• 0
Sign in to follow this  
alex13200

Cash Trap, scam atm yang lagi trending

Question

Saya mo kasih tau nih, sekarang di Eropa lagi banyak banget kasus cash trapping. Katanya ini kemungkinan gantinya card skimming karena lebih mudah. Ga tau di Indonesia udah ada apa masih sedikit. Jadi di tempat keluarnya uang, si pencuri memasukkan alat seperti garpu gitu, jadi supaya duitnya ga keluar, atau hanya sebagian yang keluar.

Jadi kan kalo misalnya kita mau ambil duit, terus duitnya ga keluar, kita langsung pikir mesinnya rusak jadi yaudah kita pergi. Nah pas kita pergi si pencuri masuk ke atm dan ambil uang yang macet itu. Tapi ada juga yang hanya sebagian yang keluar, jadi kalo kita ngeluarin banyak kan kita hampir ga pernah itung tuh duit. Ternyata masih ada yang nyangkut di alat ini.

Agak susah mengetahui kalo mesin atm ada alat ini atau enggak. Kadang ada yang pake alat yang berbeda, terus keliatan karena penutup bagian mengeluarkan mesin terbuka. Tapi ada juga yang bener2 ga keliatan. Paling kalo duit ga keluar, kita langsung aja telpon call center.

Kalo kalian ada info lagi silakan tambahin biar kita bisa lebih waspada.

article-2236213-1624A392000005DC-621_634x345.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

7 answers to this question

  • 0

wah, modus baru nih....

tapi, kalo uang enggak keluar, kita bisa mengecek dl di saldo kita apa berkurang atau tidak.

kalo saldo kita berkurang, tapi gak ada uang yang keluar, sebaiknya kita panggil keamanan yang ada di sekitar atm dan tlp call center nya.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

hmm ya setidaknya kalau misalnya pake modus ini, duit orang ya ketarik ga terlalu banyak, karena kan separah-parahnya ilang duit itu cuma duit yang ditarik sama si pemilik kartu. Kalau yang dulu itu bener-bener bisa disedot abis tuh duit kita kalau sampe kena tipu.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

wah, modus baru nih....

tapi, kalo uang enggak keluar, kita bisa mengecek dl di saldo kita apa berkurang atau tidak.

kalo saldo kita berkurang, tapi gak ada uang yang keluar, sebaiknya kita panggil keamanan yang ada di sekitar atm dan tlp call center nya.

oh iya bener mas. Jgn lupa cek saldo kalo uang ga keluar. Kalo ga keluar jangan pergi tapi langsung telp call center.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By baihaki1985
      Asia Tenggara, kawasan di mana Indonesia berada menjadi salah satu lokasi yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa negara bahkan menjadi lokasi paling menarik bagi para backpacker. Termasuk adalah Indonesia yang di dalamnya memiliki banyak lokasi indah dan terutama adalah biaya hidup yang murah.
       
      Selain Indonesia, ada pula negara tetangga Thailand dan Kamboja yang juga menjadi dua negara yang sangat terkenal di telinga para traveler. Khususnya adalah Thailand, negara yang bisa dibilang menjadi lokasi tujuan wajib para backpacker dari seluruh dunia. Hal ini karena Thailand menyimpan berbagai tempat yang sangat menarik.
       

      Gambar via Terryambrose.com
       
      Terlepas dari hal tersebut, Asia Tenggara juga menyimpan sisi gelapnya tersendiri. Sisi gelap yang saya maksud adalah praktek penipuan atau scam yang biasa terjadi Dan sayangnya, tak sedikit pula aksi penipuan yang kerap dilakukan dan menyasar para traveler. Hal ini pun tentunya kurang mengenakkan, dan bisa berdampak buruk bagi citra sebuah negara.
       
      Dan bagi seorang traveler sendiri, menjadi korban scam atau penipuan tentunya hal yang harus dihindari sejauh-jauhnya. Tentunya tak mau dong pengalaman yang menarik harus dirusak hanya gara-gara seorang penipu yang tertarik dengan uang yang kita bawa? Enggak banget dah pokoknya.
       
      Lalu, praktek scamming seperti apa yang kerap terjadi di beberapa negara di Asia Tenggara? Berikut ini adalah beberapa di antaranya. Dan mungkin ada yang bisa menambahkan.
       
      1. Penipuan saat pembelian produk elektronik
       
      Kasus yang satu ini cukup ramai beberapa waktu lalu, menimpa seorang traveler asal Vietnam yang ingin membeli barang elektronik di Singapura, tepatnya iPhone 6 yang niatnya akan diberikan sebagai hadiah untuk kekasihnya.. Sayangnya, dia ditipu mentah-mentah oleh pemilik sebuah toko di Singapura yang memintanya untuk menandatangani surat perjanjian untuk membayar biaya garansi sebesar 1.500 dolar Singapura.
       
      Kasus ini pun sangat ramai di jejaring sosial. Dan pada akhirnya, pemilik toko dibully habis-habisan. Dampaknya pun bisa dirasakan oleh pemilik toko tersebut secara langsung. Hal ini karena data-data pribadinya diunggah secara bebas di internet. Toko miliknya pun sempat tutup beberapa hari.
       
      2. Perhiasan dan permata palsu
       
      Penipuan yang satu ini cukup banyak dilakukan, yakni ada orang yang berpura-pura sedang membutuhkan uang dalam waktu singkat dan menjual perhiasannya dengan harga murah. Mereka pun akan mengatakan kalau perhiasan tersebut nilainya sangat tinggi dan mereka terpaksa menjualnya karena mungkin ada anggota keluarga yang sakit dan harus dioperasi sesegera mungkin.
       
      3. Biaya taksi yang sangat mahal
       
      Menggunakan transportasi seperti taksi pada saat traveling rasanya kurang begitu bijak. Alangkah baiknya kalau Anda memilih transportasi umum seperti bus yang notabene lebih aman dari tindakan penipuan. Tak jarang banyak pengendara taksi yang mematok harga lebih tinggi jika dia mengetahui kalau penumpangnya adalah seorang traveler.
       
      Contoh gampangnya saja, di Batam. Anda akan mendapati banyak pengendara taksi di sana yang mengatakan kalau argo-nya rusak. Dan mereka bakal mematok harga yang cukup tinggi. Anda pun mungkin akan kurang begitu mengetahui apakah harga yang dipatok tersebut wajar atau tidak, terlebih ketika tak begitu tahu seberapa jauh jarak yang Anda tempuh untuk sampai di sebuah lokasi tujuan. Jadi, kalau terpaksa naik taksi, usahakan selalu menawar.
       
      4. Pengemis palsu
       
      Memberikan uang kepada para pengemis yang ada di sepanjang jalan juga bukanlah hal yang bijak. Tak semua pengemis tersebut membutuhkan uang. Selain itu, sering pula ada orang yang berpura-pura sebagai perwakilan dari sebuah lembaga amal. Hal yang satu ini juga sangat banyak dijumpai di berbagai kota di Indonesia.
       
      5. Korupsi
       
      Tak hanya di Indonesia, korupsi juga mewabah hampir di sebagian besar negara di Asia Tenggara. Pada saat melintasi perbatasan, tak jarang Anda akan diminta untuk membayar uang yang melebihi tarif yang telah ditentukan. Tak jarang, Anda juga bakal dikenakan biaya lain-lain yagn dianggap sebagai biaya administrasi. Dan kalau tak membayar biaya tersebut, maka proses melewati perbatasan pun akan dipersulit.
       
      6. Lokasi wisata ditutup
       
      Aksi penipuan seperti ini juga kerap terjadi. Biasanya, seorang pengemudi taksi akan mengatakan kepada penumpang kalau lokasi wisata yang dituju tengah ditutup. Aksi tersebut pun diperkuat ketika ada orang lain yang nampaknya adalah seorang petugas dari tempat wisata tersebut yang mengatakan hal serupa. Selanjutnya, Anda pun akan disarankan untuk menuju ke tempat lain sembari menunggu tempat tersebut buka. Tempat lain tersebut biasanya adalah sebuah toko suvenir dan semacamnya.
       
      7. Permainan kartu
       
      Di negara seperti Thailand, Vietnam ataupun Kamboja, Anda akan cukup banyak menemukan aksi penipuan yang memanfaatkan permainan kartu. Penipuan ini biasanya dilakukan dengan adanya seorang masyarakat lokal yang bersikap sangat ramah kepada Anda. Selanjutnya, dia pun mengajak Anda untuk berkunjung ke rumahnya sembari menawarkan makan. Setelah dirasa cukup, dia pun akan menunjukkan rahasia untuk memainkan sebuah permainan kartu.
       
      Dari sini, Anda pun sudah bisa menebaknya. Anda tiba-tiba akan bertemu dengan seorang yang nampaknya kaya dan menawarkan Anda untuk bermain kartu. Dan ‘teman’ masyarakat lokal yang sebelumnya bersikap ramah itu pun mendorong Anda untuk memenuhi permintaan tersebut. Terlebih setelah Anda memperoleh ilmu rahasia darinya, yang tentu saja abal-abal.

    • By ryaryuu
          Scamming saat travelling ? jangan sampai anda mengalamu hal tersebut, tidak pandang bulu, penipuan saat traveling kepada turis merupakan hal yang membuat liburan anda rusak. Sudah barang tentu anda ingin menghindarinya bukan ? berikut adalah beberapa scamming yang sering terjadi pada turis-turis di berbagia penjuru dunia.         Skenario Penipuan   1 : Polisi palsu Percaya atau tidak, di beberapa Negara selalu ada yang mengaku-ngaku jadi polisi. Padahal mereka hanya orang-orang yang mencari kesempatan untuk menipu turis. Skenarionya adalah , mereka akan meminta anda menunjukan paspor dan bertanya soal visa anda, mereka akan mecari kesalahan anda ! jangan tertipu, bila hal tersebut terjadi, sebaiknya anda minta digiring ke kantor polisi terdekat.     Skenario Penipuan   2:  Barang palsu     Ketika anda datang ke beberapa Negara penghasil tambang, misalkan india atau afrika, hal ini biasanya terjadi. Scenario nya adalah , anda akan ditawari beberapa barang yang tidak terpikirkan oleh anda untuk membelinya, misalkan anda akan ditawari batu berlian. Hati –hati, bisa dipastikan itu palsu ! di India biasanya anda akan ditawari permadani, dan si penipu pasti berkata bahwa permadani mereka tawarkan adalah dari bahan terbaik, bila anda membeli maka dipastikan anda akan menyesal.      Skenario Penipuan   3: Taksi mahal !   Ini dimanapun akan terjadi, ketika anda turun dari pesawat dan berkeliling mencari taksi maka orang-orang sudah siap untuk menawarkan jasanya kepada anda. Jangan pernah terima ! karena anda akan dikenai harga yang sangat mahal untuk menuju tempat yang anda inginkan. Pastikan taksi anda adalah taksi resmi bandara dan memiliki argo. Bila anda sulit dan nekat untuk memakai takis illegal, pastikan anda tawar-tawaran di muka! .   Skenario Penipuan   4 : Penawaran paket investasi palsu   Bila anda terlihat agak mencolok diantara keramaian sebagai turis, anda akan didatangi oleh seseorang, orang tersebut tiba-tiba akan memberikan anda kartu nama, lalu mengajak ngobrol mengenai suatu hal tertarik dan tidak tertarik anda akan digiring ke suatu tempat bila anda tidak cepat-cepat menghindar dan anda akan berahir di sore yang membosankan mendengarkan presentasi orang tersebut mengenai paket investasi yang tidak tahu juntrungannya.    Dalam kasus lain, anda akan didatangi oleh seseorang untuk menggosok kartu dan anda akan diberi tahu oleh orang tersebut anda memenangkan hadiah berupa diskon investasi , biasanya apartemen, dan anda akan digiring ke kantor mereka dan dibujuk untuk berinvestasi disitu.  Bila sedari awal anda menghindari, si orang yang menawari anda ini akan bilang bila anda tidak mau melihat yang mereka tawarkan, ia tidak akan dibayar dan dia pasti meminta kebaikan hati anda untuk barang datang dan melihat investasi tersebut.   Skenario Penipuan   5: Tempat yang anda akan datangi tutup! Di beberapa Negara, supir dan pengendara transportasi umum memiliki kerjasama dengan hotel, restaurant, dan tempat shoping. Mereka akan berusaha menggiring anda ke tempat-tempat yang bekerja sama dengan mereka, dan bahkan anda akan diberitahu tempat yang anda akan datangi tersebut sudah tutup atau sedang renovasi, dan mereka akan membawa anda ke tempat lebih mahal dimana mereka telah bekerjasama dengan tempat tersebut.     Skenario Penipuan   6: Copet dimana-mana , waspadalah!     Scenario ini mengindikasikan dengan cara anda ditabrak lalu secara tidak sadar mereka menggerayangi bagian belakang saku anda, tiba-tiba simsalabim dompet anda raib.    Skenario Penipuan   7: Nama hotel mirip dengan harga murah ? Beberapa orang suka memesan hotel on the spot, hal ini meningkatkan peluang anda kena tipu. Mereka akan menawari anda hotel berbintang terkenal dengna harga murah , tentunya anda tertarik. Ketika sampai di hotel, anda akan kaget karena hotel tersebut bukan hotel terkenal yang anda pesan.     Skenario Penipuan   8 : Perempuan muda yang menggoda! Ketika masuk bar, anda akan didatangi seorang perempuan cantik yang menarik. Dia akan minta dibayari minum, dan setelah mengobrol kesana kemari dia akan pergi. Tahukah anda bila ternyata dia meninggalkan billing untuk anda ? ya , anda telah tertipu. Billing yang akan anda bayar adalah tagihan untuk 10 orang. Maka waspadai seorang perempuan yang meminta dibayari minum.    Skenario Penipuan   9 : Kendaraan hilang!     Ini sering terjadi di Bali, anda meminjam motor, motor tersebut rusak, dan anda harus mengganti kerusakan tersebut. Scenario paling parah adalah ketika anda meminjam motor kemudian anda tinggalkan ke suatu tempat , dan motor sewaan raib. Hati –hati karena bisa jadi hal tersebut adalah akal-akalan rental motor tersebut, ingat mereka puna kunci cadangan utnuk membawa motor anda.        saat anda travelling, bukan tidak mungkin anda akan menemukan hal-hal tersebut, segeralah hindari.Selalu waspada n be a smart traveller!!!