Sign in to follow this  
baihaki1985

Lima Tempat Diving Terbaik di Pulau Hainan

7 posts in this topic

Khusus bagi yang suka diving, kawasan Sanya di Pulau Hainan memang menyimpan daya tarik tersendiri. Perairan di sini memudahkan para diver untuk bisa menikmati keindahan alam bawah laut Cina secara sempurna. Tak hanya jernih, lautan di sekitar Sanya ini juga cukup hangat. Ditambah lagi, kekayaan hayati di laut sekitar Sanya juga sangat kaya, baik terumbu karang ataupun ikan berbagai warna. 

Sanya%20Bay%20%20(2).jpg

Bersantai di Sanya (kredit: engii)

Dengan kondisi seperti itu, para diver dari seluruh dunia pun tak jarang yang secara khusus menyempatkan waktu datang ke Sanya ini. Dan terdapat lima tempat yang kerap memperoleh perhatian khusus para diver. Baik para diver yang memilih untuk melakukan aktivitasi snorkeling, boad diving, single submarine, offshore diving dan sebagainya. 

Lima tempat spot diving terbaik di Sanya itu adalah:

Pulau Wuzhizhou

Pulau yang satu ini berlokasi sekitar 30 kilometer dari kota Sanya. Pulau Wuzhizhou ini merupakan sebuah pulau kecil yang berada di Haitang Bay. Pulau ini mempunyai ukuran yang sangat kecil, hanya seluas 1,48 kilometer persegi dengan garis pantai sejauh 5,7 kilometer. 

f7be5e1d5692956b114bdcc3_Wuzhizhou.jpg

Perairan di Pulau Wuzhizhou (kredit: whatsonsanya)

Pemandangan di pulau ini pun sangat indah, baik pemandangan di atas air ataupun pemandangan di bawah laut. Dengan pasir putih yang lembut serta kondisi air laut yang jernih, tak heran kalau para wisatawan senang berkunjung ke tempat ini. Bayangkan saja, tingkat kejernihan air di sini membuat para wisatawan mampu melihat dasar laut hingga kedalaman 27 meter. Di bawah laut, terdapat berbagai macam makhluk hidup beraneka warna, baik timun laut, lobster, ikan tropis beragam warna ataupun berbagai bentuk terumbu karang. 

Meski begitu, pada tahun 1949 pulau ini ternyata oleh pemerintah negara Cina dijadikan basis pertahanan militer yang strategis. Namun hal tersebut berubah saat memasuki era tahun 1990-an. Nampaknya pemerintah Cina merasa rugi dengan keindahan alam yang tak dimanfaatkan secara penuh. Dan akhirnya kini Pulau Wuzhizhou menjadi salah satu destinasi wisata populer yang kaya akan keragaman hayati. 

Pulau Boundary

Pulau Boundary ini merupakan area destinasi wisata baru di Pulau Hainan Cina. Pada awal-awal pengembangannya, pulau ini dikenal sebagai pulau tak berpenghuni. Dan selanjutnya, pada tahun 2013, Pulau Boundary pun dikenal sebagai destinasi wisata kelas 5A nasional pertama di Cina. 

2840b877a777cdb992073cbd_Boundary%20Isla

Diving di Pulau Boundary (kredit: Whatsonsanya)

Pulau ini berlokasi di sebelah tenggara dari Pulau Hainan, berada di antara Lingshui dan Wanning. Pulau yang juga dikenal dengan nama Pulau Shengchun ini dari kejauhan mempunyai bentuk seperti pelana kuda dengan titik tertingginya mencapai ketinggian 99 meter.

Masyarakat lokal pun mempunyai sebutan tersendiri untuk pulau ini, yakni Pulau Wanita Cantik atau ada pula yang menyebut Pulau Guanyin. Dan secara khusus, keindahan pulau ini terletak pada alam bawah lautnya, yakni kekayaan akan terumbu karang. Tak heran kalau banyak yang ingin menghabiskan waktu untuk diving di tempat ini. 

Tidak ada akomodasi yang tersedia di Pulau Boundary untuk saat ini. Para wisatawan bisa menginap di Lingshui ataupun Wanning. Opsi lainnya, bisa memilih untuk membangun tenda di Pulau Boundary.

Yalong Bay

Yalong%20Bay%20(1).jpg

Pantai Yalong Bay (Kredit: Engii)


Tak bisa dimungkiri, Yalong Bay yang terkenal dengan keindahannya menjadi salah satu tempat yang menarik untuk bisa dijadikan lokasi diving ataupun snorkeling.  Di Yalong Bay, terdapat dua tempat yang terkenal sebagai spot diving yang sangat menarik. Dua tempat tersebut adalah Baifu Bay serta Sun Bay. 

Kalau ingin mencari tempat untuk melakukan aktivitas drift diving, maka tempat yang dituju adalah Sun Bay. Terlebih pada bulan Maret dan April, ombak di pantai ini bakal membantu melakukan aktivitas drift diving. Baifu Bay dikenal sebagai perairan yang mempunyai pemandangan bawah laut yang fantastis. Tempat ini mempunyai berbagai jenis terumbu karang dan lokasinya berada di sebelah selatan dari Sun Bay.  
Dadonghai
Dadonghai tentu juga tak bisa dilepaskan dari daftar spot diving menarik yang ada di Pulau Hainan. Perairan di Dadonghai terkenal mempunyai kejernihan yang tinggi sehingga memudahkan para diver untuk bisa menikmati keindahan bawah lautnya. 

West Island

Pulau ini mempunyai bentuk seperti seekor penyu dan menjadi destinasi wisata yang sangat populer bagi mereka yang hobi diving ataupun olahraga air lain. Pulau ini juga dikenal sebagai pulau terbesar di antara gugusan pulau kecil yang ada di Sanya. West Island ini juga terkenal menjadi rumah masyarakat nelayan dari generasi ke generasi. 

West%20Island%20(1).jpg

Diving di West Island (Kredit: engii)

Berbagai jenis olahraga air pun bisa dilakukan selama di West Island. Terlebih pulau ini terkenal mempunyai perairan yang sangat jernih. Aktivitas yang populer dilakukan oleh wisatawan tentunya adalah diving ataupun snorkeling. Selain itu, ada pula kegiatan lain seperti para sailing, jet ski ataupun ingin mencoba pesta barbeque di pantai. 

Akses menuju ke West Island ini pun bisa dijumpai dengan sangat mudah. Setiap harinya, per 10 menit sekali terdapat speedboat yang disediakan sebagai sarana transportasi dari Sanya Harbour menuju ke West Island. Speedboat ini beroperasi dari pagi hingga petang hari.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this