Sign in to follow this  
travellinglover

Rencana Itinary Perjalanan Ke Raja Ampat

7 posts in this topic

Untuk mempersiapkan diri ke Raja Ampat yang ada di Papua (walaupun masih agak lama), saya lalu mulai kembali bertanya tanya ke beberapa orang yang pernah ke Raja Ampat dan beberapa nomor yang diberi ke saya. Dan saya pun dapat bebereapa alternatif selama saya pergi menuju Raja Ampat. Ternyata, Raja Ampat itu adalah tujuan akhir, banyak tempat yang bisa saya kunjungi (katanya) selama menunggu waku pelayaran saya ke raja ampat.

ini saya bagiin rencana perjalanan saya yang udah saya susun (semoga gak ada halangan dan bisa direalisasiin) mana tau ada juga yang mau ke raja ampat, jadi bisa dibuat sebagai referensi..

1. hari pertama, berangkat dari jakarta menuju sorong. sampai di sorong, nginep dulu di sorong, karena yakin bisa lebih dari jam 2 nyampe di sorong. otomatis, gak bisa ke waisai di hari yang sama

2. hari kedua, besoknya dari sorong, pergi ke pelabuhan buat ke waisai. kapal paling siang jam 2, ambil yang itu aja

3. nyampe waisai, karena 1,5 jam an, langsung nyari penginapan lagi di waisai pake ojek

3. muter muter dulu di waisai sampe sore, paling ke pantai sekitaran. sekalian ninggalin pesan ke penginapan penginapan untuk bisa dihubungi kalo kalo ada yang mau ke raja ampat. biar bisa nebeng, gak kuat kalo bayar sendiri.

4. hari ketiga, naik ojeg ke Pantai Saleo. nyempetin nginep di saleo, ada homestay. menikmati kawasan pantai saleo dan kepulauan di sekitar waigeo. ada dive center. karang sama ikan di sekitaran waigeo dan pantai sale katanya bagus bagus, jadi bisa langsung nyemplung, menikmati keindahan disana.

1pantai-di-depan-homestay.jpg?w=625

5. hari keempat, island hoping ke teluk kabui.

6. hari kelima ke Saporkren

7. hari keenam ke Pulau Mansuar

8. hari ketujuh, explore Wayag

9. hari terakhir, balik ke sorong

ntar saya legkapi deh. sementara ini dulu ya :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

mas koordinir aja dan bikin pendanaan utk member2 disini siapa tw mw ikutan...saya pribadi juga mw klo ramean jadi biar biaya gak berat hehehe :D

wah, kalo mau ikut sih ayo aja mas, tapi kalo disuru koordinir, saya belum yakin, takut merusak kepercayaan orang. kalo yang deket deket kaya kepulauan seribu sih saya gak masalah

Share this post


Link to post
Share on other sites

Untuk mempersiapkan diri ke Raja Ampat yang ada di Papua (walaupun masih agak lama), saya lalu mulai kembali bertanya tanya ke beberapa orang yang pernah ke Raja Ampat dan beberapa nomor yang diberi ke saya. Dan saya pun dapat bebereapa alternatif selama saya pergi menuju Raja Ampat. Ternyata, Raja Ampat itu adalah tujuan akhir, banyak tempat yang bisa saya kunjungi (katanya) selama menunggu waku pelayaran saya ke raja ampat.

ini saya bagiin rencana perjalanan saya yang udah saya susun (semoga gak ada halangan dan bisa direalisasiin) mana tau ada juga yang mau ke raja ampat, jadi bisa dibuat sebagai referensi..

1. hari pertama, berangkat dari jakarta menuju sorong. sampai di sorong, nginep dulu di sorong, karena yakin bisa lebih dari jam 2 nyampe di sorong. otomatis, gak bisa ke waisai di hari yang sama

2. hari kedua, besoknya dari sorong, pergi ke pelabuhan buat ke waisai. kapal paling siang jam 2, ambil yang itu aja

3. nyampe waisai, karena 1,5 jam an, langsung nyari penginapan lagi di waisai pake ojek

3. muter muter dulu di waisai sampe sore, paling ke pantai sekitaran. sekalian ninggalin pesan ke penginapan penginapan untuk bisa dihubungi kalo kalo ada yang mau ke raja ampat. biar bisa nebeng, gak kuat kalo bayar sendiri.

4. hari ketiga, naik ojeg ke Pantai Saleo. nyempetin nginep di saleo, ada homestay. menikmati kawasan pantai saleo dan kepulauan di sekitar waigeo. ada dive center. karang sama ikan di sekitaran waigeo dan pantai sale katanya bagus bagus, jadi bisa langsung nyemplung, menikmati keindahan disana.

1pantai-di-depan-homestay.jpg?w=625

5. hari keempat, island hoping ke teluk kabui.

6. hari kelima ke Saporkren

7. hari keenam ke Pulau Mansuar

8. hari ketujuh, explore Wayag

9. hari terakhir, balik ke sorong

ntar saya legkapi deh. sementara ini dulu ya :)

Naik pesawat yang sampe sorongnya pagi aja, trus langsung menuju ke pelabuhan rakyat bisa naik angkot ( berhenti di depan pelabuhan rakyat ) ato naik taxi. Transportasi sorong - waisai 2 kali jalan setiap hari, pagi jam 9.00 WIT dan siang jam 14.00 WIT pake kapal express. biayanya 120 ribu untuk kelas ekonomi. Perjalanan kurang lebih 3-4 jam kalo ombak kecil, kalo ombaknya pas lg besar siap2 aja 6 jam baru sampe pulau waisai

 

Begitu mau turun dari kapal jaga sendiri masing2 barangnya ya, jgn sampe diambil porter karena bisa kena biaya mahal cuman gara2 angkat tas aja :)

Pake ojek ke hotel yang dituju. Harga hotel disana sekitar 200 - 300 ribu, hotel pny pemerintah. Acnya nyala mati tiap berapa menit.hehehe... :) maklum listrik disana gak stabil

 

Pulau waisai gak begitu bagus ya, masih lebih bagus di lombok

 

Dari jadwal ke 5 - 8 yg paling jauh wayag, cuman yg paling terkenal dan paling bagus wisatanya di wayag khususnya pecinta diving dan photografi :)

Kalo sewa perahu ke pulau mansuar dan sekitarnya sih gak begitu mahal ya, cuman kalo ke wayag mahal banget belum biaya bensinnya. Biayanya bisa sampe 10 juta ke wayag. Rekomendasinya coba aja sewa speedboat dari sorong, harganya kurang lebih sama. Ato begitu sampai waisai coba aja cari info kantor dept perikanan ato satpol pp  pulau waisai ada dimana, trus kesana aja ajak bicara kalo mau sewa perahu bisa gak n harga berapa

 

Tips dari ane kalo sewa perahu harus jujur ama yg pny perahu ya, sewanya mau dibuat apa, kalo memang mau buat wisata ya bilang aja mau jalan2 tapi kalo mau dibuat bisnis ya bilang aja mau buat kerja. Soale kalo sewa perahu bilang wisata trus ternyata dibuat bisnis bisa ditinggal tuh di tengah laut.hahaha :)

 

Di pulau mansuar tinggal org german yang udah lame tinggal sana, sampe bisa bahasa daerah sono. Bisa kesana utk sekedar say hello n minta petuah daerah yg mau dikunjung, sapa tau sekalian dipinjemin perahunya sekalian. hahahaha..

 

Met liburan disana

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By Endar
      Berkunjung ke Raja Ampat sudah menjadi impian banyak orang. Alam yang indah dengan pemandangan menakjubkan dari atas hingga bawah lautnya menjadikan Raja Ampat surga tersendiri bagi para traveler, diver dan juga photographer alam.
      Dengan gugusuan kepulauan di sebelah barat Kepala Burung Pulau Papua, Raja Ampat memiliki banyak pulau yang dapat dijadikan tempat menginap bila berkunjung kesana. Salah satunya pulau Arborek. Pulau kecil nan cantik ini  dapat ditempuh  kurang lebih satu jam dari Waisai, ibukota Raja Ampat.
      Banyak homestay atau penginapan di Arborek yang hampir semuanya pondok kayu beratapkan daun rumbia. Sebuah konsep ramah lingkungan yang menyatu dengan alam. Bahkan, beberapa homestay memberikan pengalaman tinggal di atas air. Kamar di homestay hanya terdapat kasur dan kelambu. Tidak ada kamar mandi privat, semuanya terpisah dan digunakan bersama-sama.

      Fasilitas di pulau Arborek sudah cukup memadai. Listrik menyala dari pukul enam sore hingga enam pagi, cukup untuk mengisi daya gadget-gadget kebutuhan traveling. Air sedikit agak asin dan tidak ada sumber air bersih disini tapi dapat digunakan untuk MCK.  Untuk sinyal agak sulit, hanya dapat menggunakan layanan SMS atau telepon dan itu pun harus berada di area dermaga jika ingin sinyal yang kuat.
      Waktu saya kesana terdapat dua dermaga. Satu lagi ditutup karena sepertinya dipergunakan khusus untuk kebutuhan salah satu homestay di Arborek. Jika pergi sendiri jangan lupa untuk mengisi buku tamu dan membaca dengan jelas aturan-aturan saat berkunjung kesini. Salah satunya,  kita tidak boleh melompat dari atas jetty, bahasa warga Arborek menyebut dermaga,  jika ingin snorkeling di sekitar dermaga Arborek.

      Menikmati pesona bawah laut di Arborek menjadi hal yang istimewa. Saat boat kita bersandar di dermaga, kita bisa melihat ikan-ikan langsung dari atas dermaga. Tentunya, air yang jernih menambah rasa tidak sabar  untuk masuk ke air. Feasibility yang bagus menjadikan kita bisa melihat jelas ikan dan terumbu karang. Jika beruntung kita bisa bertemu dengan schooling fish yang bahkan tidak terganggu dengan kehadiran manusia. Kipas laut, lili laut atau spons laut dapat kita temukan hidup sehat di tiang-tiang dermaga. Cobalah untuk snorkeling di sore hari,  sinar matahari sore akan menambah warna biota-biota laut lebih bersinar.


      Pulau Arborek tidak terlalu luas, kita dapat menikmati pesona matahari terbit dan terbenam di pulau ini. Sayang waktu saya disana pagi hari selalu mendung jadi tidak bisa menikmati matahari terbit dengan sempurna. Namun matahari terbenamnya begitu memesona. Kita dapat dengan santainya duduk di dermaga setelah snorkeling dan menikmati matahari terbenam. Setelah matahari masuk ke peraduannya, cakrawala seolah-olah menaburkan warna-warna sihir. Biru, jingga, kuning, ungu, hitam semuanya berpadu menunjukkan indahnya karya Pencipta.

      Kearifan lokal menjadikan pulau Arborek ini begitu bersahaja. Warga Arborek sepakat untuk menjaga pulau Arborek dan perairan di sekitarnya tetap lestari. Dibuatnya dua zona Kawasan Konservasi Laut Daerah menjadi bukti bagaimana warga Arborek begitu menjaga perairan mereka. Pada zona ini siapapun dilarang mengambil hasil laut. Jika kita ingin memancing, terdapat aturan tidak tertulis yang disepakati yaitu memancing diijinkan minimal 200 meter dari pinggir pantai. Jadi jika ingin memancing silakan dengan boat atau bersama perahu nelayan sampai dengan batas yang diijinkan.

      Tertarik bermalam di Arborek dan menikmati keindahannya?  Beberapa paket tour Raja Ampat menjadikan Arborek tempat bermalam. Jika berpergian sendiri, dengan kisaran IDR 350ribu sampai IDR 450ribu per orang kita sudah dapat bermalam di Arborek ditambah tiga kali makan per hari. Selain itu kita sudah bisa menejelajah Arborek di darat dan bawah lautnya.



    • By Nanda Hartoph Rio
      Akomodasi :
      * Tiket Kapal PP Sorong - Misool
      * Homestay
      * Boat Explore 2 Hari
      * Makan & Minum selama di Misool
      * Pemandu

      Destinasi :
      - Puncak Harfat Jaya
      - Namlol
      - Banoos
      - Goa Putri Termenung
      - Danau Ubur Ubur
      - Dafalen
      - Gamfi
      - Dhamu

      Cp. 082199225007 (what's app)
      Line. batanme
      Batanme Tour
      www.batanme.com
    • By paceguide
      RAJA AMPAT
      Berwisata ke raja ampat tidak harus mahal.Pengeluaran terbesar selama di raja ampat adalah transportasi di raja ampat itu sendiri. Hal ini dapat diakali dengan sistem grup.
      Kami menawarkan paket 3 hari 2 malam ke raja ampat minimal 6-10 orang per trip. Harga ini sudah termasuk tiket pp kapal cepat Sorong-Waisai, speedboat, penginapan di local guesthouse, makan 3x sehari,snorkeling dan biaya masuk objek wisata. Tidak termasuk tiket PP asal tempat anda ke kota Sorong dan penginapan di Sorong jika diperlukan.
      Silahkan PM untuk info lebih lanjut
      Thank
    • By Nanda Hartoph Rio
      Trip Misool 4 Hari 3 Malam
      Trip Misool dibuat bagi para backpacker yang ingin mengexplore misool dengan budget minim.
      Price : idr 1.500.000,- /org
      Include : Tiket Kapal PP Sorong - Misool, Basecamp di Misool, Bout explore, Makan dan Minum.
       
      Untuk Info lebih lanjut
      Cp. Nanda 0821 - 9922- 5007
    • By Nanda Hartoph Rio
      Trip Wayag 3 Hari 2 Malam
      16 Desember - 18 Desember 2016
      Harga Rp. 4.500.000
      Trip Misool 5 Hari 4 Malam
      26 Desember - 30 Desember 2016
      Harga Rp. 3.000.000
      Trip Piaynemo 3 Hari 2 Malam
      9 Desember - 11 Desember 2016
      23 Desember - 25 Desenber 2016
      Harga Rp. 3.000.000
      Info CP
      Wa - 082199225007
      Http://www.batanme.com

      Akomodasi : 
      *Hotel 
      *Homestay 
      *Speedboat 
      *Tiket Kapal
      *Transportasi antar jemput bandara
      *Makan dan Minum
      *Pemandu

      Non Akomodasi :
      *Tiket Pesawat
      *Diving
      *Souvenir
      *Snorkel

      Syarat dan ketentuan
      1. Trip akan berjalan apabila Peserta mencukupi ( Min. 4 orang )
      2. Peserta tidak mempunyai riwayat kesehatan yang membahayakan diri sendiri atau peserta lain
      3. Peserta harus melunasi biaya trip sebelum H – 10
      4. Apabila peserta membatalkan keikutsertakannya dan sudah melakukan DP, maka uang DP dianggap hangus.
    • By Nanda Hartoph Rio
      Trip Misool 5 Hari 4 Malam

      17 Oktober - 21 October 2016(full)
      24 Oktober - 28 October 2016
      14 November - 18 November 2016
      26 Desember - 30 Desember 2016
       
      4 orang = Rp. 4.600.000
      5 - 7 orang = Rp. 3.750.000
      8 - 10 orang Rp. 3.000.000

      Akomodasi : 
      *Hotel 
      *Homestay 
      *Speedboat 
      *Tiket Kapal
      *Transportasi antar jemput bandara
      *Makan dan Minum
      *Pemandu

      Non Akomodasi :
      *Tiket Pesawat
      *Diving
      *Souvenir
      *Snorkel

      Syarat dan ketentuan
      1. Trip akan berjalan apabila Peserta mencukupi ( Min. 4 orang )
      2. Peserta tidak mempunyai riwayat kesehatan yang membahayakan diri sendiri atau peserta lain
      3. Peserta harus melunasi biaya trip sebelum H – 10
      4. Apabila peserta membatalkan keikutsertakannya dan sudah melakukan DP, maka uang DP dianggap hangus.

      "Mengutamakan kenyamanan dan keselamatan selama berlibur ke raja ampat"

      Cp. 082199225007 (what's app)
      Line. batanme
      Batanme Tour 
      www.batanme.com
    • By Nanda Hartoph Rio

      Haloo Freak
      Mumpung ada waktu senggang gue mau kasih info buat traveler yang berkunjung di raja ampat bagian utara. karna kemarin kita uda bahas ya tentang raja ampat bagian selatan. nih dia tempat yang bisa lo kunjungi kalo dah di kota waisai tapi ga semua yaaa,Cekidooooot.!
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
      Masih banyak yang pengen gue share tempat tapi waktu senggang dah abis neeh.