adel_lia

Yuk Mabal Bareng (Bermain, Berbagi dan Jalan2 Bareng)

14 posts in this topic

Hola Jalan2ers :melambai

Gimana kabar puasanya? Masih semangat yaaa :D

Seperti tahun2 sebelumnya, regional Jabodetabek sejak 2013 alhamdulillah selalu mengadakan buka bersama dan bakti sosial dikala Ramadhan dengan tema yang berbeda-beda. Kali ini, kita akan mengadakan bukber & baksos dengan tema jalan2.. biar sama kayak komunitasnya donk :cintaindo

Tapi Jalan2nya bukan jalan2 biasaaa.. kita bakalan ngajakin anak2 asuh buat jalan2 keliling beberapa wahana di TMII. Seru kan???

Setelah itu, dilanjutkan dengan buka bersama..

Buat yang mau ikutan jalan2nya, bisa langsung daftar jadi volunteernya lhoh.. :senyum

Tugasnya Volunteer apa sih?

Volunteer itu yang nantinya menemani anak-anak asuh jalan2 di beberapa wahana di TMII..

Kapan lagi bisa bermain, berbagi dan jalan2 bareng.. bisa nambah pahala di bulan suci Ramadhan :senyum

SAVE THE DATE!

MABAL BARENG JALAN2.COM

_BERMAIN, BERBAGI DAN JALAN2 BARENG RUMAH BELAJAR PROKLAMASI MANGGARAI_
:cintaindo

Minggu, 5 Juli 2015

Pukul 16.00 WIB
Di Restaurant CFC, TMII, Jakarta Timur

Donasi dalam bentuk paket (pilih salah satu):
A. Paket Volunteer*, minimal Rp 135.000, include:
- KAOS JALAN2.COM
- Menu bukber u/ 1 peserta & anak asuh
- Takjil 
- HTM TMII u/ 1 volunteer & anak asuh
- HTM 2 wahana di TMII u/ 1 volunteer & anak panti asuhan
- Goodie bag u/ anak asuh
- Donasi ke Rumah Belajar Proklamasi Manggarai

B. Paket bukber, minimal Rp 150.000, include:
- HTM TMII u/ anak asuh
- HTM 2 wahana u/ anak asuh
- Menu bukber u/ 1 peserta dan anak asuh
- Takjil
- Goodiebag u/ anak asuh
- Donasi ke Rumah Belajar Proklamasi Manggarai

Note:
*Jumlah volunteer hanya 15 orang (harus daftar ke panitia sebelum tgl. 28 Juni 2015 dan stanby di meeting point pukul 11.00 WIB)
**Seluruh paket donasi dibayarkan melalui transfer bank PALING LAMBAT TGL 28 JUNI 2015 dengan no. Rekenening:
- BCA 1062231747 An. Lia Maya Sari
- BNI/BRI/Mandiri/Rekening Ponsel CIMB Niaga by request
***Bagi yang ingin donasi dalam bentuk alat tulis, buku2, makanan, dsb dapat dikomunikasikan ke panitia

 

SEKILAS TENTANG RUMAH BELAJAR PROKLAMASI MANGGARAI

Rumah Belajar Proklamasi adalah komunitas pendidikan yang membantu dan bersama-sama kepada para pelajar dan masyarakat umum untuk belajar dan berbagi pengetahuan sehingga membangun sadarnya akan pentingnya pendidikan untuk menciptakan generasi penerus yang penuh kreatif dan mempunyai Cita-cita tinggi kami mempunyai Visi dan Misi: Visi “Membantu masyarakat untuk mendapatkan kesetaraan pendidikan” Misi Menjadi wadah dan sarana belajar masyarakat agar masyarakat mudah mendapatkan pendidikan.

More info:
Adel - 081319808989 (Wa/Call/Line)
BBM 7D9966EC

Semoga berkaaah :senyum :cintaindo

 

Daftar yang ikutan bukber & baksos:
1. Momod @deffa
2. @mone
3. @Arda Fauzi Fabriano
4. Om Yudi
5. @dwi rahayu
6. @akhici
7. @Mio Perdani
8. Pacarnya Mio
9. @okky kusuma
10. @albin
11. Rita
12. Titi S 1
13. Titi S 2
14. @handokondok89
15. @Noppieta
16. Tante Menik
17. @andi darmawan
18. Rieka
19. Rahma
20. Riky
21. Ayu
22. Diah
23. Rani
24. @Fei
25. Om @Gonewrong

Daftar volunteer:
1. A
...
7. G
8. Fyrine
9. Sindunora
10. Tri Ratri (tentative)
11. Anggie
12. Zha zha
13. Sarie
14. Sari
15. Shoim

cc: mimin @Jalan2 modski @deffa @diyanamatir @qonitash @raraindrawaty

baksos1-2.jpg

Edited by adel_lia

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now


  • Similar Content

    • By deffa

      Berikut tips lancar jalani puasa Ramadhan yg dishare dari dr. Edy Rizal Wahyudi, SpPD, KGer, FINASIM dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, memberikan *Tips lancar Jalani Shaum/Puasa* secara umum untuk seorang berusia lanjut dan juga semua kalangan.

      Mudah2an bisa bermanfaat.

      1 ● Saat *Sahur* usahakan untuk *membatasi asupan teh dan kopi*  Pasalnya, dua asupan tsb membuat metabolisme berjalan cepat. Sehingga cepat mendatangkan rasa haus meski tak terdehidrasi.

      2 ● Sangat *dianjurkan mengonsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi* Contohnya gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi merah.

      3 ● Saat *Tajjil/Awal berbuka puasa* dianjurkan untuk mengonsumsi *Kurma** karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. Dengan kurma, kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa perlahan dipenuhi.

      4 ● Mengonsumsi pisang saat *Ifthor/berbuka* sangat baik bagi tubuh Anda, sebab *pisang* merupakan sumber kalium, magnesium dan karbohidrat.

      5 ● *Batasi makanan yang digoreng saat berbuka*, karena dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh. Hal ini karena seorang yang sudah di usia lanjut cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan lemak, seperti penyakit jantung, cc koroner dan hipertensi.

      6 ● *Batasi makanan yang lebih cepat dicerna, seperti gula*. Hal ini bisa cepat mendatangkan rasa haus ditengah Anda menjalani puasa nantinya.

      7 ● *Konsumsi Air atau jus buah* antara berbuka puasa dan sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh untuk Anda lancar beraktivitas esok harinya.

      8 ● *Hindari terlalu banyak minum Es*, karena memudahkan Anda kenyang. Dimana asupan makanan gizi yang lengkap akan menurun karena tak bisa masuk dalam tubuh.

      Selamat menunaikan ibadah Shaum dan ibadah lainnya di bulan Suci  Ramadhan.... *Semoga diberi kelancaran, kesehatan dan khusyu' serta ikhlas menjalankannya, Bertambah Iman Ilmu Amal yg diRidhoi Alloh* ...Aamiin

      MARHABAN YAA RAMADHAN...
    • By Sari Suwito
      Hallo…Hallooo Bandung… #eh maksudnya halloo Jalan2ers 
      Ini adalah tahun ketiga Jalan2.com Regional Jabodetabek mengadakan Amazing Race, dua kali Amazing Race terdahulu  diadakan di Jakarta, namun untuk kali ini Amazing Race-nya lebih menantang dikarenakan kali ini  mengambil  lokasi Amazing Race di Bandung.  Acara berlangsung pada tanggal 12-13 Maret 2016, untuk amazing race-nya hanya pada tanggal 12 Maret, sedangakan di  tanggal 13 Maret acaranya ke Tahua Juanda sebelum balik ke Jakarta.

      Kami berkumpul di meeting point di sekitar Menara Bidakara Jakarta, untuk peserta yang dari Bekasi dan Bandung, langsung menuju meeting point di Jalan Surapati dekat Gedung Telkom Bandung.  Kami berangkat sekitar pukul 8 tapi ada sedikit trouble ternyata tiba-tiba mobil bermasalah dan mengeluarkan bau seperti bau karet terbakar, jadi kami berhenti dulu di km 54, pak sopir bekerja keras untuk mengatasi masalah. Akhirnya sekitar satu jam masalah bisa diatasi, walaupun efeknya AC jadi ga berasa dingin, ya sudah kami lanjut aja yang penting perjalanan lancar sampai Bandung.   

      Sekitar jam dua belasan kami sampai di meeting point dan ternyata dua peserta juga sudah menunggu, total peserta jadi ada tiga belas orang. Selanjutnya kami dibagi menjadi empat team, saya masuk dalam team satu bersama Rahma dan Indra. Semua peserta diwajibkan untuk mengumpulkan dompet dan isinya (alat pembayaran) kepada panitia, peserta hanya diperbolehkan membawa alat komunikasi, alat tulis, dan barang yang diperlukan dalam canvas bag (goodie bag dari panitia). 
      Selanjutnya panitia membagikan amplop yang berisi uang senilai 105ribu untuk keperluan transportasi dan makan siang, kertas halaman pertama clue yang harus kami pecahkan dan kertas petisi sosialisi Indonesia Bebas Sampah 2020. Kami mendapat tugas untuk mensosialisasikan petisi Indonesia Bebas Sampah 2020 yang dilengkapi dengan ditandatangani oleh penduduk sekitar yang sudah mendapat sosialisasi dari kami.
      Panitia juga membagikan kantong sampah untuk menampung sampah yang tidak dibuang pada tempatnya  sepanjang perjalanan PVJ Amazing Race.  
      Kami membagi tugas, saya berperan jadi bendahara, Rahma berperan sebagai pemegang social media yang foto dan upload foto selfie ke twitter, Indra yang mencari jalan untuk menuju ke destinasi sesuai clue. Setelah kami membaca clue dan menemukan jawaban clue pertama yaitu Gedung Sate, kami langsung menuju ke lokasi dan tak lupa untuk foto groufie. 

      Setelah berfoto kami menuju clue kedua yaitu Museum Pos Indonesia, setelah bertanya rute jalan menuju ke Museum Pos Indonesia kepada satpan yang berada di depan Gedung Sate kami langsung berjalan menuju lokasi tersebut. Dalam perjalanan kami menemukan sampah yang tidak dibuang pada tempatnya, jadi pungut sampah in action lah.  


      Kami lanjut lagi berjalan menuju Museum Pos Indonesia, sepanjang jalan rupanya banyak tukan jajajan, waduuh pengen jajan juga, tapi masa baru dapet selesai dua clue udah mau makan aja, ya udah ga jadi  makan siang, langsung aja dech groufie dari seberang jalannya aja.  

      Nah, untuk clue ketiga kata-katanya berupa (kaki tiga, set preman pensiun), Indra dengan yakin menyebutkan bahwa itu adalah Monumen Perjuangan Bandung. Dari seberang Museum Pos Indonesia kami berjalan menuju Monumen Perjuangan tersebut. Dalam perjalanan kami menjumpai bapak-bapak yang sedang duduk  sambil merokok di pinggir jalan, sebenernya ada dua orang lagi tak jauh dari tempat bapak itu duduk, nah ini yang jadi target sosialisasi Indonesia Bebas Sampah, tapi begitu kami mendekat ternyata bapak yang dua orang beranjak pergi, jadilah kami sosialisasi ke bapak yang sedang merokok tersebut, lalu minta dia untuk tanda tangan petisi. Setelah itu kami lanjut berjalan menuju Monumen Perjuangan, rupanya gerbang di bagian belakang dikunci jadi kami harus berjalan memutar arah menuju pintu bagian depan, nah sepanjang jalan ini kami juga memungut sampah yang dibuang sembarangan dipinggir jalan. Akhirnya sampailah kami di gerbang depan Monumen Perjuangan, sekalian numpang ke toiletnya, setelah selesai dari toilet kami lanjut masuk ke area Monumen Perjuangan dan berfoto di depannya. Cekrek..cekrek…


      Disini kami tak menemukan panitia, mungkinkan panitianya ngumpet? Kami pun berkeliling monumen tapi tak ketemu juga, akhirnya kami pun menyerah lalu keluar dari monumen dan berjalan menuju ke arah meeting point tadi dimana disana masih terdapat mobil ELF kami yang masih terparkir. Kali ini kami bertanya jalan lain untuk keluar dari area monumen ini, akhirnya kami lewat jalan kecil yang berada di luar tembok pagar monument, di luar pagar ternyata banyak yang jual makanan, Rahma yang merasa lapar pun jadi pengen berhenti makan nasi ayam goreng, tapi clue ketiga belum terpecahkan jadi gimana donk? Ya sudah makannya di pending dulu, kami berjalan menuju ke mobil ELF yang terparkir, kami tengok ke dalam ga ada panitia pun. Nah lhoo…ada dimana panitianya? 
      Kami pun akhirnya memutuskan balik lagi ke lokasi Monumen Perjuangan, sewaktu jalan tadi kata Indra dia lihat ada dua orang cewek duduk di taman seberang monument, mungkinkan itu panitia? Ya sudah yuk kita balik aja kesana lihat…nah sebelum balik ke taman, kami berhenti untuk makan siang, karena saya sudah makan nasi dalam perjalanan ke Bandung jadi saya ga pesan makanan, saya hanya pesan es teh manis, sementara Rahma dan Indra pesan nasi+lauk+minum.  Sambil menunggu pesanan datang, Indra balik ke taman untuk melihat apakah itu panitia, tapi Indra kemudian balik dan bilang katanya sewaktu Indra mendekat kedua cewek tadi memalingkan muka gitu tapi bajunya beda dengan panitia. Lah trus…dimana panitianya? Ya sudah kami makan dulu, nanti setelah selesai makan kita bareng-bareng ke taman lagi lihat apakah mereka panitia atau bukan. Setelah selesai makan, saatnya saya untuk membayar  makan-minum kami, ternyata seharga 31ribu. Okey, kami lalu lanjut ke taman di depan Monumen Perjuangan, kami berpencar dari sisi kiri dan kanan taman, namun ternyata kami tidak menemukan panitia juga disini…haduuh kayaknya salah lokasi ini mah. 
       
      Jam 3.27 cek WA ternyata  ada WA dari panitia: “ Udah pada dimana nih? Clue selanjutnya gak mau diambil nich?
      Tim kami pun menjawab:  “Makan dulu…tadi muter2 cari panitia ga nemu euy”.
      Panitia : Yakin tempatnya bener? Udah dari tadi nunggunya.
      Tim kami : Yakin…sudah posting koq clue 3. Kecuali salah persepsi untuk clue nya. Hahhaa..
      Tak lama kemudia tim lain pun menyahut bahwa mereka juga tak menemukan panitia di lokasi yang mereka datangi.
       
      Setelah kami kebingungan dengan jawaban clue ketiga akhirnya panitia memposting clue tambahan.

      Wah ternyata kami pun tak tau itu lokasinya dimana…akhirnya kami pun mencoba bertanya ke beberapa orang yang berada di taman seberang Monumen Perjuangan, awalnya tidak ada yang tau dimana lokasi gambar tersebut akhirnya ada orang yang menjawab itu lokasinya di taman lansia. Langsung dech kami segera keluar dari taman Monumen dan berjalan menuju Taman Lansia, kami pun beberapa kali bertanya arah untuk menuju ke taman lansia, oh ya Rahma juga cek rute ke Taman Lansia lewat google map, dan ternyata kami memilih jalan yang berbelok-belok lewat perkampungan, taman kecil, dan kami pun bertanya lagi ke beberapa penjual makanan, akhirnya dikasih jawaban bisa short cut dari pintu belakang Museum Geologi, kami pun mendekati satpam pintu belakang Museum Geologi dan ditunjukkan arah untuk menuju Taman Lansia.  Pas cek WA ternyata ada clue tambahan lagi..


      Sekitar jam empat sore, akhirnya kami menemukan lokasi Taman Lansia dan ternyata gerimis mulai deras, kami berputar-putar di dalam Taman Lansia tapii tidak juga menemukan panitia. Haduuuh…dimanakah mereka gerangan? Begitu cek di group whatsapp, rupanya panitia neduh di Kedai Yogurt, jadilah kami pun akhirnya menuju kedai Yogurt dan menemukan panitia.  Yeayyyy….
      Syarat untuk mendapatkan lembaran kedua clue berikutnya adalah dengan menjawab tugas dari panitia yaitu menuliskan sepuluh nama jalan yang memakai minimal empat huruf yang sudah ditentukan oleh panitia. Kami pun akhirnya menemukan sepuluh nama  jalan tersebut, setelah dicek oleh panitia dan jawaban ternyata sudah benar maka kami mendapatkan lembar kedua yang berisi clue empat lokasi berikutnya, dari clue yang kami baca kami menyimpulkan jawaban adalah:
      Clue 1: Museum Geologi
      Clue 2:  Alun-Alun Bandung
      Clue 3: Gedung Merdeka
      Clue 4: Taman Ganesha ITB
      Dalam gerimis kami berjalan menuju Museum Geologi yang lokasinya tak jauh dari kedai Yoghurt seberang taman Lansia, begitu masuk satpam memberitahu kalau museum sudah tutup,  kami jawab Cuma mau foto di luarnya aja koq pak. Oh ya dalam clue lokasi ini adalah purba, berbentuk lumba-lumba, 20-30 juta tahun. Nah lho…saya pun mencari-cari dimana lumba-lumbanya…pertama kali yang saya lihat adalah fosil kayu, tapi sayangnya saya tak membaca informasi dibawahnya jadi saya pun beralih ke koleksi lain di depan museum yang ternyata kebanyakan berbentuk batuan seperti prasasti dan patung, sampailah di bagian depan pintu museum terdapat patung seperti lumba-lumba berwarna hitam tinggi menjulang, tapi saya baca keterangannya ga ada tertulis kata lumba-lumba.  Waduuh yang mana donk ya…akhirnya kami pun selfie dengan background tulisan Museum Geologi dan patung batu hitam tersebut (yang awalnya kami sangka itu patung lumba-lumba).

      Waktu sudah semakin sore dan kami pun memutuskan untuk sholat dulu sebelum melanjutkan perjalanan menuju ke clue berikutnya, dan ternyata sebelum bergerak menuju masjid Museum Geologi, Indra menemukan tulisan lumba-lumba di keterangan fosil kayu tadi. Huaaaa….ternyata saya tidak teliti sewaktu membaca keterangan fosil kayu tadiii…
      Ya udah akhirnya foto dulu dech di depan fosil kayu…lalu menuju masjid untuk sholat.  

      Jam 5.07 hujan turun semakin deras, kami pun jadi galau gimana melanjutkan perjalanan nanti, akhirnya whatsapp ke panitia, “Jadi gimana nich lanjut ato gimana…hujan, geludug, kilat menyambar2” Hahahaha…kami mulai hopeless. #lebayyy
      Lalu panitia menjawab; “tungguin reda aja dlu mba”
      Saya pun menjawab: “Okay, kalo hujan ga reda langsung ke villa yaks…tolong bayarin taxinya yaks.
      Sampah masih dibawa2 nich ya? Ribet juga euy, dibuang boleh ga?
      Panitia pun menjawab: “Bawa sampe clue terakhir mba..tapi udah d ikat yah”.
      -----
      OK fine, kantong sampah pun tetap kami bawa…
      Untuk ke clue berikutnya adalah Alun-Alun Bandung, bagaimana kita menuju kesana? Kami pun akhirnya menghampiri pos satpam museum Geologi, kami menanyakan rute angkot untuk menuju alun-alun Bandung, dari pos satpam kami menyeberang jalan, dan kami memutuskan untuk mencoba cari tumpangan terlebih dahulu, Indra  mengacungkan jempol ke mobil yang lewat, Rahma memegah kertas yang bertuliskan NUMPANG, saya memegang kertas yang bertuliskan ALUN-ALUN. Ternyata dari sekian banyak mobil yang lewat ga ada satupun yang memberi tumpangan kepada kami, akhirnya setelah beberapa angkot jurusan ledeng lewat akhirnya kami pun memutuskan untuk naik angkot saja. Sesuai info dari satpam museum, kami pun berhenti di dukomsel dan lanjut mencari angkot jurusan kalapa. Akhirnya dalam guyuran hujan dan macet angkot pun akhirnya sampai di kalapa, kami langsung turun dan berjalan kaki menuju alun-alun Bandung. Pas adzan maghrib kami sampai di alun-alun, clue meminta kami untuk groufie di atas rumput sintetis tapi berhubung kondisi hujan dan tidak memungkinkan jadi kami foto kaki yang menginjak rumput sintesis aja dech. Maaf ya pak walkot kami ga melepas alas kaki.

      Dari alun-alun Bandung kami berjalan kaki menuju gedung Merdeka, kami bingung dengan clue dinding bercerita…ini maksudnya yang mana ya…yang ada tulisan negara-negara KAA atau yang di dinding jembatan penyeberangan. Ya sudah kita foto di dua-duanya aja dech.


      Selesai groufie kami cari tahu bagaimana cara untuk menuju ke clue berikutnya yaitu Taman Ganesha ITB, kami pun akhirnya menuju halte alun-alun Bandung, dan bertanya ke timer yang ada di halte ini, orang pertama yang kami tanyai menjawab kami bisa naik angkot jurusan sukasari, tapi ternyata sampai lama menunggu tak kunjung datang juga angkotnya. Saya pun mulai galau, waktu mulai malam, sementara team lain sudah sampai ke clue terakhir. Akhirnya saya tanya ke timer yang lain dan dijelaskan kami bisa naik angkot jurusan gede bage lalu turun di perempatan jalan sunda lalu naik angkot jurusan dago. Timer pun menginformasikan ongkos naik angkot jurusan gede bage 6ribu rupiah untuk tiga orang, tapi tak lama kemudian dia pun menghampiri kami dan meralat jumlah ongkos angkot menjadi tujuh ribu lima ratus rupiah. Ya sudah baiklah…kami pun masih menunggu angkot jurusan gede bage tersebut tak kunjung datang juga. Akhirnya…datang juga angkot jurusan gede bage, kami pun segera naik angkot dan tak lupa bilang minta diturunkan di perempatan jalan sunda. Setelah melewati beberapa perempatan sampailah kami di perempatan jalan sunda, nah disini mulai bingung lagi angkot jurusan dago datangnya dari mana? 
       
      Kami coba untuk stay aja di sisi kiri perempatan tempat kami diturunkan tadi, ternyata tak berapa lama datang juga angkot jurusan dago. Haduuuuh…ternyata jalanan maceeett… hari sudah mulai malam dan team lain juga sudah pada sampai.  
      Akhirnya jam 6.50pm panitia pun WA: 2 kelompok lg mana nich?
      Panitia menginformasikan agar kami jalan kea rah sabuga lewat jalan raya jangan lewat dalam ITB.
      Sementara itu team kami masih di dalam angkot menuju ITB dari arah dago,  panitia akhirnya bilang kami tunggu aja di depan warung pasta ganeca.  Nah disini kami bertemu dengan timnya Andi, Susan dan Mala. Akhirnya kami menunggu mobil ELF di depan warpas Ganeca, tak lama kemudian datang juga mobil ELF dan dua tim langsung naik ke mobil untuk menuju villa di daerah dago pakar. 
       
      Sampai di villa kami bebas memilih kamar dengan kuota tiga orang per kamar. Saya, Rahma dan Stephanie dapat kamar di lantai basement. Awalnya ada tiga orang (Rara, Susan dan siapa ya lagi satunya) ada di kamar lain, tapi kemudian mereka pindah ke kamar yang lantai satu jadilah hanya kami bertiga yang menghuni lantai basement.  Ya sudah kami langsung aja taruh barang bawaan, lalu mandi, sholat dan makan malam. Setelah selesai makan malam, saatnya kami berkumpul di ruang tamu yang berada di lantai satu untuk sesi perkenalan, pengumuman pemenang dan kuis berhadiah.
       
      Setelah panitia berembug dari aspek ketepatan waktu, lokasi clue yang tepat dan jumlah sisa uang maka panitia menetapkan team kami (team 1) sebagai juara ketiga dengan sisa uang 33ribu. Yeayyy…  #juaraketigadariempatpeserta  
       
      Sekitar jam dua belas kami kami kembali ke kamar masing-masing untuk istirahat. Oh ya, saking capeknya saya langsung tertidur pulas sampe ga denger adzan subuh, jadi terlambat sholat subuh dech. Selesai sholat subuh saya langsung mandi kemudian packing barang bawaan, lalu saya dan Stephanie jalan-jalan pagi di sekitar villa. Sehabis jalan-jalan pagi, kami ngobrol-ngobrol dengan teman teman lain kemudian sarapan.  Menurut run down acara harusnya jam delapan kami menuju Tahura Juanda, tapi ternyata teman-teman banyak yang belum beres jadi sekitar jam sebelasan baru dech kami check out dan langsung menuju Tahura. Sebelum check out kami foto dulu di depan villa.

      Kami diberi waktu untuk berjalan-jalan di tahura sampai jam 12.30. So saya dan rahma berniat untuk pergi ke Tebing Keraton, tapi setelah tanya-tanya ke tukang parkir di dalam Tahura waktu tempuh bisa satu jam lebih kami pun akhirnya mengurungkan niat untuk ke Tebing Keraton dan memilih untuk ke Goa Jepang saja. Dalam perjalanan ke Goa Jepang ternyata kami ketemu teman-teman yang lain akhirnya kami bergabung dech, bareng-bareng masuk ke Goa Jepang. 



      Setelah foto-foto di sekitar Goa Jepang, sekitar jam 12.10 kami kembali ke pintu gerbang dan ternyata teman-teman lain banyak yang belum balik malah ada yang pergi ke Goa Belanda waah itu mah lebih jauh dan pasti sampenya masih lama. Akhirnya panitia mengundang kami untuk ke Café Armor Kopi karena mereka beli cireng dan ga bisa habisin…ya udah kami serbu dech cirengnya. Hahaha…

       
      Jam sudah hampir setengah satu tapi teman-teman yang ke Goa Belanda ternyata belum balik juga, jadi sambil menunggu mereka saya sholat aja dulu di mushola yang berada di bagian belakang Armor Kopi. Sekitar jam satuan akhirnya kami meninggalkan Tahura untuk makan siang di Cabe Hejo Natuna. Jalanan lumayan macet,  tapi akhirnya sampailah kami di tempat makan dan tak lama kemudian kami pun dapat duduk dan menikmati makan siang kami. Setelah selesai makan siang, sekitar jam tiga kami berangkat menuju Jakarta dan mampir beli oleh-oleh di rest area km 97. Di km 57 saya lihat ada keTerjadi  kemacetan mulai dari pintu masuk Cikarang Utama imbas dari kecelakan yang terjadi di km.22. Jam  8.20 kami sampai di sekitar pancoran saya dan vonny memutuskan untuk turun sebelum tugu pancoran saja, jadi lebih mudah untuk lanjut pulang ke rumah naik taksi. Sekitar jam 9 saya sudah sampai di rumah.
      Walaupun badan capek, lapar dan ngantuk, tapi happy banget karena sudah mengisi weekend ini dengan mengikuti keseruan Paris Van Java Amazing Race. Buat kalian yang belum pernah ikutan Amazing Race-nya Jalan2.com tunggu aja event berikutnya yaa…semoga Bupati Regional Jabodetabek ngadain lagii.
       
    • By adel_lia

      Setelah sukses dengan Batavia Amazing Race yang mengakibatkan momod @deffa and team nyasar ke Angke pada 2014 dan Part 2 yang mengakibatkan peserta pusing di Petak 9 pada 2015 lalu, serta untuk memenuhi permintaan dan mempererat tali silaturahmi dengan konsep edukasi dalam suatu perjalanan, maka kami dari Regional Jabodetabek ingin menyelenggarakan Amazing Race Part 3.
       
      Amazing Race kali ini sudah pasti beda dengan yang sebelumnya. Akan lebih banyak hadiah, peserta, dan pengalaman seru lainnya. Lokasinya sendiri berbeda dengan race yang sebelumnya. Selain itu akan ada sedikit aksi sosial yang akan kita lakukan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar.
       
      Bandung, adalah kota yang kami pilih untuk Amazing Race kali ini. Kenapa Bandung? Harusnya akan ada saja alasan di benak Jalan2ers, kenapa selalu pergi ke Bandung meskipun sudah pernah ke sana.
      Apaan hayo? Buat Pe eR masing-masing aja yah tapi boleh kok kalau mau di-sharing di comment bawah ini..sekalian tsurhat juga boleh ;p
       
      ParisJ Van Java Amazing Race  
      Akan diselenggarakan di Bandung
      Pada 12 s.d 13 Maret 2016 (Sabtu-Minggu)
       
      Karena ini merupakan gathering, jadi peserta diwajibkan untuk menginap untuk acara makrab dan pembagian hadiah plus pedekate lainnya juga boleh lah yaw
       
      Berapa biaya yang harus dikeluarkan masing-masing peserta?
      Sharecost (minimal 30 orang) sebesar:
      1.     Rp 550.000 untuk peserta dari Jakarta, include:
      -        Transportasi dari Jakarta ke Bandung PP (ELF)
      -        Sharecost Penginapan (Villa)
      -        Makan malam & sarapan di Villa
      -        Perlengkapan games (transport+hang makan+lain2)
      -        HTM Tahura
      -        Hadiah & Doorprize*
      2.     Rp 350.000 bagi yang ketemuan di Bandung, include:
      -        Sharecost Penginapan (Villa)
      -        Makan malam & sarapan di Villa
      -        Perlengkapan games (transport+uang makan+lain2)
      -        Transport dari Bandung ke Villa & Tahura (one wat + angkutan umum)
      -        HTM Tahura
      -        Hadiah & Doorprize*
       
      Cara daftarnya bagaimana?
      1.    Berikan nama lengkap, ID di foru, domisili & No. Hp yang dapat dihubungi dengan format:
      Nama Lengkap / ID di forum / Domisili / No. Hp yang dapat dihubungi
      Contoh: Adel / @adel_lia / Jakarta / 081319808989
      2.     Melakukan transfer Down Payment (DP) sebesar Rp 250.000 paling lambat tgl. 27 Februari 2016, ke no. rekening berikut:
      -        BCA 1062231747 a.n. Lia Maya Sari
      -        BRI 1177 01 002330 508 a.n. Arda Fauzi Fabriano
      -        Bank Mandiri  103 00061 84317 a.n. Andi Indrawaty
      Note:
      DP tidak dapat dikembalikan kecuali ganti peserta (non refunable)
      3.      Melakukan pelunasan sebelum tgl. 5 Maret 2016.
       
      ITINERARY:
      Sabtu, 12 Maret 2016
      06.00 WIB - Berkumpul di Depan Menara Bidakara (untuk yang dari Jakarta)
      06.30 WIB - OTW Ke Bandung
      10.00 WIB – Tiba di Bandung dan,
                          Berkumpul di Lapangan Depan Telkom Surapati untuk regional
                          Bandung
      11.00 WIB – Start Amazing Race
      16.00 WIB – Race selesai
      16.30 WIB – OTW ke Villa di Dago Pakar
      17.30 WIB – Tiba di Villa, bersih-besih, sholat, dsb.
      19.00 WIB – Makan malam, Makrab & Pembagian Hadiah
      21.00 WIB – Selesai, acara bebas
       
      Minggu, 13 Maret 2016
      07.00 WIB - Sarapan, persiapan pulang & foto bersama
      08.00 WIB - OTW ke Tahura
      11.00 WIB - OTW ke Bandung kota
      12.00 WIB - Beli oleh-oleh & ishoma
      14.00 WIB - OTW ke Jakarta
      19.00 WIB – Tiba di Jakarta, see you next event
       
      Acara ini terbuka untuk member Jalan2.com dari regional selain Jabodetabek dan juga terbuka untuk umum asalkan dapat menyesuaikan dengan tema acara kita
       
      More info:
      -        Adel: 0813 1980 8989 (WA/Call/Line)
      -        Qonita: 0856 7938 032 (WA only)
      -        Rara: 0813 5492 0666 (WA/Call/Line)
       
      Cc: @Jalan2 @deffa @kyosash mohon dibantu
      Pengetahuan tambahan untuk yang belum mengetahui mengenai Amazing Race yang diadopsi dari aslinya yang merupakan acara Televisi dengan judul "The Amazing Race".
      Jadi, Amazing Race yang kita maksud di sini adalah suatu permainan yang melibatkan beberapa peserta untuk dijadikan dalam beberapa kelompok, untuk berlomba menjelajahi tempat yang dimaksud, khususnya tempat-tempat yang berkaitan dengan pariwisata dan tempat-tempat bersejarah lainnya, melalui pemecahan clue-clue yang telah disediakan panitia. 
      Dalam permainan ini, peserta tidak boleh membawa alat bayar lain selain yang diberikan oleh panitia. Peserta juga harus menyelesaikan tantangan-tantangan yang diberikan oleh panitia untuk menuju finish dan menjadi pemenang.
      Apa sih yang didapat dari permainan ini?
      Tujuan kami membuat permainan ini adalah ingin lebih memperkenalkan apa yang tersembunyi dari temp at tersebut. Selain itu, peserta akan mendapatkan tambahan pengetahuan mengenai moda transportasi dan bagaimana kerjasama dalam tim. Oleh karenanya, Amazing Race yang kita buat bukanlah permainan biasa.
      Penasaran? Makanya ikutan yuk! Nggak bakalan nyesel kok, palingan cuma ketagihan aja sih
       
      Daftar Peserta Dari Jakarta (terbatas):
      1. @adel_lia
      2. @bobbow
      3. @rara indrawaty
      4. @sari Suwito .
      5. @susan .
      6. @andi Darmawan .
      7. Mala Hayati .
      8. Rahma .
      9. Vonny Ramali 1 .
      10. Vonny Ramali 2 .
      11. @indra99 .
      12. Stephanie .
      13. Yeni .
      14. @eunisye
      15.
      16.
      17. 
      18.
      19.
      (Hanya 19 seats)
       
      Peserta dari Bandung:
      1. @qonitash
      2. @arda fauzi Fabriano
      3. @diyanamatir
      5. @anitsuya .
      6. Anggi .
      7.  @KABULRIYANTO
      8.
      ...
      20.
    • By adel_lia
      Hola Jala2ers

      Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan

      Mengenai acara Bukber & Baksos Jalan2.com Regional Jabodetabek, dikarenakan oleh suatu hal dan berdasarkan survey dan rapat panitia, maka kami memutuskan untuk memindahkan lokasi ke Legiun Veteran Republik Indonesia.


      "Berbagi Kisah Kasih Bersama Veteran Indonesia"
      -Bukber & Baksos ala Jalan2.com Regional Jabodetabek-
      SABTU, 19 JULI 2014
      Pukul: 15.00 s.d 19.30 WIB
      Lokasi: Gedung Wira Purusa LVRI DKI
      Jl. Radin Inten II No. 2 Duren Sawit, Jakarta Timur
      Donasi dapat berupa uang, yang dapat ditransfer melalui rekening:
      - BCA 1062231747 a/n Lia Maya Sari
      - BRI 0824-01-000443-50-1 a/n Arda Fauzi Fabriano
      - Mandiri 9000002835024 a/n Arda Fauzi Fabriano

      Note:
      *Mohon konfirmasi setelah transfer
      **Bagi yang ingin mengikuti acaranya, diwajibkan ikut sharecost untuk bukber sebesar Rp 30.000

      Donasi kami tunggu selambat-lambatnya Rabu, 16 JULI 2014

      Tujuan kegiatan:
      1. Untuk menjalin tali silaturahmi dan berbagi cerita atau pengalaman dengan para veteran Indonesia.
      2. Agar kita lebih 'dekat' dan menghormati para pejuang bangsa Indonesia tercinta.

      Isi acara*:
      1. Sharing pengalaman dengan para veteran
      2. Pemutaran video dokumenter
      3. Pemeriksaan kesehatan untuk anggota veteran
      4. Kultum
      5. Buka puasa bersama
      6. Foto bersama (Jalan2ers dan Veteran Indonesia)
      7. Sholat magrib berjamaah
      *Rangkaian acara disesuaikan dengan sikon

      Semoga uluran tangan dari Jalan2ers menjadi berkah untuk kita semua. Aamiin

      CONTACT PERSON:
      @adel_lia 081319808989
      Momod @deffa 08816100111

      - Salam Jalan2 -

      Sekilas tentang LVRI
      Legiun Veteran Republik Indonesia adalah organisasi yang merupakan satu-satunya wadah dan sarana perjuangan segenap Veteran RI, yang dibentuk berdasarkan persamaan kehendak, bidang kegiatan, profesi dan fungsinya untuk berperan serta dalam; Pewarisan Nilai Juang 1945, Pembangunan Nasional dan Pertahanan dan Keamanan Nasional.

      Kepala Pengurus LVRI untuk wilayah DKI adalah Kol. CPM (Purn) H.W. Sriyono.
      Sumber: www.veteranri.go.id

      CC:
      Mimin @Jalan2
      Panitia: Momod @deffa @qonita @giesaka @Yessi Febrianty @Okky Kusuma @Arda Fauzi Fabriano @Mio Perdani @ikasaroma @Riduwan @d_iis @adriepn @Kucing Pintar @mini giant
    • By zeekyuryu




      Indonesia is the country where largest moslems in the world live. Even Indonesia is not based on Islamic law, many things that moslem did in Indonesia become habit, even the culture of it. So, if u are foreigner, dont be surprise if u meet many things that moslem did become the habit in this country. Small example that i try to explain is how moslems' greeting, Assalamu'alaikum, nowadays is used in almost all situations. That the small one.

      Not even a week later, moslems in the world will face into Ramadhan month. Ramadhan, for moslems, is the holy month. For a month, moslems should be increasing their prays and all the goodness in their lifes. They believe that one small thing of goodness will be multiple reward from God. Every moslem will compete each other in term of goodness.

      Not only that, in Ramadhan, moslems have the duty worship which called by Puasa or fasting. Fasting in Ramadhan will begin from the dawn untill the sunset for 29 - 30 days. A month forward, moslems will celebrate great holy day Idul Fitri or most told as Lebaran in Indonesia.

      Here's things or habits that Indonesians did before and on Ramadhan.

      - Forgive each other mistakes
      You will find many messages that tell to forgive the mistakes each other. Yep, Indonesian moslems always did this kind thing. They will ask forgiveness from family, friends, and everyone arround them. This habit is the way to purify the heart so they could be easy and focus to do all duties in Ramadhan. This habit can be done by texting or talking directly. When Ramadhan will end a month later, we will find it as well. But in that time will be purposed to face Idul Fitri. Moslems believe that Idul Fitri is time for everyone return as newborn baby that really pure without sins.

      - Nyekar
      This kind habit popular especially in Java. Not all Indonesian did this kind thing. But, it's also popular that many moslems did before Ramadhan. Nyekar is to visit the grave of family's member. In Indonesian term we call it Ziarah. When nyekar, the family who still alive send the pray and love to whom has been passed away.

      - Breakfast Together
      In Ramadhan month, you will get many invitations of breakfast together. This is one thing that make Ramadhan in Indonesia feels different from another places. U will meet with ur family, officemates, schoolmates, or even your old friends. Ramadhan is the time to get along with everyones arround u and strengthen relationship and we call it sillaturrahmi. U hold your starves from the dawn so u break ur fasting with people you love, it's nice.

      - Takjil
      The beautiful sight that only you see in Ramadhan is takjil market. From 4 pm, on every corner of street, u will find takjil seller get ready to offer those delicious snacks. Takjil is term to call breakfast snacks. example: Kolak, sweet soup with sweet potatoes or banana or both. Mix Fruit Ice containing kinds of fruits. Cendol, gorengan (fried tahu, tempe, or else), and etc. Some places even have the large scale of its market. U can find such as at Bendungan Hilir market. There, so many booth of takjil seller and u really can find almost all kind of Indonesian snacks for takjil.

      - About office hour
      Hmmm.. not all company, but many of employees in Jakarta will come to the office later and come back home earlier than regular hour in Ramadhan. For the example is they will come to office at 9 (usually at 8) and come back home at 16:30 (usually 17:00) depends on each company's policy off course.
    • By adel_lia
      Hola Jalan2ers
      Sesuai dengan yang pernah kita bahas sebelumnya, bahwa Regional Jabodetabek akan mengadakan Baksos & Bukber pada bulan Ramadhan.

      Dari hasil meeting pada 7 Juni 2014 di Taman Menteng, Jakarta Pusat lalu adalah
       
      Baksos & Bukber Regional Jabodetabek akan dilaksanakan pada:
      Hari/Tanggal: Sabtu, 19 Juli 2014
      Pukul: 16.00 WIB - selesai
      Lokasi: Sanggar Betawi Asli "Kedung Kreong Condet"
      Jl. Kayu Manis No. 188 Rt. 004 Rw. 005 Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur
       
      Donasi yang diperlukan untuk baksos & bukber:
      1. Uang seikhlasnya**, yang dapat ditransfer melalui rekening
         - BCA 1062231747 a/n Lia Maya Sari
         - BRI 0824-01-000443-50-1 a/n Arda Fauzi Fabriano
         - Mandiri 9000002835024 a/n Arda Fauzi Fabriano
          **Mohon konfirmasi setelah transfer
      2. Buku bacaan, majalah anak-anak (bobo, dsb.), buku tulis, dan peralatan sekolah lainnya.

      Donasi tersebut akan kami alokasikan untuk:
      1. Bukber Keluarga Besar Kedung Kreong Condet (beserta pengurusnya)
      2. Baksos berupa peralatan sekolah dan pendirian taman baca mini
      Semua donasi kami tunggu selambat-lambatnya Kamis, 17 Juli 2014
       
      Rules bagi yang ingin mengikuti acaranya:
      1. Silakan ke Meeting Point di Halte TransJakarta UKI Cawang* pukul 15.00 WIB (jika belum tau lokasinya).
      2. Diwajibkan ikut patungan sebesar Rp 25.000 diluar donasi baksos, untuk biaya bukber (makan + takjil).
      *tergantung sikon
       
      Semoga uluran tangan dari Jalan2ers menjadi berkah untuk kita semua. Terima kasih
       
      CONTACT PERSON:
      @adel_lia - 081319808989 / 085777181772
      Momod @deffa - 08816100111
       
      - Salam Jalan2 -
       
      Sekilas tentang Sanggar Betawi Asli "Kedung Kreong Condet"
      Didirikan pada tahun 2013 oleh Bang Syamsul (begitu sapaannya) bersama kawan-kawannya dari beberapa Komunitas Peduli Ciliwung, dengan mengusung Motto 4M "Membina, Mendidik, Merawat & Melestarikan".
      Saat ini terdapat 30 anak didik di sanggar tersebut, yang berusia antara 8 s.d 12 tahun. Sebagian dari mereka ada yang masih sekolah dan ada yang tidak.
      Anak-anak tersebut adalah warga bantaran Ciliwung yang jika hujan melanda, sudah pasti rumah mereka  terendam bahkan terbawa banjir termasuk sanggar itu sendiri.
      Saat ini mereka sedang merenovasi sanggar dan membangun taman baca versi mini untuk menggugah minat baca anak-anak tersebut.
       
      cc: Mimin @Jalan2
    • By adel_lia
      Sesuai yang saya bilang di FR Baksos Regional Jabodetabek, kalo FR Bukbernya terpisah.
      Karna apa?
      karna terlalu banyak narsisnya 
       
      Bukber dilaksanakan di Es Teller 77, Cimanggis Square
      ngga jauh kok kalo dari Wisma Tuna Ganda, kepleset juga nyampe karna sebelumnya TS bersama @zeekyuryu, adiknya @zeekyuryu dan mba @ikasaroma udah duluan membuktikan dengan berjalan kaki ria
       
      Ketika bukber mba @ikasaroma terpaksa tidak ikut karena ada acara lain (sayang yah) tapi tetep ber 16 orang karena kedatangan biang rusuh si om @Fei
       
      Sambil nunggu pesanan datang kita narsis dolo

       
      Menu yang dipesan?
      Yang sederhana saja..nasi goreng ikan asin (tenang...bukan ikan jambal yang pahit itu kok )    

      Tadinya sih ada yang ngga mau makan nasi gitu, tapi 1 porsi musnah juga.. belum lagi makan yang di muara angke  cc: @ameryudha
       

      Berdoa dulu donk sebelum makan...jangan foto dulu.. 
       
       

      kira-kira apa yaa yang sedang mereka perdebatkan? kayaknya seru sekali ya 
       
      Menurut TS acara bukber ini berlangsung sangat lama, malahan lebih lama daripada baksosnya
      Tapi tak apa lah..biar makin akrab satu sama lain yaa 
      sayangnya masih ada yang kurang tanpa kamuuu Mimin @Jalan2 dan mas @kyosash :'(
       
      Sampai di sini dulu..nanti TS tambahin pict-nya yaa