Sign in to follow this  
nafariza

Jalan2 ke Taman Nasional Laut Takabonerate

10 posts in this topic

Walaupun sudah diakui sebagai Taman Nasional Laut di Indonesia, sebagai pulau atol terbesar ketiga di dunia, tidak banyak yang tau mengenai Takabonerate. Taman nasional yang terletak di Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan ini, wajib dikunjungi kalau jalan2ers mengunjungi pusat pembuatan kapal phinisi di Bulukumba. Nanggung, dekat soalnya tinggal nyebrang.

Pulau atol adalah pulau karang yang terbentuk kerangka mahkluk2 laut, yaitu karang hidup, karang mati, alga, padang lamun, hingga gundukan pasir.

Taman_Nasional_Takabonerate.jpg

Sumber Gambar

Biarpun berjarak 80km (2jam kapal cepat) dari Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba, perjalanan berlayar ke Takabonerate sepadan dengan pemandangan yang akan didapatkan di sana. Dari kejauhan, jalan2ers sudah bisa melihat gradasi warna laut dari biru ke hijau. Jika ingin menghemat waktu, jalan2ers bisa naik pesawat Makassar-Selayar, dengan waktu tempuh hanya 40menit.

Pulau Tinabo besar merupakan salah satu tujuan wisata utama kalau ke Takabonerate. Jalan2ers bisa menikmati keindahan dermaga kayu, deretan pulau kelapa, dan pasir putih selembut terigu di sana.

Ada yang mau jalan2 ke Makassar dalam waktu dekat ini? Sempatkan jalan2 ke sini ya. :)

Sumber Tulisan: Kompas

Share this post


Link to post
Share on other sites

bentuknya unik ya. kayak bentuk diamond.

itu di sebelah kiri kayak ada bangunan ya. di situ ada tempat penginapan ga ya?

iya bener banget mas, kalo diliat dari atas, bentuknya unik juga ternyata. tapi sebelah kiri mana ya mas? kayaknya gak mungkin ada penginapan deh disana. bayangin aja mas, itu tanah2nya dari karang2 loh, masa iya sih bisa ada bangunan permanen di atasnya? :)

biasanya, penginapannya di pulau lain mas. terus berlayar ke takabonerate buat wisata..

Share this post


Link to post
Share on other sites

selayar, ya selayar, saya sering banget denger tempat ini, tapi belum pernah sempat main kesana. padahal bolak balik dikirim dinas ke makassar, terakhir cuma sempet ke samalona.

ke bira juga cuma singgah sebentar, sayang banget, padahal dari bira ke selayar udah gak jauh, tinggal nyebrang. dan sekarang malah ada tempat seperti ini, bagus banget tempatnya.

taman laut ini bener bener kaya pulau kecil ya? tapi melingkar, gak satu pulau gitu. keren. dan kayanya bener itu yang disebelah kiri perumahan rakyat :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

selayar, ya selayar, saya sering banget denger tempat ini, tapi belum pernah sempat main kesana. padahal bolak balik dikirim dinas ke makassar, terakhir cuma sempet ke samalona.

ke bira juga cuma singgah sebentar, sayang banget, padahal dari bira ke selayar udah gak jauh, tinggal nyebrang. dan sekarang malah ada tempat seperti ini, bagus banget tempatnya.

taman laut ini bener bener kaya pulau kecil ya? tapi melingkar, gak satu pulau gitu. keren. dan kayanya bener itu yang disebelah kiri perumahan rakyat :D

iya mas, melingkar kayak cincin, jadi bolong di tengah gitu. karna karang2nya membentuk jalinan daratan yang melingker, bukan memadat ke tengah. :) *bingung gak?*

samalona itu dimana mas? seberapa jauh dari bira?

iya, bener banget masnya cuma berenti bentar di bira. padahal dari bira udah tinggal nyebrang doang ke selayar. bisa ditambahin ke list to visit nya untuk dinas selanjutnya mas.

Share this post


Link to post
Share on other sites

pulaunya kayaknya gede yah?

apa kita boleh berdiri disana?

kan, ada karang yang bisa untuk kita berdiri yah?

yup, lumayan gede. kalo berdiri doang di atas pulaunya, boleh kok mbak. loncat2 juga boleh. asal jangan bawa buldozer aja, gak akan sanggup takutnya pulau atolnya nahan beban berat mesin gede hihi..

karangnya bukan cuma satu aja mbak. tapi jalinan karang2 gitu, membentuk semacam daratan, jadi kita bisa jalan2 dengan aman di atas nya.

tertarik mencoba ke sana mbak? :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

waow....trtarik bgt :terpesona

 

@nafariza, klo naik pesawat makassar-selayar brp duit? ada jadwal penerbangannya?

trus hbs turun psawat mo ke takabonerate ditempuh dgn apa & bgmn?

hehe....maaf bnyk nanya, sama skali gk ada bayangan tp pengen bgt ksana.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By Ahmad Andi Affandi
      Dear teman teman
      Saya ada rencana untuk Trip ke Tinabo Takabonerate 4D3N Sabtu Tgl 22 - Selasa 25 April 2017. Memang masih lama sekitar 8 bulan lagi.
      Alasan pemilihan waktu tersebut krn kondisi musim yg sdh memungkinkan utk island hopping, jadual pesawat dr makasar ke selayar dan sebaliknya, jg Senin Tgl 24 April 2017 adalahhari Libur Nasional Isra Mi'raj jd cukup ambil cuti 1 hari saja. Kegiatan trip ini adalah snorkling bkn diving jg kami memilih ke selayar menggunakan pesawat pp dr makasar jd menghemat waktu sekitar 6 jam perjalanan.Disini sifatnya bukan sharecost krn kami menggunakan operator dr Selayar rekomendasi Taman Nasional Takabonerate.
      Detail Itinerary sbb:
      ITINERARY
      TINABO TAKABONERATE  4D3N
       
      Day 1 Jakarta - Makasar - Tinabo
      Sabtu 22 April 2017
                              Penerbangan dari  Jakarta  ke Makasar Hasanudin
      08:55 – 09.30 Bandara Hasanudin Aroepalla Selayar
      10:00 – 11:00 Bandara Aroepalla menuju Pelabuhan Pattumbukang
      11:00 – 16:00  Pattumbukang ke Pulau Tinabo Takabonerate
       
      Day 2 Tinabo
      Minggu 23 April 2017
                              Sunrise di pulau tinabo, memberi makan anak hiu
      08:00 – 10:00  Snorkling di Tinabo ( Spot Acrofora )
      10:00 – 12:00  Snorkling Tarupa Kecil ( Spot Pinky Fish )
      12:00 – 13:00  Jelajah Kampung Bajo
      13:00 – 14:30  Snorkling di Latondu ( Spot Tabulate )
      14:30 – 17:00 Bunging Tinabo ( Spot gosong pasir ), Sunset
      17:00               Kembali ke Tinabo
       
      Day 3 Tinabo
      Senin 24 April 2017
                              Sunrise di pulau tinabo, memberi makan anak hiu
      08:00 – 09:30  Snorkling di Tinanja ( Spot Tinanja 1 )
      09:30 – 11:30  Jelajah pulau kosong
      11:30 – 13:00  Snorkling di Tinabo Kecil ( Spot Coral Point )
      13:00 – 16:00  Snorkling di Tinabo Besar ( Spot Corina )
      16:00 – 17:00 Snorkling di Tinabo Besar ( Spot Kima )
      17:00               Kembali ke Tinabo
      24:00               Takabonerate - Pattumbukang
      Day 4 Tinabo – Makasar - Jakarta
      Selasa 25 April 2017
      07:00 - 08:00 Pattumbukang - Bandara Aroeppala atau bebas bagi yg mau melanjutkan trip
      09:55 – 10.30 Bandara Aroeppala  ke Bandara Hasanudin
                              Kembali ke  Jakarta atau destinasi bebas untuk yang mau melanjutkan trip
       
      Rincian Biaya Trip ini untuk kegiatan Snorkling
      1. Tiket Jakarta - Makasar PP 1.3-1.5Jt
      2. Tiket Makasar-Selayar PP 850rb
      3. Paket Trip Snorkling 4D3N per orang 1.6Jt (10 peserta),per orang 1.350rb (15 peserta)
      Total Biaya untuk Trip ini kurang lebih 3.6Jt per orang
       
      Icluded Paket :
      1. Makan/konsumsi utk 3 hari
      2. Transportasi darat selama di Benteng Selayar
      3. Transportasi laut terbatas di kawasan Taman Nasional Takabonerate
      4. Biaya tiket masuk kawasan konservasi dan aktivitas snorkle
      5. Snack ringan selama beraktifits di kapal
      6. Diving singkat 10 menit bersama guideutk peserta yg berminat
       
      Karena jumlah peserta sekarang sudah  15 orang maka saya tutup ya. Kalau ada perubahan akan diinfo lebih lanjut
      Daftar peserta :
      1. Andy
      2. Dedi
      3. Dutia
      4. Dwinov
      5. Elok
      6. Endang
      7. Indri
      8. Johny
      9. Memei
      10.Ugeng
      11. Putri
      12. Retno
      13.Sarah
      14. Satrio
      15. Vivi
      16. Wiwin
      17. Wolly
      Terima Kasih
      Andy, WA: 08111-698889