Hasdevi Agrippina Dradjat

Miliki Liburan Di Bandung Yang Akan Membuatmu Menolak Lupa Dengan Paris Van Java Ini

21 posts in this topic

Sudah lama pasti kamu mendengar sebutan Paris van Java? Ya, tentu kamu juga sudah mengetahui bahwa Paris van Java ini merupakan sebutan untuk kota Bandung yang cantik di Jawa Barat.

Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Jawa Barat, sekaligus juga merupakan ibukota provinsi tersebut. Kota ini terletak sejauh 140 kilometer dari arah tenggara kota Jakarta. Kota ini juga merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya.

Bandung juga mencatat sejarah penting sebagai tempat berdirinya institute teknologi pertama di Indonesia, yaitu Technische Hoogeschool te Bandoeng atau yang sekarang bernama Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kecantikan Bandung rupanya telah ada sejak lama, sehingga kota ini seringkali disebut dengan sebutan Paris van Java. Selain itu, kota ini juga terkenal dengan sebutan kota kembang.

Bandung memiliki begitu banyak destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi pada liburanmu selanjutnya. Nah, apakah kamu penasaran dan ingin segera menjelajahi keindahan Bandung? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam miliki liburan di Bandung yang akan membuatmu menolak lupa dengan Paris van Java ini.

Transportasi Menuju Bandung

Moda Transportasi 1: Menaiki Kereta Api

post-36544-0-07307500-1432545805_thumb.j

Menaiki Kereta Api dari Jakarta Menuju Bandung via http://sekilasharga.com/wp-content/uploads/2015/03/kereta-api-argo-parahyangan.jpg

Salah satu moda transportasi yang kamu gunakan agar dapat menyambangi Bandung dari Jakarta adalah dengan menaiki kereta api. Kereta ini berangkat dari Stasiun Gambir (Jakarta) menuju ke Stasiun di Bandung.

Terdapat dua jenis kereta api yang dapat kamu jadikan moda transportasi, yaitu kereta api jenis bisnis dan eksekutif. Biaya yang kamu keluarkan untuk menaiki kereta api ini berkisar antara Rp 40.000,00 hingga Rp 100.000,00 per sekali jalan. Harga ini dapat berubah sewaktu-waktu.

Untuk mendapatkan tiket kereta, kamu dapat membelinya secara online, melalui agen perjalanan atau juga langsung di Stasiun Gambir. Nah, untuk masalah waktu tempuh, lama waktu tempuh yang kamu butuhkan untuk perjalanan ini adalah sekitar 3,5 jam.

Nah, perjalanan dengan menaiki kereta ini tentunya dapat kamu pertimbangkan dari segi waktu dan juga pengalaman seru. Saat ini, minat wisatawan yang berkunjung ke Bandung memang meningkat dengan cukup pesat sehingga seringkali mengakibatkan tol Cipularang macet.

Moda Transportasi 2: Menaiki Bus

post-36544-0-09289200-1432545955_thumb.j

Menaiki Bus dari Jakarta Menuju Bandung via http://www.jacktour.com/imgs/bus.JPG

Nah, selain menaiki kereta api, kamu juga memiliki alternative lain untuk menaiki bus dengan tujuan Jakarta menuju Bandung. Untuk menaiki bus dari Jakarta, kamu dapat memilih untuk menaikinya dari Terminal Kampung Rambutan, Lebak Bulus atau Depok.

Biaya yang kamu keluarkan untuk menaiki bus ini adalah sekitar Rp 35.000,00 hingga Rp 50.000,00 untuk sekali jalan. Untuk jadwal keberangkatan bus sendiri ada setiap jam sekali. Jika tidak terdapat kemacetan, kamu dapat mencapai Bandung dalam waktu 2-3 jam.

Moda Transportasi 3: Menaiki Shuttle Bus/Travel

post-36544-0-79648000-1432545989_thumb.j

Menaiki Shuttle Bus atau Travel dari Jakarta Menuju Bandung via http://cdn-2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/images/Cititrans.jpg

Selain menaiki pesawat dan bus, kamu juga memiliki alternative lain untuk menaiki shuttle bus/travel dari Jakarta menuju Bandung. Nah, kamu dapat menemukan travel ini di banyak tempat di Jakarta.

Biaya yang kamu keluarkan untuk perjalanan dengan menggunakan travel adalah sekitar Rp 85.000,00 hingga Rp 160.000,00. Pemilihan harga ini tentunya dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan, budget serta keinginanmu.

Memilih Penginapan Selama Berada di Bandung

post-36544-0-47944600-1432546018_thumb.j

Memilih Penginapan di Sekitar Daerah Cihampelas via http://www.bandungtourism.com/neobandungtourism/neoadmin/media/image/objekwisata/1336635347/cihampelas_1.jpg

Setelah puas mengurus masalah transportasi, selanjutnya kamu dapat mulai memikirkan masalah penginapan selama berada di Bandung. Nah, sebagai salah satu rekomendasi, kamu dapat memilih untuk menginap di penginapan sekitar Cihampelas.

Pemilihan lokasi di sekitar daerah Cihampelas sendiri karena daerah ini tergolong strategis walaupun tergolong cukup ramai. Tetapi, kamu jika kamu bingung akan melanjutkan perjalananmu ke mana, kamu dapat berjalan kaki ke Cihampelas Walk atau sekedar sightseeing di banyak toko yang terletak di Jalan Cihampelas ini.

Selain itu, banyak wisatawan maupun penduduk Bandung yang merekomendasikan tempat ini sebagai wilayah menginap (melalui situs TripAdvisor). Bagaimana? Dapat kamu jadikan sebagai pertimbangan, bukan?

Selanjutnya, kamu dapat memilih untuk menginap di penginapan berjenis guest house, hotel atau apartemen selama kamu menginap di Bandung. Jenis penginapan sendiri dapat kamu sesuaikan tergantung dengan kebutuhanmu.

Jika kamu memilih untuk menginap di penginapan berjenis guest house, kamu dapat mendapatkan kamar dengan jenis standard single room. Biaya yang kamu keluarkan jika kamu menginap di sini adalah sekitar Rp 165.000,00 per malam.

Fasilitas yang kamu dapatkan di kamar ini adalah meja kerja, area tempat duduk, kipas angin, lemari, toilet, kamar mandi pribadi, TV layar datar serta free wifi. Selain menginap di guest house, kamu juga memiliki alternative lain untuk menginap di penginapan berjenis apartemen.

Jika kamu memilih untuk menginap di penginapan berjenis apartemen, kamu dapat mendapatkan kamar dengan jenis apartemen 2 kamar tidur. Biaya yang kamu keluarkan jika kamu ingin menginap di sini adalah sekitar Rp 400.000,00 per malam.

Fasilitas yang kamu dapatkan di kamar tersebut adalah AC, sofa, kamar mandi pribadi, shower, toilet, TV, dapur kecil serta free wifi. Selain menginap di guest house dan apartemen, kamu juga memiliki alternative lain untuk menginap di hotel.

Jika kamu ingin menginap di hotel, kamu dapat mendapatkan kamar dengan jenis deluxe double room. Biaya yang kamu keluarkan jika ingin menginap di kamar ini adalah sekitar Rp 375.000,00 per malam.

Fasilitas yang kamu dapatkan di kamar ini adalah AC, meja kerja, area tempat duduk, shower, toilet, kamar mandi pribadi serta free wifi.

Hari Pertama

Awali Perjalanan Wisatamu di Bandung dengan Mengunjungi Tempat Wisata di Lembang dan Sekitarnya

post-36544-0-93025000-1432546068_thumb.j

Awali Kegiatan Wisatamu di Bandung dengan Mengunjungi Tangkuban Parahu via http://bandung.panduanwisata.id/files/2011/08/kawah-domas4.jpg

Untuk mengawali perjalanan wisatamu di Bandung, kamu dapat memulainya dengan mengunjungi Tangkuban Parahu. Gunung Tangkuban Parahu adalah sebuah gunung aktif yang terletak di Bandung Utara, tepatnya di daerah Cikole, sekitar 20 kilometer dari pusat kota Bandung.

Menurut legenda, dahulu terdapat seorang dewi yang bernama Dayang Sumbi turun ke bumi. Singkat cerita, ia memiliki seorang anak yang bernama Sangkuriang. Namun, suatu hari Sangkuriang diusir dari rumah karena telah membunuh Tumang yang menjelma menjadi binatang. Konon, Tumang adalah ayah kandung Sangkuriang.

Setelah merantau bertahun-tahun, Sangkuriang akhirnya kembali ke kampung halaman dan jatuh cinta pada seorang perempuan cantik. Rupanya, perempuan tersebut adalah Dayang Sumbi yang merupakan ibunya. Dayang Sumbi terlihat cantik karena ia tidak menua.

Kemudian, ketika Sangkuriang hendak memperistri Dayang Sumbi, Dayang Sumbi memikirkan berbagai cara untuk menolak Sangkuriang. Ia meminta dibikinkan perahu yang harus jadi dalam satu malam. Rupanya, Sangkuriang tidak berhasil memenuhinya. Alhasil perahu tersebut ia tendang dan jatuh dalam posisi telungkup. Konon perahu tersebut kini berubah menjadi Gunung Tangkuban Perahu.

Gunung Tangkuban Perahu memiliki ketinggian mencapai 2.084 meter dan suhu mencapai sekitar 17 derajat celcius pada siang hari. Nah, karena suhu yang tergolong dingin ini, kamu sebaiknya membawa jaket ketika mengunjungi Gunung Tangkuban Perahu.

Untuk mencapai Gunung Tangkuban Perahu, kamu dapat menaiki bus dari area Leuwi Panjang dan menaiki bus jurusan Bandung-Indramayu. Kamu dapat meminta turun di pertigaan Gunung Tangkuban Perahu. Harga tiket masuk ke gunung ini adalah sekitar Rp 20.000,00 hingga Rp 22.500,00.

post-36544-0-48843200-1432546109_thumb.j

Mengunjungi De Ranch

Setelah puas menyambangi Gunung Tangkuban Perahu, kamu dapat melanjutkan perjalananmu dengan mengunjungi De Ranch. De Ranch merupakan wahana wisata outdoor dimana kamu dapat menikmati berkuda sambil menghirup udara segar Lembang yang sejuk.

De Ranch menawarkan suasana baru dalam wisata alam dimana kita diajak untuk kembali ke masa lalu dengan kuda sebagai moda transportasi utama. Kamu dapat menikmati suasana peternakan sambil menunggang kuda lengkap dengan mengenakan kostum cowboy.

Fasilitas wisata yang tersedia di De Ranch antara lain delman, kuda tunggang, kuda poni, fun boat, kolam pancing, flying fox, balon air, sepeda track, trampoline, panahan, riding out dan lain-lain. Untuk masalah biaya, setiap wahana bervariasi dari Rp 20.000,00 hingga Rp 40.000,00. Namun harga dapat berubah sewaktu-waktu.

De Ranch sendiri dibuka setiap hari kecuali hari Senin dari pukul 09.00 hingga 17.00. Sementara pada akhir pekan, De Ranch dibuka pada pukul 08.00 hingga 18.00.

post-36544-0-35402600-1432546149_thumb.j

Mengunjungi Floating Market Lembang via http://menerjemahkan.com/wp-content/uploads/2014/06/IMG_0495.jpg

Setelah puas mengunjungi De Ranch, kamu dapat mengunjungi Floating Market Lembang. Floating Market Lembang ini adalah pasar terapung yang terdapat di Lembang.

Untuk dapat menikmati suasana pasar terapung, kamu dapat mengunjungi Floating Market ini dari hari Senin hingga hari Sabtu. Floating market ini dibuka dari pukul 08.00 hingga pukul 21.00.

Jika kamu ingin memasuki floating market ini, biaya masuk yang harus kamu keluarkan adalah sekitar Rp 15.000,00. Dan biaya tiket parkir mobil adalah sekitar Rp 5.000,00. Tiket tersebut bisa langsung kamu tukar dengan welcome drink di pintu masuk.

Hal yang paling menarik yang bisa kamu dapatkan di floating market ini adalah kamu dapat membeli makanan dan minuman dengan menukarkan uangmu dengan koin khusus. Bagaimana? Menyenangkan sekali, bukan?

Hari Kedua

Waktunya Kamu untuk Melanjutkan Kegiatan Wisatamu dengan Mengunjungi Tempat Wisata Menarik Lainnya di Bandung

post-36544-0-53957500-1432546198_thumb.j

Awali Perjalanan Wisatamu dengan Mengunjungi Strawberry Farm

Untuk mengawali perjalanan hari keduamu di Bandung, kamu dapat mengawalinya dengan mengunjungi Strawberry Farm. Kebun stroberi ini masih terletak di sekitar daerah Lembang.

Di Strawberry Farm ini, kamu dapat mencoba aktivitas wisata Strawberry Walk dimana kamu dapat berjalan dan memetik sendiri strawberry yang kamu inginkan. Setelah itu, stroberi dapat kamu beli atau langsung diolah menjadi jus stroberi. Wah, nikmat sekali bukan?

Di daerah Lembang terdapat beberapa kebun stroberi yang dapat kamu coba sambangi sesuai dengan keinginanmu. Beberapa kebun stroberi tersebut adalah Happy Farm, Rumah Stroberi, Natural Strawberry Land and Resto, dan Terminal Wisata Grafika Cikole.

Untuk melengkapi kegiatan wisatamu selama berada di Bandung, tentu saja menyambangi kebun stroberi dapat kamu jadikan sebagai salah satu destinasi wisata.

post-36544-0-60570300-1432546238_thumb.j

Mengunjungi Dago Pakar Waterfall via http://sebandung.com/wp-content/uploads/2014/03/Dago-Pakar-Waterfall-Bandung.jpg

Setelah puas mengunjungi kebun stroberi, kamu dapat melanjutkan kegiatanmu dengan mengunjungi Dago Pakar Waterfall. Dago Pakar Waterfall merupakan sebuah air terjun buatan tinggi yang terdapat di sebuah perumahan elit di Dago. Yang paling menyenangkan, tidak ada biaya masuk yang dikenakan jika kamu ingin melihat air terjun ini alias gratis.

Dago Pakar terletak di kawasan Jalan Ir. H. Juanda, sekitar utara Kota Bandung. Dago Pakar yang memiliki luas sekitar 590 hektar ini menawarkan pemandangan berupa hutan lebat dengan pemandangan alam yang asri dan indah.

Ketika memasuki Dago Pakar Waterfall ini, kamu akan melihat pemandangan berupa air terjun yang terlihat menawan. Di sekitarnya, terdapat dinding-dinding yang meniru batu alam. Namun, kekurangannya adalah kamu tidak dapat mendengar suara air terjun ketika mengunjungi tempat ini.

Nah, ketika mengunjungi tempat ini, jangan lupa untuk membawa serta kameramu dan mengabadikan keindahan tempat ini. Bagaimana? Kamu tertarik untuk mengunjungi air terjun buatan yang satu ini?

post-36544-0-13464900-1432546273_thumb.j

Mengunjungi Dago Tea House via http://bandungtraveler.com/wp-content/uploads/2012/07/art-dago-tea-house.jpg

Setelah puas mengunjungi Dago Pakar Waterfall, selanjutnya kamu dapat menyambangi Dago Tea House. Dago Tea House merupakan ikon rumah budaya Jawa Barat.

Dago Tea House terletak di Bukit Dago Selatan nomor 53 A. Di tempat ini biasanya diselenggarakan berbagai macam kesenian serta kebudayaan baik dari segi tradisional maupun kontemporer. Nah, yang paling menarik kamu dapat mengunjungi tempat ini pada waktu tahun baru karena biasanya terdapat kegiatan Bajidoran.

Nah, di tempat ini juga diadakan sanggar pelatihan terhadap berbagai macam kesenian dari mulai seni tari, teater hingga karawitan. Beberapa fasilitas wisata yang terdapat di Dago Tea House antara lain open air theater, teater taman, galeri pameran, sanggar seni tari, perpustakaan dan cindera mata.

Selain menikmati pertunjukkan wisata, di Dago Tea House ini kamu juga dapat menikmati city view Kota Bandung yang sangat indah terutama pada waktu malam hari lengkap dengan kerlap-kerlip lampunya.

Hari Ketiga

Lanjutkan Perjalanan Serumu Mengelilingi Bandung

post-36544-0-07778900-1432546313_thumb.j

Mengunjungi Cihampelas Walk via http://www.roberni.com/wp-content/uploads/2013/03/ciwalk2.jpg

Untuk mengawali perjalanan hari ketigamu di Bandung, kamu dapat mengunjungi Cihampleas Walk. Nah, kebetulan jika kamu juga menginap di daerah Cihampelas, kamu dapat berjalan kaki untuk mencapai Cihampelas ini.

Ciwalk sendiri telah hadir sejak tahun 2004. Tempat perbelanjaan ini memang dikonsepkan agar bersih dan nyaman sehingga dapat membuat pengunjungnya merasa betah berlama-lama berada di Ciwalk.

Yang paling menarik dari Ciwalk adalah ketika kamu berjalan-jalan, kamu dapat melihat indahnya juntaian dan lilitan lampu hias yang terdapat di pohon-pohon di sini. Selain itu, kamu juga dapat melihat suasana yang berbeda pada pagi, siang maupun malam hari.

Pada tahun 2009, Ciwalk memberikan nuansa baru kepada para pengunjung dengan membangun CX Cihampelas Walk Extension. CX Cihampelas Walk Extension ini sendiri terdiri dari butik, hotel dan skywalk.

Nah, itulah dia penjelasan mengenai berbagai tempat wisata yang dapat kamu nikmati di Bandung. Semua itu terangkum dalam artikel yang berjudul miliki liburan di Bandung yang akan membuatmu menolak lupa dengan Paris van Java ini.

Bandung rupanya memiliki begitu banyak destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi pada kesempatan liburanmu selanjutnya. Nah, semoga artikel ini dapat membantumu memberikan referensi guna merencanakan liburan terbaik di kota Paris van Java ini.

Happy traveling!

Share this post


Link to post
Share on other sites

Halooo Mbak @Asa Citra semoga tulisanku bisa membantu ya Mbak  :senyum

ssiiipp.. oke banget ni :rate

aku baru tau disana ada floating market. kirain cuma banjarmasin doang.. :berlayar 

strawberry farm itu musim panennya kapan ya? pengennya bisa kesana pas panen..

Share this post


Link to post
Share on other sites

@Hasdevi Agrippina Dradjat

hahah kamu memasuki wilayah saya jadi akan saya koreksi dikit

  1. Tiket travel udah gak ada 50 ribu itu tahun 2006 Baraya, sekarang minimal 85 ribu - 160 ribu. Paling murah Baraya, paling mahal City Trans
  2. Tiket masuk Tangkuban Perahu, Wisatawan Lokal Weekdays Rp. 20.000, Weekend Rp. 22.500
  3. Tiket masuk De Ranch sekrnag Rp. 8.000 udahy dapat susu 
  4. Tiket masuk Floating Market Rp. 15.000 perorang, parkir mobil Rp. 5.000

Silahkan di update tulisannya :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now


  • Similar Content

    • By deffa
      Hola Deffa Here !!!
      Wilujeng Sumping ka Bandung Sadayana :)
      Karena Bandung sekarang udah makin menjadi primadona wisata khusus nya area Jawa Barat, di karenakan sudah makin bagus nya infrastruktur yang ada di Kota dan Kabupaten Bandung. Maka saya akan bantu untuk membuat itinerary yang pas untuk kalian mengunjungi Bandung.
      Mengunjungi Bandung paling enak itu minimal 2 hari, namun paling enak dan santai itu 3 - 5 hari, karena biar tidak terburu-buru, apalagi weekend Bandung itu bakalan rasa Jakarta. Ya macetnya kendaraan dan juga orang-orang nya yang mungkin akan kalian temui orang Jakarta lagi heheh.
      Berikut Itinerary yang sebenar nya saya sadur dari tulisan Facebook Rommy Budax Badeur yang sedikit saya edit menurut pandangan saya :
      -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
      ITINERARY 2 HARI 
      Day 1 Bandung Utara (Lembang) :
      Dusun Bambu Gunung Tangkuban Perahu Kawah Domas De Ranch The Lodge Maribaya Floating Market Lembang Farmhouse Day 2 Kota Bandung :
      Tebing Keraton Cafe D'Pakar Goa Jepang, Goa Belanda dan Curug Maribaya (THR Juanda) Cihampelas atau Jalan Riau (Wisata Belanja) Taman Film atau Taman Tematik lain nya di Dago Gedung Sate Jalan Braga Gedung Asia Afrika Alun-Alun Bandung -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
      ITINERARY 3 HARI
      Day 1 Bandung Selatan (Ciwidey) :
      Kawah Putih Curug Cipanji Situ Patenggang Ranca Upas (Penangkaran Rusa dan Camping Ground) Pemandian Air Panas Ciwalini / Cimanggu Perkebunan Teh Ciwalini Day 2 Bandung Utara (Lembang) :
      Dusun Bambu Gunung Tangkuban Perahu Kawah Domas De Ranch The Lodge Maribaya Floating Market Lembang Farmhouse Day 3 Kota Bandung :
      Tebing Keraton Cafe D'Pakar Goa Jepang, Goa Belanda dan Curug Maribaya (THR Juanda) Cihampelas atau Jalan Riau (Wisata Belanja) Taman Film atau Taman Tematik lain nya di Dago Gedung Sate Jalan Braga Gedung Asia Afrika Alun-Alun Bandung -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
      ITINERARY 4 HARI
      Day 1 Bandung Selatan (Ciwidey) :
      Kawah Putih Curug Cipanji Situ Patenggang Ranca Upas (Penangkaran Rusa dan Camping Ground) Pemandian Air Panas Ciwalini / Cimanggu Perkebunan Teh Ciwalini Day 2 Bandung Utara (Lembang) :
      Dusun Bambu Gunung Tangkuban Perahu Kawah Domas De Ranch The Lodge Maribaya Floating Market Lembang Farmhouse Day 3 Kabupaten Bandung Barat (Padalarang) :
      Stone Garden Gua Pawon Day 4 Kota Bandung :
      Tebing Keraton Cafe D'Pakar Goa Jepang, Goa Belanda dan Curug Maribaya (THR Juanda) Cihampelas atau Jalan Riau (Wisata Belanja) Taman Film atau Taman Tematik lain nya di Dago Gedung Sate Jalan Braga Gedung Asia Afrika Alun-Alun BandungSpoiler -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
      ITINERARY 5 HARI
      Day 1 Bandung Selatan (Ciwidey) :
      Kawah Putih Curug Cipanji Situ Patenggang Ranca Upas (Penangkaran Rusa dan Camping Ground) Pemandian Air Panas Ciwalini / Cimanggu Perkebunan Teh Ciwalini Day 2 Bandung Utara (Lembang) :
      Dusun Bambu Gunung Tangkuban Perahu Kawah Domas De Ranch The Lodge Maribaya Floating Market Lembang Farmhouse Day 3 Kabupaten Bandung Barat (Padalarang) :
      Stone Garden Gua Pawon Day 4 Kota Bandung :
      Tebing Keraton Cafe D'Pakar Goa Jepang, Goa Belanda dan Curug Maribaya (THR Juanda) Taman Film atau Taman Tematik lain nya di Dago Gedung Sate Jalan Braga Gedung Asia Afrika Alun-Alun Bandung Day 5 Kota Bandung Wisata Belanja Dan Kuliner :
      Saung Angklung Udjo Bukit Moko Cihampelas (Oleh-Oleh) Jalan Riau (Factory Outlet) Kuliner Batagor Kingsley di Jalan Veteran Jalan Cibaduyut (Belanja Sepatu) Kuliner Bu Imas di Kebon Kalapa Kuliner Ceu Mar di Cikapundung Taman Cikapundungiler ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
      Info Harga Tiket Masuk Beberapa Tempat Wisata di Bandung
      Harga Tiket Gunung Tangkuban Perahu
       
      Harga Tiket Kawah Putih
      -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
      Itinerary di atas bisa berubah secara flexible sesuai yang kalian mau, tapi di atas itu di bikin searah agar perjalanan nya tidak pulang pergi. Masih banyak tambahan itinerary lain seperti Kuliner, Wisata Budaya dll. Kalian bisa konsultasi ke saya langsung jika perlu bantuan itinerary tambahan.
      Karena seperti Saung Angklung Udjo ataupun Kuliner Street Gourmet itu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk di lakukan. Dan juga beberapa Taman Tematik Bandung yang makin kece juga bisa kalian selipkan di sela-sela waktu itinerary di atas
      Ya silahkan di coba itinerary nya, karena itinerary yang di bikin ini sudah searah dan bisa di lakukan sesuai hari yang di tempuh. Thx to bro Rommy Budax Badeur atas info sumber nya.
      Jika perlu SEWA MOBIL MURAH Di BANDUNG cek ke SINI
      Wilujeng Sumping ka Bandung
      IG / Twitter / Steller: @Deffa_Utama
      Facebook : Deffa Boys N Root
       
    • By Nellydiane
      halo salam kenal yaa temen" backpacker  saya baru join disini. 
      oiyaa rencana awal bulan november saya mau traveling ke bandung dari surabaya sendiri. Minta tolong saran dan tips agar minim budget dan kalau ada yang berkenan kita ngetrip bareng hehe 
      Terimakasih 
    • By elizato
      Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, mulai dari Sabang di Aceh sampai Merauke di Papua, yang terdiri dari ribuan pulau besar dan kecil, yang terhubung oleh selat dan laut. Menurut data Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia tahun 2010 sebanyak 17.504 pulau. 7.870 dari mereka memiliki nama, sementara 9.634 tidak memiliki nama.
      Luas wilayah lautan Indonesia lebih luas dari luas daratannya, yaitu luas daratan 1,91 juta km2, sedangkan luas samudra 6.279 juta km2. Dengan meluasnya Indonesia membuat banyak sumber daya alam di darat dan di bawah laut itu indah. Tak heran jika Indonesia memiliki banyak tempat indah terutama di sektor pantai. Karena letak geografis Indonesia sendiri yang berada di bagian khatulistiwa. Di antara sekian banyak pantai, ada beberapa pantai di Indonesia yang dikategorikan sebagai pantai terindah di dunia. Antara lain Pantai Senggigi di Lombok, Pantai Kuta di Bali, Pantai Bunaken di Manado, dan banyak pantai indah lainnya.
      Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat indah. Karena keindahan alamnya, Indonesia telah menjadi tujuan wisata yang banyak didambakan oleh pelancong lokal maupun internasional dari seluruh dunia. Panorama di Indonesia tentu tidak kalah dengan negara lain. Untuk itu tak ada salahnya jika kita berlibur untuk menikmati berbagai keindahan alam yang ada di Indonesia dan menjadikannya sebagai tujuan wisata.
      Tidak hanya itu, Indonesia juga kaya akan budaya, berbagai suku yang tinggal di Indonesia dengan harmoni dan damai, masing-masing suku memiliki ciri khas tersendiri yang membuat keragaman budaya di Indonesia, disamping Indonesia juga memiliki kuliner khas di masing-masing wilayah.
      Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan alam luar biasa. Padahal, seluruh dunia adalah obyek wisata yang terkenal di sini. Indonesia memiliki ratusan Taman Nasional yang harus dikunjungi. Salah satunya adalah Taman Nasional Komodo merupakan habitat tunggal Komodo di dunia. Selain itu, ada juga yang favorit pendaki internasional Carstensz Pyramid dimana gunung ini diselimuti salju abadi. Memang, kekayaan atraksi alam Indonesia tak terhitung jumlahnya. Untuk membuktikannya, silakan kunjungi Indonesia sebagai tempat tujuan wisata yang direkomendasikan dengan menghadirkan kekayaan alam terlengkap di bumi.
      Inilah 7 Tempat wisata di Indonesia yang direkomendasikan untuk dikunjungi:
      Gunung Bromo
      Gunung Bromo, merupakan tujuan paling populer di Indonesia yang selalu dikunjungi baik lokal maupun mancanegara. Gunung ini juga termasuk dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung Bromo merupakan gunung vulkanik aktif yang berada di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Pada 2.329 meter (7.641 kaki), ini bukan puncak tertinggi, tapi gunung yang paling terkenal.
      Bawean Treasure Island
      Pulau Bawean merupakan salah satu pulau indah di Indonesia, tepatnya di wilayah provinsi Jawa Timur. Pulau ini memiliki banyak destinasi wisata yang tidak kalah dengan tujuan wisata lainnya di Indonesia. Selain wisata bahari, danau dan wisata air terjun, para pengunjung juga bisa menikmati budaya masyarakat adat di Pulau Bawean.
      Orangutan DI Pulau Kalimantan dan Sumatera
      Orangutan adalah kera besar yang hidup di Asia Tenggara dan termasuk dalam kelompok hewan omnivora (di pulau Kalimantan dan Sumatera). Kera ini kebanyakan tinggal di pohon (mereka arboreal) dan berayun dari cabang ke cabang menggunakan lengan mereka. Ada banyak agen perjalanan wisata di Indonesia yang dengan senang hati membimbing Anda untuk mengunjungi tujuan Orangutan. Di situs ini, hadir untuk memberi Anda beberapa informasi tentang bagaimana Anda bisa mendapatkan tujuan Orangutan. Sebagian besar, gambar dan informasi di sini adalah tentang tur orangutan di pulau Kalimantan (Kalimantan), tepatnya berada di Taman Nasional Tanjung Puting Di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah - Indonesia.
      Pulau Komodo
      Taman Nasional Komodo juga memiliki kehidupan bawah laut yang menakjubkan. Penyelam menyatakan bahwa Pulau Komodo adalah salah satu tempat penyelaman terbaik di dunia. Dengan pemandangan dasar laut yang menakjubkan terdapat 385 spesies karang, mangrove dan rumput laut yang indah, serta rumah bagi ribuan ikan, 70 spesies spons, 10 spesies lumba-lumba, 6 jenis paus, penyu hijau, dan berbagai jenis hiu. dan ikan pari. Kombinasi berbagai vegetasi di taman memberikan lingkungan yang baik untuk berbagai jenis hewan di wilayah ini
      Wisata Sumatera Selatan
      Provinsi Sumatera Selatan sejak berabad-abad lalu juga dikenal sebagai 'Bumi Sriwijaya'. Pada abad ke-7 sampai abad ke-12 Masehi, kawasan ini merupakan pusat kerajaan Sriwijaya yang juga dikenal sebagai kerajaan maritim terbesar dan terkuat di nusantara. Gema dan pengaruhnya bahkan ke Madagaskar di Afrika.
      Perkebunan Kopi Jampit
      Perkebunan kopi Jampit, merupakan agrowisata di Bondowoso yang dikelola oleh PTP Nusantara Kalista Jampit VII. Perkebunan ini terletak 74 km ke timur kabupaten Bondowoso. Perkebunan ini memiliki luas 4000 hektar dan terletak pada ketinggian 900 M dpl.
      Kawah Ijen
      Kawah Ijen adalah kompleks kawasan vulkanik, yang ada kawah Ijen dan dataran tingginya, yang tingginya mencapai 2.600 M dan 8.660 M. Kawah Ijen terletak di tiga bagian kabupaten, yaitu di Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi, Jawa Timur. Kawasan vulkanik ini menjadi daerah vulkanik paling menakjubkan dan surealis yang memiliki danau kawah turquois raksasa di Jawa Timur.
    • By ViCar Bromocorah
      Gunung yang satu ini letak nya di Bandung  Selatan,, buat temen temen forum jalan jalan yang suka mendaki gunung artapela ini wajib di coba, bagi pendaki pemula enggak perlu hawatir, track nya tergolong bersahabat. 
      Selamat mendaki.

       
      Sumber : gunung artapela
    • By Shah Rafilzan
      Hallo salam kenal, Nama saya Shah Rafilzan, bisa dipanggil Rafil.
      Saya berasal dari Kota Bandung, hobby saya memang traveling. Saya baru mulai membuat vlog, bisa langsung cek di youtube channel saya. https://www.youtube.com/channel/UC1ASnsi9TYd3N6VC_AWQeAg
      Barang kali ada yang berminat untuk bikin vlog bareng ?
    • By Farah Supit
      Hai, mau minta saran, pendapat masukan nih buat suhu, sesepuh, dewa wisata dibandung.
      aku udah punya destinasi tapi karena ga tau persis letak posisi dan lokasinya (mengandalkan GPS saat perjalanan nanti.).
      Destinasinya :
      1. Lereng Anteng Panoramic Coffee
      2. Tangkuban Perahu
      3. The Lodge Maribaya
      4. Rumah Guguk
      5. Braga & Alun-alun kota Bandung
      Mau minta saran kemana dulu ya baiknya sesuai rute lokasinya biar ga mondar mandir bolak balik atau muter muter jalannya.
      aku dari jakarta berangkat sabtu subuh pulang minggu malam.
      sekalian kasih tau berapa lama perkiraan perjalanan dr 1 destinasi ke destinasi lainnya ya suhu
       
      mohon bantuannya dan terima kasih sebelumnya. maaf kalo ada salah2 dalam postingannya (newbie )
    • By deffa

      Hola Deffa Here!!!
      Tahu kan Bandros? Bandros adalah Bus Double Decker yang di desain khusus untuk wisata di Bandung yang dilengkapi, dengan desain menarik, pertama kali di perkenalkan pada tahun 2014 ketika Ridwan Kamil baru menjabat jadi Walikota Bandung.
      Masyarakat umum boleh menaiki Bandros ini untuk berkeliling Kota Bandung, menikmati suasana Kota Bandung dari atas Bus ini.
      Bandros pertama yang dimiliki pemkot Bandung adalah Bandros yang bernomor 01 atau Bandros 01. Namun, sudah tidak beroperasi lagi, karena sudah di gantikan bandros terbaru.

      Tapi atas prakarsa walikota Ridwan Kamil. Bandros ini masih bisa di gunakan untuk sekedar Foto-Foto dan GRATIS. Lokasinya di parkiran Polrestabes Bandung, di depan Taman Vanda, dekat Balai Kota.

      Note: Untuk naik Bandros yang aktif kalian bisa datang ke Taman Cibeunying, jalan Cilaki. Tiket perorang Rp. 25.000. Muterin beberapa spot di Kota Bandung