Sign in to follow this  
theobrian

[INFO] Jadwal KA Lokal Karawang (Tujuan Purwakarta-Cikampek-Jakarta Kota)

2 posts in this topic

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By noquba
      Jawa Barat adalah provinsi yang cukup berdekatan dengan DKI Jakarta. Jawa Barat sudah biasa menjadi opsi liburan akhir pekan penduduk DKI Jakarta karena dekat dan mudah dicapai. Ada banyak sekali tempat wisata di Jawa Barat, namun tempat wisata di Jawa Barat yang mana yang bagus untuk dikunjungi?
      Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi
      Berada di pantai selatan Jawa Barat, Pantai Pelabuhan Ratu terkenal dengan pantainya yang mempunyai karakteristik ombak yang besar dan kuat, sangat cocok untuk berselancar. Di Pantai Pelabuhan Ratu dilengkapi fasilitas hotel, dari yang besar dan mewah hingga yang kecil dan murah. Sepanjang pantai kamu dapat melihat banyak restoran sea food. Masyarakat setempat juga memiliki kepercayaan akan Ratu Kidul, sang penguasa laut selatan.
      Curug Cikaso Sukabumi
      Curug Cikaso adalah air terjun besar dan indah yang berada di Sukabumi. Curug Cikaso memilki 3 air terjun yang saling berdampingan dengan ketinggian mencapai 80 meter dan lebar tebing sekitar 100 meter. Apabila matahari bersinar cerah, ada kemungkinan kamu bisa melihat pelangi kecil di air terjun ini. Lokasi wisata air terjun Curug Cikaso berada dekat dengan Pantai Ujung Genteng.
      Taman Wisata Mekarsari Bogor
      Taman Wisata Mekarsari yang berlokasi di Bogor, adalah salah satu pusat pelestarian buah tropis terbesar di dunia dengan luas 264 hektar. Selain sebagai tempat penelitian dan budi daya bibit unggul, Taman Wisata Mekarsari juga merupakan tempat wisata di Jawa Barat yang cocok untuk segala usia. Selain mempunyai koleksi tanaman yang sangat beragam, Taman Wisata Mekarsari juga dapat menjadi sarana pendidikan yang cocok bagi anak-anak, tempat hiburan keluarga, wisata kebun buah, wisata kebun sayur, dan acara perusahaan.
      Tangkuban Perahu Subang
      Indahnya wisata Gunung Tangkuban Perahu yang menjadi tujuan wisata popular di kawasan Subang, Bandung dan sekitarnya ini memiliki banyak sekali pengunung baik itu wisatawan lokal maupun asing. Selain karena namanya yang sudah terkenal karena cerita Sangkuriang, Gunung Tangkuban Perahu memang tempat wisata Subang yang sangat Indah sekali.
      Pemandian Air Panas Ciater Subang
      Wisata pemandian air panas Ciater tidaklah mahal, sehingga bisa dinikmati oleh berbagai kalangan. Salah satu lokasi pemandian air panas yang terkenal di Indonesia dan di kalangan turis mancanegara yaitu Pemandian Air Panas Ciater.
      Pemandian Air Panas Ciater terletak di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Tepatnya di perbatasan antara kota Bandung dan Subang, juga bersebelahan dengan kota Lembang.
      Wisata Tracking Gunung Bongkok Purwakarta
      Mampir ke Purwakarta tidak puas rasanya kalau tidak mengunjungi Wisata Alam Gunung Bongkok. Gunung Bongkok yaitu gunung batu yang berada di Desa Cikandang, Purwakarta. Dengan ketinggian 975 mdpl, Gunung Bongkok sangat pantas untuk pendaki pemula.
      Kalau kamu akan melakukan wisata di Purwakarta, jangan lupa untuk berkunjung ke Gunung Bongkok.
      Danau Cipule dan Pulau Cinta Karawang
      Objek wisata Danau Cipule merupakan salah satu tempat wisata Karawang yang unik dan menarik. Salah satu keunikan yang menjadi daya tarik yaitu adanya gunung yang ada di tengah-tengah danau tersebut. Bahkan menjadi latar keindahan dari Danau Cipule.
      Lokasi Danau Cipule dengan pusat pemerintahan kota karawang adalah sekitar 30 KM, tetapi mengingat bahwa Karawang adalah industri dan memiliki pabrik-pabrik besar sehingga akan sedikit terasa lebih panas.
      Objek wisata di Jawa Barat sangatlah banyak, apabila kamu mempunyai kesempatan untuk berlibur maka tidak ada salahnya dicoba. Menghabiskan waktu luang tidak harus jauh hingga pergi ke mancanegara, namun juga bisa kita nikmati di lokasi yang dekat dari DKI Jakarta. Tempat wisata di Jawa Barat tidak kalah bagus dengan tempat wisata di luar negeri!
    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
       

       
      Kereta tentunya telah menjadi salah satu moda transportasi massal yang sudah seringkali kita dengar dan ketahui. Kereta sendiri merupakan transportasi rel yang terdiri dari serangkaian kendaraan yang didorong sepanjang jalur kereta api untuk mengangkut kargo atau penumpang.

      Kereta sudah lama menjadi salah satu moda transportasi massal yang digunakan di Indonesia. Pada saat ini, kereta baru beroperasi di daerah Jawa dan Sumatera. Selain itu, transportasi ini juga digunakan oleh masyarakat umum dan dibiayai oleh perusahaan negara.

      Untuk berjalan, kereta membutuhkan rel khusus. Ternyata, ada banyak hal yang dapat kamu ketahui tentang kereta. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam yang harus kamu ketahui tentang kereta dari sejarah hingga tips berburu tiket-nya.

       

       
      Sejarah Kereta

      Kereta berasal dari kata Trahiner dalam bahasa Prancis tua dan Trahere dalam bahasa latin. Dalam perkembangannya, asal mula kata inilah yang selanjutnya membuat kereta memiliki sebutan Train dalam bahasa Inggris.

      Rel kereta terdiri dari dua, tiga atau empat rel dengan sejumlah monorel. Kereta sendiri terdiri dari kombinasi satu atau lebih dari lokomotif dan gerbong kereta yang terpasang.

      Cikal bakal kereta bermula pada abad ke 19. Pada masa tersebut, lokomotif uap untuk pertama kalinya mulai beroperasi. Kemudian, pada tahun 1910-an dan seterusnya, giliran lokomotif diesel dan lokomotif listrik yang beroperasi.

      Sejarah kereta bermula dari penemuan mesin uap oleh James Watt, kemudian semakin berkembang dengan ditemukannya kendaraan roda tiga dengan bahan bakar mesin uap oleh Nicolas Cugnot.

      Kemudian, sejarah kereta semakin berkembang dengan penemuan mesin lokomotif dan kereta oleh Richard Trevithick. Seiring dengan berjalannya waktu, penemuan listrik oleh Michael Faraday kemudian berkembang menjadi cikal bakal kereta listrik. Begitupun dengan penemuan kereta dengan mesin diesel oleh Rudolf Diesel.

      Kemajuan terhadap dunia kereta semakin berkembang dengan beroperasinya kereta super cepat Shinkanzen di Jepang. Pada tahun 1960, kereta Shinkanzen ini mulai beroperasi dengan rute Tokyo menuju Osaka hingga ke seluruh Jepang.

       

       
      Kelebihan Menggunakan Kereta

      Kereta merupakan moda transportasi massal yang dikelola oleh pemerintah. Selain itu, kereta juga merupakan moda transportasi paling ampuh yang digunakan untuk menangani arus mudik dan arus balik.

      Kereta memiliki beberapa kelebihan yang dapat kamu pertimbangkan untuk memanfaatkan kereta menjadi moda transportasi pilihanmu. Kereta memiliki pelayanan yang cepat, serta dapat dipercaya sehingga membuatmu dapat merasa nyaman dalam menggunakan moda transportasi yang satu ini.

      Selain itu, kereta juga dapat mengangkut barang-barang dalam jumlah yang banyak. Hal ini juga dapat menjadi nilai tambah untukmu karena itu berarti kamu dapat membawa barang dalam jumlah yang cukup banyak ketika kamu berminat untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta.

      Kereta juga merupakan jenis transportasi yang cocok untuk pengangkutan penumpang dengan jarak dekat maupun jauh. Kereta menawarkan suasana menggunakan moda transportasi yang murah, nyaman, dan aman.

      Selain itu, kereta juga menawarkan akses yang baik di sepanjang jalur tersebut sehingga kamu tidak perlu khawatir akan kondisi kereta. Yang paling menyenangkan, kereta juga merupakan salah satu moda transportasi yang bersih sehingga dapat menunjang perjalanan wisatamu.

       

       
      Kekurangan Menggunakan Kereta

      Selain memiliki banyak kelebihan, kereta juga memiliki beberapa kekurangan yang dapat kamu pertimbangkan. Biaya operasional dan pemeliharaan kereta api cenderung tinggi. Selain itu, untuk jarak dekat biasanya biayanya juga cukup tinggi.

      Untuk masalah rute sendiri cenderung tidak fleksibel karena jika kamu ingin memindahkan rute kereta, maka kereta yang kamu gunakan harus memutar arah sehingga jalur kereta ini tidak mudah dialihkan.

      Selain itu, kereta juga biasanya mengganggu jenis transportasi lain misalnya jika harus melintas di atas jalan raya. Jika hal ini terjadi, maka kereta dapat mengganggu kendaraan bermotor di jalan raya.

       

       
      Mengetahui Jenis Kereta yang Ada di Indonesia dari Mesin Penggeraknya

      Indonesia adalah negara yang sudah lama mengembangkan moda transportasi kereta. Dilihat dari segi jenis mesin penggeraknya, maka kereta di Indonesia dibedakan menjadi tiga, yaitu kereta api uap, kereta api diesel dan kereta api listrik.

       

       
      1. Kereta Api Uap


      Kereta Api Uap via

       

       
      Kereta api uap merupakan cikal bakal nama kereta api karena digerakkan dengan menggunakan uap air yang dihasilkan dari air yang dipanaskan dengan menggunakan api. Itulah sebabnya, moda transportasi ini kemudian berkembang dengan nama kereta api.

      Kereta api uap sendiri digerakkan dengan menggunakan tenaga uap air yang dihasilkan dari ketel uap yang dipanaskan dengan kayu bakar atau batu bara atau minyak. Namun, karena kemajuan teknologi, kereta api uap ini sudah tidak lagi digunakan di Indonesia.

      Saat ini, kereta api uap yang beroperasi dapat kamu lihat di Ambarawa, Jawa Tengah dan juga Sumatera Barat. Di sana, kereta api uap ini digunakan sebagai kereta wisata.

       

       
      2. Kereta Api Diesel


      Kereta Api Diesel via

       

       
      Inilah dia salah satu jenis kereta api yang tentunya sudah sering sekali kamu saksikan. Ya, kereta api ini merupakan kereta api diesel.

      Kereta api diesel digerakkan dengan menggunakan mesin diesel dan bahan bakar berupa solar. Kereta api ini banyak digunakan di Indonesia terutama untuk kereta api dengan jarak yang jauh.

       

       
      3. Kereta Api Listrik


      Kereta Api Listrik via

       

       
      Selain kereta api uap dan kereta api diesel, kamu juga dapat mengetahui ada satu jenis kereta api lagi. Ya, kereta api tersebut adalah kereta api listrik.

      Kereta api listrik sendiri digerakkan dengan menggunakan tenaga yang berasal dari motor listrik. Tanda kereta api listrik adalah perangkat tambahan di atas gerbang yang selalu menempel pada jaringan kawat bermuatan listrik di atas sepanjang rel kereta api.

      Kereta api listrik sendiri digunakan untuk melayani perjalanan di daerah Jabodetabek. Kereta api listrik ini terkenal dengan sebutan Commuter Line. Kereta api listrik seringkali digunakan oleh orang-orang yang sering berpergian di sekitar Jabodetabek (commute).

       

       
      Mengetahui Jenis Kereta yang Ada di Indonesia dari Jenis Penggunaan

      Selain dilihat dari segi mesin yang menggerakannya, kereta sendiri juga dapat dibagi berdasarkan jenis penggunaannya. Ada lima kategori kereta di Indonesia yang dibedakan berdasarkan jenis penggunaannya, yaitu kereta penumpang, kereta barang, kereta wisata, kereta railone dan kereta inspeksi.

       

       
      1. Kereta Penumpang


      Kereta Penumpang via

       

       
      Ini dia jenis kereta yang paling sering dan paling mudah untuk ditemui. Ya, kereta ini merupakan kereta penumpang. Sesuai dengan jenis penggunaannya, kereta ini digunakan untuk mengangkut penumpang dari satu tempat menuju tujuan yang lain.

      Kereta penumpang terdiri dari lokomotif, kereta penumpang, kereta makan, kereta pembangkit dan kereta bagasi. Kereta penumpang ini biasanya dibedakan menjadi tiga kelas sesuai dengan fasilitas, yaitu kereta eksekutif, bisnis AC dan ekonomi AC.

      Kereta penumpang juga dapat dibagi berdasarkan jarak tempuhnya. Berdasarkan jarak tempuhnya, kereta penumpang terdiri atas kereta jarak jauh dan kereta lokal atau komuter.

       

       
      2. Kereta Barang


      Kereta Barang via

       

       
      Selain kereta penumpang, kereta di Indonesia juga ada yang berjenis kereta barang. Sesuai dengan namanya, kereta barang seringkali digunakan untuk mengangkut barang.

      Barang-barang yang biasanya diangkut dengan menggunakan kereta barang adalah kargo, semen, pupuk, batu bara, minyak, peti kemas dan lain-lain. Kereta barang sendiri memang biasanya dikhususkan untuk mengangkut barang.
       


       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
    • By theobrian
      Dari jalan Tuparev Karawang naik angkot 01. Turun di perempatan ByPass (deket Suzuki). Dekat situ ada mobil travel WB Trans. Biaya per 15 Juni 2015 sebesar Rp 18.000
      Dari pengalaman, saya berangkat jam 14.50an, sampe UKI Jakarta jam 16.30an. Jadi sekitar 1 sampai 2 jam perjalanan
       
      sumber

    • By theobrian
      Dari jalan Tuparev Alun Alun Karawang naik angkot 02 sekitar jam 5.36. Sampai
      Stasiun jam 5.46 ternyata sudah antri sampai keluar gedung stasiun untuk keberangkatan pukul 6.30. Biaya Rp 6000.
      Jam 6.13 diumumin kalau tiket sudah terjual habis.
      Di jadwal nyampe Jakarta Kota jam 07.57. Ternyata nyampe stasiun senen aja jam 8.12
      Kondisinya berjubel.
      Gambar Tiket
      sumber:
      https://theobrian.wordpress.com/
    • By theobrian
      Nomor Telepon
      Jadwal Keberangkatan dari Bandung dan dari Karawang
       
      harga per 2 Mei 2015 : Rp 65.000. Waktu tempuh 1,5 sampai 2 jam berdasarkan pengalaman pribadi. Tujuan akhir dekat Ramayana Karawang.
      *notes via Klari berarti lewat Tol Karawang Timur. via KCP Galuh Mas kemungkinan lewat Tol Karawang Barat.
       
      sumber:
      http://www.theobrian.wordpress.com/
       
    • By theobrian
      Bulan Mei 2015, di Karawang Kota belum ada taksi. Sarana transport umum dalam kota yang ada hanya angkot, ojek, dan becak. Untuk biaya angkot, berdasarkan pengalaman, Rp 4000 jauh-dekat. Kecuali abang angkotnya minta lebih. Berikut rute angkot yang sudah tercatat:
      Angkot 01 : Terminal Klari-Johar-Kertabumi-Fly over (Karawang Barat)-A.Yani-Johar-Terminal Klari
      Tempat yang dekat dengan jalur angkot:Terminal Klari, Ramayana Karawang, Supermall Karawang, Jalan Tuparev, Karawang Theatre, Kantor BRI KCP Karawang, Kantor Telkom Indonesia, Pasar Baru Karawang, Alun-Alun, R.S Bayukarta,Tugu Padi, PMI Karawang,Jalan Ahmad Yani
      Angkot 02 : Terminal Klari-Johar-Tuparev-Kertabumi-A.R Hakim-Johar-Terminal Klari.
      Tempat yang dekat dengan jalur angkot:Terminal Klari, Ramayana Karawang, Supermall Karawang, Jalan Tuparev, Karawang Theatre, Kantor BRI KCP Karawang, Kantor Telkom Indonesia, Pasar Baru Karawang, Alun-Alun, R.S Bayukarta,Tugu Padi, RS Dewi Sri, Stasiun Karawang.
      Angkot 06 : Terminal Tanjungpura-Gempol-AR.Hakim-Tuparev-AlunAlun-Kertabumi-Gempol-Terminal Tanjungpura
      Tempat yang dekat dengan jalur angkot:Jalan Tuparev, Karawang Theatre, Kantor BRI KCP Karawang, Kantor Telkom Indonesia, Pasar Baru Karawang, Alun-Alun, R.S Bayukarta,Tugu Padi,Gempol,Terminal Tanjungpura
      Angkot 07 : Terminal Tanjungpura-Jalan Pangkal Perjuangan-Ahmad Yani-Ramayana-Tuparev-Kertabumi-Gempol-Terminal Tanjungpura
      Angkot 17 : Klari-Johar-Ahmad Yani-Tanjungpura
      Tempat yang dekat dengan jalur angkot: Terminal Tanjungpura – Jalan Ahmad Yani – Stadion Singaperbangsa – PMI Karawang-Supermall Karawang
      Angkot 63 : dalam penyusunan
      Semoga di Karawang segera tersedia moda transportasi umum yang lebih beragam lagi. Aamiin
      sumber :
      https://theobrian.wordpress.com/
    • By deffa
      Hola Momod Here !!!
       
      Nampaknya member yang berasal dari daerah Karawang udah lumayan neh
      Jadi saya kumpulin disini
       
      Siapa tau mau saling kenal dan kopdaran gitu sambil goyang karawang heheh kan seru
      yuk absen
       
      Regional Karawang : 
      @angelsta
      @Ari Ferdiani
      @Asep N'day
      @carlusmartin
      @Chairani Rahiimi
      @dudipermana
      @Eka Maelani
      @hosea.2000
      @maipan
      @Miss_Shanur
      @mpokrime
      @ONEP
      @ridoadi
      @Si Baretz
      @sigitway
      @Surya Laksana
      @teguhwidjie
      @venriddle
      @Winda Mauliddiya Wati
      @Tjiong Nie Tha
      @Bethz Cherin
      @Teja Ma'ruf