_thumb.j

Mengunjungi Ananda Temple via https://gonzalez-southeastasianreligion.wikispaces.com/file/view/Ananda%20Temple%20Bagan.jpg/388265022/Ananda%20Temple%20Bagan.jpg

 

          Destinasi selanjutnya yang dapat kamu sambangi adalah Ananda Temple. Candi ini merupakan candi Buddha yang dibangun pada tahun 1105 oleh Raja Kyanzittha pada Dinasti Pagan.

 

          Belum lengkap rasanya perjalananmu mengunjungi Kota Bagan jika kamu belum menyempatkan diri untuk mengunjungi Candi Ananda. Ketika mengunjungi Candi Ananda, kamu dapat belajar segala hal tentang Myanmar: arsitekturnya, artworks, terracotta dan lain-lain.

 

          Terdapat beberapa versi terkait nama Candi Ananda. Dalam bahasa Sansekerta, “Ananda†berarti sangat cantik dan hal ini terbukti dengan candi yang sangat cantik ini.

 

          Dalam bahasa Pali, terdapat kata “Ananta Pana†yang berarti kebijaksanaan Buddha yang tiada batas. Mungkin kata-kata ini merupakan cikal bakal diberikannya nama Ananda pada candi yang cantik ini.

 

Hari Ketiga

Waktunya Mengeksplor Keindahan Lainnya dari Kota Bagan

 

post-36544-0-60016800-1429088003_thumb.j

Menjelajahi Bagan dengan Menaiki Baloons Over Bagan via http://minneapolis.aaa.com/graphics/travel/balloons_over_bagan_header.jpg

 

          Bagi kamu yang ingin mencoba mencicipi pengalaman seru yang berbeda selama berada di Bagan, kamu dapat mencoba menaiki balon udara dari Baloons Over Bagan. Waktu terbaik untuk mencoba pengalaman berbeda ini adalah pada waktu pagi hari.

 

          Rasakan pengalaman seru yang menarik berupa melihat sunrise dari atas balon udara. Kamu dapat melihat pemandangan yang menyenangkan dari Kota Bagan, dimana kamu dapat melihat keseluruhan kota dan juga candi-candi yang terdapat di dalamnya.

 

          Untuk masalah biaya, mungkin sedikit lebih mahal namun tenang saja karena tentunya sebanding dengan pengalaman menyenangkanmu melihat Bagan dari ketinggian. Harga yang ditawarkan jika kamu ingin mencoba menaiki balon udara ini adalah sekitar USD 320 hingga USD 380.

 

          Dengan harga sekian, kamu mendapatkan fasilitas tambahan berupa antar jemput dari penginapan, serta champagne breakfast. Pilot dan staff balon udara ini akan membuat perjalananmu terasa menyenangkan dan menarik.

 

post-36544-0-16980600-1429088028_thumb.j

Mengunjungi Buphaya Paya via http://media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-s/03/f5/94/52/buphaya-paya.jpg

 

          Setelah puas menaiki balon udara, kamu dapat melanjutkan perjalananmu dengan mengunjungi Buphaya Paya. Buphaya Paya adalah landmark lain Kota Bagan yang terletak di dekat sungai.

 

          Sebenarnya, kamu dapat mengunjungi Buphaya Paya ketika ingin melihat sunset di Sungai Irawaddy. Namun tentunya, berkunjung pada waktu siang hari pun tidak masalah.

 

          Di sini terdapat sebuah pagoda dan kamu juga dapat mempelajari sejarah mengenai pagoda ini di sini. Aktivitas terbaik yang dapat kamu lakukan adalah mengambil fotografi sebanyak-banyaknya di sini karena kamu dapat menikmati pemandangan yang cantik dengan Sungai Irawaddy sebagai latar belakangnya.

 

post-36544-0-11405100-1429088052_thumb.j

Mengikuti Min Thu Horse Chart via http://media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-s/07/48/23/a0/horse-cart-144.jpg

 

          Setelah puas mengeksplor Buphaya Paya, ada lagi satu aktivitas yang wajib kamu lakukan ketika kamu berada di Bagan, Myanmar. Kegiatan tersebut adalah mengikuti Min Thu Horse Chart.

 

          Hal yang terbaik jika kamu memilih untuk memasukkan kegiatan seru ini dalam daftar liburanmu selama di Bagan adalah kusir kereta kuda ini (Min Thu) akan membawamu mengeksplor Bagan. Ia juga akan membawamu menyusuri daerah-daerah terpencil.

 

          Kamu dapat menemukan berbagai candi-candi yang tidak terlalu ramai dan touristry. Bahkan, berdasarkan rekomendasi dari wisatawan yang pernah menggunakan jasa ini, ia diajak untuk melihat beberapa lukisan mural yang masih belum banyak diketahui orang.

 

          Kamu juga dapat diajak untuk mengunjungi desa-desa dengan penduduk yang banyak berprofesi sebagai petani. Kamu dapat melihat para penduduk dengan ternak kambing dan sapinya.

 

          Min Thu akan mengajakmu pergi ke tempat-tempat lokal lainnya, seperti mencicipi menu makanan lokal Myanmar di Auntie’s Restaurant. Selain itu, ia juga pintar mengambilkan foto untukmu sehingga kamu tetap akan dapat mendapatkan foto di tempat-tempat menarik bersama dengan partner traveling-mu.

 

          Min Thu mampu berbahasa Inggris dan Jerman sehingga membuat perjalananmu terasa menyenangkan selama berada di Bagan. Untuk memesan tour-nya, kamu dapat berkunjung ke link ini: www.minthubaganhorsecart.com atau www.horsechartbagan.com.

 

          Nah itulah dia panduan menjelajahi Kota Bagan di Myanmar selama 3 hari 2 malam. Bagaimana? Seru sekali bukan rasanya menjelajahi kota yang cantik, menarik namun tergolong antimainstream. Semoga panduan ini dapat menambah pengetahuanmu serta membuatmu merasa lebih nyaman dalam menjelajahi Kota Bagan.

 

          Happy traveling!

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By anna22
      18/8/2017  Flight Malam Jkt-KL. Karena kami menggunakan Lion Air, mendarat di KLIA 1, padahal besoknya kami ada flight dengan AA dari KLIA 2. Beruntungnya ada shuttle bus gratis antara KLIA 1 ke KLIA 2 yang beroperasi 24 jam. Begitu sampai di KLIA 2, kami mencari tempat untuk mengisi baterai HP sambil selonjoran.    19/8/20  Flight pagi jam 6 kami sudah check in jam 4 dan melewati imigrasi lalu menuju gate yang tertera di boarding pass. Saya dan salah satu teman yang muslim juga menuju musholla untuk melaksanakan solat Subuh sekitar jam 5. Ternyata kami baru sadar ada perbedaan waktu sehingga waktu solat Subuh baru sekitar jam 6. Tepat ketika adzan subuh berkumandang, salah satu teman menyusul dan mengatakan bahwa kami harus pindah gate. Kami pun buru-buru solat dan langsung berusaha berlari karena waktu boarding tinggal 10 menit lagi. Sedangkan kepindahan gate itu dari ujung ke ujung (paraaaah jauhnya). Gara-gara inilah, salah satu teman kami yang memang dari awal keberangkatan sedang tidak enak badan, mendadak drop begitu sampai Hanoi. Beruntungnya kami sampai tepat waktu di gate sehingga masih bisa naik pesawat walaupun ngos2an...   Sampai Hanoi Airport sekitar jam 9 (tidak ada perbedaan waktu dengan Indonesia). Begitu sampai, kami membagi tugas, ada yang membeli simcard (12 usd/7 hr utk paket data internet saja) dan mengambil uang di atm (ya, kami memang tidak menukar rupiah ke vnd di Indonesia, biaya tarik tunai sekitar 20rb rupiah). Sebelumnya saya sudah membaca kalau ada express bus dan public bus dari airport ke pusat kota. Tapi begitu kami tanya ke pusat informasi (yang anehnya, tidak ada satupun pusat informasi resmi, artinya pusat informasi yang tersebar di arrival hall adalah kepunyaan tour&travel, taxi/car rental, dan perusahaan simcard), mereka malah nawarin naik taxi. Karena kami ingin ngirit apalagi baru di awal-awal perjalanan, kami pun mencoba browsing lagi.  Ada bus no. 7 dan 17 dengan biaya 5000 vnd (sekitar Rp. 3000). Bus ini akan berhenti di setiap halte sehingga dipastikan memakan waktu lebih lama. Nah dari pintu keluar Kedatangan, kamu jalan ke arah kiri paling ujung nanti akan ketemu semacam terminal bus umum.    Pilihan lainnya adalah Express Bus 86 dengan biaya 30.000 vnd (sekitar Rp. 15.000). Dinamakan express bus dan lebih mahal karena hanya berhenti di beberapa halte di pusat kota Hanoi. Nah kalau penginapan kamu di sekitar Old Quarter, bisa pilih bus ini. Begitu keluar pintu kedatangan, ke arah kiri juga kemudian nyebrang dan ketika kamu berjalan, kamu akan ditawarkan untuk naik taxi, bilang saja dengan sopan kalau kamu mau naik bus 86. Mereka dengan senang hati akan menunjukkan kamu ke arah petugasnya. Bayarnya pas di bus aja, nanti kondekturnya akan nanya mau berhenti di halte apa. Sebelum berhenti, dia bakal ngasih tau kamu untuk segera siap-siap turun. Ternyata salah satu teman, sebut aja M, kondisi tubuhnya makin drop dan memutuskan untuk mencari klinik atau rumah sakit. Ceritanya cukup panjang, yang intinya adalah sore dan malam ini kami berputar-putar mencari klinik, rumah sakit, dan apotek. Untungnya ada Grab di Hanoi sehingga memudahkan mobilisasi kami. Terus bagaimana komunikasinya secara hampir sebagian besar driver kurang bisa berbahasa inggris? Kami selalu menyebutkan posisi melalui pesan dan menghafal jenis mobil serta plat nomornya. Kadang jika driver mengirim pesan dengan bahasa vietnam, kami menggunakan google translate untuk mengartikan dan membuat balasan (hahahaha). Ada kejadian lucu, salah satu teman saya sering disangka orang lokal karena penampilannya yang mirip, jadilah suka diajak ngobrol bahasa vietnam. Dan alhasil temen saya cuman bengong sambil bilang “I’m not vietnamnese”.
      Hari pun sudah menjelang malam dan kami lapar. Karena saya punya pantangan dalam makan dan beruntungnya saya punya teman yang pengertian, kami memutuskan mencari vegan restaurant terdekat. Ketemulah Loving Hut (ini sepertinya ada di mana-mana deh) yang menyediakan makanan khas vietnam dengan menu vegan. Dengan 3 jenis lauk dengan 4 nasi dan 4 minuman hanya habis skeitar 200.000 vnd (atau Rp. 100.000). Kenyang parah tapi ngerasa sehat (ya iyalah vegan food).   Setelah dari RS dan mengantarkan teman kami yang sakit ke GH untuk istirahat, sekitar jam 9 malam, kami bertiga memutuskan keluar menuju Old Quarter karena hari itu adalah malam minggu sehingga kawasan pinggir Hoan Kiem Lake ditutup untuk kendaraan (car free day). Niatnya mau mencoba egg coffee yang terkenal di Hanoi tapi cafe yang kami incar sudah tutup sehingga kami jalan kaki sambil melihat aktivitas warga lokal di malam minggu. Begitu sampai Old Quarter, kami menemukan sebuah cafe yang masih buka dan ada menu egg coffee. Penasaran kami memesan 1 cup (77.000 vnd inc.tax), sampai si pelayan bingung karena kami hanya memesan 1 cup kecil untuk bertiga.
      Karena sudah jam 11 malam, dan besok pagi ada halong bay tour, kami memutuskan kembali ke GH. Oiya kami memesan 1 day Halong Bay Tour dengan harga 42 USD/orang melalui staf GH saat kedatangan. Teman kami yang sakit memutuskan tidak jadi ikut karena dalam masa recovery. Karena pemberitahuannya mendadak, biaya hanya dikembalikan setengahnya.    20/8/2017 Tepat jam 7.30 pagi, guide datang menjempat kami di GH. Ada sekitar 21 peserta hari itu dari berbagai negara. Ternyata kami bertemu 4 kakak beradik asal Aceh. Perjalanan menuju Halong Bay cukup panjang sekitar 4 jam dengan berhenti 1 kali di tempat penjualan souvenir. Tenang aja toiletnya gratis dan cukup bersih kok dan kalian tidak diharuskan membeli souvenirnya. Sekitar jam 12 siang kami sampai pelabuhan. Sebelumnya di bus, guide kami membagi peserta ke beberapa meja di kapal. Kami kebagian meja 3 bareng sepasang turis asal Italia (yang ramah dan baik). Begitu duduk di kapal, awal kapal langsung menyuguhkan makan siang (kebanyakan seafood dan sayuran). Nah untuk minum tidak disediakan alias beli kalau gak bawa. Kapal pun berlayar sambil kami menikmati makan siang. Rasanya pun lumayan cocoklah dan porsinya banyak. Itinerary 1 day tour ini adalah menuju Surprise Cave dan Ti Top Island.    Untuk bisa mengikuti rangkaian kegiatan tour ini diperlukan stamina yang baik dan cukup minum karena harus menaiki anak tangga yang cukup banyak. Kami saja sampai kekurangan minum dan membeli disana (walaupun lebih mahal sih). Selain itu juga panas banget. Saya yg kurang cocok dgn cuaca panas bbrp kali harus berhenti saat menaiki tangga  ke puncak Ti top island. Bahkan setelah 3/4 perjalanan, saya menyerah dan memilih duduk istirahat. Sedangkan 2 teman saya lanjut. Setelah merasa cukup pulih, saya pun lanjut naik ke atas krn mikir2 sayang juga kalo ga sampai atas. 

       
       
      Kembali ke pelabuhan sekitar jam 5 sore dan sampai lagi di Hanoi jam 9 malam. Hari itu kami merasa lelah sekali sehingga tidak sanggup utk jalan2 malam lagi. Mana besoknya harus siap-siap ke airport untuk flight ke Ho Chi Minh.    21/8/2017 Penerbangan Hanoi-Ho chi minh dengan Jetstar jam 10 pagi. Kami sempat sarapan dulu. Seperti biasa pakai grabcar menuju airport. Baru kali ini di airport (domestic) kami harus melepas alas kaki saat pemeriksaan masuk ruang tunggu. Saya kira hanya khusus bagi warga asing tapi ternyata warga lokal pun membuka alas kakinya walau hanya menggunakan sendal jepit...   Sampailah di Ho chi minh airport jam 12 siang. Lgsg pesan uber menuju penginapan. Kali ini kami pesan Supe Homestay yg harganya 650rb/2 malam 4 bed dorm room. Kalau melihay review dan photo, hostel ini cukup bagus. Tapi ternyata kami kecewa karena kenyataannya berbeda. Begitu sampai, kami terkejut ketika staf mengatakan bahwa kamar penuh. Nah lhooo??? Tapi ternyata Supe ini punya cabang lain yg jaraknya 5 menit berkendara. Kenapa ga dikasih tau di awal..kan bisa email ato bgmn gitu ya..yg kedua begitu kami sampai, kayaknya ini penginapan jadi gudang barang2 jualan krn begitu banyak barang berserakan di lobi. Kamarnya pun berdebu seperti sudah tidak ditinggali lama. Kamar mandinya pun kurang bersih. Kecewa deh pokoknya.    Oke cukup curhatnya. Setelah check in, kami keluar mencari makan siang. Kami cari yg dekat bisa jalan kaki, cek2 di google, ketemulah resto india halal di daerah Bui Vien. Setelah makan dan kenyang, kami menuju Konsulat Indonesia. Wah ada apa yaa? Ternyata teman saya yg sakit itu belum puas dgn dokter di rs hanoi, jadi dia ingin meminta saran dan rujukan dari pihak konsulat yg mungkin lebih paham dgn kota ho chi minh. Yaaa jadi lagi2 hari ini dihabiskan dengan pencarian klinik dan rs. Beruntungnya ada Klinik international yg menerima turis dan berbahasa inggris di dekat konsulat. Setelah menunggu, periksa, tebus obat, sekitar jam 6 sore.    Hasil konsultasi dgn dokter, teman saya memutuskan utk lgsg ke bangkok (kebetulan ada temannya disana) tanpa ikut kami ke siem reap agar cepat pulih. Malam itu kami pun lgsg berembuk memesan tiket2 yg belum terbeli. Kami pun memutuskan utk ke cafe sekalian mencicip kopi vietnam. Cari2 di google yg reviewnya oke yaitu Bang Khuang Cafe. Dan ini adalah keputusan yg tepat, selain menu kopinya bervariasi, tempatnya juga nyaman dan cantik. Urusan memesan tiket bus ho chi minch-siem reap, tiket sleeper train bangkok-penang, dan tiket pesawat Ho Chi Minh-bangkok pun beres. Sedangkan utk tiket bus siem reap-bangkok rencananya akan kami pesan on the spot.    22/8/2017 Hari ini kami hanya keliling kota saja. Awalnya ingin ke cu chi tunnel tapi krn kondisi teman saya yg masih sakit, rasanya tidak mungkin pergi jauh2. Pertama kami ke Ben Tanh Market utk cari oleh2 dan brunch (krn disini banyak jual makanan). Setelah kenyang dan beli bbrp oleh2, kami menuju kantor pos, gereja, museum dan taman yg bisa dikelilingi dgn berjalan kaki. Karena lelah, kami kembali ke penginapan utk istirahat (yaa lagi2 kami tidur siang hahaha) kemudian malamnya keluar lagi utk cari makan. Ada 1 makanan yg khas vietnam tapi saya mau cari yg halal. Eh ketemulah Pho Muslim. Rasanya enak dan agak beda dengan pho yg pernah saya coba di jakarta. Rempah2 dan kaldu dagingnya lebih berasa plus terdapat potongan bakso homemade (hasil nanya2 yg punya). Warung Pho ini baru buka sore menjelang malam ya...
        Yaaaa sekian cerita edisi vietnam dari rangkaian 12 hari trip negara Asean. Masih ada 3 negara lagi...enjoy and happy reading!!!
    • By cnw
      MINGALABA!!!
      Saya punya cerita panjang tentang Myanmar! Sebenernya dari dulu cuma punya rencana dan rencana aja mau kesini tp gak pernah kesampaian, sampai akhirnya 2bulan ngtrip duit sisa dr Iceland lumyan banyak, nyari tiket lanjutan dan cocok sama Myanmar jadi yaa akhirnya berjodoh ahayyy. Ya walopun tiketnya gak bisa dibilang murah2 amat sih karena beli 2mgg sebelumnya hehe. Saya langsung copas dr blog pribadi saya ya http://www.sayalia.com/2016/12/myanmar.html   MYANMAR Myanmar dulunya dikenal dengan nama Burma. Negara yang disebut sebagai "The Golden Land" karena ribuan pagoda emas tersebar di penjuru negeri. Myanmar dari tahun 2011 diramalkan pariwisatanya bakal meledak setelah militer junta menyerahkan kekuasaan kepada pemerintah. Memang negara ASEAN yg dulunya tertutup ini sangat menarik untuk di jelajahi!   Mata uang Myanmar kyat.
      1kyat = Rp 11,- suasana kota Yangon   VISA Indonesia passport dan ASEAN free entry 14hr. Untuk pasport lainnya bayar single entry $50 untuk 28hr. TIKET AirAsia KUL-YIA (Yangon) RM 159
      ThaiLion YIA-CGK Rp 1.119.800,-
      Total tiket Rp 1,700an beli 2mgg sebelum berangkat. Kalo nungguin promo AirAsia mungkin bs dpt 700rb PP SIM CARD Nggak beli simcard. Tapi ini harga kartu perdana disana. Datanya gak bisa kasi info. Klo gak salah yg turis sim py Telenor 5GB itu 6000kyat. TRANSPORTASI Ada banyak jenis transportasi disini. Dari bus, taxi, kereta, pick up, ojek sampe odong2 juga ada. Kalo mau efisien ya naik taxi. Karena taxi disini gak pake meter jadi harus tawar menawar dulu. Soalnya mo naik transportasi umum spt bus harus butuh waktu dan tenaga extra hehehe. Untuk bus antar kota, budget & estiminasi bisa baca di itinenary. FOOD Makanan di Myanmar harganya hampir sama seperti Indonesia. Saya disini nyobain makan dari yang ada di pinggiran jalan raya cuma 400kyat sampai rumah makan 2500kyat. Tapi abis makan yg 400kyat rada mules karena campur debu dan polusi :'D. Kalo makan di rumah makan atau mall jg masih friendly harganya. 1porsi nasi goreng/mie goreng semacamnya 1200-2500kyat. Klo di resto chinese food nasi goreng 2500kyat itu porsi banyak bisa buat ber2. Gak mahal2 amat kan dibanding makan di mall?!
      Budget harian saya untuk makan sih 3000kyat. Selama on budget makan dimana aja apa aja oke, hehe.   SOUVENIR Disini banyak dijual batu jade. Buat asesoris gelang, kalung, dll ataupun dibuat patung2an. Harganya macem2 mulai dari 2000kyat-puluhan ribu tergantung bentuk. Tinggal nawarnya aja.
      Yang khas lainnya adalah puppet.
      Kalo di Yangon bisa cari di Bogyoke Market. Di Bagan bakal banyak yg jual di temple2. Selain itu alkohol disini juga murah banget lho! Whiskey 40% mulai dari 800kyat pun ada dijual dimana-mana. TIPS 1. Musim paling enak mengunjungi Myanmar Oktober-Maret dimana lagi moonson kalo malem dingin siang panas. Daerah Inle Lake & Bagan lebih dingin jadi bawa jaket kalo pas musim ini.
      2. Air Balloon di Bagan cuma ada bulan Okt-Maret
      3. Pake sandal aja kemana-mana karena banyak pagoda, dan masuk pagoda gak boleh pake alas kaki
      4. Jangan lupa sunblock kalo gak mau gosong
      5. Ini tips lagi buat yg mau beli2 tiket bus/travel. Mending kalian beli dr hotel aja deh minta tolong org hotelnya. Karena setelah gw survey nekat nyari2 sendiri ke terminal, ternyata travel ama harganya sama aja, malah rugi bayar parkirnya. Jadi yg gampang dan gak ribet mnta tolong sm petugas hotel aja harganya sama. Ya kalo beda gak jauh2 amat lah dr pd pake ongkos ke terminal. ITINENARY Day 1 KUL-Yangon ●Akomodasi : Sleep Inn mix dormitory $7 (9500kyat)
      ●Transportasi dari airport Yangon (YIA) ke downtown.
      -Naik taxi -+7000kyat bisa diisi orang 4. Biasa orang pake ini, tapi karena saya budget limited jadi naik bus. 
      -Untuk bus lokal agak "soro" sih. Dari YIA keluar dulu dr parkiran ke jalan raya, terus aja ngikutin jalan -+2km ada percabangan ke kanan. Nanti di seberang jalan ada halte bus, ato tanya org sekitar aja mereka ngasi tau kok. Sampai halte bakal bingung karena tulisan di busnya tulisan dewa semua LOL. Saya sampe nanyain semua bis lewat "sule? Sule?" karena gak bisa baca tulisannya. Tujuan saya Sule Pagoda (downtown, chinatown turun disini aja). Untung orang lokal baik hati ada yg ngasi tau kalo bis sule dateng.
      Nanti bis yg lewat bakal teriak "SULE SULE" dengan bahasa Burma yg gw aja gak ngeh mereka ngomong apa. Harga naik bus murah meriah cm 200kyat, busnya lbh parah dr Indonesia dan penuh perjuangan hehehe.
      ●Things to do : Leyeh2, jalan2 di sekitar dan Sule Pagoda. Nyari2 info bus ke Bagan. Hari ini saya gak masuk Swedagon dulu karena mau tidur, abis 3malem nggak merasakan kasur sih.   Day 2 Yangon
      ●Akomodasi : Night Bus
      ●Transportasi :    BUS YANGON-BAGAN Mandalarminn 15.500kyat. Perusahaan bus dari Yangon-Bagan ada banyak banget. Tapi gak semua bisa booking online. Biasanya org pake JJ Express, ini bus palin elit di Myanmar. Saya awal booking JJExpress via email, responnya cepet, tapi mahal 24.500kyat. Iseng2 cr lain nemu Mandalarminn cuma 15.500kyat bisa book email juga. Ya pasti gw pilih murah lah! Kalo mau beli di agen ada banyak di depan Sule Pagoda, untuk harga kurang tau, biasanya ada biaya agen. Kalo book email/telepon gampang banget. Cm setor nama, bayarnya pas di terminal.   TRANSPORTASI dari dan ke Downtown - Aungminghalar Highway Terminal 1. Taxi -+10.000kyat. Coba tulis/ngomong resepsionis hostel h-1 sebelum pergi siapa tau ada org lain yg mau join share cost taxinya. 2. Naik bus no 43 dari Sule Pagoda. Nah karena nungguin bus 43 gak dateng2 saya pake opsi selanjutnya, 3. Minivan lokal 1000kyat. Ini macam mikrolet pake AC. 1 minivan bisa diisi 12 orang. Gambar 1 & 2 diatas sendiri itu public transport minivan 1000kyat/orang dari Sule Pagoda ke Aungmilabar Highway Bus terminal. Dan sebaliknya.
      Gambar 3-6 suasana terminal bus dan dalam bus Mandalarminn
      Gambat 7 & 8 bawah sendiri rest area, ada WC dan restoran kalo laper
      ●Things to do : Di Yangon leyeh2 lagi part 2 sambil nungguin bus malem   Day 3,4,5 Bagan
      ●Akomodasi : Large Golden Pot Guest House $23/malem 2org.
      ●Transportasi : Dari Nyang U terminal ke hostel/kota Nyang U atau New Bagan naik taxi/delman. Karena bus sampe Bagan jam 5 pagi, pasti banyak taxi yg ngrubungin. Harga 1 taxi itu 5000kyat, bukan 1orang ya! Udh banyak tulisannya di terminal Nyang U 5000kyat, New Bagan 7000kyat for 1or2. Jadi jangan mau ditipu. Tp kmrn sial taxi mo tipu2 bilang 5000kyat/org saya gak mau lah. Minta 2org 5000, terus di turunin 7000 2org. Hampir 30menit ngotot nawar 5000 gak dikasi ama dia, akhirnya end deal 6000kyat/taxi. 5000ada sih yg mau tp naik kuda hehe.   Zone fee foreigners 25.000kyat valid 5days. Loket ada diluar area kota, setelah dari bus terminal nanti bakal di stop buat bayar. Keliling Bagan :   Rent E-Bike 7000kyat/day.
      Rent E-Bike awalnya mereka buka harga 8000kyat, karena lgsg mau ambil 3hr saya tawar 7000kyat dikasi. Karena lokasi hostel ini agak pinggir (soalnya murah sih) jd mo kejar sunrise lgsg aja sikat ebikenya. Padahal klo di kota mgkn lebih murah, saya sempet liat ada yg 5000kyat E-Bike tp gak tau 12jam atau 24jam.   Opsi lain keliling Bagan : 1. Sepeda 1500kyat/day. Bagan itu besar jadi ya siap2 kaki pegel bagi yg gak biasa olah raga hehehe.
      2. Carter taxi atau andong. Harganya yg pasti >25.000kyat untuk 1day tour
      Paling asik naik Ebike! Apalagi pas keliling2in Bagan seru banget masuk2 ke sawah2! Opsi lain di Bagan main ke Mt. POPA. Saya nggak kesana sih karena nggak gt tertarik dan udh terlanjur rent 3hr ebike. Klo ke mt. Popa jangan rent ebike karena jatah 1day ke Mt. Popa. Bisa cari shared taxi di kios2/agen2 tur di kota 10.000kyat/org. Mt. Popa 1,5jam perjalanan dr Nyang U   ●Things to do : 
      1. Sunrise!! Di Bagan tiap sunrise ada Hot Air Balloon setiap bulan Oktober-Maret. So don't miss this opportunity! Pemandangan sunrise diatas temple sambil liat balon diatas hamparan 2000+ candi yg ada di Bagan. Gak kalah sama Cappadocia!! Untuk naik balloon ini mahal sih $350. Klo mau naik balon plg murah sedunia kyna di Cappadocia €60 doang.
      2. Temple Hunter!!! Kelilingin banyaknya temple, stupa dan monastery di Bagan itu seru banget. Tiap candi beda2 Buddhanya. Kalo yg waktu terbatas bisa pergi ke temple2 yg besar aja. Lebih baik pakai sandal kemana-mana karena tiap masuk ke Pagod sandal harus dilepas.   3hari saya di Bagan rasanya kurang. Kalo siang di temple tengah hutan sambil dengerin musik dan leyeh2 menyenangkan. Menurut saya pribadi lebih suka Bagan dibanding Angkor wat. Munkin karena Angkor Wat udh kebanyakan turis disana kali jadi rame. Di Bagan suasanya Nyaung shwe dan Old & New Bagan itu ky desa rumahku di Ponorogo, bahkan lebih desa lagi lol. Ohhh I miss Bagan!     Transportasi BAGAN-MANDALAY Dari Bagan ke Mandalay yang saya dapet :
      1. Klo naik dari terminal jam 9am ama 9.30pm 8500kyat. Dijemput di hotel Bagan pake mobil pick up, drop terminal Mandalay.
      2. Minivan/travel 9000kyat, saya booking ini lewat guest house karena jamnya lebih banyak. Hampir ada tiap jam dr start jam 9am-9pm. Cuma beda 500kyat ama terminal antar jemput hotel Bagan & Mandalay. Lebih praktis   Day 6 Mandalay ●Akomodasi : Hotel Iceland $22/malem 2orang
      ●Transportasi : Rent Motorbike lewat hotel. Harga pasaran sih 10.000kyat/day untuk motorbike yg manual. Matic 15.000kyat. Karena kmrn googling dan sekitar hotel gak ada sewa motor akhirnya saya lewat hotel 12.000kyat dapetnya. Ya okelah dr pd nggak sama sekali. Bensin isi 1300kyat aja. Nggak ky di Yangon, di Mandalay buanyak banget motorbike! Dan nyetirnya juga gak jauh beda sm Indonesia, urakan lol. Cara lain muterin Mandalay ya one day tour. ●Things to do : Mandalay Hill, Pagoda, U-Bein bridge   Day 7 Mandalay-Inle Lake
      ●Akomodasi : Gypsy Inn Inlay $14/malem 2org
      ●Transportasi : 
      Dari Mandalay ke Nyang Shwe 12.500kyat minivan perjalanan -+6jam. Dijemput hotel Mandalay dan diantar ke hostel Inle Lake. ●Things to do : Zone fee Inle Lake 12500 valid 1week. Sampai Inlay sore jadi jalan2 di kota aja. Back to village! Inle Lake ini desa kecil banget, muterin jalan kaki aja 1jam udh abis. Makanan disini ya bs dibilang udh harga turis ya paling murah 1500kyat'an. Inle Lake mulai dilirik gara2 masuk NatGeo cara nelayannya cari ikan yg unik.   Day 8,9 Inle Lake ●Akomodasi : Gypsy Inn
      ●Transportasi : kemana aja jalan kaki. Sebenernya saya ada 2hr full disini. 1hr boat tour. 1hr nganggur leyeh2. Klo mau diisi bisa sewa sepeda 1500kyat/day keliling sekitar Nyaung Shew, tapi ya lumayan ke Pagoda2 sama vineyards deket aja ngontel 1jam dulu. Ato klo mau ambil 1day tur lain ke Kalaw, Taunggyi atau Pakku Pagoda juga oke. Saya lebih milih leyeh2 aja karena sekalian nunggu night bus ke Bago.   Harga night bus Inle Lake-Bago 14000kyat yg normal. Ke Bago soalnya mo lanjut ke kinpun, atau biasa orang tau Golden rock Pagoda. Saya gak ambil ke Yangon karena malah muter, hemat 2jam dan hemat 2000kyat. Perjalanan Inlay-Bago 10jam jadwal bus dari Inle Lake ke beberapa kota di Myanmar   ●Things to do :    Inle Lake Boat Tour. Harga 15.000kyat/boat. 1boat bisa diisi max 5 orang. Durai 5-6jam tergantung teamnya lama/nggak stop di setiap tempat. Pas mau booking dari hostel awalnya mau cari joinan udah hopeless karena kita ber 2 dan nggak ada orang lain lagi di hostel. Karena kita book buat jam 10 pagi, ehh ada yang check in dan akhirnya mau join 1 boat hihi. Lumayan dari 15.000kyat dibagi 2 orang, akhirnya berangat full boat 5orang. Jadi cuma 3000kyat/orang :p. Boat tour Inle Lake ini kebanyakan stop-stop di tempat komersil seperti pembuatan silver, souvenir, pembuatan rokok, dll. Yang terakhir makan siang dan Pagoda. 1day tour boat Inle Lake Day 10 Bago-Kinpun, Mt. Kyaiktiyo (Golden Rock Pagoda) ●Akomodasi : Night Bus
      ●Transportasi : Dari Bago ke Kinpun minivan/angkor 4000kyat. Dari terminal Kinpun ke Kyaiktiyo (Golden Rock Pagoda) 2000kyat one way naik truk. Dari Kinpun ke Yangon WIN Express Bus 7000kyat 5jam perjalanan. Diboongin orang nih sial. Setelh sekian lama br ini kena tipu haha. Memang kalo traveling sendiri gak kena tipu orang lokal gak afdol. Menurut Lonely Planet harga bus Bago-Kinpun itu cuma 3500kyat 2,5jam perjalanan. Karena kita sampe Bago jam 4 subuh, diturunin di tempat entah berantah bukan terminal, jadi calonya 1 doang gak ada lawan. Buka harga 7000kyat ke Kinpun, pake bis. Ogah lah! Kita ber2 barengan sm 2org lg dr Okinawa. Tawar menawar akhirnya nihonjin deal 6000kyat. Haduh pdhal mo gw tawar lagi tapi krn 1 udh deal pasti gak mau turunin lagi, ya udh akhirnya deal juga huhuhu melayang jatah sekali makan.
      Pas udh jam 6 eh ternyata angkot, sial. Pake stop2 tiap ada penumpang juga, sebel =_=.  Jadi klo mau ke Kinpun dari Bago yg entah dari mana, mending ke terminal bus dl karena dsn tar banyak angkot/minibus ekonomi yg bakal ke Kinpun harga lbh hemat yg pasti. Saya aja nanya kinpun-bago naik bis WIN express cuma 5000kyat VIP tuh pake ac!   Kinpun, kyaktiyo Golden Rock Pagoda-Yangon
      WIN Express bus 7000kyat perjalanan 5jam. Ini gampang banget belinya dari terminal langsung ditawarin bus Yangon, karena 1 1nya bus cm WIN aja. Ada tiap jam mulai jam 8am-5.30pm. Sedangkan dr Yangon-Golden Rock mulai jam 6 pagi.   ●Things to do : Golden Rock Pagoda. Dari terminal kinpun kita masih harus naik truk lagi buat ke atas, bayarnya 2000kyat one way. Truknya memang sengaja buat angkutan umum ke atas
      , dan perjalanannya ky naik roller coaster lol. -+40menit. Foreigners enterance fee 6000kyat. Tapi yg ini gara2 saya sebel abis ditipu bis td, nyelonong aja lewatin tiketnya ky orang lokal dan nggak ditagih sama petugasnya, lumayan hemat 6000kyat *jangan ditiru lol*.   Day 11, 12 Yangon Sule Pagoda ●Akomodasi : Sleep Inn
      ●Transportasi : Jalan kaki kemana-mana
      ●Things to do : Swedagon Pagoda (enterance fee $8). Dari Sule Pagoda/Chinatown jalan -+3km Sule Pagoda Yangon Central Railway Station Bogyoke Market   Hari2 terakhir saya di Myanmar, kebanyakan sih leyeh2 di hostel dan main ke mall deket hostel, makan enak diakhir2 sebelun pulang hehe.   Day 13 Yangon-Jakarta. I'm home, Indonesia!!   Sekian itinenary & budget 13hari di Myanmar. Sudah ada bayangan untuk biaya hidup? Tinggal cari tiketnya kan!
      ဘိုင်။, ေက်းဇူးတန္ပါတယ္။ !!    BUDGET LIST    
      SHARE THIS:
           
    • By aprisnando
      Salam kenal guys,
      Ane newbie di sini,
      Ane punya rencana trip akhir tahun dari 10 November - 22 November (cuti 8 Har kerja),nah ane punya rencana ke 4 negara
      Jadi gini itinerary mentah yg ane punya
      1. 10 Nov-11 Nov CGK-KUL-RGN , berangkat kamis malam, menginap di KLIA2 pagi lanjut ke Yangon, sampe Yangon siang, langsung check in hostel dan keliling kota Yangon
       liat2 pagoda, Sule Pagoda, Shwedagon pagoda, mahabandoola park, dan sebagainya.
      2. 12-13 Nov Yangon-Bagan naik bus, jadi nginap semalam di bus, paginya tgl 13 langsung explore Bagan, dan sorenya langsung balik lagi ke Yangon untuk ngejar flight ke Bangkok
      3.14 Nov, RGN-DMK, Sampe Bangkok cuma istirahat aja sehari, kalo ada yang mau explore kota Bangkok ane anterin secara ane udah pernah kemari jadi Thailand buat transit aja,
      4. 15 Nov Malam, Bangkok - Siem Reap by bus, nginap di Bus semalam ke Siem Reap
      5. 16 Nov, Explore Siem reap seharian, ke angkor wat dsb. Nginap sehari di Siem Reap
      6. 17 Nov Malam, Siem Reap - Ho Chi Minh City Vietnam by bus, nginap di bus lagi
      7. 18 Nov, Explore ho chi minh, ke cu chi tunnel, museum2, notre dame, dsb. (berhubung ane ada saudara disini jadi ane bakal stay sampe tanggal 22), kalo kalian yang pengen
      duluan balik it's oke bakal ane temenin keliling2 dulu di Ho Chi Minh
       
      Begitulah singkatnya itinerary ane,
      Btw ane belum beli tiket dsb, kira2 budget flight aja sekitar 2.5 juta dari Jakarta-KL-Yangon-Bangkok-Ho Chi Minh-Jakarta (bisa lebih murah lagi sambil nunggu promo)
      Untuk biaya kasarnya ane spare sekitar 4 jutaan diluar flight (biaya tiap orang beda2 karena ada yang suka jajan, ada yang suka belanja, ada yang irit dsb) 
      jadi ini cuma ajakan aja kalo minat bisa PM ane ya, sapa tau cocok dan kita bisa traveling bareng dan share cost
       
    • By Octobrian Panjaitan
      Saya rencananya Mei ini mau ke Myanmar tanggal 03 - 08 Mei 2016. 
      Ud beli tiket KL - Yangon - KL tapi Jakarta - KL nya beloman sih  .  Ini juga lagi hunting2 tikenya
      Rencananya 2 hari di Yangon, 1 hari di Bagan, 2 hari di Mandalay.
      Tadinya sama @kokoadit tapi cancel karena cutinya ditolak hahaha.. 
      Mungkin ada yang tujuan dan tanggalnya sama jadi bis trip bareng, saya solo travelling , sekarang ud berdua saya adek saya . Biar bisa share cost, message me ok guys 
    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
      Jika kamu memiliki kesempatan untuk mengeksplor Filipina dan menginginkan untuk datang ke sebuah kota di Filipina yang tergolong menawan dan memiliki banyak pesona wisata yang dapat kamu sambangi, kamu dapat mencoba untuk mengunjungi kota Davao yang satu ini.
       
                Kota Davao adalah sebuah kota yang terletak di Mindanao, Filipina. Kota ini merupakan kota terpadat keempat di Filipina dan merupakan kota terpadat di kawasan Mindanao. Kota Davao tercatat memiliki populasi sebanyak lebih dari 1.400.000 jiwa pada tahun 2010.
       
                Kota Davao merupakan pusat bisnis, serta komersial di Mindanao. Nah, ada sebuah fakta menarik dari kota ini. Kota Davao rupanya sangat menerapkan prinsip dilarang merokok, dan siapa pun yang merokok akan mendapatkan sanksi.
       
                Kota Davao merupakan tempat terletaknya sebuah gunung tertinggi di Filipina, yaitu Gunung Apo. Selain itu, kota ini juga terkenal dengan manggis, durian dan marang.
       
                Kamu penasaran dan ingin segera menjelajahi Kota Davao? Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam itinerary menjelajahi kota Davao di Filipina selama 3 hari 2 malam.
       
      Transportasi Menuju Kota Davao
       

      Memasuki Kota Davao Melalui Davao Francisco Bangoy International Airport via http://dabawpinoy.com/wp-content/uploads/2012/04/story01-01.jpg
       
                Rute terbaik yang dapat kamu tempuh dari Jakarta menuju Davao adalah dengan menaiki pesawat langsung menuju Davao Francisco Bangoy International Airport. Saat ini, terdapat beberapa maskapai penerbangan yang melayani penerbangan dengan rute Jakarta menuju Davao.
       
                Biaya yang kamu keluarkan untuk perjalanan ini adalah sekitar Rp 1.800.000,00 hingga Rp 3.200.000,00 per sekali jalan. Lama waktu tempuh yang kamu butuhkan adalah sekitar 6 jam 10 menit hingga 11 jam 15 menit.
       
                Selama perjalanan tersebut kamu mungkin akan mengalami transit di satu atau dua kota. Kota-kota yang mungkin menjadi tempat transitmu adalah Singapura, Manila dan Cebu.
       
                Setibanya di Davao, kamu dapat langsung menaiki taksi menuju ke pusat kota Davao. Perjalanan ini akan kamu tempuh selama sekitar 15 menit. Namun, jika kamu ingin berjalan dengan menggunakan harga yang lebih terjangkau, kamu dapat menggunakan taksi normal daripada menggunakan taksi bandara.
       
      Memilih Penginapan Selama Berada di Kota Davao
                Selama berada di Kota Davao, kamu dapat memilih untuk menginap di penginapan berjenis budget hotel, guest house atau hotel. Jenis penginapan ini tentunya dapat kamu sesuaikan dengan jadwal, budget serta partner traveling-mu.
       
                Jika kamu memilih untuk menginap di budget hotel, kamu dapat menginap di kamar dengan jenis single budget room with shared bathroom. Biaya yang kamu keluarkan untuk menginap di sini adalah sekitar Rp 103.000,00 per malam.
       
                Jika dikonversikan, biaya tersebut sama dengan 352 PHP. Fasilitas yang kamu dapatkan di kamar ini adalah AC, kamar mandi bersama, toilet bersama serta handuk dan seprai.
       
                Jika kamu memilih untuk menginap di penginapan berjenis guest house, kamu dapat menginap di kamar dengan jenis single room. Biaya yang kamu butuhkan untuk menginap di kamar ini adalah sekitar Rp 391.000,00 per malam.
       
                Fasilitas yang kamu dapatkan di kamar ini adalah AC, meja kerja, sofa, lemari, shower, peralatan mandi, toilet, kamar mandi pribadi, TV, dan free wifi. Jika dikonversikan ke peso Filipina, biaya yang kamu butuhkan adalah sekitar 1.334 PHP per malam.
       
                Jika kamu memilih untuk menginap di penginapan berjenis hotel, kamu dapat menginap di kamar dengan jenis single deluxe room. Biaya yang kamu butuhkan untuk menginap di kamar ini adalah sekitar Rp 361.000,00 per malam.
       
                Fasilitas yang kamu dapatkan di kamar ini adalah AC, meja kerja, shower, peralatan mandi, toilet, kamar mandi pribadi, TV, telepon serta wake up call. Jika dikonversikan ke dalam peso Filipina, biaya yang kamu butuhkan untuk menginap di sini adalah sekitar 1.231 PHP per malam.
       
      Hari Pertama
      Awali Perjalananmu di Kota Davao dengan City Tour dan Mengunjungi Pulau Samal
       
       

      Mengunjungi People’s Park via http://davao-malls.com/wp-content/uploads/2013/04/peoples-park.jpg
       
                Untuk mengawali perjalananmu di Kota Davao, kamu dapat mengunjungi People’s Park. People’s Park merupakan sebuah taman public yang terletak di pusat Kota Davao. Taman ini diisi oleh lebih dari 1.000 spesies tanaman yang berasal dari berbagai belahan dunia.
       
                Tanaman yang terdapat di taman ini berasal dari Asia Tenggara, Afrika, Australia dan Amerika Selatan. Fasilitas yang penting untuk kamu kunjungi ketika kamu datang ke People’s Park adalah dancing fountain.
       
                 Dancing fountain ini seringkali beroperasi pada malam hari. Sehingga, kamu dapat menyaksikan atraksi dari dancing fountain ini yang tergolong cantik dan menarik.
       
                Selain itu, taman ini diberi nama demikian karena di dalamnya terdapat sculpture yang menggambarkan warga lokal di Kota Davao. Karena sculpture itulah, taman ini kemudian diberi nama People’s Park.
       
                Yang menarik dari tempat ini adalah bentuk visitor center-nya yang menyerupai bentuk buah durian. Buah durian memang merupakan buah lokal yang menjadi icon dari Kota Davao. Di sekitar visitor center itu juga terdapat banyak spesies bamboo.
       
                 People’s Park biasanya digunakan oleh para penduduk lokal dan wisatawan untuk melakukan aktivitas ringan olahraga pagi, seperti jogging dan bermain badminton. Jika kamu ingin merasa lebih dekat dengan penduduk lokal, tentunya mengunjungi People’s Park dapat kamu jadikan sebagai awal kunjungan wisata di Davao yang tepat.
       

      Mengunjungi Jack’s Ridge di Davao City via http://www.wonderingwanderer.com/wp-content/uploads/2013/12/Jacks-Ridge-Davao-City.jpg
       
                Setelah puas mengunjungi People’s Park, kamu dapat melanjutkan perjalananmu untuk mengunjungi Jack’s Ridge untuk mencari sarapan. Untuk mencapai Jack’s Ridge dari People’s Park, kamu dapat menaiki taksi selama sekitar 15 menit. Biaya yang kamu keluarkan untuk taksi adalah 100 PHP.
       
                Salah satu rekomendasi restoran yang dapat kamu kunjungi setibanya di Jack’s Ridge adalah Karlo’s Coffee Shop. Oh iya, sebelumnya kamu diharuskan untuk membayar biaya masuk sebesar 20 PHP terlebih dahulu sebelum memasuki Jack’s Ridge.
       
                Karlo’s Coffee Shop menawarkan banyak menu kopi eksotis yang dapat kamu coba. Misalnya, kamu dapat mencoba menikmati durian coffee, mangosteen coffee atau marang coffee. Kopi ini dapat kamu coba untuk merasakan sensasi kopi yang baru di Kota Davao.
       

      Mengunjungi Samal Island via http://www.samal-island.com/wp-content/uploads/2013/09/slide-2.jpg
       
                Jika kamu merasa jenuh dengan kepenatan dan keriuhan yang terjadi di pusat kota, maka saatnya kamu untuk mengunjungi Samal Island. Samal Island merupakan sebuah pantai yang terletak di Davao. Pantai cantik ini merupakan salah satu pantai yang cukup populer juga di Davao.
       
                Untuk mencapai Samal Island dari Jack’s Ridge, kamu dapat menaiki bus dari Sasa Warf. Bus ini akan menempuh perjalanan selama sekitar 15 menit dengan biaya 30 PHP.
       
                Selanjutnya, kamu bisa juga menaiki feri untuk menyeberang menuju ke Samal Island. Lama waktu perjalanan yang kamu tempuh untuk menyambangi Samal Island ini adalah sekitar 10 hingga 15 menit.
       
                Terdapat berbagai aktivitas wisata yang dapat kamu lakukan di tempat ini. Kamu dapat melakukan kegiatan diving sambil menyaksikan keindahan bawah laut Samal Island. Kamu juga bisa melakukan kegiatan kayaking jika kamu berminat.
       
                Selama berada di Samal Island, kamu bisa menggunakan transportasi berupa habal-habal. Penduduk di Samal Island pun tergolong sangat baik dan ramah sehingga kamu akan merasa nyaman berada di pulau ini.
       
      Hari Kedua
      Melanjutkan Perjalanan Mengelilingi Samal Island dan Kembali ke Pusat Kota Davao
       

      Mengunjungi Hagimit Falls di Samal Island via http://harrybalais.com/wp-content/uploads/2013/02/Hagimit-Falls-01.jpg
       
                Untuk mengawali perjalanan hari keduamu di Samal Island, Davao, kamu dapat memulainya dengan mengunjungi Hagimit Falls. Hagimit Falls merupakan sebuah air terjun yang kecil namun sangat alami.
       
                Biaya masuk yang dikenakan jika kamu ingin memasuki Hagimit Falls adalah sekitar 45 PHP. Nah, kamu harus memastikan diri agar tidak lupa membawa baju renang ketika kamu mengunjungi Hagimit Falls ini.
       
                Banyak penduduk lokal membangun cottages di sekitar Hagimit Falls untuk menambah kenyamanan wisatawan yang datang berkunjung ke tempat ini. Tempat ini tergolong indah dan masih cukup sepi sehingga kamu dapat menemukan ketenangan ketika kamu berkunjung ke tempat ini.
       
                Selain itu, di Hagimit Falls kamu juga dapat menemukan banyak vegetasi dan juga pemandangan alam yang hijau dan menenangkan. Untuk melengkapi perjalananmu mengunjungi Samal Island, jangan lupa untuk berkunjung ke Hagimit Falls ini.
       

      Mengunjungi SM Lanang di Davao City via http://philippinesedirectory.com/wp-content/uploads/2014/04/SM-Lanang-Dancing-Fountain-J.P.-Laurel-Avenue-Lanang-Davao-City7.jpg
       
                Setelah puas mengelilingi Samal Island, kamu dapat melanjutkan perjalananmu untuk kembali ke Davao City. Destinasi selanjutnya yang dapat kamu sambangi untuk mencicipi makan siang adalah di SM Lanang.
       
                Untuk mencapai SM Lanang dari Samal Island, kamu dapat menyeberang kembali dengan menaiki feri. Lama waktu tempuh perjalanan yang kamu butuhkan untuk menyeberang kembali adalah sekitar 10 hingga 15 menit.
       
                Selanjutnya, kamu dapat menaiki bus dari Penaplata Station menuju ke Davao City. Setelah itu, kamu akan tiba di SM Lanang. SM Lanang merupakan salah satu pusat perbelanjaan terpopuler yang terdapat di Davao City.
       
                Nah, ada sedikit tips bagi kamu yang ingin mencoba mencicipi makan siang di SM Lanang ini. Kamu dapat menggunakan paspormu sebagai kartu identitas bahwa kamu bukan penduduk asli Davao City. Selanjutnya, kamu akan mendapatkan tourist discount karena paspormu tersebut. Menyenangkan, bukan?
       

      Mengunjungi Bankerohan Public Market via http://hellofromdavao.com/?p=29
       
                Nah, setelah puas menjelajahi SM Lanang, kamu dapat melanjutkan perjalananmu dengan mengunjungi Bankerohan Public Market. Bankerohan Public Market adalah sebuah pasar tradisional yang terletak di pusat kota Davao.
       
                Di tempat ini, kamu dapat berinteraksi dan mengenal lebih dekat para penduduk lokal Davao. Seperti halnya banyak pasar tradisional, di tempat ini kamu dapat menemukan berbagai bahan pangan sehari-hari seperti sayur mayur, ikan, dan lain-lain.
       
                Beberapa rekomendasi panganan yang dapat kamu beli di Bankerohan Public Market adalah permen, manggis, durian serta marang. Semua panganan tersebut merupakan asli Davao sehingga kamu dapat merasakan buah-buahan asli Davao yang dibeli langsung di pasar tradisionalnya.
       
                Harga yang ditawarkan di pasar ini juga tergolong terjangkau. Selain itu, kamu juga dapat menawar jika ingin membeli barang di tempat ini. Letaknya yang terletak di pusat Kota Davao juga membuatmu dapat merasa lebih mudah jika ingin mengakses pasar yang satu ini.
       
      Hari Ketiga
      Ayo Lanjutkan Perjalananmu Mengelilingi Kota Davao yang Satu Ini
       
       

      Mengunjungi Philippine Eagle Center via https://theadwanders.files.wordpress.com/2013/04/e-eagles.jpg
       
                Untuk mengawali perjalanan hari ketigamu di Kota Davao, kamu dapat memulainya dengan mengunjungi Philippine Eagle Center. Philippine Eagle Center adalah rumah bagi lebih dari 36 gagak Filipina. Selain itu, tempat ini juga merupakan rumah bagi lebih dari 10 spesies burung lainnya.
       
                Tempat ini juga memiliki koleksi berupa 4 spesies mamalia dan 2 spesies reptile. Biaya masuk yang kamu harus keluarkan jika kamu ingin memasuki tempat ini adalah sekitar 100 PHP. Tempat ini juga menyesuaikan kondisi dengan habitat asli gagak Filipina sehingga mereka dapat merasa nyaman untuk tinggal di tempat ini.     
       
                Ketika mengunjungi Philippine Eagle Center, pastikan kamu mengunjungi Pag-Asa yang merupakan gagak Filipina tertua yang terdapat di Philippine Eagle Center.
       
                Untuk mencapai Philippine Eagle Center, kamu dapat menaiki bus dari Annil Terminal menuju Calinan. Perjalanan ini akan kamu tempuh selama sekitar 20 menit. Biaya yang kamu keluarkan untuk perjalanan ini adalah sekitar 30 PHP.
       
                Selanjutnya, dari Calinan kamu dapat menaiki taksi. Lama waktu tempuh perjalanan yang kamu butuhkan adalah sekitar 10 menit. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk perjalanan ini adalah sekitar 6 PHP.
       
                Harga tiket masuk untuk memasuki Philippine Eagle Center adalah sekitar 100 PHP. Di sini juga terdapat toko souvenir dimana kamu dapat membeli souvenir khas Davao City yang harganya cukup terjangkau jika dibandingkan tempat-tempat wisata lainnya.
       

      Mengunjungi Eden Nature Park via https://anakbackpacker.files.wordpress.com/2013/08/1040805_orig.jpg
       
                Bagi kamu yang ingin merasakan petualangan alami selama berada di Davao, kamu dapat mengunjungi Eden Nature Park. Eden Nature Park juga merupakan tempat yang tepat untuk kamu sambangi setelah kamu mengunjungi Philippine Eagle Center.
       
                Untuk mencapai Eden Nature Park dari Philippine Eagle Center, kamu dapat menaiki kendaraan umum L300 menuju Toril. Biaya yang kamu keluarkan untuk menaiki kendaraan ini adalah sekitar 30 PHP.
       
                Selanjutnya, kamu dapat menaiki jeepney menuju Mercury. Baru setelah itu, kamu dapat menaiki habal-habal yang akan membawamu persis berada di depan Eden Nature Park. Biaya yang kamu keluarkan untuk menaiki habal-habal ini adalah sekitar 200 PHP.
       
                Biaya masuk yang kamu keluarkan jika kamu ingin memasuki Eden Nature Park adalah sekitar 200 PHP. Kamu akan mendapatkan snack gratis sebagai complimentary untuk menambah kenyamananmu selama berada di Eden Nature Park ini.
       
                Eden Nature Park adalah sebuah taman yang didesain jika kamu ingin merasa lebih dekat dengan alam. Selama berada di Eden Nature Park, terdapat berbagai aktivitas wisata yang dapat kamu lakukan. Aktivitas tersebut adalah memancing, mengambil foto serta melakukan tur mengelilingi Eden Nature Park yang cantik ini.
       

      Mengunjungi Abreeza Mall via www.tripadvisor.com
       
                Untuk melengkapi perjalanan hari ketigamu di Davao, kamu dapat melanjutkan perjalananmu dengan mengunjungi Abreeza Mall. Abreeza Mall adalah sebuah pusat perbelanjaan yang terletak di pusat kota Davao.
       
                Abreeza Mall adalah sebuah mall pertama yang dibangun oleh developer Ayala (salah satu developer terkenal di Filipina) yang terletak di Mindanao. Mall ini memiliki tiga lantai dan berdiri di atas lahan dengan luas sekitar 10 hektar.
       
                Nah, selain memiliki mall, kompleks Abreeza ini juga ditunjang oleh beberapa fasilitas wisata lainnya guna menambah kenyamanan pengunjung. Fasilitas tersebut adalah hotel dan condominium.
       
                Itulah dia rahasia mengeksplor kecantikan Davao yang antimainstream di Filipina selama 3 hari 2 malam. Ternyata, masih ada kota-kota lain di Filipina yang sebaiknya masuk dalam daftar perjalanan wisatamu selanjutnya. Semoga itinerary ini mampu membantumu dalam mempersiapkan perjalanan terbaik menuju ke kota Davao.
       
       
                Happy traveling!
    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
      Ketika kamu masih ingin mengunjungi sebuah tempat cantik di Filipina, mungkin kota yang satu ini dapat kamu masukkan ke dalam daftar destinasi wisata impianmu. Ya, tempat tersebut adalah Bohol di Filipina. Namanya yang cenderung kurang sering didengar tentunya mengundang rasa keingintahuanmu untuk menjelajahi kota yang satu ini.
       
                Bohol adalah sebuah provinsi di Filipina yang terletak di daerah pusat Visaya. Provinsi ini terdiri dari sekitar 75 pulau kecil yang mengelilinginya. Ibukota provinsi ini adalah Kota Tagbilaran. Total area dari pulau ini adalah sekitar 4.821 meter persegi.
       
                Pulau Bohol juga merupakan pulau terbesar ke-10 di Filipina. Provinsi Bohol terkenal karena keindahan wisatanya yang berupa banyak pantai serta resorts. Pulau ini berbatasan dengan Cebu di sebelah barat, Leyte di sebelah timur laut serta Mindanao di bagian selatan.
       
                Kamu ingin segera menjelajahi pulau cantik yang satu ini? Berikut ini kita akan membahas tempat-tempat menarik yang ada di Pulau Bohol dalam itinerary menjelajahi Bohol di Filipina selama 3 hari 2 malam.
       
      Transportasi Menuju Bohol
      Rute 1: Menaiki Pesawat Jakarta menuju Tagbilaran, dan Melanjutkannya dengan Menaiki Bus
       

      Memasuki Bohol Melalui Tagbilaran Airport via http://www.gardencafetagbilaran.com/wp-content/uploads/2014/05/Tagbilaran_Airport_1.jpg
       
                Rute terbaik untuk memasuki Bohol adalah dengan menggunakan pesawat dengan tujuan Jakarta menuju Tagbilaran Airport. Saat ini terdapat beberapa maskapai penerbangan yang menyediakan penerbangan dengan rute tersebut.
       
                Perjalanan ini akan kamu tempuh selama sekitar 7 jam 40 menit. Nah, kamu akan mengalami satu kali transit di Manila. Biaya yang kamu keluarkan untuk perjalanan ini adalah sekitar Rp 2.100.000,00 hingga Rp 3.700.000,00 untuk sekali jalan. Setelah tiba di Tagbilaran, kamu dapat menaiki bus untuk mencapai Bohol.
       
                Lama waktu tempuh yang kamu butuhkan dari Tagbilaran menuju pusat kota adalah sekitar 2 jam 7 menit. Bus tersebut ada setiap satu jam sekali.
       
      Rute 2: Menaiki Pesawat dengan Tujuan Jakarta menuju Cebu, Selanjutnya Menaiki Feri dan Bus
       

      Memasuki Bohol Melalui Mactan Cebu International Airport via http://www.gardencafetagbilaran.com/wp-content/uploads/2014/05/Tagbilaran_Airport_1.jpg
       
                Rute kedua yang dapat kamu tempuh jika kamu ingin memasuki Bohol adalah dengan menaiki pesawat dengan rute Jakarta menuju Cebu. Saat ini, terdapat cukup banyak maskapai penerbangan yang melayani penerbangan dengan rute bandara internasional Soekarno-Hatta menuju bandara internasional Mactan Cebu.
       
                Biaya yang kamu keluarkan untuk penerbangan dengan rute ini adalah sekitar Rp 1.700.000,00 hingga Rp 3.100.000,00 per sekali jalan. Lama waktu tempuh yang kamu butuhkan untuk perjalanan ini adalah sekitar 6 jam 10 menit dengan satu kali transit.
       
                Selanjutnya, setelah tiba di Cebu, kamu dapat menaiki taksi selama 13 menit untuk menuju ke pelabuhan. Biaya yang kamu keluarkan untuk menaiki taksi ini adalah sekitar 190 hingga 230 PHP.
       
                Selanjutnya, dari Cebu, kamu dapat menaiki kapal feri untuk menuju ke Tagbilaran. Lama perjalanan dengan feri ini adalah sekitar 1 jam 40 menit hingga 2 jam. Biaya yang kamu keluarkan untuk menaiki feri ini adalah sekitar Rp 130.000,00 hingga Rp 170.000,00 (440 PHP hingga 600 PHP).
       
                Selanjutnya, dari Tagbilaran kamu dapat melanjutkan perjalananmu menuju ke pusat kota dengan menggunakan bus. Lama waktu tempuh yang kamu butuhkan dari Tagbilaran menuju pusat kota adalah sekitar 2 jam 7 menit. Bus tersebut ada setiap satu jam sekali.
       
      Memilih Penginapan di Bohol
       
                Setelah selesai memikirkan masalah transportasi, selanjutnya kamu dapat mulai menyusun masalah penginapan. Selama menginap di Bohol, kamu dapat memilih untuk menginap di penginapan berjenis hostel, resort, serta hotel.
       
                Jika kamu ingin menginap di penginapan berjenis hostel, kamu dapat menginap di kamar dengan jenis mixed dormitory room. Biaya yang kamu keluarkan untuk menginap di tempat ini adalah sekitar Rp 103.000,00 per malam.
       
                Jika dikonversikan, biaya tersebut sama dengan 353 PHP. Fasilitas yang kamu dapatkan di kamar dengan jenis ini adalah AC, kamar mandi bersama, toilet bersama serta wifi.
       
                Jika kamu ingin menginap di penginapan berjenis resort, kamu dapat menginap di kamar dengan jenis standard queen room. Biaya yang kamu keluarkan untuk menginap di resort ini adalah sekitar Rp 352.000,00 per malam.
       
                Fasilitas yang kamu dapatkan di tempat ini adalah AC, lemari, shower, toilet, peralatan mandi serta handuk. Jika dikonversikan, biaya tersebut sama dengan 1.204 PHP.
       
                Jika kamu ingin menginap di penginapan berjenis hotel, kamu dapat mendapatkan kamar dengan jenis standard double room. Biaya yang kamu keluarkan untuk menginap di kamar dengan jenis ini adalah Rp 303.000,00 per malam.
       
                Jika dikonversikan, biaya tersebut sama dengan 1.037 PHP. Fasilitas yang kamu dapatkan di hotel tersebut adalah AC, shower, peralatan mandi, toilet, kamar mandi pribadi, TV kabel serta wake up call.
       
      Hari Pertama
      Awali Perjalanan Wisatamu di Bohol dengan Mengikuti Tema Panglao Tour
       

      Awali Perjalanan Wisatamu dengan Mengunjungi Air Terjun Mag-Aso via http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/5/55/Mag-aso_falls.jpg
       
                Jika kamu traveling dalam grup, kamu dapat menyewa mobil beserta dengan supirnya. Biaya yang kamu keluarkan perhari adalah sekitar 2.000 hingga 2.400 PHP.
       
                Untuk mengawali perjalanan wisatamu di Bohol, kamu dapat memulainya dengan mengunjungi air terjun Mag-Aso. Air terjun Mag-Aso adalah sebuah air terjun yang sangat indah dan cantik di Bohol.
       
                Biaya masuk yang dikenakan bagi pengunjung yang ingin datang dan mengunjungi air terjun yang cantik ini adalah sekitar 25 PHP per orang. Jika kamu ingin menggunakan fasilitas cottage, kamu dapat membayar seharga sekitar 200 PHP hingga pukul 5 sore.
       
                Di atas pukul 5 sore, kamu harus membayar lagi sebanyak 300 PHP. Tempat ini merupakan tempat wisata alam yang sangat indah. Kamu dapat menyaksikan air terjun yang menawan ditambah dengan pemandangan alam berupa pepohonan yang menyejukkan mata.
       
                Jika kamu berminat untuk bermalam di resort daerah ini, tentu saja kamu dapat mewujudkannya. Biaya yang kamu keluarkan jika kamu ingin bermalam di sini adalah sekitar 1.000 PHP per malam. Namun, kamar resort tersebut cukup untuk sekitar 5 hingga 6 orang.
       

      Mengunjungi Bohol Bee Farm via http://www.seasidebohol.com/wp-content/uploads/2014/05/Bohol-Bee-Farm3.jpg
       
                Setelah puas menikmati pemandangan alam di air terjun Wag-Aso, kamu dapat melanjutkan perjalananmu dengan mengunjungi Bohol Bee Farm. Bohol Bee Farm adalah sebuah tempat dimana kamu bisa melihat berbagai produk olahan dari sarang lebah.
       
                Di sini, semua hasil produk olahannya berbentuk organic sehingga cukup sehat. Selain itu, di Bohol Bee Farm kamu dapat juga mengunjungi kebunnya dan ikut berkebun di sini. Kamu dapat mencoba berkebun dengan berbagai jenis sayuran di sini. Menyenangkan bukan?
       
                Yang tidak kalah menarik, kamu dapat juga menikmati fasilitas lain guna menambah kenyamanan bagi pengunjung. Selain kebun dan sarang lebah, kamu juga dapat menikmati fasilitas relaksasi berupa pijat di sini.
       

      Mengunjungi Panglao Island via http://kinabuhi.net/wp-content/uploads/pinr01.jpg
       
                Untuk melengkapi perjalananmu mengunjungi Bohol, kamu dapat mengunjungi Panglao Island ini. Panglao Island adalah sebuah tempat indah yang terletak di sekitar selatan Bohol.
       
                Panglao island rupanya telah menjadi salah satu destinasi wisata yang sebaiknya kamu kunjungi pada kesempatan liburanmu ke Filipina. Tempat ini terkenal dengan kecantikan koralnya, dan juga merupakan salah satu tempat yang memiliki banyak spot diving yang cantik.
       
                Untuk melengkapi kunjungan pada hari pertamamu di Bohol, tentunya kamu dapat mengunjungi Panglao island ini. Jika kamu berminat untuk bermalam di tempat ini, kamu dapat menemukan berbagai resort yang menawarkan pengalaman bermalam terbaik di sini.
       
      Hari Kedua
      Waktunya Mengunjungi Daerah Pedesaan di Bohol
       

      Mengunjungi Chocolate Hills via http://travel.spotcoolstuff.com/wp-content/uploads/2009/08/chocolate-hills-m.jpg
       
                Untuk mengawali perjalanan menyusuri daerah pedesaan di Bohol, kali ini kamu dapat memulainya dengan mengunjungi Chocolate Hills. Chocolate Hills adalah formasi geografi berbentuk bukit.
       
                Keunikannya terletak pada warnanya yang berwarna cokelat. Bukit ini sebenarnya diselimuti oleh rumput yang hijau, namun warnanya berubah menjadi kecoklatan pada musim panas. Bukit-bukit ini berjumlah banyak sekali, sekitar 1.260 hingga 1.776 di atas lahan seluas 50 kilometer persegi.
       
                Chocolate Hills merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal di Bohol. Bahkan, tempat ini dijadikan sebagai simbol provinsi di lambang dan bendera Provinsi Bohol. Chocolate Hills merupakan wujud dari wisata alam Provinsi Bohol.
       
                UNESCO bahkan menerapkan bukit ini sebagai salah satu situs warisan dunia dengan kategori national geological monument. Bukit tertinggi mencapai sekitar 120 meter, namun rata-rata bukit di Chocolate Hills memiliki ukuran ketinggian sekitar 30 hingga 50 meter.
       

      Mengunjungi Simply Butterflies Conservation Center via http://www.wonderingwanderer.com/wp-content/uploads/2012/12/Butterfly-Collection.jpg
       
                Setelah puas menjelajahi bukit Coklat, kamu dapat melanjutkan perjalananmu dengan mengunjungi Simply Butterflies Conservation Center. Tempat ini merupakan pusat konservasi kupu-kupu pertama di Bohol.
       
                Tujuan didirikannya tempat ini adalah untuk melindungi dan memperkuat lingkungan alam dan habitat kupu-kupu melalui penelitian tanaman dan lain-lain. Tempat ini juga diperuntukan untuk konservasi bagi habitat kupu-kupu yang terdapat di Bohol.
       
                Fasilitas yang terdapat di tempat ini antara lain butterfly garden, butterfly enclosure, nature trail, visitor center, restaurant, barbeque stand, pagoda, gift shop, dan lain-lain. Butterfly garden merupakan taman terbuka yang ditanami dengan berbagai jenis tanaman yang dapat mengundang kupu-kupu.
       
                Sebanyak sekitar 60 spesies lokal kupu-kupu datang dan mengunjungi taman ini. Taman ini merupakan tempat yang tepat jika kamu ingin bersantai di alam terbuka dan menikmati banyak kupu-kupu yang datang.
       
                Butterfly enclosure adalah sebuah daerah yang diselimuti oleh jaring. Di tempat ini, kamu dapat menemukan air terjun, dan berbagai sumber air lainnya yang seringkali digunakan oleh kupu-kupu untuk beristirahat. Sementara di natural trail, kamu dapat menemukan berbagai tanaman dan berbagai spesies kupu-kupu.
       

      Bersantai di Loboc River via http://badladz.com/wp-content/uploads/2013/05/Loboc-Cruise-e1369186012127.jpg
       
                Setelah puas mengunjungi Chocolate Hills dan Butterfly Conservation, kamu dapat melanjutkan perjalananmu dengan menyebrangi sungai di Sungai Loboc. Sungai Loboc memang terkenal dengan pariwisatanya dimana kamu dapat menyeberangi sungai.
       
                Selama menaiki kapal, kamu dapat melihat pemandangan berupa pohon kelapa yang terletak di sekitar sungai. Kamu juga dapat melihat pemandangan alam yang menakjubkan.
       
                Selain menyeberangi sungai dengan menggunakan kapal, di tempat ini kamu juga dapat melihat aktivitas wisata lain. Kamu dapat melihat penduduk lokal Bohol menari tarian tradisional Filipina di atas restoran terapung. Sungguh merupakan pengalaman yang menyenangkan, bukan?
       
      Hari Ketiga
      Lanjutkan Perjalananmu dengan Melihat Pantai-Pantai Cantik yang Terdapat di Pulau Bohol
       
       

      Mengunjungi Laut Bohol via http://badladz.com/wp-content/uploads/2013/05/Loboc-Cruise-e1369186012127.jpg
       
                Untuk mengawali perjalanan hari ketigamu di Bohol, kamu dapat memulainya dengan mengunjungi pantai-pantai cantik yang terdapat di tempat ini. Yang pertama, kamu dapat mengunjungi Laut Bohol.
       
                Laut Bohol terletak di antara Visayas dan Mindanao. Di tempat ini, kamu dapat melihat pemandangan lautan yang cantik dan mengagumkan. Banyak wisatawan datang dan mengunjungi Laut Bohol yang menawan ini.
       

      Melakukan Aktivitas Melihat Lumba-Lumba di Laut Bohol via http://www.etravelpilipinas.com/tourism_news/images/Pamilacan-Dolphin-Whale-Watching.jpg
       
                Salah satu aktivitas wisata yang dapat kamu lakukan di Laut Bohol adalah melihat lumba-lumba. Kamu dapat menaiki boat dari tepi menuju ke Pulau Balicasag. Biaya yang kamu keluarkan untuk menaiki boat ini adalah sekitar 150 PHP. Nah, selama perjalanan tersebut, kamu dapat melihat lumba-lumba berenang dan mengambil fotonya jika kamu suka.
       
                Nah, sesampainya di Pulau Balicasag, kamu dapat melakukan kegiatan snorkeling. Kamu dapat meminjam alat snorkeling yang telah disediakan di pulau ini guna menambah kenyamanan para pengunjung. Biaya yang kamu keluarkan untuk menyewa alat snorkeling adalah sekitar 150 PHP.
       
                Selanjutnya, kamu dapat mencicipi makan siang di Pulau Balicasag. Di pulau ini, kamu dapat mencicipi makan siangmu sambil menikmati hamparan laut yang indah dan menawan.
       
                Setelah itu, kamu dapat juga mengunjungi Virgin Island jika kamu ingin. Tidak ada biaya yang kamu keluarkan jika kamu ingin mengunjungi Virgin Island alias gratis. Setelah itu, kamu dapat kembali menaiki boat untuk kembali ke starting point tadi. Lama waktu perjalanan yang akan kamu tempuh adalah sekitar satu jam.
       

      Mengunjungi Alona Beach via http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/9/9f/Alona_Beach,_Bohol.jpg
       
                Jika kamu masih ingin mengeksplor keindahan pantai di Bohol, kamu dapat melanjutkan perjalananmu dengan mengunjungi Pantai Alona. Pantai Alona terletak di Tawala, Panglao, Bohol.
       
                Di Pantai Alona, kamu dapat menyaksikan keindahan berupa pasir putih yang menyenangkan. Selain itu, kamu juga dapat menikmati beningnya air laut di pantai ini. Pantai Alona memang merupakan salah satu pantai terbaik yang dimiliki oleh Pulau Bohol.
       
                Aktivitas populer yang sering dilakukan oleh para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Alona adalah diving, snorkeling, island hoping atau hanya bersantai sambil mencicipi minuman dingin dan melihat keindahan Pantai Alona.
       
                Pantai Alona memiliki hamparan pasir putih sepanjang 1,5 kilometer. Sepanjang itu pula kamu dapat menikmati aktivitas berupa berjalan di atas hamparan pasir dan juga bersantai.
       
                Aktivitas lain yang juga tidak kalah menyenangkan yang dapat kamu lakukan di Pantai Alona adalah sunbathing dan berenang. Banyak wisatawan datang untuk berenang di pantai ini. Namun, kamu juga perlu tetap waspada dan memperhatikan keselamatanmu selama berada di Pantai Alona.
       
                Pantai Alona juga merupakan tempat yang tepat jika kamu ingin melakukan aktivitas snorkeling dan diving. Di sana terdapat banyak kapal yang menunggu kedatanganmu untuk melakukan aktivitas berupa diving dan snorkeling.
       
                Kamu dapat merasakan sensasi dan pengalaman baru yang menyenangkan untuk melihat keindahan bawah laut Pantai Alona. Seratus meter awal daerah pantai ini merupakan spot yang tepat jika kamu ingin melihat keindahan kehidupan bawah laut di Pantai Alona.
       
                Nah, itulah dia itinerary menjelajahi Pulau Bohol di Filipina selama 3 hari 2 malam. Bohol rupanya merupakan salah satu tempat di Filipina yang terkenal dengan wisatanya sehingga tidak berlebihan rasanya jika kamu hendak memasukkan tempat ini dalam destinasi wisatamu selanjutnya.
       
       
                Happy traveling!