Sign in to follow this  
Hasdevi Agrippina Dradjat

Waktunya Untuk Menjelajahi Semarang Dan Mengeksplor Keindahan Budayanya Dalam 3 Hari 2 Malam

10 posts in this topic

          Ketika mendengar kata Jawa Tengah, tentunya tidak bisa dipisahkan dari ibukotanya yaitu Semarang. Semarang merupakan salah satu kota yang paling berkembang di Pulau Jawa dengan total populasi yang mencapai 2  juta jiwa.

 

          Nah, dalam beberapa tahun terakhir perkembangan kota Semarang sendiri terlihat dari jumlah gedung pencakar langit yang mulai berkembang di kota Semarang. Suhu di kota Semarang sendiri tergolong cukup panas, sehingga ada baiknya kamu mempersiapkan pakaian yang nyaman ketika menjelajahi kota ini.

 

          Di kota ini, banyak penduduknya yang merupakan penduduk asli Jawa sehingga bahasa Jawa masih tergolong cukup kental di kota ini. Kamu dapat menemui berbagai wisata budaya di tempat ini, dari mulai klenteng Sam Poo Kong hingga Lawang Sewu yang semuanya sarat akan nilai sejarah.

 

          Bagaimana? Apakah kamu sudah mulai bersiap-siap untuk mempersiapkan perjalanan terbaikmu mengunjungi kota Semarang? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam waktunya untuk menjelajahi Semarang dan mengeksplor keindahan budayanya dalam 3 hari 2 malam.

 

Transportasi Menuju Semarang

Moda Transportasi 1: Menggunakan Pesawat Terbang

 

 

post-36544-0-77404200-1432547697_thumb.j

Memasuki Semarang dengan Menggunakan Pesawat Terbang via http://i1229.photobucket.com/albums/ee472/19aristara/ayiaavatar.jpg

 

          Salah satu moda transportasi terbaik dan terpraktis yang dapat kamu gunakan untuk memasuki Semarang adalah dengan menaiki pesawat terbang dengan rute Jakarta menuju Semarang. Biaya yang kamu keluarkan jika kamu ingin menaiki pesawat ini adalah sekitar Rp 413.000,00 hingga Rp 950.000,00.

 

          Lama waktu perjalanan yang kamu butuhkan untuk perjalanan ini adalah sekitar 1 jam 5 menit nonstop. Kamu dapat memilih untuk menaiki pesawat dari Bandara Internasional Soekarno Hatta atau dari Bandara Halim Perdanakusuma.

 

          Nah, jika kamu memilih untuk menaiki pesawat dari Bandara Halim Perdanakusuma, biaya yang kamu keluarkan untuk menaiki pesawat ini adalah sekitar Rp 480.000,00 hingga Rp 650.000,00 per sekali jalan.

 

Moda Transportasi 2: Menaiki Kereta Api Menuju Semarang

 

 

post-36544-0-29280900-1432547748_thumb.j

Menggunakan Kereta Api untuk Menuju Semarang via http://travel.detik.com/read/2012/11/22/073629/2097742/1382/begini-nih-cara-asyik-menuju-semarang

 

          Selain menaiki pesawat, kamu juga memiliki alternative lain untuk menggunakan kereta api untuk mencapai Semarang. Nah, ada dua jenis stasiun di Jakarta yang menawarkan rute kereta Jakarta menuju Semarang, yaitu Stasiun Senen dan Stasiun Gambir.

 

          Selanjutnya kamu dapat turun di Stasiun Semarang Tawang atau Stasiun Poncol begitu tiba di Semarang. Destinasi stasiun tujuanmu akan sesuai dengan jenis kereta yang kamu pilih untuk mencapai Semarang.

 

          Semarang Tawang merupakan stasiun di Semarang yang terletak di daerah Semarang bagian Utara. Stasiun ini merupakan tempat pemberhentian terakhir turis yang menaiki kereta bisnis atau eksekutif dari Stasiun Gambir.

 

          Beberapa jenis kereta api yang melayani rute Jakarta menuju Semarang adalah Argo Muria, Argo Sindoro, Sembrani dan Agro Bromo Anggrek Malam. Biaya yang kamu keluarkan untuk menaiki kereta ini adalah sekitar Rp 260.000,00 hingga Rp 280.000,00

 

Moda Transportasi 3: Menaiki Bus untuk Mencapai Semarang

 

 

post-36544-0-46878100-1432547784_thumb.j

Menaiki Bus dari Jakarta menuju Semarang via https://yogaslavianarmy.files.wordpress.com/2012/06/197712_324827410933150_1483484376_n.jpg

 

          Selain menaiki pesawat dan kereta, kamu memiliki alternative lain untuk menuju Semarang. Ya, alternative moda transportasi tersebut adalah menaiki bus. Saat ini, terdapat beberapa transportasi bus yang akan menemani perjalananmu dengan rute Jakarta menuju Semarang.

 

          Untuk mencapai Semarang, kamu dapat menaiki bus dari Terminal Rawamangun. Nah, beberapa armada bus yang menyediakan rute Jakarta menuju Semarang antara lain adalah Lorena dan Pahala Kencana.

 

          Fasilitas yang tersedia diantaranya adalah AC, toilet dan smoking room. Biaya yang kamu keluarkan jika kamu ingin menaiki bus dari Jakarta menuju Semarang adalah sekitar Rp 130.000,00 hingga Rp 170.000,00 per sekali jalan.

 

          Lama waktu tempuh yang kamu perlukan untuk mencapai Semarang dari Jakarta dengan menggunakan bus adalah sekitar 12 jam. Tentunya kamu dapat menentukan sendiri jenis bus yang akan kamu gunakan untuk mencapai Semarang.

 

Memilih Penginapan Selama Berada di Semarang

 

       Selama berada di Semarang, kamu dapat memilih untuk menginap di penginapan berjenis homestay, guest house atau hotel. Penginapan yang akan kamu pilih tentunya dapat kamu sesuaikan dengan budget, traveling partner serta jadwal travelingmu selama berada di Semarang.

 

          Jika kamu memilih untuk menginap di penginapan berjenis homestay, kamu dapat mendapatkan kamar dengan jenis queen room. Biaya yang kamu keluarkan untuk menginap di penginapan dengan jenis ini adalah sekitar Rp 230.000,00 per malam.

 

          Fasilitas yang kamu dapatkan selama kamu menginap di penginapan ini adalah city view, TV, shower, toilet serta kamar mandi pribadi. Kamu juga dapat mendapatkan fasilitas berupa free wifi yang tersedia di dalam kamar.

 

          Selain menginap di homestay, kamu juga memiliki alternative lain untuk menginap di penginapan berjenis guest house. Jika kamu memilih untuk menginap di guest house, kamu dapat mendapatkan kamar dengan jenis superior room.

 

          Biaya yang kamu keluarkan jika kamu menginap di penginapan berjenis ini adalah sekitar Rp 184.000,00 per malam. Nah, fasilitas yang kamu dapatkan jika kamu menginap di sini adalah AC, lemari, shower, toilet, kamar mandi pribadi, serta TV. Selain itu, wifi gratis juga tersedia di kamar ini.

 

          Nah, selain menginap di penginapan berjenis homestay dan guest house, kamu juga memiliki alternative lain untuk menginap di penginapan berjenis hotel. Jika kamu menginap di hotel, kamu akan mendapatkan kamar dengan jenis standard single room.

 

          Biaya yang kamu keluarkan jika kamu menginap di hotel ini adalah sekitar Rp 300.000,00 per malam. Fasilitas yang kamu

dapatkan jika kamu ingin menginap di penginapan berjenis ini adalah AC, meja kerja, shower, toilet, kamar mandi pribadi, serta TV.

 

Hari Pertama

Awali Perjalanan Wisatamu di Semarang dengan Mengunjungi Landmarks Kota Ini

 

 

post-36544-0-63360300-1432547850_thumb.j

Awali Perjalanan Wisatamu dengan Mengunjungi Vihara Buddha Gaya Watu Gong via http://anekatempatwisata.com/wisata-semarang-vihara-buddhagaya-watugong/

 

          Untuk mengawali perjalanan wisatamu di Semarang, kamu dapat memulainya dengan mengunjungi Vihara Buddha Gaya Watu Gong. Vihara ini terletak di Jalan Pudakpayung Watugong, Semarang.

 

 

          Untuk mencapai vihara ini dari pusat kota Semarang, kamu dapat berkendara selama sekitar 45 menit ke arah Ungaran. Jika menaiki kendaraan umum, kamu dapat menaiki angkot C8 dengan rute Simpang Lima menuju Tugu Muda dengan biaya sekitar Rp 4.000,00.

 

          Selanjutnya, kamu dapat menaiki bus dari Tugu Muda menuju Banyumanik. Biaya yang kamu keluarkan untuk perjalanan ini adalah sekitar Rp 5.000,00. Setelah itu kamu dapat menaiki bus dari Banyumanik menuju Pagoda, dengan biaya sekitar Rp 3.500,00.

 

          Kawasan pagoda ini dinamai dengan sebutan Watu Gong karena di tempat ini terdapat watu (batu) yang berbentuk seperti gong. Yang harus diperhatikan adalah kamu tidak boleh berisik dan harus menjaga ketenangan jika mengunjungi tempat ini.

 

          Kompleks ini memiliki luas sekitar 2,25 hektar. Kompleks vihara ini terdiri dari lima bangunan dengan dua bangunan utama. Dua bangunan utama tersebut adalah Pagoda Avalokitesvara dan Vihara Dhammasala.

 

          Icon yang paling terkenal dari vihara ini adalah Pagoda Avalokitesvara atau biasa disebut dengan pagoda cinta atau pagoda kasih sayang. Pagoda ini memiliki tinggi yang mencapai 45 meter dan terdiri dari 7 tingkat yang menyempit ke atas.

 

          Di dalamnya terdapat patung Dewi Kuan Im yang menghadap keempat penjuru. Hal ini dimaksudkan agar Dewi Kuan Im mampu memberikan kasih sayang dan welas asih kea rah seluruh penjuru mata angin.

 

           Vihara ini dibuka setiap hari dari pukul 07.00 hingga pukul 21.00. Ketika mengunjungi vihara ini kamu diharapkan memakai pakaian tertutup dan berperilaku yang sopan.

 

 

post-36544-0-54544300-1432547954_thumb.j

Mengunjungi Sam Poo Kong via https://celotehnona.files.wordpress.com/2013/02/sam-poo-kong.jpg

 

          Setelah puas mengunjungi pagoda Buddha Gaya Semarang dengan berbagai keindahan yang terdapat di dalamnya, kamu dapat melanjutkan perjalananmu dengan mengunjungi Sam Poo Kong. Sam Poo Kong merupakan kuil tertua yang terdapat di Semarang.

 

          Untuk mencapai Sam Poo Kong, kamu dapat menaiki angkot kuning dengan tujuan Terminal Banyumanik. Biaya yang kamu keluarkan adalah sekitar Rp 3.000,00. Selanjutnya dari terminal tersebut, kamu dapat menaiki bus menuju Sam Poo Kong dengan biaya sekitar Rp 5.000,00.

 

          Sam Poo Kong sendiri ditemukan oleh seorang penjelajah muslim yang bernama Zheng He. Sam Poo Kong terletak di sekitar barat daya Kota Semarang, tepatnya di daerah Simongan.

 

          Bangunan klenteng Sam Poo Kong ini didominasi dengan warna merah. Menurut orang China, warna merah berarti antusiasme, semangat dan keberuntungan. Warna ini juga seringkali digunakan bagi warga Tionghoa karena dianggap menciptakan aura yang positif dan baik.

 

          Biaya masuk yang kamu keluarkan jika kamu ingin memasuki Sam Poo Kong adalah sekitar Rp 3.000,00 untuk sekali masuk. Selain itu, kamu juga dapat meminjam kostum khas Tionghoa dengan biaya sekitar Rp 80.000,00. Stand peminjaman kostum ini dibuka dari pukul 09.00 hingga 17.00.

 

post-36544-0-51122400-1432548001_thumb.j

Mengunjungi Kota Lama Semarang via http://pegipegi.bisnisonlinez.com/wp-content/uploads/2013/10/kota-lama-semarang.jpg

 

          Setelah puas mengunjungi Sam Poo Kong, kamu dapat melanjutkan perjalananmu dengan mengunjungi Kota Lama Semarang. Kota Lama Semarang awalnya merupakan benteng pertahanan yang dibangun Belanda pada masa penjajahan.

 

          Kota Lama Semarang menyajikan citra visual kemegahan arsitektur Eropa di masa yang lalu. Banyak bangunan-bangunan kuno nan eksotis terdapat di tempat ini. Selain itu, kamu juga dapat menemukan objek wisata andalan Semarang seperti gereja Blenduk dan lain-lain.

 

          Hal inilah yang menyebabkan Kota Lama Semarang seringkali dijuluki dengan sebutan Little Netherland. Nah, salah satu bangunan yang harus kamu kunjungi ketika memiliki kesempatan untuk mendatangi Kota Lama Semarang adalah Gereja Blenduk yang telah berumur lebih dari 2,5 abad.

 

          Di seberang Gereja Blenduk terdapat sebuah gedung kuno yang biasanya dijadikan sebagai gedung asuransi yang bernama Gedung Jiwasraya. Di sebelahnya terdapat pula restoran ikan bakar Cianjur yang dapat kamu rasakan wisata kulinernya.

 

          Yang tidak kalah menariknya, di tempat ini terdapat Gedung Marabunta dengan ornament semut raksasa di atasnya. Selain itu, kamu juga dapat menemukan Stasiun Tawang dengan gaya arsitektur indis yang masih beroperasi hingga saat ini. Stasiun Tawang konon merupakan stasiun tertua di Jakarta yang telah beroperasi sejak tahun 1870.

 

Hari Kedua

Lanjutkan Petualanganmu Menjelajahi Semarang

 

 

post-36544-0-47639200-1432548050_thumb.j

Mengunjungi Simpang Lima Semarang via http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/f/f6/Simpang-lima.jpg

 

          Untuk mengawali perjalanan hari keduamu di Semarang, kamu dapat memulainya dengan mengunjungi Simpang Lima. Simpang Lima sendiri merupakan sebuah lapangan yang terletak di pusat kota Semarang.

 

          Simpang Lima merupakan pertemuan dari lima buah jalan yang saling menyatu, yaitu Jalan Pahlawan, Jalan Pandanaran, Jalan Ahmad Yani, Jalan Gajah Mada serta Jalan Ahmad Dahlan. Simpang Lima sendiri ditetapkan sebagai alun-alun Semarang oleh Ir. Soekarno.

 

          Lapangan Simpang Lima seringkali ramai dipadati oleh pengunjung, terutama warga lokal Semarang pada hari Sabtu dan Minggu. Lapangan ini seringkali digunakan untuk berjalan kaki dan bersepeda.

 

          Nah, kota Semarang sendiri identic dengan Simpang Lima ini karena pusat keramaian kota Semarang berada di daerah Simpang Lima ini. Untuk kamu yang ingin mencoba wisata kuliner tentunya dapat mengunjungi Simpang Lima ini karena terdapat berbagai wisata kuliner di tempat ini.    

 

          Lapangan di dalam kawasan Simpang Lima sendiri seringkali disebut dengan sebutan Lapangan Pancasila. Nah, kedepannya pemerintah Semarang berencana untuk menjadikan kawasan Simpang Lima ini sebagai pusat komersial seperti konser music.

 

post-36544-0-46329300-1432548291_thumb.p

Mengunjungi Lawang Sewu

 

          Memang, belum lengkap rasanya mengunjungi Semarang jika kamu belum menyempatkan waktumu untuk mengunjungi Lawang Sewu. Lawang Sewu terletak tidak begitu jauh dari Simpang Lima sehingga kamu dapat berjalan kaki untuk mencapai Lawang Sewu.

 

post-36544-0-64753000-1432548364_thumb.p

Bagian Dalam Lawang Sewu

 

          Lawang Sewu adalah gedung bersejarah yang terletak di pusat kota Semarang. Dulunya, Lawang Sewu merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS.

 

          Gedung ini dibangun pada tahun 1904 dan selesai dibangun pada tahun 1907. Masyarakat setempat menyebut tempat ini dengan sebutan Lawang Sewu, yang berarti pintu seribu. Ya, meskipun pada kenyataannya jumlah pintu di tempat ini belum tentu berjumlah seribu namun jumlah pintu di sini memang sangat banyak.

 

          Gedung Lawang Sewu ini bergaya art deco dan dibangun oleh seorang arsitek yang bernama Prof Jacob Klinkhamer dan BJ Queendag. Lawang Sewu terdiri dari tiga lantai bangunan.

 

          Di Lawang Sewu sendiri saat ini telah terjadi pemugaran sehingga kondisi bangunannya cenderung lebih rapi dan terawat. Pemugaran Lawang Sewu selesai dilaksanakan pada Juni 2011. Untuk melengkapi perjalananmu mengunjungi Semarang, tentu kamu dapat menyempatkan waktumu untuk mengunjungi Lawang Sewu.

 

post-36544-0-78157600-1432548399_thumb.j

Mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah via https://kontraktorkubahmasjid.com/wp-content/uploads/2015/02/Masjid-Agung-Jawa-Tengah.jpg

 

          Setelah puas mengunjungi Lawang Sewu, kamu dapat melanjutkan perjalananmu untuk mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid ini dibangun pada tahun 2001 dan selesai dibangun pada tahun 2006. Masjid ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 14 November 2006.

 

          Masjid Agung Jawa Tengah ini terletak di Jalan Gajah Raya, Semarang, Jawa Tengah. Ketika mengunjungi masjid ini, kamu dapat melihat perpaduan gaya arsitektur yang terdapat di sini, yaitu antara Arab, Romawi dan Jawa.

 

          Di halaman Masjid Agung Jawa Tengah, terdapat 6 buah payung hidrolik raksasa yang dapat menutup dan membuka secara otomatis. Keberadaan payung ini mengingatkan kita pada Masjid Nabawi yang terletak di Kota Madinah.

 

          Keistimewaan lainnya dari masjid ini adalah terdapat Menara Asmaul Husna dengan ketinggian mencapai 99 meter. Menara ini terletak di sekitar barat daya masjid.

 

Hari Ketiga

Lanjutkan Perjalanan Wisatamu Mengeksplor Semarang

 

post-36544-0-67605700-1432548505_thumb.p

Mengunjungi Kampoeng Kopi Banaran

 

          Setelah puas mengunjungi berbagai tempat wisata di Semarang, kamu dapat melanjutkan perjalanmu untuk mengunjungi Kampoeng Kopi Banaran. Kampoeng Kopi Banaran sangat cocok bagi kamu yang ingin sekedar meminum kopi dan melepaskan diri dari penatnya kondisi kota Semarang.

 

          Kampoeng Kopi Banaran sendiri terletak di Jalan Semarang-Solo. Di sini, kamu dapat mencicipi berbagai kopi sambil menghirup sejuknya udara. Jika berminat, kamu juga dapat menaiki kereta wisata dan berkendara sambil melihat perkebunan kopi yang dimiliki Banaran.

 

          Salah satu keunggulan dari tempat ini adalah kamu dapat menyaksikan keindahan panorama alam berupa Gunung Merbabu serta Rawa Pening. Selain menaiki kereta wisata, kamu juga memiliki kesempatan untuk mencicipi fasilitas wisata lain di sini seperti berkuda serta flying fox (tetapi hanya tersedia pada waktu akhir pekan).

 

          Tentu perjalananmu akan terasa semakin menyenangkan jika kamu dapat menghirup udara sejuk dari agrowisata ini, bukan? Untuk melengkapi perjalananmu selama berada di Semarang, mengunjungi Kampoeng Kopi Banaran dapat kamu masukan dalam daftar tempat wisata yang akan kamu kunjungi.

 

          Itulah dia waktunya untuk menjelajahi Semarang dan mengeksplor keindahan budayanya dalam 3 hari 2 malam. Wah, ternyata Semarang memiliki berbagai destinasi wisata yang layak kamu sambangi pada kesempatan liburanmu selanjutnya ya.

 

          Semoga artikel ini mampu menjadi referensimu untuk merencanakan liburan terbaik ketika hendak mengunjungi Semarang.

 

          Happy traveling!

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By Kaywina Suraja
      Hi.
      Salam kenal untuk teman-teman di Jalan2.com. Ini post pertama saya di Jalan2.com dan mohon feedbacknya terkait dengan post-an agar saya dapat menceritakan pengalaman traveling saya kepada teman-teman semua dengan lebih baik. Boleh dilihat juga blog saya meskipun baru 1 post di http://vakaytion-essential.blogspot.com/.
      ---------------------------------------------------------------------------------------------------
      Belitung?? Yes. 
      Bulan Mei 2017, saya pergi ke Pulau Belitung for weekend getaway. Meskipun saya pergi ke Belitung sudah cukup lama di tahun 2017, saya akan tetap share tentang keindahan pulau ini. 
      Saya sudah cukup lama (dari tahun 2013) ingin pergi ke Belitung, tetapi baru tahun 2017 saya berkesempatan untuk pergi dan explore Belitung.
      So, I checked one of my travel bucket lists.
      Mengapa Belitung menjadi salah satu my travel bucket list? Banyak orang yang mengatakan bahwa di Belitung hanya berisi pantai dan tidak ada mall seperti di Jakarta. Yes! Itu benar sekali di Belitung hanya ada pantai saja dan let me tell you that having a vacation in Belitung is totally worth it! Apalagi kita sebagai orang yang tinggal di ibukota Indonesia, Jakarta dan kota - kota besar lainnya di Indonesia.
      First time landing in Belitung Island, pemandangannya sangat berbeda dengan Bandara Soekarno-Hatta. Hamparan gunung dan pohon - pohon menyambut saya pertama kali saat landing di Bandara H.A.S Hannadjoeddin. Udaranya pun masih sejuk, tidak ada polusi, dan langitnya juga masih berwarna biru cerah serta dikelilingi oleh awan putih. Bener - bener scenery yang tidak akan didapatkan di Jakarta. 
      Sebagai orang yang baru pertama kali ke Pulau Belitung, Belitung Island is so beautiful.
      Selama 3 hari di Belitung, saya stunned dengan keindahan alamnya. 
      Pantai - pantai di Belitung yang masih bersih dengan pemandangan laut yang biru dan dihiasi dengan langit biru dan awan putih. Keindahan bawah laut di sekitar Pulau Lengkuas masih benar-benar terjaga dan sangat indah untuk dilihat. This makes Belitung Island become one of top diving spots in Indonesia. Batu - batu tinggi dan besar yang berada di Pantai Laskar Pelangi membuat pantai tersebut menjadi sangat indah. Dan hal yang paling berkesan adalah ketika menikmati sunset di pantai ini dengan pemandangan laut lepas dan berada di atas batu yang besar. You will never get this moment in Jakarta. 
      How do I get there?
      Berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta menuju Bandara H.A.S Hannadjoeddin, Tanjung Pandan. Perjalanan dari Jakarta ke Tanjung Pandan memakan waktu sekitar 45 menit. Setiap hari ada penerbangan yang menuju ke Tanjung Pandan dari pagi hari sampai sore hari dengan maskapai dosmetik. Sebaiknya mengambil penerbangan pagi hari untuk ke Belitung dan sore hari untuk balik ke tempat asal. 
      Selama di Belitung, lebih baik menyewa mobil atau mengambil local tour di sana karena sedikitnya transportasi umum. Tempat wisata di Belitung juga berjauhan sehingga membutuhkan mobil untuk pergi ke sana.
      Where do I stay?
      Selama 2 malam di Belitung, saya menginap di 2 hotel yang berbeda. Hari pertama, saya keliling daerah Belitung Timur dan menginap di Guest Hotel Belitung Timur. Hari kedua, saya pindah ke daerah Belitung Barat. Di Belitung Barat, saya menginap di Puncak Hotel.
      Dari sisi harga, hotel yang sangat inapkan di Belitung murah dan affordable. Dari sisi kenyamanan dan kebersihan, hotel ini OK untuk diinapi. 
      How much does it cost?
      Berlibur di Belitung menghabiskan uang sekitar Rp 2.500.000,- dan sudah termasuk tiket pesawat, hotel, dan makan (sarapan, lunch, dan dinner), tetapi tergantung dengan tanggal keberangkatan.
      I suggest you to take the local tour if you want to go there.
       
      Additional
      3 hari adalah waktu yang cukup untuk berlibur dan menghabiskan waktu di Belitung. Kalian sudah banyak mengunjungi tempat wisata dan tempat - tempat yang bagus di Belitung.
      Berikut adalah itinerary selama di Belitung 3 hari 2 malam.
      Day 1 
      - Kota Gantung Belitung Timur 
      - Replika Sekolah Laskar Pelangi 
      - Museum Kata Andrea Hirata 
      - Kampoeng & Rumah Ahok 
      - Klenteng Dewi Kwan Im 
      - Pantai Burung Mandi
      Day 2 
      - Pantai Tanjung Kelayang 
      - Island hopping (Pulau Burung, Pulau Pasir, Pulau Lengkuas (snorkeling spot), Pulau Kepayang, Pulau Batu Berlayar (lihat bintang laut))
      - Pantai Laskar Pelangi/Tanjung Tinggi
      Day 3 
      - Bukit Berahu 
      - Danau Kaolin

      Replika Sekolah Laskar Pelangi
      Tempat yang pertama dikunjungi di Belitung adalah Replika Sekolah Laskar Pelangi. Lokasi replika sekolah ini berada di Belitung Timur yang berarti membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari airport menuju tempat ini. Sekolah ini memang bukan tempat syuting dari film Laskar Pelangi, tapi bolehlah untuk dikunjungi apalagi sudah jauh-jauh pergi ke Belitung.

      Museum Kata Andrea Hirata
      Next, tempat yang tidak jauh dari Replika Sekolah Laskar Pelangi adalah Museum Kata Andrea Hirata. Dari Sekolah Replika Laskar Pelangi hanya berjarak beberapa kilometer saja. If you are a big fan of Laskar Pelangi & Andrea Hirata, you should go to this museum. Karena saya bukan penggemar dari film Laskar Pelangi dan Andrea Hirata, saya tidak masuk ke dalam so I can't give the review for this. Dilihat dari depannya saja, tempat ini OK untuk dikunjungi.

      Burung Mandi Beach
      Pantai Burung Mandi terletak di Belitung Timur dan suasana di pantai ini benar-benar sepi. Untuk menambah foto dan mempercantik feed instagram, kalian dapat sepuasnya berfoto-foto di tempat ini. Pantai ini juga cocok bagi kalian yang menyukai ketenangan karena pantai ini benar-benar sepi.

      Tanjung Kelayang Beach (heading to islands)
      Untuk hopping island, starting pointnya adalah Pantai Tanjung Kelayang. Dari pantai ini, saya memulai perjalanan untuk melihat keindahan pulau - pulau kecil di Belitung. For your information, perahu yang digunakan untuk hopping island adalah seperti yang ada pada foto di atas dan harga sewa perahu bervariatif. Pantai ini juga menyediakan jasa penyewaaan alat - alat snorkeling bagi kalian yang ingin snorkeling. Sebaiknya island hopping dilakukan dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore.

      *view from boat* Lengkuas Island
       
      Salah satu pulau yang terkenal di Belitung adalah Pulau Lengkuas yang identik dengan mercusuar. Saat pergi ke Pulau ini, mercusuarnya tidak dapat dikunjungi sehingga tidak bisa melihat pemandangan dari atas. Di pulau ini, kalian bisa foto - foto di depan mercusuar atau di batu - batu sebelum kalian bersnokeling di sekitar Pulau Lengkuas.

      *view from Lengkuas Island*

      Lengkuas Island

      Add caption

      Laskar Pelangi Beach / Tanjung Tinggi Beach
      Yups! Di sini tempatnya untuk kalian berfoto-foto di batu tinggi seperti di film Laskar Pelangi. Pasti banyak yang penasaran di mana dapat foto dengan batu tinggi di Belitung, jawabannya adalah di pantai Laskar Pelangi. Pantai ini adalah tempat syuting film Laskar Pelangi. Banyak hal yang bisa kalian lakukan di sini seperti menikmati sunset di atas batu tinggi, foto-foto di antara batu tinggi, bermain canoe, atau berenang di laut karena lautnya sangat tenang.
      Menikmati sunset di atas batu tinggi dengan laut yang tenang dan langit yang indah adalah momen yang unforgettable dan ga bisa didapatkan di Jakarta. You should go here and enjoy the sunset.

      *enjoying the scenery before sunset*

      *enjoying sunset at Laskar Pelangi Beach*

      Kaolin Lake
      Last but not least, destinasi terakhir yang gua kunjungi di Belitung adalah Danau Kaolin. Danau ini terbentuk akibat dari penambangan timah. Pemandangan ini dapat dilihat dari atas pesawat saat mau mendarat di Belitung.
      Kalau kalian ingin pergi liburan singkat dengan budget yang low, you can choose Belitung as your destination. It's totally worth it to get lost in Belitung Island. 
      Note: Photos were taken with Iphone 5s and edited with VSCO cam. 
      Please kindly subscribe my blog: http://vakaytion-essential.blogspot.com/ and follow my instagram: kaywinas for the updates.
       
    • By vie asano
      Beberapa waktu lalu, teman saya, seorang WNI yang menikah dengan pria Jepang, menceritakan kebingungannya mencari oleh-oleh khas Indonesia setiap kali akan berkunjung ke keluarga suaminya di Jepang. Adik saya yang menikah dengan pria Belanda pun kerap kebingungan mencari oleh-oleh untuk mertua tercinta. Dan saya rasa, teman maupun adik saya itu bukanlah satu-satunya yang kerap merasa bingung setiap kali mencari oleh-oleh khas Indonesia untuk dibawa ke luar negeri. Biasanya, yang bingung-bingung itu karena mereka terlalu memikirkan hal-hal berikut ini:
      1.Dari sekian banyak produk khas daerah di Indonesia ini, oleh-oleh apa sih yang paling merepresentasikan Indonesia?
      2.Oleh-oleh apa yang tahan dibawa untuk perjalanan jarak jauh dan memiliki kemasan yang oke namun tetap terkesan Indonesia banget?
      3.Oleh-oleh apa ya yang kira-kira disukai oleh orang diluar Indonesia, apalagi diluar wilayah Asia tenggara? Soalnya kan selera mereka mungkin saja beda dengan selera orang Indonesia atau orang Asia
      Berikut saya ingin berbagi beberapa jenis oleh-oleh khas Indonesia yang cocok dijadikan buah tangan untuk teman atau kerabat atau mungkin calon relasi bisnis yang ada di luar negeri, khususnya yang memiliki budaya yang jauh berbeda dengan Indonesia. Oleh-oleh dibawah ini berdasarkan pengalaman saya beberapa kali memberikan oleh-oleh (minimal memberikan ide) untuk mereka yang berada jauh diluar Indonesia. Saya sengaja nggak menyebut produk khas per-daerah supaya teman-teman bebas mengembangkan imajinasi dan mengeksplorasi produk khas daerah masing-masing dari ide-ide berikut ini. Untuk alternatif oleh-oleh lainnya, bisa mampir ke thread yang sudah lebih dulu ada: Oleh-oleh apa yang khas Indonesia? 
       
      1. Kopi
      Saya cinta kopi walau sebatas pecinta kopi sachetan saja. Dan bicara tentang kopi, Indonesia memiliki beberapa jenis kopi yang khas yang mungkin saja sulit ditemukan diluar negeri. Berhubung akhir-akhir ini banyak produsen kopi yang mengemas kopi Indonesia dengan kemasan yang cantik, saya rasa kopi layak banget untuk dijadikan oleh-oleh khas Indonesia.
      Tips: coba cari produk kopi khas daerah masing-masing, jadi jangan terpaku dengan merk kopi yang banyak ditemukan di supermarket. Contohnya saja Kopi  Oey Jalan Braga, termasuk oleh-oleh kopi khas dari Bandung. Saya pernah juga memberikan oleh-oleh kopi Bali untuk oleh-oleh dan rata-rata kopi Indonesia selalu diterima dengan senang hati.
       
      2. Rokok kretek
      Walau saya anti rokok, namun saya mengakui jika rokok kretek termasuk salah satu produk khas Indonesia. Rokok kretek bisa jadi oleh-oleh khas Indonesia karena biasanya (sepanjang yang saya tahu) rokok di luar negeri (wilayah survei: Jepang dan Belanda) rata-rata tipenya mild. Biasanya mereka yang perokok berat akan suka diberikan oleh-oleh rokok kretek dari Indonesia.
       

      Foto 02:
      Salah satu merk rokok kretek Indonesia yang populer secara internasional [foto: wikimedia/creative commons]
       
      3. Sambal
      Sambal mungkin termasuk salah satu produk khas di wilayah Asia. Dan Indonesia termasuk negara yang juga mencintai sambal. Jadi kenapa nggak memberikan oleh-oleh sambal sebagai produk khas Indonesia? Tentunya pilih yang kemasannya oke dan tahan untuk dimasukkan dalam bagasi pesawat.
      Tips: jika ingin memberikan oleh-oleh sambal untuk mereka yang kurang terbiasa dengan rasa pedas, sebaiknya pilih sambal yang rasanya ringan dan tidak terlalu pedas.

      Foto 03:
      Contoh sambal dalam kemasan yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh [foto: Gunawan Kartapranata/wikimedia]
       
      4. Makanan ringan
      Brownies Amanda dan Molen Kartika Sari merupakan oleh-oleh khas Bandung yang populer. Tapi kedua jenis makanan tersebut agak sulit untuk dibawa keluar negeri (khawatir hancur jika dimasukkan dalam bagasi) sehingga kurang cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Indonesia. Begitu juga dengan cemilan khas Indonesia lainnya seperti kembang goyang dan batagor. Wah, bisa-bisa hancur atau basi saat dibawa untuk perjalanan jarak jauh.
      Nah, jika memang ingin membawa oleh-oleh makanan, coba deh pertimbangkan untuk membeli oleh-oleh makanan kering dan punya kemasan menarik. Misalnya saja, aneka keripik singkong pedas, keripik pisang, atau mungkin dodol garut. Atau bisa juga membeli kerupuk mentah untuk digoreng sendiri.

      Foto 04:
      Keripik pisang dalam kemasan yang cukup menarik [foto: CamilanCamilun/wikimedia]
       
      5. Bumbu khas Indonesia
      Percaya atau tidak, teman saya yang warga Jepang suka banget kalau diberi oleh-oleh bumbu pecel lho! Itu menandakan jika bumbu khas Indonesia pun bisa dan layak dijadikan oleh-oleh yang mewakili Indonesia.
       
      6. Batik dan kain khas Indonesia
      Batik merupakan kain khas Indonesia. Jadi kenapa tidak memberikan batik sebagai oleh-oleh? Jangan hanya terpaku pada kain batik meteran saja. Kalian bisa lho memberikan batik sarimbit sebagai oleh-oleh, maupun batik yang sudah diolah menjadi produk lain seperti tas dan sepatu. Intinya, cari yang praktis namun menarik. Dan kain khas Indonesia tak hanya batik. Ada ulos, songket, dan banyak lagi. Bahkan dress pantai khas Bali pun menarik untuk dijadikan oleh-oleh lho!

      Foto 05:
      Batik dalam bentuk produk fashion jadi juga cukup menarik dijadikan oleh-oleh [foto: Gunawan Kartapranata/wikimedia]
       
      7. Teh
      Selain kopi, Indonesia juga memiliki banyak teh lokal yang memiliki rasa yang khas. Coba deh jangan melirik merk-merk teh yang mainstream dan banyak ditemukan di supermarket. Carilah produk-produk teh khas daerah kalian dan jadikan itu oleh-oleh yang mewakili Indonesia.

      Foto 06:
      Contoh teh khas Indonesia [foto: Midori/wikimedia]
       
      8. Produk spa dan kecantikan
      Spa termasuk salah satu perawatan kecantikan khas Indonesia yang banyak disukai oleh warga negara asing. Berhubung saat ini sudah banyak produk spa dan kecantikan lainnya yang dikemas cantik dan bisa digunakan untuk perawatan di rumah, coba deh memberikan produk-produk tersebut sebagai oleh-oleh. Saya pribadi beberapa kali memberikan set produk body lotion/body scrub/body butter dengan wangi khas Indonesia sebagai oleh-oleh dan ternyata produk-produk spa tersebut cukup disukai lho.
       
      9. Produk seni khas daerah
      Rasanya, masing-masing daerah di Indonesia memiliki produk seni yang khas, yang menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Sebut saja wayang golek, wayang kulit, angklung, dan lain-lain. Produk-produk ini menjadi oleh-oleh yang relatif aman untuk siapa saja karena tidak untuk dikonsumsi, alias untuk pajangan saja.
       
      10. CD musik
      Saya rasa nggak banyak yang terpikir untuk memberikan CD musik penyanyi Indonesia sebagai oleh-oleh. Saya sendiri berani mengusulkan ini berdasarkan pengalaman memberikan CD musik untuk oleh-oleh adiknya adik ipar (WN Belanda). Ceritanya, saya sedang bingung akan memberikan oleh-oleh apa. Karena saya dapat informasi jika dia pecinta musik metal, saya pun iseng-iseng memberikan CD Power Metal dan Jamrud. Dan kalian tahu endingnya bagaimana? Sekarang dia jadi fans berat Jamrud! Yay, saya dapat teman Jamers baru!
      Daftar di atas saya susun berdasarkan pengalaman pribadi. Jika teman-teman ada yang mau berbagi pengalaman aneka oleh-oleh khas Indonesia, ditunggu sharing-nya. Sebagai penutup, saya ingin berbagi tips bagi yang ingin mencari produk khas Indonesia sebagai oleh-oleh:
      1. Percaya dirilah dengan produk-produk khas Indonesia. Jangan terlalu memikirkan ini layak nggak untuk jadi oleh-oleh maupun produk ini kira-kira sesuai standar barat nggak ya, karena pemikiran seperti itulah yang akhirnya membuat kita nggak pede dengan produk dalam negeri. Kalau kita sendiri nggak pede, gimana kita bisa meyakinkan orang lain kalau produk khas Indonesia itu bagus?
      2. Berpikir sederhana. Jangan karena semangat ingin memberikan oleh-oleh yang "wah" akhirnya malah membuat kita melupakan esensi dari oleh-oleh, salah satunya untuk menyambung silahturahim dan juga memperkenalkan produk khas Indonesia. Berpikirlah sederhana dan kreatiflah, karena bisa jadi produk-produk yang kita anggap sepele dalam kehidupan sehari-hari ternyata menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Contohnya saja sandal jepit khas Indonesia, yang konon akhirnya jadi booming gara-gara dipakai oleh bintang Korea. Keren kan?
       
      Selamat berburu oleh-oleh khas Indonesia!
       
    • By petrus.sitepu
      Keindahan 3 Gili dan pantai kuta mandalika di bagian barat dari pulau Nusa Tenggara ibarat mutiara yang tersimpan baik dan rapi yang sangat disukai oleh wisatawan asing.
      Kota lombok atau yang lebih terkenal dengan sebutan pulau dengan seribu masjid ini memiliki spot wisata yang tidak kalah menarik dengan pulau dewata. Tapi sayangnya keindahannya ini tidak dinikmati baik oleh wisatawan domestik.
      Apakah ada pernah nama pantai kuta mandalika, pantai yang belakang ini menjadi trending topik di sosial media. Pantai kuta mandalika adalah pantai yang baru ini diresmikan presiden Joko Widodo, pantai ini diprediksi akan menyaingi kesuksesan dari pantai kuta di pulau dewata. Pantai ini sudah dilengkapi oleh tempat makan dan juga penginapan yang tentunya akan memudahkan wisatawan yang akan menikmati pantai kuta madalika. Jarak  yang perlu ditempuh dari kota lombok menuju pantai kuta mandalika sejauh + 39KM. Anda tidak perlu kuatir karena jalan yang akan ditempuh sudah cukup baik dan anda akan merasa nyaman untuk menuju pantai kuta mandalika.
      Menunggu matahari terbenam sambil membaca buku dan menikmati segelas es kopi bisa menjadi salah satu pilihan aktivitas anda. Bentangan pasir putih dan juga arus ombak yang tidak terlalu deras akan membuat anda betah untuk bermalas-malasan disini.
      Tentunya tidak hanya pantai kuta mandalika, ada pula 3 gili yang bisa  anda kunjungi ketika berada di kota lombok. Gili trawangan, gili meno dan gili air merupakan nama dari 3 gili yang eksotik tersebut. Gili sendiri diartikan dengan pulau kecil.

      Gili Trawangan menjadi salah satu pulau yang paling sering dijadikan base ketika ingin meng-explore keeksotisan 3 gili tersebut. Anda tidak perlu kuatir untuk masalah penginapan ketika anda ingin meng-explore 3 gili karena di gili trawangan banyak pilihan hotel ataupun hostel (guest house) yang bisa anda pilih yang  dikelola baik oleh warga lokal atau turis asing. Ada beberapa hotel yang dikelola oleh turis asing menyediakan juga jasa untuk diving dengan harga yang bervariasi tergantung pilihan anda.
      Apabila anda ingin snorkeling di gili trawangan terdapat juga penawarkan paket untuk snorkeling di gili trawangan, gili air dan gili meno. Anda hanya cukup membayar Rp 100,000 anda sudah mendapatkan perlengkapan untuk snorkeling. Paket ini cukup menarik khususnya untuk backpacker yang ingin sekali  mengexplore keindahan bawah laut dari gili trawangan, gili meno dan gili air.
      Aktivitas lain yang ada harus lakukan ketika anda berada di gili trawangan yaitu menikmati matahari terbenam, karena gili trawangan merupakan spot yang terbaik untuk melihat matahari terbenam. Ada 2 cara anda untuk menikmati matahari terbenam yaitu dengan bersepeda mengelilingi gili trawangan ataupun duduk santai di sebuah cafe yang tersebar rapi dan cantik di sepanjang pinggir pantai gili trawangan.
      Cafe -cafe pinggir pantai tersebut juga memutarkan musik dan menyediakan spot foto yang menarik untuk mengabadikan memori anda selama di gili trawangan atau mensharing keberadaan anda di sosial media
      Selamat menikmati pantai kuta mandalika dan 3 gili, karena Indonesia lebih baik. 
      (www.jelajahtanpajejak.com)

    • By Nicole Sacha
      Ola !!!
      Berhubung kangen banget udah lama ga ngisi FR di FJ2, kebetulan abis ke Semarang juga (walaupun udah 3 bulan lalu )
      Berikut sedikit cerita gw, Semarang Dadakan. (yeeeeeeiiiiiiiii)
       
      Kenapa pilihan gw ke Semarang, jadi begini sob :
      1. Gw belom pernah kesana
      2. Berhubung gw disuruh cuti sama bos gw karena dia liat perfomance gw agak mengendur a.k.a 5L (nah bingung kan lw singkatan apapula ini) jadilah gw ambil cuti. 
      3. Kota ini lumayan punya banyak destinasi menarik dan tidak memerlukan waktu yang lumayan panjang untuk menjelajahinya, cocoklah untuk flashpacker dadakan kaya gw.
       
      Singkat cerita, setelah membeli tiket kereta & voucher penginapan secara online di salah satu website yang  menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring (hidup makin mudah ya cin) bertolaklah gw ke Semarang.
      Dengan menumpang kereta Tawang Jaya dari Stasiun Pasar Senen, kami berangkat tepat pukul 23:00, sebelum berangkat isi perut dulu dengan makan nasi goreng ala kadarnya di depan stasiun, mureh bro, 12 ribu perak seporsi pake telor (boleh milih mau di dadar atau di ceplok).
       

      Harga tiket PP Pasar Senen - Semarang Poncol u/ 2 Orang

      Semarang Poncol, 18 Agustus 2017
       
      Tepat pukul 06:15 kereta Tawang Jaya berhenti di Stasiun Semarang Poncol. Sampai di Semarang, gw segera mencari bilik termenung , dan seperti biasa, antri.
      Pagi di Semarang, bingung mau kemana karena emang ga bikin ittin yang well prepared. Setelah ngubek-ngubek maps online, kami putuskanlah untuk ke Kota Lama dengan berjalan kaki.
       
      Kota Lama
      Kota Lama Semarang ini mirip dengan Kota Tua Jakarta, yang membedakan adalah Kota Lama terkesan lebih rapih dan saran gw, kalau tujuan kalian ke Kota Lama memang untuk huntphot a.k.a Hunting Photo (istilah anak jaman sekarang) datanglah di pagi hari, karena selain udara pagi lebih adem, kegiatan juga belum terlalu banyak manusia alias sepi, jadi hasil foto lebih ciamik.
      Setiap sudut Kota Lama juga sangat menarik untuk diabadikan, so be prepared your camera before guys.

       

      Salah satu sudut Kota Lama Semarang
      Bangunan yang paling menarik di kawasan Kota Lama adalah Gereja Blenduk, dibangun pada tahun 1753, bangun yang bergaya neo-klasik ini menjadi Landmark Kota Lama Semarang. Gw hanya berhasil memotret bangunan dari luar saja.

      Gereja Blenduk
      Selain Gereja Blenduk, ada beberapa bangunan yang berada di kawasan Kota Lama, seperti Pabrik Rokok Praoe Lajar & Gedung Marba. Bangunan tersebut menarik untuk disambangi, selain bernilai sejarah, arsitektur bangunannya masih terjaga dan lumayan terawat hingga kini.
      Puas berkeliling di Kota Lama, kami menuju destinasi berikutnya yaitu Lawang Sewu.
       
      Untuk menuju Lawang Sewu, dari kawasan Kota Lama kami menaiki Trans Jateng. Di Semarang, ada 2 jenis BRT (Bus Rapid Trans) yang beroperasi, yaitu Trans Jateng & Trans Semarang. Sedikit berbeda dengan TransJakarta, BRT di Semarang ini tidak memiliki jalur khusus, jadi berjalan seperti kendaraaan umum lainnya.Untuk harganya lumayan terjangkau Rp 3.500 sekali jalan.
       
       

       
       

       

       
      Perjalanan dari Kota Lama ke Lawang Sewu hanya memakan waktu kira kira 15 menit. Singkat bukan, ya, karena Semarang adalah kota kecil, untuk menuju satu destinasi ke destinasi lain tidak memerlukan waktu yang lama, asal masih berada di area dalam kota.
       

      Lawang Sewu
       
      Siapa yang tidak kenal Lawang Sewu, bangunan bersejarah ini dibangun pada tahun 1904-1907. Masyarakat setempat menyabut Lawang Sewu (yang berarti seribu pintu) karena bangunan ini memiliki banyak pintu walaupun pada kenyataannya tidak sampai seribu.Kesan yang gw dapat waktu pertama kali masuk ke bangunan ini adalah artistik, pada dasarnya gw memang mengagumi bangunan bangunan tua yang berkarakter dan nilai historicalnya tinggi.

      Harga Tiket Masuk Dewasa
       

      Foto Bangunan di tahun 1907
      Selain dapat menikmati arsitektur gedung, Lawang Sewu juga memiliki koleksi sejarah perkereta apian di Indonesia, sangat lengkap dan menarik untuk dilihat.

      Telephone jaman dulu
       

      Salah satu bangunan utama Lawang Sewu
       
      Puas menjelajahi Lawang Sewu, kami menuju destinasi selanjutnya yaitu Kelenteng Sam Poo Kong.
      Untuk menuju kesana, kami disarankan oleh satpam Lawang Sewu untuk menaiki kendaraan online saja agar lebih praktis. Dan berangkatlah kami dengan naik Go-Car, salah satu layanan yang dimiliki oleh PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa atau lebih dikenal dengan nama Gojek.
       
      Sampai disana, perut mulai berbunyi minta diisi a.k.a laper, kebetulan didepan pintu masuk kelenteng, ada tenda penjual makanan khas Semarang, Mie Kopyok, penasaran dengan rasanya, kami langsung saja pesan dan rasanya ternyata enak. Harganya murah meriah pula, Rp 8,000 perporsi.
       
       

       

      Mie Kopyok
       
      Kelenteng Sam Poo Kong
       
      Kelenteng ini terletak di daerah Simongan, kompleks bangunannya sangat luas dan terdapat banyak bangunan yang semuanya berwarna merah. Tujuan saya kesini adalah untuk melihat secara langsung patung Zheng He/ Chang Ho seorang Laksamana Tiongkok yang beragama islam.
       
       

      Ticket Price
       
       
       

      Salah satu sudut di area Kelenteng
       

      Relief yang menceritakan perjalanan Laksamana Cheng Ho
      Kelenteng Sam Poo Kong adalah destinasi terakhir kami untuk hari ini, setelah puas berkeliling dan mengamati, kami menuju penginapan untuk beristirahat.
      Kembali dengan menaiki Go-Car, diantar ke penginapan yang berada di daerah Jl. Gajahmada, Griya Tentrem Ayem, gw pesen pakai Airy Room. MURAH aja guys, ga bikin kantong bolong. Lumayan juga buat istirahat sama mandi.
      Haha, namanya flashpacker. Makin irit makin asik!!!
       

      Reception Area
       
      Harga roomnya sekitar 240 ribuan permalam, sudah include sarapan (nasi goreng dan teh manis). Lumayan
       
      Sekedar informasi, Semarang iklimnya lebih panas dari Jakarta, mungkin karena lokasinya tidak jauh dari laut / pinggir pantai ya. Selain penduduk ramah, makanan yang murah dan Semarang juga kota yang sangat tenang, jauh dari kesan hip hip hura. Lumayan aman juga kalau mau travelling sendirian ke Semarang.
      Sekian dulu post saya tentang perjalana ke Semarang, semoga informasinya bermanfaat dan yang sudah berencana untuk ke Semarang, semoga segera terlaksana!!!
       
      XOXO
      ANS
       
      (PS : Semua foto adalah dokumentasi pribadi milik penulis)
    • By petrus.sitepu
      Pada saat anda mengunjungi sebuah kota yang belum pernah anda datangi, alangkah baiknya apabila anda mencari makanan dari kota khas tersebut. Seperti penulis lakukan ketika mendatangi kota cirebon, penulis mulai mencari makan khas dari kota Cirebon. Sebut saja tahu gejrot, nasi leko, dochang, dan tentu nasi jamblang. Pasti akan menjadi salah satu pilihan anda ketika wisata kuliner ke kota cirebon. 
      1. Dochang
      Makan asli cirebon ini merupakan perpaduan dari lontong, toge daun singkong, kerupuk yang dicampur dengan sayur oncom doge. Waktu yang tempat untuk makan docang adalah pagi hari, dan lokasi yang direkomendasi untuk makan docang di depan pasar keraton kanoman. Harga seporsi untuk docang seharga Rp 15,000.
      2 Nasi Leko
      Sego lengko merupakan sebutan untuk nasi leko oleh masyarakat cirebon. Nasi leko merupakan percampuran tempe, tahu, tauge, potongan timun yang ditaruh diatas nasi dan disiram dengan bumbu rujak dan kecap. Harga untuk satu porsi nasi leko seharga Rp 15,000.
      3. Nasi Jamblang
      Ketika makan nasi jamblangan rasanya sama ketika makan di rumah makan padang yaitu penuh dengan lauk. Satu bungkus nasi yang dibungkus dengan daun jamblang bisa menggunakan 3-4 lauk yang disediakan tentunya dengan porsi lauk yang tidak terlalu banyak. Hampir 15 lauk disediakan penjual dari tahu dan tempe bacem sampai dengan sate telor puyuh. Harga untuk satu porsi nasi jamblang dengan 2-3 jenis lauk seharga Rp 30,000 – Rp 40,000 tergatung pilihan lauk.
      Keunggulan dari nasi jamblang yaitu daun pebungkus nasinya yang menggunakan daun jamblang.
      4. Tahu Genjrot
      Tahu gejrot sendiri banyak ditemukan dikota kota besar di Indonesia, seperti di Jakarta. Satu set tahu gejrot terdiri dari 2-3 tahu yang diiris sedang yang disiramkan dengan kuah yang sudah dicampur dengan bumbu antara lain cabe, bawang putih, bawang merah dan gula merah. Rasa yang ditimbulkan ketika anda memakan tahu gejrot yaitu semangat untuk mengeliligi kota cirebon. Harga untuk satu porsi tahu gejrot seharga Rp 10,000
      Jadi makanan apa yang pernah anda coba? selain tahu gejrot? Selamat menikmati wisata kuliner cirebon.
    • By elizato
      Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, mulai dari Sabang di Aceh sampai Merauke di Papua, yang terdiri dari ribuan pulau besar dan kecil, yang terhubung oleh selat dan laut. Menurut data Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia tahun 2010 sebanyak 17.504 pulau. 7.870 dari mereka memiliki nama, sementara 9.634 tidak memiliki nama.
      Luas wilayah lautan Indonesia lebih luas dari luas daratannya, yaitu luas daratan 1,91 juta km2, sedangkan luas samudra 6.279 juta km2. Dengan meluasnya Indonesia membuat banyak sumber daya alam di darat dan di bawah laut itu indah. Tak heran jika Indonesia memiliki banyak tempat indah terutama di sektor pantai. Karena letak geografis Indonesia sendiri yang berada di bagian khatulistiwa. Di antara sekian banyak pantai, ada beberapa pantai di Indonesia yang dikategorikan sebagai pantai terindah di dunia. Antara lain Pantai Senggigi di Lombok, Pantai Kuta di Bali, Pantai Bunaken di Manado, dan banyak pantai indah lainnya.
      Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat indah. Karena keindahan alamnya, Indonesia telah menjadi tujuan wisata yang banyak didambakan oleh pelancong lokal maupun internasional dari seluruh dunia. Panorama di Indonesia tentu tidak kalah dengan negara lain. Untuk itu tak ada salahnya jika kita berlibur untuk menikmati berbagai keindahan alam yang ada di Indonesia dan menjadikannya sebagai tujuan wisata.
      Tidak hanya itu, Indonesia juga kaya akan budaya, berbagai suku yang tinggal di Indonesia dengan harmoni dan damai, masing-masing suku memiliki ciri khas tersendiri yang membuat keragaman budaya di Indonesia, disamping Indonesia juga memiliki kuliner khas di masing-masing wilayah.
      Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan alam luar biasa. Padahal, seluruh dunia adalah obyek wisata yang terkenal di sini. Indonesia memiliki ratusan Taman Nasional yang harus dikunjungi. Salah satunya adalah Taman Nasional Komodo merupakan habitat tunggal Komodo di dunia. Selain itu, ada juga yang favorit pendaki internasional Carstensz Pyramid dimana gunung ini diselimuti salju abadi. Memang, kekayaan atraksi alam Indonesia tak terhitung jumlahnya. Untuk membuktikannya, silakan kunjungi Indonesia sebagai tempat tujuan wisata yang direkomendasikan dengan menghadirkan kekayaan alam terlengkap di bumi.
      Inilah 7 Tempat wisata di Indonesia yang direkomendasikan untuk dikunjungi:
      Gunung Bromo
      Gunung Bromo, merupakan tujuan paling populer di Indonesia yang selalu dikunjungi baik lokal maupun mancanegara. Gunung ini juga termasuk dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung Bromo merupakan gunung vulkanik aktif yang berada di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Pada 2.329 meter (7.641 kaki), ini bukan puncak tertinggi, tapi gunung yang paling terkenal.
      Bawean Treasure Island
      Pulau Bawean merupakan salah satu pulau indah di Indonesia, tepatnya di wilayah provinsi Jawa Timur. Pulau ini memiliki banyak destinasi wisata yang tidak kalah dengan tujuan wisata lainnya di Indonesia. Selain wisata bahari, danau dan wisata air terjun, para pengunjung juga bisa menikmati budaya masyarakat adat di Pulau Bawean.
      Orangutan DI Pulau Kalimantan dan Sumatera
      Orangutan adalah kera besar yang hidup di Asia Tenggara dan termasuk dalam kelompok hewan omnivora (di pulau Kalimantan dan Sumatera). Kera ini kebanyakan tinggal di pohon (mereka arboreal) dan berayun dari cabang ke cabang menggunakan lengan mereka. Ada banyak agen perjalanan wisata di Indonesia yang dengan senang hati membimbing Anda untuk mengunjungi tujuan Orangutan. Di situs ini, hadir untuk memberi Anda beberapa informasi tentang bagaimana Anda bisa mendapatkan tujuan Orangutan. Sebagian besar, gambar dan informasi di sini adalah tentang tur orangutan di pulau Kalimantan (Kalimantan), tepatnya berada di Taman Nasional Tanjung Puting Di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah - Indonesia.
      Pulau Komodo
      Taman Nasional Komodo juga memiliki kehidupan bawah laut yang menakjubkan. Penyelam menyatakan bahwa Pulau Komodo adalah salah satu tempat penyelaman terbaik di dunia. Dengan pemandangan dasar laut yang menakjubkan terdapat 385 spesies karang, mangrove dan rumput laut yang indah, serta rumah bagi ribuan ikan, 70 spesies spons, 10 spesies lumba-lumba, 6 jenis paus, penyu hijau, dan berbagai jenis hiu. dan ikan pari. Kombinasi berbagai vegetasi di taman memberikan lingkungan yang baik untuk berbagai jenis hewan di wilayah ini
      Wisata Sumatera Selatan
      Provinsi Sumatera Selatan sejak berabad-abad lalu juga dikenal sebagai 'Bumi Sriwijaya'. Pada abad ke-7 sampai abad ke-12 Masehi, kawasan ini merupakan pusat kerajaan Sriwijaya yang juga dikenal sebagai kerajaan maritim terbesar dan terkuat di nusantara. Gema dan pengaruhnya bahkan ke Madagaskar di Afrika.
      Perkebunan Kopi Jampit
      Perkebunan kopi Jampit, merupakan agrowisata di Bondowoso yang dikelola oleh PTP Nusantara Kalista Jampit VII. Perkebunan ini terletak 74 km ke timur kabupaten Bondowoso. Perkebunan ini memiliki luas 4000 hektar dan terletak pada ketinggian 900 M dpl.
      Kawah Ijen
      Kawah Ijen adalah kompleks kawasan vulkanik, yang ada kawah Ijen dan dataran tingginya, yang tingginya mencapai 2.600 M dan 8.660 M. Kawah Ijen terletak di tiga bagian kabupaten, yaitu di Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi, Jawa Timur. Kawasan vulkanik ini menjadi daerah vulkanik paling menakjubkan dan surealis yang memiliki danau kawah turquois raksasa di Jawa Timur.
    • By ViCar Bromocorah
      Gunung yang satu ini letak nya di Bandung  Selatan,, buat temen temen forum jalan jalan yang suka mendaki gunung artapela ini wajib di coba, bagi pendaki pemula enggak perlu hawatir, track nya tergolong bersahabat. 
      Selamat mendaki.

       
      Sumber : gunung artapela