• 0
Sign in to follow this  
Enrico F. Panjaitan

Cara Beli Asuransi Perjalanan Online

Question

Share this post


Link to post
Share on other sites

0 answers to this question

There have been no answers to this question yet

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By asura
      Asuransi perjalanan adalah hal yang wajib anda miliki ketika sedang berlibur. Apalagi jika anda berlibur ke Uni Eropa, maka asuransi ini memang mutlak diperlukan. Pemerintah Uni Eropa dan beberapa negara lainnya mengharuskan setiap orang yang masuk ke negara tersebut harus memiliki asuransi untuk perjalanan. Biasanya asuransi ini sudah masuk ke dalam kelengkapan dokumen perjalanan yang harus dibawa. Mungkin hal ini masih asing untuk beberapa orang, khususnya bagi orang yang belum pernah mengunjungi negara yang mewajibkan untuk menggunakan asuransi tersebut.
      Namun, asuransi ini sangat berguna untuk anda yang mempunyai kebutuhan tertentu. Saat tubuh anda diserang oleh penyakit tertentu, maka asuransi ini akan bermanfaat untuk anda. Tentunya anda tidak ingin liburan anda rusak karena anda harus dirawat di rumah sakit luar negeri dengan biaya yang tinggi. Oleh karena itu beberapa orang membeli asuransi ini tanpa berpikir dua kali ketika melakukan perjalanan. Jika anda merasa sehat, maka anda cenderung tidak perlu dengan asuransi ini. Padahal asuransi ini menanggung hal-hal yang kecil seperti delay pesawat. Ini merupakan hal sederhana yang akan ditanggung oleh asuransi ini.
      Tidak hanya biaya kesehatan, perlindungan untuk barang-barang olahraga seperti peralatan golf, papan surfing, dan lain sebagainya juga akan ditanggung oleh pihak asuransi. Selain itu pemegang asuransi akan dilindungi ketika melakukan kegiatan liburan yang menantang seperti mendaki gunung, menyelam, dan olahraga lain. Meskipun asuransi ini memiliki banyak manfaat tetapi kesadaran untuk menggunakan asuransi ini masih sedikit.
      Hanya sekitar 5-10% orang yang menggunakan asuransi ini. Untuk perjalanan di dalam negeri, hanya sekitar 5% yang menggunakan asuransi ini. Harga asuransi ini sangat bervariasi. Ada yang berharga Rp 400.000,00 sampai berharga jutaan rupiah tergantung kepada tujuan dan lama perjalanan yang dilakukan. Pilihlah jenis asuransi perjalanan yang memang sesuai dengan kebutuhan anda. Bacalah setiap perjanjian dalam polis asuransi. Carilah informasi sebanyak mungkin tentang produk asuransi tersebut. Jangan lupa untuk mempertimbangkan segala aspek sebelum anda memutuskan untuk menggunakan asuransi perjalanan.
    • By Skyfall
      Ketika berjalan2 ke luar negeri, atau mengikuti jalan2 petualangan, biasanya travel agent akan menawarkan travel insurance kepada kita. Jangan asal meng-iya-kan tawaran dari travel agent tersebut, tapi jangan langsung ditolak juga. Karena yang namanya asuransi adalah untuk perlindungan kita, terutama perlindungan kesehatan dan jiwa.


      Sumber Gambar

      Berikut ini adalah langkah yang harus diperhatikan agar kita tidak salah dalam memilih asuransi perjalanan:
      1. Jangan menerima tawaran asuransi perjalanan, sebelum membandingkan item2 yang dicover dan benefit dari program asuransi tersebut
      2. Pertimbangkan juga jumlah kunjungan jalan2ers ke luar negeri
      3. Pilih yang dengan detail menjelaskan biaya2 kesehatan apa saja yang di-cover
      4. Jangan lupa perhatikan detail, terutama untuk syarat dan kondisi yang berlaku, yang biasanya di-print dalam font kecil (seperti di iklan2 layanan operator seluler di Indonesia )
      5. Jangan pilih program asuransi yang jalan2ers tidak butuhkan, apalagi kalau sampai meng-cover terlalu banyak (over-insurance). Bokek bung.

      Sudah siapkah jalan2ers jalan2 ke luar negeri? :)

      Sumber: ReaderDigestAsia
    • By ryaryuu
      Apa hak saya ketika bagasi saya hilang atau rusak ?
      Bagasi hilang ? pastikan dulu memang hilang, bukan telat datang. Ketika bagasi anda memang benar-benar tidak ditemukan dimanapun ( saat anda menunggu di mesin rotasi koper) , anda lapor ke kantor airlines yang mengangkut anda ke tempat tujuan.
       
      Perlu anda ketahui, ketika bagasi anda ditemukan dan ternyata anda berada di tempat lain saat airlines tersebut menghubungi anda, mereka wajib mengantarkannya kepada anda dimanapun anda berada.  Ketika anda lapor, anda akan diminta merinci barang apa saja yang ada di dalam bagasi anda tersebut. Hak anda saat bagasi anda hilang adalah anda diberi ganti rugi sekitar Rp. 25.000.000 ( dua puluh lima juta rupiah) atas kehilangan barang anda tersebut, waktu yang diperlukan untuk mengklaim kurang lebih 15-30 hari setelah barang anda dipastikan hilang.  Ketika barang anda rusak , ( instrument music, alat olahraga ) yang tidak dilindungi sebagaimana mestinya tidak di cover oleh airlines anda. Jadi pastikan anda mengemas segala sesuatunya dengan baik.
       
       Hal penting yang harus anda garis bawahi adalah , bila anda tidak mau barang anda hilang sebaiknya anda membawa ke pesawat saja, terlebih di dalam tas anda terdapat barang-barang berharga. Karena bagaimanapun proses mengurus kehilangan akan lebih ribet dan memakan waktu.  
       
      Ketika penerbangan saya di cancel, dan saya berada di airport apa yang harus saya lakukan ?
      Rebook ! anda sebaiknya menelpon kantor airlines atau mendatangi agen airlines yang ada di bandara tersebut. Pastikan anda menyimpan nomornya, ini akan mempermudah anda untuk mendapatkan reschedule bahkan free seat untuk penerbangan anda selanjutnya. Jangan panic dan marah-marah karena hal tersebut tidak akan menyelesaikan masalah. Anda sebisa mungkin berpikir jernih, bila penerbangan tersebut benar-benar tidak bisa reebook karena satu dan lain hal ( contohnya ketika Batavia bangkrut), pastikan anda mendapat komplimen lain atau pengalihan ke pesawat lain.
       
      Apakah asuransi perjalanan saya benar-benar melindungi saya bahkan ketika saya berada di luar negeri ?
      Berurusan dengan asuransi perjalanan memang ribet, dan hal pertama yang harus saya lakukan adalah, ketika anda akan membeli asuransi tersebut, pastikan apa yang di cover dan yang tidak di tempat tujuan anda. Sebagai informasi, kebanyakan asuransi perjalanan tersebut hanya mengcover saat keadaan emergensi saja. Contoh asuransi perjalanan yang tidak mengcover kesehatan anda di luar negeri adalah , ketika ada wabah di negara tersebut semisal ketika virus SARS di Hongkong, biaya pengobatan tidak di cover sama sekali, ketika anda keracunan makanan di Prancis pun anda tidak akan di cover, jadi pastikan apa yang anda dapatkan dengan membeli asuransi tersebut ( di Indonesia asuransi perjalanan biasanya hanya mengcover kecelakaan saja). Apabila anda terpaksa berobat di luar negeri atau di tempat tujuan anda, simpan semua resep dan kwitansi untuk mengklaim asuransi anda.
       
      Informasi lain mengenai asuransi perjalanan adalah , anda harus memastikan bila perjalanan anda dibatalkan, apakah asuransi tersebut akan mengembalikan uang anda 100 persen ? ini harus menjadi pertimbangan anda ketika memilih asuransi, karena biasanya asuransi perjalanan memasang harga 10-15 persen dari total harga tiket + hotel atau estimasi budget liburan anda. Pastikan anda memegang nomor orang yang menawari anda asuransi tersebut, karena orang inilah yang akan bertanggung jawab atas hal tersebut.  
       
      Apa yang harus saya lakukan ketika saya terjebak dalam huru hara atau bencana alam ketika saya pergi berlibur?
       
      Siapa yang mau ketika berlibur terkena bencana seperti itu. Anda harus mempersiapkan nya terlebih dahulu. Misalkan , ketika anda di Bangkok, siapa yang tahu anda terkena huru-hara kerusuhan atau bahkan banjir (pernah dengar tentang bencana banjir di Bangkok yang membaut Bangkok menjadi lautan) atau bahkan ketika anda sedang Honeymoon di Langkawi Malaysia, dan pada saat itu pula tanpa diduga ternyata Indonesia dan Malaysia sedang bersitegang dan akan berperang, atau juga ketika anda berada di Bali dan anda mengalami kejadian seperti tahun 2008 yaitu Bom Bali tersebut.
       
      Hal pertama yang harus anda lakukan pertama kali ketika akan berlibur adalah , cek di web-web yang terpercaya mengani travel warning ke tempat tersebut, selain itu juga sebaiknya anda menschedule perjalanan anda dan schedule nya anda kirimkan ke beberapa teman yang tahu anda bepergian, dan apabila anda sudah terlanjur ada di tempat tersebut dan sudah terkena imbas bencana tersebut adalah hubungi orang yang tahu anda pergi ke tempat tersebut, bila anda berada di luar negeri, hubungi konsulat Indonesia yang berada di tempat tersebut , mintalah evakuasi ke tempat aman atau bahkan anda minta dipulangkan oleh mereka.